• 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Blender smoothies merupakan alat rumah tangga yang wajib dimiliki bila Anda rutin mengonsumsi smoothie. Sebenarnya, Anda bisa membuat smoothie dengan blender biasa, tetapi hasilnya lebih maksimal kalau menggunakan blender untuk smoothies. Saat ini, banyak merek smoothies blender yang dijual di pasaran, antara lain Nutribullet, Philips, dan Oxone.

Dengan banyaknya smoothies blender yang dijual, mungkin Anda jadi bingung memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan tentang cara memilih smoothies blender yang bagus serta memberikan rekomendasi blender untuk smoothies terbaik. Anda bahkan akan menemukan blender smoothies portable dan vacuum blender. Yuk, simak artikelnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Blender smoothie sebagai persiapan memasuki kehidupan yang lebih sehat

Blender smoothie sebagai persiapan memasuki kehidupan yang lebih sehat

Mengonsumsi smoothie demi alasan kesehatan tentunya merupakan hal yang baik. Anda bisa membuat smoothie sendiri di rumah dengan menggunakan blender. Namun, bila Anda mengonsumsi smoothie setiap hari, Anda sebaiknya membuatnya dengan alat khusus yang disebut blender smoothie.


Saat ini, telah banyak blender smoothie yang desainnya ringkas dan ringan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menggunakan dan membawa alat tersebut setiap hari. Kebiasaan baik ini akan memberi Anda keuntungan karena bisa lebih menghemat budget. Membuat smoothie sendiri tentunya lebih murah dibandingkan membeli, bukan?


Blender smoothie juga memiliki berbagai keunggulan, antara lain dapat menghancurkan es. Selain itu, ada yang bentuknya mirip botol sehingga lebih praktis. Jika Anda ingin mulai rutin mengonsumsi smoothie, mulailah dengan membeli blender smoothie yang cocok bagi Anda.

Cara memilih blender smoothies

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih blender smoothies. Silakan perhatikan dengan saksama supaya Anda dapat memilih produk yang paling sesuai kebutuhan. Jadi, kegiatan membuat smoothie bisa terus berlangsung dengan lebih mudah.

Pilih yang mampu menghancurkan es dan buah-buahan beku

Pilih yang mampu menghancurkan es dan buah-buahan beku

Ada berbagai cara untuk membuat smoothie. Salah satunya adalah menggunakan es atau buah-buahan beku. Bila Anda membuat smoothie dengan cara ini, pastikan blender smoothie-nya merupakan jenis yang kompatibel dengan es. Jika blender smoothie Anda dapat menghancurkan es, Anda jadi bisa bereksplorasi dengan banyak resep smoothie


Namun, bergantung pada produknya, jenis dan kondisi bahan makanan yang dapat diolah oleh blender smoothie berbeda-beda Jadi, penting untuk mengecek penjelasan setiap produk dengan lebih detail sebelum membeli.


Perlu diingat bahwa blendersmoothie memerlukan daya untuk memecahkan benda keras seperti es. Umumnya, makin tinggi konsumsi daya (watt) yang diperlukan, makin kuat daya yang dihasilkan. Selain memperhatikan daya, bentuk bilah pisau juga penting untuk diperhatikan ketika memilih blender smoothie.

Cari ukuran yang tepat dengan mempertimbangkan kapasitas dan ruang penyimpanan

Nah, sekarang kami akan menjabarkan beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih ukuran blender smoothie. Mari disimak!

Kapasitas, sesuaikan dengan jumlah orang di rumah

Kapasitas, sesuaikan dengan jumlah orang di rumah

Biasanya, blender smoothie ditujukan untuk membuat smoothie bagi satu orang. Namun, tentu akan lebih mudah kalau Anda bisa membuat smoothie untuk satu keluarga dalam satu waktu. Untungnya saat ini blender smoothie dijual dalam beragam kapasitas. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah orang yang mengonsumsinya.


Kapasitas blender smoothie per tabungnya biasanya 200 ml hingga 400 ml. Anda bisa menggunakan angka tersebut sebagai acuan dalam memilih produk. Ukuran bodi blender smoothie secara keseluruhan juga harus diperhatikan. Makin besar kapasitasnya, makin besar pula ukurannya. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan kapasitas dan ukuran bodinya juga.


Memilih kapasitas blender sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan konsumsi harian Anda terhadap smoothies. Merujuk pada informasi dari NHS Health Website, porsi smoothies yang bisa dikonsumsi setiap orang adalah 150 ml per hari. Hal ini karena smoothies bukanlah pengganti makan sehingga kandungannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Desain dan ukuran, dapat disesuaikan dengan keadaan dapur

Desain dan ukuran, dapat disesuaikan dengan keadaan dapur

Apabila Anda minum smoothie setiap hari, tentu merepotkan kalau harus menyimpan blender smoothie setiap kali selesai dipakai. Akan lebih praktis bila Anda meletakkannya saja di atas meja di dapur. Saat ini, telah banyak desain blender smoothie yang modis. Jika blender smoothie akan diletakkan di atas meja, Anda bisa memilih produk yang desainnya menarik.


Anda juga sebaiknya memilih produk dengan ukuran yang tidak mengganggu pandangan. Namun, hal ini turut dipengaruhi oleh desain ruangan. Apabila blender smoothie terlalu tinggi, tentu Anda akan merasa tidak nyaman. Di pihak lain, produk yang lebih kecil bakal lebih mudah digunakan, tetapi kapasitasnya sedikit.


Ukuran blender smoothie juga berkaitan dengan cara penyimpanan produk. Supaya lebih ringkas, ada produk yang bisa dibongkar dalam beberaga bagian kecil. Akan tetapi, ada juga produk yang tidak dapat dibongkar agar tidak repot saat ingin dipakai. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.


Nah, jika secara khusus Anda mencari blender mini, kami sudah mengulasnya pada artikel berikut ini. Yuk, disimak artikelnya!

Pertimbangkan yang mudah dibersihkan dan dapat dilepas bagian bawahnya

Pertimbangkan yang mudah dibersihkan dan dapat dilepas bagian bawahnya

Setelah Anda menggunakan blender smoothie, tentu Anda harus membersihkan blendernya. Karena itu, pilihlah produk yang mudah dirawat serta dibersihkan. Hal ini penting, terutama untuk Anda yang sibuk dan mengonsumsi smoothie setiap pagi.


Saat ini, banyak produsen yang telah memperhatikan kemudahan dalam mencuci produk buatannya. Namun, ada poin penting lain yang juga harus Anda perhatikan. Anda juga sebaiknya mengecek, apakah alas tabung dan bilah pisaunya dapat dilepas? 


Mencuci blender smoothie dengan alas tabung dan bilah pisau yang menempel akan memakan banyak waktu ketika dibersihkan. Ingatlah bahwa bilah pisau blender smoothie sangat tajam. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati agar tidak terluka saat mengecek bagian tersebut.

Cek apakah tabungnya dapat digunakan sebagai gelas atau botol

Cek apakah tabungnya dapat digunakan sebagai gelas atau botol

Jika Anda harus menuang smoothie ke dalam gelas sebelum meminumnya, tentu piring kotor Anda jadi makin banyak. Hal itu bukan masalah bagi Anda yang membuat smoothie untuk beberapa orang. Namun, bila Anda hanya membuatnya untuk diri sendiri, rasanya cukup merepotkan. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bagian tabungnya dapat digunakan sebagai gelas minum.


Beberapa tabung blender smoothie dapat difungsikan sebagai gelas dan memiliki tutup. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya sebagai botol penyimpanan. Selain itu, ada juga blender smoothie yang menyediakan beberapa tabung dengan kapasitas yang berbeda-beda. Anda bisa memilih produk yang seperti itu jika ingin menyiapkan smoothie untuk beberapa orang.

Cek juga fitur-fitur tambahan lainnya

Cek juga fitur-fitur tambahan lainnya

Blender smoothies saat ini dikembangkan dengan fitur-fitur nan menarik. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, sebaiknya ketahui dahulu fitur-fitur tambahannya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.


  • Mesin mati otomatis untuk menjaga keawetan baterai

Jika Anda mencari blender portable, sebaiknya carilah blender yang baterai awet supaya bisa digunakan sewaktu-waktu. Nah, beberapa blender portable dilengkapi fitur ini sehingga mesin pemutar pisau akan mati setelah blender menyala selama 20–30 detik. Alhasil, baterai jadi lebih awet.


  • Safety design untuk keamanan saat mengoperasikan blender

Untuk mengoperasikan blender, Anda perlu memasang tabung gelas di atas bodi mesin blender. Beberapa blender saat ini dilengkapi fitur safety design yaitu blender tidak akan menyala jika posisi gelas tidak benar. Tentunya, ini lebih aman untuk keselamatan Anda.


  • Vacuum blending untuk menjaga nutrisi smoothie

Saat ini, dikembangkan pula teknologi vacuum blending yang mampu membuat smoothie lezat tanpa kehilangan nutrisi baik di dalamnya. Beberapa merek mulai mengembangkan jenis blender ini adalah Polytron dan Tescom. Anda patut mempertimbangkannya demi kesehatan keluarga.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Cosmos Blenz – Blender 1.2 L

CB-802

Mulai dari Rp 424.000,00

10 Rekomendasi blender smoothies terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blender smoothies terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Konsumsi daya600 watt
Penghancur es
Kapasitas1 liter
Ukuran32,5 cm x 30,5 cm x 33 cm
Berat3,95 kg
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×
Fitur lainnyaElectromagnetic sensor click, vacuum blending
9
Konsumsi daya1.200 watt
Penghancur es
Kapasitas2 liter
Ukuran27 cm x 23,5 cm x 51 cm
Berat5 kg
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×
Fitur lainnya×
8

TescomVacuum Juice Blender

TMV1500SEA

Mulai dari Rp 6.298.000,00

Konsumsi daya300 watt
Penghancur es×
Kapasitas780 ml
Ukuran36,5 cm x 47,5 cm x 20 cm
Berat2,2 kg
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×
Fitur lainnyaVacuum blending
7

TefalClick & Taste Mini Blender Fruit Sensation

BL142A

Mulai dari Rp 2.499.000,00

Konsumsi daya300 watt
Penghancur es
Kapasitas600 ml
Ukuran34,1 cm x 12,1 cm
BeratTidak disebutkan
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×
Fitur lainnyaBisa dicuci dengan mesin cuci piring
6
Konsumsi daya70 watt
Penghancur es×
Kapasitas385 ml
Ukuran19,1 cm x 17,8 cm x 9,8 cm
Berat690 g
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabungSebagai gelas dan botol
Fitur lainnyaSafety feature design, charging 3 jam
5

VitamerJuicer Cup Smoothie Blender USB

Mulai dari Rp 138.000,00

Konsumsi daya150 watt
Penghancur es
Kapasitas500 ml
Ukuran8,5 cm × 26 cm × 8,5 cm
Berat565 g
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabungSebagai botol penyimpanan dan portabel
Fitur lainnyaPengisian daya hanya bisa saat power off
4

CosmosHand Blender On The Go

CB 522

Mulai dari Rp 225.000,00

Konsumsi daya300 watt
Penghancur es
Kapasitas400 ml dan 570 ml
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabungSebagai botol dan gelas
Fitur lainnya×
3

OxonePersonal Hand Blender

OX-853

Mulai dari Rp 590.000,00

Konsumsi daya250 watt
Penghancur es
Kapasitas300 ml dan 600 ml
Ukuran22,5 cm x 16,5 cm x 23 cm
Berat2 kg
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabungSebagai botol penyimpanan dan dua kapasitas
Fitur lainnya×
2

Han RiverBlender Portable

HRZZJ01

Mulai dari Rp 356.000,00

Konsumsi daya35 watt
Penghancur es×
Kapasitas500 ml
Ukuran8,5 cm x 21,8 cm x 8,5 cm
Berat700 g
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabungSebagai gelas
Fitur lainnyaOtomatis mati setelah 30 detik menyala
1
Konsumsi daya350 watt
Penghancur es
Kapasitas2 liter
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×
Fitur lainnya×

Tabel perbandingan produk blender smoothie terbaik

Gambar produk
1
Philips Inti Blender 1

Philips

2
Han River Blender Portable 1

Han River

3
Oxone Personal Hand Blender  1

Oxone

4
Cosmos Hand Blender On The Go 1

Cosmos

5
Vitamer Juicer Cup Smoothie Blender USB 1

Vitamer

6
Nutribullet GO Cordless Blender 1

Nutribullet

7
Tefal Click & Taste Mini Blender Fruit Sensation  1

Tefal

8
Tescom Vacuum Juice Blender 1

Tescom

9
Fomac Ice Blender 1

Fomac

10
Polytron Vacuum Blender 1

Polytron

Nama produk

Inti Blender

Blender Portable

Personal Hand Blender

Hand Blender On The Go

Juicer Cup Smoothie Blender USB

GO Cordless Blender

Click & Taste Mini Blender Fruit Sensation

Vacuum Juice Blender

Ice Blender

Vacuum Blender

Keunggulan

Sesuaikan tekstur smoothie sesuka hati

Blender portable dengan baterai yang tahan lama

Siap membekali si kecil dengan smoothie sehat

Tekan dan putar! Tanpa tombol pengaturan

Handy dan ringan, bisa membuat smoothie sambil jalan

Tabungnya compact dan tidak mudah pecah

Desain elegan dengan tabung kaca bersih

Vacuum blender untuk mempertahankan nutrisi kaya antioksidan

Kekuatan mesinnya bikin blender awet dioperasikan berkali-kali

Dengan waktu yang efisien, mampu hasilkan smoothie bertekstur lembut

Harga mulai dariRp 619.000,00Rp 356.000,00Rp 590.000,00Rp 225.000,00Rp 138.000,00Rp 611.900,00Rp 2.499.000,00Rp 6.298.000,00Rp 1.387.500,00Rp 1.899.000,00
Konsumsi daya350 watt35 watt250 watt300 watt150 watt70 watt300 watt300 watt1.200 watt600 watt
Penghancur es×××
Kapasitas2 liter500 ml300 ml dan 600 ml400 ml dan 570 ml500 ml385 ml600 ml780 ml2 liter1 liter
UkuranTidak disebutkan8,5 cm x 21,8 cm x 8,5 cm22,5 cm x 16,5 cm x 23 cm Tidak disebutkan8,5 cm × 26 cm × 8,5 cm19,1 cm x 17,8 cm x 9,8 cm34,1 cm x 12,1 cm36,5 cm x 47,5 cm x 20 cm27 cm x 23,5 cm x 51 cm32,5 cm x 30,5 cm x 33 cm
BeratTidak disebutkan700 g2 kgTidak disebutkan565 g690 gTidak disebutkan2,2 kg5 kg3,95 kg
Dapat dilepas
Keunggulan bagian tabung×Sebagai gelasSebagai botol penyimpanan dan dua kapasitasSebagai botol dan gelasSebagai botol penyimpanan dan portabelSebagai gelas dan botol××××
Fitur lainnya×Otomatis mati setelah 30 detik menyala××Pengisian daya hanya bisa saat power offSafety feature design, charging 3 jamBisa dicuci dengan mesin cuci piringVacuum blending×Electromagnetic sensor click, vacuum blending
Tautan produk

Apa perbedaan blender smoothies dan slow juicer?

Apa perbedaan blender smoothies dan slow juicer?

Jus dan smoothie adalah minuman berbahan dasar buah serta sayur dengan tekstur yang berbeda. Jus berbentuk sari atau ekstrak buah dan sayur dengan tekstur yang cair, sedangkan smoothie teksturnya lebih creamy. Jadi, alat untuk membuat jus dan smoothie ini berbeda.


Untuk membuat smoothie Anda membutuhkan blender untuk menghaluskan buah-buahan padat. Blender akan bekerja dengan menghancurkan buah bersama dengan ampasnya. Karena perputaran pisaunya sangat cepat, blender pun mengeluarkan suara lebih bising.


Sementara itu, untuk membuat jus Anda membutuhkan slow juicer yang bekerja dengan memisahkan buah dari ampasnya. Dengan slow juicer Anda akan mendapatkan ekstrak buah dan sayuran murni. Cara kerjanya tidak menggunakan pisau, tetapi dengan metode squishing atau diperas.

Baca juga rekomendasi alat untuk membuat minuman lainnya di sini

Selain blender smoothie, masih ada alat lain yang biasa digunakan untuk membuat minuman kesehatan. Ada juicer, slow juicer, hingga food processor. Nah, bila Anda ingin mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Proses penghancuran buah dan sayur akan memengaruhi rasa dan aroma smoothie. Karena itu, pemilihan produk yang tepat akan sangat berguna untuk mengurangi perubahan rasa dan aroma. Dengan demikian, Anda bisa menikmati smoothie yang terjaga kelezatannya. 


Kira-kira bagaimana pendapat Anda mengenai artikel blender smoothie kami kali ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan blender smoothie yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Biji kopi yang digiling dan langsung diseduh memang terasa sangat nikmat. Itu karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder sangat banyak variasinya. Anda bisa menemukan berbagai desain, fungsi, dan tipe.Kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merek yang bagus seperti Porlex, Hario, dan De'Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang praktis. Nah, sandwich maker hadir agar Anda dapat memasaknya lebih cepat. Produknya juga dikenal dengan sandwich toaster atau pemanggang roti. Dengan model yang bervariasi, produk manakah yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih sandwich maker terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Philips, Kris, dan lainnya. Dari yang low watt sampai yang multifungsi, semuanya ada. Produknya pun telah kami ulas untuk Anda. Ingin menikmati sandwich yang enak? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Alat masak khusus
  • 10 Waffle Maker Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Waffle Maker Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.Pada artikel ini kami akan membagikan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Beragam merek waffle maker yang bagus juga turut kami ulas, seperti Oxone, Klaz, dan Sonifer. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Simak sampai akhir, ya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta mi atau pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan pasta maker, atau yang juga dikenal dengan sebutan ampia, di rumah. Jika Anda baru pertama kali ingin membeli ampia, Anda mungkin sedikit bingung ketika memilihnya. Terlebih lagi, banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Philips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.Untuk itu, jangan lewatkan pembahasan berikut ini. Kami akan membagikan tips memilih pasta maker yang bagus serta memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya untuk Anda. Yuk, buat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tak harus ke kafe, Anda bisa membuat crepes sendiri di rumah! Dengan memanfaatkan wajan crepes, Anda bisa membuat kue crepes kapan saja sebagai teman minum teh. Jika Anda scrolling di internet, banyak sekali wajan crepes yang bisa dipilih. Tak perlu bingung, Anda bisa mencari rekomendasi wajan crepes yang bagus di sini, seperti merek Stoneline, Maxim, dan Neoflam. Selain rekomendasi produk, kami juga akan membahas tips memilih di artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak selengkapnya!
    Alat masak khusus
  • 10 Filter Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Filter Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Menikmati kopi untuk menunjang produktivitas kerja sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Di antara banyaknya cara penyajian kopi, slow coffee style yang memakai metode manual brewing cukup populer. Untuk metode manual brewing, pastinya Anda membutuhkan filter kopi saat menyeduh kopi kesukaan Anda. Merek filter kopi yang terkenal seperti Able, Hario V60, dan Kalita, sering digunakan untuk membuat kopi sesuai dengan tipe seduhnya. Kami akan menjelaskan cara memilih filter kopi dan juga rekomendasi produk yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak selengkapnya di artikel ini, ya!
    Alat masak khusus
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori