10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Body cream merupakan produk yang efektif untuk melembapkan kulit. Berbagai merek body cream seperti Nivea, Savon, Lash dan lainnya, tersedia di pasaran dalam berbagai jenis seperti produk yang memiliki manfaat mencerahkan kulit, yang terbuat dari bahan organic, dan sebagainya. Hal ini tentunya membuat kita bingung dalam memilih produk yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Kali ini, dari berbagai produk yang populer tersebut kami akan memperkenalkan rekomendasi body cream yang bagus untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih body cream yang tepat berdasarkan kategori jenis kulit. Temukan body cream yang cocok untuk melembapkan kulit Anda!

Daftar isi

Cara memilih body cream

Dalam memilih body cream, hal yang penting adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan poin-poin cara memilihnya. Silakan disimak, ya!

Periksa keseimbangan kandungan pelembap

Periksa keseimbangan kandungan pelembap

Body cream pada umumnya mengandung bahan untuk melembapkan kulit. Untuk mendapatkan efek terbaik, kita perlu memperhatikan keseimbangan antara kandungan minyak dan air di dalamnya.

・Kandungan minyak : olive oil, jojoba oil, dan lainnya, berfungsi mengunci kandungan air pada kulit.

・Kandungan air : ceramide, collagen, dan lainnya, bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Kandungan air pada suatu produk berfungsi memberikan kelembapan pada kulit, kemudian kandungan minyak akan menguncinya untuk mencegah kandungan air menguap dari kulit dan mencegah kekeringan untuk memperoleh kulit yang lembap. Oleh karena itu, pilihlah body cream yang memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, bukan hanya mengandung salah satunya saja.

Pilihlah sesuai jenis kulit

Ada kalanya efek melembapkan dari body cream tidak bekerja dengan baik pada jenis kulit tertentu. Jadi, Anda perlu memilih produk yang paling cocok sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Kulit kering: pilih body cream yang mengandung ceramide

Kulit kering: pilih body cream yang mengandung ceramide

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, kandungan air biasanya sulit untuk masuk sampai ke bagian dalam kulit. Oleh karena itu, manfaat dari body cream tidak akan maksimal jika kita hanya melembapkan bagian permukaan kulit saja. Hal yang penting adalah kelembapan dari bagian dalam, bukan hanya permukaan kulit.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan body cream yang mengandung bahan ceramide yang mampu menyerap sampai ke lapisan dalam dan melembapkan kulit dari dalam. Zat ini juga dapat mengunci kandungan air lebih lama sehingga memberikan manfaat dalam mempertahankan kelembapan kulit.

Kulit sensitif: gunakan body cream yang bebas zat aditif dan tidak merangsang kulit

Kulit sensitif: gunakan body cream yang bebas zat aditif dan tidak merangsang kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan body cream yang mengandung zat yang dapat merangsang kulit. Apabila pada komposisi produk tercantum “bahan penjaga mutu” ataupun “bahan kosmetik”, artinya body cream tersebut menggunakan bahan atau zat aditif untuk menjaga kualitas produk. Hal ini akan memberi rangsangan kuat terutama pada kulit sensitif.

Body cream yang aman untuk kulit adalah yang menggunakan bahan alami seperti shea butter atau yang tidak menggunakan zat pewarna maupun zat pewangi.

Kulit berminyak: pilihlah produk yang mengandung vitamin C derivatif

Kulit berminyak: pilihlah produk yang mengandung vitamin C derivatif

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, penggunaan body cream yang bahan utamanya mengandung minyak justru akan membuat Anda tidak nyaman karena kulit terasa lengket. Kami sarankan agar Anda memilih produk yang mengandung vitamin C derivatif yang dapat menekan sekresi sebum berlebih.

Di samping itu, kebanyakan dari penyebab sekresi sebum berlebih adalah kekurangan kandungan air. Oleh karena itu, kami merekomendasikan produk yang mengandung kolagen ataupun hyaluronic acid yang dapat menjaga kandungan air pada kulit.

Memilih sesuai tekstur yang disukai

Memilih sesuai tekstur yang disukai

Body cream tersedia dalam berbagai tekstur yang terasa berbeda ketika dioleskan pada kulit. Jenis krim seperti body butter memiliki ciri khas dapat mempertahankan kelembapan dalam waktu lama karena kandungan minyaknya yang tinggi. Sementara jenis lotion memiliki tekstur yang ringan karena banyak mengandung air. Tipe ini juga tidak terlalu lengket tetapi mudah luntur. Sedangkan body cream jenis oil akan tampak berkilau pada bagian yang dioleskan namun memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi.

Tentu saja kita bisa memilih tekstur body cream sesuai selera. Namun saat memilih produk yang diinginkan, sebaiknya sesuaikan dengan tingkat kekeringan kulit dan kenyamanan ketika digunakan.

Body cream yang mudah rata saat dioleskan

Body cream yang mudah rata saat dioleskan

Saat mengoleskan body cream ke kulit, ada produk yang mudah diratakan dan ada yang tidak. Untuk bagian tubuh tertentu seperti siku, tumit, atau lutut, mungkin kita tidak terlalu mebutuhkan body cream yang mudah menyebar saat dioleskan. Jika kita ingin mengaplikasikannya pada area yang luas, sebaiknya pilihlah produk yang mudah merata saat dioleskan.

Kami sarankan agar Anda terlebih dahulu mencoba tester di toko sebelum membeli suatu produk. Sedangkan untuk Anda yang ingin membeli body cream lewat situs belanja online, ada baiknya untuk memastikan review produk tersebut sebagai referensi.

Body cream dengan aroma yang memberikan efek relaksasi

Body cream dengan aroma yang memberikan efek relaksasi

Selain berfungsi melembapkan kulit, body cream yang mengandung aroma wangi juga bisa memberikan efek relaksasi. Jika produk jenis ini digunakan sebelum tidur, aromanya bisa membuat Anda merasa rileks dan tidur dengan nyaman. Dan jika digunakan sebelum bepergian, body cream tipe ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti cologne. Saat ini produk-produk di pasaran tersedia dalam berbagai pilihan aroma sehingga Anda bisa memilih dan memakainya sesuai suasana hati.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terkadang body cream yang mengandung aroma seperti ini ada yang kandungan pelembapnya lebih rendah. Sebaiknya pilihlah produk yang memberikan manfaat secara seimbang antara fungsi melembapkan sekaligus efek relaksasi dari aromanya.

10 Rekomendasi body cream terbaik

Sekarang kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi body cream terbaik. Temukanlah body cream yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

10. Kao Biore Body Lotion Smoothie Moisture

10. Kao Biore Body Lotion Smoothie Moisture

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 23.850

Body lotion dengan teknologi anti-pollution

Biore memperkenalkan konsep teknologi anti-pollution pada body lotion ini yang dapat melindungi kulit dari polusi, debu kotoran, udara kering dari AC, perubahan cuaca, udara panas, maupun sinar UV. Perlindungan ini sangat penting karena keenam faktor tersebut yang sering menjadi penyebab kulit kering dan kusam.

Kandungan pelembap yang tinggi pada Biore Body Lotion ini mampu mengunci kelembapan sehingga kulit tetap cerah dan nyaman sepanjang hari. Di samping itu, natural rice milk dan ekstrak yoghurt yang dikandungnya akan memberikan nutrisi pada kulit sehingga membuat kulit Anda tetap sehat.

9. Herborist Body Butter

9. Herborist Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 23.000

Pelembap ekstra untuk kulit kering

Jika Anda merasa kulit Anda masih kurang lembap meskipun telah menggunakan body lotion atau body cream, berarti Anda perlu memakai body butter sebagai pelembab ekstra. Tekstur body butter biasanya lebih kental tetapi sangat lembut dan ampuh mengatasi kulit kering atau bahkan sangat kering di bagian siku, lutu, tumit dan lainnya.

Kandungan minyak zaitun sebagai antioksidan dari body butter keluaran Herborist ini mampu menangkal radikal bebas. Kandungan tabir surya di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Anda dapat memilih varian Zaitun, Banana, Mango, Chocolate, Strawberry, ataupun Matcha, sesuai selera Anda.

8. Natur-E Daily Nourishing Moisturizing Body Lotion

8. Natur-E Daily Nourishing Moisturizing Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.400

Perawatan kulit dengan vitamin E

Nature-E yang telah terlebih dahulu dikenal masyarakat dengan produk suplemen vitamin E dalam bentuk soft capsule untuk perawatan kulit dari dalam, kini hadir dalam bentuk hand & body lotion untuk perawatan dari luar. Kemasannya berbentuk botol tabung klasik dengan warna hijau yang juga menjadi ciri khasnya.

Nature-E Daily Nourishing Lotion memiliki beberapa fungsi yaitu melembapkan kulit dengan kandungan butiran vitamin E, melembutkan dan mengencangkan kulit dengan minyak biji delima sebagai antioksidan, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Harganya terjangkau dan tersedia dalam kemasan kecil yang praktis untuk dibawa-bawa.

7. Enchanteur Perfumed Body Lotion Romantic

7. Enchanteur Perfumed Body Lotion Romantic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 47.900

Keharuman yang tahan lama sepanjang hari

Enchanteur Perfumed Body Lotion diperkaya dengan kandungan aloe vera dan olive butter yang akan merawat dan menutrisi kulit Anda setiap hari untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut. Selain itu, produk ini juga mampu meberikan keharuman yang tahan lama dan menyegarkan.

Body lotion ini kami sarankan untuk Anda yang memiliki kulit normal, dan kurang cocok untuk kulit kering karena kandungan alkohol di dalamnya. Tidak hanya varian romantic, Enchanteur Perfumed Body Lotion juga tersedia dalam wangi Bulgarian roses, white jasmine, dan lainnya, yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

6. Wardah Morning Essentials Body Moisturizer

6. Wardah Morning Essentials Body Moisturizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.000

Solusi untuk kulit sehat

Sebagai produsen perlengkapan kecantikan yang bersertifikat halal, Wardah memahami pentingnya menjaga kelembapan kulit bagi wanita. Oleh karena itu, Wardah menghadirkan body moisturizer yang mengandung 3-moisture complex dan pro vitamin B5 untuk membantu menjaga tingkat hidrasi kulit.

Ekstrak green tea dan aloe vera di dalamnya akan merawat kulit sehingga tampak lebih sehat dan terlindungi sepanjang hari. Anda tidak perlu khawatir dengan tekstur body moisturizer ini karena formulanya ringan, tidak lengket, dan mudah meresap ke kulit.

5. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter

5. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.000

Body butter dengan ekstrak argan oil

Body butter yang mengandung ekstrak argan oil keluaran The Body Shop ini mampu mengembalikan kelembapan kulit Anda dan mempertahankan kelembutannya selama 48 jam! Selain itu, produk ini juga berkhasiat memberikan nutrisi pada kulit, memiliki aroma yang lembut, dan mudah rata saat dioleskan.

Kemasan kecilnya ini juga praktis untuk dibawa-bawa saat Anda melakukan perjalanan jauh agar tetap bisa melakukan perawatan kulit dengan baik di mana saja. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter ini sangat direkomendasikan terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. 

4. Bali Ratih Milk Body Butter Milk Susu

4. Bali Ratih Milk Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.900

Untuk kulit lembut maksimal

Sekarang ini tidak sedikit di antara para wanita yang mengalami kulit kering akibat lama beraktivitas di ruangan ber-AC. Body butter dari Bali Ratih dengan kandungan cocoa butter dan shea butter serta vitamin E ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut!

Selain melembapkan kulit, produk ini juga dapat menghaluskan dan mengharumkan kulit sepanjang hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa body butter ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada wajah karena biasanya bahan wewangian yang terkandung di dalamnya tidak baik untuk kulit wajah.

3. Mustika Ratu Olive Oil Body Butter

3. Mustika Ratu Olive Oil Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 43.500

Melembapkan sekaligus menjadikan kulit lebih lembut

Minyak zaitun sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami kosmetik, terutama untuk perawatan kulit. Formula yang terkandung di dalam Mustik Ratu Olive Oil Body Butter ini mampu memberikan kelembapan pada kulit kering maupun sangat kering seperti pada bagian siku tangan atau lutut yang sering luput dari perawatan.

Harganya juga cukup terjangkau sehingga Anda dapat menggunakannya secara konsisten tanpa perlu terlalu khawatir dengan budget yang harus dialokasikan untuk perawatan kulit. Wanginya lembut dan tahan lama. Cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka wangi parfum yang menyengat.

2. Dove Rich Nourishment Body Cream

2. Dove Rich Nourishment Body Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 54.000

Memberi nutrisi kulit dari dalam

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat perlu perawatan dari dalam. Dove Rich Nourishment Cream yang mengandung kombinasi bahan-bahan bergizi yang mampu menutrisi kulit ini, sangat berguna untuk kulit yang kering dan pecah-pecah.

Cream ini memiliki aroma khas dari Dove yang akan membuat Anda merasa rileks sepanjang hari. Produk ini kaya akan minyak esensial yang bermanfaat untuk memelihara kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan pemakaian teratur setiap hari, Anda akan mendapatkan kulit yang indah berkilau, halus, kenyal, dan lembut.

1. Nivea Creme

1. Nivea Creme

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 21.000

Produk perawatan kulit yang praktis dan multifungsi

Nivea Creme dalam kemasan tin jar dengan warna navy blue ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah digunakan oleh banyak orang sejak lama. Dengan kandungan pelembap alami Eucerit, produk ini diformulasikan untuk menjaga hidrasi dan melembabkan kulit sepanjang hari.

Keunggulan dari Nivea Creme adalah body cream ini dapat diaplikasikan di seluruh tubuh yaitu wajah, siku, lutut, tumit maupun telapak kaki. Produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit, untuk semua musim, aman untuk seluruh keluarga termasuk anak-anak, serta dapat mengurangi kemerahan dan melindungi kulit dari iritasi kulit.

Tips menggunakan body cream

Jika Anda bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk memakai body cream, kali ini kami juga akan memberikan tips mengenai cara menggunakan body cream. Dengan cara pemakaian yang benar, Anda bisa mendapatkan manfaat melembapkan yang lebih efektif.

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan body cream?

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan body cream?

Waktu terbaik menggunakan body cream adalah setelah mandi atau berendam saat permukaan kulit dalam kondisi lembut. Selain body cream mudah terserap dalam kulit, hal ini juga dapat mencegah kekeringan kulit setelah mandi. Ibarat pepatah “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Sedangkan untuk bagian persendian seperti lutut dan siku yang mudah kering, ada baiknya Anda memberikan perhatian lebih karena bagian-bagian tersebut sering terlupakan saat mengoleskan body cream. Tetapi dengan perawatan yang terus-menerus, Anda akan mendapatkan kulit yang cantik tanpa kerut.

Bolehkah mengoleskan body cream pada wajah?

Bolehkah mengoleskan body cream pada wajah?

Apakah Anda pernah merasa ingin mengoleskan body cream yang kandungan moisturizernya tinggi pada wajah karena memiliki kulit kering? Akhir-akhir ini pun mulai banyak bermunculan produk body cream yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh.

Namun demikian, kulit wajah jauh lebih tipis dibanding kulit tubuh. Oleh karena itu, penggunaan body cream yang diproduksi khusus untuk tubuh dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah. Jika ingin mengoleskan pada wajah, pastikan body cream yang Anda pilih menybeutkan keterangan bisa digunakan untuk tubuh dan wajah.

Di musim panas, gunakan produk yang berkhasiat mencerahkan kulit

Di musim panas, gunakan produk yang berkhasiat mencerahkan kulit

Pengaruh buruk sinar UV akan mengakibatkan kulit kering di musim panas. Jika kulit terbakar sinar matahari, akan muncul berbagai masalah pada kulit seperti misalnya kulit kusam.

Jika Anda menggunakan body cream yang memiliki manfaat memutihkan, maka produk ini juga dapat mencerahkan kulit selain dari fungsi utamanya mencegah kekeringan. Kandungan pelembap yang terdapat dalam body cream sangat tepat untuk kulit yang kering akibat sinar matahari sehingga bermanfaat untuk menghilangkan kulit kusam.

Untuk penggunaan body cream di musim panas, pilihlah produk yang juga bisa mencerahkan kulit.

Kesimpulan

Dengan adanya beragam jenis body cream yang tersedia di pasaran, Anda dapat memilihnya sesuai selera, dengan mempertimbangkan kenyamanan di kulit saat menggunakannya, maupun berdasarkan aromanya. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Kami harap artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan body cream favorit yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Mari merawat kulit secara rutin untuk mendapatkan kulit indah yang mulus dan berkilau.