10 Rekomendasi Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah (Terbaru Tahun 2018)

Box motor, rear box atau top case merupakan aksesori motor untuk menyimpan barang bawaan Anda saat mengendarai motor yang ukuran bagasinya terbatas. Di pasaran, terdapat berbagai merek box motor dengan berbagai ukuran dan model, seperti Givi, Shad, KMI, dan sebagainya.

Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi box motor terbaik dengan instalasi yang mudah. Pilihlah produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dan mudah untuk dipasang, ya!

Daftar isi

Cara memilih box motor dengan instalasi mudah

Selain helm, Anda juga bisa menyimpan jas hujan atau belanjaan Anda di box motor. Dengan begitu, Anda akan merasa semakin nyaman saat touring, berbelanja, atau sekadar berkeliling menggunakan motor Anda. Berikut akan kami jelaskan poin-poin cara memilih box motor dengan instalasi mudah, khusus untuk Anda.

Pilihlah berdasarkan ukuran dan kapasitasnya

Anda harus mengetahui kapasitas dan ukuran box yang Anda butuhkan. Jika diperlukan, Anda bisa memilih produk dengan kapasitas dan ukuran yang besar. Namun, box yang ukuran dan kapasitasnya kecil juga masih fungsional untuk Anda gunakan bila Anda hanya membawa sedikit barang.

Terlalu besar malah berbahaya! Sesuaikan ukuran box dengan motor Anda

Terlalu besar malah berbahaya! Sesuaikan ukuran box dengan motor Anda

Anda harus memilih box motor yang ukurannya sesuai dengan motor Anda. Bila terlalu lebar atau terlalu panjang, box tersebut justru akan membuat motor Anda menjadi tidak stabil sehingga akan membahayakan Anda. Apalagi, di Indonesia juga sudah diatur bahwa pemasangan box motor tidak boleh melebihi lebar terluar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur sasis motor tersebut.

Selain itu, bila ukurannya terlalu lebar, Anda akan semakin kesulitan saat hendak melewati jalan sempit atau menyalip kendaraan di depan Anda. Oleh karena itu, pilihlah produk yang ukurannya sesuai dengan motor Anda dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya. Bila perlu, pilihlah box motor yang saat dipasang tidak terlalu menonjol ke belakang.

Sesuaikan kapasitas box dengan kapasitas mesin dan tujuan penggunaannya

Sesuaikan kapasitas box dengan kapasitas mesin dan tujuan penggunaannya

Anda juga harus mengetahui kapasitas box motor yang hendak Anda beli. Jika kapasitasnya terlalu besar, tentu motor Anda akan semakin berat sehingga kecepatannya juga menurun. Bila kapasitas mesin motor Anda hanya 125 cc, sebaiknya Anda memilih box motor dengan kapasitas maksimal 30 liter. Sedangkan, untuk kapasitas mesin motor 250-400 cc, Anda dapat memilih box motor dengan kapasitas maksimal 35 liter. Kemudian, Anda bisa membeli box motor berkapasitas lebih dari 50 liter apabila kapasitas mesin motor Anda lebih besar dari 400 cc.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan kapasitas box motor dengan tujuan penggunaannya. Bila box motor hanya akan digunakan untuk membawa barang belanjaan, menaruh helm, jaket, atau jas hujan, box dengan kapasitas sekitar 25 liter saja sudah lebih dari cukup. Bila Anda hendak menggunakan box motor untuk membawa banyak makanan dan perlengkapan saat touring siang hari, pilihlah produk dengan kapasitas sekitar 30 liter. Bila touring dilakukan saat malam hari, Anda bisa memilih produk dengan kapasitas mencapai 33 liter atau lebih.

Kemudian, bila Anda sering berboncengan, bisa saja muatan dalam box motor akan bertambah. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan kapasitas yang paling sesuai dengan kondisi dan kapasitas mesin motor Anda.

Sesuaikan bobot box agar motor tetap stabil

Sesuaikan bobot box agar motor tetap stabil

Agar motor Anda tetap stabil saat dikendarai, sebaiknya Anda memilih box motor yang berbobot ringan. Selain itu, box motor berbobot ringan akan lebih mudah untuk Anda lepas-pasang dari motor Anda.

Kemudian, Anda harus mengingat bahwa batas beban muatan barang setiap motor berbeda satu sama lain. Anda juga harus dapat memperkirakan seberapa berat muatan yang akan dibawa dalam box motor agar tidak melebihi batas beban muatan barang yang diizinkan.

Pilihlah produk yang sudah satu paket dengan bracket-nya

Pilihlah produk yang sudah satu paket dengan bracket-nya

Ada saja orang yang memasangkan box di motornya menggunakan karet atau tali pengikat. Padahal, box motor tidak akan stabil bila hanya dipasang dengan menggunakan benda-benda tersebut. Box motor akan stabil dan terpasang erat bila dipasangkan pada dudukan/plate yang memang dibuat khusus untuk box motor tersebut.

Apalagi, Anda akan lebih mudah melepas-pasang box motor bila Anda memasangkan box tersebut ke plate bawaannya. Untuk memasangkan plate ke motor, Anda juga membutuhkan bracket. Bila Anda membeli produk yang belum 1 set dengan bracket, Anda dapat membeli bracket-nya secara terpisah di toko terdekat atau toko online. Jadi, bila Anda hendak membeli bracket, pilihlah bracket asli yang memang diproduksi khusus untuk box motor Anda agar ukurannya sesuai dan dapat langsung dipasang.

Pilihlah produk dengan sistem keamanan yang memadai

Pilihlah produk dengan sistem keamanan yang memadai

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat memilih box motor adalah sistem keamanannya. Plate memang memudahkan Anda untuk memasang maupun melepas box motor sesuai kebutuhan. Namun, box motor Anda bisa saja dilepas secara paksa dari plate-nya. Hal tersebut tentu sangat berbahaya, terutama bila Anda menyimpan barang berharga di dalam box motor Anda.

Oleh karena itu, pilihlah produk dengan sistem keamanan yang memadai. Anda bisa memilih box motor yang memiliki sistem penguncian mumpuni sehingga hanya bisa dilepas dari plate menggunakan kunci Anda. Anda juga bisa memilih produk yang celah antara plate dengan box-nya sangat sempit agar orang tidak bisa memasukkan tangannya ke celah tersebut untuk kemudian melepas secara paksa box motor Anda dari plate-nya.

10 Rekomendasi box motor terbaik dengan instalasi mudah

Setelah menjelaskan cara memilih, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi box motor terbaik dengan instalasi mudah. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dapatkan box motor favorit Anda!

10. Corvus BRZ-669

10. Corvus BRZ-669

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Ukurannya compact dengan harga sangat terjangkau!

Memiliki dimensi hanya sebesar 42 x 38 x 29 cm, box ini berukuran compact sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan saat hendak menyalip kendaraan lain. Dengan kapasitas hanya 26 liter, tentu box ini tidak akan membuat kecepatan motor Anda menurun. Bila Anda mencari box motor berukuran compact dengan harga sangat terjangkau, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

Selain itu, desainnya juga sangat eye-catching dan terlihat pas untuk dipasangkan pada berbagai jenis motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc. Berbahan material plastik ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren), box ini cukup kuat dan tidak mudah rusak. Sayangnya, saat membeli produk ini Anda belum mendapatkan bracket sehingga Anda harus membeli bracket secara terpisah.

9. KMI 688 Rear Box

9. KMI 688 Rear Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 445.000

Semakin aman karena sudah dilengkapi indikator rem LED!

Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan box motor lengkap dengan indikator rem LED (Light Emitting Diode), produk inilah jawabannya. Box ini sudah dilengkapi dengan indikator rem LED bawaan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan lagi. Dengan adanya indikator rem LED tersebut, Anda akan semakin aman saat berkendara terlebih saat malam hari.

Saat diisi penuh pun, box ini tidak akan memberatkan motor 250 cc Anda karena kapasitasnya hanya 32 liter saja. Dengan ukuran 30 x 40 x 46 cm, dimensi produk ini terasa cukup ideal dan tidak mengganggu kestabilan motor Anda. Sudah dilengkapi dengan security lock agar barang Anda semakin aman, Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk yang satu ini.

8. Givi B27 Clack

8. Givi B27 Clack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 522.000

Semakin mudah membuka dan mengunci box berkat teknologi Monolock System

Dibuat dari material berkualitas, box yang satu ini tidak mudah rusak atau pecah. Dengan kapasitas 27 liter, Anda bisa memasukkan 1 helm full face ke dalam box ini. Memiliki dimensi 30 x 38,5 x 39 cm, produk ini cukup kecil dan cocok untuk Anda yang sering melewati gang-gang sempit menggunakan motor bebek atau skuter matik Anda.

Dilengkapi dengan teknologi Monolock System, Anda bisa lebih mudah membuka atau menutup box ini. Tidak hanya itu, bagian penguncinya dirancang khusus agar tidak mudah rusak atau macet. Untuk Anda yang sering mengantarkan barang melewati gang atau jalan sempit setiap hari, produk berkualitas ini sangat layak dipertimbangkan.

7. KMI 701 Rear Box

7. KMI 701 Rear Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

2 Handle-nya membuat semakin mudah dilepas-pasang, kan?

Anda bisa membawa banyak barang untuk perjalanan Anda menggunakan box ini karena kapasitasnya mencapai 35 liter, pas untuk motor Anda dengan kapasitas mesin antara 250-400 cc. Selain itu, Anda tidak perlu takut barang Anda dalam box ini dicuri karena produk ini juga sudah dilengkapi dengan security lock.

Bila Anda membutuhkan box motor yang mudah dilepas-pasang karena Anda juga sering berboncengan, produk yang memiliki 2 handle ini adalah pilihan tepat. Handle-nya akan memudahkan Anda saat mengangkat dan memindahkan box ini. Tidak hanya itu, berkendara di malam hari pun lebih tenang berkat reflektor lampu berukuran cukup besar pada box ini.

6. KMI 901 Rear Box

6. KMI 901 Rear Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Berkapasitas besar tanpa bikin kantong Anda bolong

Memiliki kapasitas sebesar 48 liter, Anda bisa dengan mudah memasukkan semua barang dan perlengkapan yang Anda butuhkan. Dengan dimensi 35 x 45 x 59 cm, produk ini cukup lebar dan cocok untuk dipasangkan pada motor besar Anda. Bila Anda membutuhkan box berkapasitas besar dengan harga yang ramah di kantong, produk ini adalah pilihan tepat.

Barang-barang yang Anda taruh dalam box ini akan tetap aman karena produk ini sudah dilengkapi security lock. Box ini juga mudah dipasang menggunakan bracket bawaannya, lho! Bila Anda menginginkan warna lain agar senada dengan warna motor Anda, Anda bisa memilih di antara pilihan warna putih, biru, silver, atau merah.

5. Shad Top Case SH29

5. Shad Top Case SH29

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 610.000

Compact dan sleek! Jodohnya skuter matik Anda

Dengan dimensi 40 x 30 x 38 cm, produk ini memiliki ukuran yang compact dan tidak lebar. Kapasitasnya juga tidak besar sehingga tidak akan membebani motor Anda. Ditambah dengan desainnya yang membulat dan terlihat sleek, produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki skuter matik dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc.

Dilengkapi dengan fungsi pressure lock system, box ini tidak mudah untuk dibuka secara paksa sehingga barang-barang Anda akan tetap aman di dalamnya. Selain itu, karena produk ini sudah 1 set dengan plate-nya, tentu box ini akan terpasang dengan erat dan stabil di motor Anda.

4. Givi E450 SIMPLY II

4. Givi E450 SIMPLY II

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 725.000

Reflektor dan lampu rem LED-nya akan menjadi sahabat touring di malam hari!

Untuk Anda yang sering touring di malam hari, produk ini wajib dipertimbangkan. Box ini memiliki reflektor berwarna merah yang berukuran besar serta dapat ditambahkan lampu rem LED. Kedua part ini sangat berguna untuk meminimalisir kecelakaan saat touring di malam hari karena kendaraan di belakang Anda akan menyadari keberadaan Anda meski kondisi cukup gelap.

Dengan kapasitas mencapai 45 liter, tentu Anda bisa membawa seluruh perlengkapan yang Anda butuhkan untuk touring. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda dapat memasukkan 2 helm full face ke dalam box ini. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk memasang produk ini ke motor Anda karena Anda dapat memasangnya menggunakan bracket universal.

3. Shad Top Case SH34

3. Shad Top Case SH34

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 900.000

Maling? Tenang, tak perlu takut lagi berkat teknologi Antitheft Protection

Memiliki teknologi Antitheft Protection, Anda tidak akan menemukan lubang pada bagian poros engselnya sehingga produk ini tidak bisa dicongkel. Selain itu, hanya tersisa gap sempit antara bagian pengunci dan gagangnya sehingga box ini tak bisa dibuka paksa. Bila Anda mencari box motor berkemampuan anti maling yang mumpuni, Anda dapat mempertimbangkan produk ini.

Dengan dimensi 42 x 31 x 43 cm, produk ini tidak akan terlalu menonjol ke belakang saat Anda pasang di motor Anda. Kapasitasnya pun tidak terlalu besar sehingga cocok untuk Anda pasangkan baik ke motor matik maupun motor bebek Anda. Selain itu, gagangnya juga terasa sangat ergonomis, Anda tidak akan kesulitan membuka box ini menggunakan satu tangan saja.

2. Givi Trekker Outback 58 Ltr

2. Givi Trekker Outback 58 Ltr

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000.000

Box super besar berkualitas mumpuni!

Bila Anda mencari box berkualitas mumpuni dengan kapasitas super besar, produk ini adalah jawabannya. Memiliki kapasitas sangat besar, yaitu 58 liter, Anda dapat memasukkan banyak barang ke dalamnya. Dengan kapasitas sebesar itu, tentu produk ini hanya cocok untuk Anda pasang ke motor dengan kapasitas mesin lebih dari 400 cc.

Dibuat dari bahan aluminium berkualitas, box ini menjadi semakin kuat dan tidak mudah rusak. Di bagian dalamnya, Anda juga akan mendapati soft internal mat yang berfungsi untuk meredam guncangan agar barang yang Anda letakkan tidak mudah rusak. Ditambah fungsi security lock agar box beserta barang di dalamnya tetap aman, kualitas produk ini benar-benar jempolan!

1. Shad Top Case SH42 D0BN00

1. Shad Top Case SH42 D0BN00

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Perlindungan optimal terhadap air dan guncangan

Dengan kapasitas mencapai 42 liter, Anda bisa menyimpan banyak barang di dalam box motor ini. Berdimensi 55 x 28 x 40 cm, produk ini cukup lebar dan akan membuat tampilan Anda semakin keren ketika Anda pasangkan pada motor berukuran besar. Dilengkapi dengan plate bawaan, box ini terasa firm saat dipasang ke plate-nya dan tidak akan mengganggu kestabilan motor Anda.

Menggunakan waterproof sealing system, barang-barang yang Anda taruh di dalam box dijamin sangat aman dari air. Tidak hanya itu, barang-barang Anda juga aman dari guncangan karena produk ini memiliki fungsi impact resistant. Bila Anda menginginkan perlindungan optimal untuk barang-barang dalam box motor Anda, produk ini adalah opsi yang tepat.

Kesimpulan

Pada rekomendasi, kami telah menyajikan beragam produk dengan berbagai varian kapasitas, ukuran, dan lainnya. Jangan lupa, Anda harus menyesuaikan box motor pilihan Anda dengan kapasitas mesin motor dan tujuan penggunaannya agar lebih aman.

Selain itu, produk yang dijual satu set dengan bracket-nya akan sangat memudahkan Anda saat memasangnya ke motor Anda. Terakhir, Anda juga harus memilih produk dengan sistem keamanan yang memadai, ya!