• 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dewasa ini, Anda dapat membeli kulkas yang berukuran kurang dari 100 liter. Anda akan menemukan beragam tipe kulkas mini, seperti kulkas satu pintu, kulkas yang dilengkapi peredam kebisingan, atau berdaya listrik kecil. Apakah Anda jadi bingung dalam menentukan pilihan?


Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan berbagai kulkas mini terbaik, seperti keluaran Sanken, Panasonic, Electrolux, dan sebagainya. Simaklah beberapa tips dari kami untuk menemukan kulkas mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 14 Januari 2020
  • 62.585 Views
Daftar isi

Kenyamanan menggunakan kulkas mini

Kulkas mini adalah kulkas kecil yang berukuran kurang dari 100 liter. Umumnya, kulkas mini ini digunakan sebagai kulkas tambahan dan biasa diletakkan di ruangan lain selain dapur. Kehadiran kulkas ini sangat membantu karena Anda bisa mengambil minuman dan snack dengan mudah tanpa perlu ke dapur.


Anda juga dapat memanfaatkannya dengan meletakkan di ruang tamu untuk menemani waktu santai atau saat menjamu tamu. Anda pun bisa menaruhnya di dalam kamar untuk mempermudah mengatasi dahaga saat cuaca panas sembari beristirahat.


Kulkas mini juga sangat sesuai bagi Anda yang tinggal sendiri, memiliki dapur kecil, atau untuk penggunaan di kantor. Selain itu, kulkas mini tidak membutuhkan ruang yang luas dan harganya lebih terjangkau. Apabila Anda ingin meningkatkan kenyamanan, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli kulkas mini ini.

Cara memilih kulkas mini

Setelah mengetahui alasan kami merekomendasikan kulkas mini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara memilih produk yang tepat. Simaklah cara memilih kulkas mini dan usahakan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih kapasitas kulkas yang sesuai dengan penggunaan

Pilih kapasitas kulkas yang sesuai dengan penggunaan

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih kapasitas kulkas sesuai dengan yang Anda butuhkan. Apabila Anda hendak menggunakannya sebagai kulkas kedua dan diletakkan di kamar atau ruang tamu, pilihlah kapasitas sekitar 50 liter. Selain tidak banyak memakan tempat, ukuran tersebut sangat cocok untuk menyimpan minuman dan sedikit makanan.


Jika Anda hidup sendiri, kapasitas 50-100 liter sudah mencukupi untuk dimanfaatkan sebagai kulkas utama di samping kulkas kedua. Terlebih, bagi Anda yang jarang memasak sendiri dan lebih sering membeli makanan di luar. Namun, apabila Anda ingin memenuhi keperluan sendiri dengan menyimpan makanan, lebih baik memilih kulkas berkapasitas di atas 100 liter.

Pilih kulkas dua pintu apabila Anda ingin menggunakan freezer

Pilih kulkas dua pintu apabila Anda ingin menggunakan freezer

Kulkas mini identik dengan kulkas satu pintu. Akan tetapi, sebenarnya terdapat kulkas mini yang dilengkapi dengan dua pintu terpisah. Pada tipe ini, Anda dapat menemukan kompartemen freezer.


Pada dasarnya, kulkas mini hanya berfungsi untuk mendinginkan saja, tetapi tidak untuk membekukan makanan. Meskipun beberapa produk di atasnya dilengkapi dengan ice tray, Anda tidak bisa menyimpan makanan beku di dalamnya. Oleh karena itu, pilihlah kulkas dengan dua pintu terpisah apabila Anda ingin menyimpan es krim atau makanan beku lainnya. Namun, saat ini jarang ditemukan kulkas mini dengan dua pintu di pasar Indonesia.

Pertimbangkan jarak pembuangan panas saat memilih ukuran kulkas

Pertimbangkan jarak pembuangan panas saat memilih ukuran kulkas

Meski ukurannya kecil, periksalah kesesuaian ukuran kulkas dengan area yang tersedia. Berhubung kulkas mengeluarkan panas, alangkah baiknya apabila Anda tidak meletakkan kulkas menempel pada dinding. Banyak orang berpikir kulkas mini bisa ditaruh di mana saja karena ukurannya yang kecil. Namun, Anda tetap harus menyisakan jarak yang pas agar kulkas bisa mengeluarkan panas.


Jarak yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung dari masing-masing produk. Sebagai panduan, Anda bisa memberi jarak 5 cm pada sisi kanan, kiri, atas, dan belakang kulkas. Keberadaan kulkas mini sebagai tambahan tentu akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Akan tetapi, pertimbangkanlah ukuran kulkas yang lebih kecil sekiranya Anda tidak memiliki area yang cukup untuk meletakkannya.

Perhatikan kesesuaian tempat pemasangan dengan model kulkas

Selain mempertimbangkan ukuran, hal penting lain untuk diperhatikan adalah kesesuaian tempat pemasangan dan model kulkas pilihan Anda. Untuk itu, pertimbangkanlah beberapa poin berikut ini supaya Anda mendapatkan kulkas yang paling ideal.

Untuk penggunaan optimal, periksalah arah bukaan pintu

Untuk penggunaan optimal, periksalah arah bukaan pintu

Apabila ruang yang tersedia terbatas, penting bagi Anda untuk memperhatikan arah bukaan pintu kulkas. Kulkas tentu akan sulit digunakan bila pada arah bukaan pintu terdapat furnitur atau dinding. Selain itu, usahakan arah bukaan pintu tidak membelakangi sofa atau tempat tidur. Posisi tersebut mungkin akan menyulitkan Anda saat ingin mengambil minum dalam posisi berbaring.


Berhubung fungsi utama kulkas mini adalah meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan, tentu penting untuk mengecek hal ini. Kebanyakan produk yang beredar adalah kulkas dengan arah bukaan pintu ke kanan. Ada juga kulkas mini yang bisa diubah arah bukaan pintunya atau bahkan bisa dibuka ke dua arah. Jika Anda kidal, Anda bisa mempertimbangkan produk demikian.

Pertimbangkan suara yang ditimbulkan oleh kulkas mini

Pertimbangkan suara yang ditimbulkan oleh kulkas mini

Sebagian besar kulkas yang digunakan di Indonesia mengadopsi sistem kompresi penguapan dengan efisiensi pendinginan yang tinggi. Namun, produk semacam ini mungkin sulit untuk diletakkan di kamar tidur karena suara bising yang dihasilkan. Ada juga kulkas mini yang bergaya peltier yang menghasilkan suara bising jauh lebih kecil, tetapi tidak terlalu dingin. Jadi, pilihlah metode pendinginan yang tepat berdasarkan pertimbangan tempat peletakannya.


Selain itu, saat ini sudah ada kulkas dengan kompresi penguapan yang cepat dingin tanpa kebisingan suara dan tidak menggunakan kipas. Namun, kelemahannya adalah diperlukan waktu dalam proses pencairan es pada freezer. Hal tersebut mungkin akan sedikit merepotkan Anda.


Sebagai panduan, Anda dapat memilih kulkas yang tergolong sunyi dengan tingkat kebisingan di bawah 30 desibel. Namun, berhubung informasi ini jarang dicantumkan, Anda bisa mencari info tambahan dari review pengguna.

Periksa struktur bagian dalam kulkas

Periksa struktur bagian dalam kulkas

Kulkas mini memiliki kapasitas yang kecil sehingga lebih baik Anda memeriksa struktur bagian dalamnya sebelum menentukan pilihan. Hal khusus yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa adanya rak di pintu. Rak tersebut dapat digunakan untuk menyimpan minuman yang telah terbuka atau tidak dapat disimpan dalam posisi tidur.


Selain itu, periksalah apakah rak tersebut dapat dibongkar-pasang sesuai kebutuhan. Jika rak tidak dapat diubah, Anda akan kesulitan dalam menyimpan botol minuman atau wadah yang besar. Pastikan untuk mengecek bentuk rak pada pintu kulkas, misalnya bisa menyimpan botol minuman ukuran 2 liter dalam posisi berdiri atau lainnya.

Pilih kulkas dengan konsumsi daya kecil

Pilih kulkas dengan konsumsi daya kecil

Kulkas mini tentunya akan Anda hidupkan selama 24 jam penuh. Oleh karena itu, periksalah konsumsi daya yang dibutuhkan jika Anda khawatir dengan biaya operasionalnya. Ukurannya yang kecil tidak menjamin bahwa pemakaian dayanya juga kecil. Hal ini tergantung dari masing-masing produk dan penggunaannya. Malah, ada kemungkinan pemakaian daya kulkas kecil lebih besar dibanding kulkas besar.


Biasanya, konsumsi listrik tahunan kulkas mini sekitar 100-200 kWh. Namun, apabila Anda khawatir tagihan listrik membengkak, kami sarankan untuk memilih kulkas dengan konsumsi listrik lebih kecil. Untuk itu, cobalah membandingkan ukuran atau kapasitas kulkas dengan daya secara keseluruhan jika tagihan listrik menjadi pertimbangan Anda.

Pilih bagian atas kulkas yang tahan panas untuk area penyimpanan tambahan

Bagian atas kulkas mini cenderung menjadi ruang yang tidak dapat digunakan. Jika Anda ingin memaksimalkan ruang sempit, cobalah untuk mempertimbangkan kulkas dengan pelat atas yang tahan panas. Apabila bagian atas kulkas tahan panas, Anda dapat menempatkan oven microwave di atasnya. Pengaturan yang demikian tentu sangat cocok untuk area dapur yang kecil.


Kulkas yang demikian juga dapat Anda gunakan sebagai pemanis desain interior rumah Anda. Terutama apabila kulkas diletakkan di kamar tidur atau ruang tamu. Memang, sebaiknya Anda tidak meletakkan barang di atas kulkas apabila bagian atasnya tidak tahan panas. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan melapisi atas kulkas menggunakan kain. Anda pun jadi bisa memanfaatkannya untuk menaruh sedikit barang, tetapi tidak untuk oven yang panas, ya!


Selanjutnya, perhatikanlah desain kulkas apabila Anda ingin meletakkan kulkas mini di ruang yang mudah terlihat. Pemilihan model yang tepat dapat mempercantik tampilan ruangan. Jadi, pertimbangkanlah kesesuaian desain kulkas dengan furnitur lainnya di ruangan tersebut.

10 Rekomendasi kulkas mini terbaik

Simaklah rekomendasi sepuluh produk kulkas mini terbaik berikut ini. Temukanlah rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Kapasitas / jumlah pintu70 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi70 cm x 63 cm x 62 cm
Konsumsi daya55 watt
9
Kapasitas / jumlah pintu47 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi38,9 cm  x 42 cm x 47,8 cm
Konsumsi daya65 watt
8
Kapasitas / jumlah pintu50 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)
Rak pintu
Dimensi47,2 cm × 45 cm × 49,2 cm
Konsumsi daya75 watt
7
Kapasitas / jumlah pintu40 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi44,9 cm x 50,1 cm x 47 cm
Konsumsi daya100 watt
6
Kapasitas / jumlah pintu46 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)
Rak pintu
Dimensi47,4 cm x 44,7 cm x 49,6 cm
Konsumsi daya50 watt
5
Kapasitas / jumlah pintu47 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi47,3 cm × 48,3 cm × 48 cm
Konsumsi daya60 watt
4
Kapasitas / jumlah pintu46  liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi48 cm x 45 cm x 50 cm
Konsumsi daya50 watt
3
Kapasitas / jumlah pintu50 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi44,2 cm x 46,5 cm x 49 cm
Konsumsi daya70 watt
2
Kapasitas / jumlah pintu46 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan atau kiri (dapat diubah)
Rak pintu
Dimensi43,9 cm × 47 cm × 51 cm
Konsumsi daya82 watt
1
Kapasitas / jumlah pintu50 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKanan
Rak pintu
Dimensi48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm
Konsumsi daya65 watt

Tabel perbandingan produk kulkas mini terbaik

Gambar produk
1
PANASONIC NR-AK5ED-HPP 1

PANASONIC

2
GEA  Mini Bar Refrigerator For Hotel 1

GEA

3
SANKEN SN-118KEG 1

SANKEN

4
Electrolux EUM0500SB-RID 1

Electrolux

5
AQUA Japan AQR-D50F 1

AQUA Japan

6
CHANGHONG CBC 50 1

CHANGHONG

7
SHARP SJ-50MB-XW 1

SHARP

8
Midea HS-65L 1

Midea

9
POLYTRON PRH-47 1

POLYTRON

10
TOSHIBA Glacio XD7 GR-N9P 1

TOSHIBA

Nama produk

NR-AK5ED-HPP

Mini Bar Refrigerator For Hotel

SN-118KEG

EUM0500SB-RID

AQR-D50F

CBC 50

SJ-50MB-XW

HS-65L

PRH-47

Glacio XD7 GR-N9P

KeunggulanTidak khawatir meski tegang...Material yang tahan banting...Mampu menyimpan makanan dal...Tampilan elegan yang cocok ...Juaranya menjaga kestabilan...Suka menyimpan es krim? Ten...Lebih cepat mendinginkan ma...Ubah arah bukaan pintu kulk...Sayur dan buah lebih terjag...Fitur Extra Depth-nya bisa ...
HargaRp 1.600.000,00Rp 1.081.000,00Rp 1.289.000,00Rp 1.573.900,00Rp 1.330.000,00Rp 1.050.000,00Rp 1.299.000,00Rp 1.136.000,00Rp 1.184.000,00Rp 1.904.000,00
Kapasitas / jumlah pintu50 liter / 1 pintu46 liter / 1 pintu50 liter / 1 pintu46  liter / 1 pintu47 liter / 1 pintu46 liter / 1 pintu40 liter / 1 pintu50 liter / 1 pintu47 liter / 1 pintu70 liter / 1 pintu
Arah bukaan pintuKananKanan atau kiri (dapat diubah)KananKananKananKanan atau kiri (dapat diubah)KananKanan atau kiri (dapat diubah)KananKanan
Rak pintu
Dimensi48,9 cm x 51 cm x 48,8 cm43,9 cm × 47 cm × 51 cm44,2 cm x 46,5 cm x 49 cm48 cm x 45 cm x 50 cm47,3 cm × 48,3 cm × 48 cm47,4 cm x 44,7 cm x 49,6 cm44,9 cm x 50,1 cm x 47 cm47,2 cm × 45 cm × 49,2 cm38,9 cm  x 42 cm x 47,8 cm70 cm x 63 cm x 62 cm
Konsumsi daya65 watt82 watt70 watt50 watt60 watt50 watt100 watt75 watt65 watt55 watt
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kulkas portable (mini fridge) di sini

Selain kulkas mini, ada pula kulkas portable yang dapat digunakan dalam berbagai situasi sepanjang tahun. Kulkas seperti ini mudah untuk dibawa-bawa sehingga pas untuk Anda bawa saat bepergian atau berkemah. Mari cek artikelnya lebih jauh dan temukan kulkas portable yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, kami harap Anda dapat menentukan pilihan kulkas yang paling tepat. Pastikan kulkas pilihan Anda memiliki desain yang cantik, ukuran yang sesuai dengan ruang penyimpanan, dan hemat listrik.


Selain itu, dapatkan kulkas yang dapat Anda andalkan untuk menyimpan makanan dan minuman favorit. Lebih lanjut, karena kulkas ini cenderung diletakkan di ruang pribadi, Anda dapat menambahkan stiker-stiker pilihan untuk mempercantiknya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    187.472 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    123.713 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    99.878 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    77.485 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    101.159 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    67.812 Views
  • 10 Rekomendasi Flashdisk Kingston Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flashdisk Kingston Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Flashdisk Kingston merupakan salah satu flashdisk terbaik saat ini. Ada berbagai tipe flashdisk Kingston yang dapat Anda pilih, seperti DataTraveler, HyperX, dan DT Locker+. Karena ada berbagai pilihan dan fitur, Anda mungkin bingung menentukan pilihan.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih flashdisk Kingston terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk flashdisk yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih flashdisk Kingston terbaik!
    Elektronik rumah tangga
    46 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori