10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2018)

Bayi yang baru lahir umumnya akan merasa nyaman jika digendong dengan gendongan tipe samping. Gendongan tipe ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jenis ring, buckle, dan tube. Merek yang dijual juga bermacam-macam, ada Baba Sling, Mamaway, Mere et Moi, serta merek lainnya.

Artikel ini kami tujukan untuk memberi informasi bagi Anda mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping yang aman dan mudah digunakan. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi gendongan bayi terbaik yang dapat menunjang aktivitas Anda bersama bayi. Selamat membaca dan memilih!

Keunggulan dan kelemahan dari gendongan bayi tipe samping

Gendongan bayi tipe samping telah populer dan banyak digunakan karena memiliki keunggulan yang tidak dapat Anda temukan pada gendongan bayi tipe konvensional. Akan tetapi, gendongan tipe samping juga memiliki kelemahan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan keunggulan dan kelemahan gendongan tipe samping sebelum membeli produk tersebut.

Gendongan tipe samping membuat bayi merasa sedang dipeluk

Gendongan tipe samping membuat bayi merasa sedang dipeluk

Gendongan bayi tipe samping dapat Anda gunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar dua tahun. Dengan menggunakan gendongan ini, Anda dapat menggendong bayi hanya dengan menggunakan satu tangan. Ketika digendong dengan menggunakan gendongan ini, bayi akan merasa seperti sedang dipeluk sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, gendongan tipe samping sangat cocok untuk menggendong bayi yang sering gelisah ketika sedang tidur.

Di samping itu, gendongan tipe ini akan membuat bahu dan punggung Anda terasa nyaman sehingga tidak pegal. Cara menggunakannya pun tergolong mudah, terlebih lagi jika Anda telah terbiasa. Keunggulan lainnya adalah gendongan ini dapat berfungsi sebagai kain penutup saat Anda menyusui bayi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membawa kain penutup untuk menyusui. Gendongan ini juga umumnya mudah dilipat sehingga praktis dan tidak merepotkan saat dibawa bepergian. Anda tinggal memilih desain yang sesuai dengan selera, kemudian Anda siap bepergian dengan nyaman dan penuh gaya.

Pahami cara menggendong yang tepat sehingga Anda terhindar dari kecelakaan dan cedera

Pahami cara menggendong yang tepat sehingga Anda terhindar dari kecelakaan dan cedera

Gendongan bayi tipe samping memang memiliki banyak keunggulan karena mudah dipakai. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat menggunakan gendongan ini dengan aman. Jika Anda menggunakan gendongan ini dengan tidak tepat, leher dan pinggang Anda bisa merasa pegal. Bahu Anda juga dapat terasa kram dan kaku. Bahkan, panggul Anda bisa mengalami dislokasi jika Anda tidak sungguh-sungguh memperhatikan cara pemakaian dengan baik.

Selain itu, jika Anda memilih gendongan dengan bahan yang tidak nyaman, Anda dan bayi bisa merasa kepanasan ketika sedang menggunakan gendongan. Jadi, Anda sangat disarankan untuk memeriksa detail setiap bagian serta bahan produk yang hendak Anda beli. Hal tersebut juga dapat mengurangi kemungkinan kerusakan baik pada kain maupun pada bagian pengait.

Jika Anda merasa khawatir mengenai beberapa aspek dari gendongan tipe samping, Anda dapat memilih gendongan tipe lain yang dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

Cara memilih gendongan bayi tipe samping

Setelah Anda mengetahui sisi positif dan sisi negatif dari gendongan tipe samping, kami akan membantu memberi tips mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping yang aman dan mudah untuk digunakan.

Perhatikan standar keamanannya!

Perhatikan standar keamanannya!

Pemakaian gendongan bayi tipe samping bisa menjadi berbahaya jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. Di negara Jepang, pada bulan Oktober tahun 2003 didirikan The Japan Baby Slinging Association yang merupakan perkumpulan masyarakat Jepang yang menggunakan gendongan bayi tipe samping. Perkumpulan ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai cara menggunakan gendongan tipe samping secara tepat. Selain itu, perkumpulan ini juga telah meminta lembaga lain untuk melakukan uji kelayakan terhadap berbagai produk gendongan tipe samping. Terdapat delapan poin yang menjadi bahan penilaian. Produk-produk yang telah lolos uji kelayakan tersebut kemudian diberi kode safety sling yang berarti gendongan tipe samping yang aman.

Untuk gendongan tipe samping yang merupakan produksi Eropa, terdapat kode keamanan EN 71. Sementara itu, gendongan tipe samping produksi Amerika memiliki kode keamanan ASTM F2907-15. Gendongan tipe samping yang diproduksi di negara lain, walaupun tidak memiliki kode keamanan, umumnya telah melewati proses uji kelayakan dan kekuatan dalam mengangkut beban.

Kecelakaan yang terjadi ketika menggunakan gendongan bayi tipe samping bisa saja diakibatkan oleh kerusakan di bagian cincin logam yang berfungsi sebagai pengait atau juga karena kerusakan pada kain yang digunakan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih gendongan tipe samping yang telah teruji keamanannya. Apabila Anda tidak dapat menemukan gendongan anak dengan kode safety sling, sebisa mungkin periksalah fitur keamanan dan jenis bahannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring, buckle, dan tube

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring atau cincin logam, jenis buckle, dan jenis tube. Akan lebih baik jika Anda mengetahui penjelasan detail dari setiap jenis sebelum memilih yang paling sesuai untuk Anda.

Jenis ring, mudah untuk digunakan dan panjangnya dapat disesuaikan

Jenis ring adalah gendongan yang panjangnya dapat disesuaikan

Gendongan jenis ring merupakan sebuah kain panjang yang dikaitkan dengan menggunakan dua cincin logam. Pada saat menggunakan gendongan jenis ini, Anda dapat menyesuaikan panjang gendongan hanya dengan menarik kain yang terkait di antara kedua cincin logam. Gendongan jenis ring terbagi menjadi dua yaitu flare tail type dan belt tail type. Perbedaan di antara keduanya terletak pada jahitannya.

Pada flare tail type, kain hanya dijahit di bagian samping agar terlihat rapi. Kain sama sekali tidak dilipat. Pada saat Anda menggunakan gendongan model flare tail type, bagian ujung dari kain gendongan dapat Anda manfaatkan untuk melindungi mata dan kepala bayi dari sengatan cahaya matahari. Sementara pada belt tail type, kain dilipat-lipat, lalu kemudian dijahit. Tujuan dari lipatan tersebut adalah untuk memudahkan Anda ketika sedang menggunakan dan mengatur panjang yang sesuai dengan tubuh Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan gendongan jenis ring, akan lebih mudah jika Anda menggunakan belt tail type.

Baik flare tail type maupun belt tail type, keduanya sama-sama dapat Anda sesuaikan panjangnya agar sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Tidak masalah ketika Anda menggunakan gendongan tersebut secara bergantian dengan orang yang tinggi badannya berbeda dengan Anda, misalnya suami Anda. Namun, sebagian orang memang mengeluhkan bahwa gendongan jenis ring cukup merepotkan untuk dimasukkan ke dalam tas karena terlalu tebal. Meskipun demikian, jenis ring merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Cara menggunakan gendongan ini sangat mudah jika Anda telah terbiasa.

Jenis buckle, cocok bagi pemula yang merasa kesulitan saat mengeluarkan bayi dari gendongan

Jenis buckle adalah jenis yang cocok bagi pemula yang merasa kesulitan saat mengeluarkan bayi dari gendongan

Gendongan jenis buckle memiliki gesper yang digunakan untuk mengancing kain gendongan. Sebelum Anda menggunakan gendongan ini, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu mengancingkan gesper untuk memasang gendongan. Penggunaan gesper tentu saja akan mempermudah proses penggunaan karena Anda hanya perlu mengancingkan, kemudian merapikan posisi bayi.

Meskipun begitu, gendongan jenis ini terkadang dianggap cukup merepotkan karena ukuran gesper yang besar. Pada saat disimpan di dalam tas, gendongan jenis ini membutuhkan lebih banyak ruang. Selain itu, beberapa orang merasa kurang nyaman dengan gesper yang menempel di tubuh.

Jenis tube, ringan dan praktis untuk dibawa

Jenis tube, ringan dan praktis untuk dibawa

Gendongan jenis tube dibuat tanpa menggunakan cincin besi dan juga gesper. Jenis ini menggunakan sepotong kain panjang yang dijahit berbentuk seperti tabung. Ketika Anda menggunakan gendongan jenis ini, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh. Oleh karena itu, saat hendak membeli gendongan jenis ini, Anda harus memperhatikan ukuran dari gendongan ini. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Karena Anda tidak dapat mengubah-ubah panjang gendongan ini maka Anda tidak dapat meminjamkan gendongan ini dengan orang lain. Meskipun demikian, gendongan ini praktis untuk dibawa bepergian karena ringan dan tidak membutuhkan banyak ruang di dalam tas. Selain itu, menggunakan gendongan jenis ini akan lebih menghemat waktu dibanding dengan jenis lainnya karena Anda tidak perlu menyesuaikan panjang kain gendongan. Jika Anda membeli gendongan jenis ini dengan ukuran yang tepat, Anda tidak akan menghadapi kesulitan saat menggunakannya.

Gendongan dengan bantalan bahu akan membuat Anda lebih nyaman saat menggendong

Gendongan dengan bantalan bahu akan membuat Anda lebih nyaman saat menggendong

Beberapa gendongan bayi tipe samping memiliki bantalan berisi kapas, sedangkan beberapa lainnya tidak memiliki. Bantalan berisi kapas umumnya ditempatkan di bagian bahu serta di perbatasan antara area bahu dengan dada. Dengan adanya bantalan kapas, gendongan Anda akan menjadi lebih tebal dan kaku sehingga lebih sulit untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. Meskipun demikian, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari bantalan kapas tersebut.

Pertama, bantalan kapas di daerah bahu akan membantu mengurangi pegal yang diakibatkan oleh aktivitas menggendong bayi.

Selain itu, bantalan kapas yang ditempatkan di perbatasan antara area bahu dengan dada akan memberi rasa lembut pada kaki bayi. Bantalan tersebut juga membantu agar posisi gendongan menjadi lebih kukuh sehingga lebih aman bagi bayi. Namun, bantalan kapas di area perbatasan bahu dengan dada ini akan sedikit mengganggu jika digunakan di gendongan jenis ring. Bantalan tersebut akan membatasi ukuran panjang kain yang dapat ditarik. Oleh karena itu, jika Anda membeli gendongan jenis ring yang memiliki bantalan kapas, perhatikan juga panjang maksimal dan minimal yang dapat Anda gunakan pada gendongan tersebut.

Jangan lupa memperhatikan bahan kainnya

Jangan lupa memperhatikan bahan kainnya

Salah satu kelemahan dari gendongan bayi tipe samping adalah gendongan ini umumnya terasa panas saat digunakan. Terlebih lagi jika digunakan saat cuaca panas. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menggunakan gendongan tipe samping yang terbuat dari bahan yang sejuk dan tidak lembap.

Bahan-bahan yang kami rekomendasikan antara lain kain tenun dan bahan katun. Khusus untuk gendongan tipe samping dengan jenis tube, kami merekomendasikan bahan yang lentur seperti bahan rajutan dan kaus. Selain itu, jika Anda menginginkan bahan yang tahan lama sekaligus penuh gaya, bahan dungarees atau denim dan bahan kaus dapat menjadi pilihan yang tepat.

Jika Anda ingin bertamasya ke alam terbuka seperti pantai atau sungai, Anda dapat menggunakan gendongan yang terbuat dari bahan berjaring yang menggunakan serat sintetis. Bahan tersebut akan mudah kering jika terkena air. Namun, bahan berjaring umumnya tidak tahan lama. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan gendongan berbahan jaring hanya untuk kebutuhan liburan saja.

Instruksi penggunaan produk dalam bentuk DVD

Instruksi penggunaan produk dalam bentuk DVD

Pada dasarnya, jika Anda telah terbiasa, Anda akan merasa nyaman dan mudah dalam menggunakan gendongan bayi tipe samping. Pada awalnya memang terasa membingungkan dan cukup sulit. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membeli produk yang di dalamnya terdapat instruksi penggunaan dalam bentuk DVD. Anda dapat menonton DVD tersebut untuk mempelajari cara menggunakan gendongan.

Beberapa merek gendongan bayi tipe samping adalah merek asing yang menjual produknya ke Indonesia. Instruksi pemakaian yang mereka berikan biasanya disajikan dalam bahasa Inggris. Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami bahasa Inggris, Anda dapat mencari merek yang menyajikan instruksi dalam bahasa Indonesia. Beberapa produk juga dirancang dengan berbagai cara menggendong dengan video tips yang dapat Anda lihat di YouTube.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe samping

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi gendongan tipe samping terbaik yang aman, nyaman, dan mudah digunakan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dan bayi.

10. Baby Scots Carrier Baby 2 GO Army 07

10. Baby Scots Carrier Baby 2 GO Army 07

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 114.500

Busa pada gesper akan membuat Anda merasa nyaman

Salah satu hal yang dikeluhkan ketika menggunakan gendongan buckle adalah rasa tidak nyaman akibat ganjalan yang ditimbulkan oleh gesper ketika bersentuhan dengan tubuh. Produk ini melapisi gesper dengan busa tebal. Busa tersebut mengurangi ganjalan sehingga Anda akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya bagian penutup kepala. Dengan demikian, bayi tidak akan terkena cahaya matahari yang menyengat. Namun, produk ini hanya dapat digunakan hingga bayi berusia 4 bulan. Setelah itu, Anda perlu mengganti dengan gendongan lain yang sesuai dengan usia anak.

9. Ecokiddy Baby Sling

9. Ecokiddy Baby Sling

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.000

Ucapkan selamat tinggal pada rasa pegal di bahu

Produk ini merupakan gendongan jenis ring yang termasuk dalam flare tail type. Umumnya, gendongan jenis ini tidak dilengkapi dengan fungsi untuk membuat bahu terasa nyaman saat menggendong. Akan tetapi, produk ini dibuat dengan memperhatikan kenyamanan bahu Anda.

Bagian bahu pada kain gendongan ini dibuat melebar sehingga Anda tidak akan merasa bahwa beban hanya tertumpu di satu titik. Rasa pegal di bahu pun akan terasa berkurang. Selain itu, gendongan ini terbuat dari bahan katun satu lapis yang akan terasa nyaman saat digunakan. Anda dan bayi tidak akan merasa kepanasan.

8. Snobby Baby Gendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series

8. Snobby Baby Gendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.500

Anda membutuhkan keamanan ganda? Produk ini solusinya

Jika Anda merasa kurang yakin mengenai kekuatan simpul kain pada gendongan jenis ring, produk ini cocok untuk Anda. Gendongan ini  dilengkapi dengan cincin logam sekaligus gesper untuk keamanan ganda. Anda hanya perlu mengancingkan gesper, kemudian aturlah panjang kain gendongan sesuai dengan kebutuhan.

Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki lima pilihan posisi menggendong. Anda dapat menggunakan produk ini baik ketika bayi sedang duduk, tidur, maupun menyusu. Bayi Anda akan merasa nyaman, Anda pun terbebas dari rasa khawatir.

7. Baby Leon Gendongan Bayi Kaos

7. Baby Leon Gendongan Bayi Kaos

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.800

Harga ekonomis, dengan bahan yang lentur tetapi kuat

Gendongan bayi jenis tube ini terbuat dari bahan kaus yang elastis sehingga bayi Anda akan merasa nyaman dan sejuk saat ada di dalam gendongan ini. Walaupun elastis, bahan gendongan ini tidak mudah melar. Jadi, Anda dapat menggunakan gendongan ini untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, gendongan ini memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan produk sejenis. Tentu hal tersebut menjadi nilai lebih dari produk ini. Anda dapat memiliki gendongan yang nyaman tanpa mengeluarkan biaya terlalu banyak.

6. Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Emerald Series

6. Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Emerald Series

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.800

Anda dapat menyusui bayi Anda dengan bebas dan tertutupi

Jika Anda menggunakan produk ini, Anda tidak perlu lagi membeli kain penutup untuk aktivitas menyusui. Anda dapat menggendong bayi sambil menyusui, kemudian tutupi dengan kain yang ada pada gendongan ini. Hal tersebut akan mempermudah aktivitas menyusui Anda, sekaligus mengurangi jumlah benda yang harus dibawa.

Gendongan jenis buckle ini juga memungkinkan Anda untuk dapat menggendong bayi baik dalam posisi tidur maupun duduk. Anda dapat menggendong dengan lebih fleksibel. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa gendongan ini baru dapat digunakan jika bayi telah berusia minimal tiga bulan.

5. Mere et Moi Premium Geos Soft Hello Kitty Acc

5. Mere et Moi Premium Geos Soft Hello Kitty Acc

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Anda akan tampil penuh gaya dengan dua pilihan motif pada satu gendongan

Gendongan jenis tube ini memiliki desain yang berbeda pada setiap sisinya. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin selalu tampil penuh gaya. Anda bisa menampilkan sisi gendongan dengan desain yang berbeda sesuai kebutuhan Anda. Pilihan desain yang ada juga sangat menarik dan beragam.

Keunggulan lainnya adalah, gendongan Mere et Moi ini terbuat dari bahan kaus yang berkualitas. Saat menggunakan gendongan ini, Anda dan bayi tidak akan merasa kepanasan. Anda hanya perlu menemukan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda, dan Anda akan mendapatkan gendongan yang praktis, nyaman, dan kuat.

4. Mamaway Gendongan Bayi Baby Sling-Choc Mint Ice Cream

4. Mamaway Gendongan Bayi Baby Sling-Choc Mint Ice Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 675.000

Telah lolos uji kekuatan dalam menanggung beban

Jika Anda mencari gendongan samping jenis ring dengan kekuatan yang telah teruji, kami menyarankan Mamaway Baby Sling. Lembaga SGS di Taiwan telah menyatakan bahwa produk ini lolos uji kekuatan dalam menanggung beban. Gendongan ini dapat digunakan untuk bayi maupun anak-anak hingga berat maksimum 50 kg.

Keunggulan lain dari produk ini terletak pada bagian ring yang terbuat dari bahan Nylon PA66 yang memiliki tingkat kepadatan tinggi sehingga tidak mudah patah. Selain itu, gendongan tipe belt tail type ini dibuat dari 100% bahan katun sehingga nyaman bagi Anda dan bayi.

3. Baba Slings Standard

3. Baba Slings Standard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 880.000

Bayi Anda akan nyaman dengan bantalan empuk di sekeliling gendongan

Pada gendongan Baba Slings ini, bantalan empuk tidak hanya dipasang di kain bagian bahu, tetapi juga mengelilingi bagian yang menopang tubuh bayi. Bayi Anda akan merasa sangat nyaman dengan gendongan ini. Gendongan ini dirancang dengan sangat matang sehingga akan selalu nyaman digunakan dalam berbagai posisi, termasuk ketika Anda menyusui.

Selain itu, gendongan ini juga dilengkapi dengan dua gesper agar Anda bebas dari rasa khawatir ketika menggendong bayi. Keamanan bayi Anda akan tetap terjaga dengan baik. Anda juga tidak perlu bingung mengenai cara menggunakan gendongan ini secara tepat karena produk ini disertai dengan video instruksi pemakaian!

2. Minimonkey Sling Classic 4-in-1

2. Minimonkey Sling Classic 4-in-1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 599.000

Serbaguna! Anda bahkan dapat menjadikannya sebagai tempat tidur gantung

Gendongan multifungsi ini dapat Anda gunakan dalam empat posisi. Anda juga dapat menggunakan gendongan ini sebagai tempat tidur gantung bagi bayi yang berusia kurang dari tiga bulan. Cukup menggantung gendongan ini di antara dua tiang, kemudian letakkan bayi Anda di dalam gendongan tersebut dan bayi akan tertidur nyenyak.

Jika bayi Anda masih sangat kecil, Anda dapat membalik kain gendongan ini sehingga kain gendongan akan membentuk kantong yang tidak terlalu dalam dan lebih sesuai dengan ukuran tubuh bayi. Dengan demikian, bayi akan merasa lebih aman. Panduan cara menggendongnya dapat Anda lihat di video YouTube.

1. Baby K’tan Original

1. Baby K'tan Original

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 675.000

Unggulan! Anda akan mendapatkan kenyamanan, keamanan, sekaligus kemudahan

Gendongan jenis tube ini memberi Anda beragam pilihan menggendong. Anda dapat menggendong dengan posisi tidur, duduk depan, duduk menyamping, maupun seperti bayi kanguru. Selain itu, bahannya yang berkualitas halus dan lentur membuat bayi Anda nyaman dan aman. Anda pun terbebas dari rasa pegal di bahu dan punggung.

Meskipun terlihat memiliki model yang cukup rumit, sebenarnya gendongan ini cukup mudah digunakan karena Anda tidak perlu mengancingkan gesper atau menyesuaikan panjang gendongan. Gendongan ini bahkan dapat digunakan oleh para suami karena nyaman dan mudah digunakan.

Kesimpulan

Gendongan bayi tipe samping memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Anda dalam menjalani keseharian bersama anak Anda. Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Oleh karena itu, ingatlah untuk tetap mempelajari instruksi penggunaan gendongan yang Anda beli sebelum memakainya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih gendongan tipe samping yang dibutuhkan agar Anda dan bayi sama-sama merasa aman dan nyaman.