mybest
Botol minum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

Baby cup memiliki fungsi untuk memudahkan si kecil belajar minum sendiri. Namun, pilihan baby cup yang bervariasi terkadang membuat beberapa orang tua bingung menentukan produk yang tepat. Apakah Anda salah satunya?

Mari ikuti artikel yang sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria, ini. Di artikel ini kami membahas cara memilih baby cup terbaik untuk si kecil. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh merek baby cup yang bagus, seperti Pigeon, Sugarbaby, dan Dr. Brown’s. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi saat memilih baby cup terbaik untuk buah hati Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kapan anak mulai belajar minum?

Kapan anak mulai belajar minum?

Sejak dilahirkan, sebenarnya bayi sudah mulai belajar minum. Namun, pada tahap awal kehidupannya, bayi diprioritaskan hanya meminum ASI secara langsung dari payudara. Lantas, kapankah seorang anak mulai belajar minum layaknya orang dewasa?


Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi idealnya mulai belajar minum menggunakan spout cup pada usia 6-9 bulan. Setelah itu, ia dinilai sudah siap dan mampu minum melalui baby cup dengan sedotan. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat anak di bawah 6 bulan diajarkan minum dengan baby cup.


Beberapa kondisi tersebut contohnya ketika bayi belum juga bisa menyusu atau bayi dengan ibu bekerja. Kondisi tersebut menyebabkan ASI harus diberikan melalui media tertentu. Beberapa media pemberian ASI yang banyak digunakan adalah sendok kecil, botol sendok, pipet, cup feeder, hingga baby cup.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baby cup

Sebelum memilih baby cup, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti bentuk mouthpiece, pegangan, dan sebagainya. Kami akan mengulas satu per satu agar lebih mudah dipahami oleh Anda.
1

Sesuaikan bentuk mouthpiece dengan usia dan kemampuan bayi

Berdasarkan bentuk mouthpiece, baby cup dapat dibagi menjadi tipe botol dot, tipe spout, tipe straw, dan tipe cup. Setiap tipe punya desain khas untuk memudahkan bayi minum sesuai usia dan kemampuannya. Anda bisa membeli baby cup untuk tiap-tiap tahap atau mengganti bagian mouthpiece-nya saja. Pilihlah yang paling cocok untuk si kecil.

Tipe botol dot, untuk bayi usia 0–5 bulan yang tidak menyusu langsung

Tipe botol dot, untuk bayi usia 0–5 bulan yang tidak menyusu langsung
Bayi yang belum mulai makan bisa memakai baby cup berbentuk botol susu dot. Botol ini memiliki bentuk mouthpiece yang menyerupai puting. Bila si kecil baru pertama kali menggunakan baby cup, gunakanlah tipe ini terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa beranjak menggunakan tipe spout atau tipe straw.

Tipe spout, untuk bayi 5–7 bulan yang belum bisa mengisap dari sedotan

Tipe spout, untuk bayi 5–7 bulan yang belum bisa mengisap dari sedotan
Tipe spout merupakan tipe mouthpiece yang berada di antara tipe botol dot dan tipe straw. Baby cup tipe spout inilah yang awalnya disebut dengan istilah sippy cup. Namun, seiring waktu, istilah sippy cup menjadi lebih umum dan digunakan untuk menyebut semua tipe baby cup.

Tipe ini mudah digunakan oleh bayi yang belum bisa mengisap dari sedotan. Spout cup biasanya hanya digunakan untuk peralihan dari botol dot ke straw cup. Dengan spout cup, bayi bisa minum hanya dengan memiringkannya ke mulut. Anda pun tidak perlu khawatir si kecil tersedak karena lubangnya kecil untuk membatasi jumlah air yang masuk ke mulut.


Beberapa bayi bisa menggunakan baby cup tipe spout dengan lebih lancar. Namun, bayi yang dibesarkan dengan ASI mungkin akan kesulitan minum menggunakan tipe ini. Pasalnya, spout yang terbuat dari bahan plastik atau karet bisa membuat bayi kurang nyaman. Solusinya, gunakan tipe botol dot terlebih dahulu sebelum memakai tipe spout.

Tipe straw, untuk bayi berusia 7 bulan ke atas atau yang sudah bisa mengisap

Tipe straw, untuk bayi berusia 7 bulan ke atas atau yang sudah bisa mengisap
Tipe ini dilengkapi sedotan yang dapat digunakan bayi mulai usia 7 bulan atau ketika sudah bisa mengisap. Adanya sedotan membuat bayi lebih mudah untuk minum. Namun, bayi mungkin akan sering mengunyah atau menggigit sedotan sampai rusak. Tenang saja, beberapa produsen biasanya menjual sedotan secara terpisah.

Sebagian bayi yang tidak pernah menyusu dari ibu mungkin akan kesulitan menggunakannya karena tidak biasa mengisap dengan kuat. Di sisi lain, bayi yang terbiasa menyusu umumnya memiliki kemampuan mengisap yang kuat. Bayi yang termasuk kelompok ini biasanya tidak akan kesulitan saat mengisap baby cup tipe straw.

Tipe open cup, untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug

Tipe open cup, untuk bayi yang sudah bisa minum dengan mug
Tipe open cup direkomendasikan bagi bayi yang sudah bisa minum dari gelas. Untuk dapat memakai open cup, bayi harus mempunyai kemampuan oromotor yang cukup baik. Artinya, bayi harus sudah bisa mengoordinasikan antara katupan bibir, daya isap, dan gerak lidah.

Berhubung hanya terdiri dari sedikit komponen, Anda akan lebih mudah saat membersihkannya. Meski begitu, jika sampai terjatuh tipe ini akan menumpahkan air minum lebih banyak dibandingkan tipe lainnya. Agar tidak mudah jatuh, pilihlah produk dengan kestabilan mumpuni, misalnya ditambahi karet atau bantalan di bagian bawahnya.

2

Perhatikan kapasitas yang tepat untuk si kecil

Perhatikan kapasitas yang tepat untuk si kecil
Beberapa baby cup di pasaran kapasitasnya di atas 200 ml. Namun, kapasitas seperti ini mungkin sulit digunakan oleh bayi yang masih kecil. Jadi, sebaiknya gunakan baby cup berkapasitas kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa beralih ke ukuran besar seiring pertumbuhan bayi.

Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 150 ml. Dengan ukuran yang kecil ini, Anda juga akan lebih mudah membawanya saat bepergian singkat. Jika Anda akan bepergian dalam waktu lama atau saat cuaca sangat panas, Anda bisa memilih baby cup berkapasitas 200-300 ml.


Kapasitas cup juga dapat membantu Anda memperkirakan kecukupan hidrasi si kecil. Sebagai contoh, anak berusia 12 bulan sebaiknya minum 240 ml atau segelas air. Dengan menggunakan cup yang Anda punya, Anda bisa memperkirakan jumlah minum anak pada hari itu sudah cukup atau belum.

3

Pilih berdasarkan bahannya

Pilih berdasarkan bahannya
Berdasarkan bahan yang dipakai, baby cup umumnya dibagi menjadi bahan plastik, silikon, dan stainless steel dengan sekat vakum. Berikut ini keunggulan dan kekurangan tiap-tiap bahan:

  • Baby cup plastik mudah dipegang dan ringan. Hal tersebut membuat baby cup tipe ini cocok Anda pakai di rumah atau bepergian. Sayangnya, baby cup plastik tidak mampu menjaga suhu di dalamnya tetap panas.

  • Baby cup berbahan silikon dapat melatih bayi untuk menggenggam gelas dengan lebih luwes. Bahan ini juga membuat baby cup tidak mudah rusak saat terjatuh. Namun, beberapa baby cup silikon hanya cocok dipakai di rumah saja alias tidak untuk travelling.

  • Baby cup berbahan stainless steel bisa menahan panas dengan baik. Fungsi tersebut akan lebih maksimal jika baby cup dilengkapi sekat vakum. Akan tetapi, bahan ini lebih berat daripada bahan plastik.

Secara umum, pilihlah bahan yang terjamin aman untuk bayi. Biasanya, banyak merek menyertakan label BPA free sebagai jaminan tersebut.
4

Cari yang dilengkapi gagang untuk merangsang saraf motorik bayi

Cari yang dilengkapi gagang untuk merangsang saraf motorik bayi
Kemudahan memegang baby cup tergantung pada ada tidaknya gagang. Anda bisa memilih baby cup yang memiliki pegangan di kedua sisi untuk bayi yang masih kecil. Kelebihan lainnya baby cup dengan gagang dapat merangsang saraf motorik si kecil. Setelah tumbuh besar dan bisa memegang dengan benar, Anda bisa memberikan baby cup yang tidak memiliki pegangan.
5

Pastikan baby cup tidak gampang bocor dan mudah dibersihkan

Pastikan baby cup tidak gampang bocor dan mudah dibersihkan
Kebanyakan baby cup dirancang agar tidak mudah bocor. Namun, kebocoran bisa terjadi jika baby cup tidak ditutup dengan benar. Jadi, jangan lupa memastikan penutup sudah terpasang dengan benar saat digunakan. Anda juga bisa mencari info tambahan mengenai sifat antibocor melalui review pengguna.


Di samping itu, baby cup adalah peralatan minum untuk bayi sehingga harus selalu dijaga agar tetap bersih. Karena itu, pilihlah baby cup yang mudah dicuci. Pastikan bagian-bagiannya mudah dibuka dan dicuci secara terpisah. Sebagai contoh, baby cup tipe straw terdiri dari banyak komponen sehingga Anda harus mencucinya dengan lebih teliti.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi baby cup terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baby cup terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Dr. Brown's

Natural Flow Baby Bottle

Dr. Brown's Natural Flow Baby Bottle 1

Mulai dari Rp99.500,00

Menengah

Nutrisi ASI lebih terjaga dengan teknologi Internal Vent

2

Sugarbaby

Tritan Sippy Cup 2in1

Sugarbaby Tritan Sippy Cup 2in1 1

Mulai dari Rp153.000,00

Agak Mahal

Material plastik superbening, air minum si kecil jadi lebih terkontrol

3

Pigeon

Mag-Mag All In One Set Slim Neck

Pigeon Mag-Mag All In One Set Slim Neck 1

Mulai dari Rp97.800,00

Menengah

Sangat versatile dengan empat tipe mouthpiece

4

Satu Keluarga

Training Cup Gelas

Satu Keluarga Training Cup Gelas 1

Mulai dari Rp19.500,00

Lebih Murah

Gelas mungil untuk si kecil yang mulai terampil

5

Philips Avent

Spout CupSCF551

Philips Avent Spout Cup 1

Mulai dari Rp119.900,00

Menengah

Sedotan yang aman digigit tanpa merusak gigi anak

6

BenBen

Premium Silicone Cup Set with Straw and Lid

BenBen Premium Silicone Cup Set with Straw and Lid 1

Mulai dari Rp89.000,00

Menengah

Baby cup antitumpah berkat tutup silikonnya yang kencang

7

Lusty Bunny

Training Cup DMM-3012

Lusty Bunny Training Cup  1

Mulai dari Rp60.400,00

Agak Murah

Desain gagang yang unik dan nyaman digenggam bayi

8

Babyqlo

Baby Sippy Cup With StrawBQ-SBT7001

Babyqlo Baby Sippy Cup With Straw 1

Mulai dari Rp110.000,00

Menengah

Cegah banyak udara masuk dengan bandul silikon di ujung sedotan

9

Nuby

Bottle Silicon Med Flow With Straw

Nuby Bottle Silicon Med Flow With Straw 1

Mulai dari Rp229.000,00

Lebih Mahal

Minum susu lebih aman dan nyaman dengan botol silikon bergagang

10

Valueder

Stainless Steel Sippy Cup

Valueder Stainless Steel Sippy Cup 1

Mulai dari Rp188.000,00

Agak Mahal

Bagian dalamnya stainless steel, lebih higienis!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Dr. Brown'sNatural Flow Baby Bottle

Natural Flow Baby Bottle 1
Sumber: drbrownsbaby.com
Harga referensi
Mulai dari Rp99.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp99.500,00
Menengah

Nutrisi ASI lebih terjaga dengan teknologi Internal Vent

Kelebihan:

  • Tersedia dalam tiga pilihan ukuran, mudah disesuaikan dengan usia si kecil
  • Teknologi yang digunakan diklaim dapat meminimalkan risiko kembung dan masuk angin
  • Aliran konstan dan lambat, cocok untuk newborn baby

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai kemampuan antibocornya

Bagi Anda para ibu yang tidak bisa menyusui si kecil secara langsung, botol dot ini dapat menjadi pertimbangan. Dr. Brown's menghadirkan teknologi Internal Vent pada produknya ini. Teknologi tersebut memungkinkan nutrisi ASI terjaga lebih lama dibanding dengan media lainnya.


Hal itu dapat terjadi karena aliran udara dipisahkan dari jalur cairan yang diminum bayi. Selain itu, botol dot ini juga meminimalkan risiko bingung puting berkat aliran alaminya yang menyerupai payudara.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SugarbabyTritan Sippy Cup 2in1

Tritan Sippy Cup 2in1 1
Sumber: shopee.co.id
Tritan Sippy Cup 2in1 2
Sumber: shopee.co.id
Tritan Sippy Cup 2in1 3
Sumber: shopee.co.id
Tritan Sippy Cup 2in1 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp153.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp153.000,00
Agak Mahal

Material plastik superbening, air minum si kecil jadi lebih terkontrol

Kelebihan:

  • Bebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, seperti BPA, PVC, dan phthalates
  • Sedotan terbuat dari silikon yang lembut, aman untuk gusi dan gigi bayi yang baru tumbuh
  • Bodi diklaim tidak mudah pecah dan tutup flip-nya mudah dipencet

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar, kurang cocok untuk bayi di bawah 6 bulan

Tak mengherankan jika produk dari Sugarbaby ini menjadi salah satu favorit. Pasalnya, Tritan Sippy Cup ini menggunakan material plastik yang tak biasa. Dengan bahan plastik Tritan from Eastman, permukaan plastiknya lebih jernih sehingga air minum di dalamnya jadi mudah terkontrol.


Selain itu, desainnya sangat menarik dan pas untuk si kecil yang selalu ingin memegang cup-nya sendiri. Pilihan warna dan gambar karakternya dijamin dapat membuat bayi Anda lebih bersemangat. Selain itu, terdapat tombol buka tutup yang mudah diakses oleh bayi Anda.

No.3

PigeonMag-Mag All In One Set Slim Neck

Mag-Mag All In One Set Slim Neck 1
Sumber: pigeon.co.id
Mag-Mag All In One Set Slim Neck 2
Sumber: shopee.co.id
Mag-Mag All In One Set Slim Neck 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp97.800,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp97.800,00
Menengah

Sangat versatile dengan empat tipe mouthpiece

Kelebihan:
  • Memiliki empat jenis mouthpiece, bisa diubah-ubah sesuai perkembangan bayi
  • Dilengkapi handle untuk membantu anak belajar minum sendiri

Kekurangan:

  • Kapasitasnya tidak dicantumkan, baik di official website maupun official seller

Anda mencari baby cup yang penggunaannya sangat versatile atau ingin digunakan untuk jangka panjang? Tak perlu ragu memilih produk ini. Ketika membeli produk ini Anda akan memperoleh empat jenis mouthpiece, yaitu tipe botol dot, sedotan, open cup, dan spout.


Saat baru belajar, gunakan saja tipe botol dot. Setelah itu, mouthpiece tipe spout, sedotan, dan open cup bisa Anda pasangkan sesuai kecepatan perkembangan si kecil, versatile! Mengingat harganya pun relatif ekonomis, produk ini jadi makin menarik, bukan?
No.4

Satu KeluargaTraining Cup Gelas

Harga referensi
Mulai dari Rp19.500,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp19.500,00
Lebih Murah

Gelas mungil untuk si kecil yang mulai terampil

Kelebihan:

  • Penggunaannya fleksibel, bisa digunakan dalam dua cara (open cup dan straw cup)
  • Warnanya soft dengan detail karakter gajah yang imut sehingga membuat anak-anak makin tertarik menggunakannya

Kekurangan:

  • Sedotan kurang terlindungi dari debu dan kotoran karena tidak berpenutup

Jika bayi Anda mulai tertarik melihat Anda minum dari gelas, coba berikan dia minum menggunakan cup ini. Namun, Anda harus tetap memegang cup-nya, ya. Hal ini supaya air yang mengalir lebih terkontrol dan mencegah anak tersedak.


Open cup ini berbahan plastik dan diklaim kokoh sehingga tidak mudah rusak meski terjatuh. Warnanya yang menarik akan membuat si kecil makin semangat belajar minum. Selain itu, ukurannya pun pas untuk bayi Anda belajar menggenggam.

No.5

Philips AventSpout CupSCF551

Harga referensi
Mulai dari Rp119.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp119.900,00
Menengah

Sedotan yang aman digigit tanpa merusak gigi anak

Kelebihan:
  • Membersihkannya mudah karena semua bagian bisa dicuci dalam dishwasher
  • Bodinya didesain bergelombang agar mudah digenggam oleh tangan anak-anak

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu pilihan ukuran saja

Bayi yang mulai tumbuh gigi bisa gemas untuk menggigiti spout pada baby cup. Hal tersebut bisa mengakibatkan gigi rusak. Selain itu, spout yang digigit juga akan mengalami penurunan fungsi seperti mengurangi volume air yang keluar. Anda pun jadi repot mengganti spout yang rusak.


Karena berbahan silikon, tentu gigi anak Anda lebih aman meski sering menggigitinya. Produk ini cocok diberikan kepada anak yang sudah tumbuh gigi serta mulai aktif menggigit. Miliki produk ini agar Anda tidak repot lagi mengganti spout yang selalu rusak karena digigit si kecil!
No.6

BenBenPremium Silicone Cup Set with Straw and Lid

Harga referensi
Mulai dari Rp89.000,00
Menengah

Baby cup antitumpah berkat tutup silikonnya yang kencang

Kelebihan:

  • Aman digunakan karena sudah lulus standar Amerika Serikat dan Eropa
  • Tahan panas, bisa digunakan untuk menghangatkan susu dalam microwave

Kekurangan:

  • Tidak tersedia informasi mengenai kapasitasnya

Minimalis dan menggemaskan, itulah yang berusaha ditampilkan BenBen dalam produknya ini. Baby cup BenBen ini berbahan silikon premium pada seluruh komponennya. Selain itu, pilihan warna pastelnya sangat nyaman untuk dipandang.


Cup BenBen ini dilengkapi dengan sedotan dan tutup gelas antitumpah. Hal itu akan membantu bayi Anda saat belajar minum. Selain itu, cup ini dapat digunakan dalam dua tipe, yaitu dengan sedotan atau diminum langsung dari gelasnya. Sebuah baby cup yang sangat direkomendasikan untuk bayi 6 bulan ke atas.

No.7

Lusty BunnyTraining Cup DMM-3012

Harga referensi
Mulai dari Rp60.400,00
Agak Murah

Desain gagang yang unik dan nyaman digenggam bayi

Kelebihan:

  • Desain handle yang unik, memudahkan bayi untuk minum mandiri
  • Bisa diminum dengan tiga cara

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi informasi kemampuan antibocor

Siapa yang tak kenal Mickey dan Minnie Mouse? Dua karakter ini merupakan ikon Disney yang digemari siapa saja, terutama anak-anak. Mengusung tema Disney, Lusty Bunny menghadirkan baby training cup dengan sedotan, dot, dan spout silikon yang lembut.


Desainnya sangat unik, terlihat dari gagangnya yang berporos di bawah. Hal ini akan memudahkan si kecil untuk belajar minum secara mandiri. Selain itu, kapasitasnya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan si kecil saat bepergian.

No.8

BabyqloBaby Sippy Cup With StrawBQ-SBT7001

Baby Sippy Cup With Straw 1
Sumber: babyqlo.com
Baby Sippy Cup With Straw 2
Sumber: babyqlo.com
Baby Sippy Cup With Straw 3
Sumber: babyqlo.com
Harga referensi
Mulai dari Rp110.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp110.000,00
Menengah

Cegah banyak udara masuk dengan bandul silikon di ujung sedotan

Kelebihan:

  • Desainnya transparan, mudah mengecek isi minuman di dalamnya
  • Sedotan didesain khusus, minuman tidak akan keluar jika tidak disedot

Kekurangan:

  • Tidak tersedia informasi usia pengguna

Dilihat dari bentuk dan desainnya, sippy cup dari Babyqlo ini sangat pas untuk bayi yang sudah bisa minum dengan sedotan. Pasalnya, di ujung sedotannya terdapat bandul silikon yang mencegah anak tersedak. Selain itu, bandul ini juga mencegah banyaknya udara yang ikut masuk ke mulut bayi.


Produk ini hadir dalam dua pilihan warna menggemaskan, tosca dan pink. Menariknya, bayi Anda bisa diajarkan untuk membuka tutupnya secara mandiri. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol bulatnya dan tutup pun akan terbuka. Bayi Anda pasti akan sangat senang melakukannya!

No.9

NubyBottle Silicon Med Flow With Straw

Bottle Silicon Med Flow With Straw 1
Sumber: ruparupa.com
Bottle Silicon Med Flow With Straw 2
Sumber: shopee.co.id
Bottle Silicon Med Flow With Straw 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp229.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp229.000,00
Lebih Mahal

Minum susu lebih aman dan nyaman dengan botol silikon bergagang

Kelebihan:

  • Desain dotnya antikolik, bayi tidak mudah muntah
  • Bayi dapat minum dari berbagai sudut berkat teknologi 360° weighted straw

Kekurangan:

  • Hanya terdapat satu pilihan warna

Produk yang satu ini datang dari Nuby. Bentuknya sedikit gemuk menggemaskan dan bisa diremas oleh si kecil. Hal ini berkat badan botolnya yang berbahan silikon. Tak perlu takut airnya tumpah karena sekatnya sangat rapat dengan dot berlaju sedang (medium flow).


Botol dot ini cocok untuk bayi yang mulai belajar minum susu dengan mandiri. Pasalnya, produk ini memiliki gagang easy grip di kedua sisi yang sangat pas untuk tangan mungil bayi. Dengan produk ini, transisi ASI ke penggunaan botol dot jadi terasa mudah dan melegakan.

No.10

ValuederStainless Steel Sippy Cup

Stainless Steel Sippy Cup 1
Sumber: shopee.co.id
Stainless Steel Sippy Cup 2
Sumber: shopee.co.id
Stainless Steel Sippy Cup 3
Sumber: shopee.co.id
Stainless Steel Sippy Cup 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp188.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp188.000,00
Agak Mahal

Bagian dalamnya stainless steel, lebih higienis!

Kelebihan:
  • Botol tahan banting, tidak mudah pecah jika terjatuh
  • Bisa menahan suhu hangat lebih lama, memudahkan Anda saat akan membuat susu

Kekurangan:

  • Desain mouthpiece-nya kurang pas digunakan oleh newborn baby 

Bagian luar dan dalam produk ini dibuat dari bahan berbeda. Bagian luarnya dibuat dari bahan yang mampu menjaga suhu minuman tetap terjaga. Sementara, bagian dalamnya berupa gelas stainless steel yang menjaga minuman tetap higienis. Pilihan tepat bila Anda menginginkan baby cup yang sangat mudah dijaga kebersihannya!

Cara mengajarkan anak menggunakan sedotan

Cara mengajarkan anak menggunakan sedotan

Di antara tipe-tipe baby cup, biasanya bayi perlu beradaptasi lebih banyak saat mencoba minum melalui baby cup tipe sedotan. Pasalnya, menyedot memerlukan teknik khusus dan bagi bayi tentu tidak mudah. Untuk memudahkan Anda dan bayi, berikut ini beberapa tips jitu mengajari anak menggunakan sedotan


  • Sebelum memberinya straw cup, latihlah si kecil minum melalui sedotan tanpa botol. Pilih sedotan dengan bahan yang lembut dan aman, seperti silikon atau sedotan kertas.

  • Tutup ujung atas sedotan dengan jari Anda, kemudian celupkan ujung bawahnya ke dalam air. Setelah air mengisi sedotan sedikit, angkat sedotan dan letakkan ujung bawahnya di lidah atau mulut bayi.

  • Lakukan langkah kedua beberapa kali hingga bayi menyesapi air yang keluar dari ujung bawah sedotan.

  • Ketika bayi sudah menyesapi air dari ujung bawah sedotan, itu artinya dia sudah mulai mengerti konsepnya. Jika sudah seperti ini, Anda bisa mulai memberinya minum melalui straw cup.

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan perawatan alat minum bayi di sini

Demi menjaga kesehatan buah hati, kebersihan peralatan minum bayi tentu perlu selalu Anda utamakan. Karena itu, pastikan Anda sudah memiliki berbagai perlengkapan untuk membersihkan baby cup atau botol si kecil. Silakan simak link berikut ini bila Anda memerlukan referensinya.

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan tentang cara memilih baby cup. Kami juga telah merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan?

Baby cup akan membantu bayi menjalani masa transisi dari kebiasaan menyusu menjadi minum di gelas. Makin tepat produk yang Anda pilih, makin cepat pula proses pembelajaran si kecil. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bayi Anda, ya!

5 Rekomendasi Baby Cup terbaik

No. 1: Dr. Brown'sNatural Flow Baby Bottle

No. 2: SugarbabyTritan Sippy Cup 2in1

No. 3: PigeonMag-Mag All In One Set Slim Neck

No. 4: Satu KeluargaTraining Cup Gelas

No. 5: Philips AventSpout CupSCF551

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Baby Cup Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.