• 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Gendongan samping terasa nyaman bagi bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar dua atau tiga tahun. Gendongan tipe ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jenis buckle, tube, dan ring sling. Merk gendongan bayi samping yang dijual juga bermacam-macam, mulai dari Baba Sling, Mamaway, Mere et Moi, dan lainnya.

Artikel ini berisi informasi mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi gendongan bayi samping yang bagus. Simaklah sampai akhir karena babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Indah Siauw
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.


Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familier dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor. Mama Yaya bisa mudah dijumpai melalui akun Instagram-nya atau grup Facebook Belajar Menggendong Community.

Gendongan bayi tipe samping, nyaman dan praktis untuk dibawa-bawa

Gendongan bayi tipe samping, nyaman dan praktis untuk dibawa-bawa

Gendongan bayi tipe samping adalah benda yang sangat membantu para ibu yang baru saja memiliki bayi. Dengan menggunakan gendongan ini, Anda dapat menggendong bayi hanya dengan menggunakan satu tangan. Ketika digendong dengan gendongan ini, bayi akan merasa seperti sedang dipeluk sehingga dapat tidur lebih nyenyak. 


Keunggulan lainnya adalah gendongan ini dapat berfungsi sebagai kain penutup saat Anda menyusui bayi. Gendongan bayi tipe samping umumnya juga mudah dilipat sehingga praktis dan tidak merepotkan saat dibawa bepergian.


Selain itu, gendongan jenis ini memiliki beragam desain yang menarik. Anda bisa memilih desain yang sesuai dengan gaya berbusana Anda sehari-hari. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan gendongan ini adalah bagian leher Anda. Supaya nyaman, Anda harus membiasakan diri menggunakan gendongan ini dengan cara yang benar. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ada beberapa jenis gendongan yang bisa digunakan untuk posisi samping atau hip carry. Gendong samping bisa dipilih apabila anak sudah memiliki keingintahuan tinggi, tetapi masih mudah terkena overstimulasi jika menghadap ke luar.


Menggendong bayi di samping juga terbilang sangat praktis. Namun, karena gendongan hanya bertumpu pada satu bahu, gendong samping sering kali membuat Anda cepat pegal. Untuk itu, gendong samping biasanya diperuntukkan hanya untuk durasi yang tidak lama. 


Gendong samping juga cocok untuk anak yang sudah mulai aktif berjalan. Anak pada usia ini biasanya sudah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan dunia luar. Selain itu, karena gerakannya makin aktif, anak jadi lebih sering naik turun gendongan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan bayi tipe samping

Berikut adalah tiga poin yang harus Anda perhatikan saat memilih gendongan bayi tipe samping. Silakan baca secara saksama, ya!

Pilih berdasarkan jenisnya

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring atau cincin logam, jenis buckle, dan jenis tube. Sebelum memilih yang paling sesuai untuk Anda, akan lebih baik jika Anda mengetahui penjelasan detail dari setiap jenis.

Jenis ring: Mudah untuk digunakan, panjangnya pun dapat disesuaikan

Jenis ring: Mudah untuk digunakan, panjangnya pun dapat disesuaikan
Gendongan jenis ring merupakan sebuah kain panjang yang dikaitkan dengan menggunakan dua cincin logam. Saat menggunakan gendongan ini, Anda dapat menyesuaikan panjangnya hanya dengan menarik kain yang terkait di antara kedua cincin tersebut. Jenis ini sangat direkomendasikan bila Anda bergantian menggunakan gendongan dengan orang lain yang secara fisik tingginya berbeda.

Gendongan jenis ring terbagi menjadi dua yaitu flare tail type dan belt tail type. Perbedaan di antara keduanya terletak pada jahitannya. Ciri khas flare tail type yaitu kain hanya dijahit di bagian samping agar terlihat rapi. 


Kain flare tail type sama sekali tidak dilipat. Bagian ujung dari kain gendongan dapat Anda manfaatkan untuk melindungi mata dan kepala bayi dari sengatan cahaya matahari. Anda juga bisa menggunakannya sebagai kain penutup saat sedang menyusui. 


Sementara pada belt tail type, kainnya dilipat, kemudian dijahit. Tujuan dari lipatan tersebut adalah untuk memudahkan Anda ketika sedang menggunakan dan menyesuaikan panjangnya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan gendongan jenis ring, akan lebih mudah jika Anda memilih belt tail type.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ring sling merupakan jenis gendongan yang mirip seperti jarik dengan salah satu ujung dijahit menggunakan sepasang ring. Ring sling cukup mudah dan ringkas untuk dipakai. Namun, untuk penggunaan yang maksimal, dibutuhkan pengetahuan akan teknik pemakaiannya.


Ring sling yang direkomendasikan adalah ring sling dengan ring yang terbuat dari aluminium, nilon, dan polypropylene. Tidak hanya itu, bentuk ring haruslah bulat sempurna tanpa celah. Ingat, menggunakan ring besi bercelah atau ring plastik yang ringkih akan sangat membahayakan.


Dilihat dari jenis shoulder atau bahu, ring sling dapat dibedakan lagi menjadi gathered shoulder, pleated shoulder, dan hotdog shoulder. Pada gathered shoulder, kain yang berada di bahu bisa dilebarkan untuk memberi kenyamanan ekstra.


Sementara itu, jenis shoulder yang paling sering dijumpai di pasaran, hotdog shoulder, memiliki kain bahu yang tidak bisa dilebarkan. Umumnya, ring sling memiliki panjang antara 1,72,1 meter dan terbuat dari bahan katun, linen, atau mesh.

Jenis buckle: Cocok bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan gendongan

Jenis buckle: Cocok bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan gendongan
Gendongan jenis buckle memiliki gesper yang digunakan untuk mengancing kain gendongan. Sebelum Anda menggunakan gendongan ini, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh Anda. 

Penggunaan gesper tentu saja akan mempermudah proses pemakaian gendongan. Oleh karena itu, jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang baru mengenal gendongan. Terlebih, ada produk yang memiliki gesper di bagian dalam sehingga dapat memberikan keamanan ekstra bagi si kecil.


Meskipun begitu, gendongan jenis ini terkadang dianggap cukup merepotkan karena tampilan dan ukuran gesper yang besar. Untuk mengatasinya, saat ini telah ada produsen yang mencoba mengganti buckle dengan alat pengunci lain yang lebih ringkas. Sayangnya, produk yang seperti itu masih sulit ditemukan di toko online Indonesia.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan buckle cukup banyak ditemui di pasaran akhir-akhir ini. Gendongan ini dapat dibilang sebagai geos atau pouch sling versi adjustable. Hal ini karena gendongannya memiliki buckle yang berguna untuk mengatur ukuran gendongan. Secara keseluruhan, ciri-cirinya mirip dengan geos pada umumnya. Hanya saja, gendongan ini memiliki bahan yang cenderung lebih tebal dan terasa lebih bulky

Jenis tube: Praktis untuk dipakai dan dilepaskan

Jenis tube: Praktis untuk dipakai dan dilepaskan
Gendongan jenis tube merupakan tipe sederhana yang dibuat tanpa menggunakan cincin besi atau gesper. Jenis ini hanya menggunakan sepotong kain panjang yang dijahit berbentuk seperti tabung. 

Ketika Anda menggunakan gendongan jenis ini, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh. Jadi, Anda bisa menghemat waktu pemakaian dan pelepasan gendongan. Selain itu, jenis ini tidak bulky sehingga mudah untuk dibawa.


Gendongan jenis ini tidak dapat Anda ubah ukuran panjangnya. Karena itu, pastikan Anda membeli produk yang ukurannya sesuai. Jika Anda membeli gendongan ini dengan ukuran yang tepat, Anda tidak akan menghadapi kesulitan saat menggunakannya. Sayangnya, karena panjangnya tidak bisa diubah, Anda tidak bisa meminjamkan gendongan ini kepada orang yang ukuran tubuhnya berbeda.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Jenis tube bisa dikategorikan sebagai pouch sling atau geos. Jenis ini banyak beredar di pasaran karena harganya tergolong ekonomis, mudah dibuat, dan mudah dipakai. Namun, Anda akan sulit mendapatkan ukuran yang pas untuk gendongan ini. Jika penggendongnya berbeda-beda, ukuran gendongan juga akan berbeda.

Perhatikan target usia dan kapasitas gendongan pilihan Anda

Perhatikan target usia dan kapasitas gendongan pilihan Anda

Biasanya, gendongan bayi tipe samping dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir hingga berusia dua tahun. Namun, tergantung pada produknya, kapastitas setiap gendongan sangat bervariasi. 


Ingatlah juga bahwa gendongan tipe samping hanya ditopang oleh bahu dan punggung Anda. Hal ini berbeda dengan gendongan tipe depan yang memiliki sabuk pengikat di pinggang. Jadi, pastikan Anda memeriksa kapasitas dan target usia produknya sebelum membeli.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ring sling bisa digunakan sejak bayi baru lahir dan digendong dengan posisi tegak dan kaki membuka atau M-shape. Lain halnya dengan itu, jenis buckle dan pouch sling direkomendasikan untuk anak berumur minimal 34 bulan. Hal itu karena gendongan ini tidak memiliki penyangga leher yang cukup kuat. Untuk alasan keselamatan, posisi cradle juga kurang disarankan menggunakan jenis gendongan apa pun.

Pilihlah bahan yang nyaman

Pilihlah bahan yang nyaman

Gendongan akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan orang yang menggunakannya. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk yang terbuat dari bahan yang nyaman.


Demi kenyamanan, Anda bisa memilih kain dengan label 100% katun. Kain yang seperti itu terasa lembut saat menyentuh kulit. Selanjutnya, ada juga bahan polyester yang memiliki sirkulasi udara yang tinggi. Khusus untuk gendongan tipe samping dengan jenis tube, kami merekomendasikan bahan yang lentur seperti bahan rajutan.


Anda juga bisa memilih bahan berjaring yang mudah kering jika terkena air atau keringat. Namun, bahan ini biasanya mudah melar sehingga tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama. Pilihlah bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Bahan yang paling mudah dijumpai, mudah perawatannya, serta breathable adalah katun tanpa campuran (100% cotton). Bisa dikatakan, bahan ini adalah bahan yang paling nyaman karena terbuat dari serat tumbuhan dan bukan serat sintetis. 


Katun sangat cocok untuk iklim Indonesia yang tropis. Selain itu, bahan ini juga mudah menyerap keringat. Tidak perlu mencari bahan yang tebal, berbusa, atau bahkan ada hiasan bonekanya. Hal-hal tersebut sama sekali tidak membuat proses menggendong menjadi lebih nyaman. Jika Anda ingin mencari bahan lain, linen dan mesh bisa dipertimbangkan.

Perhatikan bantalan pada tali gendongan

Perhatikan bantalan pada tali gendongan

Gendongan bayi tipe samping berjenis ring dan buckle biasanya memiliki bantalan pada tali yang menempel di bahu Anda. Pilihlah produk yang bantalannya tidak terlalu kaku dan keras. Bantalan yang kaku dan keras tidak akan bisa fleksibel mengikuti postur bahu. Akibatnya, bahu Anda terasa tak nyaman.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Untuk gendongan samping, selain memilih bantalannya, Anda juga perlu memperhatikan apakah kain bahunya dapat dilebarkan atau tidak. Hal ini penting karena kain yang dapat dilebarkan bisa membuat persebaran berat lebih merata. Menggendong dengan posisi M-shape dan mematuhi kaidah T.I.C.K.S bisa membuat proses menggendong menjadi lebih nyaman. Tentu saja, kedua tangan Anda juga bisa lebih bebas. 


Gendong samping memang bisa membuat bahu menjadi mudah pegal, apalagi jika Anda menggendong anak yang lebih dari 10 kg. Untuk itu, gendong samping tidak ditujukan untuk durasi yang lama. Jika Anda membutuhkan gendongan untuk durasi yang lama, Anda bisa mempertimbangkan gendongan yang tumpuan beratnya ada di kedua bahu.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe samping

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan bayi terbaik tipe samping yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.

10
JenisBuckle
Bahan100% cotton
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas bebanTidak disebutkan
9
JenisBuckle
Bahan100% cotton
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas beban15 kg
8

Snobby BabyGendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series

TPG 1741

Mulai dari Rp 86.900,00

JenisRing dan buckle
BahanTwill dan katun
Usia bayi0–36 bulan
Kapasitas beban15 kg
7
JenisTube
BahanKain kaus premium
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas beban15 kg
6

MamawayOcean Lanna Baby Ring Sling

Mulai dari Rp 790.000,00

JenisRing
Bahan100% combed cotton
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas beban50 kg
5
JenisRing
BahanKatun
Usia bayiTidak disebutkan
Kapasitas bebanTidak disebutkan
4
JenisTube
BahanBahan stretch
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas beban20 kg
3
JenisTube
Bahan100% cotton
Usia bayi0–24 bulan
Kapasitas beban16 kg
2

Indoscots Baby UtamaBaby Scots Gendongan Samping Baby2Go

B2GOBC07

Mulai dari Rp 171.000,00

JenisBuckle
BahanTidak disebutkan
Usia bayi0–4 bulan
Kapasitas bebanTidak disebutkan
1

Dialogue BabyGendongan Bayi Samping Emerald Series

DGG4401

Mulai dari Rp 300.000,00

JenisBuckle
BahanKatun
Usia bayiMinimal 3 bulan
Kapasitas beban15 kg

Tabel perbandingan produk gendongan bayi terbaik tipe samping

Gambar produk
1
Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Emerald Series 1

Dialogue Baby

2
Indoscots Baby Utama Baby Scots Gendongan Samping Baby2Go 1

Indoscots Baby Utama

3
Baby K’tan  Original 1

Baby K’tan

4
Baby Leon Gendongan Bayi Kaos 1

Baby Leon

5
Ecokiddy  Baby Sling 1

Ecokiddy

6
Mamaway Ocean Lanna Baby Ring Sling 1

Mamaway

7
Mere et Moi Geos Reversible 1

Mere et Moi

8
Snobby Baby Gendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series 1

Snobby Baby

9
Minimonkey Sling Classic 4-in-1 1

Minimonkey

10
Baba Slings Standard 1

Baba Slings

Nama produk

Gendongan Bayi Samping Emerald Series

Baby Scots Gendongan Samping Baby2Go

Original

Gendongan Bayi Kaos

Baby Sling

Ocean Lanna Baby Ring Sling

Geos Reversible

Gendongan Bayi Samping 5 Posisi Giraffe Animal Series

Sling Classic 4-in-1

Standard

Keunggulan

Praktis! Tak perlu membawa banyak benda saat bepergian

Dilengkapi topi untuk melindungi bayi dari sengatan matahari

Mudah lelah? Coba ubah posisi menggendong Anda

Bahannya lentur, tetapi kuat!

Ucapkan selamat tinggal pada rasa pegal di bahu

Aman bagi perkembangan pinggul bayi

Tampil penuh gaya dengan dua pilihan motif pada satu gendongan

Memberi keamanan ganda bagi bayi

Serbaguna! Dapat dijadikan sebagai hammock

Bayi akan tetap nyaman dengan bantalan empuk di sekeliling gendongan

Harga mulai dariRp 300.000,00Rp 171.000,00Rp 725.000,00Rp 55.000,00Rp 72.000,00Rp 790.000,00Rp 145.000,00Rp 86.900,00Rp 699.000,00Rp 880.000,00
JenisBuckleBuckleTubeTubeRingRingTubeRing dan buckleBuckleBuckle
BahanKatunTidak disebutkan100% cottonBahan stretchKatun100% combed cottonKain kaus premiumTwill dan katun100% cotton100% cotton
Usia bayiMinimal 3 bulan0–4 bulan0–24 bulan0–24 bulanTidak disebutkan0–24 bulan0–24 bulan0–36 bulan0–24 bulan0–24 bulan
Kapasitas beban15 kgTidak disebutkan16 kg20 kgTidak disebutkan50 kg15 kg15 kg15 kgTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi gendongan bayi jenis lainnya di sini

Di Indonesia, aktivitas menggendong bayi masih belum tergantikan. Oleh karena itu, banyak produsen yang terus berinovasi dalam membuat gendongan yang nyaman bagi ibu dan bayinya. Selain gendongan tipe samping, Anda mungkin ingin mengetahui beragam informasi mengenai jenis gendongan lainnya. Untuk penjelasan dan rekomendasi produknya, silakan baca artikel kami melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Gendongan bayi tipe samping memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Anda dalam menjalani keseharian bersama anak Anda. Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Karena itu, ingatlah untuk tetap mempelajari instruksi penggunaan gendongan yang Anda beli sebelum memakainya.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel gendongan bayi tipe samping ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih gendongan bayi tipe samping yang nyaman dan aman untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2021)
    Kereta dorong atau stroller untuk bayi kembar adalah alat yang dapat membantu orang tua membawa bayi-bayi mereka secara bersamaan. Secara garis besar, produk ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu side by side dan tandem. Produsen terkenal, seperti Pliko, Joie, dan Maclaren menawarkan kereta dorong dengan berbagai fungsi yang mungkin Anda sukai.Agar lebih jelas, kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih kereta dorong untuk bayi kembar. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk kereta dorong untuk bayi kembar dengan berbagai tipe. Yuk, simak informasinya sampai akhir agar tidak salah pilih!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori