10 Rekomendasi Apron Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Apron Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Pakaian anak yang terkena noda cat, makanan, hingga noda lumpur merupakan tanda anak kreatif. Agar kreativitasnya tetap berkembang dan pakaiannya aman dari noda, Anda perlu menyediakan celemek atau apron anak untuk menemani segala aktivitas si kecil. Selain desain dan motif yang lucu, saat memilih apron anak sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti fungsi dan ragam aktivitas anak.

Di sini kami akan mengulas lengkap tipe dan fungsi apron anak, termasuk cara memilih apron anak yang tepat. Tentu saja kami juga akan memberikan 10 rekomendasi apron terbaik untuk anak yang dapat Anda beli secara online. Mari, simak artikelnya dan bebaskan kreativitas anak Anda.

Daftar isi

Cara memilih apron untuk anak

Apron terutama dibutuhkan oleh anak usia TK dan tahun-tahun pertama sekolah dasar. Lalu, apron seperti apa yang cocok untuk mereka? Ikuti poin-poin memilih apron berikut ini.

Pilihlah apron yang mudah dipakai

Pilihlah apron yang mudah dipakai

Apron yang talinya dikalungkan di leher atau yang digantungkan di pundak adalah tipe yang paling mudah dipakai sendiri oleh anak. Selain itu, perhatikan juga bentuk bagian belakang apron. Hindari memilih apron dengan tali belakang menyilang agar anak tidak kesulitan saat memakainya.

Untuk apron tipe ini, biasanya tali lehernya terbuat dari karet elastis sehingga anak hanya tinggal mengalungkannya ke leher saat akan menggunakannya. Karena mudah dipakai, apron tipe ini cocok digunakan untuk anak-anak TK atau SD. Anda juga dapat memilih produk apron yang panjang tali lehernya dapat disesuaikan. Selain itu, ada juga model apron dalam bentuk rompi tanpa tali yang juga mudah dipakai karena hanya tinggal memasukkannya ke dalam tubuh saat hendak memakainya.

 

Pilihlah yang bentuk bagian belakangnya simpel, agar anak tidak kesulitan saat memakainya

Orang dewasa umumnya menyukai apron dengan tali yang diikat menjadi pita di punggung karena terlihat cantik. Akan tetapi, mengikat pita di belakang sulit dilakukan oleh anak-anak. Lalu apron seperti apa yang mudah dipakai anak?

Karet elastis di punggung untuk anak usia TK

Karet elastis di punggung untuk anak usia TK

Jika si kecil masih usia TK, apron dengan karet elastis di bagian tali leher dan punggung merupakan pilihan yang paling tepat. Apron seperti ini sangat praktis karena setelah kepala dan badan masuk ke apron, anak tidak perlu lagi mengencangkan tali leher dan punggungnya. Anak-anak pun akan dengan mudah memakainya sendiri.

Kancing dan tali di depan untuk anak usia SD

Kancing dan tali di depan untuk anak usia SD

Untuk anak SD, Anda dapat memberi apron berbentuk rompi yang memiliki kancing atau pita di bagian depan sehingga anak juga dapat menggunakannya untuk berlatih memasang kancing dan mengikat pita. Karena ada di bagian depan, anak akan mudah mengenakannya.

Meskipun sudah ada tali atau kancing di bagian depan, alangkah baiknya jika apron tersebut juga memiliki karet elastis atau tali velcro di bagian punggung sehingga apron akan tetap kencang meskipun tali atau kancing depan belum terpasang.

Pilihlah yang ukurannya lebih besar agar dapat dipakai untuk waktu yang lama

Pilihlah yang ukurannya lebih besar agar dapat dipakai untuk waktu yang lama

Jika celemek anak hanya dipakai di saat-saat tertentu saja, tidak ada salahnya membeli apron dengan ukuran lebih besar agar dapat digunakan hingga anak besar. Selain dapat digunakan lebih lama, apron dengan ukuran besar juga tetap nyaman digunakan saat memakai baju yang sedikit tebal.

Tentu saja Anda harus memilih apron dengan tali yang dapat disesuaikan panjang pendeknya, dan bila ukurannya terlalu panjang untuk tubuh anak Anda, sedikit trik melipat dengan jahitan yang rapi pasti dapat menjadi solusi. Jika anak sudah lebih besar, Anda tinggal membuka jahitannya dan menyesuaikan panjang tali pengaitnya, maka apron pun dapat digunakan kembali.

Pilihlah yang desainnya simpel dan tahan lama

Pilihlah yang desainnya simpel dan tahan lama

Jika Anda berpikir untuk membeli apron yang dapat digunakan anak untuk beberapa tahun, kami sarankan memilih apron dengan motif yang cenderung simpel. Anak TK mungkin akan terlihat lucu dengan apron yang bermotif kartun atau berhias pita. Namun, ketika anak Anda sudah memasuki usia SD, mereka biasanya akan lebih menyukai motif-motif yang lebih simpel. Untuk itu, Anda bisa memilih motif yang tetap lucu tetapi tidak terkesan terlalu “ramai” sehingga dapat digunakan untuk waktu yang relatif lebih lama.

10 Rekomendasi apron terbaik untuk anak

Sebelum menyimak rekomendasi produk kali ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan usia dan aktivitas anak agar Anda dapat menemukan apron yang sesuai.

10. Apron Waterproof

10. Apron Waterproof

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 11.7500

Ceriakan kegiatan memasak dengan apron gambar animasi yang lucu

Apakah Anda sedang mencari apron yang awet dan bisa dipakai sejak anak kecil hingga beranjak remaja? Jika jawabannya adalah iya, maka apron waterproof ini adalah pilihannya. Terbuat dari bahan waterproof dengan warna semitransparan, apron yang menyerupai rok ini mampu melindungi pakaian putri Anda saat bermain di dapur.

Apron ini terlihat semakin imut dan menggemaskan karena terdapat gambar tokoh animasi favorit anak-anak seperti Miny Mouse, Hello Kity, hingga Doraemon. Dengan menggunakan apron waterproof ini, suasana memasak di dapur pun menjadi lebih ceria.

9. Ladybug Apron Waterproof

9. Ladybug Apron Waterproof

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 51.000

Tangan bebas noda dengan apron yang dilengkapi pelindung tangan

Jika Anda maupun anak Anda adalah penyuka barang-barang yang imut dan lucu, maka apron dengan desain ladybug berwarna merah totol-totol hitam ini adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Selain bisa berfungsi sebagai celemek pada umumnya, apron ini bisa juga dikenakan saat mengikuti pesta dengan dress code animal atau summer.

Berbeda dengan apron lainnya yang berbentuk persegi maupun trapesium, apron ini justru berbentuk bulat sehingga persis menyerupai kepik. Apron ini juga dilengkapi dengan sepasang pelindung tangan. Dengan mengenakan apron ini, tangan buah hati Anda aman dari cipratan minyak saat belajar memasak.

8. Apron Anak Motif Kodok

8. Apron Anak Motif Kodok

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Apron kodok imut, simpel sekaligus lucu

Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung lebih suka dengan apron berwarna polos dan kalem, apron untuk anak-anak sebaiknya memiliki warna yang cerah dan menarik minat mereka. Jika Anda ingin membelikan apron buah hati tetapi tidak suka dengan motif dan desain yang terlalu ramai, apron anak satu ini bisa dijadikan pilihan.

Dengan beragam pilihan warna polos yang ceria, apron berbahan PVC ini tetap terlihat imut untuk anak-anak, sebab memiliki hiasan kepala kodok di bagian depan. Apron waterproof, washable, serta durable ini cocok dipakai anak-anak bermain masak-masakan atau membuat aneka prakarya. Meski hanya tersedia satu ukuran, apron ini bisa dipakai untuk anak usia 2 – 7 tahun.

7. Apron Kedap Air Polos

7. Apron Kedap Air Polos

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Dengan tali yang bisa diatur panjangnya, masa pemakaian pun menjadi lebih lama

Berhubung pertumbuhan tinggi badan anak berlangsung lebih cepat dibandingkan orang dewasa, apron yang dibeli tahun sebelumnya bisa jadi sudah kekecilan saat hendak dipakai. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah tersedia apron yang dilengkapi gesper sehingga panjang talinya bisa disesuaikan.

Saat anak masih kecil, tali bisa ditarik, dan saat anak bertambah tinggi, tali bisa dipanjangkan. Anda pun tidak usah mengeluarkan uang untuk membeli apron baru. Selain itu, dua saku besar di bagian depan memudahkan anak untuk menyimpan gunting, kuas, serta mainan lainnya. Sebelum digunakan untuk pertama kalinya, sebaiknya apron ini dicuci dulu setelah dibeli.

6. Apron Anak Karakter

6. Apron Anak Karakter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.500

Mengutamakan kemudahan dan keamanan buah hati

Dua hal yang harus diperhatikan saat membeli apron untuk buah hati adalah soal kemudahan pemakaian serta keamanan anak. Apron anak dengan warna cerah dan gambar animasi ini menjawab dua tantangan tersebut dengan sangat baik.

Berbentuk rompi tanpa tali, apron ini akan mudah dipakai oleh buat hati, bahkan jika mereka masih duduk di bangku PAUD. Untuk mengencangkan apron, sudah ada perekat velcro yang bisa ditempel dan dilepas dengan mudah. Sedangkan fitur pengaman diwakili dengan keberadaan sarung tangan yang membuat tangan Anak tetap bersih dari cat maupun cipratan minyak.

5. Kids Drawing Apron

5. Kids Drawing Apron

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.500

Melindungi pakaian anak dari noda saat bermain dan memasak

Meskipun kata iklan “tak ada noda ya tidak belajar”, bukan berarti Anda bebas membiarkan putra-putri mengotori pakaian sesuka hati. Jika Anda adalah orang tua yang menginginkan baju anak tetap bersih saat bermain masak-masakan atau melukis di rumah dan di sekolah, Kids Drawing Cooking Apron ini wajib untuk dimiliki.

Dengan material plastik yang disablon karakter hewan dan animasi yang lucu, celemek dengan warna-warna cerah ini akan membuat pakaian buah hati Anda tetap bersih. Bahan plastik membuat noda cat maupun lumpur tidak bisa tembus hingga ke baju. Asyiknya lagi, celemek ini juga dilengkapi dengan sepasang pelindung tangan. Kini buah hati Anda bisa berkreasi dengan bebas.

4. IKEA TOPPKLOCKA Apron

4. IKEA TOPPKLOCKA Apron

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 197.000

Apron putih bersih untuk tampilan bak professional chef

Ingin mendandani atau melihat putra-putri Anda bergaya bak professional chef? Apron keluaran IKEA ini adalah pilihan yang tepat. Berwarna putih bersih dengan tambahan motif kancing di bagian depan menjadikan tampilan buah hati Anda seperti seorang chef. Tidak hanya itu, topi chef dengan warna senada semakin menambah keren penampilan.

Dari segi efektivitas, apron ini juga mudah dikenakan oleh anak-anak. Meski menggunakan tali, setidaknya mereka tetap bisa mengenakannya sendiri. Hal ini dikarenakan ada perekat velcro yang dapat dipasang maupun dibuka dengan mudah. Dengan mengenakan apron ini, buah hati Anda sudah siap beraksi.

3. Apron Rompi

3. Apron Rompi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 82.000

Memakai apron menjadi lebih mudah dengan apron tanpa tali

Apron dengan tali belakang kadang terlalu sulit dipakai oleh anak-anak usia di bawah 5 tahun. Tangan mereka yang pendek belum bisa menjangkau punggung untuk memakai sendiri. Namun, kini orang tua tidak perlu risau sebab, sudah ada apron tanpa tali yang mudah dipakai oleh anak-anak karena hanya tinggal memasukkannya lewat atas saat akan menggunakannya.

Apron berbahan polyester ini menyerupai baju tanpa lengan sekaligus rompi yang terbalik. Bagian depannya berukuran panjang sehingga akan menutupi pakaian anak Anda. Sedangkan bagian belakang menyerupai rompi yang biasa dipakai. Dilengkapi dengan perekat velcro, buah hati Anda bisa memakai celemek ini dengan cepat dan mudah.

2. ULTINICE Apron

2. ULTINICE Apron

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 64.000

Apron lengkap dengan banyak kantong, anak pun lebih bebas berkreasi

Tidak hanya aktivitas memasak yang memerlukan apron, anak-anak yang sedang melukis maupun membuat prakarya juga memerlukan celemek untuk melindungi baju mereka dari noda cat serta lem. Jika putra-putri Anda gemar melukis maupun crafting, kini sudah ada ULTINICE Apron yang didesain khusus untuk seniman cilik.

Apron berwarna biru ini terbuat dari bahan yang tahan air sehingga cat tidak akan tembus hingga dalam baju. Apron ini juga dilengkapi dengan 4 kantong yang didesain khusus sehingga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan beragam barang seperti gunting, cat air, kuas, pensil warna, dan alat menggambar lainnya. Apron ini cocok digunakan untuk anak usia 3 – 12 tahun.

1. Craftdale Kids Apron

1. Craftdale Kids Apron

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 130.000

Apron, topi, sarung tangan, paket lengkap untuk koki cilik Anda!

Jika Anda memiliki anak berusia TK yang gemar bermain masak-masakan atau membantu pekerjaan Anda di dapur, celemek bermotif cupcake ini sangat cocok dikenakan buah hati Anda. Dengan bahan utama kain katun bermotif yang dipadankan dengan kain dril merah, apron ini akan menjadikan putra-putri Anda semakin terlihat keren saat di dapur. Kainnya yang mampu menyerap keringat tidak akan membuat anak Anda kegerahan.

Berhubung didesain khusus untuk para koki cilik, celemek ini dilengkapi dengan topi chef dan juga sarung tangan dengan warna senada. Dengan tali menggantung di leher yang menggunakan gesper, ukuran celemek bisa dipanjangkan atau dipendekkan sesuai dengan tinggi anak.

Kesimpulan

Apron berfungsi untuk melindungi pakaian anak dari noda makanan, cat, lumpur, atau noda lain yang mungkin menempel saat mereka beraktivitas. Sesuaikan tipe apron dengan aktivitas anak agar mereka dapat memakainya sendiri dengan mudah. Semoga ulasan dan rekomendasi apron anak dalam artikel ini dapat membantu Anda menemukan apron anak terbaik untuk menemani aktivitas buah hati Anda. Selamat berkreasi bersama si kecil!