1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ketika bayi tidur, kelambu dapat menjaga mereka dari nyamuk atau serangga lainnya. Dengan demikian, bayi pun dapat tidur dengan nyaman dan aman. Orang tua juga dapat lebih tenang melakukan aktivitas yang lain karena yakin bayi terjaga dengan baik.

Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi kelambu bayi yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk dari merek ternama, seperti Omiland, Mothercare, dan Dialogue Baby dalam artikel ini. Apa saja rekomendasi kelambu yang baik tersebut? Mari baca lebih lanjut!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kelambu bayi

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kelambu bayi, mulai dari memilih berdasarkan modelnya hingga memilih bahannya. Hal ini untuk memastikan kelambu yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Pilih kelambu bayi berdasarkan modelnya

Model kelambu bayi yang ada di pasaran cukup beragam. Namun, ada tiga model yang cukup populer, yakni kelambu lipat, kelambu gantung, dan kelambu modern. Tentu saja ketiga model tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut.

Kelambu lipat, tidak memakan tempat

Di pasaran, rata-rata kelambu bayi memang bisa dilipat. Karena itu, mayoritas kelambu bayi disebut sebagai kelambu lipat. Sebenarnya cukup banyak kelambu lipat yang didesain dengan model tarik. Selain mudah dipakai, model ini pun tidak akan memakan tempat ketika disimpan. Kelambu lipat memang cocok untuk ruangan yang minimalis!

Kelambu gantung, desainnya lebar mampu menutupi semua area kasur

Berbeda dengan kelambu lipat, produk model ini umumnya dipasang dengan cara menggantungkannya di atas kasur. Ukurannya pun terbilang cukup lebar sehingga mampu menutupi semua area kasur. Otomatis, ruang gerak bayi pun bisa lebih leluasa tanpa khawatir kelambu akan copot atau bergeser.

Kelambu modern, memiliki kelebihan yang multifungsi

Kelambu modern tidak hanya dapat menjauhkan si kecil dari nyamuk dan serangga, tetapi kebanyakan juga menawarkan kelebihan lainnya. Misalnya, seperti kelambu model tenda dengan dua pintu, produk yang bisa dijadikan ayunan, atau yang dilengkapi music box dan bantal. Pastinya, produk-produk tersebut bisa membuat si kecil pun jadi makin betah di dalam kelambu, bukan? Tidak ada kata rewel lagi!

② Pastikan kelambunya memiliki jaring yang kuat

Pastikan kelambunya memiliki jaring yang kuat
Bisa jadi Anda merasa kecewa ketika kelambu yang Anda pesan secara online ternyata memiliki jaring yang mudah koyak. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bahan pembuat jaring kelambu tersebut. Beberapa bahan utama jaring yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  • Rami, membuat suhu di dalam kelambu tetap sejuk. Bahan ini tergolong paling jarang ditemukan di pasaran. Harganya pun tergolong cukup mahal.

  • Nilon dan poliester, harganya terjangkau dan tahan lama. Kelambu yang terbuat dari kedua bahan tersebut cenderung tidak mudah sobek.

  • Katun, terasa lebih lembut pada kulit bayi. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena produk berbahan katun lebih mudah koyak dibanding dua bahan lainnya.

③ Utamakan kemudahan pelipatannya

Utamakan kemudahan pelipatannya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kelambu bayi rata-rata memang dapat dilipat sehingga Anda memiliki banyak pilihan produk. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kelambu adalah kemudahan dalam melipat kelambu tersebut. Anda perlu mengetahui seberapa ukuran kelambu ketika produk tersebut telah dilipat. Jangan sampai tidak sesuai perkiraan Anda dan menyulitkan saat disimpan.


Ada juga kelambu yang dapat menutup sendiri dengan satu sentuhan, misalnya hanya dengan menarik tali di bagian atasnya. Dengan begitu, pemakaiannya pun harus lebih hati-hati. Jika Anda tidak sengaja menariknya ketika bayi berada di dalam, bayi bisa saja terluka. Jadi, pilihlah kelambu bayi yang mudah dilipat, aman, dan paling sesuai untuk sang buah hati, ya!

④ Cocokkan model kelambu dengan tempat tidur bayi

Cocokkan model kelambu dengan tempat tidur bayi

Mencocokan model kelambu dengan tempat tidur bayi juga merupakan poin yang tak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, kelambu yang terlalu sempit akan membuat si kecil tidak akan nyaman di dalamnya.


Jika Anda menggunakan box bayi, kelambu gantung cocok untuk dijadikan pilihan karena tidak mudah tersingkap. Sementara itu, Anda bisa memilih kelambu lipat atau model yang ditarik, jika Anda lebih nyaman meletakkan bayi di matras. Beberapa seller juga ada yang menawarkan kelambu khusus stroller. Produk tersebut pun cocok Anda pilih jika sering mengajak si kecil jalan-jalan menggunakan stroller.

⑤ Tidak hanya tinggi, pilih juga produk yang lebar

Kelambu bayi memiliki jenis dan ukuran yang bermacam-macam. Anda bisa menjumpai produk yang ukurannya sebesar tempat tidur bayi sampai yang dapat digunakan pada tempat tidur orang dewasa. Memang hal ini dipengaruhi oleh lokasi peletakannya, misalnya saat diletakkan pada tempat tidur bayi. 

Sebisa mungkin pilihlah kelambu yang tinggi dengan ukuran yang cukup lebar agar bayi Anda merasa nyaman. Sering kali, kesalahan dalam membeli kelambu adalah ternyata kelambu tersebut lebih sempit dari yang diduga. Maka dari itu, pastikan Anda mencari informasi tambahan dari review pengguna, ya!

10 Rekomendasi kelambu bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kelambu bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Algonas

Exclusive Mosquito Net

Algonas Exclusive Mosquito Net 1枚目

Ukuran ekstra besar untuk ranjang besar

2

Butterfly

Kelambu Dua Pintu

Butterfly Kelambu Dua Pintu 1枚目

Mudah dipasang dan memiliki dua pintu, praktis digunakan!

3

Goto Hardware

Kelambu Bayi Musik Series 3-in-1

Goto Hardware Kelambu Bayi Musik Series 3-in-1 1枚目

Dilengkapi alunan musik, si kecil pun lebih cepat tertidur

4

Goto Hardware

Kelambu Gantung Kasur Anti Nyamuk

Goto Hardware Kelambu Gantung Kasur Anti Nyamuk  1枚目

Harganya ekonomis, dijamin tidak menguras isi dompet!

5

Dialogue Baby

Ayunan Bayi + Kelambu Whales Series Aplikasi

Dialogue Baby Ayunan Bayi + Kelambu Whales Series Aplikasi 1枚目

Didesain bentuk ayunan, bikin buah hati jadi happy!

6

Nishikawa

Kelambu Payung Dua Kawat

Nishikawa  Kelambu Payung Dua Kawat 1枚目

Lebih tahan lama berkat dua kawat penyangga

7

Happyteam

Cot Bed Insect Net

Happyteam  Cot Bed Insect Net 1枚目

Makin ampuh melindungi dengan ikatan pengaman

8

Omiland

Kasur Kolam + Kelambu Light Series Stripe

Omiland  Kasur Kolam + Kelambu Light Series Stripe  1枚目

Compact dan dilengkapi bantal, pas dibawa saat perjalanan

9

Mothercare

Insect Net

Mothercare  Insect Net 1枚目

Momen berkeliling dengan stroller lebih menyenangkan!

10

Sweety Care

Kelambu Box

Sweety Care  Kelambu Box 1枚目

Hiasan colorful bikin tampilannya lebih playful

Perincian produk
Close
No.1

AlgonasExclusive Mosquito Net

Mulai dari Rp87.000,00

Ukuran ekstra besar untuk ranjang besar

Produk ini sangat pantas dimiliki bagi Anda yang menempatkan bayi di ranjang berukuran besar. Tidak hanya tinggi, panjangnya mencapai dua meter memungkinkan produk ini untuk digunakan pada ranjang besar. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya baik pada box bayi besar maupun ranjang untuk orang dewasa, sangat versatile! Momen tidur bersama anak pun jadi lebih nyenyak, deh.
No.2

ButterflyKelambu Dua Pintu

Mulai dari Rp110.000,00

Mudah dipasang dan memiliki dua pintu, praktis digunakan!

Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan penggunaan, produk inilah jawabannya. Kelambu dari Butterfly ini sangat mudah dilipat dan bisa dipasang di mana pun tanpa perlu tali. Ukurannya terbilang besar sehingga memungkinkan Anda tidur bersama si kecil. Tenang saja, adanya dua pintu memungkinkan Anda untuk keluar masuk ranjang tanpa mengganggu si kecil, praktis!

No.3

Goto HardwareKelambu Bayi Musik Series 3-in-1

Mulai dari Rp220.000,00

Dilengkapi alunan musik, si kecil pun lebih cepat tertidur

Sepaket dengan alas kasur tebal, buah hati akan merasa lebih nyaman saat berada di dalam kelambu bayi ini. Ditambah lagi, produk berbahan polyester ini juga mampu menghasilkan alunan musik. Si kecil pun jadi makin relaks dan cepat tertidur. Gunakan saja produk ini jika Anda mencari kelambu bayi yang sekaligus mampu membuat si kecil cepat terlelap!

No.4

Goto HardwareKelambu Gantung Kasur Anti Nyamuk

Mulai dari Rp60.000,00

Harganya ekonomis, dijamin tidak menguras isi dompet!

Pilihlah produk ini jika Anda ingin membeli kelambu yang tidak menguras isi kantong. Meskipun harganya ekonomis, kelambu ini memiliki banyak kelebihan, lho. Selain ukurannya yang tergolong besar, kelambu bayi gantung ini juga memiliki empat pilihan warna yang menarik. Anda bisa memilih warna putih, ungu, merah muda, ataupun biru. Tinggal sesuaikan saja dengan warna cat di kamar si kecil!

No.5

Dialogue BabyAyunan Bayi + Kelambu Whales Series Aplikasi DLK0040

Mulai dari Rp555.600,00

Didesain bentuk ayunan, bikin buah hati jadi happy!

Bayi Anda sering rewel karena tidurnya merasa terganggu? Hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika Anda memantapkan pilihan pada produk ini. Dialogue Baby menawarkan kelambu yang didesain berbentuk ayunan. 


Kerewelan dan perasaan kurang nyaman si kecil akan berkurang saat Anda mengayunkannya di produk ini. Pastinya, aktivitas tidur bayi pun bisa lebih maksimal dan berkualitas. Kelambunya bisa dilepas pasang sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dipakai untuk tidur atau mainan, semuanya nyaman!

No.6

Nishikawa Kelambu Payung Dua Kawat

Mulai dari Rp80.000,00

Lebih tahan lama berkat dua kawat penyangga

Dirancang secara khusus, masing-masing penyangga kelambu ini terdiri dari dua kawat. Hal tersebut membuat penyangga produk ini menjadi makin kuat dan tidak mudah patah. Dibuka tutup berkali-kali pun produk ini minim kemungkinan rusak. Bagi Anda yang menginginkan kelambu bayi dengan daya tahan mumpuni, produk dari Nishikawa ini adalah opsinya.

No.7

Happyteam Cot Bed Insect Net

Mulai dari Rp94.000,00

Makin ampuh melindungi dengan ikatan pengaman

Ada kalanya nyamuk atau serangga bisa masuk ke dalam box bayi akibat adanya celah pada kelambu. Nah, produk berbahan nilon ini adalah solusi yang tepat untuk mencegah hal tersebut. Dilengkapi ikatan pengaman, Anda bisa mengencangkan kelambu ini setelah memasangnya ke box bayi. Dengan demikian, si kecil pun jadi makin terlindungi dengan optimal.
No.8

Omiland Kasur Kolam + Kelambu Light Series Stripe

Mulai dari Rp404.000,00

Compact dan dilengkapi bantal, pas dibawa saat perjalanan

Khusus untuk Anda yang ingin sang buah hati tetap pulas tertidur bahkan saat melakukan perjalanan, produk ini tepat dipilih. Ukurannya yang tergolong compact membuat produk ini makin cocok dibawa dalam perjalanan. 

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan bantal dan guling kecil berwarna senada. Tentu saja, bantal tersebut akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dan pulas tertidur ketika bepergian. 

No.9

Mothercare Insect Net057110125-GC586

Mulai dari Rp159.000,00

Momen berkeliling dengan stroller lebih menyenangkan!

Anda yang sering mengajak si kecil berkeliling di taman menggunakan stroller, gunakan kelambu ini saja, ya. Produk dari Mothercare ini memang dirancang khusus untuk dipasang di stroller

Desainnya yang polos dan menerawang pun memungkinkan buah hati untuk melihat-lihat area sekeliling dengan lebih leluasa. Acara jalan-jalan makin mengasyikkan karena si kecil akan terhindar dari gigitan nyamuk dan serangga!

No.10

Sweety Care Kelambu Box

Mulai dari Rp125.000,00

Hiasan colorful bikin tampilannya lebih playful

Apakah Anda mencari kelambu bayi dengan tampilan yang playful dan cute? Jika iya, produk ini adalah pilihannya. Adanya hiasan gajah kecil yang lucu membuat produk ini memberikan kesan yang imut saat dipasang. 

Tak hanya itu, tulisan dan hiasan balon-balon yang colorful juga membuat nuansa cute-nya makin kentara. Pasangkan di kasur box dan bayi Anda pun bisa tidur dengan aman sekaligus nyaman.

Tips menyimpan dan merawat kelambu bayi

Tips menyimpan dan merawat kelambu bayi

Supaya kelambu bayi yang Anda beli selalu awet, Anda perlu menyimpan dan merawatnya dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, mulai dari cara melipat kelambu bayi hingga cara menyimpannya. Berikut akan kami jelaskan secara singkat.


  • Periksalah secara rutin kondisi dan kebersihan kelambu bayi 
  • Jika kelambunya bisa dilipat, lipatlah dengan rapi agar tidak mudah rusak
  • Apabila tidak digunakan, simpan di tempat yang kering supaya tidak berjamur
  • Jika ingin mencucinya, lepaskanlah kawat atau pengait, lalu rendamlah dengan air hangat dan gunakan detergen yang mudah larut

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan tidur bayi di sini

Kesimpulan

Ada berbagai macam kelambu bayi yang tersedia di pasaran, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Warna dan motif yang tersedia pun kini makin beraneka ragam. Anda jadi lebih mudah menyesuaikan dengan desain kamar atau ranjang bayi Anda.

Anda bisa membeli produk yang paling sesuai dengan kondisi bayi dan juga selera Anda. Lalu, dari kesepuluh rekomendasi kami manakah yang menarik perhatian Anda? Pastikan jangan sampai salah memilih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer