10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gula putih atau lebih umum disebut gula pasir di Indonesia, merupakan produk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Biasanya, orang-orang menggunakan gula pasir sebagai pemanis minuman, campuran kue, dan juga bumbu masakan. Meski terlihat sama, sebenarnya gula pasir memiliki banyak variasi.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir yang tepat. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek, seperti Gulaku, Tropicana Slim, Rose Brand, dan lainnya. Silakan baca secara saksama untuk mendapatkan gula pasir yang terbaik sesuai kebutuhan Anda!

Daftar isi

Manfaat gula putih dalam memasak

Gula putih atau gula pasir diekstrasi dari tebu atau bit gula yang kemudian dibentuk seperti kristal. Gula ini cocok untuk aneka jenis masakan, mulai dari masakan Asia sampai masakan Barat. Tentu saja, gula putih merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak di Indonesia. Anda dapat merasakan manfaat sebagai berikut jika menggunakan gula putih saat memasak:

  • mencegah kerusakan makanan akibat jamur
  • mengubah tekstur buah menjadi selai
  • mencegah nasi menjadi keras
  • melembutkan daging

Selanjutnya, kami akan menjelaskan lebih detail mengenai empat manfaat yang telah kami sebutkan di atas.

Mencegah kerusakan makanan akibat jamur

Mencegah kerusakan makanan akibat jamur

Gula putih mempunyai kemampuan untuk mencegah berkembangnya mikroorganisme jamur dan bakteri pembusuk. Hal ini disebabkan karena adanya kemampuan penyerapan air oleh gula putih. Dengan mengisap kadar air dari makanan, gula putih mencegah jamur dan bakteri berkembang biak. Dengan begitu, kerusakan pada makanan dapat dicegah.

Berhubung daya tahan terhadap jamur dan pembusukan sangat kuat, gula putih tidak memiliki masa kedaluwarsa. Jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap setelah dibuka, Anda bahkan masih dapat memakainya hingga sepuluh tahun. Namun, perlu diingat bahwa gula putih tidak kuat terhadap kelembapan dan suhu tinggi.

Sebagai tambahan, ada camilan seperti red bean jelly yang sering ditemukan dalam minuman atau kue mochi. Red bean jelly dapat bertahan hingga dua tahun karena terdapat banyak kandungan gula di dalamnya.

Mengubah tekstur buah menjadi selai

Mengubah tekstur buah menjadi selai

Gelling action adalah reaksi yang timbul ketika buah-buahan dan gula putih dipanaskan di dalam wadah yang sama. Reaksi kimia ini disebabkan oleh gula yang mengikat serat makanan saat mengalir keluar dari buah saat dipanaskan.

Gula putih memiliki peran layaknya lem yang membuat serat-serat buah terbentuk seperti jalinan benang dan melembapkan teksturnya. Tekstur seperti selai merupakan produk yang dihasilkan dari reaksi kimia ini.

Mencegah nasi menjadi keras

Mencegah nasi menjadi keras

Bagi yang menyukai sushi, tentu Anda mengetahui adanya campuran gula putih di dalam beras yang sudah dimasak. Hal ini bertujuan untuk membuat nasi tidak menjadi kering.

Gula putih yang dicampur dengan nasi akan menempel pada kelembapan nasi. Dengan demikian, kadar kelembapan di dalam nasi dan tekstur cuka berasnya tetap terjaga. Hal ini bertujuan untuk menjaga tekstur nasi sushi agar tetap lembut dalam waktu lama.

Melembutkan daging

Melembutkan daging

Apakah Anda penggemar steak, sup daging sapi, atau daging panggang? Untuk semua jenis hidangan daging tersebut, tentu Anda menginginkan tekstur daging yang lembut. Namun, saat waktu dan dana untuk membeli daging yang mahal terbatas, kami sarankan Anda menggunakan gula putih.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menggosokkan gula putih ke daging. Gula putih mampu menarik kolagen dan menjaga tekstur daging agar tetap lembap. Hasilnya adalah daging yang lembut dan juicy.

Cara memilih gula pasir

Gula pasir dapat digunakan untuk pengawetan makanan maupun sebagai bumbu masakan. Namun, gula pasir memiliki banyak variasi. Supaya tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah gula pasir sesuai fungsinya

Gula pasir yang Anda pilih tergantung pada jenis makanan yang akan Anda buat dan gunakan. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan selera Anda.

Gula pasir biasa : Menambah kekayaan rasa pada masakan

Gula pasir biasa : Menambah kekayaan rasa pada masakan

Jika Anda menggunakan gula sebagai bumbu masakan, kami merekomendasikan gula pasir biasa. Gula pasir biasa diperoleh dari ekstrasi tebu yang menghasilkan sukrosa. Setelah itu, ditambahkan bahan-bahan lain seperti glukosa, fruktosa, dan air ke dalam sukrosa. Gula pasir biasa memiliki ciri butirannya halus kasar dan berbentuk seperti kristal.

Memasak dengan gula pasir ini akan membuat masakan lebih manis, bertekstur, dan kaya rasa. Gula pasir ini juga disebut sebagai gula pasir serbaguna karena Anda bisa membuat berbagai jenis masakan dengan gula ini. Tidak hanya kue, menyajikan hidangan daging dan kentang pun akan lebih lezat dengan menambahkan gula pasir ini.

Gula kastor (caster sugar) : Pemanis minuman dan aneka hidangan

Gula kastor (caster sugar) : Pemanis minuman dan aneka hidangan

Jika Anda ingin menambahkan gula pada minuman panas agar lebih manis, silakan gunakan gula kastor. Gula kastor diperoleh dari hasil ekstrasi sukrosa pada tebu. Karena hanya mengambil bagian sukrosa, gula kastor tidak mengandung glukosa dan fruktosa. Teksturnya pun seperti bubuk dan lebih halus dari gula pasir biasa.

Ciri-ciri dari gula kastor adalah memiliki rasa manis yang halus dan mudah larut di dalam minuman panas. Tidak heran, jenis ini sangat cocok untuk menjadi pemanis teh dan kopi. Dengan rasa manisnya, gula ini juga sangat pas digunakan dalam pembuatan kue, biskuit, pastrymerengue, dan macaron.

Gula putih nol kalori : Menunjang gaya hidup sehat

Gula putih nol kalori : Menunjang gaya hidup sehat

Mungkin Anda sedang menjalani program diet ketat. Namun, sejujurnya Anda pasti tidak bisa melepas makanan manis dan nasi yang lezat sepenuhnya, bukan? Nah, untuk Anda yang berdiet atau ingin melaksanakan pola makan sehat, kami merekomendasikan gula putih nol kalori.

Gula putih nol kalori mengekstrak rasa manis dari bahan-bahan berikut:

  • Siraitia grosvenorii : tanaman obat yang sering digunakan untuk permen penyegar tenggorokan
  • Erythritol : gula alkohol yang terkandung dalam pir, melon, kecap, dan lainnya. Penggunaan erythritol dapat mengontrol gula darah di tubuh agar tidak meningkat.
  • Stevia : tanaman dari Afrika yang digunakan untuk pemanis rendah karbohidrat
  • Aspartame : pemanis yang mengandung asam amino.

Rasa dari bahan-bahan tersebut cenderung lebih manis ketimbang gula yang berasal dari tebu. Kue yang dibuat dengan gula ini pun memiliki rasa manis alami. Sangat pas untuk Anda yang sedang berdiet dan membatasi asupan karbohidrat, tetapi tetap ingin merasakan manisnya gula.

10 Rekomendasi gula pasir terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh gula pasir terbaik untuk Anda. Gula pasir yang kami pilih bisa digunakan sebagai pemanis minuman, bumbu masakan, bahan kue, dan lainnya.

10. Adda Jaya Indonesia Ricoman Caster Sugar (Gula Kastor)

10. Adda Jaya Indonesia Ricoman Caster Sugar (Gula Kastor)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Berikan rasa manis merata pada minuman dingin Anda!

Biasanya gula putih lebih sulit larut pada air dingin, tetapi tidak dengan produk satu ini. Gula dari Ricoman ini memiliki tekstur kristal yang sangat halus dan mudah larut, bahkan pada air dingin. Sangat tepat untuk Anda yang gemar menikmati minuman dingin, bukan? Selain itu, gula ini pun dapat memberikan rasa manis yang merata pada adonan kue dan topping krim.

Jenis Gula kastor
Ukuran 500 gr, 1 kg, 20 kg

9. Wilmar Sania Gula Kristal Putih

9. Wilmar Sania Gula Kristal Putih

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Harga paling terjangkau dengan kualitas tinggi

Bila Anda memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya memilih produk yang satu ini! Dengan harga terjangkau, gula putih ini telah mendapatkan sertifikasi halal dan lolos uji kualitas SNI. Gula putih ini juga memiliki rasa yang lebih manis daripada refined sugar. Tidak heran, gula ini cocok untuk tambahan berbagai bumbu masakan.

Jenis Gula pasir biasa
Ukuran 1 kg

8. Indogula Cap Semut Sugar Semut

8. Indogula Cap Semut Sugar Semut

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 12.000

Tidak memiliki rasa manis yang terlalu pekat

Gula putih ini memiliki warna yang lebih putih dan jernih karena dihasilkan dari tebu alami. Karena kualitasnya yang sangat terjaga, tidak heran gula ini memiliki rasa tidak terlalu pekat saat menyentuh tenggorokan. Pastinya sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai rasa manis berlebihan.

Jenis Gula pasir biasa
Ukuran 250 gr, 500 gr, 1 kg

7. Kalbe Nutritionals Diabetasol Zero Calorie Sweetener

7. Kalbe Nutritionals Diabetasol Zero Calorie Sweetener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.500

Lebih manis, tetapi lebih aman dikonsumsi

Meski tingkat kemanisannya 600 kali lebih banyak dibanding gula tebu, produk ini aman untuk penderita diabetes. Gula ini mengandung pemanis sukralosa dan tanpa kalori sehingga aman untuk dikonsumsi. Jadi, bila Anda penderita diebetes atau ingin menghindari kalori berlebih dari gula putih biasa, produk ini solusinya!

Jenis Gula putih nol kalori
Ukuran 25 sachet × 1 gr; 50 sachet × 1 gr; 100 sachet × 1 gr

6. BULOG Gula Pasir Manis Kita

6. BULOG Gula Pasir Manis Kita

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 12.000

Ingin turut berkontribusi terhadap negara? Gunakan gula olahan petani lokal ini!

Gula yang satu ini diproduksi oleh petani lokal dan berada di bawah naungan BUMN. Jika Anda ingin ikut memajukan negara, silakan mengonsumsi gula ini. Gula pasir ini juga memiliki rasa manis yang pas sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga maupun usaha catering.

Jenis Gula pasir biasa
Ukuran 1 kg

5. CSR Caster Sugar

5. CSR Caster Sugar

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 53.000

Hadirkan sarapan dan minuman lezat dengan cepat meski sedang terburu-buru

Gula putih asal Australia ini memiliki tekstur yang halus sehingga lebih cepat larut dibanding gula putih biasa. Karena sifatnya tadi, gula ini paling pas digunakan untuk menyiapkan sarapan di pagi hari saat Anda sedang terburu-buru. Anda pun tetap dapat menikmati sarapan lezat, seperti muffin, pancake, dan lainnya ditemani teh atau kopi hangat manis.

Jenis Gula kastor
Ukuran 500 gr, 1 kg

4. Kalbe Nutritionals Nulife Sweetener

4. Kalbe Nutritionals Nulife Sweetener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.250

Langkah awal untuk memulai hidup sehat!

Apakah Anda belum dapat lepas dari manisnya gula tebu, tetapi ingin tetap hidup sehat? Jika iya, gula rendah kalori ini bisa menjadi alternatif! Produk ini mengandung sukralosa dari tebu yang aman dikonsumsi. Produk ini termasuk baik untuk kesehatan karena tidak meningkatkan kadar gula darah dan tidak akan diserap tubuh.

Jenis Gula putih rendah kalori
Ukuran 50 sachet × 1,5 gr; 100 sachet × 1,5 gr

3. Rose Brand Gula Kristal Premium

3. Rose Brand Gula Kristal Premium

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.400

Rasa manis dari fruktosa alami!

Gula putih dari Rose Brand mengandung fruktosa alami yang memberikan rasa manis. Paling pas untuk melengkapi aneka masakan dan minuman tradisional yang hendak Anda buat. Gula ini diproses dari tebu pilihan yang menghasilkan warna gula alami dengan kualitas yang terjamin.

Jenis Gula putih biasa
Ukuran 1 kg

2. Nutrifood Indonesia Tropicana Slim Stevia

2. Nutrifood Indonesia Tropicana Slim Stevia

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Dapatkan rasa manis alami, bebas gula, dan nol kalori!

Jika Anda sangat memperhatikan kesehatan, sebaiknya ganti gula Anda dengan produk ini. Produk ini diekstrak dari daun Stevia rebaudiana sehingga rasa manisnya alami, bebas gula, dan nol kalori. Produk ini dapat mencegah terjadinya diabetes dan ampuh digunakan untuk berdiet.

Jenis Gula nol kalori
Ukuran 50 sachet × 2,6 gr; 100 sachet × 2,6 gr

1. Sugar Group Companies Gulaku Premium Putih

1. Sugar Group Companies Gulaku Premium Putih

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.400

Tanpa pemutih dan pengawet! Nikmat dikonsumsi sehari-hari

Meski memiliki warna putih dan bersih, gula putih ini tidak menggunakan pemutih maupun pengawet. Produk ini juga memiliki rasa manis alami sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari oleh seluruh anggota keluarga. Anda pun tidak perlu khawatir karena gula ini diproses dan dikemas secara higienis sehingga terjamin kebersihannya.

Jenis Gula putih biasa
Ukuran 200 gr, 500 gr, 1 kg, 5 kg

Baca juga rekomendasi jenis gula lainnya di sini

Selain gula pasir atau gula putih, ada juga jenis gula lain yang mungkin sering Anda konsumsi sehari-hari. Fungsi dan kegunaannya masing-masing tentu sedikit berbeda dengan gula putih. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang berbagai jenis gula tersebut, silakan kunjungi link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda setelah membaca sepuluh produk gula rekomendasi kami kali ini? Selain sebagai penambah rasa di masakan dan minuman Anda, gula juga dapat digunakan sebagai bahan membuat kue dan aneka makanan manis lainnya.

Dengan tambahan gula, tentu saja rasa kue atau penganan lain buatan Anda menjadi lebih manis dan kaya akan rasa. Semoga Anda dapat menemukan produk gula putih favorit Anda. Selamat memilih!