• 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gula Pasir Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Gula putih, atau lebih umum disebut gula pasir, merupakan produk yang sering dikonsumsi masyarakat. Biasanya, orang-orang menggunakan gula pasir sebagai pemanis minuman, campuran kue, dan bumbu masakan. Meski terlihat sama, sebenarnya gula pasir memiliki banyak variasi.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir yang tepat. Tidak lupa, kami juga bakal merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Gulaku, Tropicana Slim, dan Rose Brand. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Silakan baca secara saksama untuk mendapatkan gula pasir yang sesuai kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Karirnya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.


Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Manfaat gula putih dalam memasak

Manfaat gula putih dalam memasak
Gula putih atau gula pasir diekstraksi dari tanaman tebu atau bit gula yang kemudian dibentuk seperti kristal. Gula ini cocok untuk aneka jenis masakan, mulai dari masakan Asia sampai masakan Barat. Tak heran jika gula putih merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak di Indonesia.

Berikut adalah beberapa manfaat gula putih atau gula pasir untuk masakan:


  • Penghasil rasa manis

Rasa manis dibutuhkan sebagai bumbu olahan masakan. Namun, penggunaannya hanya dalam jumlah yang sedikit. Biasanya, pemakaian gula akan dikombinasikan dengan garam agar menghasilkan rasa gurih. Lakukan hal tersebut terutama bagi Anda yang sedang mengurangi atau tidak mengonsumsi MSG.


  • Mencegah kerusakan makanan akibat jamur

Gula putih mempunyai kemampuan untuk mencegah berkembangnya mikroorganisme jamur dan bakteri pembusuk. Hal ini disebabkan adanya kemampuan penyerapan air oleh gula putih. Dengan mengisap kadar air dari makanan, gula putih mampu mencegah jamur dan bakteri berkembang biak. Sebagai hasilnya, kerusakan pada makanan dapat dicegah.


  • Mengubah tekstur buah menjadi selai
    • Gelling action adalah reaksi yang timbul ketika buah-buahan dan gula putih dipanaskan di dalam wadah yang sama. Reaksi kimia ini terjadi karena gula mengikat serat makanan yang mengalir keluar dari buah ketika dipanaskan. Gula putih memiliki peran layaknya lem yang membuat serat-serat buah terbentuk seperti jalinan benang, lalu melembapkan teksturnya. Tekstur seperti selai merupakan produk yang dihasilkan dari reaksi kimia ini.

  • Mencegah nasi menjadi keras
  • Ingin membuat nasi sushi yang tidak mudah mengeras? Campurkan gula putih ke dalam beras yang sudah dimasak. Gula putih yang dicampur dengan nasi akan menempel serta menjaga tekstur cuka dan kadar kelembapan di dalam nasi.

  • Melembutkan daging

Saat mengolah daging, tentu Anda menginginkan tekstur yang lembut. Gula putih bisa membantu mewujudkannya. Anda hanya perlu menggosokkan gula putih ke daging. Gula putih mampu menarik kolagen dan menjaga tekstur daging agar tetap lembap. Hasilnya adalah daging yang lembut dan juicy.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gula pasir

Gula pasir banyak digunakan sebagai bahan pengawet dan bumbu masakan. Nah, produk pangan ini ternyata memiliki banyak variasi, lho! Kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir untuk membantu Anda menentukan produk yang sesuai kebutuhan.

Ketahui fungsi spesifik tiap jenis gula pasir

Gula pasir terbagi menjadi empat jenis besar. Penggunaannya tentu bisa Anda sesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Apa saja jenis gula pasir dan fungsi spesifiknya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Gula pasir biasa, membuat rasa masakan makin kaya

Gula pasir biasa, membuat rasa masakan makin kaya
Jika Anda menggunakan gula sebagai bumbu masakan, kami merekomendasikan gula pasir biasa. Gula pasir biasa diperoleh dari ekstraksi tebu yang menghasilkan sukrosa. Setelah itu, ditambahkan bahan-bahan lain, seperti glukosa, fruktosa, dan air, ke dalam sukrosa. 

Penggunaannya sebagai bumbu akan membuat masakan terasa lebih manis, bertekstur, dan kaya rasa. Gula pasir ini termasuk serbaguna karena cocok dengan berbagai jenis masakan. Tak hanya kue, menyajikan hidangan daging dan kentang pun akan lebih lezat dengan menambahkan gula pasir biasa secukupnya.


Gula pasir memiliki kandungan alami karbohidrat sederhana yang dapat diolah menjadi energi dalam tubuh. Selain itu, gula ini juga mempunyai fungsi antioksidan dan menyehatkan kulit. Namun, konsumsi gula pasir per hari juga perlu diperhatikan agar terhindar dari risiko diabetes.

Gula kastor (caster sugar), pemanis minuman dan aneka hidangan

Gula kastor (caster sugar), pemanis minuman dan aneka hidangan
Meski dianggap sama saja, minuman panas ternyata akan lebih pas jika dipadukan dengan gula kastor. Rasanya tetap manis seperti gula pasir biasa, tetapi gula kastor lebih mudah larut dalam air, terutama air panas. Anda dapat mencoba menambahkan gula kastor saat membuat teh atau kopi.

Selain itu, gula kastor juga sering kali digunakan dalam proses pembuatan kue bertekstur lembut karena teksturnya yang sangat halus. Gula ini cocok digunakan untuk membuat kue souffle, pastry, meringue, dan mousse. Gula kastor sendiri diperoleh dari hasil ekstraksi sukrosa pada tebu. Karena hanya mengambil bagian sukrosa, gula kastor tidak mengandung glukosa dan fruktosa.

Gula putih nol kalori, menunjang gaya hidup sehat

Gula putih nol kalori, menunjang gaya hidup sehat
Anda sedang menjalani program diet ketat? Tentu Anda harus membatasi atau bahkan menghindari konsumsi makanan manis. Namun, sejujurnya hal tersebut sulit dilakukan. Nah, ternyata ada jenis gula pasir yang cocok untuk Anda yang sedang diet, lho! 

Kami merekomendasikan gula putih nol kalori untuk Anda. Anda yang ingin mulai menjalankan pola hidup sehat juga bisa memilih gula putih nol kalori. 


Ekstrak rasa manis dalam gula putih nol kalori didapatkan dari berbagai bahan seperti:

  • Siraitia grosvenorii: tanaman obat yang sering digunakan untuk permen penyegar tenggorokan.
  • Erythritol: gula alkohol yang terkandung dalam pir, melon, kecap, dan lainnya. Penggunaan erythritol dapat mengontrol gula darah di tubuh agar tidak meningkat.
  • Stevia: tanaman dari Afrika yang digunakan untuk pemanis rendah karbohidrat.
  • Aspartame: pemanis yang mengandung asam amino.

Rasa dari bahan-bahan tersebut cenderung lebih manis ketimbang gula yang berasal dari tebu. Kue yang dibuat dengan gula ini akan memiliki rasa manis alami. Jadi, Anda tetap bisa menikmati rasa manis gula saat menjalani pola hidup sehat.


Dengan kandungan nol kalori, gula ini tidak hanya baik untuk diet, tetapi juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Meski begitu, Kementerian Kesehatan RI tetap menyarankan untuk mengonsumsi gula nol kalori maksimal empat sendok makan per hari.

Gula rafinasi, berbahaya untuk dikonsumsi

Gula rafinasi, berbahaya untuk dikonsumsi

Sebelum membeli, tentu Anda harus memastikan bahwa produk pilihan Anda termasuk gula pasir yang baik dikonsumsi. Masih banyak orang belum mengetahui jenis gula rafinasi bisa berbahaya untuk kesehatan. Apa itu gula rafinasi? 


Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa gula rafinasi adalah jenis gula yang telah melewati proses pemurnian sehingga warnanya lebih putih. Gula ini telah dilarang untuk diperjualbelikan pada konsumen, pedagang eceran, serta distributor. 


Meski begitu, gula rafinasi diperbolehkan dipakai dalam bidang industri sebagai salah satu bahan untuk proses produksi. Hal tersebut diatur dalam SK Menperindag No.527/MPT/KET/9/2004. 


Contoh produk kemasan yang menggunakan gula rafinasi adalah saus, minuman ringan, selai, kue, dan lain sebagainya. Konsumsi gula rafinasi secara berlebihan berisiko memicu penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas. Jadi, batasi mengonsumsi berbagai produk kemasan, ya!


Selain memicu penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas, gula rafinasi juga mengakibatkan penuaan pada kulit melalui proses alami glikasi. Glikasi merupakan proses ketika molekul gula memasuki aliran darah dan menutup molekul protein pada kulit. Akibatnya, lama kelamaan kulit akan makin kusam dan gelap.

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Meski gula pasir termasuk bahan makanan yang tahan lama untuk disimpan, Anda sebaiknya tetap membeli dalam ukuran yang sesuai kebutuhan. Hal ini karena gula rentan terhadap kelembapan. Terdapat beberapa jenis kemasan yang ditawarkan, dari yang sangat kecil hingga besar. 


  • Ukuran sachet

Produk berukuran sachet umumnya dikemas dalam bentuk kecil menggunakan kertas kemasan. Satu pak terdiri dari 50 atau 100 sachet. Kemasan ini umumnya digunakan sebagai pelengkap sajian minuman hangat. Setiap kemasan sachet dibuat untuk takaran satu gelas minuman. Anda juga bisa membawa gula sachet secara praktis saat travelling.


  • Ukuran sedang

Bagi Anda yang tinggal sendirian, kami sarankan untuk membeli gula ukuran sedang. Kemasan yang banyak ditawarkan di pasaran yaitu 500 gram dan 1 kg. Gula pasir ukuran sedang juga cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecil yang terdiri dari 2–4 orang. 


  • Ukuran besar

Selain kemasan ukuran sachet dan sedang, ada juga pilihan ukuran besar. Gula pasir kemasan besar cocok dipilih saat Anda ingin membuat hidangan dalam jumlah banyak. Anda bisa memilih kemasan berukuran 5 kg hingga 20 kg. Ukuran ini juga sangat disarankan untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga di rumah.


Selain itu, cara penyimpanan pun perlu diperhatikan. Anda juga bisa membuat gula pasir makin awet. Beberapa caranya adalah dengan mengubah gula pasir biasa menjadi gula cair atau mengubahnya menjadi karamel.


Apabila Anda tidak ingin teksturnya berubah, Anda cukup memasukkan roti putih pada stoples berisi gula pasir. Roti putih akan membantu menghambat sifat hydrophilic gula dan membantu gula tetap kering dalam wadah yang tertutup rapat.

Perhatikan faktor-faktor lainnya pada gula

Perhatikan faktor-faktor lainnya pada gula

Saat memilih gula pasir, beberapa faktor tertentu sebaiknya Anda perhatikan. Berbagai faktor tersebut antara lain warna dan tekstur. Dengan mengetahui faktor tersebut, Anda bisa lebih bijak dalam memilih gula pasir yang akan dikonsumsi.


  • Warna gula

Gula pasir memiliki warna yang berbeda, tergantung pada jenisnya. Pada dasarnya, semua gula pasir berwarna putih. Namun, Anda bisa mengetahui perbedaan jenis tersebut dengan memperhatikan warnanya. Gula pasir biasa warnanya bervariasi, dari putih bersih, putih kusam, cokelat muda, hingga cokelat pekat.


Ciri-ciri kualitas gula yang baik adalah berwarna kekuningan. Gula pasir dengan warna kekuningan menawarkan rasa yang lebih manis dan legit daripada gula pasir berwarna putih. Gula pasir putih biasanya telah diberi tambahan warna. Sementara itu, gula kastor memiliki dua varian warna, yaitu warna putih (varietas biasa) dan warna kecokelatan (varietas emas).


  • Tekstur

Tekstur tiap-tiap jenis gula pasir juga berbeda. Pada gula pasir biasa, butirannya halus, kasar, dan berbentuk seperti kristal. Sementara pada gula kastor, teksturnya seperti bubuk, serta lebih halus dibandingkan gula biasa. Sebaiknya, jangan memilih gula pasir yang telah menggumpal atau basah.

10 Rekomendasi gula pasir terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gula pasir terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10
JenisGula putih rendah kalori
Ukuran50 sachet × 1,5 gr・100 sachet × 1,5 gr
9

WilmarSania Gula Kristal Putih

Mulai dari Rp 13.900,00

JenisGula pasir biasa
Ukuran1.000 gr
8

Adda Jaya IndonesiaRicoman Caster Sugar (Gula Kastor)

Mulai dari Rp 48.000,00

JenisGula kastor
Ukuran500 gr, 1.000 gr, 20.000 gr
7
JenisGula kastor
Ukuran1.000 gr
6
JenisGula pasir biasa
Ukuran1.000 gr
5
JenisGula putih biasa
Ukuran1.000 gr
4

Kalbe NutritionalsDiabetasol Zero Calorie Sweetener

Mulai dari Rp 17.810,00

JenisGula putih nol kalori
Ukuran25 sachet × 1,5 gr・50 sachet × 1,5 gr・100 sachet × 1,5 gr
3

Nutrifood IndonesiaTropicana Slim Sweetener Stevia

Mulai dari Rp 65.100,00

JenisGula nol kalori
Ukuran50 sachet × 2,6 gr・100 sachet × 2,6 gr
2
JenisGula pasir biasa
Ukuran1.000 gr
1
JenisGula putih biasa
Ukuran200 gr, 500 gr, 1.000 gr, 5.000 gr

Tabel perbandingan produk gula pasir terbaik

Gambar produk
1
Sugar Group Companies Gulaku Premium Putih 1

Sugar Group Companies

2
BULOG Gula Pasir Manis Kita 1

BULOG

3
Nutrifood Indonesia Tropicana Slim Sweetener Stevia 1

Nutrifood Indonesia

4
Kalbe Nutritionals Diabetasol Zero Calorie Sweetener 1

Kalbe Nutritionals

5
Rose Brand  Gula Kristal Premium 1

Rose Brand

6
Indogula  Cap Semut Sugar 1

Indogula

7
CSR Caster Sugar 1

CSR

8
Adda Jaya Indonesia Ricoman Caster Sugar (Gula Kastor) 1

Adda Jaya Indonesia

9
Wilmar Sania Gula Kristal Putih 1

Wilmar

10
Kalbe Nutritionals Nulife Sweetener 1

Kalbe Nutritionals

Nama produk

Gulaku Premium Putih

Gula Pasir Manis Kita

Tropicana Slim Sweetener Stevia

Diabetasol Zero Calorie Sweetener

Gula Kristal Premium

Cap Semut Sugar

Caster Sugar

Ricoman Caster Sugar (Gula Kastor)

Sania Gula Kristal Putih

Nulife Sweetener

Keunggulan

Tanpa pemutih dan pengawet, nikmat dikonsumsi sehari-hari

Ingin turut berkontribusi terhadap negara? Gunakan gula olahan petani lokal ini!

Dapatkan rasa manis alami, bebas gula, dan nol kalori

Solusi terbaik! Aman dikonsumsi penderita diabetes

Kandungan fruktosa alami, pas lengkapi aneka masakan

Ramah tenggorokan berkat rasa manis yang tidak terlalu pekat

Hadirkan sarapan lezat dengan cepat meski sedang terburu-buru

Berikan rasa manis merata pada minuman dingin

Lengkapi rasa hidangan dengan kualitas gula yang tepercaya

Langkah awal untuk memulai hidup sehat!

Harga mulai dariRp 12.500,00Rp 12.500,00Rp 65.100,00Rp 17.810,00Rp 16.000,00Rp 13.500,00Rp 128.000,00Rp 48.000,00Rp 13.900,00Rp 23.600,00
JenisGula putih biasaGula pasir biasaGula nol kaloriGula putih nol kaloriGula putih biasaGula pasir biasaGula kastorGula kastorGula pasir biasaGula putih rendah kalori
Ukuran200 gr, 500 gr, 1.000 gr, 5.000 gr1.000 gr50 sachet × 2,6 gr・100 sachet × 2,6 gr25 sachet × 1,5 gr・50 sachet × 1,5 gr・100 sachet × 1,5 gr1.000 gr1.000 gr1.000 gr500 gr, 1.000 gr, 20.000 gr1.000 gr50 sachet × 1,5 gr・100 sachet × 1,5 gr
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar gula pasir

Pertanyaan umum seputar gula pasir

Selain membahas cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer terkait gula pasir. Agar Anda tidak penasaran lagi, simak jawabannya di bawah ini.

Mengapa gula rafinasi dilarang?

Dalam salah satu penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition, dituliskan bahwa gula rafinasi berhubungan dengan beberapa penyakit. Mengonsumsi gula rafinasi dalam jumlah besar meningkatkan risiko munculnya berbagai masalah kesehatan.


Beberapa dampak mengonsumsi gula rafinasi dalam jumlah besar yaitu:

  • Mempercepat pertambahan berat badan, bahkan hingga obesitas
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2
  • Hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah)
  • Kekurangan vitamin dan mineral
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung


Kandungan dalam gula rafinasi dapat memperburuk kondisi kesehatan bagi yang mengonsumsi. Karena itu, gula rafinasi hanya dibuat untuk industri sebagai bahan baku atau zat tambahan dalam proses produksi.

Berapa batasan konsumsi gula dalam sehari?

Batasan konsumsi gula perlu disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian seseorang. Tiap-tiap orang bisa memiliki batasan yang berbeda. Namun, Kementerian Kesehatan RI menganjurkan batasan konsumsi gula dalam sehari yaitu 50 gram gula. Jumlah tersebut setara 5–9 sendok makan per hari.


Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh. Berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi bisa dilakukan agar Anda mengetahui batasan konsumsi gula yang paling tepat. Cek juga kadar gula dalam darah secara berkala dan konsultasikan dengan ahlinya.

Apa efek konsumsi gula berlebih?

Terdapat beberapa efek buruk jika Anda mengonsumsi gula berlebih. Beberapa efek tersebut di antaranya:


  • Meningkatnya risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, hipertensi, jantung
  • Peningkatan berat badan, bahkan bisa sampai obesitas
  • Mempercepat pikun dan penuaan dini 
  • Adanya tumpukan lemak di perut
  • Perasaan ingin makan terus menerus 
  • Karies gigi
  • Terjadinya disfungsi metabolisme

Hal yang paling berbahaya dari konsumsi gula berlebih adalah terhambatnya kemampuan jantung untuk memompa darah ke semua organ tubuh. Tanpa Anda sadari, konsumsi gula pasir yang berlebih akan merusak organ tubuh satu per satu.

Tips dari chef kami, Laire Siwi Mentari

Tips dari chef kami, Laire Siwi Mentari

Gula tidak selalu buruk. Kurangnya asupan gula dalam tubuh juga bisa membahayakan karena dapat mengakibatkan hipoglikemia, menurunnya kerja sistem otak, dan menurunnya energi tubuh.


Namun, Anda tak perlu khawatir. Tanpa mengonsumsi gula pasir pun Anda tetap bisa mendapatkan asupan gula alami dari buah-buahan dan sayuran yang Anda konsumsi. Hampir seluruh buah-buahan mengandung gula alami yang lebih sehat diterima tubuh.

Baca juga rekomendasi produk gula lainnya di sini

Selain gula pasir atau gula putih, ada juga jenis gula lain yang mungkin sering Anda konsumsi sehari-hari. Fungsi dan kegunaannya masing-masing tentu sedikit berbeda dengan gula putih. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang berbagai jenis gula tersebut, silakan kunjungi link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca sepuluh produk gula putih rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan produk pilihan? Selain sebagai penambah rasa di masakan dan minuman, gula putih dapat digunakan untuk membuat kue dan aneka makanan manis. 


Dengan tambahan gula putih, tentu rasa kue atau penganan lain buatan Anda menjadi kaya rasa. Namun, pastikan Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan, ya. Semoga Anda menemukan produk gula putih favorit Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Vanili bubuk merupakan bahan tambahan yang sering digunakan untuk membuat roti dan kue. Produk ini juga biasa ditaburkan pada masakan atau minuman untuk meningkatkan cita rasa dan aroma. Aromanya sangat harum dan khas karena terbuat dari biji vanili yang digiling. Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih vanili bubuk. Sepuluh rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek juga telah kami siapkan. Sebut saja Koepoe Koepoe, L'arome, hingga Sonnentor. Kemasannya pun beragam, ada yang sachet kecil, ada pula yang botol. Mari disimak supaya Anda bisa mendapatkan vanili bubuk terbaik!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori