• 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping (Terbaru Tahun 2019)

Bayi yang baru lahir umumnya akan merasa nyaman jika digendong dengan gendongan tipe samping. Gendongan tipe ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jenis ring, buckle, dan tube. Merek yang dijual juga bermacam-macam, ada Baba Sling, Mamaway, Mere et Moi, serta merek lainnya.

Artikel ini kami tujukan untuk memberi informasi bagi Anda mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping yang aman dan mudah digunakan. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi gendongan bayi terbaik yang dapat menunjang aktivitas Anda bersama bayi. Selamat membaca dan memilih!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 550 Views
Daftar isi

Keunggulan dan kelemahan dari gendongan bayi tipe samping

Gendongan bayi tipe samping telah populer dan banyak digunakan karena memiliki keunggulan yang tidak dapat Anda temukan pada gendongan bayi tipe konvensional. Akan tetapi, gendongan tipe samping juga memiliki kelemahan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan keunggulan dan kelemahan gendongan tipe samping sebelum membeli produk tersebut.

Gendongan tipe samping membuat bayi merasa sedang dipeluk

Gendongan tipe samping membuat bayi merasa sedang dipeluk
Gendongan bayi tipe samping dapat Anda gunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar dua tahun. Dengan menggunakan gendongan ini, Anda dapat menggendong bayi hanya dengan menggunakan satu tangan. Ketika digendong dengan menggunakan gendongan ini, bayi akan merasa seperti sedang dipeluk sehingga dapat tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, gendongan tipe samping sangat cocok untuk menggendong bayi yang sering gelisah ketika sedang tidur.
Di samping itu, gendongan tipe ini akan membuat bahu dan punggung Anda terasa nyaman sehingga tidak pegal. Cara menggunakannya pun tergolong mudah, terlebih lagi jika Anda telah terbiasa. Keunggulan lainnya adalah gendongan ini dapat berfungsi sebagai kain penutup saat Anda menyusui bayi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membawa kain penutup untuk menyusui. Gendongan ini juga umumnya mudah dilipat sehingga praktis dan tidak merepotkan saat dibawa bepergian. Anda tinggal memilih desain yang sesuai dengan selera, kemudian Anda siap bepergian dengan nyaman dan penuh gaya.

Pahami cara menggendong yang tepat sehingga Anda terhindar dari kecelakaan dan cedera

Pahami cara menggendong yang tepat sehingga Anda terhindar dari kecelakaan dan cedera
Gendongan bayi tipe samping memang memiliki banyak keunggulan karena mudah dipakai. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat menggunakan gendongan ini dengan aman. Jika Anda menggunakan gendongan ini dengan tidak tepat, leher dan pinggang Anda bisa merasa pegal. Bahu Anda juga dapat terasa kram dan kaku. Bahkan, panggul Anda bisa mengalami dislokasi jika Anda tidak sungguh-sungguh memperhatikan cara pemakaian dengan baik.
Selain itu, jika Anda memilih gendongan dengan bahan yang tidak nyaman, Anda dan bayi bisa merasa kepanasan ketika sedang menggunakan gendongan. Jadi, Anda sangat disarankan untuk memeriksa detail setiap bagian serta bahan produk yang hendak Anda beli. Hal tersebut juga dapat mengurangi kemungkinan kerusakan baik pada kain maupun pada bagian pengait.
Jika Anda merasa khawatir mengenai beberapa aspek dari gendongan tipe samping, Anda dapat memilih gendongan tipe lain yang dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

Cara memilih gendongan bayi tipe samping

Setelah Anda mengetahui sisi positif dan sisi negatif dari gendongan tipe samping, kami akan membantu memberi tips mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping yang aman dan mudah untuk digunakan.

Perhatikan standar keamanannya!

Perhatikan standar keamanannya!
Pemakaian gendongan bayi tipe samping bisa menjadi berbahaya jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. Di negara Jepang, pada bulan Oktober tahun 2003 didirikan The Japan Baby Slinging Association yang merupakan perkumpulan masyarakat Jepang yang menggunakan gendongan bayi tipe samping. Perkumpulan ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai cara menggunakan gendongan tipe samping secara tepat. Selain itu, perkumpulan ini juga telah meminta lembaga lain untuk melakukan uji kelayakan terhadap berbagai produk gendongan tipe samping. Terdapat delapan poin yang menjadi bahan penilaian. Produk-produk yang telah lolos uji kelayakan tersebut kemudian diberi kode safety sling yang berarti gendongan tipe samping yang aman.
Untuk gendongan tipe samping yang merupakan produksi Eropa, terdapat kode keamanan EN 71. Sementara itu, gendongan tipe samping produksi Amerika memiliki kode keamanan ASTM F2907-15. Gendongan tipe samping yang diproduksi di negara lain, walaupun tidak memiliki kode keamanan, umumnya telah melewati proses uji kelayakan dan kekuatan dalam mengangkut beban.
Kecelakaan yang terjadi ketika menggunakan gendongan bayi tipe samping bisa saja diakibatkan oleh kerusakan di bagian cincin logam yang berfungsi sebagai pengait atau juga karena kerusakan pada kain yang digunakan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih gendongan tipe samping yang telah teruji keamanannya. Apabila Anda tidak dapat menemukan gendongan anak dengan kode safety sling, sebisa mungkin periksalah fitur keamanan dan jenis bahannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring, buckle, dan tube

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring atau cincin logam, jenis buckle, dan jenis tube. Akan lebih baik jika Anda mengetahui penjelasan detail dari setiap jenis sebelum memilih yang paling sesuai untuk Anda.

Jenis ring, mudah untuk digunakan dan panjangnya dapat disesuaikan

Jenis ring, mudah untuk digunakan dan panjangnya dapat disesuaikan
Gendongan jenis ring merupakan sebuah kain panjang yang dikaitkan dengan menggunakan dua cincin logam. Pada saat menggunakan gendongan jenis ini, Anda dapat menyesuaikan panjang gendongan hanya dengan menarik kain yang terkait di antara kedua cincin logam. Gendongan jenis ring terbagi menjadi dua yaitu flare tail type dan belt tail type. Perbedaan di antara keduanya terletak pada jahitannya.
Pada flare tail type, kain hanya dijahit di bagian samping agar terlihat rapi. Kain sama sekali tidak dilipat. Pada saat Anda menggunakan gendongan model flare tail type, bagian ujung dari kain gendongan dapat Anda manfaatkan untuk melindungi mata dan kepala bayi dari sengatan cahaya matahari. Sementara pada belt tail type, kain dilipat-lipat, lalu kemudian dijahit. Tujuan dari lipatan tersebut adalah untuk memudahkan Anda ketika sedang menggunakan dan mengatur panjang yang sesuai dengan tubuh Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan gendongan jenis ring, akan lebih mudah jika Anda menggunakan belt tail type.
Baik flare tail type maupun belt tail type, keduanya sama-sama dapat Anda sesuaikan panjangnya agar sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Tidak masalah ketika Anda menggunakan gendongan tersebut secara bergantian dengan orang yang tinggi badannya berbeda dengan Anda, misalnya suami Anda. Namun, sebagian orang memang mengeluhkan bahwa gendongan jenis ring cukup merepotkan untuk dimasukkan ke dalam tas karena terlalu tebal. Meskipun demikian, jenis ring merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Cara menggunakan gendongan ini sangat mudah jika Anda telah terbiasa.

Jenis buckle, cocok bagi pemula yang merasa kesulitan saat mengeluarkan bayi dari gendongan

Jenis buckle, cocok bagi pemula yang merasa kesulitan saat mengeluarkan bayi dari gendongan
Gendongan jenis buckle memiliki gesper yang digunakan untuk mengancing kain gendongan. Sebelum Anda menggunakan gendongan ini, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu mengancingkan gesper untuk memasang gendongan. Penggunaan gesper tentu saja akan mempermudah proses penggunaan karena Anda hanya perlu mengancingkan, kemudian merapikan posisi bayi.
Meskipun begitu, gendongan jenis ini terkadang dianggap cukup merepotkan karena ukuran gesper yang besar. Pada saat disimpan di dalam tas, gendongan jenis ini membutuhkan lebih banyak ruang. Selain itu, beberapa orang merasa kurang nyaman dengan gesper yang menempel di tubuh.

Jenis tube, ringan dan praktis untuk dibawa

Jenis tube, ringan dan praktis untuk dibawa
Gendongan jenis tube dibuat tanpa menggunakan cincin besi dan juga gesper. Jenis ini menggunakan sepotong kain panjang yang dijahit berbentuk seperti tabung. Ketika Anda menggunakan gendongan jenis ini, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh. Oleh karena itu, saat hendak membeli gendongan jenis ini, Anda harus memperhatikan ukuran dari gendongan ini. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.
Karena Anda tidak dapat mengubah-ubah panjang gendongan ini maka Anda tidak dapat meminjamkan gendongan ini dengan orang lain. Meskipun demikian, gendongan ini praktis untuk dibawa bepergian karena ringan dan tidak membutuhkan banyak ruang di dalam tas. Selain itu, menggunakan gendongan jenis ini akan lebih menghemat waktu dibanding dengan jenis lainnya karena Anda tidak perlu menyesuaikan panjang kain gendongan. Jika Anda membeli gendongan jenis ini dengan ukuran yang tepat, Anda tidak akan menghadapi kesulitan saat menggunakannya.

Gendongan dengan bantalan bahu akan membuat Anda lebih nyaman saat menggendong

Gendongan dengan bantalan bahu akan membuat Anda lebih nyaman saat menggendong
Beberapa gendongan bayi tipe samping memiliki bantalan berisi kapas, sedangkan beberapa lainnya tidak memiliki. Bantalan berisi kapas umumnya ditempatkan di bagian bahu serta di perbatasan antara area bahu dengan dada. Dengan adanya bantalan kapas, gendongan Anda akan menjadi lebih tebal dan kaku sehingga lebih sulit untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. Meskipun demikian, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari bantalan kapas tersebut.
Pertama, bantalan kapas di daerah bahu akan membantu mengurangi pegal yang diakibatkan oleh aktivitas menggendong bayi.
Selain itu, bantalan kapas yang ditempatkan di perbatasan antara area bahu dengan dada akan memberi rasa lembut pada kaki bayi. Bantalan tersebut juga membantu agar posisi gendongan menjadi lebih kukuh sehingga lebih aman bagi bayi. Namun, bantalan kapas di area perbatasan bahu dengan dada ini akan sedikit mengganggu jika digunakan di gendongan jenis ring. Bantalan tersebut akan membatasi ukuran panjang kain yang dapat ditarik. Oleh karena itu, jika Anda membeli gendongan jenis ring yang memiliki bantalan kapas, perhatikan juga panjang maksimal dan minimal yang dapat Anda gunakan pada gendongan tersebut.

Jangan lupa memperhatikan bahan kainnya

Jangan lupa memperhatikan bahan kainnya
Salah satu kelemahan dari gendongan bayi tipe samping adalah gendongan ini umumnya terasa panas saat digunakan. Terlebih lagi jika digunakan saat cuaca panas. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menggunakan gendongan tipe samping yang terbuat dari bahan yang sejuk dan tidak lembap.
Bahan-bahan yang kami rekomendasikan antara lain kain tenun dan bahan katun. Khusus untuk gendongan tipe samping dengan jenis tube, kami merekomendasikan bahan yang lentur seperti bahan rajutan dan kaus. Selain itu, jika Anda menginginkan bahan yang tahan lama sekaligus penuh gaya, bahan dungarees atau denim dan bahan kaus dapat menjadi pilihan yang tepat.
Jika Anda ingin bertamasya ke alam terbuka seperti pantai atau sungai, Anda dapat menggunakan gendongan yang terbuat dari bahan berjaring yang menggunakan serat sintetis. Bahan tersebut akan mudah kering jika terkena air. Namun, bahan berjaring umumnya tidak tahan lama. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan gendongan berbahan jaring hanya untuk kebutuhan liburan saja.

Instruksi penggunaan produk dalam bentuk DVD

Instruksi penggunaan produk dalam bentuk DVD
Pada dasarnya, jika Anda telah terbiasa, Anda akan merasa nyaman dan mudah dalam menggunakan gendongan bayi tipe samping. Pada awalnya memang terasa membingungkan dan cukup sulit. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membeli produk yang di dalamnya terdapat instruksi penggunaan dalam bentuk DVD. Anda dapat menonton DVD tersebut untuk mempelajari cara menggunakan gendongan.
Beberapa merek gendongan bayi tipe samping adalah merek asing yang menjual produknya ke Indonesia. Instruksi pemakaian yang mereka berikan biasanya disajikan dalam bahasa Inggris. Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami bahasa Inggris, Anda dapat mencari merek yang menyajikan instruksi dalam bahasa Indonesia. Beberapa produk juga dirancang dengan berbagai cara menggendong dengan video tips yang dapat Anda lihat di YouTube.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe samping

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi gendongan tipe samping terbaik yang aman, nyaman, dan mudah digunakan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dan bayi.

10. Baby Scots Carrier Baby 2 GO Army 07

Rp114.500,00

9. Ecokiddy Baby Sling

Rp72.000,00

8. Snobby Baby Gendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series

Rp85.500,00

7. Baby Leon Gendongan Bayi Kaos

Rp49.800,00

6. Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Emerald Series

Rp165.800,00

5. Mere et Moi Premium Geos Soft Hello Kitty Acc

Rp150.000,00

4. Mamaway Gendongan Bayi Baby Sling-Choc Mint Ice Cream

Rp675.000,00

3. Baba Slings Standard

Rp880.000,00

2. Minimonkey Sling Classic 4-in-1

Rp599.000,00

1. Baby K’tan Original

Rp675.000,00

Kesimpulan

Gendongan bayi tipe samping memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Anda dalam menjalani keseharian bersama anak Anda. Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Oleh karena itu, ingatlah untuk tetap mempelajari instruksi penggunaan gendongan yang Anda beli sebelum memakainya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih gendongan tipe samping yang dibutuhkan agar Anda dan bayi sama-sama merasa aman dan nyaman.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    16.332 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    7.296 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    6.306 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.837 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    5.294 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    4.601 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Celana Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Selama masa kehamilan, ukuran perut pasti membesar. Oleh karenanya, banyak wanita hamil yang memutuskan untuk membeli celana hamil. Di antara banyaknya jenis celana hamil, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat. Sebagian produk memiliki bagian pinggang yang terbuat dari karet, sebagian lagi dilengkapi dengan tali yang dapat disesuaikan.Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas berbagai tips dalam memilih celana hamil. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaik yang nyaman untuk bekerja maupun bersantai, seperti merek Mooimom, Mommymine, UNIQLO, dan sebagainya. Mari kita mulai!
    Bayi & anak-anak
    235 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori