10 Rekomendasi Essential Oil Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Essential Oil Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Essential oil dikatakan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari menyegarkan suasana hati, merawat kulit, meringankan masalah fisik, dan sebagainya. Saat ini sudah ada banyak jenis essential oil yang beredar di pasaran, tetapi salah satu yang paling populer adalah essential oil kayu yang memiliki ciri khas dapat membuat Anda merasa nyaman dan segar dengan aroma kayunya yang khas.

Ada berbagai macam jenis essential oil kayu seperti cedarwood, sandalwood, dan sebagainya dengan berbagai manfaat berbeda yang diberikan. Kali ini kami akan memperkenalkan poin dalam memilih essential oil kayu terbaik dan merekomendasikan produk-produk pilihan. Mari temukan essential oil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Karakteristik essential oil kayu

Karakteristik minyak esensial kayu

Essential oil sangat baik digunakan ketika Anda ingin bersantai atau ingin menyegarkan suasana hati. Essential oil diklasifikasikan ke dalam tujuh kelompok aroma, yaitu jeruk, kayu, herbal, bunga, oriental, dan rempah-rempah.

Essential oil kayu yang akan kami perkenalkan kali ini merupakan hasil ekstraksi dari dedaunan dan cabang-cabang kayu. Essential oil jenis ini memiliki ciri khas aroma yang membuat Anda merasa segar seolah-olah berada di hutan yang sejuk.

Cara memilih essential oil kayu

Sekarang kami akan membahas tentang cara memilih essential oil kayu. Meskipun essential oil kayu ditandai dengan aroma yang menyegarkan, tetapi ada poin lain yang perlu dijadikan pertimbangan. Mari periksa secara menyeluruh dan pilih essential oil kayu yang paling cocok bagi Anda!

Pilih berdasarkan preferensi aroma

Pilih berdasarkan preferensi aroma

Pertama, perhatikan wangi essential oil yang akan Anda pilih. Jika ingin menggunakan essential oil untuk bersantai, sangat penting untuk memilih wangi kesukaan Anda. Banyak di antara essential oil kayu yang memberikan aroma dengan rasa lembut, menyegarkan, segar, bersih, dan pedas. Jika memungkinkan, cobalah terlebih dahulu tester setiap pilihan aroma yang tersedia dan pilihlah beberapa essential oil yang cocok dengan selera Anda.

Pilih berdasarkan manfaat essential oil

Essential oil menawarkan berbagai manfaat dan indikasi tergantung pada jenisnya. Silakan pilih essential oil yang sesuai dengan manfaat yang diinginkan, misalnya jika Anda ingin meringankan beban di kepala atau ingin merasakan kesegaran udara.

Untuk menyegarkan kepala, pilih aroma cedarwood, eucalyptus, juniper berry, atau tea tree

Ketika ingin menyegarkan kepala, pilih aroma cedarwood, eucalyptus, juniper berry, atau tea tree

Essential oil kayu memiliki banyak aroma yang menyegarkan dan sempurna untuk digunakan ketika Anda ingin menyegarkan perasaan atau untuk menghilangkan kepenatan. Ketika Anda merasa tidak termotivasi atau ingin menenangkan kepala, essential oil kayu dengan aroma cedarwood, eucalyptus, juniper berry, dan tea tree cocok sebagai pilihan.

Ketika ingin bersantai, pilih aroma biji cemara, petitgrain, atau rosewood 

Ketika ingin bersantai, pilih aroma biji cemara, petitgrain, atau rosewood 

Ada banyak orang yang menggunakan essential oil untuk menyembuhkan pikiran dan tubuh dengan rileksasi agar santai dan tenang. Essential oil kayu memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran yang jenuh dan menggantinya dengan perasaan menyegarkan.

Biji cemara dan petitgrain cocok untuk menstabilkan pikiran atau ketika Anda ingin bersantai. Selain itu, rosewood juga sempurna bila digunakan untuk mengendurkan kelelahan fisik ataupun mental.

Untuk mencegah pilek atau demam, gunakan yang memiliki manfaat antibakteri atau antiviral

Untuk mencegah pilek atau demam, gunakan yang memiliki manfaat antibakteri atau antiviral

Ada essential oil kayu yang memiliki manfaat efektif dalam mengurangi atau mencegah gejala pilek dan demam. Tea tree, eucalyptus globulus, dan eucalyptus radia, termasuk di antara essential oil yang cocok sebagai antibakteri atau antiviral dan dikatakan bermanfaat untuk mencegah masuk angin. Hal ini juga dianjurkan ketika Anda ingin menghilangkan rasa tidak nyaman pada hidung atau tenggorokan dengan wanginya yang cukup menusuk.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun essential oil kayu efektif untuk mencegah gangguan fisik, bukan berarti produk ini merupakan obat. Jika kondisi Anda memburuk, jangan bergantung pada essential oil. Segera periksakan diri ke dokter.

Pastikan produsen dan mereknya terpercaya

Pastikan produsen dan mereknya terpercaya

Tidak hanya pada essential oil kayu, saat membeli essential oil apa pun, penting untuk memilih produsen dan merek yang andal dan terpercaya. Jika Anda hanya ingin menikmati aromanya, mungkin tidak masalah menggunakan essential oil diperkuat dengan wewangian sintetis. Akan tetapi, jika Anda menggunakan essential oil untuk memperbaiki kondisi fisik atau mental, pilihlah essential oil yang mengandung 100% bahan alami.

Ketika membeli essential oil untuk pertama kalinya, Anda mungkin tidak tahu produsen dan merek apa yang sebaiknya dipilih. Dalam kasus seperti ini, silakan periksa sertifikasi pabrik dan merek yang bisa Anda cek terlebih dahulu di situs web resmi perusahaan tersebut.

10 Rekomendasi essential oil kayu terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan 10 produk essential oil kayu terbaik yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih. Temukanlah essential oil yang paling cocok sesuai kebutuhan Anda!

10. Young Living Frankincense

10. Young Living Frankincense

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.809.600

Tingkatkan pengalaman meditasi dengan aroma earthy yang membuat nyaman!

Young Living Frankincense memiliki aroma earthy yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman saat Anda menghirupnya. Kandungan frankincense yang memiliki manfaat mengurangi stres dan rasa gelisah, menjadikan essential oil ini sangat cocok untuk digunakan dalam meditasi karena mampu meningkatkan sisi spiritual Anda dengan aromanya.

Frankincense oil biasanya digunakan dengan cara dihirup atau mengoleskannya ke kulit untuk mendapatkan manfaatnya. Tambahkan essential oil dari Young Living ini ke dalam lotion Anda untuk menghaluskan kulit dan membuatnya terlihat bercahaya dan gunakan untuk pemijatan agar tubuh Anda terasa lebih rileks.

9. Nusaroma Sandalwood Essential Oil

9. Nusaroma Sandalwood Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 280.000

Dapatkan manfaat antiseptik dari kayu cendana

Aroma dari kayu cendana yang telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai dupa untuk memberikan ketenangan dalam meditasi, kini dapat Anda nikmati dalam kemasan Nusaroma Sandalwood Essential Oil ini! Essential oil ini memiliki aroma khas kayu, manis, dan balsamic yang dapat membantu menstabilkan napas dan menenangkan pikiran.

Selain aromanya, essential oil kayu ini juga dapat digunakan sebagai pelembap dan antiseptik untuk membantu mengatasi masalah kulit. Anda bisa menuangkan beberapa tetes essential oil ini ke dalam sabun cair atau krim pemijat kaki dan dapatkan efek menyejukkan yang akan membuat Anda merasa rileks dan nyaman!

8. Happy Green Petitgrain Essential Oil

8. Happy Green Petitgrain Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Rilekskan perasaan dan otot yang tegang dengan essential oil yang satu ini

Jika Anda sering memiliki masalah pada kulit wajah, Happy Green Petitgrain Essential Oil bisa menjadi alternatif penyembuhan. Essential oil kayu ini dipercaya mampu meredakan gejala pada kulit yang bermasalah, seperti jerawat, pori-pori besar, hingga mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Selain untuk kecantikan, aroma hangat dari essential oil kayu ini juga mampu meredakan perasaan tegang dan stres sehingga cocok digunakan untuk bersantai dan membantu mengatasi masalah insomnia. Tidak lupa, bila Anda mengalami kejang pada otot setelah beraktivitas, Anda dapat mengoleskan minyak ini untuk merilekskan otot-otot Anda!

7. Sensatia Botanicals Patchouli Leaf Essential Oil

7. Sensatia Botanicals Patchouli Leaf Essential Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Penjaga keseimbangan emosi dan pengatur mood

Sensatia Botanicals Patchouli Leaf Essential Oil menggunakan ekstrak daun patchouli yang mampu memperbaiki mood dan mengatur keseimbangan emosi. Essential oil kayu ini tidak mengandung paraben, tidak menjalani animal testingbebas minyak kelapa sawit, dan aman digunakan pada semua jenis kulit.

Untuk Anda yang sering mengalami berbagai masalah kulit, essential oil kayu dari Sensatia Botanicals ini sangat baik digunakan karena mampu menyamarkan garis halus, noda, hingga iritasi di permukaan kulit. Anda dapat memperoleh khasiatnya secara maksimal hanya dengan menggunakannya untuk berendam.

6. Art Naturals Cinnamon Leaf Essential Oil

6. Art Naturals Cinnamon Leaf Essential Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Aroma khas kayu untuk menenangkan perasaan dan membangkitkan semangat

Essential oil yang terbuat dari kayu asli asal Sri Lanka ini memiliki aroma yang hangat, pedas, dan segar seperti kayu. Art Naturals Cinnamon Leaf Essential Oil disebut-sebut bermanfaat dalam membantu meningkatkan energi, memberi dorongan emosional, dan mampu menenangkan pikiran atau saat perasaan sedang gundah.

Selain itu, cinnamon leaf oil sendiri memiliki banyak khasiat lainnya, termasuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga cocok untuk Anda yang mudah terkena pilek atau demam. Anda juga dapat menggunakan produk dari Art Naturals ini sebagai campuran pembuatan scrub alami untuk perawatan tubuh atau pembersih alami untuk semprotan baju dan lainnya.

5. Happy Green Pine Needle Essential Oil

5. Happy Green Pine Needle Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 132.000

Favorit sebagai teman mandi karena segar dan antirematik

Aroma menyegarkan dari hutan pinus yang dikemas di dalam Happy Green Pine Needle Essential Oil akan mengingatkan Anda pada hari-hari yang cerah, musim yang menyenangkan, dan liburan. Essential oil kayu ini menjadi salah satu minyak esensial favorit untuk mandi karena kesegaran dan sifat anti rematiknya.

Bagi para atlet yang sering mengalami kelelahan dan nyeri pada kaki, essential oil dari Happy Green ini bisa membantu meredakan gejalan yang dialami karena sensasi hangatnya ampuh untuk digunakan sebagai minyak pemijat kaki. Selain itu, efek menyegarkan dari essential oil ini cocok untuk Anda yang sedang mengalami hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

4. Plant Therapy Juniper Berry Essential Oil

4. Plant Therapy Juniper Berry Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 799.000

Tenangkan saraf yang tegang dengan aroma essential oil kayu ini!

Plant Therapy Juniper Berry dikenal cocok digunakan untuk meditasi karena mampu memberikan efek menenangkan saraf yang tegang. Saat disebarkan di udara, essential oil kayu ini juga dapat digunakan sebagai pembersih alami udara dan memberikan suasana tenang dan segar.

Essential oil kayu ini mampu menghasilkan rasa hangat saat dioleskan pada permukaan kulit sehingga dapat memberikan kenyamanan, misalnya setelah latihan atau olahraga berat. Anda juga dapat mencairkan essential oil kayu ini dengan carrier oil lalu menggosokkan pada kaki untuk mengurangi otot yang kencang.

3. Young Living Blue Cypress Essential Oil

3. Young Living Blue Cypress Essential Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 575.000

Lembapkan kulit kering dan sensitif Anda dengan essence kayu asli dari Australia

Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, produk Young Living Blue Cypress ini sangat cocok Anda gunakan karena mengandung 100% minyak kayu murni yang memiliki manfaat merawat dan melembapkan kulit. Produk ini juga mampu menenangkan dan mencegah iritasi kulit sehingga dapat dimanfaatkan oleh Anda yang misalnya sering bercukur agar terhindar dari risiko luka gores.

Blue Cypress memiliki aroma tropikal yang menyegarkan dan sering digunakan sebagai salah satu bahan parfum. Anda dapat menggunakan diffuser jika ingin menikmati aroma segar dan menenangkan dari produk ini hingga satu jam tiga kali sehari.

2. Nusaroma Eucalyptus Essential Oil

2. Nusaroma Eucalyptus Essential Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 78.750

Sensasi dingin dan segar untuk mengatasi berbagai macam penyakit

Aroma yang menyegarkan dari Nusaroma Eucalyptus Essential Oil sangat cocok untuk Anda yang sedang terkena flu karena dapat membantu memecah lendir. Sensasi dingin dan bersih dari essential oil kayu ini mampu membersihkan sistem pernapasan serta menenangkan secara mental dan emosional.

Senyawa eucalyptol yang terkandung dalam pohon eucalyptus dapat dimanfaatkan sebagai inhaler, krim ruam, dan bahkan obat kumur. Essential oil kayu ini juga mampu meredakan berbagai macam penyakit seperti demam dan meredakan nyeri otot karena mengandung antiseptik, antibakteri, dan antivirus.

1. dōTERRA Cedarwood

1. dōTERRA Cedarwood

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 233.000

Aroma kayu dan kacang untuk menghalau serangga pada lemari

dōTERRA Cedarwood memiliki aroma khas antara kayu dan kacang yang manis yang mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Manfaat tersebut membuat essential oil kayu ini cocok digunakan dalam terapi pijat untuk mendapatkan sensasi bersantai yang maksimal.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah, Anda dapat menggunakan essential oil kayu ini sebagai toner atau pelembap wajah, agar kulit tetap bersih, lembap, dan sehat. Selain itu, Anda juga dapat mengusir serangga secara alami hanya dengan menuang setetes essential oil kayu ini pada kapas dan menaruhnya di dalam lemari.

Hal-hal yang harus diwaspadai saat menggunakan essential oil kayu

Hal-hal yang harus diwaspadai saat menggunakan minyak esensial kayu

Tidak hanya pada essential oil kayu, essential oil pada umumnya memiliki poin yang harus diwaspadai dalam penggunaannya. Pada setiap essential oil, karakteristik dan apa yang harus Anda waspadai tentang penggunaannya berbeda tergantung pada bahan masing-masing produk. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahan-bahan yang digunakan dengan saksama. Terutama jika Anda membuat essential oil Anda sendiri, harap perhatikan keamanan agar tidak menimbulkan bahaya.

Selain itu, disarankan untuk menghindari penggunaan essential oil selama masa kehamilan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau merasa khawatir, silakan berkonsultasi dengan dokter atau toko tempat Anda membeli essential oil. Jika Anda menggunakannya dan merasa ada yang salah, pastikan untuk pergi ke rumah sakit dan meminta dokter untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut.

Essential oil merupakan barang yang akan membuat hidup Anda lebih baik jika digunakan dengan benar. Untuk menggunakannya dengan aman, pastikan Anda mematuhi aturan pakainya.

Essential oil bukanlah obat. Jadi, efek dan khasiatnya bisa berbeda untuk setiap orang.

Kesimpulan

Meski terdapat aturan penggunaan, jangan merasa takut untuk mencoba menggunakan essential oil kayu. Dengan memilih sesuai kebutuhan berdasarkan referensi yang ada, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari essential oil tersebut.

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang essential oil kayu ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih produk yang paling tepat. Selamat mencari!