• 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Baby cup memiliki fungsi untuk memudahkan si kecil belajar minum sendiri. Namun, pilihan baby cup yang bervariasi terkadang membuat beberapa orang tua bingung menentukan produk yang tepat. Apakah Anda salah satunya?

Mari ikuti artikel yang sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria, ini. Di artikel ini, kami membahas cara memilih baby cup terbaik untuk si kecil. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh merek baby cup yang bagus, seperti Pigeon, Sugarbaby, dan Dr. Brown’s. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi saat Anda memilih baby cup terbaik untuk buah hati Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign, seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Kapan anak mulai belajar minum?

Kapan anak mulai belajar minum?

Sejak bayi dilahirkan, sebenarnya ia sudah mulai belajar minum. Namun, tentunya pada tahap awal kehidupannya, bayi diprioritaskan untuk hanya meminum ASI secara langsung dari payudara. Lantas, kapankah seorang anak mulai belajar minum layaknya orang dewasa?


Menurut AAP (American Academy of Pediatrics), seorang anak idealnya mulai belajar minum menggunakan spout cup pada usia 6 hingga 9 bulan. Setelah itu, anak dinilai sudah siap dan mampu minum melalui baby cup dengan sedotan. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang memungkinkan anak di bawah 6 bulan sudah bisa diajarkan minum dengan baby cup.


Beberapa kondisi tersebut contohnya ketika bayi belum juga bisa menyusu atau bayi dengan ibu bekerja. Kondisi tersebut menyebabkan ASI harus diberikan melalui media pembantu. Beberapa media pemberian ASI yang banyak digunakan adalah sendok kecil, botol sendok, pipet, cup feeder, hingga baby cup.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby cup

Sebelum memilih baby cup, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti bentuk mouthpiece, pegangan, dan sebagainya. Kami akan mengulas satu per satu agar lebih mudah dipahami oleh Anda.

Sesuaikan bentuk mouthpiece dengan usia dan kemampuan bayi

Berdasarkan bentuk mouthpiece, baby cup dapat dibagi menjadi tipe botol dot, tipe spout, tipe straw, dan tipe cup. Setiap tipe memiliki desain khas untuk memudahkan bayi saat minum sesuai usia dan kemampuannya. Anda bisa membeli baby cup untuk masing-masing tahap atau membeli baby cup dengan mengganti bagian mouthpiece-nya saja. Pilihlah yang paling cocok untuk si kecil.

Tipe botol dot, untuk bayi usia 0–5 bulan yang tidak menyusu langsung

Tipe botol dot, untuk bayi usia 0–5 bulan yang tidak menyusu langsung
Bayi yang belum mulai makan bisa memakai baby cup berbentuk botol susu dot. Botol ini memiliki bentuk mouthpiece yang menyerupai puting. Bila si kecil baru pertama kali menggunakan baby cup, gunakanlah tipe ini terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa beranjak menggunakan tipe spout atau tipe straw.

Tipe spout, untuk bayi 5–7 bulan yang belum bisa mengisap dari sedotan

Tipe spout, untuk bayi 5–7 bulan yang belum bisa mengisap dari sedotan
Tipe spout merupakan tipe mouthpiece yang berada di antara tipe botol dot dan tipe straw. Baby cup tipe spout inilah yang awalnya disebut dengan istilah sippy cup. Namun, seiring waktu, istilah sippy cup menjadi lebih umum dan digunakan untuk menyebut semua tipe baby cup.

Tipe ini mudah digunakan oleh bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan. Spout cup biasanya hanya digunakan untuk peralihan dari botol dot ke straw cup. Dengan spout cup, bayi bisa minum hanya dengan memiringkannya ke mulut. Anda pun tidak perlu khawatir si kecil akan tersedak. Hal ini karena tempat keluar airnya berbentuk lubang kecil untuk membatasi jumlah air yang masuk ke mulut.


Beberapa bayi bisa menyusu atau minum menggunakan baby cup tipe spout dengan lebih lancar. Namun, bayi lainnya yang dibesarkan dengan ASI mungkin akan kesulitan minum menggunakan tipe ini. Hal ini terjadi karena spout yang terbuat dari bahan plastik atau karet bisa membuat bayi kurang nyaman. Anda merasa si kecil sulit minum dari baby cup tipe spout? Gunakanlah produk tipe botol dot terlebih dahulu sebelum memakai tipe spout.

Tipe straw, untuk bayi berusia 7 bulan ke atas atau yang sudah bisa mengisap

Tipe straw, untuk bayi berusia 7 bulan ke atas atau yang sudah bisa mengisap
Tipe ini dilengkapi sedotan yang dapat digunakan bayi dari usia tujuh bulan atau ketika sudah bisa mengisap. Karena bayi dapat mengisap dari sedotan, bayi pun jadi lebih mudah untuk minum. Bayi Anda mungkin akan sering mengunyah atau menggigit sedotannya sampai rusak. Tenang saja, beberapa produsen biasanya menjual sedotan secara terpisah. Anda pun dapat membeli yang baru untuk menjaga kebersihan botol minum bayi.

Sebagian bayi yang tidak pernah menyusu dari ibu mungkin akan kesulitan saat menggunakannya karena isapannya terlalu lemah. Di sisi lain, bayi yang terbiasa menyusu umumnya memiliki kemampuan mengisap yang kuat. Bayi yang termasuk kelompok ini biasanya tidak akan kesulitan saat mengisap baby cup tipe straw.

Tipe open cup, untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug

Tipe open cup, untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug
Tipe open cup direkomendasikan bagi bayi yang sudah bisa minum dari gelas. Untuk dapat memakai open cup, bayi biasanya harus mempunyai kemampuan oromotor yang cukup baik. Artinya, bayi harus sudah bisa mengoordinasikan antara katupan bibir, daya hisap, dan gerak lidah.

Berhubung hanya terdiri dari sedikit komponen, Anda akan lebih mudah saat membersihkannya. Meski begitu, jika sampai terjatuh tipe ini akan menumpahkan air minum lebih banyak dibanding tipe lainnya. Agar tidak mudah jatuh, pilihlah produk dengan kestabilan mumpuni, misalnya ditambahi karet atau bantalan di bagian bawahnya.

Perhatikan kapasitas yang tepat untuk si kecil

Perhatikan kapasitas yang tepat untuk si kecil
Beberapa baby cup yang dijual di pasaran memiliki kapasitas di atas 200 ml. Namun, baby cup dengan kapasitas ini mungkin sulit digunakan oleh bayi yang masih kecil karena berukuran terlalu besar. Jadi, kami sarankan Anda membeli baby cup berkapasitas kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa beralih ke produk berukuran besar seiring pertumbuhan bayi.

Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 150 ml. Dengan ukuran yang kecil ini, Anda juga akan lebih mudah membawanya saat bepergian untuk waktu singkat. Jika Anda akan bepergian dalam waktu lama atau saat cuaca sangat panas, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 200 hingga 300 ml.


Kapasitas cup juga dapat membantu Anda memperkirakan kecukupan hidrasi si kecil. Sebagai contoh, anak berusia 12 bulan sebaiknya minum 240 ml atau segelas air. Dengan menggunakan cup yang Anda punya, Anda bisa memperkirakan jumlah minum anak pada hari itu sudah cukup atau belum.

Pilih berdasarkan bahannya

Pilih berdasarkan bahannya
Berdasarkan bahan yang dipakai, baby cup umumnya dibagi menjadi bahan plastik, silikon, dan bahan stainless steel dengan sekat vakum. Berikut ini keunggulan dan kekurangan masing-masing bahan:

  • Baby cup plastik mudah dipegang dan ringan. Hal tersebut membuat baby cup tipe ini cocok Anda pakai di rumah atau bepergian. Sayangnya, baby cup plastik tidak mampu menjaga suhu di dalamnya tetap panas.

  • Baby cup berbahan silikon dapat melatih bayi untuk menggenggam gelas dengan lebih luwes. Bahan silikon memungkinkan baby cup tidak mudah rusak saat terjatuh. Namun, beberapa baby cup silikon hanya cocok untuk pemakaian di rumah saja alias tidak untuk traveling.

  • Baby cup berbahan stainless steel bisa menahan panas dengan baik. Fungsi tersebut akan lebih maksimal jika baby cup dilengkapi sekat vakum. Akan tetapi, bahan ini lebih berat daripada bahan plastik.

Secara umum, pilihlah bahan yang terjamin aman untuk bayi. Biasanya, banyak merek menyertakan label BPA free sebagai jaminan tersebut.

Cari yang dilengkapi gagang untuk merangsang saraf motorik bayi

Cari yang dilengkapi gagang untuk merangsang saraf motorik bayi
Kemudahan memegang baby cup tergantung pada ada tidaknya gagang di masing-masing produk. Anda bisa memilih baby cup yang memiliki pegangan di kedua sisi untuk bayi yang masih kecil. Kelebihan lainnya, baby cup dengan gagang dapat merangsang syaraf motorik si kecil. Setelah tumbuh besar dan bisa memegang dengan benar, Anda bisa memberikan baby cup yang tidak memiliki pegangan.

Pastikan baby cup tidak gampang bocor dan mudah dibersihkan

Pastikan baby cup tidak gampang bocor dan mudah dibersihkan
Kebanyakan baby cup dirancang agar tidak mudah bocor. Namun, kebocoran bisa terjadi jika baby cup tidak ditutup dengan benar. Sebagai langkah preventif, jangan lupa memastikan penutup sudah terpasang dengan benar saat digunakan. Anda juga bisa mencari info tambahan mengenai sifat antibocor melalui review pengguna.


Di samping itu, baby cup adalah peralatan minum untuk bayi sehingga harus selalu dijaga agar tetap bersih. Karena itu, pilihlah baby cup yang mudah dicuci. Pastikan bagian-bagiannya mudah dibuka dan dicuci secara terpisah. Sebagai contoh, baby cup tipe straw terdiri dari banyak komponen sehingga Anda harus mencucinya dengan lebih teliti.

10 Rekomendasi produk baby cup terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baby cup terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

10

MunchkinClick Lock Bite Proof Sippy Cup

Mulai dari Rp 75.000,00

Usia9 bulan ke atas
TipeSpout
Kapasitas±266 ml
MaterialSilikon (di bagian spout)
9

Baby & BeyondBaby Cup with Handle

BB1013

Mulai dari Rp 89.900,00

UsiaTidak disebutkan
TipeOpen cup
Kapasitas230 ml
MaterialStainless steel (bagian dalam), bahan bagian luar tidak disebutkan
8

NubyComfort Silicone Slow Flow With Handle

Mulai dari Rp 199.000,00

Usia0 bulan ke atas
TipeBotol dot
Kapasitas150 ml
MaterialSilikon
7
Usia6 bulan ke atas
TipeOpen cup
KapasitasTidak disebutkan
MaterialPlatinum silikon
6

Lusty BunnyDisney Training Cup 3 Steps Cup With Handle Straw and Silicone Spout

Mulai dari Rp 60.400,00

Usia8 bulan ke atas
TipeStraw
Kapasitas210 ml
MaterialPP dan silikon
5

BabyqloBaby Sippy Cup With Straw

BQ-SBT7001

Mulai dari Rp 110.000,00

UsiaTidak disebutkan
TipeStraw
Kapasitas260 ml
MaterialPP
4

BenBenPremium Silicone Cup Set with Straw and Lid

Mulai dari Rp 89.000,00

Usia6 bulan ke atas
TipeSpout, open cup
Kapasitas160 ml
MaterialSilikon
3

SugarbabyTritan Sippy Cup 2in1

Mulai dari Rp 153.000,00

Usia6 bulan ke atas
TipeSpout, straw
Kapasitas270 ml–320 ml
MaterialTritan from Eastman (Plastik)
2
Usia3 bulan ke atas
TipeBotol dot, spout, straw, open cup
Kapasitas180 ml
MaterialPP dan silikon
1

Dr. Brown'sNatural Flow Baby Bottle

Mulai dari Rp 99.500,00

Usia0–3 bulan
TipeBotol dot
Kapasitas60 ml, 120 ml, 250 ml
MaterialPP

Tabel perbandingan produk baby cup terbaik

Gambar produk
1
Dr. Brown's Natural Flow Baby Bottle 1

Dr. Brown's

2
Pigeon MagMag All In One Set 1

Pigeon

3
Sugarbaby Tritan Sippy Cup 2in1 1

Sugarbaby

4
BenBen Premium Silicone Cup Set with Straw and Lid 1

BenBen

5
Babyqlo Baby Sippy Cup With Straw 1

Babyqlo

6
Lusty Bunny Disney Training Cup 3 Steps Cup With Handle Straw and Silicone Spout 1

Lusty Bunny

7
Kub Baby Learning Cup 1

Kub

8
Nuby Comfort Silicone Slow Flow With Handle 1

Nuby

9
Baby & Beyond Baby Cup with Handle 1

Baby & Beyond

10
Munchkin Click Lock Bite Proof Sippy Cup 1

Munchkin

Nama produk

Natural Flow Baby Bottle

MagMag All In One Set

Tritan Sippy Cup 2in1

Premium Silicone Cup Set with Straw and Lid

Baby Sippy Cup With Straw

Disney Training Cup 3 Steps Cup With Handle Straw and Silicone Spout

Baby Learning Cup

Comfort Silicone Slow Flow With Handle

Baby Cup with Handle

Click Lock Bite Proof Sippy Cup

Keunggulan

Nutrisi ASI lebih terjaga dengan teknologi Internal Vent

Sangat versatile dengan empat tipe mouthpiece

Material plastik superbening, air minum si kecil jadi lebih terkontrol

Baby cup antitumpah berkat tutup silikonnya yang kencang

Cegah banyak udara masuk dengan bandul silikon di ujung sedotan

Desain gagang yang unik dan nyaman digenggam bayi

Gelas mungil untuk si kecil yang mulai terampil

Minum susu lebih aman dan nyaman dengan botol silikon bergagang

Bagian dalamnya stainless steel dan bisa dilepas, lebih higienis!

Sedotan yang aman digigit tanpa merusak gigi anak

Harga mulai dariRp 99.500,00Rp 97.800,00Rp 153.000,00Rp 89.000,00Rp 110.000,00Rp 60.400,00Rp 69.000,00Rp 199.000,00Rp 89.900,00Rp 75.000,00
Usia0–3 bulan3 bulan ke atas6 bulan ke atas6 bulan ke atasTidak disebutkan8 bulan ke atas6 bulan ke atas0 bulan ke atasTidak disebutkan9 bulan ke atas
TipeBotol dotBotol dot, spout, straw, open cupSpout, strawSpout, open cupStrawStrawOpen cupBotol dotOpen cupSpout
Kapasitas60 ml, 120 ml, 250 ml180 ml270 ml–320 ml160 ml260 ml210 mlTidak disebutkan150 ml230 ml±266 ml
MaterialPPPP dan silikonTritan from Eastman (Plastik)SilikonPPPP dan silikonPlatinum silikonSilikonStainless steel (bagian dalam), bahan bagian luar tidak disebutkanSilikon (di bagian spout)
Tautan produk

Cara mengajarkan anak menggunakan sedotan

Cara mengajarkan anak menggunakan sedotan

Di antara pilihan tipe baby cup, biasanya bayi perlu beradaptasi lebih banyak saat mencoba minum melalui baby cup tipe sedotan. Hal itu karena menyedot memerlukan teknik khusus dan bagi bayi tentu tidak mudah. Untuk memudahkan Anda dan bayi, berikut beberapa tips jitu mengajarkan anak menggunakan sedotan. 


  1. Sebelum memberinya straw cup, latihlah si kecil minum melalui sedotan tanpa botol. Pilih sedotan dengan bahan yang lembut dan aman, seperti silikon atau sedotan kertas.
  2. Tutup ujung atas sedotan dengan jari Anda, kemudian celupkan ujung bawahnya ke dalam air. Setelah air mengisi sedotan sedikit, angkat sedotan dan letakkan ujung bawahnya di lidah atau mulut bayi.
  3. Lakukan langkah nomor 2 beberapa kali hingga bayi menyesapi air yang keluar dari ujung bawah sedotan.
  4. Ketika bayi sudah menyesapi air dari ujung bawah sedotan, itu artinya dia sudah mulai mengerti konsepnya. Jika sudah seperti ini, Anda bisa mulai memberinya minum melalui straw cup.

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan perawatan botol bayi di sini

Demi menjaga kesehatan buah hati, kebersihan baby cup tentu perlu selalu Anda utamakan. Karena itu, pastikan Anda sudah memiliki berbagai perlengkapan untuk membersihkan baby cup si kecil. Silakan simak link berikut ini bila Anda memerlukan referensi perlengkapan perawatan botol bayi.

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan tentang cara memilih baby cup. Kami juga telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk referensi Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan?

Baby cup akan membantu bayi menjalani masa transisi dari menyusui hingga minum di gelas. Makin tepat produk yang Anda pilih, makin cepat pula proses pembelajaran si kecil. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bayi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit bayi tergolong masih sensitif dan membutuhkan pembersih yang ringan. Jadi, segala sesuatu yang menyentuh kulit bayi harus benar-benar diperhatikan kandungannya, salah satunya sabun mandi. Anda tentu ingin mencari sabun bayi terbaik yang aman dan tepercaya. Hal ini terutama jika Anda memiliki bayi yang baru lahir. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus. Kami juga akan memberi rekomendasi sabun bayi dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, JOHNSON'S. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Topi Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kepala bayi dari udara dingin, Anda wajib membeli satu atau dua buah topi bayi. Selain berfungsi untuk menghangatkan kepala, topi juga bisa menjadi salah satu aksesori bayi. Penampilan bayi tentunya bisa tampak lebih lucu dan menggemaskan.Agar Anda tidak salah membeli, kami akan memberi tips memilih topi yang bagus untuk bayi. Anda akan menemukan topi bayi baru lahir, topi bayi laki-laki, dan topi bayi perempuan dengan desain yang lucu dan unik. Kami juga akan membagikan rekomendasi produk terbaik, termasuk keluaran merk Bohobaby dan Hey Baby. Segera simak selengkapnya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori