1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Samping - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Gendongan samping terasa nyaman bagi bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar dua atau tiga tahun. Gendongan tipe ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu buckle, tube, dan ring sling. Merek gendongan bayi samping yang dijual juga bermacam-macam, mulai dari Malil Kids, Minimonkey, Mamaway, dan lainnya.

Artikel ini berisi informasi mengenai cara memilih gendongan bayi tipe samping. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi gendongan bayi samping yang bagus. Simaklah sampai akhir karena babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
Diperbaharui 11-01-2022
Pakar
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familiar dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor.

Profil Indah Siauw
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Gendongan bayi tipe samping, nyaman dan praktis untuk dibawa-bawa

Gendongan bayi tipe samping adalah benda yang sangat membantu para ibu yang baru saja memiliki bayi. Dengan menggunakan gendongan ini, Anda dapat menggendong bayi hanya dengan menggunakan satu tangan. Ketika digendong dengan gendongan ini, bayi akan merasa seperti sedang dipeluk sehingga dapat tidur lebih nyenyak.


Keunggulan lainnya adalah gendongan ini dapat berfungsi sebagai kain penutup saat Anda menyusui bayi. Gendongan bayi tipe samping umumnya juga mudah dilipat sehingga praktis dan tidak merepotkan saat dibawa bepergian.


Selain itu, gendongan tipe ini memiliki beragam desain yang menarik. Anda bisa memilih desain yang sesuai dengan gaya berbusana Anda sehari-hari. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan gendongan ini adalah bagian leher Anda. Supaya nyaman, Anda harus membiasakan diri menggunakan gendongan ini dengan cara yang benar.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ada beberapa tipe gendongan yang bisa digunakan untuk posisi samping atau hip carry. Gendong samping bisa dipilih apabila anak sudah memiliki keingintahuan tinggi, tetapi masih mudah terkena overstimulasi jika menghadap ke luar.


Menggendong bayi di samping juga terbilang sangat praktis. Namun, karena gendongan hanya bertumpu pada satu bahu, gendong samping sering kali membuat Anda cepat pegal. Untuk itu, gendong samping biasanya diperuntukkan hanya untuk durasi yang tidak lama.


Gendong samping juga cocok untuk anak yang sudah mulai aktif berjalan. Anak pada usia ini biasanya sudah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan dunia luar. Selain itu, karena gerakannya makin aktif, anak jadi lebih sering naik turun gendongan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan bayi tipe samping

Berikut adalah tiga poin yang harus Anda perhatikan saat memilih gendongan bayi tipe samping. Silakan baca secara saksama, ya!

① Sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan

Gendongan bayi tipe samping terdiri dari tiga jenis, yaitu jenis ring atau cincin logam, buckle, dan tube. Sebelum memilih yang paling sesuai, akan lebih baik jika Anda mengetahui detail dari setiap jenis.

Jenis ring: Mudah untuk digunakan, panjangnya pun dapat disesuaikan

Jenis ring: Mudah untuk digunakan, panjangnya pun dapat disesuaikan
Gendongan jenis ring merupakan sebuah kain panjang yang dikaitkan dengan menggunakan dua cincin logam. Saat menggunakan gendongan ini, Anda dapat menyesuaikan panjangnya hanya dengan menarik kain yang terkait di antara kedua cincin tersebut. Jenis ini sangat direkomendasikan jika Anda bergantian menggunakan gendongan dengan orang lain yang secara fisik tingginya berbeda.

Gendongan jenis ring terbagi menjadi dua, yaitu flare tail type dan belt tail type. Perbedaan di antara keduanya terletak pada jahitannya.


  • Ciri khas flare tail type yaitu kain hanya dijahit di bagian samping agar terlihat rapi. Kain flare tail type sama sekali tidak dilipat. Bagian ujung dari kain gendongan dapat Anda manfaatkan untuk melindungi mata dan kepala bayi dari sengatan cahaya matahari. Anda juga bisa menggunakannya sebagai kain penutup saat sedang menyusui.
  • Sementara pada belt tail type, kainnya dilipat, kemudian dijahit. Tujuan dari lipatan tersebut adalah untuk memudahkan Anda ketika sedang menggunakan dan menyesuaikan panjangnya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan gendongan jenis ring, akan lebih mudah jika Anda memilih belt tail type.
Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ring sling merupakan jenis gendongan yang mirip seperti jarik dengan salah satu ujung dijahit menggunakan sepasang ringRing sling cukup mudah dan ringkas untuk dipakai. Namun, untuk penggunaan yang maksimal, dibutuhkan pengetahuan akan teknik pemakaiannya.


Ring sling yang direkomendasikan adalah ring sling dengan ring yang terbuat dari aluminium, nilon, dan polypropylene. Tidak hanya itu, bentuk ring haruslah bulat sempurna tanpa celah. Ingat, menggunakan ring besi bercelah atau ring plastik yang ringkih akan sangat membahayakan.


Dilihat dari jenis shoulder atau bahu, ring sling dapat dibedakan lagi menjadi gathered shoulder, pleated shoulder, dan hotdog shoulder. Pada gathered shoulder, kain yang berada di bahu bisa dilebarkan untuk memberi kenyamanan ekstra.


Sementara itu, jenis shoulder yang paling sering dijumpai di pasaran, hotdog shoulder memiliki kain bahu yang tidak bisa dilebarkan. Umumnya, ring sling memiliki panjang antara 1,72,1 meter dan terbuat dari bahan katun, linen, atau mesh.

Jenis buckle: Cocok bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan gendongan

Gendongan jenis buckle memiliki gesper yang digunakan untuk mengancing kain gendongan. Sebelum Anda menggunakan gendongan ini, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh Anda.

Penggunaan gesper tentu saja akan mempermudah proses pemakaian gendongan. Karena itu, jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang baru mengenal gendongan. Terlebih, ada produk yang memiliki gesper di bagian dalam sehingga dapat memberikan keamanan ekstra bagi si kecil.


Meskipun begitu, gendongan jenis ini terkadang dianggap cukup merepotkan karena tampilan dan ukuran gesper yang besar. Untuk mengatasinya, saat ini telah ada produsen yang mencoba mengganti buckle dengan alat pengunci lain yang lebih ringkas. Sayangnya, produk yang seperti itu masih sulit ditemukan di toko online Indonesia.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan buckle cukup banyak ditemui di pasaran akhir-akhir ini. Gendongan ini dapat dibilang sebagai geos atau pouch sling versi adjustable. Hal ini karena gendongannya memiliki buckle yang berguna untuk mengatur ukuran gendongan. Secara keseluruhan, ciri-cirinya mirip dengan geos pada umumnya. Hanya saja, gendongan ini memiliki bahan yang cenderung lebih tebal dan terasa lebih bulky.

Jenis tube: Praktis untuk dipakai dan dilepaskan

Jenis tube: Praktis untuk dipakai dan dilepaskan
Sumber: momaz.id
Gendongan jenis tube merupakan gendongan sederhana yang dibuat tanpa menggunakan cincin besi atau gesper. Jenis ini hanya menggunakan sepotong kain panjang yang dijahit berbentuk seperti tabung.

Ketika Anda menggunakan gendongan jenis ini, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan panjang gendongan dengan ukuran tubuh. Jadi, Anda bisa menghemat waktu pemakaian dan pelepasan gendongan. Selain itu, jenis ini tidak bulky sehingga mudah untuk dibawa.


Gendongan jenis ini tidak dapat Anda ubah ukuran panjangnya. Karena itu, pastikan Anda membeli produk yang ukurannya sesuai. Jika Anda membeli gendongan ini dengan ukuran yang tepat, Anda tidak akan menghadapi kesulitan saat menggunakannya. Sayangnya, karena panjangnya tidak bisa diubah, Anda tidak bisa meminjamkan gendongan ini kepada orang yang ukuran tubuhnya berbeda.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Jenis tube bisa dikategorikan sebagai pouch sling atau geos. Jenis ini banyak beredar di pasaran karena harganya tergolong ekonomis, mudah dibuat, dan mudah dipakai. Namun, Anda akan sulit mendapatkan ukuran yang pas untuk gendongan ini. Jika penggendongnya berbeda-beda, ukuran gendongan juga akan berbeda.

② Cek target usia dan kapasitas gendongan

Cek target usia dan kapasitas gendongan

Biasanya, gendongan bayi tipe samping dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir hingga berusia dua atau tiga tahun. Namun, tergantung pada produknya, kapasitas setiap gendongan sangat bervariasi.


Ingatlah juga bahwa gendongan tipe samping hanya ditopang oleh bahu dan punggung Anda. Hal ini berbeda dengan gendongan tipe depan yang memiliki sabuk pengikat di pinggang. Jadi, pastikan Anda memeriksa kapasitas dan target usia produknya sebelum membeli.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Ring sling bisa digunakan sejak bayi baru lahir dan digendong dengan posisi tegak dan kaki membuka atau M-shape. Lain halnya dengan itu, jenis buckle dan pouch sling direkomendasikan untuk anak berumur minimal 34 bulan. Hal itu karena gendongan ini tidak memiliki penyangga leher yang cukup kuat. Untuk alasan keselamatan, posisi cradle juga kurang disarankan menggunakan jenis gendongan apa pun.

③ Pilih bahan yang nyaman

Pilih bahan yang nyaman

Gendongan akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan orang yang menggunakannya. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk yang terbuat dari bahan yang nyaman.


Demi kenyamanan, Anda bisa memilih kain dengan label 100% katun. Kain yang seperti itu terasa lembut saat menyentuh kulit. Selanjutnya, ada juga bahan polyester yang memiliki sirkulasi udara tinggi. Khusus untuk gendongan tipe samping berjenis tube, kami merekomendasikan bahan yang lentur seperti bahan rajutan.


Anda juga bisa memilih bahan berjaring yang mudah kering jika terkena air atau keringat. Namun, bahan tersebut biasanya mudah melar sehingga tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama. Pilihlah bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Bahan yang paling mudah dijumpai, mudah perawatannya, serta breathable adalah katun tanpa campuran (100% cotton). Bisa dikatakan, bahan ini adalah bahan yang paling nyaman karena terbuat dari serat tumbuhan dan bukan serat sintetis.


Katun sangat cocok untuk iklim Indonesia yang tropis. Selain itu, bahan ini juga mudah menyerap keringat. Tidak perlu mencari bahan yang tebal, berbusa, atau bahkan ada hiasan bonekanya. Hal-hal tersebut sama sekali tidak membuat proses menggendong menjadi lebih nyaman. Jika Anda ingin mencari bahan lain, linen dan mesh bisa dipertimbangkan.

④ Perhatikan bantalan pada tali gendongan

Perhatikan bantalan pada tali gendongan

Gendongan bayi tipe samping berjenis ring dan buckle biasanya memiliki bantalan pada tali yang menempel di bahu Anda. Pilihlah produk yang bantalannya tidak terlalu kaku dan keras. Bantalan yang kaku dan keras tidak akan bisa fleksibel mengikuti postur bahu. Akibatnya, bahu Anda terasa tidak nyaman.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Untuk gendongan samping, selain memilih bantalannya, Anda juga perlu memperhatikan apakah kain bahunya dapat dilebarkan atau tidak. Hal ini penting karena kain yang dapat dilebarkan bisa membuat persebaran berat lebih merata. Menggendong dengan posisi M-shape dan mematuhi kaidah T.I.C.K.S bisa membuat proses menggendong menjadi lebih nyaman. Tentu saja, kedua tangan Anda juga bisa lebih bebas.


Gendong samping memang bisa membuat bahu menjadi mudah pegal, apalagi jika Anda menggendong anak yang lebih dari 10 kg. Untuk itu, gendong samping tidak ditujukan untuk durasi yang lama. Jika Anda membutuhkan gendongan untuk durasi yang lama, Anda bisa mempertimbangkan gendongan yang tumpuan beratnya ada di kedua bahu.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe samping

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan bayi terbaik tipe samping yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mooi

Gendongan Kaos Geos Bayi Motif

Mooi Gendongan Kaos Geos Bayi Motif 1枚目

Tampil penuh gaya dengan dua pilihan motif dalam satu gendongan

2

Elephas

Ring Sling

Elephas  Ring Sling 1枚目

Kapasitas bebannya sampai 50 kg! Menggendong si kecil yang berisi bukan masalah

3

Momaz

Geos Exclusive

Momaz Geos Exclusive 1枚目

Mudah lelah? Coba ubah posisi menggendong dengan produk multifungsi ini

4

Indoscots Baby Utama

Baby Scots Gendongan Samping Baby Family 6 – Slingrider

Indoscots Baby Utama Baby Scots Gendongan Samping Baby Family 6 – Slingrider  1枚目

Dilengkapi topi untuk melindungi bayi dari sengatan matahari

5

Mere et Moi

Gendongan Kaos – Geos Gen Two

Mere et Moi Gendongan Kaos – Geos Gen Two 1枚目

Geos instan dengan bantalan busa di bahu

6

Malilkids

Ring Sling Kaos: Gasing Stripe Grey

Malilkids Ring Sling Kaos: Gasing Stripe Grey 1枚目

Dibuat dengan jahitan dobel serta ring kuat antikarat

7

Dialogue Baby

Gendongan Bayi Samping Emerald Series

Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Emerald Series 1枚目

Ada kantong untuk botol susu dan smartphone, praktis!

8

Baby Leon

Gendongan Bayi Kaos

Baby Leon Gendongan Bayi Kaos 1枚目

Bahannya lentur dan kuat, harganya pun terjangkau

9

Minimonkey

The Mini Sling

Minimonkey The Mini Sling 1枚目

Gendongan samping yang compact dengan bobot ringan

10

Mamaway

Ocean Lanna Baby Ring Sling

Mamaway Ocean Lanna Baby Ring Sling 1枚目

Aman bagi perkembangan pinggul bayi

Perincian produk
Close
No.1

MooiGendongan Kaos Geos Bayi Motif

Mulai dari Rp199.000,00

Tampil penuh gaya dengan dua pilihan motif dalam satu gendongan

Kelebihan:

  • Gendongan dua layer dengan desain berbeda di setiap sisi
  • Tersedia dalam beragam motif

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, ukuran yang didapatkan tidak sesuai dengan informasi yang tertera

Produk ini memiliki desain yang berbeda di setiap sisinya. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang mudah bosan. Anda bisa menampilkan sisi gendongan dengan desain yang berbeda sesuai keinginan. Seperti memiliki dua buah gendongan berbeda!


Selain itu, gendongan ini menggunakan bahan kaus berkualitas premium sebagai bahan bakunya. Jadi, saat menggunakannya, Anda dan bayi tidak akan merasa kepanasan.

No.2

Kapasitas bebannya sampai 50 kg! Menggendong si kecil yang berisi bukan masalah

Kelebihan:

  • Tersedia dalam beragam warna
  • Bagian ring tidak ada celah sehingga tidak khawatir kain gendongan terlepas dari ring

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, kualitas bahan kainnya kurang baik

Apakah Anda kesulitan mencari gendongan samping untuk si kecil yang berisi? Tenang saja, produk ini solusinya. Ring sling dari Elephas ini memiliki kapasitas beban hingga 50 kg. Bagian bahu pada kain gendongan ini juga dibuat melebar. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa beban hanya tertumpu di satu titik. Selain itu, Anda juga bisa memilih bahannya sendiri karena tersedia dalam varian linen dan rayon.

No.3

Mudah lelah? Coba ubah posisi menggendong dengan produk multifungsi ini

Kelebihan:

  • Menawarkan tiga posisi menggendong yang berbeda, yakni M-shape, C-shape, dan J-shape
  • Multifungsi, dapat dijadikan selimut bayi, alas saat berganti pakaian bayi, dan bantal bayi

Kekurangan:

  • Beberapa review mengeluhkan bahannya cukup tipis dan kurang melar

Produk buatan Momaz ini mudah digunakan karena Anda tidak perlu mengancingkan gesper atau mengatur panjang gendongan. Meski begitu, produk ini menawarkan tiga posisi menggendong yang berbeda sesuai kebutuhan.


Jadi, Anda bisa mengganti bentuk gendongan setiap saat tanpa merasa kerepotan. Anda pun terbebas dari rasa pegal di bahu dan punggung akibat menggendong terlalu lama di satu sisi. Jika Anda mudah lelah, berinvestasi pada gendongan ini adalah langkah yang tepat!

No.4

Indoscots Baby UtamaBaby Scots Gendongan Samping Baby Family 6 – Slingrider BFG6201

Mulai dari Rp179.500,00

Dilengkapi topi untuk melindungi bayi dari sengatan matahari

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan topi untuk melindungi bayi dari sengatan matahari dan angin
  • Terdapat bantalan busa di bahu
  • Mudah dicuci dan tidak berbulu

Kekurangan:

  • Pengaitnya terbuat dari plastik sehingga dikhawatirkan mudah patah

Terkadang, Anda mungkin ingin membawa bayi Anda ke luar ruangan, tetapi khawatir dengan sengatan sinar matahari. Apabila hal itu adalah keluhan Anda, silakan memilih gendongan bayi merek Baby Scots ini. Produk ini memiliki penutup kepala seperti topi bagi bayi. Si kecil pun akan lebih terlindungi dari sengatan matahari. Selain itu, bahan bagian dalamnya lembut dan menyerap keringat.

No.5

Mere et MoiGendongan Kaos – Geos Gen Two

Mulai dari Rp155.000,00

Geos instan dengan bantalan busa di bahu

Kelebihan:

  • Terdapat bantalan busa di bahu sehingga meminimalkan pundak dari rasa pegal
  • Gendongan instan, praktis digunakan
  • Terbuat dari bahan 100% cotton combed sehingga lembut dan menyerap keringat

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, jahitannya kurang kuat
  • Pemilihan ukurannya mungkin terasa sedikit merepotkan bagi sebagian orang

Jika Anda merasa kurang yakin dengan kekuatan simpul kain pada gendongan jenis ring, pilihlah produk ini. Gendongan ini merupakan salah satu gendongan instan tanpa cincin logam ataupun gesper. Uniknya, geos ini didesain dengan bantalan busa di bahu. Dengan begitu, bahu Anda tidak akan cepat pegal meskipun menggendong dalam durasi lama.

No.6

MalilkidsRing Sling Kaos: Gasing Stripe Grey

Mulai dari Rp199.000,00

Dibuat dengan jahitan dobel serta ring kuat antikarat

Kelebihan:

  • Terbuat dari kain kaus yang elastis, lembut, dan nyaman digunakan
  • Ringnya tanpa celah dan tahan karat karena terbuat dari stainless steel
  • Dibuat dengan teknik jahitan double untuk memastikan keselamatan dalam proses menggendong

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bahannya cenderung tipis

Ini dia salah satu rekomendasi gendongan ring sling yang didesain dengan jahitan double. Jahitan tersebut dibuat untuk memastikan gendongan aman dan kuat saat proses menggendong. Bahannya pun terbuat dari kaus yang cukup elastis. Karena itu, gendongan ini pas untuk Anda yang menginginkan gendongan ring sling yang kuat dan nyaman. Selain itu, ringnya juga didesain tanpa celah dan antikarat.

No.7

Dialogue BabyGendongan Bayi Samping Emerald SeriesDGG4401

Mulai dari Rp259.000,00

Ada kantong untuk botol susu dan smartphone, praktis!

Kelebihan:
  • Ukuran kantong botol susu yang cukup lebar sehingga bisa menyimpan botol susu dan smartphone
  • Dapat digunakan untuk menutupi kepala bayi saat menyusu
  • Terdapat bantalan busa di pundak

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, jahitannya sedikit kurang rapi

Salah satu keunikan gendongan bayi dari Dialogue Baby ini adalah adanya kantong botol susu di bagian depan. Bahkan, kantong tersebut cukup lebar untuk menampung botol susu dan HP sekaligus. Karena itu, produk ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan.


Selain itu, bila Anda menggunakan produk ini, Anda tidak perlu lagi membeli nursing cover untuk aktivitas menyusui. Gendongan bayi ini bisa digunakan untuk menutupi kepala bayi saat menyusu. Dengan demikian, tentu makin sedikit perlengkapan yang perlu Anda bawa saat bepergian.

No.8

Baby LeonGendongan Bayi KaosBY-44-GB

Mulai dari Rp56.000,00

Bahannya lentur dan kuat, harganya pun terjangkau

Kelebihan:
  • Harganya relatif murah
  • Terbuat dari bahan katun stretch, tetapi tidak mudah longgar

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, jahitannya kurang kuat

Gendongan bayi ini terbuat dari bahan elastis sehingga mudah untuk disesuaikan dengan bentuk tubuh bayi. Walaupun elastis, bahannya tidak mudah melar. Selain itu, gendongan ini memiliki harga yang relatif murah dibandingkan produk sejenis. Tentu hal tersebut menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin menghemat budget. Anda dapat memiliki gendongan yang nyaman tanpa mengeluarkan banyak biaya.

No.9

MinimonkeyThe Mini Sling

Mulai dari Rp599.000,00

Gendongan samping yang compact dengan bobot ringan

Kelebihan:

  • Ringan, kecil, dan tahan air sehingga cocok dibawa traveling
  • Terdapat safety loop yang membantu menopang bokong bayi agar tidak terlepas dari gendongan
  • Dilengkapi dengan gesper di samping yang berfungsi sebagai pengaman

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bahannya tidak stretch sehingga terasa kurang fleksibel

Apakah Anda sedang mencari gendongan samping yang compact dan ringan? Jika iya, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. The Mini Sling dari Minimonkey hanya berbobot 175 gram! Gendongan ini juga dilengkapi dengan safety loop yang berfungsi untuk menopang bokong bayi agar ia tidak jatuh dari gendongan.


Produk ini dilengkapi dua gesper dengan fungsi yang berbeda. Bagian gesper belakang terhubung dengan tali yang berfungsi untuk memudahkan pengaturan gendongan. Sementara itu, gesper kecil di bagian samping berfungsi sebagai pengaman.

No.10

MamawayOcean Lanna Baby Ring Sling

Mulai dari Rp790.000,00

Aman bagi perkembangan pinggul bayi

Kelebihan:
  • Bagian bahu didesain empuk sehingga dapat mendistribusikan berat badan dengan baik dan menghindari ketegangan leher
  • Telah diakui oleh The International Hip Dysplasia Institute sebagai produk hip-healthy

Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan gendongan ring lainnya

Jika Anda mencari gendongan tipe samping yang mengutamakan kesehatan bayi, kami menyarankan Ocean Lanna Baby Ring Sling. International Hip Dysplasia Institute (IHDI) telah menyatakan bahwa gendongan ring sling terbaik ini aman bagi perkembangan pinggul bayi.


Anda pun bisa menggendong bayi Anda dalam posisi M atau jockey tanpa merasa khawatir. Keunggulan lain dari produk ini terletak pada bagian ring yang terbuat dari bahan nylon 6,6. Bahan tersebut sangat kuat, tahan panas, serta tidak mudah patah atau penyok.

Baca juga rekomendasi gendongan bayi lainnya di sini

Di Indonesia, aktivitas menggendong bayi masih belum tergantikan. Karena itu, banyak produsen yang terus berinovasi dalam membuat gendongan yang nyaman bagi ibu dan bayi. Selain gendongan tipe samping, Anda mungkin ingin mengetahui beragam informasi mengenai produk gendongan lain. Untuk penjelasan dan rekomendasi produknya, silakan baca artikel kami melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Gendongan bayi tipe samping memiliki banyak manfaat yang dapat membantu Anda dalam menjalani keseharian bersama anak. Setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Karena itu, ingatlah untuk tetap mempelajari instruksi penggunaan gendongan yang Anda beli sebelum memakainya.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel gendongan bayi tipe samping ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih gendongan bayi tipe samping yang nyaman dan aman, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer