10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Minyak peppermint merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti melegakan hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, hingga untuk menghalau serangga. Jenis dan harganya pun berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pemakaian.

Agar Anda tidak salah dalam memilih minyak peppermint, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk yang tepat untuk hasil maksimal. Nah, pahami kebutuhan Anda dan segera temukan minyak peppermint yang paling cocok untuk Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih minyak peppermint

Minyak peppermint banyak dipasarkan di berbagai toko dan tersedia dalam harga yang cukup terjangkau. Dengan banyaknya merek minyak peppermint yang dijual, Anda tentu harus jeli dalam memilih minyak peppermint yang paling cocok untuk kebutuhan dan terjamin mutunya, bukan?

Jadi, mari kita lihat bagaimana cara memilih minyak peppermint yang tepat!

Periksa area produksi

Periksa area produksi

Poin penting ketika memilih minyak peppermint adalah memilih area produksinya, apakah domestik atau bukan. Salah satu daerah pengolahan minyak peppermint domestik adalah di Jakarta. Ada beberapa produsen domestik yang membuka pabrik minyak peppermint di kawasan ini. Minyak peppermint dengan merek domestik termasuk populer meski harus bersaing dengan produk asing lainnya yang murah dan cukup menguasai pasar.

Namun, yang paling penting untuk diperhatikan tentunya adalah kualitas minyak peppermint itu sendiri. Pastikan apakah suatu produk dari area produksi tertentu benar-benar menggunakan 100% bahan alami dengan harga yang tetap bersaing.

Kenali kandungan bahannya, alami atau sintetis

Kenali kandungan bahannya, alami atau sintetis

Dalam beberapa tahun terakhir, minyak peppermint semakin banyak diproduksi dengan campuran etanol dan air murni, serta dimanfaatkan untuk mengusir serangga pada anak. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari penggunaan cairan yang mengandung bahan-bahan sintetis pada anak-anak. Bahan-bahan alami ini pun tidak hanya direkomendasikan untuk anak-anak, tetapi juga bagi Anda yang menggunakan minyak peppermint secara langsung pada bagian tubuh.

Saat ini, cukup banyak produk asing dengan harga relatif murah yang mengandung bahan sintetis sekitar 8-9%. Dibandingkan minyak peppermint dengan bahan alami, produk dengan bahan sintetis biasanya memberikan efek lebih ringan. Meski harganya murah, tidak ada gunanya jika minyak peppermint yang kita gunakan tidak memberikan hasil yang efektif. Oleh karena itu, lebih baik membeli minyak peppermint dengan bahan alami yang efektif meskipun harganya agak mahal dengan jumlah yang lebih sedikit.

Perhatikan aturan penggunaan

Penting untuk memahami aturan penggunaan minyak peppermint yang diaplikasikan langsung pada tubuh, untuk menghilangkan bau, atau kegunaan lainnya. Anda dapat mengubah kriteria pembelian berdasarkan penggunaannya. Silakan merujuk pada penjelasan berikut ini sebagai kriteria untuk memilih produk seperti apa yang dapat digunakan secara langsung, dan mana yang bisa dipilih sebagai penghilang bau.

Untuk yang diaplikasikan langsung pada tubuh, pilih bahan-bahan alami

Untuk yang diaplikasikan langsung pada tubuh, pilih bahan-bahan alami

Selain untuk pemakaian pribadi, minyak peppermint juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena harganya yang cukup wajar dengan berbagai manfaat yang bisa diperoleh. Minyak ini juga efektif untuk meringankan sakit kepala dan hidung tersumbat, dan juga bisa digunakan sebagai semprotan deodoran dan menghalau serangga. Untuk pemakaian minyak peppermint yang dihirup langsung atau diaplikasikan pada bagian tubuh, tidak ada yang lebih baik dari minyak peppermint yang terbuat dengan 100% bahan alami.

Untuk yang tidak melekat secara langsung pada tubuh, boleh menggunakan bahan sintetis

Untuk yang tidak melekat secara langsung pada tubuh, boleh menggunakan bahan sintetis

Minyak peppermint dengan bahan sintetis tetap aman digunakan asal tidak dioleskan langsung ke bagian tubuh. Beberapa contoh penggunaannya seperti untuk menyingkirkan bau dari kotak sepatu atau untuk dicampur dengan natrium bikarbonat guna menghilangkan bau dari penyedot debu. Selain itu, minyak peppermint juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan yang unik. Misalnya, Anda bisa mencampur minyak peppermint dan bawang putih, cabe rawit dan menghaluskannya dengan food processor, kemudian merebusnya di dalam panci untuk membuat obat pengusir serangga di kebun sendiri.

10 Rekomendasi minyak peppermint terbaik

Dari sini kami akan memperkenalkan minyak peppermint yang kami rekomendasikan. Pililah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan Anda.

10. Sun Essential Oils Peppermint

10. Sun Essential Oils Peppermint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 780.000

Rawat kesehatan rambut Anda dengan minyak peppermint

Sun Essential Oils Peppermint Essential Oil yang tidak mengandung tambahan alkohol mauapun zat kimia lainnya ini memiliki kualitas yang setara dengan merek minyak peppermint terkemuka di dunia. Minyak peppermint ini berkhasiat sebagai aromaterapi dan dapat digunakan untuk pemijatan bagian tubuh yang lelah.

Aroma yang menyegarkan dari minyak peppermint sangat cocok untuk bersantai, penghilang stres, dan menenangkan diri sehingga sangat cocok digunakan untuk relaksasi dan mengembalikan mood Anda. Selain itu, minyak peppermint dari Sun Essential Oils ini juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut Anda.

9. Viva Naturals Peppermint Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 574.000

Dapatkan berbagai manfaat kecantikan minyak peppermint dari produk ini!

Aroma yang menyegarkan sekaligus menambah semangat dari Viva Naturals Peppermint Oil membuat produk ini menjadi favorit banyak orang! Anda dapat menambahkan minyak peppermint ini ke dalam diffuser untuk menyegarkan ruangan dan menjernihkan pikiran. Anda juga bisa menggunakan minyak ini sebagai pembersih alami serta untuk mengusir serangga.

Anda bisa memperoleh berbagai khasiat lainnya dengan menambahkan minyak peppermint ini dalam berbagai rangkaian perawatan kecantikan dengan mencampurkannya pada sabun, body butter, hingga lip balm atau lip scrub. Produk ini menggunakan 100% minyak murni berkualitas dan dikemas dalam botol kaca anti-UV sehingga cocok juga untuk dijadikan sebagai hadiah.

8. Young Living Peppermint Essential Oil

8. Young Living Peppermint Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 420.000

Bawa gelombang positif dalam hidup Anda dengan aroma peppermint yang  fresh!

Young Living Peppermint Essential Oil diformulasikan mampu memberikan sensasi sejuk dan dingin yang menenangkan pada kulit, menjadikannya banyak dipilih sebagai minyak untuk memijat tubuh. Dengan aroma yang fresh, minyak peppermint ini langsung tercium wanginya sehingga mampu menyegarkan pikiran dan perasaan yang penat, serta meningkatkan mood agar lebih positif.

Saat Anda menjalani hari yang melelahkan, misalnya karena pekerjaan atau olahraga yang berat, oleskan minyak peppermint ini pada kepala dan leher untuk mengembalikan semangat Anda. Minyak peppermint dari Young Living ini juga cocok digunakan untuk spa di rumah dengan menambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam air panas.

7. dōTERRA Peppermint Oil (Mentha Piperita)

7. dōTERRA Peppermint Oil (Mentha Piperita)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 368.000

Bermanfaat meningkatkan fungsi pencernaan dan pernapasan

Salah satu yang membedakan dōTERRA Peppermint Oil dengan minyak peppermint merek lainnya adalah kandungan mentolnya yang tinggi serta formulanya yang memungkinkan produk ini bisa dikonsumsi secara internal. Hanya dengan satu tetes minyak peppermint yang dicampurkan ke dalam air minum, dapatkan manfaat peningkatan fungsi pencernaan dan pernapasan.

Minyak dengan aroma menyegarkan, minty, dan herbal ini juga ampuh untuk menghalau serangga saat disemprotkan pada sudut ruangan tertentu. Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut, Anda dapat mencampurkan minyak peppermint ini dengan essential lemon sebagai cairan kumur untuk mendapatkan aroma mulut yang segar dan sehat!

6. Nusaroma Peppermint Oil

6. Nusaroma Peppermint Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 78.100

Ringankan berbagai macam masalah kesehatan Anda dengan minyak ini!

Nusaroma Peppermint Oil meerupakan produk yang nyaman digunakan untuk memijat kaki atau merendam kaki dengan air hangat karena mengandung formula antijamur dan antiinflamasi, mampu merangsang sistem sirkulasi, dan memiliki fungsi analgesik. Selain itu, minyak peppermint ini juga dapat mengurangi kelelahan dan meringankan rasa sakit.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti mual, pilek, batuk, sakit karena menstruasi, nyeri otot, hingga sakit gigi, Anda dapat meredakan gejala-gejalanya dengan menggunakan minyak peppermint dari Nusaroma ini! Untuk pemakaian di dalam rumah, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga, semprotan kamar mandi, hingga untuk pengharum ruangan.

5. Healing Solutions Peppermint

5. Healing Solutions Peppermint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Kualitas terjaga dalam botol anti-UV!

Healing Solutions Peppermint merupakan produk minyak peppermint yang terbuat dari bahan pilihan dan telah teruji kemurnian serta kualitasnya berdasarkan hasil tes laboratorium. Selain kualitas minyaknya, pengemasan produk ini juga sangat diperhatikan dengan pemilihan botol kaca yang mampu menahan paparan sinar UV agar kandungannya tidak rusak.

Dengan komposisi terbaik tanpa tambahan bahan sintetis, produk ini mampu membantu melegakan hidung tersumbat, meredakan demam, dan merilekskan pikiran yang tegang atau stres. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak peppermint ini tidak dianjurkan untuk penggunaan internal.

4. Eucalie Peppermint Pure Essential Oil

4. Eucalie Peppermint Pure Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 179.000

Keampuhan minyak peppermint sebagai pendukung program diet

Eucalie Peppermint Pure Essential Oil merupakan 100% minyak murni tanpa penggunaan pewangi maupun zat aditif. Selain dapat menyegarkan pikiran, minyak peppermint ini dapat membantu Anda untuk mengurangi nafsu makan Anda saat dipasang pada diffuser sehingga cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet.

Selain itu, dengan menuang beberapa tetes minyak peppermint ini pada bathtub, Anda akan dapat menikmati relaksasi dengan suasana spa di dalam kamar mandi Anda. Minyak peppermint ini juga berkhasiat sebagai pereda sakit kepala atau sakit perut dengan cara dipijatkan, dan bisa juga digunakan untuk mengharumkan ruangan.

3. Organic Supply Co Peppermint Essential Oil

3. Organic Supply Co Peppermint Essential Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Memberikan kesegaran sepanjang hari tanpa rasa kantuk!

Perpaduan aroma peppermint yang menyegarkan, bersih, dan manis pada Organic Supply Co Peppermint Essential Oil, menjadikan minyak ini sangat berguna untuk pengobatan flu, sakit kepala, perut kembung, dan lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat membunuh bakteri dan kuman, serta menghalau semut, tikus atau bahkan kutu, agar rumah lebih bersih dan terasa nyaman.

Produk ini mampu membuat Anda merasa segar, lebih fokus, dan terhindar dari kantuk sepanjang hari, cukup dengan mengoleskan minyak ini di atas hidung Anda! Minyak peppermint ini menggunakan bahan organik berkualitas dan terjamin yang telah mendapatkan sertifikat USDA dan Australian Certified Organic Standards.

2. Now Foods Peppermint Oil

2. Now Foods Peppermint Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 329.000

Produk vegan yang memberi sensasi dingin untuk meremajakan kulit

Now Foods Peppermint Oil memiliki aroma mint yang segar dan kuat karena menggunakan 100% minyak peppermint murni yang diekstrasi pada bagian aerial yang benar-benar terpapar udara. Minyak peppermint ini memiliki efek menyegarkan pada tubuh, memberikan sensasi dingin, hingga meremajakan kulit.

Minyak peppermint ini merupakan produk vegan dengan bahan baku non-GMO, cocok untuk Anda yang sensitif terhadap kandungan bahan tertentu. Produk ini juga telah dijamin kehalalannya sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Untuk penggunaan sebagai aromaterapi, disarankan untuk mencampurnya dengan carrier oil seperti minyak jojoba, zaitun, atau almond.

1. Radha Beauty Peppermint Oil

1. Radha Beauty Peppermint Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 774.279

Penjaga kesegaran ruangan dengan aroma yang menenangkan

Sensasi dingin yang dihasilkan serta manfaat peppermint untuk meredakan otot yang tegang, menjadikan Radha Beauty Peppermint Oil salah satu minyak favorit untuk pijat spa. Minyak peppermint ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena menggunakan 100% minyak murni tanpa tambahan bahan aditif atau filler lainnya.

Minyak peppermint dari Radha Beauty ini mengandung senyawa menthol dan methone sehingga memiliki aroma mint yang tajam, yang efektif untuk menenangkan emosi serta meredakan rasa sakit. Minyak peppermint ini juga dapat mengurangi mual, kembung, sakit kepala, bahkan juga bermanfaat menjaga kesegaran ruangan di dalam rumah secara alami.

Kesimpulan

Selain dapat digunakan sebagai aromaterapi, minyak peppermint juga memiliki banyak manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, minyak peppermint juga nyaman digunakan sepanjang tahun sehingga akan sangat berguna jika selalu tersedia di rumah atau untuk dibawa-bawa dalam tas.

Bagaimana menurut Anda tentang pembahasan minyak peppermint dari kami dalam artikel kali ini? Semoga bisa menjadi referensi dalam memilih minyak peppermint yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!