10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Body cream adalah salah satu produk kecantikan yang efektif melembapkan kulit. Merek ternama seperti Nivea, Dove, The Body Shop, dan lainnya memiliki produk andalannya yang dapat menangani masalah berbagai jenis kulit. Hal ini tentu membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.

Kali ini kami akan memperkenalkan body cream dari berbagai merek untuk Anda. Sebelumnya kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat berdasarkan jenis kulit. Penggunaan body cream yang efektif juga akan kami ulas di bagian akhir artikel. Semoga artikel ini bisa Anda jadikan referensi dalam menemukan produk terbaik!

Daftar isi

Cara memilih body cream

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih body cream adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan poin-poin cara memilihnya. Simak terus informasinya!

Pilih produk dengan kombinasi kandungan minyak dan air yang seimbang

Pilih produk dengan kombinasi kandungan minyak dan air yang seimbang

Pada umumnya, body cream mengandung bahan pelembap kulit. Untuk mendapatkan efek pelembap terbaik, Anda perlu memperhatikan keseimbangan antara kandungan minyak dan air di dalamnya. Kandungan minyak berfungsi mengunci kandungan air pada kulit, contohnya olive oil, jojoba oil, dan lainnya. Sedangkan kandungan air bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit, misalnya ceramide, kolagen, dan sebagainya.

Kandungan air berfungsi memberikan kelembapan pada kulit untuk waktu yang lama. Kemudian, kandungan minyak akan mencegah menguapnya kandungan air dari permukaan kulit dan mencegah kekeringan agar kulit tetap lembap. Karena itu, pilihlah body cream yang memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, bukan hanya mengandung salah satunya saja.

Periksa komposisinya dan pilihlah sesuai jenis kulit

Ada kalanya efek pelembap dari body cream tidak bekerja dengan baik pada jenis kulit tertentu. Sebab itu, Anda perlu memilih produk yang paling tepat, sesuai dengan jenis kulit Anda.

Untuk kulit kering, pilih produk yang mengandung ceramide

Untuk kulit kering, pilih produk yang mengandung ceramide

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, biasanya kandungan air sulit untuk mencapai ke bagian dalam kulit Anda. Maka dari itu, manfaat dari body cream tidak akan optimal jika Anda hanya melembapkan bagian permukaan kulit saja. Hal yang terpenting untuk jenis kulit ini adalah kelembapan hingga ke dalam, bukan hanya di permukaan kulit semata.

Kami merekomendasikan body cream dengan kandungan ceramide bagi Anda yang berkulit kering. Ceramide mampu menyerap hingga ke lapisan stratum corneum dan melembapkan kulit hingga ke dalam. Kandungan ini juga dapat mengunci kandungan air lebih lama sehingga memberikan manfaat dalam mempertahankan kelembapan kulit lebih lama.

Untuk kulit sensitif, pilihlah produk yang bebas zat aditif dan tidak menyebabkan iritasi

Untuk kulit sensitif, pilihlah produk yang bebas zat aditif dan tidak menyebabkan iritasi

Bagi Anda yang berkulit sensitif, pilihlah body cream dengan kandungan yang tidak mengiritasi kulit. Apabila pada komposisi produk tercantum ‘bahan penjaga mutu’, ‘bahan kosmetik’, atau catatan lain yang tidak menyebutkan bahan secara spesifik, bisa jadi produk tersebut menggunakan zat aditif untuk menjaga kualitas. Bahan tersebut akan memberi rangsangan kuat dan menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Body cream yang aman untuk kulit sensitif adalah yang menggunakan bahan alami, seperti shea butter atau tidak menggunakan zat pewarna dan pewangi. Fungsi pertahanan kulit yang menurun adalah penyebab kulit sensitif. Karena itulah direkomendasikan juga untuk memilih produk dengan kandungan peningkat pertahanan kulit seperti niacin dan ekstrak daun eucalyptus.

Untuk kulit berminyak, pilih produk yang mengandung turunan vitamin C

Untuk kulit berminyak, pilih produk yang mengandung turunan vitamin C

Anda yang berkulit berminyak sebaiknya menghindari body cream dengan bahan utama berupa minyak. Produk dengan kandungan tersebut hanya membuat Anda tidak nyaman karena kulit akan terasa lengket. Kami sarankan agar Anda memilih produk yang mengandung turunan vitamin C sehingga dapat menekan sekresi sebum berlebih pada kulit.

Apakah Anda tahu bahwa sebagian besar sekresi sebum berlebih disebabkan oleh kulit yang kekurangan kandungan air? Karena itu, untuk kulit berminyak, kami merekomendasikan body cream berkandungan kolagen atau hyaluronic acid yang berfungsi menjaga kandungan air pada kulit. Jangan sampai kulit Anda kekurangan kandungan air, ya.

Pilih produk dengan tekstur yang sesuai dengan kenyamanan Anda

Pilih produk dengan tekstur yang sesuai dengan kenyamanan Anda

Body cream tersedia dalam berbagai tekstur yang terasa berbeda ketika dioleskan ke kulit. Jenis krim seperti body butter memiliki ciri khas dapat mempertahankan kelembapan dalam waktu lama karena kandungan minyaknya yang tinggi. Kulit akan terasa super lembap walaupun butuh waktu agak lama untuk menghilangkan rasa lengket yang dihasilkan.

Sementara itu, jenis lotion memiliki tekstur yang ringan karena banyak mengandung air. Jenis ini memang tidak terlalu lengket tetapi mudah luntur. Karena preferensi setiap orang tentang tekstur berbeda-beda, pilihlah body cream yang nyaman digunakan di kulit Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tingkat kekeringan dan jenis kulit Anda.

Pilih yang mudah diratakan dan tahan lama

Pilih yang mudah diratakan dan tahan lama

Saat mengoleskan body cream ke kulit, ada produk yang mudah diratakan dan ada yang tidak. Bila Anda hanya ingin fokus melembapkan bagian tubuh tertentu, seperti sikut, tumit, atau lutut, mungkin Anda tidak terlalu membutuhkan body cream yang mudah diratakan saat dioleskan. Jika Anda ingin mengaplikasikannya pada area kulit yang luas, pilihlah produk yang mudah merata saat dioleskan.

Setiap produk memiliki tekstur yang berbeda-beda. Ada jenis lotion yang lebih mudah diratakan daripada jenis krim. Ada juga jenis krim yang mudah merata. Sebaliknya, ada jenis lotion yang malah susah diratakan. Kami sarankan agar Anda mencoba tester di toko terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ingin membeli via online, cek review produk tersebut sebagai referensi.

Pilih produk yang beraroma jika ingin mendapatkan efek relaksasi

Pilih produk yang beraroma jika ingin mendapatkan efek relaksasi

Selain melembapkan kulit, body cream yang memiliki aroma wangi juga bisa memberikan efek relaksasi. Jika digunakan sebelum tidur, aromanya bisa membuat Anda merasa rileks dan tidur lebih nyaman. Apabila digunakan sebelum bepergian, produk tersebut bisa berfungsi sebagai pengganti cologne. Anda bisa memilih berbagai pilihan aroma yang tersedia dan memakainya sesuai mood.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ada pula produk beraroma dengan daya pelembap yang lebih rendah daripada produk tanpa kandungan aroma. Sebaiknya pertimbangkan produk yang memberikan manfaat secara seimbang antara fungsinya untuk melembapkan sekaligus efek relaksasi dari aromanya.

10 Rekomendasi body cream terbaik

Sekarang kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi body cream terbaik. Berdasarkan paparan di atas, temukanlah body cream yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kulit Anda!

10. Bali Ratih Body Butter Milk

10. Bali Ratih Body Butter Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.250

Terbuat dari bahan alami natural untuk melembutkan kulit

Sekarang ini tidak sedikit di antara para wanita yang mengalami kulit kering akibat lama beraktivitas di ruangan ber-AC. Body butter dari Bali Ratih dapat membantu mengatasi masalah tersebut! Oleskan produk ini di bagian persendian seperti lutut, siku, dan tumit kaki yang kering.

Produk ini bertekstur krim kental yang mudah diserap kulit. Selain melembapkan, produk ini juga dapat menghaluskan dan mengharumkan kulit sepanjang hari. Produk ini memiliki wangi yang tahan lama sehingga selain kulit jadi lembut, pikiran pun lebih rileks! Akan tetapi, jangan gunakan untuk wajah Anda, ya.

Tekstur Krim kental
Berat 110 ml
Kandungan Shea butter, cocoa butter, vitamin E
Aroma Melati
Tabir surya ×

9. Nivea Extra White Repair & Protect Lotion

9. Nivea Extra White Repair & Protect Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.000

Dengan SPF 15 yang bantu melindungi kulit dari sinar UV

Produk dari Nivea bertekstur lotion yang mudah diratakan ini tidak hanya sekadar melembapkan dan menghaluskan kulit Anda, tetapi juga merawat kulit yang rusak dan kusam. Dilengkapi dengan ekstrak buah untuk mencerahkan kulit, produk ini juga dapat melindungi Anda dari sinar matahari.

Apabila Anda memiliki masalah kulit seperti kusam, flek, kering, kasar, dan warna kulit yang tidak merata, produk ini bisa jadi solusi. Dikemas dalam bentuk botol bertutup flip-flop yang praktis, Anda tinggal menuangkannya di telapak tangan atau kulit Anda. Rawatlah kulit kusam Anda dengan produk ini secara teratur.

Tekstur Lotion
Berat 200 ml
Kandungan Camu camu berry
Aroma Tidak tercantum
Tabir surya SPF 15

8. Natur-E Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

8. Natur-E Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 28.000

Perawatan kulit dengan vitamin E untuk kulit lembap dan tampak lebih kencang

Nature-E telah dikenal masyarakat dengan produk suplemen vitamin E dalam bentuk soft capsule untuk perawatan kulit dari dalam. Sekarang, produsen tersebut menghadirkan hand & body lotion untuk perawatan kulit dari luar. Kemasannya botol tabung klasik berpenutup praktis adalah ciri khasnya.

Produk bertekstur cair yang mudah meresap di kulit ini efektif melembapkan kulit dengan kandungan butiran e-beads. Berkat antioksidannya, produk ini bekerja untuk melembutkan dan mengencangkan kulit. Melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA/UVB, produk ini sangat sesuai untuk penggunaan di daerah tropis.

Tekstur Lotion
Berat 245 ml
Kandungan Vitamin E
Aroma Tidak tercantum
Tabir surya

7. Mustika Ratu Zaitun Body Butter

7. Mustika Ratu Zaitun Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat poduk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 38.500

Melembapkan kulit super kering Anda dengan aroma yang menenangkan

Minyak zaitun sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Formula yang terkandung di dalam Mustika Ratu Olive Oil Body Butter ini mampu memberikan kelembapan pada kulit kering maupun sangat kering seperti pada bagian siku tangan, lutut, maupun tumit yang sering luput dari perawatan.

Harganya cukup terjangkau sehingga Anda dapat menggunakannya secara konsisten tanpa perlu khawatir dengan budget yang harus dialokasikan untuk perawatan kulit. Memiliki tekstur krim kental seperti mentega, Anda akan merasakan kelembapan yang lebih dengan aroma yang lembut dan tahan lama.

Tekstur Krim kental
Berat 200 gr
Kandungan Olive oil
Aroma Zaitun
Tabir surya ×

6. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter

6. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Memberi kelembapan dan kelembutan tahan lama hingga 48 jam

Body butter yang keluaran The Body Shop ini mampu mengembalikan kelembapan kulit Anda dan mempertahankan kelembutannya selama 48 jam! Selain itu, produk ini juga berkhasiat memberikan nutrisi pada kulit. Memiliki tekstur kental khas body butter, produk ini bagai meleleh begitu menyentuh kulit sehingga mudah diratakan.

Produk dengan kemasan travel size ini praktis untuk dibawa-bawa saat Anda melakukan perjalanan jauh agar tetap bisa melakukan perawatan kulit dengan baik di mana saja. The Body Shop Wild Argan Oil Body Butter direkomendasikan terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Tekstur Krim kental
Berat 50 ml
Kandungan Argan oil
Aroma Biji argan
Tabir surya ×

5. Dove Silky Nourishment Body Cream

5. Dove Silky Nourishment Body Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Menutrisi kulit mulai dari lapisan terdalam, perbaiki kulit kering dan pecah-pecah

Dove Rich Nourishment Cream mengandung kombinasi bahan-bahan bergizi yang mampu menutrisi kulit mulai dari lapisan kulit terdalam. Nutrisi yang dikandungnya sangat berguna untuk mengentaskan masalah kulit kering dan pecah-pecah. Formulanya dapat masuk hingga lapisan stratum corneum dan memberi hasil optimal.

Body cream ini memiliki aroma khas dari Dove yang akan membuat Anda merasa rileks sepanjang hari. Produk ini kaya akan minyak esensial yang bermanfaat untuk memelihara kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan pemakaian teratur setiap hari, Anda akan mendapatkan kulit yang indah berkilau, halus, kenyal, dan lembut.

Tekstur Krim padat
Berat 75 ml
Kandungan Moisturizing cream
Aroma Soft and powdery
Tabir surya ×

4. Satto Acai Berry Triple Moisture Whitening Body Cream

4. Satto Acai Berry Triple Moisture Whitening Body Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 64.600

Mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas

Selain melembutkan, body cream ini memiliki fungsi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Bertekstur krim yang tidak terlalu padat, Satto Acai Berry Triple Moisture Whitening Body Cream mudah diratakan dan cepat menyerap ke dalam kulit. Kulit yang lembut dan kenyal bukan lagi hanya sekadar angan-angan!

Berkat manfaat whitening yang ditawarkan, produk ini bisa mencerahkan kulit Anda sambil melembapkannya. Aromanya segar seperti buah-buahan dengan ketahanan yang cukup lama. Melihat dari kandungan serta tekstur yang diberikan, produk ini bisa dijadikan pilihan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak.

Tekstur Krim
Berat 200 ml
Kandungan Vitamin C, E, dan kolagen
Aroma Segar buah-buahan
Tabir surya ×

3. CeraVe Moisturizing Cream

3. CeraVe Moisturizing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Memberi kelembapan dengan kandungan yang bebas minyak dan pewangi

Body cream besutan CeraVe ini dapat melembapkan serta menjaga kulit Anda agen pelembap gandanya. Anda yang memiliki kulit kering dan sangat kering mungkin akan menyukai produk ini. Selain bebas minyak dan pewangi, body cream ini juga sudah hypoallergenic serta tidak menimbulkan komedo.

Selain tubuh, body cream ini juga dapat digunakan pada wajah. Setelah dioleskan, Anda akan mendapatkan kulit yang lembap selama 24 jam! Kulit sensitif juga bisa menggunakannya tanpa khawatir berkat kandungannya yang aman di kulit. Walau bertesktur krim padat, produk ini tidak akan membuat wajah terlihat becek dan malah memberi kesan matte.

Tekstur Krim padat
Berat 56 ml
Kandungan utama Hyaluronic acid dan ceramide
Aroma ×
Tabir surya ×

2. Aveeno® Baby Daily Moisture Lotion

2. Aveeno® Baby Daily Moisture Lotion 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.000

Kandungan super aman yang aman untuk bayi hingga orang dewasa

Walaupun sebenarnya dibuat untuk bayi, produk ini bisa juga digunakan oleh orang dewasa yang berkulit sensitif. Produk ini memiliki kandungan bebas pewangi, tidak menimbulkan alergi, serta tidak menyumbat pori-pori. Dengan menggunakan Aveeno Baby Daily Moisture Lotion, kulit akan terasa lembap hingga 24 jam.

Aveeno terkenal dengan produk-produknya yang terbuat dari bahan alami. Produk ini bisa mengembalikan pH kulit sehingga kulit tidak hanya sekadar lembap, tetapi juga terawat. Teksturnya adalah lotion yang tidak lengket dan mudah menyerap. Kulit Anda akan terasa lembut, halus, sehat, dan terhindar dari pecah-pecah, serta terlindungi dari lecet.

Tekstur Lotion
Berat 227 ml
Kandungan Oat
Aroma ×
Tabir surya ×

1. Nivea Creme

1. Nivea Creme

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.000

Produk perawatan kulit yang praktis dan multifungsi

Nivea Creme dalam kemasan tinjar dengan warna navy blue ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah digunakan dari generasi ke generasi. Produk ini diformulasikan untuk menghidrasi dan melembabkan kulit sepanjang hari. Teksturnya krim yang sedikit padat membuatnya tak mudah luntur di kulit.

Keunggulan dari body cream ini adalah dapat diaplikasikan ke seluruh tubuh, yaitu siku, lutut, tumit maupun telapak kaki, termasuk wajah. Produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit dalam segala kondisi cuaca. Aman untuk seluruh keluarga termasuk anak-anak, produk ini dapat mengurangi kemerahan dan melindungi dari iritasi kulit.

Tekstur Krim
Berat 60 ml
Kandungan Eucerit
Aroma Tidak tercantum
Tabir surya ×

Tips penggunaan body cream yang efektif

Jika Anda bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk menggunakan body cream, kami punya jawabannya. Kali ini, kami akan memberikan tips mengenai penggunaan body cream yang efektif. Dengan pemakaian yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Gunakan body cream setelah mandi untuk hasil terbaik

Gunakan body cream setelah mandi untuk hasil terbaik

Waktu terbaik untuk menggunakan body cream adalah saat permukaan kulit dalam kondisi lembut, yaitu setelah mandi atau berendam. Selain body cream akan mudah diserap oleh kulit, hal ini juga dapat mencegah keringnya kulit setelah terkena air dalam waktu lama. Jadi Anda bisa mendapatkan manfaat ganda dalam satu kali pemakaian.

Lalu, cobalah untuk memberikan perhatian lebih pada bagian kulit persendian yang mudah kering, seperti lutut dan siku. Bagian-bagian tersebut seringkali terlupakan saat mengoleskan body cream. Dengan perawatan yang rajin dan teratur, Anda akan mendapatkan kulit persendian yang cantik, tidak terlihat keriput dan kusam.

Bolehkah mengoleskan body cream pada wajah?

Bolehkah mengoleskan body cream pada wajah?

Apakah Anda ingin mengoleskan body cream dengan kandungan pelembap yang tinggi pada wajah karena kulit wajah Anda terasa kering? Pada dasarnya, body cream tidak boleh digunakan di wajah. Akan tetapi, akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan produk body cream yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh, bahkan untuk wajah.

Namun, Anda tentu tahu bahwa kulit wajah jauh lebih tipis dibandingkan kulit tubuh. Karena itu, penggunaan body cream yang diproduksi khusus untuk tubuh pada wajah, dapat menimbulkan masalah kulit. Apabila ingin digunakan juga pada wajah, pastikan body cream yang Anda pilih menyebutkan keterangan bisa digunakan untuk tubuh dan wajah pada kemasannya. Meski begitu, tentu lebih aman bila Anda menggunakan krim yang memang dikhususkan untuk wajah.

Di daerah beriklim tropis, gunakan body cream yang berfungsi mencerahkan kulit

Di daerah beriklim tropis, gunakan body cream yang berfungsi mencerahkan kulit

Pengaruh buruk sinar UV (ultraviolet) dapat mengakibatkan kulit kering, terutama di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Jika kulit terbakar sinar matahari, akan muncul berbagai masalah pada kulit, seperti kulit yang tampak kusam.

Kandungan pelembap yang terdapat dalam body cream sangat tepat untuk kulit yang kering akibat sinar matahari sehingga bermanfaat juga untuk mencegah kulit kusam. Untuk penggunaan body cream di daerah beriklim tropis, pilihlah produk yang juga bisa mencerahkan kulit. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir kulit akan menjadi gelap akibat sengatan matahari.

Baca juga rekomendasi body oil dan body milk di sini!

Setelah mengetahui lebih dalam tentang body cream, tak ada ruginya jika Anda mengetahui lebih banyak tentang body oil dan body milk. Gunakan secara bergantian dengan body cream dan sesuaikan dengan suasana hati, jenis kulit, serta kondisi kulit Anda. Silakan cek tautan di bawah ini untuk penjelasan yang lebih lengkap!

Kesimpulan

Apakah Anda telah berhasil menemukan produk body cream yang diinginkan? Pilih produk dengan kombinasi kandungan minyak dan air yang seimbang, serta berkomposisi sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk tekstur, pilihlah yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan kulit Anda.

Jika ingin mendapatkan efek relaksasi, pilihlah produk yang memiliki aroma. Gunakan body cream sehabis mandi untuk hasil terbaik. Jangan dioleskan pada wajah, kecuali jika ada keterangan bahwa produk tersebut bisa digunakan untuk wajah. Jangan sampai salah pilih, ya!