10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gula putih, atau lebih umum disebut gula pasir di Indonesia, merupakan produk yang paling banyak digunakan sebagai pemanis minuman, campuran kue, bahan baku permen, dan juga bumbu beraneka macam masakan. Gula pasir dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran dan juga di toko online di Indonesia.

Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan gula pasir yang dapat Anda gunakan di rumah dari berbagai macam merek, seperti Gulaku, Tropicana Slim, Rose Brand, dan lainnya. Yuk, baca artikel dari kami sampai selesai!

Daftar isi

Manfaat gula putih dalam memasak

Gula putih atau gula pasir merupakan gula dengan bentuk seperti kristal yang cocok untuk aneka jenis masakan dari Asia sampai masakan Barat. Tentu saja, gula putih merupakan bumbu yang sering digunakan sebagai bahan masak di Indonesia. Anda dapat merasakan manfaat sebagai berikut jika menggunakan gula putih saat memasak:

  • mencegah kerusakan makanan akibat jamur;
  • mengubah tekstur buah menjadi selai;
  • mencegah nasi menjadi keras; dan
  • melembutkan daging.

Selanjutnya, kami akan menjelaskan lebih detail mengenai empat manfaat yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Mencegah kerusakan makanan akibat jamur

 Mencegah kerusakan makanan akibat jamur

Gula putih mempunyai keunggulan untuk mencegah berkembangnya mikroorganisme jamur dan juga bakteri busuk. Hal ini disebabkan karena adanya kemampuan penyerapan air oleh gula putih. Dengan mengisap kadar air dari jamur dan bakteri, gula putih mencegah jamur dan bakteri berkembang biak sehingga tidak terjadi kerusakan pada makanan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daya tahan terhadap jamur dan pembusukan sangat kuat sehingga tidak ada best before date untuk gula putih. Jika Anda menyimpannya dengan benar di tempat yang sejuk dan gelap setelah dibuka, Anda dapat menggunakannya selama sepuluh tahun. Namun, gula putih tidak kuat terhadap suhu yang lembap dan suhu tinggi.

Sebagai tambahan informasi, ada juga camilan dan topping seperti red bean jelly yang sering kita temukan di dalam minuman atau kue mochi. Red bean jelly dapat bertahan hingga dua tahun karena banyak terdapat kandungan gula di dalamnya.

Mengubah tekstur buah menjadi selai

Mengubah tekstur buah menjadi selai

Gelling action adalah reaksi yang timbul ketika buah-buahan dan gula putih dipanaskan di dalam wadah yang sama. Reaksi kimia ini disebabkan oleh gula yang mengikat serat makanan yang mengalir keluar dari buah saat dipanaskan.

Gula putih memiliki peran seperti lem yang membuat serat-serat makanan dari buah terbentuk berbentuk seperti jalinan benang dan melembapkan teksturnya. Tekstur seperti selai merupakan produk yang dihasilkan dalam reaksi kimia ini.

Mencegah nasi menjadi keras

Mencegah nasi menjadi keras

Untuk Anda yang menyukai sushi, tentunya Anda mengetahui adanya campuran gula putih di dalam beras yang sudah dimasak, bukan? Hal ini bertujuan untuk membuat nasi tidak menjadi kering.

Gula putih yang dicampur dengan nasi akan menempel pada kelembapan nasi. Dengan demikian, kadar kelembapan di dalam nasi dan tekstur cuka berasnya tetap terjaga sehingga tekstur nasi tetap lembut. Hal ini juga dapat menjaga tekstur nasi sushi tetap lembut untuk waktu yang lama.

Melembutkan daging

Melembutkan daging

Untuk semua jenis hidangan daging, tentunya Anda menginginkan tekstur daging yang lembut. Karena itu, Anda bisa menggunakan gula putih. Caranya mudah, cukup gosokan gula putih ke daging. Gula putih mampu menarik kolagen dan menjaga tekstur daging tetap lembap. Hasilnya adalah daging yang lembut dan juicy.

Cara memilih gula pasir

Gula pasir dapat digunakan untuk pengawetan dan sebagai bumbu masakan. Namun, gula pasir juga ada banyak macamnya. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang sesuai.

Pilihlah gula pasir sesuai fungsinya

Gula pasir yang Anda pilih tergantung pada apa yang Anda buat dan Anda gunakan. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan selera Anda.

Gula pasir biasa sebagai penyedap masakan

 Gula pasir biasa sebagai penyedap masakan

Jika Anda menggunakan gula sebagai bumbu masakan, kami merekomendasikan gula pasir biasa. Gula pasir merupakan gula yang diproses dari tebu yang menghasilkan butiran halus kasar berbentuk kristal. Di dalamnya terkandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Memasak dengan menggunakan gula pasir akan membuat masakan lebih manis, bertekstur, dan kaya akan rasa. Anda bisa membuat berbagai jenis masakan dengan gula pasir, termasuk menyajikan hidangan daging dan kentang secara lebih lezat.

Gula kastor (caster sugar) sebagai pemanis minuman dan aneka hidangan

Gula kastor (caster sugar) sebagai pemanis minuman dan aneka hidangan

Gula kastor memiliki tekstur seperti bubuk yang lebih halus dari gula pasir biasa. Anda bisa menggunakan gula kastor sebagai pemanis minuman dan juga aneka kue manis yang hendak Anda buat.

Ciri-ciri utama dari gula kastor adalah mudah larut di dalam minuman panas sehingga sangat cocok untuk menjadi pemanis rasa teh dan kopi. Dengan rasa manis yang halus, gula ini juga menjadi bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan kue, biskuit, pastrymerengue, dan macaron.

Gula putih nol kalori untuk gaya hidup yang sehat

Gula putih nol kalori untuk gaya hidup yang sehat

Untuk Anda yang sedang berdiet atau ingin melaksanakan pola makan sehat, kami merekomendasikan gula putih yang nol kalori. Gula putih nol kalori dihasilkan oleh kristal gula putih yang mengekstrak rasa manis dari bahan-bahan berikut.

  • Siraitia grosvenorii: tanaman obat yang sering digunakan untuk permen penyegar tenggorokan
  • Erythritol: gula alkohol yang terkandung dalam pir, melon, kecap, dan lainnya yang dapat meningkatkan gula darah di tubuh.
  • Stevia: tanaman dari Afrika yang digunakan untuk pemanis yang rendah karbohidrat
  • Aspartame: pemanis yang mengandung asam amino.

Rasanya cenderung manis dibandingkan dengan gula yang berasal dari tebu. Kue yang dibuat dengan gula ini memiliki rasa manis yang alami. Anda yang sedang berdiet dan membatasi asupan karbohidrat tetap bisa merasakan manisnya.

10 Rekomendasi gula pasir terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh gula pasir terbaik untuk Anda. Gula pasir yang kami pilih bisa Anda gunakan sebagai pemanis minuman, bumbu masakan, bahan kue, dan akan membantu pola diet Anda.

10. RICOMAN Caster Sugar

10. RICOMAN Caster Sugar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Produk asli Indonesia yang diekspor sampai keluar negeri!

Ricoman Sugar memproduksi  aneka gula berkualitas tinggi dengan proses produksi yang teliti agar dapat dipercaya oleh konsumen. Hingga saat ini sudah banyak UKM dan restoran yang menggunakan gula Ricoman sebagai bahan pemanis. Ricoman Sugar bahkan juga mengekspor produk gulanya ke luar negeri.

Salah satu gula yang banyak dibeli yaitu gula kastor yang memiliki butiran halus dan mudah larut. Gula kastor dari Ricoman ini ideal untuk membuat adonan kue, minuman, dan mengolah krim sehingga cocok untuk Anda yang hobi membuat kue di rumah atau memiliki usaha di bidang pastry.

9. Wilmar Sania Gula Kristal Putih

9. Wilmar Sania Gula Kristal Putih

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.300

Mencari gula yang ideal untuk bumbu masak? Coba gula dari Sania, yuk!

Merek Sania sudah dikenal banyak orang dengan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga. Tidak ingin ketinggalan, Sania juga memproduksi gula kristal putih dengan bahan baku dari tebu. Keunggulan gula Sania ini adalah rasanya yang lebih manis dan cocok dijadikan berbagai bumbu hidangan.

Gula ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dan juga lolos uji kualitas SNI sebagai gula konsumsi. Dengan demikian, gula ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Harganya yang juga terjangkau membuat produk ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

8. Indogula Cap Semut Sugar Semut

8. Indogula Cap Semut Sugar Semut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000

Sakit tenggorokan karena minuman manis? Tidak dengan pemanis Cap Semut!

Selalu mengutamakan kepuasan konsumen, Cap Semut sudah memproduksi gula dengan kualitas yang tinggi sejak 30 tahun yang lalu. Gula putih ini dihasilkan dari tebu alami yang diambil dari perkebunan sehingga warnanya lebih putih dan jernih.

Selain kemasan 1 kg, Cap Semut juga memproduksi gula dengan kemasan 0.5 kg dan 0.25 kg yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Gula ini mudah larut di dalam air dan tidak terasa pekat di tenggorokan, cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka minuman manis yang pekat.

7. Kalbe Diabetasol No Calorie Sweetener

7. Kalbe Diabetasol No Calorie Sweetener

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.200

Lancar diet keto dengan pemanis nol kalori ini

Untuk Anda yang sedang melakukan program diet ketogenic, produk dari Diabetasol ini tidak mengandung kalori sehingga aman menjadi pemanis makanan dan juga minuman Anda. Selain itu, gula putih berbentuk halus ini mengandung sukralosa yang aman dikonsumsi.

Pemanis ini juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes sejak dini. Dengan pola hidup yang sehat, gula darah di tubuh Anda akan tetap terjaga dan Anda pun terbebas dari berbagai macam penyakit. Rasa manisnya juga tidak akan berubah pada suhu tinggi sehingga ideal untuk racikan teh, kopi, dan minuman lainnya.

6. BULOG Manis Kita Gula Pasir

6. BULOG Manis Kita Gula Pasir

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.000

Yuk! Dukung petani lokal dengan mengonsumsi produk ini!

Berada di bawah naungan BUMN, gula pasir Manis Kita ini merupakan gula yang diproduksi oleh petani lokal di Indonesia. Gula ini cocok dijadikan pemanis untuk aneka masakan dan minuman di rumah Anda dengan rasanya yang manis dan berkualitas tinggi.

Dengan membeli produk gula ini, Anda juga mendukung petani lokal untuk terus memproduksi bahan baku yang dapat digunakan oleh berbagai macam masyarakat di Indonesia. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat gula ini dapat dinikmati oleh semua orang.

5. CSR Caster Sugar

5. CSR Caster Sugar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Bebas berkreasi membuat aneka kue dan minuman segar

CSR sudah dikenal oleh masyarakat Australia sejak tahun 1855 sebagai produsen gula. Gula kastor CSR berbentuk kristal halus yang terbuat dari 100% gula tebu Australia dengan rasa manis yang alami. Ketika digunakan dalam membuat kue, gula ini dapat memberi volume kepada adonan sehingga teksturnya lebih ringan dan lembut.

Anda dapat melihat aneka resep di situs resmi CSR untuk membuat aneka hidangan kue, seperti Choc Chip Cookies yang tentunya akan menjadi kue favorit anak Anda. Ada juga resep minuman Lime Lemonade yang dapat menyegarkan tenggorokan Anda. Selamat berkreasi!

4. Kalbe Nulife Sweetener

4. Kalbe Nulife Sweetener

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Pemanis khusus untuk penderita diabetes

Nulife Sweetener merupakan pemanis untuk Anda yang senang dengan pola hidup yang sehat. Terbuat dari tebu dan rendah kalori, pemanis ini mengandung sukralosa yang aman untuk Anda konsumsi. Pemanis ini juga tidak meningkatkan gula darah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Dalam satu paknya terdapat lima puluh sachet berisi bubuk gula putih halus yang dapat Anda nikmati kapan saja. Selain itu, kemasan sachet membuatnya mudah dibawa ke mana pun Anda pergi. Harga yang dinilai terjangkau juga menjadikan gula ini sebagai pemanis yang banyak dicari oleh masyarakat.

3. Rose Brand Gula Kristal Putih

3. Rose Brand Gula Kristal Putih

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.650

Menemani masyarakat Indonesia sejak tahun 1970-an

Hadir sejak tahun 1970-an membuat Rose Brand menjadi salah satu merek terkemuka di Indonesia. Awalnya Rose Brand hanya memproduksi tepung beras dan tepung ketan. Seiring waktu, Rose Brand berinovasi mengeluarkan produk-produk yang dapat digunakan untuk membuat kue dan masakan lainnya, salah satunya adalah gula kristal putih ini.

Gula kristal dari Rose Brand mengandung fruktosa alami yang memberikan rasa manis, cocok untuk melengkapi aneka masakan dan minuman tradisional yang hendak Anda buat. Selain itu, gula ini diproses dari tebu pilihan yang menghasilkan warna gula alami dengan kualitas yang terjamin.

2. Tropicana Slim Stevia Sweetener

2. Tropicana Slim Stevia Sweetener

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.750

Sedang diet, tetapi ingin minuman manis? Tambahkan saja pemanis alami ini!

Dibuat dari ekstrak daun Stevia rebaudiana, produk ini menghasilkan rasa manis alami yang bebas gula dan juga nol kalori. Tropicana Slim Stevia membantu menjaga gula darah di dalam tubuh dan menjaga berat badan Anda tetap ideal untuk hidup yang lebih sehat.

Satu kemasan Tropicana Slim Stevia ini setara dengan dua sendok teh gula pasir. Anda dapat menikmati aneka minuman panas atau dingin secara lebih nikmat. Dengan takaran yang tepat, Anda bisa mengonsumsi hidangan manis tanpa perasaan bersalah.

1. Sugar Group Companies Gulaku Premium Putih

1. Sugar Group Companies Gulaku Premium Putih

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.400

Kualitas super! Tanpa pemutih dan pengawet yang aman untuk si kecil

Diproduksi sejak tahun 2002, Gulaku selalu konsisten memproduksi gula dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dengan kandungan 100% tebu segar pilihan, gula ini dibuat dengan proses penyaringan higienis dan dikemas dalam wadah yang mampu menjaga kemurnian dan kebersihan gula.

Tekstur yang konsisten mampu menghasilkan rasa manis alami yang ideal. Tidak adanya zat pengawet dan pemutih di dalam gula ini membuatnya aman dikonsumsi oleh anak-anak Anda. Di situs resminya, Anda dapat melihat aneka resep yang bisa dijadikan sumber inspirasi untuk membuat berbagai hidangan dengan Gulaku.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda setelah membaca sepuluh produk gula rekomendasi kami kali ini? Selain sebagai penambah rasa di masakan dan minuman Anda, gula juga dapat digunakan sebagai bahan membuat kue dan aneka makanan manis lainnya. Dengan tambahan gula, tentu saja rasanya akan menjadi lebih manis dan kaya akan rasa. Semoga Anda dapat menemukan produk gula favorit Anda. Selamat memilih!