1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)

Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.


Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi foundation terbaik dari merek terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.

Diperbaharui 11-14-2022
Pakar
Beauty blogger & doll enthusiast
Cut Auzola Azalia

Auzola merupakan seorang blogger yang berfokus pada niche beauty trend sejak 2014. Selain menulis blog pribadi, Auzola juga sempat menjadi freelance beauty writer di Kawaii Beauty Japan (C Channel). Auzola pernah menjadi guest speaker di beberapa acara. Acara seperti MNC Living Ideas dan Binus TV yang bertema beauty pernah ia jumpai. Pada 2016, Auzola juga diliput sebagai Top 10 Beauty Influencer oleh artikel The Jakarta Post. Selain menyukai makeup dan skincare, Auzola juga memiliki hobi mengoleksi boneka. Koleksi boneka utamanya yaitu Barbie dan Disney yang sering di-share olehnya di Instagram.

Profil Cut Auzola Azalia
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ella Fitria

Nur Laela Fitriyani, akrab dipanggil Ella Fitria, merupakan lulusan perguruan tinggi agama Islam. Setelah lulus kuliah, ia mengawali kariernya menjadi seorang guru sekaligus blogger. Hobi menulisnya membawa ia menjuarai beberapa blog competition yang diadakan oleh berbagai brand. Berbekal kesukaannya menulis, ia bergabung bersama mybest Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Saat ini, ia fokus menjadi full-time writer di mybest Indonesia untuk menulis dan meriset produk-produk fashion wanita hingga perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Ella Fitria
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Masalah utama kulit berminyak

Masalah utama kulit berminyak

Masalah utama bagi pemilik kulit berminyak adalah wajah yang selalu terlihat mengilap sepanjang hari. Pada dasarnya, tiap orang memiliki penyebab berbeda yang membuat wajah jadi berminyak. Ada yang disebabkan stres, pola hidup yang tidak sehat, dan juga penggunaan produk skincare dan foundation yang tidak tepat.


Selain menjalankan pola hidup sehat dan memakai skincare yang tepat, Anda juga harus memilih foundation yang pas. Menggunakan foundation yang tepat dapat mencegah kelebihan sebum di kulit. Simaklah tips di bawah ini agar Anda dapat memilih foundation yang paling sesuai untuk kulit berminyak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation untuk kulit berminyak

Apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih foundation kulit berminyak? Bacalah lima poin dari kami berikut ini dan temukan foundation terbaik untuk kulit berminyak Anda. 

① Pilih foundation dengan kandungan minyak yang rendah

Pilih foundation dengan kandungan minyak yang rendah

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, kami menyarankan untuk memilih foundation bubuk atau cair yang rendah kandungan minyaknya. Apabila Anda memilih foundation dengan kandungan minyak yang tinggi, riasan akan lebih mudah luntur dan cepat terlihat pecah.


Di antara berbagai foundation bubuk dan cair di pasaran, tiap produk memiliki keunggulannya masing-masing. Ada produk yang tahan lama, ada juga yang tidak menimbulkan kilap di wajah. Untuk itu, pilihlah produk yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit berminyak Anda.

② Pertimbangkan foundation yang tahan terhadap keringat dan sebum

Pertimbangkan foundation yang tahan terhadap keringat dan sebum

Jika tidak ingin wajah Anda terlihat mengilap, gunakanlah foundation yang tahan terhadap keringat atau sebum. Akhir-akhir ini, makin banyak beredar foundation bubuk yang teksturnya terasa melembapkan meskipun kandungan minyaknya rendah. Hal yang sama juga berlaku untuk foundation cair. Karena itu, pastikan produk pilihan Anda tidak mudah luntur saat terkena keringat.


Anda bisa memperhatikan keterangan yang ditulis pada kemasan, produk biasanya mencantumkan klaim waterproof atau sweatproof. Sayangnya, Anda baru bisa memastikan apakah suatu produk benar-benar waterproof dan tahan terhadap sebum jika sudah menggunakannya.


Hal tersebut disebabkan oleh performa foundation bisa berbeda pada masing-masing kulit meskipun sama-sama ditujukan untuk kulit berminyak. Bacalah informasi dan review dari pemakai produk yang Anda pilih.

③ Gunakan foundation dengan hasil akhir matte yang bebas kilap

Gunakan foundation dengan hasil akhir matte yang bebas kilap

Wajah yang terlalu mengilap dapat membuat wajah terlihat greasy atau berminyak. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, kami menyarankan untuk memilih foundation dengan hasil akhir matte. Kesan wajah yang berminyak atau bercahaya memiliki perbedaan yang sangat tipis. Karena itu, apabila Anda menggunakan foundation yang dewy, hasil akhirnya akan membuat wajah makin terlihat mengilap.


Jika Anda tetap menginginkan tampilan yang sedikit glowing, cobalah menggunakan produk dengan hasil akhir yang tidak terlalu glossy. Anda bisa mengakalinya dengan menghindari penggunaan bedak tambahan. Anda juga bisa menggunakan highlighter untuk kilap di bagian-bagian tertentu tanpa membuat wajah terkesan berminyak.

④ Coba foundation di leher untuk mengetahui kesesuaiannya dengan warna kulit

Coba foundation di leher untuk mengetahui kesesuaiannya dengan warna kulit

Selain memilih berdasarkan fungsinya, Anda juga harus memperhatikan warna foundation. Apabila Anda memilih warna yang terlalu cerah dibandingkan warna kulit, wajah akan terlihat terlalu putih dan besar.


Sering kali, warna yang terlalu cerah membuat foundation terlihat tidak menyatu dan tidak natural. Namun, jika Anda memilih warna yang terlalu gelap, wajah Anda berisiko terlihat kusam. Pilihlah dengan hati-hati karena warna foundation akan sangat memengaruhi penampilan Anda.


Saat memilih warna foundation, sebaiknya Anda mencoba foundation pada area kulit yang berada di antara wajah dan leher. Hindari mengecek warna foundation dengan mencobanya di bagian punggung tangan. Cobalah mengoleskan beberapa pilihan warna foundation di bagian leher, lalu lihatlah hasilnya dari kejauhan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan warna yang paling cocok.

⑤ Pastikan foundation mengandung SPF/PA

Pastikan foundation mengandung SPF/PA

Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah memastikan foundation pilihan Anda mampu melindungi wajah dari sinar UV. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena sinar UV dapat menyebabkan noda dan kerutan. Makin tinggi nilai SPF/PA, makin besar perlindungan yang diberikan.


Namun, bukan berarti Anda perlu menggunakan foundation dengan SPF tinggi setiap harinya. Pilihlah foundation untuk kulit berminyak dengan kandungan SPF/PA yang sesuai dengan gaya hidup dan kegiatan Anda.


  • Apabila Anda lebih banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan, Anda bisa memilih produk yang mengandung SPF 10 sampai 30, serta PA + hingga +++.
  • Bagi Anda yang banyak berada di luar ruangan, pilihlah produk dengan kandungan SPF 30–50+ dan PA +++ hingga ++++.

Meskipun begitu, tidak semua foundation dilengkapi dengan kandungan tabir surya. Jika foundation Anda tidak memiliki perlindungan terhadap sinar UV, gunakanlah tabir surya secara terpisah. Walaupun foundation telah dilengkapi dengan sunscreen, Anda tetap disarankan menggunakan sunscreen terlebih dahulu sebelum memulai makeup. Dengan demikian, kulit Anda akan lebih terlindungi.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cut Auzola
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Fit Me! Matte + Poreless Foundation

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation 1枚目

Formulanya noncomedogenic, cocok digunakan setiap hari

2

Make Over

Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation 1枚目

Brand lokal yang sukses membuat kulit wanita Indonesia jadi flawless!

3

L’Oréal Paris

Infallible 24H Matte Cover Foundation

L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation 1枚目

Transferproof, waterproof, dan sweatproof selama 24 jam!

4

Wardah

Colorfit Velvet Powder Foundation

Wardah Colorfit Velvet Powder Foundation 1枚目

Dilengkapi formula Matte Micropowder untuk menahan sebum berlebih

5

Y.O.U Beauty

NoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Y.O.U Beauty NoutriWear+ Silky Pressed Foundation 1枚目

Sudah tersedia cermin sehingga mudah diaplikasikan pada segala situasi

6

Revlon

ColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin

Revlon  ColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin 1枚目

Tampilkan kulit mulus dan bebas kilap sepanjang hari

7

Dazzle Me

Muse Pressed Foundation

Dazzle Me Muse Pressed Foundation 1枚目

Matte finish seperti natural skin look dengan formula oil-free

8

Mineral Botanica

Acne Care – Loose Foundation

Mineral Botanica Acne Care – Loose Foundation 1枚目

Ringan serta mampu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

9

OMG Beauty

Coverlast Liquid Foundation

OMG Beauty Coverlast Liquid Foundation 1枚目

Samarkan pori-pori besar dengan foundation berharga terjangkau

10

Cezanne

UV Foundation EX Plus

Cezanne UV Foundation EX Plus 1枚目

Melembapkan tanpa menyebabkan kulit makin berminyak!

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineFit Me! Matte + Poreless Foundation

Mulai dari Rp155.000,00

Formulanya noncomedogenic, cocok digunakan setiap hari

Kelebihan:
  • Formulanya bersifat noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori 
  • Dapat menyerap minyak berlebih
  • Terasa ringan dan tahan lama setelah diaplikasikan

Kekurangan:

  • Anda perlu menggunakan dua layer untuk mendapatkan hasil full coverage

Anda sangat sibuk dan harus sering bertemu dengan klien? Fit Me! Matte + Poreless Foundation dapat menjadi sahabat yang tepat untuk Anda. Produk ini mampu mengontrol minyak di wajah hingga 12 jam tanpa membuat wajah terasa terbebani. Kandungan blotting micro powder-nya menyerap minyak untuk hasil bebas kilap.


Dengan kemampuan light to medium coverage, foundation ini cocok dipakai setiap hari. Kandungan noncomedogenic yang dimilikinya juga tidak membuat pori-pori tersumbat. Anda pun bebas beraktivitas dan meraih mimpi tanpa harus memikirkan minyak berlebih di wajah!

No.2

Make OverUltra Cover Liquid Matt Foundation

Mulai dari Rp155.000,00

Brand lokal yang sukses membuat kulit wanita Indonesia jadi flawless!

Kelebihan:

  • Mengandung jojoba oil untuk menjaga kelembapan kulit
  • Terdapat kandungan pearl extract untuk membantu mencerahkan kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, kualitas tutup kemasannya kurang bagus sehingga foundation mudah tumpah dan bocor

Kandungan jojoba oil pada produk ini dapat diandalkan untuk membuat kulit wajah tetap lembap tanpa efek berminyak. Wajah Anda pun akan terlihat lebih segar dengan hasil akhirnya yang matte. Sebagai produk lokal, foundation ini memiliki pilihan warna yang cocok untuk kulit orang Indonesia. Hasilnya tentu terlihat lebih menyatu di kulit.


Selain itu, produk ini juga dilengkapi soft focus agent yang mampu menutup garis-garis halus di wajah. Jika Anda mulai memiliki kerut dan garis halus, foundation ini adalah pilihan yang tepat!

No.3

L’Oréal ParisInfallible 24H Matte Cover Foundation

Mulai dari Rp169.000,00

Transferproof, waterproof, dan sweatproof selama 24 jam!

Kelebihan:
  • Tahan hingga 24 jam dengan hasil natural matte dan high coverage
  • Formulanya transferproof, waterproof, dan sweatproof sehingga makeup tahan lama
  • Teksturnya ringan dan nyaman diaplikasikan

Kekurangan:

  • Aromanya cukup kuat, Anda yang sensitif terhadap bau-bauan mungkin akan sedikit terganggu

Infallible 24H Matte Cover Foundation dari L'Oreal Paris dengan formula yang diperbarui ini memiliki hasil matte dan coverage tinggi. Foundation ini sangat cocok dipakai saat berkegiatan outdoor karena memiliki fitur waterproof dan sweatproof.


Dalam kondisi seperti sekarang yang mengharuskan Anda memakai masker saat bepergian, liquid foundation ini juga bisa diandalkan! Dengan teknologi transferproof, foundation ini tidak akan menempel pada masker. Sebuah perlindungan terbaik dari minyak wajah selama 24 jam!

No.4

WardahColorfit Velvet Powder Foundation

Mulai dari Rp75.000,00

Dilengkapi formula Matte Micropowder untuk menahan sebum berlebih

Kelebihan:
  • Mampu memberikan finish yang menyatu dengan baik
  • Dibuat dengan formula Matte Micropowder yang membantu menyamarkan pori-pori dan menahan minyak

Kekurangan:

  • Anda harus menggunakannya beberapa layer untuk menutup bekas jerawat

Anda baru pertama kali menggunakan foundation dan merasa kesulitan untuk meratakannya di wajah? Pilihlah Colorfit Velvet Powder Foundation dari Wardah! Selain mudah dipakai, foundation ini menggunakan SkinMatch Technology yang membuat warnanya menyatu sempurna dengan kulit Anda.


Wardah juga menyertakan formulasi Matte Micropowder di dalamnya untuk mengatasi minyak di wajah hingga 12 jam. Setelah diaplikasikan, pori-pori wajah akan tersamarkan dan kulit wajah akan terlihat mulus. Dengan tambahan SPF 20 dan PA+++, foundation ini siap menemani kesibukan Anda setiap harinya!

No.5

Y.O.U BeautyNoutriWear+ Silky Pressed Foundation

Mulai dari Rp105.000,00

Sudah tersedia cermin sehingga mudah diaplikasikan pada segala situasi

Kelebihan:

  • Kemasannya tampak elegan dan eksklusif
  • Mampu mengontrol sebum hingga 24 jam
  • Kandungan Centella asiatica-nya dapat menghidrasi dan menenangkan kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, ketahanannya kurang baik

Anda ingin tampil sempurna tanpa kilau berlebih? Jika iya, cobalah produk yang satu ini! Foundation ini diformulasikan dengan Soft Light-diffusing Powder dan Immortelle C-lock Essence. Fungsinya adalah memberikan tampilan kulit cantik tanpa noda dan mengontrol sebum berlebih hingga 24 jam.


Selain itu, Anda bisa mengaplikasikan foundation ini di mana pun dan kapan pun karena kemasannya dilengkapi dengan cermin. NoutriWear+ Silky Pressed Foundation sangat cocok untuk Anda yang mobile, tetapi dituntut untuk senantiasa tampil maksimal.

No.6

Revlon ColorStay Liquid Foundation For Combination - Oily Skin

Mulai dari Rp155.000,00

Tampilkan kulit mulus dan bebas kilap sepanjang hari

Kelebihan:

  • Dengan Time Release Technology yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan kombinasi
  • Mengandung vitamin E sebagai antioksidan untuk membantu memelihara dan melindungi kulit dari polutan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, produk mudah menempel ke masker

 

Produk dari Revlon yang satu ini diklaim sebagai oil-free foundation yang mampu bertahan selama 24 jam. Rahasia lainnya adalah teknologi Time Release yang membantu mengontrol penyerapan sebum di wajah agar terus terlihat segar. Pilihan tepat untuk Anda dengan kulit wajah ekstra berminyak!


Hasil akhirnya yang bernuansa matte akan membuat kulit Anda mulus tanpa kilap hingga 24 jam. Produk ini juga dilengkapi SPF 15/PA++ sehingga Anda bisa nyaman beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

No.7

Dazzle MeMuse Pressed Foundation

Mulai dari Rp125.000,00

Matte finish seperti natural skin look dengan formula oil-free

Kelebihan:

  • Matte finish, tetapi terlihat seperti natural skin look
  • Waterproof dan sweatproof sehingga makeup tahan air dan keringat

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, coverage-nya kurang baik

Apakah Anda sering mengalami masalah hasil makeup matte yang berujung cakey? Tenang saja! prduk buatan Dazzle Me ini bisa menjadi solusi. Foundation ini memiliki formula superlightweight dan buildable. Jadi, hasil makeup tetap matte dengan noda yang tertutup sempurna, tetapi terlihat natural.


Muse Pressed Foundation didesain khusus untuk kulit berminyak berkat formula Specialized Porous Silicon Powder. Foundation ini juga dilengkapi dengan formula oil-free. Hasil makeup pun akan tetap segar tanpa minyak berlebihan.

No.8

Mineral BotanicaAcne Care – Loose Foundation

Mulai dari Rp77.900,00

Ringan serta mampu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

Kelebihan:
  • Kandungannya diformulasikan khusus untuk merawat kulit berjerawat dan membantu mengurangi minyak berlebih
  • Teksturnya terasa ringan ketika diaplikasikan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, daya coverage-nya kurang baik

Produk dari Mineral Botanica ini cocok digunakan untuk Anda yang kulitnya berminyak dan berjerawat. Dengan tekstur powder, foundation ini tergolong ringan dan mudah diaplikasikan ke kulit wajah Anda.


Foundation ini juga memiliki fungsi seperti two-way cake sehingga mampu melapisi kulit wajah Anda dengan sempurna. Loose foundation ini diformulasikan untuk mengeringkan jerawat dan membantu mengurangi minyak berlebih. Ucapkan selamat tinggal pada kulit yang berjerawat dan berminyak!

No.9

OMG BeautyCoverlast Liquid Foundation

Mulai dari Rp23.300,00

Samarkan pori-pori besar dengan foundation berharga terjangkau

Kelebihan:

  • Dengan formula ColorAdvanced Technology yang mampu memberikan tampilan flawless dan menyamarkan pori-pori
  • Mengandung jojoba oil dan serum vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit wajah

Kekurangan:

  • Untuk hasil full coverage, Anda perlu menggunakan produk dalam jumlah banyak

Jika wajah berminyak Anda disertai dengan pori-pori besar, cobalah Coverlast Liquid Foundation dari OMG Beauty. Foundation ini diformulasikan dengan ColorAdvanced Technology sehingga dapat memberikan tampilan flawless dan membantu menyamarkan pori-pori.


Selain itu, foundation ini juga memiliki kandungan oil control yang dapat menahan minyak hingga 8 jam. Meskipun harganya cukup terjangkau, produk ini dilengkapi dengan kandungan jojoba oil dan serum vitamin E, lho. Fungsinya adalah untuk membantu menyehatkan kulit dan menjaga kelembapan kulit wajah.

No.10

CezanneUV Foundation EX Plus

Mulai dari Rp165.000,00

Melembapkan tanpa menyebabkan kulit makin berminyak!

Kelebihan:

  • Dapat menyerap sebum berlebih dan menyamarkan pori-pori
  • Mengandung hyaluronic acid sehingga dapat melembapkan tanpa menyebabkan kulit makin berminyak
  • Formulanya ringan dan tahan lama

Kekurangan:

  • Karena coverage-nya medium, Anda perlu menggunakan concealer untuk menutupi noda di wajah 

Menjaga kelembapan kulit wajah adalah salah satu cara agar kulit Anda tidak makin berminyak. Produk ini pas untuk membantu Anda menjaga kelembapan kulit saat menggunakan makeup. Foundation ini mengandung hyaluronic acid yang mampu melembapkan kulit tanpa menyebabkan kulit makin berminyak.

 

Produk ini juga diklaim tahan lama dan membuat hasil makeup halus serta lembut. Selain itu, UV Foundation EX Plus juga tidak mengandung parfum, alkohol, dan tidak menggunakan surfaktan. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap sehat meskipun menggunakan makeup seharian.

Baca juga rekomendasi produk kecantikan untuk kulit berminyak lainnya di sini

Sekarang Anda sudah mengetahui berbagai hal mengenai foundation yang cocok untuk kulit berminyak. Namun, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi perawatan kulit lainnya untuk kulit berminyak Anda. Untuk itu, Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi foundation untuk kulit berminyak. Apakah Anda merasa terbantu dengan pembahasan kali ini? Pastikan untuk memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit supaya Anda dapat tampil sempurna.

Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan SPF dan PA agar kulit wajah lebih terlindungi saat Anda beraktivitas. Selain itu, pastikan kandungan di dalamnya tidak akan membuat kulit Anda malah jadi mengilap. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer