10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Baby cup memiliki fungsi yang memudahkan si kecil untuk belajar minum sendiri. Namun, berbagai pilihan baby cup yang bervariasi bisa membuat beberapa orang tua bingung saat memilih baby cup yang tepat. Apakah Anda salah satunya?

Mari ikuti artikel berikut ini yang akan membahas cara memilih baby cup untuk si kecil. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh baby cup terbaik yang telah kami pilih seperti Pigeon atau Richell. Silakan baca hingga tuntas dan jadikan artikel ini sebagai referensi saat Anda memilih baby cup yang bagus untuk buah hati Anda.

Daftar isi

Cara memilih baby cup

Sebelum memilih baby cup ada beberapa poin yang mesti Anda perhatikan seperti, bentuk mouthpiece, pegangan, dan lain sebagainya. Kami akan mengulas satu per satu agar lebih mudah dipahami oleh Anda.

Pilih tipe berdasarkan bentuk mouthpiece yang sesuai

Berdasarkan bentuk mouthpiecebaby cup dapat dibagi menjadi tipe botol dot, tipe spout, tipe straw, dan tipe cup. Masing-masing tipe memiliki desain khas untuk memudahkan bayi saat minum sesuai dengan usia dan kemampuannya. Anda bisa membeli baby cup untuk masing-masing tahap atau membeli baby cup dengan mengganti bagian mouthpiece saja

Tipe botol dot untuk bayi yang belum mulai memakan makanan bayi

Tipe botol dot untuk bayi yang belum mulai memakan makanan bayi

Bayi yang belum mulai makan bisa memakai baby cup berbentuk botol susu dot dengan tempat keluar air minum yang menyerupai puting. Jika Anda ingin memakai baby cup berdasarkan urutan, baby cup tipe botol bisa Anda pakai untuk pertama kali sebelum memakai baby cup tipe lainnya. Setelahnya, barulah bayi Anda dapat menggunakan botol tipe spout.

Tipe spout untuk bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan

Tipe spout untuk bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan

Tipe spout terdiri dari gelas minum yang menyerupai gelas minum tipe botol. Namun, botol ini memiliki bentuk corong minum yang khas sehingga bisa dipakai oleh bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan. Bayi bisa minum dari tipe spout dengan cara memiringkan baby cup ke mulut sehingga bayi tidak perlu mengisap seperti sedotan. Tipe spout memiliki lubang kecil sebagai tempat keluar air untuk membatasi jumlah air yang masuk ke mulut sehingga mencegah bayi dari tersedak.

Beberapa bayi bisa menyusu atau minum menggunakan baby cup tipe spout dengan lebih lancar. Namun, beberapa bayi lain yang dibesarkan dengan ASI mungkin akan kesulitan saat minum dengan baby cup tipe spout. Hal ini terjadi karena tipe spout yang terbuat dari bahan plastik atau karet bisa membuat bayi kurang nyaman. Jika Anda merasa si kecil sulit minum dari baby cup tipe spout, Anda bisa menggunakan baby cup tipe botol terlebih dahulu sebelum menggunakan baby cup tipe spout.

Tipe straw untuk bayi berusia sekitar 8 bulan atau yang sudah bisa mengisap

Tipe straw untuk bayi berusia sekitar 8 bulan atau yang sudah bisa mengisap

Baby cup ini dilengkapi dengan sedotan yang dapat digunakan oleh bayi dari usia 8 bulan atau bayi yang sudah bisa mengisap. Sedotan pada baby cup tipe ini memiliki katup yang melintang untuk mencegah kebocoran air minum. Karena bayi dapat mengisap dari sedotan, bayi jadi lebih mudah untuk minum. Bayi Anda mungkin akan sering mengunyah atau menggigit sedotannya sampai rusak. Jangan khawatir! Beberapa produsen biasanya menjual sedotan secara terpisah sehingga Anda dapat membeli yang baru untuk menjaga kebersihan botol minum bayi.

Beberapa bayi yang tidak pernah menyusu dari ibu mungkin akan kesulitan saat minum botol tipe straw karena isapan yang terlalu lemah. Di sisi lain, bayi yang terbiasa menyusu umumnya memiliki kemampuan mengisap yang kuat sehingga tidak akan kesulitan saat mengisap baby cup tipe straw.

Tipe cup untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug

Tipe cup untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug

Tipe cup merupakan tahap akhir transisi minum pada bayi karena memiliki bentuk yang mirip mug untuk dewasa. Tipe cup terdiri dari sedikit komponen sehingga baby cup tipe ini lebih mudah dibersihkan daripada baby cup tipe lain.

Baby cup tipe ini jika terjatuh akan menumpahkan air minum lebih banyak dibandingkan dengan baby cup tipe lainnya. Agar tidak mudah jatuh, Anda bisa pilih baby cup yang memiliki bantalan di bagian bawah sehingga lebih stabil saat disimpan.

Pilih yang kapasitasnya sesuai untuk setiap keperluan

Pilih yang kapasitasnya sesuai untuk setiap keperluan

Beberapa baby cup memiliki kapasitas 200-260 ml yang bisa dipakai untuk bayi yang beranjak besar. Namun, baby cup dengan kapasitas ini mungkin sulit digunakan oleh bayi yang masih kecil karena berukuran terlalu besar. Jadi, kami merekomendasikan Anda untuk membeli baby cup berkapasitas kecil untuk bayi yang masih kecil. Selanjutnya, Anda bisa beralih ke baby cup yang berukuran besar saat bayi sudah bisa memegang baby cup berkapasitas besar.

Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih baby cup dengan kapasitas 150 ml. Dengan ukuran yang kecil ini, Anda juga akan lebih mudah membawanya bepergian untuk waktu yang tidak terlalu lama. Jika Anda akan bepergian dalam waktu lama, atau pada saat cuaca sangat panas, Anda bisa memilih baby cup dengan ukuran 300 ml.

Pilihlah bahan baby cup berdasarkan kebutuhan

Pilihlah bahan baby cup berdasarkan kebutuhan

Berdasarkan bahan yang dipakai, baby cup umumnya dibagi menjadi bahan plastik dan bahan dengan sekat vakum. Baby cup plastik mudah dipegang dan ringan. Anda juga tidak perlu khawatir baby cup tipe ini pecah ketika terjatuh. Jadi, baby cup yang terbuat dari plastik cocok Anda pakai di rumah. Selain itu, baby cup dari bahan plastik dapat dibersihkan dengan mudah dengan cara direbus atau menggunakan microwave khusus.

Baby cup dengan bahan plastik tidak mampu menahan panas, tetapi baby cup dengan bahan sekat vakum bisa menahan panas. Anda bisa menjaga air minum tetap hangat dengan baby cup sekat vakum. Namun, bahan sekat vakum lebih berat daripada bahan plastik sehingga Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Pilihlah baby cup berdasarkan bahan serta kebutuhan yang sesuai dengan bayi Anda.

Pilih produk yang memiliki gagang agar mudah dipegang

Pilih produk yang memiliki gagang agar mudah dipegang

Baby cup yang baik memiliki pegangan yang berfungsi untuk memudahkan bayi ketika minum. Anda bisa pilih baby cup yang memiliki pegangan di kedua sisi untuk bayi yang masih kecil. Setelah tumbuh besar dan bisa memegang dengan benar, Anda bisa memberikannya baby cup yang tidak memiliki pegangan.

Beberapa baby cup memiliki pegangan yang bisa dilipat atau dilepas. Hal ini akan mempermudah Anda saat membawa baby cup di tas ketika hendak bepergian.

Jagalah kebersihan! Pilih baby cup yang mudah dicuci

Jagalah kebersihan! Pilih baby cup yang mudah dicuci

Baby cup adalah peralatan minum yang harus dijaga agar tetap bersih. Oleh karena itu, pilihlah baby cup yang mudah dicuci. Periksalah apakah bagian-bagiannya mudah dibuka dan mudah dicuci secara terpisah. Baby cup tipe straw, misalnya, terdiri dari banyak komponen sehingga Anda harus mencuci dengan hati-hati.

Anda juga mesti mengecek ketersediaan spare part seperti sedotan yang dijual terpisah. Spare part yang mudah didapatkan akan mempermudah Anda untuk mengganti komponen yang rusak. Jangan lupa untuk memeriksa harga spare part karena beberapa produsen menjual spare part lebih mahal dibandingkan dengan unit utama.

Awas bocor! Pilih baby cup yang tidak gampang bocor

Awas bocor! Pilih baby cup yang tidak gampang bocor

Bayi yang masih kecil belum bisa memegang cangkir dengan baik sehingga baby cup bisa terjatuh atau dilempar-lempar saat bermain. Dengan menggunakan baby cup antibocor, Anda tidak perlu repot lagi membersihkan air minum yang tumpah jika terjatuh. Selain itu, baby cup antibocor bisa mencegah air merembes ke tas saat Anda berada di luar rumah.

Kebanyakan baby cup dirancang agar tidak mudah bocor, tetapi kebocoran bisa terjadi jika baby cup tidak ditutup dengan benar. Oleh karena itu, jangan lupa memeriksa apakah penutup sudah terpasang dengan benar saat digunakan.

10 Rekomendasi baby cup terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi baby cup terbaik berdasarkan urutan. Silakan perhatikan poin penting dari tiap-tiap produk dan pilihlah yang nyaman dipakai oleh buah hati Anda.

10. Tommee Tippee Trainer Sippy Cup

10. Tommee Tippee Trainer Sippy Cup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Dua komponen katup botol akan lebih mudah dibersihkan

Beberapa produk baby cup cukup merepotkan saat dibersihkan karena terdiri dari berbagai komponen, seperti lidspoutvalve, hingga valve plate. Anda mesti memastikan dan memeriksa tiap-tiap komponen tercuci dengan benar. Semakin banyak komponen, perhatian yang harus Anda berikan dari segi higienis harus semakin ekstra.

Tomee Tippee Sippy Cup hanya terdiri dari dua buah katup penutup yang bisa dilepas sehingga lebih mudah dan lebih cepat dicuci. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan saat mencuci baby cup. Walaupun mudah dicuci, desain katup pada produk ini mudah dipakai minum sehingga tidak menyulitkan si kecil saat kehausan.

9. Innobaby Nursin’ Smart 9 oz Silicone Training Straw Cup

9. Innobaby Nursin' Smart 9 oz Silicone Training Straw Cup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 278.910

Bahan medical grade kualitas tinggi membuat aman untuk digunakan

Anda mesti berhati-hati saat memilih baby cup karena tidak semua bahan yang dipakai aman sebagai wadah untuk menyimpan air minum. Bahan plastik yang mengandung BPA bisa mempengaruhi fungsi hormon anak. Produk ini dikembangkan sejak tahun 2004 oleh ahli pediatri sebagai solusi dari berbagai permasalahan baby cup termasuk keamanan bahan.

Apabila Anda khawatir dengan bahan berbahaya, produk ini cocok untuk Anda. Produk ini terbuat dari 100% LSR (Liquid Silicone Rubber) yang merupakan bahan silikon dengan kualitas tinggi medical grade. Untuk keamanan, jangan ragu untuk memilih produk ini karena terbebas dari bahan berbahaya seperti BPA dan bahan kimiawi lainnya.

8. Cute Rabbit Termos Botol Bayi

8. Cute Rabbit Termos Botol Bayi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 151.360

Butuh air minum tetap hangat selama bepergian? Tidak masalah!

Pastikan air minum yang dibawa bisa dinikmati si kecil dalam keadaan hangat terutama saat cuaca dingin. Produk ini dilengkapi isolasi sekat vakum sehingga mampu menjaga air minum tetap hangat selama 6-12 jam. Anda bisa menyimpan hingga 230 ml air secara kokoh dari bahan stainless steel.

Produk ini berbentuk lucu seperti boneka mainan sehingga cocok untuk Anda yang ingin memiliki bentuk baby cup yang unik. Selain itu, baby cup ini cocok untuk dibawa pada malam hari atau saat cuaca dingin yang membutuhkan air hangat. Didesain aman dengan fitur anti skid bottom, Anda tidak perlu khawatir produk ini menggelincir jatuh saat diletakkan di atas meja.

7. US Baby Straw Training Cup 150 ml

7. US Baby Straw Training Cup 150 ml

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 127.000

Tidak membebani tas saat bepergian dengan kapasitas 150 ml

Untuk si kecil yang aktif dan baru belajar minum! Agar tidak repot saat bepergian dalam jarak dekat, Anda bisa membawa baby cup dengan kapasitas yang cukup untuk menampung air saat bepergian. US Baby Straw Training Cup adalah baby cup yang cocok dibawa bepergian sebentar karena hanya memiliki kapasitas penyimpanan air 150 ml saja.

Produk ini terbuat dari bahan plastik yang ringan sehingga cocok untuk dibawa bepergian tanpa membebani tas. Jika sedotannya rusak atau kotor karena sering dibawa-bawa, Anda bisa menggantinya dengan sedotan yang dijual secara terpisah. Ingin tas Anda ringan saat berjalan-jalan dengan si kecil? Bawa saja air minumnya dengan menggunakan produk ini.

6. Dr. Brown’s Spoutless Insulated Cup

6. Dr. Brown’s Spoutless Insulated Cup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Tidak haus lagi selama perjalanan panjang dengan kapasitas 300 ml

Saat perjalanan jauh atau cuaca panas, Anda membutuhkan baby cup yang bisa diandalkan dengan kapasitas besar. Dr. Brown’s Spoutless Insulated Cup merupakan tipe cup dengan bentuk cangkir menyerupai cangkir dewasa. Produk ini mampu menampung air hingga kapasitas 300 ml sehingga cocok dibawa saat si kecil berada dalam perjalanan yang panjang.

Produk ini dilengkapi teknologi insulation yang mampu menjaga air minum tetap segar selama perjalanan panjang. Selain itu, produk ini terbuat dari plastik ringan yang nyaman untuk Anda bawa saat bepergian. Untuk jaga-jaga si kecil kehausan saat perjalanan panjang, miliki produk ini ya, Bun!

5. Munchkin Click Lock Bite Proof Sippy Cup – 9 oz

5. Munchkin Click Lock Bite Proof Sippy Cup - 9 oz

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.500

Sedotan yang aman digigit tanpa merusak gigi anak

Bayi yang mulai tumbuh gigi bisa gemas untuk menggigit sedotan pada baby cup sehingga bisa mengakibatkan gigi cepat rusak. Selain itu, sedotan yang digigit bisa mengakibatkan penurunan fungsi seperti mengurangi volume air yang keluar untuk diminum. Anda jadi repot mengganti sedotan yang rusak.

Munchkin Click Lock Bite Proof adalah baby cup tipe straw dengan desain sedotan yang kuat dari tekanan akibat gigitan gigi. Namun, bahan yang lunak tidak akan melukai gigi anak. Produk ini cocok diberikan kepada anak yang sudah tumbuh gigi serta mulai aktif menggigit. Miliki produk ini agar Anda tidak repot lagi mengganti sedotan yang selalu rusak karena digigit si kecil.

4. Nuby Click-It FlipN’Sip Cup with 360Straw

4. Nuby Click-It FlipN'Sip Cup with 3600 Straw

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Mudah mengisap minuman yang tinggal sedikit dengan desain sedotan inovatif

Bayi bisa kesulitan saat menyedot air minum yang sedikit karena harus menyesuaikan posisi sedotan dengan tempat berkumpulnya air. Nuby Cup 360 Straw memiliki desain sedotan unik yang memungkinkan si kecil bisa minum dari berbagai sudut. Produk ini solusi ketika air minum tinggal sedikit atau posisi air minum berubah karena kemiringan baby cup saat dipegang.

Sedotan pada baby cup ini dibuat fleksibel serta dilengkapi pemberat yang akan ikut bergerak mengikuti gerakan air. Produk ini cocok untuk anak yang masih kesulitan menyesuaikan posisi sedotan dengan air. Anda juga tidak perlu repot mengisi ulang baby cup ke volume penuh, padahal masih terdapat air yang bisa diminum. Asyik, kan? Miliki produk ini yuk!

3. Oxo Tot Transitions Soft Spout Sippy Cup with Removable Handles

3. Oxo Tot Transitions Soft Spout Sippy Cup with Removable Handles

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 249.000

Bentuk spout unik yang mencegah air tidak mudah bocor

Salah satu kekurangan baby cup tipe spout adalah mudah tumpah jika tidak disimpan pada posisi yang benar. Beberapa produsen telah membuat penutup untuk spout. Namun, hal ini bisa tidak efektif jika baby cup terjatuh dengan posisi terbalik karena air tetap akan keluar walau tidak banyak.

Produk ini adalah baby cup dengan bentuk spout menyerupai almon yang hanya terbuka saat si kecil minum. Desain spout-nya menjaga baby cup tidak tumpah. Berabe karena tas Anda sering basah oleh baby cup yang bocor? Beli saja produk ini! Produk ini juga cocok untuk anak yang belum mengerti cara memegang baby cup dengan benar sehingga mudah terjatuh.

2. Richell PPSU Straw Bottle

2. Richell PPSU Straw Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Terbuat dari bahan PPSU yang kuat dibersihkan dengan microwave atau dengan pembersih kimiawi

Bahan plastik bisa dibagi ke dalam beberapa jenis termasuk ketahanan terhadap panas serta ketahanan terhadap zat kimiawi seperti sabun cuci. Hal ini akan mengurangi opsi pembersihan sehingga beberapa orang kurang puas dengan aspek kebersihan baby cup yang dipakai. Jangan khawatir! Richell PPSU Straw Bottle memberikan solusi atas permasalahan Anda.

Baby cup ini terbuat dari bahan polyphenylsufone (PPSU) yang memiliki sifat tahan panas dan tahan terhadap zat kimiawi. Richell PPSU Straw Bottle cocok untuk Anda yang ingin memastikan baby cup yang dipakai oleh si kecil mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkan produk ini dengan microwave, serta dididihkan dan dibersihkan dengan pembersih kimiawi.

1. Pigeon MagMag All In One Set

1. Pigeon MagMag All In One Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.700

Bisa dipakai sebagai baby cup tipe botol, spout, straw, dan mug dalam satu produk

Pada umumnya bayi belajar minum melalui empat langkah dengan baby cup berbeda. Produk ini adalah baby cup yang dibuat dengan desain yang dapat dipakai untuk empat tahap minum sekaligus. Anda yang membutuhkan baby cup untuk jangka panjang sangat cocok memiliki produk ini.

Anda bisa memberikan transisi minum yang mulus pada bayi hanya dengan mengubah-ubah mouthpiece yang memiliki bentuk terpisah sesuai perkembangan cara minum anak. Produk ini juga relatif murah sehingga cocok untuk Anda yang mencari baby cup yang ekonomis. Kini, Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan berbagai baby cup untuk si kecil!

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan tentang cara memilih baby cup serta kami telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk referensi Anda. Apakah Anda sudah paham dengan ulasan yang telah kami paparkan? Baby cup berguna untuk membantu bayi menjalani masa transisi dari menyusui hingga minum di gelas layaknya orang dewasa. Semakin tepat produk yang Anda pilih, maka akan semakin cepat pula proses pembelajaran si kecil untuk minum dengan gelas dewasa.