10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mungkin sebagian besar dari kita sudah memiliki lemari es utama di dapur. Akan tetapi, menambah kulkas kedua berukuran mini untuk di ruang tamu atau kamar tidur bisa memudahkan Anda ketika ingin menikmati minuman dingin, buah-buahan, dan lainnya. Walaupun ukurannya mini, tentu Anda ingin fungsi dan fiturnya tetap maksimal, bukan?

Berbagai produsen ternama, seperti Toshiba, Panasonic, Polytron, dan sebagainya telah memproduksi bermacam kulkas mini yang bisa menjadi pilihan. Kali ini kami akan memperkenalkan 10 kulkas mini yang direkomendasikan sekaligus membahas cara memilih produk terbaik sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Daftar isi

Alasan mengapa kulkas mini direkomendasikan

Alasan mengapa kulkas mini direkomendasikan

Sebagian orang berpendapat bahwa penggunaan kulkas mini di ruangan selain dapur itu sangat penting. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah pemborosan listrik. Salah satu keuntungan meletakkan kulkas di ruangan yang dekat dengan kita saat beraktivitas adalah alasan kepraktisan. Anda tidak perlu repot-repot memindahkan makanan atau minuman dari dapur ke kamar maupun ruang tamu, misalnya ketika sedang bersantai di ruang keluarga atau ketika menjamu tamu yang datang berkunjung.

Selain itu, kulkas mini juga akan sangat membantu untuk melegakan dahaga saat cuaca panas. Meskipun berada di dalam ruangan, Anda bisa saja merasa kepanasan dan berisiko mengalami dehidrasi. Saat itulah kulkas mini berperan untuk menyediakan minuman segar bagi Anda, baik saat bersantai atau misalnya ketika kehausan di malam hari.

Jika Anda adalah tipe orang yang suka berhemat dan sering membeli berbagai bahan makanan atau kebutuhan dapur saat misalnya ada diskon atau menemukan produk yang murah, bisa jadi lemari es utama Anda akan cepat penuh. Nah, kulkas mini akan menjadi solusi Anda sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Cara memilih kulkas mini

Setelah mengetahui alasan mengapa kulkas mini direkomendasikan, selanjutnya kami akan menjelaskan poin-poin bagaimana cara memilih kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita simak!

Pilih kapasitas dan jumlah pintu kulkas sesuai pemakaian

Kulkas mini yang digunakan biasanya memiliki kapasitas kurang dari 100 liter. Akan tetapi, saat ini ada berbagai jenis kulkas mini yang tersedia di pasaran, mulai dari kulkas mini satu pintu yang lebih compact sampai yang memiliki dua pintu dengan freezer terpisah. Anda bisa menjadikan kapasitas 50 liter dan jumlah pintu yang tersedia sebagai patokan untuk membedakan tipe kulkas yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Kapasitas kurang dari 50 liter dengan 1 pintu, terutama dipakai untuk mendinginkan minuman

Kapasitas kurang dari 50 liter dengan 1 pintu, terutama dipakai untuk mendinginkan minuman

Kulkas mini satu pintu dengan kapasitas 50 liter atau kurang bisa dikatakan hanya dapat digunakan untuk memuat minuman kaleng atau botol secukupnya. Akan tetapi, dengan ukurannya yang compact, kulkas tipe ini mudah diletakkan di kamar tidur atau di ruang baca Anda karena tidak terlalu memakan tempat. Tipe kulkas ini biasanya memiliki freezer di bagian dalamnya. Namun, karena esnya mudah mencair, bagi Anda yang ingin menyimpan berbagai jenis hidangan pencuci mulut, lebih disarankan untuk memilih kulkas dua pintu dengan freezer terpisah.

Kapasitas lebih dari 50 liter dengan 2 pintu, cocok juga untuk menyimpan bahan makanan

Kapasitas lebih dari 50 liter dengan 2 pintu, cocok juga untuk menyimpan bahan makanan

Jika kapasitasnya 50 liter atau lebih, bisa dikatakan bahwa bagian dalam kulkas mini tersebut cukup luas untuk menyimpan berbagai bahan makanan, termasuk yang beku. Karena ukurannya yang tinggi, kulkas mini dengan dua pintu ini mungkin sering dijadikan tempat untuk meletakkan microwave atau barang-barang lainnya. Hal ini berisiko mempersulit pelepasan panas dari kulkas. Jika Anda akan menaruh barang elektronik lain di atasnya, pastikan untuk memilih kulkas mini yang tahan terhadap panas yang mungkin ditimbulkan. Akan tetapi, bisa dikatakan bahwa kulkas ukuran mini dengan dua pintu semacam ini tidak terlalu banyak ditemukan di Indonesia dibandingkan tipe kulkas satu pintu.

Periksa ukuran bodi kulkas dan arah pintu

Periksa ukuran bodi kulkas dan arah pintu

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa dengan ukurannya yang kecil, kulkas mini bisa diletakkan di mana saja. Namun, sangat dianjurkan untuk memperhatikan jarak kulkas dari dinding untuk pelepasan panas, serta ruang yang dibutuhkan saat pintu kulkas dibuka. Periksalah ruang yang tersedia dan pastikan ukurannya mencukupi untuk kulkas yang akan Anda beli.

Karena kulkas mini biasa difungsikan sebagai kulkas tambahan dari kulkas utama, nilai kepraktisannya yang mudah dijangkau merupakan poin yang paling penting. Jika ruang yang tersedia tidak terlalu besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari produk yang ukurannya lebih kecil.

Pertimbangkan suara yang ditimbulkan dari mesin pendingin

Pertimbangkan suara yang ditimbulkan dari mesin pendingin

Sebagian besar lemari es yang digunakan di Indonesia mengadopsi sistem kompresi penguapan dengan efisiensi pendinginan yang tinggi. Namun, produk semacam ini mungkin sulit untuk diletakkan di kamar tidur karena suara bising yang dihasilkan. Ada juga kulkas mini yang bergaya peltier yang menghasilkan suara bising jauh lebih kecil, tetapi tidak terlalu dingin. Jadi, pilihlah metode pendinginan yang tepat berdasarkan pertimbangan tempat meletakkannya.

Selain itu, saat ini sudah ada lemari es dengan kompresi penguapan yang cepat dingin dan didesain tanpa kebisingan suara dan tidak menggunakan kipas. Namun, kelemahannya adalah diperlukan proses pencairan es pada freezer yang mungkin sedikit merepotkan. Jadi, periksalah ulasan dari pengguna lain untuk memastikan kenyamanan penggunaannya.

Pilih yang konsumsi dayanya kecil

Pilih yang konsumsi dayanya kecil

Kulkas mini juga menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Jadi, produk dengan konsumsi daya yang kecil tentunya lebih direkomendasikan. Karena konsumsi daya tahunan biasanya disebutkan pada katalog, pilihlah kulkas mini yang menunjukkan keterangan konsumsi daya kecil.

Namun, kulkas mini dengan ukuran dan kapasitas kecil tidak menjamin bahwa pemakaian dayanya pasti kecil. Jika Anda memprioritaskan pertimbangan tagihan listrik, bandingkanlah ukuran/kapasitas dengan konsumsi daya secara keseluruhan.

Periksalah struktur bagian dalam kulkas

Periksalah struktur bagian dalam kulkas

Kulkas mini memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak banyak sehingga Anda harus memeriksa dengan teliti struktur bagian dalamnya. Meskipun kapasitasnya cukup besar, mungkin saja Anda tidak bisa memasukkan botol minuman atau wadah makanan ke dalamnya karena adanya rak atau laci yang posisinya tidak bisa diubah-ubah.

Selain itu, ada tidaknya rak pada pintu kulkas juga menjadi poin penting yang akan mempengaruhi cara menyusun dan jumlah barang yang bisa dimasukkan. Pastikan untuk mengecek bentuk rak pada pintu kulkas, misalnya apakah bisa menyimpan botol minuman ukuran 2 liter dalam posisi berdiri atau lainnya.

Perhatikan juga desainnya

Perhatikan juga desainnya

Kulkas utama biasanya diletakkan di dapur sehingga lebih sering digunakan dan terlihat oleh anggota keluarga. Beda halnya dengan kulkas mini yang ditempatkan di ruang yang mudah menarik perhatian. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kulkas mini dengan desain yang unik yang bisa memberikan aksen tersendiri pada interior ruangan Anda.

10 Rekomendasi kulkas mini terbaik

Berikut ini adalah 10 produk terbaik yang direkomendasikan, yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mendapatkan kulkas mini terbaik dari kualitas dan ramah terhadap kantong.

10. Polytron PRH-47

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.358.000

Pintu kulkas terbuat dari logam yang tahan lama

Kulkas mini dari Polytron ini memiliki kapasitas 47 liter yang cukup memadai. Rak di bagian pintunya dibagi menjadi dua bagian dan mampu menyimpan botol berukuran tinggi hingga 2 liter. Selain itu, kulkas ini juga sudah dilengkapi baki kecil, cocok untuk Anda yang ingin memisahkan posisi buah atau sayur agar tidak berdempetan dengan bahan makanan lainnya.

Konsumsi daya dari produk ini tidak boros, yaitu 65 watt dengan tegangan 220 volt. Pintu kulkas terbuat dari material logam sehingga tahan digunakan dalam jangka waktu lama. Seperti kulkas mini pada umumnya, produk ini lebih ditujukan untuk fungsi mendinginkan dan freezer-nya lebih mudah mencair.

9. Midea HS-65L

9. Midea HS-65L

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.250.000

Ingin hemat biaya dan energi? Midea jawabannya!

Kulkas mini dari Midea ini memiliki rak yang didesain mampu menyimpan botol minuman ukuran besar pada rak pintunya, pilihan yang tepat bagi Anda yang butuh menyimpan minuman favorit untuk dinikmati bersama keluarga. Dengan menekankan konsep saving energy, kulkas ini hanya menggunakan daya 78 watt saja yang akan sangat membantu menghemat pemakaian listrik Ada.

Kulkas dengan kapasitas 50 liter ini juga dilengkapi rak tambahan di bagian pintunya untuk memudahkan Anda mengatur penyimpanan berbagai makanan maupun minuman. Dengan ukurannya yang compact, produk ini cocok diletakkan pada ruangan yang berukuran tidak terlalu besar misalnya ruang baca atau kamar tidur.

8. Toshiba Glacio XD7 GR-N9P

8. Toshiba Glacio XD7 GR-N9P

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.000.000

Fitur silver ion untuk membunuh bakteri jahat agar makanan tahan lama

Kulkas dari brand Toshiba memang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Toshiba Glacio XD7 GR-N9P ini memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar hingga 70 liter, serta dirancang dengan extra depth sebesar 7 cm sehingga cocok untuk Anda yang butuh menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah lebih banyak.

Selain itu, silver ion yang dimilikinya mampu membunuh bakteri jahat untuk menjamin makanan tahan lebih lama dan tetap segar. Kulkas ini hanya membutuhkan daya 55 watt dan dapat bekerja dengan baik pada tegangan listrik yang tidak stabil. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir dengan risiko tagihan listrik yang membengkak!

7. AQUA Japan AQR-D50F

7. AQUA Japan AQR-D50F

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.450.000

Tetap stabil pada tegangan rendah sekalipun

Kulkas mini dari AQUA Japan ini didesain minimalis dengan tujuan bisa ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu besar. Produk ini juga dilengkapi dengan sistem low voltage running yang mempertahankan fungsi kulkas agar tetap stabil bahkan pada tegangan rendah!

Konsumsi daya 60 watt dan tersedianya fitur full insulation yang mempercepat proses pendinginan, menjadikan produk ini lebih hemat energi dibandingkan kulkas mini biasa. Bagian atas kulkas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai meja sementara, tetapi pastikan untuk tidak meletakkan benda yang terlalu berat atau menimbulkan panas berlebihan.

6. Sharp SJ-50MB WH

6. Sharp SJ-50MB WH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.499.000

Dilengkapi direct cooling system untuk menjamin kesegaran makanan

Sharp hadir dengan berbagai pilihan terbaik untuk setiap produk yang diproduksinya, salah satunya adalah kulkas mini tipe SJ-50MB WH. Kulkas mini ini didesain elegan dengan kapasitas 50 liter yang memadai untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman kesukaan Anda.

Selain itu, kulkas mini dengan satu pintu ini dilengkapi dengan direct cooling system yang menjamin kulkas selalu dingin sehingga dapat menjaga kesegaran makanan yang disimpan di dalamnya. Kulkas mini ini juga dilengkapi dengan freezer yang dapat digunakan untuk menyimpan es krim atau berbagai jenis makanan beku lainnya.

5. Electrolux EUM0500SB-RID

5. Electrolux EUM0500SB-RID

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.538.000

Desain sederhana dan hemat daya? Electrolux jagonya!

Kulkas mini keluaran Electrolux yang sudah ternama ini memiliki kapasitas 46 liter dengan pemakaian daya 50 watt saja! Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat tagihan listrik untuk pemakaian kulkas kedua. Akan tetapi, produk ini masih menggunakan sistem manual defrost sehingga Anda harus secara rutin membersihkan freezer agar bunga es tidak menumpuk.

Desainnya sendiri terbilang sederhana yang dilengkapi dengan pegangan tersembunyi atau dikenal dengan istilah recess handle. Karena kulkas ini tidak memiliki roda, ada baiknya jika letak kulkas tidak diubah-ubah karena Anda harus mengangkatnya sendiri atau menggunakan alat bantu untuk memindahkannya.

4. Sanken SN-118KEG

4. Sanken SN-118KEG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Suhu lebih cepat dingin dan makanan tetap terjaga kesegarannya

Kulkas mini dari brand Sanken ini didesain elegan dan dilengkapi fitur direct cooling system yang mampu menjaga kesegaran makanan lebih lama. Bentuk handle untuk pegangan pada bagian pintunya akan memudahkan Anda saat membuka pintu kulkas. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan fitur 4D Air Flow yang memastikan udara dingin tersebar merata.

Kulkas Sanken ini lebih cepat dingin dan stabil dengan rata-rata running ratio 36% yang menjadikannya lebih hemat energi. Anda juga tidak perlu khawatir makanan dan minuman akan rusak walaupun disimpan lama karena kulkas ini dilengkapi PVC gasket yang antibakteri.

3. Daewoo DFR-64H

3. Daewoo DFR-64H

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Dilengkapi pengontrol suhu yang menjamin kesegaran isi kulkas

Kulkas mini dari Daewoo ini memiliki kapasitas cukup besar, yaitu 60 liter yang bisa menampung berbagai jenis makanan dan minuman kebutuhan Anda. Kulkas ini juga dilengkapi dengan pengontrol suhu sehingga Anda dapat mengatur suhu sesuai dengan keinginan.

Selain itu, kaki-kakinya dapat diatur agar ketinggian kulkas bisa rata menyesuaikan dengan permukaan tempat meletakkannya dan juga bisa didorong dengan mudah, sangat praktis untuk Anda yang sering memindah-mindahkan posisi kulkas di ruangan. Rak pada pintu kulkas juga dilengkapi dengan penahan dan dapat diisi dengan botol sampai ukuran 2 liter.

2. GEA RS-06DR

2. GEA RS-06DR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.150.000

Pintu kulkas dengan bahan stainless steel yang memberikan kesan elegan

GEA kulkas mini kini hadir dengan kemewahan yang didukung dengan teknologi berkualitas. Pintu dari kulkas ini terbuat dari stainless steel yang kuat, awet, dan tidak mudah karatan, serta memberikan kesan elegan pada ruangan Anda. Selain itu, Kulkas ini juga bebas dari CFC sehingga dapat mengurangi emisi karbon dioksida yang bisa merusak ozon bumi.

Salah satu keunggulan dari kulkas ini adalah arah pintu bisa diganti disesuaikan dengan letaknya di dalam ruangan. Rak pintu pada kulkas juga bisa diisi dengan minuman hingga 2 liter, cocok untuk menyimpan minuman yang bisa disajikan untuk dinikmati beramai-ramai dengan keluarga atau teman-teman Anda.

1. Panasonic NR-AK5ED

1. Panasonic NR-AK5ED

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.599.000

Stabil terhadap tegangan listrik yang naik turun

Kulkas mini dari Panasonic cool series dilengkapi dengan running ratio 50%, yang artinya hanya membutuhkan daya listrik setengah dari pemakaian sebenarnya! Daya yang dibutuhkan pun hanya 65 watt saja, sangat tepat bagi Anda yang ingin menghemat tagihan listrik.

Dengan teknologi double rotation comporessor, kulkas ini lebih tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil sehingga tergolong handal dan tahan lama. Warnanya yang elegan juga menjadikannya cocok diletakkan di ruang keluarga sambil menikmati makanan dan minuman kesukaan bersama.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda menemukan kulkas mini sesuai dengan yang Anda butuhkan? Pilihlah kulkas mini yang paling tepat dengan memperhatikan berbagai poin-poin yang sudah dibahas sebelumnya pada artikel ini. Dapatkan kulkas mini terbaik yang bisa mempercantik ruangan tanpa menghabiskan tempat terlalu banyak, hemat listrik, dan yang paling penting bisa menjamin kesegaran dari makanan dan minuman untuk Anda nikmati!