• 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Baby cup memiliki fungsi yang memudahkan si kecil untuk belajar minum sendiri. Namun, berbagai pilihan baby cup yang bervariasi bisa membuat beberapa orang tua bingung saat memilih baby cup yang tepat. Apakah Anda salah satunya?

Mari ikuti artikel berikut yang akan membahas cara memilih baby cup untuk si kecil. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh baby cup terbaik yang telah kami pilih seperti Pigeon, Tommee Tippee, Richell, Dr. Brown’s dan sebagainya. Silakan baca hingga tuntas dan jadikan artikel ini sebagai referensi saat Anda memilih baby cup untuk buah hati Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 18.760 Views
Daftar isi

Cara memilih baby cup

Sebelum memilih baby cup ada beberapa poin yang mesti Anda perhatikan, seperti bentuk mouthpiece, pegangan, dan sebagainya. Kami akan mengulas satu per satu agar lebih mudah dipahami oleh Anda.

Pilih baby cup dengan bentuk mouthpiece yang sesuai

Berdasarkan bentuk mouthpiece, baby cup dapat dibagi menjadi tipe botol dot, tipe spout, tipe straw, dan tipe cup. Setiap tipe memiliki desain khas untuk memudahkan bayi saat minum sesuai usia dan kemampuannya. Anda bisa membeli baby cup untuk masing-masing tahap atau membeli baby cup dengan mengganti bagian mouthpiece-nya saja. Pilihlah yang paling cocok untuk si kecil.

Tipe botol dot untuk bayi yang belum mulai memakan makanan bayi

Tipe botol dot untuk bayi yang belum mulai memakan makanan bayi
Bayi yang belum mulai makan bisa memakai baby cup berbentuk botol susu dot. Botol ini memiliki bentuk mouthpiece yang menyerupai puting. Bila si kecil baru pertama kali menggunakan baby cup, gunakanlah tipe ini terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa beranjak menggunakan tipe spout atau tipe straw.

Tipe spout untuk bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan

Tipe spout untuk bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan
Tipe spout merupakan tipe mouthpiece yang berada di antara tipe botol dot dan tipe straw. Tipe ini mudah digunakan oleh bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan. Bayi bisa minum hanya dengan memiringkannya ke mulut. Anda pun tidak perlu khawatir si kecil akan tersedak. Hal ini karena tempat keluar airnya berbentuk lubang kecil untuk membatasi jumlah air yang masuk ke mulut.
Beberapa bayi bisa menyusu atau minum menggunakan baby cup tipe spout dengan lebih lancar. Namun, bayi lainnya yang dibesarkan dengan ASI mungkin akan kesulitan minum menggunakan tipe ini. Hal ini terjadi karena spout yang terbuat dari bahan plastik atau karet bisa membuat bayi kurang nyaman. Anda merasa si kecil sulit minum dari baby cup tipe spout? Gunakanlah produk tipe botol dot terlebih dahulu sebelum memakai tipe spout.

Tipe straw untuk bayi berusia sekitar 8 bulan atau yang sudah bisa mengisap

Tipe straw untuk bayi berusia sekitar 8 bulan atau yang sudah bisa mengisap
Tipe ini dilengkapi sedotan yang dapat digunakan bayi dari usia delapan bulan atau ketika sudah bisa mengisap. Sedotan pada baby cup tipe ini memiliki katup yang melintang untuk mencegah kebocoran. Karena bayi dapat mengisap dari sedotan, bayi pun jadi lebih mudah untuk minum. Bayi Anda mungkin akan sering mengunyah atau menggigit sedotannya sampai rusak. Tenang saja, beberapa produsen biasanya menjual sedotan secara terpisah. Anda pun dapat membeli yang baru untuk menjaga kebersihan botol minum bayi.
Sebagian bayi yang tidak pernah menyusu dari ibu mungkin akan kesulitan saat menggunakannya karena isapannya terlalu lemah. Di sisi lain, bayi yang terbiasa menyusu umumnya memiliki kemampuan mengisap yang kuat. Bayi yang termasuk kelompok ini biasanya tidak akan kesulitan saat mengisap baby cup tipe straw.

Tipe cup untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug

Tipe cup untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug
Tipe cup direkomendasikan bagi bayi yang sudah bisa minum dari gelas. Berhubung hanya terdiri dari sedikit komponen, Anda akan lebih mudah saat membersihkannya.
Meski begitu, jika sampai terjatuh tipe ini akan menumpahkan air minum lebih banyak dibanding tipe lainnya. Agar tidak mudah jatuh, pilihlah produk dengan kestabilan mumpuni, misalnya ditambahi karet atau bantalan di bagian bawahnya.

Pilih baby cup dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Pilih baby cup dengan kapasitas sesuai kebutuhan
Beberapa baby cup yang dijual di pasaran memiliki kapasitas di atas 200 ml. Namun, baby cup dengan kapasitas ini mungkin sulit digunakan oleh bayi yang masih kecil karena berukuran terlalu besar. Jadi, kami sarankan Anda membeli baby cup berkapasitas kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa beralih ke produk berukuran besar seiring pertumbuhan bayi.
Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 150 ml. Dengan ukuran yang kecil ini, Anda juga akan lebih mudah membawanya saat bepergian untuk waktu singkat. Jika Anda akan bepergian dalam waktu lama atau saat cuaca sangat panas, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 300 ml.

Pilih baby cup dengan bahan yang tepat

Pilih baby cup dengan bahan yang tepat
Berdasarkan bahan yang dipakai, baby cup umumnya dibagi menjadi bahan plastik dan bahan dengan sekat vakum. Baby cup plastik mudah dipegang dan ringan. Anda juga tidak perlu khawatir baby cup tipe ini pecah ketika terjatuh. Hal tersebut membuat baby cup yang terbuat dari plastik cocok Anda pakai di rumah. Selain itu, baby cup plastik mudah disterilkan dengan cara direbus atau menggunakan microwave khusus. Namun, baby cup plastik tidak mampu menjaga suhu di dalamnya tetap panas.
Sementara itu, baby cup berbahan sekat vakum bisa menahan panas dengan baik. Anda bisa menjaga air minum tetap hangat dengan baby cup bersekat vakum. Akan tetapi, bahan ini lebih berat daripada bahan plastik. Jadi, pilihlah produk dengan bahan sesuai kebutuhan Anda.

Pilih baby cup yang memiliki gagang

Pilih baby cup yang memiliki gagang
Kemudahan memegang baby cup tergantung pada ada tidaknya gagang di masing-masing produk. Anda bisa memilih baby cup yang memiliki pegangan di kedua sisi untuk bayi yang masih kecil. Setelah tumbuh besar dan bisa memegang dengan benar, Anda bisa memberikan baby cup yang tidak memiliki pegangan.
Beberapa baby cup memiliki pegangan yang bisa dilipat atau dilepas. Hal ini akan mempermudah Anda saat membawa baby cup di tas ketika hendak bepergian.

Pilih baby cup yang mudah dibersihkan

Pilih baby cup yang mudah dibersihkan
Baby cup adalah peralatan minum untuk bayi sehingga harus selalu dijaga agar tetap bersih. Karena itu, pilihlah baby cup yang mudah dicuci. Periksalah apakah bagian-bagiannya mudah dibuka dan dicuci secara terpisah. Sebagai contoh, baby cup tipe straw terdiri dari banyak komponen sehingga Anda harus mencucinya dengan lebih teliti.
Anda juga mesti mengecek ketersediaan komponen tambahan seperti sedotan yang dijual terpisah. Komponen yang mudah didapatkan akan mempermudah Anda untuk menggantinya bila rusak. Jangan lupa untuk memeriksa harganya juga karena beberapa produsen menjual komponen tambahan cukup mahal.

Pilih baby cup yang tidak gampang bocor

Pilih baby cup yang tidak gampang bocor
Bayi yang masih kecil belum bisa memegang dengan baik sehingga baby cup bisa terjatuh atau dilempar saat bermain. Dengan memakai baby cup antibocor, Anda tidak perlu repot lagi membersihkan air minum yang tumpah saat terjatuh. Selain itu, baby cup antibocor bisa mencegah air merembes ke tas saat Anda berada di luar rumah.
Kebanyakan baby cup dirancang agar tidak mudah bocor. Namun, kebocoran bisa terjadi jika baby cup tidak ditutup dengan benar. Oleh karena itu, jangan lupa memeriksa apakah penutup sudah terpasang dengan benar saat digunakan. Anda juga bisa mencari info tambahan mengenai sifat antibocor melalui review pengguna.

10 Rekomendasi baby cup terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi baby cup terbaik yang bisa Anda pilih untuk si kecil. Selamat membaca dan memilih produk!
10
Target usia pengguna7 bulan ke atas
TipeSpout
Kapasitas±230 ml
MaterialPlastik
9

InnobabyNursin’ SMART 9 Oz Silicone Training Straw Cup

Rp 278.910,00

Target usia penggunaTidak disebutkan
TipeStraw
Kapasitas260 ml
MaterialSilikon
8
Target usia penggunaTidak disebutkan
TipeCup
Kapasitas230 ml
MaterialStainless steel dan bahan bersekat vakum
7
Target usia penggunaTidak disebutkan
TipeStraw
Kapasitas150 ml
MaterialPlastik
6
Target usia pengguna12 bulan ke atas
TipeSpout
Kapasitas300 ml
MaterialBahan bersekat vakum
5
Target usia pengguna9 bulan ke atas
TipeSpout
Kapasitas±266 ml
MaterialSilikon (di bagian spout)
4
Target usia pengguna12 bulan ke atas
TipeStraw
Kapasitas300 ml
MaterialSilikon (di bagian sedotan)
3

OXOTransitions Soft Spout Sippy Cup with Removable Handles

Rp 266.100,00

Target usia pengguna4 bulan ke atas
TipeSpout
Kapasitas175 ml
MaterialSilikon (di bagian sedotan)
2
Target usia pengguna8 bulan ke atas
TipeStraw
Kapasitas200 ml
MaterialPPSU, PP (polipropilena), dan silikon
1
Target usia pengguna3 bulan ke atas
TipeBotol dot, straw, cup, dan spout
Kapasitas180 ml
MaterialTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk baby cup terbaik

Gambar produk
1
Pigeon MagMag All In One Set 1

Pigeon

2
Richell PPSU Straw Bottle 1

Richell

3
OXO Transitions Soft Spout Sippy Cup with Removable Handles 1

OXO

4
Nuby Clik-It FlipN’Sip Cup with 360° Straw 1

Nuby

5
Munchkin Click Lock Bite Proof Sippy Cup 1

Munchkin

6
Dr. Brown’s Spoutless Insulated Cup 1

Dr. Brown’s

7
US Baby Straw Training Cup 150 ml 1

US Baby

8
Baby & Beyond Baby Cup with Handle 1

Baby & Beyond

9
Innobaby Nursin’ SMART 9 Oz Silicone Training Straw Cup 1

Innobaby

10
Tommee Tippee Trainer Sippee Cup 1

Tommee Tippee

Nama produk

MagMag All In One Set

PPSU Straw Bottle

Transitions Soft Spout Sippy Cup with Removable Handles

Clik-It FlipN’Sip Cup with 360° Straw

Click Lock Bite Proof Sippy Cup

Spoutless Insulated Cup

Straw Training Cup 150 ml

Baby Cup with Handle

Nursin’ SMART 9 Oz Silicone Training Straw Cup

Trainer Sippee Cup

Keunggulan

Sangat versatile dengan empat tipe mouthpiece

Material PPSU jadikan produk ini sangat tahan banting

Bentuk spout uniknya ampuh mencegah kebocoran minuman

Mudahkan si kecil mengisap minum dengan 360° straw

Sedotan yang aman digigit tanpa merusak gigi anak

Kapasitas besar plus ruang vakum, minuman tetap dingin

Kapasitasnya kecil, asyik dibawa jalan-jalan singkat

Bagian dalamnya stainless steel dan bisa dilepas, higienis senantiasa

Material silikon jadikan produk ini makin kuat sekaligus empuk

Penutupnya makin mudah dibersihkan berkat 2-piece valve

HargaRp 56.000,00Rp 225.000,00Rp 266.100,00Rp 85.000,00Rp 80.000,00Rp 112.000,00Rp 157.000,00Rp 89.900,00Rp 278.910,00Rp 115.000,00
Target usia pengguna3 bulan ke atas8 bulan ke atas4 bulan ke atas12 bulan ke atas9 bulan ke atas12 bulan ke atasTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan7 bulan ke atas
TipeBotol dot, straw, cup, dan spoutStrawSpoutStrawSpoutSpoutStrawCupStrawSpout
Kapasitas180 ml200 ml175 ml300 ml±266 ml300 ml150 ml230 ml260 ml±230 ml
MaterialTidak disebutkanPPSU, PP (polipropilena), dan silikonSilikon (di bagian sedotan)Silikon (di bagian sedotan)Silikon (di bagian spout)Bahan bersekat vakumPlastikStainless steel dan bahan bersekat vakumSilikonPlastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan makan bayi di sini

Botol susu tentu merupakan benda yang sulit dipisahkan dari bayi. Saat makan, si kecil pun bisa menggunakan celemek, baby spoon fork, tempat makan, dan kursi makan. Seluruh item tersebut akan membuat bayi bisa makan dengan lebih nyaman dan higienis. Yuk, kenali lebih jauh mengenai seluruh produk tersebut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan tentang cara memilih baby cup. Kami juga telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk referensi Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan?
Baby cup akan membantu bayi menjalani masa transisi dari menyusui hingga minum di gelas. Semakin tepat produk yang Anda pilih, semakin cepat pula proses pembelajaran si kecil. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bayi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    202.558 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    213.907 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    163.620 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2020)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang aman dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Mari simak terus artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    125.165 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit kering adalah musuh besar bagi kulit bayi yang lembut. Untuk itu, diperlukan baby lotion yang dapat memberikan kelembapan pada wajah dan tubuh bayi. Bahkan, jika diperlukan, Anda perlu memilih baby lotion yang dapat mengatasi ruam dan jerawat pada bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion, seperti Zwitsal, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan simak artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    94.585 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak lahir hingga berusia dua tahun, bayi belum bisa mengontrol suhu tubuhnya dengan baik. Karena itu, baju dipakai untuk menyelimuti tubuh bayi agar tetap hangat. Ada beragam jenis baju bayi yang dijual di pasaran, seperti baju pendek, panjang, terusan, dan bodysuit. Bahannya pun beragam, contohnya katun dan gauze. Lalu, baju bayi pun dijual dengan banyak ukuran. Kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih baju bayi yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai produsen terkenal, seperti Palmerhaus dan Hey!Baby. Jadi, pastikan membaca artikel ini sampai habis, ya.
    Perlengkapan & perawatan bayi
    98.713 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang menggemaskan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih mana yang cocok untuk si buah hati. Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman, serta berdesain menarik. Langsung saja, mari disimak!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    18.045 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori