• 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dewasa ini, Anda dapat membeli kulkas yang berukuran kurang dari 100 liter. Anda akan menemukan kulkas mini, seperti kulkas satu pintu, kulkas yang dilengkapi peredam kebisingan, atau berdaya listrik kecil. Apakah Anda jadi bingung dalam menentukan pilihan?


Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan berbagai kulkas mini yang bagus di dalam artikel ini. Anda akan menemukan produk dari merek ternama, seperti Panasonic, Electrolux, GEA, dan sebagainya. Simaklah dengan baik beberapa tips dari kami untuk menemukan kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2021
  • 123.159 Views
Daftar isi

Kenyamanan menggunakan kulkas mini

Kenyamanan menggunakan kulkas mini

Kulkas mini adalah kulkas kecil yang berukuran kurang dari 100 liter. Umumnya, kulkas mini ini digunakan sebagai kulkas tambahan dan diletakkan di ruangan lain selain dapur. Kehadiran kulkas ini sangat membantu karena Anda bisa mengambil minuman dan snack dengan mudah tanpa perlu ke dapur.


Anda dapat memanfaatkannya dengan meletakkan di ruang tamu untuk menemani waktu santai atau saat menjamu tamu. Anda pun bisa menaruhnya di dalam kamar untuk mempermudah mengatasi dahaga saat cuaca panas sembari beristirahat.


Kulkas mini juga sangat sesuai bagi Anda yang tinggal sendiri, memiliki dapur kecil, atau untuk penggunaan di kantor. Selain tidak membutuhkan ruang yang luas, kulkas mini memiliki harga yang lebih terjangkau. Apabila Anda ingin meningkatkan kenyamanan, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli kulkas mini.

Cara memilih kulkas mini

Setelah mengetahui alasan kami merekomendasikan kulkas mini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara memilih produk yang tepat. Simaklah cara memilih kulkas mini dan usahakan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan Anda

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih kapasitas kulkas sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jika hendak menggunakannya sebagai kulkas kedua dan diletakkan di kamar atau ruang tamu, pilihlah kapasitas sekitar 50 liter. Selain tidak banyak memakan tempat, ukuran tersebut sangat cocok untuk menyimpan minuman dan sedikit makanan.


Jika Anda hidup sendiri, kapasitas 50–100 liter sudah mencukupi untuk dimanfaatkan sebagai kulkas utama di samping kulkas kedua. Terlebih, bagi Anda yang jarang memasak sendiri dan lebih sering membeli makanan di luar. Namun, jika Anda ingin memenuhi keperluan sendiri dengan menyimpan makanan, kulkas berkapasitas di atas 100 liter bisa dipertimbangkan.

Pilih kulkas yang dilengkapi freezer

Kulkas mini identik dengan kulkas satu pintu. Akan tetapi, sebenarnya terdapat kulkas mini yang dilengkapi dengan dua pintu terpisah. Tipe ini umumnya memiliki freezer di dalamnya yang mampu membekukan makanan. Sayangnya, saat ini jarang ditemukan kulkas mini dengan dua pintu di pasar Indonesia.


Meskipun begitu, Anda dapat menemukan kulkas mini satu pintu yang dilengkapi kompartemen freezer. Kulkas mini dengan freezer berukuran kecil tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat es batu. Bahkan, beberapa produk juga ada yang menawarkan lengkap dengan ice tray-nya. 

Perhatikan kesesuaian tempat pemasangan dengan model kulkas

Selain mempertimbangkan ukuran, hal penting lain untuk diperhatikan adalah kesesuaian tempat pemasangan dan model kulkas pilihan Anda. Untuk itu, pertimbangkanlah beberapa poin berikut ini supaya Anda mendapatkan kulkas yang paling ideal.

Arah bukaan pintu, memengaruhi kenyamanan buka tutup kulkas

Arah bukaan pintu, memengaruhi kenyamanan buka tutup kulkas

Apabila ruang yang tersedia terbatas, Anda perlu memperhatikan arah bukaan pintu kulkas. Kulkas akan sulit digunakan jika pada arah bukaan pintu terdapat furnitur atau dinding. Usahakanlah arah bukaan pintu tidak membelakangi sofa atau tempat tidur. Posisi tersebut mungkin akan menyulitkan Anda saat ingin mengambil minum dalam posisi berbaring.


Kebanyakan produk yang beredar adalah kulkas dengan arah bukaan pintu ke kanan. Di sisi lain, terdapat kulkas mini yang bisa diubah arah bukaan pintunya atau bahkan bisa dibuka dalam dua arah. Jika Anda kidal, Anda bisa mempertimbangkan produk demikian.

Kulkas dengan desibel rendah, minim suara bising

Kulkas dengan desibel rendah, minim suara bising

Sebagian besar kulkas yang digunakan di Indonesia mengadopsi sistem kompresi penguapan dengan efisiensi pendinginan yang tinggi. Namun, produk semacam ini mungkin sulit untuk diletakkan di kamar tidur karena suara bising yang dihasilkan. 


Ada juga kulkas mini bergaya peltier dengan suara yang tidak terlalu bising, tetapi suhunya tidak terlalu dingin. Jadi, pilihlah metode pendinginan yang tepat berdasarkan pertimbangan tempat peletakannya.


Saat ini sudah ada kulkas dengan kompresi penguapan yang cepat dingin tanpa kebisingan suara dan tidak menggunakan kipas. Namun, kelemahannya adalah diperlukan waktu dalam proses pencairan es pada freezer. Hal tersebut mungkin akan sedikit merepotkan Anda.


Sebagai panduan, Anda dapat memilih kulkas yang tergolong sunyi dengan tingkat kebisingan di bawah 30 desibel. Namun, berhubung informasi ini jarang dicantumkan, Anda bisa mencari info tambahan dari review pengguna.

Jarak kulkas dengan area yang tersedia, memengaruhi pembuangan panas

Jarak kulkas dengan area yang tersedia, memengaruhi pembuangan panas

Meskipun ukurannya kecil, periksalah kesesuaian ukuran kulkas dengan area yang tersedia. Berhubung kulkas mengeluarkan panas, alangkah baiknya jika Anda tidak meletakkan kulkas menempel pada dinding. 


Banyak orang berpikir kulkas mini bisa ditaruh di mana saja karena ukurannya yang kecil. Namun, Anda tetap harus menyisakan jarak yang pas agar kulkas bisa mengeluarkan panas.


Jarak yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung dari tiap-tiap produk. Sebagai panduan, Anda bisa memberi jarak 5 cm pada sisi kanan, kiri, atas, dan belakang kulkas. Keberadaan kulkas mini sebagai tambahan tentu akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Namun, pertimbangkanlah ukuran kulkas yang lebih kecil jika Anda tidak memiliki area yang cukup untuk meletakkannya.

Bagian atas kulkas yang tahan panas, bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan tambahan

Bagian atas kulkas yang tahan panas, bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan tambahan

Bagian atas kulkas mini cenderung menjadi ruang yang tidak dapat digunakan. Jika Anda ingin memaksimalkan ruang sempit, cobalah untuk mempertimbangkan kulkas dengan pelat atas yang tahan panas. Jika bagian atas kulkas tahan panas, Anda dapat menempatkan microwave di atasnya. Pengaturan yang demikian tentu sangat cocok untuk area dapur yang kecil.


Sebetulnya, Anda memang tidak disarankan meletakkan barang di atas kulkas apabila bagian atasnya tidak tahan panas. Namun, dengan melapisi bagian atas kulkas menggunakan kain, Anda bisa menaruh sedikit barang di atasnya.


Selanjutnya, perhatikanlah desain kulkas apabila Anda ingin meletakkan kulkas di ruang yang mudah terlihat, misalnya ruang tamu. Pemilihan model yang tepat dapat mempercantik tampilan ruangan. Jadi, pertimbangkanlah kesesuaian desain kulkas dengan furnitur lainnya di ruangan tersebut.

Periksa struktur bagian dalam kulkas

Kulkas mini memiliki kapasitas yang kecil sehingga lebih baik Anda memeriksa struktur bagian dalamnya sebelum menentukan pilihan. Hal khusus yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa adanya rak di pintu. Rak tersebut dapat digunakan untuk menyimpan minuman yang telah terbuka atau tidak dapat disimpan dalam posisi tidur.


Selain itu, periksalah rak dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan atau tidak. Jika rak tidak dapat diubah, Anda akan kesulitan dalam menyimpan botol atau wadah yang tinggi. Pastikan untuk mengecek bentuk rak pada pintu kulkas. Perhatikanlah apakah rak bisa menyimpan botol minuman ukuran 2 liter dalam posisi berdiri atau tidak.

Carilah kulkas dengan konsumsi daya kecil

Carilah kulkas dengan konsumsi daya kecil

Kulkas mini tentunya akan Anda hidupkan selama 24 jam penuh. Jadi, periksalah konsumsi daya yang dibutuhkan jika Anda ingin menghemat listrik dan biaya operasional. Ukurannya yang kecil tidak menjamin pemakaian dayanya juga kecil. Hal ini tergantung dari tiap-tiap produk dan penggunaannya. Malah, ada kemungkinan pemakaian daya kulkas kecil lebih besar dibanding kulkas besar.


Biasanya, konsumsi listrik tahunan kulkas mini sekitar 100–200 kWh. Namun, apabila Anda khawatir tagihan listrik membengkak, kami sarankan untuk memilih kulkas dengan konsumsi listrik lebih kecil. Untuk itu, cobalah membandingkan ukuran atau kapasitas kulkas dengan daya secara keseluruhan jika tagihan listrik menjadi pertimbangan Anda.

10 Rekomendasi kulkas mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulkas mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
Kapasitas/jumlah pintu50 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm
Konsumsi daya65 watt
Kompartemen freezer
9
Kapasitas/jumlah pintu47 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi38,9 cm  x 42 cm x 47,8 cm
Konsumsi daya65 watt
Kompartemen freezer
8

ElectroluxPortable Refrigerator

EUM0500SB-RID

Mulai dari Rp 1.750.000,00

Kapasitas/jumlah pintu46 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi49,6 cm x 47,4 cm x 44,7 cm
Konsumsi daya50 watt
Kompartemen freezer
7
Kapasitas/jumlah pintu45 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi47,2 cm x 49,2 cm x 45 cm
Konsumsi daya75 watt
Kompartemen freezer
6

AQUA JapanKulkas 1 Pintu AQR-D50F

Mulai dari Rp 1.599.000,00

Kapasitas/jumlah pintu47 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi47,3 cm × 48,3 cm × 48 cm
Konsumsi daya60 watt
Kompartemen freezer
5
Kapasitas/jumlah pintu50 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi44,2 cm x 46,5 cm x 49 cm
Konsumsi daya70 watt
Kompartemen freezer
4
Kapasitas/jumlah pintu50 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)
Rak pintu
Dimensi47 cm × 45 cm × 49 cm
Konsumsi daya75 watt
Kompartemen freezer
3
Kapasitas/jumlah pintu4 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi14 cm x 14 cm x 21 cm (dalam)・25 cm x 23 cm x 26 cm (luar)
Konsumsi daya30–48 watt
Kompartemen freezerx
2
Kapasitas/jumlah pintu50 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuTidak ada keterangan
Rak pintu
Dimensi47,4 cm x 44,7 cm x 49,6 cm
Konsumsi daya50 watt
Kompartemen freezer
1

GEA Mini Bar Refrigerator For Hotel

RS-06DR

Mulai dari Rp 1.095.000,00

Kapasitas/jumlah pintu46 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)
Rak pintu
Dimensi43,9 cm × 47 cm × 51 cm
Konsumsi daya50 watt
Kompartemen freezer

Tabel perbandingan produk kulkas mini terbaik

Gambar produk
1
GEA  Mini Bar Refrigerator For Hotel 1

GEA

2
CHANGHONG CBC 50 1

CHANGHONG

3
Kulkas Mini Hot Cool Portable 1

4
Midea Kulkas Mini Portable HS-65L 1

Midea

5
SANKEN SN-118KEG 1

SANKEN

6
AQUA Japan Kulkas 1 Pintu AQR-D50F 1

AQUA Japan

7
SHARP SJ-50MB-XW 1

SHARP

8
Electrolux Portable Refrigerator  1

Electrolux

9
Polytron PRH-47 W 1

Polytron

10
Panasonic NR-AK5ED-HPP 1

Panasonic

Nama produk

Mini Bar Refrigerator For Hotel

CBC 50

Kulkas Mini Hot Cool Portable

Kulkas Mini Portable HS-65L

SN-118KEG

Kulkas 1 Pintu AQR-D50F

SJ-50MB-XW

Portable Refrigerator

PRH-47 W

NR-AK5ED-HPP

Keunggulan

Material yang tahan banting dan dilengkapi kunci agar lebih aman

Suhu bisa diatur hingga minus 7 derajat, es krim pun tersimpan aman

Kulkas portable yang cocok dibawa piknik!

Ubah arah bukaan pintu kulkas sesuai kebutuhan Anda!

Mampu menyimpan makanan dalam jangka waktu lebih panjang

Juaranya menjaga kestabilan suhu di dalam kulkas

Berkat fitur fast freezing, makanan dan minuman lebih cepat dinginnya!

Tampilannya elegan, cocok menemani kehadiran tamu spesial

Dengan teknologi humidity control crisper, kesegaran sayur dan buah lebih terjaga

Tegangan listrik tidak stabil? No more worries!

Harga mulai dariRp 1.095.000,00Rp 1.065.000,00Rp 375.000,00Rp 1.399.000,00Rp 1.500.000,00Rp 1.599.000,00Rp 1.375.000,00Rp 1.750.000,00Rp 1.314.000,00Rp 1.600.000,00
Kapasitas/jumlah pintu46 liter/1 pintu50 liter/1 pintu4 liter/1 pintu50 liter/1 pintu50 liter/1 pintu47 liter/1 pintu45 liter/1 pintu46 liter/1 pintu47 liter/1 pintu50 liter/1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)Tidak ada keteranganKananKanan atau kiri (dapat diubah)KananKananKananKananKananKanan
Rak pintu
Dimensi43,9 cm × 47 cm × 51 cm47,4 cm x 44,7 cm x 49,6 cm14 cm x 14 cm x 21 cm (dalam)・25 cm x 23 cm x 26 cm (luar)47 cm × 45 cm × 49 cm44,2 cm x 46,5 cm x 49 cm47,3 cm × 48,3 cm × 48 cm47,2 cm x 49,2 cm x 45 cm49,6 cm x 47,4 cm x 44,7 cm38,9 cm  x 42 cm x 47,8 cm48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm
Konsumsi daya50 watt50 watt30–48 watt75 watt70 watt60 watt75 watt50 watt65 watt65 watt
Kompartemen freezerx
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini

Selain kulkas mini, ada pula kulkas jenis lainnya yang dapat digunakan dalam berbagai situasi sepanjang tahun. Spesial untuk Anda, kami sudah mengumpulkan beberapa tautan berisikan rekomendasi produk terbaiknya. Ada kulkas portable, kulkas satu pintu, ataupun kulkas berkapasitas 200 liter yang bisa Anda pilih. Selamat mencari kulkas terbaik pilihan!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, kami harap Anda dapat menentukan pilihan kulkas yang paling tepat. Pastikan kulkas pilihan Anda memiliki desain yang cantik, ukuran yang sesuai dengan ruang penyimpanan, dan hemat listrik.


Selain itu, dapatkan kulkas yang dapat Anda andalkan untuk menyimpan makanan dan minuman favorit. Lebih lanjut, karena kulkas ini cenderung diletakkan di ruang pribadi, Anda dapat menambahkan ornamen, seperti magnet kulkas untuk mempercantiknya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini cukup populer dan sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Model dan mereknya pun beragam mulai dari Sharp, Cosmos, Philips, Oxone, dan lain-lain. Karena banyaknya ukuran dan fungsi yang tersedia, Anda perlu berhati-hati ketika memilihnya.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan tips memilih blender yang baik dan perbedaannya dengan produk serupa. Selanjutnya, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk blender terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, simak terus sampai akhir, ya!
    Aksesori dapur
    130.438 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas Besar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik yang Berkapasitas Besar (Terbaru Tahun 2021)
    Kapasitas kulkas yang besar dapat membuat Anda menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Untuk itu, kulkas ini cocok bagi Anda yang suka memasak dan ingin lebih berhemat. Anda yang memiliki anggota keluarga banyak juga pasti akan membutuhkannya. Pastikan Anda jeli ketika memilih di antara beragamnya kulkas berkapasitas besar yang ada di pasaran.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kulkas berkapasitas besar untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk kulkas terbaik keluaran Samsung, Hitachi, LG, dan sebagainya. Simaklah dan temukan produk yang paling sesuai untuk Anda!
    Aksesori dapur
    56.455 Views
  • 10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teko listrik bermanfaat saat Anda ingin merebus air dalam jumlah sedikit dengan waktu singkat. Karena sumber energinya adalah listrik, teko ini terbilang lebih aman dibandingkan memasak air menggunakan gas. Dewasa ini, teko listrik banyak dilirik tidak hanya karena fungsinya, tetapi juga karena desainnya yang menarik.Ada berbagai merek teko listrik yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Maspion, SHARP, De’Longhi, dan lainnya. Nah, agar Anda tidak pusing lagi, mari cari tahu cara memilih teko yang tepat melalui artikel ini. Tengok juga rekomendasi produknya dan pilih yang paling menarik hati Anda!
    Aksesori dapur
    45.404 Views
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Napkin atau serbet cantik di atas piring ibarat bunga centerpiece di meja makan. Napkin yang dilipat akan terlihat menarik di atas piring Anda, apalagi jika motifnya indah dan berbahan linen lembut. Untuk acara spesial, napkin kertas bermotif elegan juga mampu memperindah meja buffet.Untuk Anda yang sedang mencari napkin, baik untuk keperluan dinner maupun sebagai konten properti foto, silakan simak artikel ini. Kami akan mengulas sepuluh merek napkin yang bagus, seperti Pompon Studio, mnw.curated, hingga IKEA. Yuk, buat meja dan peralatan makan Anda lebih berwarna dengan napkin cantik!
    Aksesori dapur
    10.114 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat cuaca panas, minuman dingin dengan es batu merupakan pilihan menyegarkan. Namun, terkadang kulkas hanya dapat membuat es batu berjumlah terbatas. Apabila Anda menggunakan es batu dalam jumlah banyak, saatnya Anda pertimbangkan untuk membeli mesin pembuat es batu.Kali ini, kami akan menjelaskan tips penting dalam memilih mesin pembuat es batu. Setelahnya, kami juga merekomendasikan berbagai produk terbaiknya untuk Anda dari merek Fomac, Hicon, Tomori, dan lainnya. Yuk, kita simak bersama!
    Aksesori dapur
    53.242 Views
  • 10 Rekomendasi Wadah Kopi (Coffee Canister) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wadah Kopi (Coffee Canister) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Coffee canister adalah sebuah wadah yang difungsikan untuk menyimpan biji atau bubuk kopi. Ketika disimpan dalam tempat kopi khusus, kualitas dan rasa biji kopi kesukaan Anda akan terjaga dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa menikmati dan menyajikan kopi dengan rasa yang baik pula.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih wadah kopi (coffee canister) terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas beberapa wadah kopi berkualitas baik, seperti merek Hario, KINTO, Uchii, dan Fellow. Simak terus artikel ini sampai akhir untuk menemukan tempat kopi yang paling pas bagi Anda!
    Aksesori dapur
    6.704 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori