10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Untuk Anda yang suka membaca dan mengoleksi buku, apakah Anda merasa sudah tidak mempunyai tempat untuk menyimpan buku lagi karena jumlah buku yang terus bertambah? Bila buku tersebut Anda pindai ke bentuk data dengan format PDF (Portable Document Format), pasti hal tersebut tidak lagi jadi soal.

Lalu, bagaimana cara memindai buku menjadi data dengan format PDF? Untuk hasil terbaik, gunakanlah scanner buku. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi scanner buku terbaik lengkap dengan cara memilihnya, agar Anda bisa memilih produk yang paling tepat, sesuai kebutuhan Anda.

Daftar isi

3 Tipe scanner buku

Scanner buku memang dirancang khusus untuk memindai buku. Dengan menggunakan scanner buku, Anda akan lebih mudah dan cepat memindai buku Anda ke bentuk data berformat PDF. Sebelum Anda membeli, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai 3 tipe scanner buku yang umum beredar di pasaran.

Sheetfed scanner, memindai per halaman buku

Sheetfed scanner, memindai per halaman buku

Terkadang tipe ini disebut juga scanner dokumen. Alat ini akan memindai dokumen per satu halaman. Anda harus melepas setiap halaman buku Anda bila hendak memindai menggunakan scanner tipe ini.

Flatbed scanner, dibuat untuk memindai buku

Flatbed scanner, dibuat untuk memindai buku

Biasanya yang dimaksud banyak orang ketika membahas scanner buku adalah tipe flatbed ini. Scanner tipe ini memang dibuat untuk memindai buku. Alat ini akan memindai buku Anda melalui lapisan permukaan kacanya. Ketika menggunakan tipe ini, pastikan halaman yang hendak Anda pindai sudah masuk seluruhnya pada bagian permukaan kaca tersebut dan tidak terpotong. Kemudian, letakkan bagian tengah buku di ujung permukaan kacanya agar hasil pindaiannya lebih rapi dan tidak miring.

Stand scanner, memindai tanpa menyentuh buku

Stand scanner, memindai tanpa menyentuh buku

Berbeda dengan tipe lainnya, stand scanner akan memindai buku Anda melalui pemindai yang terletak di bagian atas alat. Untuk memindai buku, Anda cukup meletakkan dan membuka buku Anda di bagian bawah sensor agar dapat dibaca oleh pemindainya.

Cara memilih scanner buku

Masing-masing tipe scanner buku memiliki karakteristik dan cara penggunaan yang berbeda. Anda harus memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah sesuai dengan buku yang akan Anda pindai

Pilihlah sesuai dengan buku yang akan Anda pindai

Terdapat 2 cara untuk memindai buku, yakni melepas halaman yang hendak dipindai dari buku atau memindainya dengan kondisi apa adanya.

Bila Anda berencana melepas halamannya, Anda dapat menggunakan alat pemotong seperti pada gambar di atas. Dengan melepas halamannya, waktu yang dibutuhkan untuk memindai akan jauh berkurang. Meski begitu, Anda tentu tidak bisa menggunakan metode ini terhadap buku yang memang ingin Anda koleksi atau simpan.

Bila Anda rela melepas halamannya dari buku, sheetfed scanner adalah pilihan tepat. Meskipun Anda membutuhkan waktu untuk melepas halaman dari buku, waktu yang dibutuhkan untuk memindai halaman tersebut menjadi lebih sedikit. Selain itu, bila halamannya sudah dilepas dari buku, tentu proses memindainya juga menjadi semakin mudah. Anda cukup menaruh halaman yang ingin Anda pindai pada tray di bagian atas scanner. Kemudian, tekan tombol start dan proses pemindaian akan berjalan. Cara ini juga cocok digunakan ketika Anda hendak memindai buku dalam jumlah banyak.

Sesuaikan ketajaman dan kejernihan hasil pemindaiannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ketajaman dan kejernihan hasil pemindaiannya dengan kebutuhan Anda

Scanner buku dengan angka resolusi dpi (dot per inch) besar akan menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Namun, tidak semua orang membutuhkan scanner buku yang dapat memberikan hasil pemindaian yang tajam dan jernih.

Bila Anda menginginkan gambar yang tajam, flatbed scanner adalah pilihan tepat. Meski begitu, Anda hanya bisa memindai halamannya satu demi satu saat menggunakan flatbed scanner. Akibatnya, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memindai buku favorit Anda.

Pilihlah produk yang dapat memindai dengan mudah dan cepat

Pilihlah produk yang dapat memindai dengan mudah dan cepat

Meskipun sheetfed scanner dapat memindai dengan cepat, dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memotong buku maupun melepas halamannya. Kemudian, Anda hanya bisa memindai halaman buku satu per satu ketika menggunakan flatbed scanner sehingga waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih banyak. Untuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, hal ini bisa menjadi masalah.

Stand scanner adalah jawaban atas permasalahan tersebut. Anda cukup membuka buku dan menaruhnya dibawah pemindai. Oleh karena itu, untuk Anda yang sibuk dan tidak ingin menyisihkan banyak waktu untuk memindai, stand scanner lebih direkomendasikan.

10 Rekomendasi scanner buku terbaik

Setelah menjelaskan berbagai tipe scanner buku, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi scanner buku terbaik. Pilihlah produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Brother ADS-1100W

10. Brother ADS-1100W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.850.000

Anti berantakan berkat teknologi nirkabel dan ukuran compact

Memiliki dimensi sebesar 28,5 x 10,3 x 8,4 cm, Anda tidak membutuhkan banyak area di meja untuk meletakkan scanner ini. Berteknologi nirkabel, scanner ini dapat dihubungkan dengan komputer Anda tanpa perlu kabel. Bila Anda menginginkan scanner berukuran compact dan tanpa kabel untuk mengurangi kesan berantakan, produk ini wajib dijadikan pilihan.

Hasil pemindaiannya juga berkualitas, yakni beresolusi 600 dpi. Dilengkapi fitur pemindaian duplex, Anda tidak akan ribet memasukkan kertas berulang kali ke dalam tray untuk memindai sisi depan dan belakang. Mampu memindai 16 halaman per menit untuk pemindaian warna maupun grayscale, Anda tidak akan membuang banyak waktu saat memindai menggunakan scanner ini.

9. Plustek OpticBook 3800

9. Plustek OpticBook 3800

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.500.000

Resolusi tinggi harga terjangkau, ini dia jawabannya!

Scanner ini hanya butuh 7 detik untuk memberi Anda hasil pemindaian beresolusi 300 dpi. Bila Anda ingin hasil pemindaian yang lebih tajam, Anda bisa mengubah resolusinya menjadi 1.200 dpi, praktis, bukan? Bila Anda memiliki dana terbatas dan membutuhkan scanner yang mampu memberikan hasil pemindaian beresolusi tinggi, produk ini adalah jawabannya.

Dilengkapi dengan fitur Shadow Elimination Element, produk ini secara otomatis akan menghapus bayangan maupun distorsi yang timbul di bagian tengah buku yang sedang Anda pindai. Kemudian, Anda dapat menggunakan produk ini untuk memindai buku dengan ukuran maksimal A4. Dengan daya listrik hanya 4,3 watt saat idle, produk ini terlihat semakin menarik, ya!

8. Eloam S600

8. Eloam S600

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.865.000

Aduh, entengnya! Masa bobotnya hanya 720 gram?

Memiliki bobot hanya 720 gram, scanner yang satu ini sangat ringan saat Anda bawa. Dengan dimensi hanya 7,7 x 7.8 x 25 cm, produk ini juga sangat mudah untuk Anda masukkan ke dalam tas Anda. Bila Anda adalah orang yang mobile dan sering memindai dokumen di berbagai lokasi rapat atau literatur di perpustakaan, produk ini wajib untuk Anda miliki.

Anda bisa memindai buku hingga ukuran A3 saat menggunakan produk ini. Resolusinya pun cukup baik, yakni sebesar 600 dpi. Tidak perlu khawatir bila Anda harus memindai di lokasi yang pencahayaannya kurang karena produk ini juga dilengkapi dengan lampu LED (Light-emitting Diode) agar hasil pemindaiannya selalu terang dan jelas.

7. Brother ADS-2100 High-Speed Desktop Scanner

7. Brother ADS-2100 High-Speed Desktop Scanner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.300.000

Pemindaian duplex jadi lebih mudah kalau pakai ini!

Bila Anda mencari scanner buku yang praktis untuk memindai sisi depan dan belakang kertas sekaligus, produk ini adalah jawabannya. Dilengkapi fitur duplex scanning, Anda dapat melakukan pengaturan pada produk ini agar secara otomatis memindai sisi depan dan belakang kertas yang dipindai. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi memasukkan ulang kertas ke bagian tray-nya.

Dengan resolusi 600 dpi, produk ini mampu memberi Anda hasil pemindaian yang cukup baik. Kecepatan memindai dalam mode pemindaian duplex-nya pun cukup ideal, yakni sebanyak 48 gambar per menit. Selain itu, produk ini juga kompatibel dengan MacBook, lho!

6. Avision FB2280E

6. Avision FB2280E

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.250.000

Bagaikan buku asli! Hasil scan rata tanpa kesan lekukan

Anda akan mendapati platform depan yang miring pada scanner ini. Avision merancang platform dengan desain miring agar bagian tengah buku yang Anda pindai tidak tertekuk dan memunculkan area gelap. Bila Anda menginginkan flatbed scanner dengan hasil pindaian yang rata tanpa ada bayangan atau distorsi di bagian tengah buku, produk ini adalah salah satu opsi terbaik.

Produk ini bisa Anda gunakan untuk memindai buku atau kertas berukuran paling besar A4. Dengan resolusi mencapai 600 dpi, produk ini mampu memberikan hasil scan yang cukup tajam. Bila Anda ingin pemindaian berlangsung lebih cepat, ganti saja resolusinya menjadi 200 dpi dengan opsi warna hitam putih. Proses pemindaian pasti beres dalam 4 detik saja!

5. Plustek SmartOffice PS506U

5. Plustek SmartOffice PS506U

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.500.000

Sensor ultrasonik bikin scanner ini makin awet

Scanner ini dapat Anda gunakan untuk memindai berbagai ukuran buku, mulai dari yang kecil seukuran kartu nama hingga buku berukuran A4. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk memindai kertas dengan ketebalan hingga 1,2 mm. Resolusi yang dihasilkan pun cukup baik, yakni mencapai 600 dpi.

Produk ini cukup kuat untuk memindai hingga 4.000 halaman per hari. Ditambah dengan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya double feeding, produk ini menjadi semakin awet dan jarang error. Bila Anda membutuhkan scanner yang cukup durable untuk memindai banyak halaman buku sepanjang hari dalam jangka panjang, produk ini layak dipertimbangkan.

4. CZUR ET16 Plus

4. CZUR ET16 Plus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.699.000

Memindai 2 halaman hanya dalam 1,5 detik!

Menggunakan prosesor MIPS (Microprocessor without Interlocked Pipeline Stages) 32 bit, produk ini bekerja dengan cepat dan hanya membutuhkan 1,5 detik untuk memindai 2 halaman buku! Kecepatannya tetap stabil baik saat Anda memindai buku kecil maupun yang berukuran A3, luar biasa! Untuk Anda yang ingin memindai buku tanpa buang waktu, produk ini adalah pilihan tepat.

Produk dengan resolusi default sebesar 250 dpi ini dibekali teknologi Laser-Assisted Flattening Curve, Anda akan memperoleh hasil pemindaian yang rata tanpa lekukan di bagian tengah buku. Dilengkapi dengan lampu tambahan di bagian samping, buku yang dipindai memperoleh cahaya secara merata sehingga hasil pemindaian menjadi bebas glare dan pantulan cahaya.

3. Plustek OpticPro A320

3. Plustek OpticPro A320

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500.000

Resolusi mencapai 1.600 dpi untuk hasil scan yang jernih

Untuk Anda yang rela merogoh kocek lebih dalam demi ketajaman hasil pemindaian, scanner ini wajib masuk ke dalam wishlist Anda. Anda akan memperoleh hasil scan beresolusi 1.600 dpi yang sangat tajam dan jernih. Tidak hanya beresolusi tinggi, produk ini juga versatile karena dapat Anda gunakan untuk memindai buku hingga ukuran A3.

Dilengkapi fitur auto cropping, area gelap pada hasil scan akan terpotong secara otomatis. Bila Anda adalah pemilik MacBook, tidak perlu khawatir karena produk ini juga kompatibel dengan MacBook. Namun, mengingat scanner ini butuh 8,5 detik untuk hasil pemindaian beresolusi 300 dpi, Anda harus menyisihkan lebih banyak waktu bila menginginkan resolusi 1.600 dpi.

2. Plustek eScan A150

2. Plustek eScan A150

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.500.000

Memindai tanpa komputer? Bukan masalah kalau pakai scanner ini!

Bersifat standalone, scanner ini bisa Anda gunakan untuk memindai tanpa perlu terhubung dengan komputer. Anda bisa melihat dan melakukan pengaturan pada hasil pemindaiannya melalui layar touchscreen berukuran besar yang sudah disediakan. Kecepatan pemindaiannya juga cukup mumpuni, Anda bisa memindai 15 halaman dalam 1 menit saat menggunakan produk ini.

Resolusinya pun cukup baik, yakni 600 dpi. Selain itu, produk ini bisa dihubungkan dengan internet melalui koneksi nirkabel maupun ethernet sehingga Anda bisa dengan mudah mengirim hasil pemindaiannya ke smartphone, email, dan lainnya. Untuk Anda yang ingin memindai buku tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membeli komputer, produk ini adalah jawaban terbaik.

1. Fujitsu Image Scanner ScanSnap SV600

1. Fujitsu Image Scanner ScanSnap SV600

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.000.100

Top banget! Memindai cepat dengan resolusi tinggi

Bila Anda ingin memindai buku favorit Anda dengan cepat tanpa mengorbankan resolusinya, produk ini adalah solusi terbaik. Ketika memindai buku berukuran A3, produk ini hanya membutuhkan waktu 3 detik saja. Resolusinya pun sangat baik, yakni 1200 dpi untuk monochrome dan 600 dpi untuk scanning warna maupun grayscale.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk memindai berbagai ukuran buku, mulai dari yang berukuran kecil sebesar kartu nama hingga yang berukuran A3. Produk ini juga sangat praktis karena sudah dilengkapi fitur Auto Image Correction. Fitur tersebut bekerja otomatis untuk memotong area berwarna gelap serta menghilangkan lekukan dan meratakan bagian tengah buku.

Kesimpulan

Masing-masing tipe scanner buku memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda hendak melepas halaman bukunya satu per satu atau ingin memindai buku secepat mungkin. Periksalah juga seberapa tajam dan jernih hasil pemindaian dari suatu scanner.

Setelah mengetahui tipe scanner yang Anda inginkan, Anda juga harus mengetahui performa maupun harga scanner tipe tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan baru bagi Anda dan pilihlah scanner buku yang sesuai dengan kebutuhan Anda!