10 Rekomendasi Alarm Kebakaran Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alarm Kebakaran Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Selama ini, cukup banyak terjadi kebakaran di lingkungan rumah dan ruko perkantoran yang telah menelan banyak korban. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi. Anda pasti ingin melindungi anggota keluarga dan karyawan Anda dari bahaya kebakaran. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa alarm kebakaran merupakan salah satu komponen yang penting.

Alarm kebakaran itu sendiri terdiri dari beberapa jenis. Cara pemasangan, harga, serta suara alarm juga beragam. Untuk membantu Anda memilih alarm kebakaran yang sesuai, kami akan memberi informasi mengenai cara memilih perangkat alarm kebakaran. Kami juga memberi rekomendasi sepuluh alarm kebakaran terbaik bagi Anda. Silakan Anda baca.

Daftar isi

Mengapa Anda membutuhkan alarm kebakaran?

Penggunaan alarm kebakaran di unit perumahan dan lingkungan usaha rumahan akhir-akhir ini belum menjadi hal yang populer di negara kita. Tidak semua orang memiliki alarm kebakaran di rumah meskipun cukup banyak kasus kebakaran yang berawal dari kebakaran di dalam rumah. Pemasangan alarm kebakaran sangat dapat membantu meminimalkan risiko yang muncul dari peristiwa kebakaran. Namun, jangan lupa untuk memasang perangkat alarm kebakaran Anda dengan tepat agar perangkat tersebut tidak akan sia-sia.

Pertanyaan berikutnya, lokasi mana saja yang membutuhkan pemasangan alarm? Apa saja yang perlu Anda persiapkan ketika hendak memasang alarm?

Anda disarankan memasang alarm kebakaran demi alasan keamanan

Anda disarankan memasang alarm kebakaran demi alasan keamanan

Anda memang tidak diwajibkan untuk memasang alarm kebakaran di dalam rumah pribadi atau lingkungan usaha rumahan. Namun, akan sangat baik jika Anda memasangnya. Terdapat banyak kasus kebakaran yang terjadi saat penghuninya sedang tidur sehingga tidak menyadari akan adanya kebakaran. Akibatnya, saat penghuni rumah menyadari, api sudah menjadi sangat besar dan menjalar ke berbagai tempat. Jika demikian, tentu sulit untuk dapat melakukan evakuasi. Bagian rumah yang rusak juga tentu sudah meluas.

Dengan memasang alarm di rumah atau kantor, Anda akan mengetahui munculnya kebakaran sejak dini sehingga memiliki waktu lebih banyak untuk mengatasi kebakaran. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih aman.

Ini yang akan terjadi jika Anda tidak memasang alarm kebakaran

Ini yang akan terjadi jika Anda tidak memasang alarm kebakaran

Anda tidak akan mendapat sangsi apa pun jika Anda tidak memasang alarm kebakaran. Akan tetapi, Anda akan mengalami banyak kerugian jika sampai terjadi kebakaran. Contohnya saja, tabungan asuransi. Jika di rumah atau kantor Anda terjadi kebakaran, perusahaan asuransi akan menanggung biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki rumah yang rusak. Dengan demikian, jumlah tabungan asuransi Anda menjadi berkurang.

Selain itu, Anda juga akan merugikan tetangga-tetangga di sekitar tempat tinggal Anda. Mereka bisa saja ikut terkena dampak kebakaran dan menuntut Anda dengan tuduhan kelalaian hingga mengakibatkan kebakaran. Anda tentu tidak ingin mengalami kejadian seperti demikian. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memasang alarm kebakaran demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara memilih alarm kebakaran

Terdapat beberapa jenis perangkat alarm kebakaran. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Mungkin agak membingungkan saat memilih perangkat yang sesuai dengan rumah Anda. Oleh sebab itu, kami akan membantu menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih alarm kebakaran.

Pilih alarm kebakaran berdasarkan jenis sensornya

Pilih alarm kebakaran berdasarkan jenis sensornya

Jenis sensor perangkat alarm kebakaran terbagi menjadi dua, yaitu sensor asap dan sensor panas. Alarm kebakaran yang menggunakan sensor asap akan berbunyi saat terdapat asap yang muncul dari kebakaran. Berbeda dengan perangkat yang menggunakan sensor panas, alarm akan berbunyi jika suhu mulai dirasakan terlalu panas. Metode sensor yang mana yang lebih cocok untuk dipasang baik di rumah pribadi maupun rumah yang dijadikan tempat usaha?

Pada dasarnya, saat terjadi kebakaran, asap muncul terlebih dahulu. Setelah itu baru disusul oleh nyala api yang besar. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memasang alarm kebakaran dengan jenis sensor asap di lingkungan rumah. Dengan jenis sensor asap, alarm akan lebih cepat mendeteksi kebakaran. Dengan demikian, Anda dapat bertindak lebih awal dalam mengatasi kebakaran, termasuk dalam mengevakuasi rumah. Namun, untuk pemasangan di bagian dapur, alarm kebakaran dengan jenis sensor panas akan lebih cocok. Di dapur terkadang muncul asap yang diakibatkan oleh proses memasak. Asap yang dihasilkan oleh proses memasak tersebut bisa saja menjadi stimulus yang akan menyebabkan alarm bereaksi dan berbunyi. Untuk itu, jenis sensor panas akan lebih cocok di dapur. Di sisi lain, bagi Anda tidak sering melakukan proses memasak yang mengeluarkan asap, perangkat dengan jenis sensor asap juga baik untuk dipasang di dapur.

Tipe alarm buzzer, suara, dan pemancar cahaya

Tipe alarm buzzer, suara, dan pemancar cahaya

Terdapat tiga tipe alarm yang berfungsi sebagai pemberitahu akan adanya kebakaran, yaitu tipe buzzer, tipe suara, dan tipe pemancar cahaya. Tipe buzzer adalah tipe alarm konvensional yang banyak digunakan sejak dahulu. Tipe ini akan mengeluarkan bunyi alarm elektronik atau sirene (horn) jika terjadi kebakaran di lingkungan Anda.

Alarm dengan tipe suara memberi peringatan dengan mengeluarkan bunyi rekaman suara seseorang memberitahu bahwa saat itu sedang terjadi kebakaran. Contohnya, saat terjadi kebakaran, alarm akan membunyikan rekaman suara seperti “Perhatian! Saat ini terjadi kebakaran di gedung ini. Anda diharapkan segera keluar dari gedung”. Karena mudah untuk dipahami oleh orang tua dan anak-anak, tipe ini cocok untuk gedung perkantoran, mal, perhotelan, pabrik, dan tempat ramai lainnya. Sayangnya produk alarm kebakaran dengan fungsi suara ini masih jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Tipe pemancar cahaya, atau flashing strobe light, memberi peringatan akan adanya kebakaran dengan cara memancarkan cahaya terang. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh orang yang memiliki masalah pendengaran. Termasuk untuk orang lanjut usia yang fungsi pendengarannya sudah mulai menurun. Alarm kebakaran tipe ini pun cukup jarang ditemukan di toko online.

Pilihlah metode pengoperasian alarm yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah metode pengoperasian alarm yang sesuai dengan kebutuhan

Terdapat dua jenis metode pengoperasian alarm kebakaran, yakni pengoperasian tunggal dan pengoperasian majemuk. Pada metode pengoperasian tunggal, saat terjadi kebakaran hanya satu mesin alarm yang akan berbunyi, yaitu mesin yang terdapat di ruang yang mengalami kebakaran. Sementara itu, pada metode pengoperasian majemuk, saat terjadi kebakaran seluruh mesin di rumah akan mendeteksi adanya kebakaran. Akhirnya, semua mesin dari semua ruangan akan ikut berbunyi.

Untuk rumah-rumah yang memiliki peredam suara yang baik, bunyi alarm kebakaran di suatu ruang akan sulit terdengar di ruangan lain. Untuk rumah seperti itu, kami sarankan untuk menggunakan metode pengoperasian majemuk. Anda bisa memilih pemasangan alarm tanpa kabel demi menjaga aspek estetika di rumah.

10 Rekomendasi alarm kebakaran terbaik

Setelah Anda memahami hal-hal apa saja yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat hendak membeli alarm kebakaran. Kami menyediakan sepuluh rekomendasi alarm kebakaran terbaik bagi Anda. Silakan Anda baca dan tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

10. Hooseki Photoelectric Smoke Detector HS 136

10. Hooseki Photoelectric Smoke Detector HS 136

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 253.000

Cocok dengan beragam panel listrik

Perangkat alarm kebakaran ini memiliki operating voltage antara 9,6 VDC hingga 30 VDC sehingga cocok dengan beragam panel listrik, termasuk panel listrik di rumah Anda. Dengan demikian, saat hendak membeli produk ini, Anda tidak perlu khawatir alat ini tidak kompatibel dengan panel listrik di rumah Anda.

Ditinjau dari segi harga, produk alarm kebakaran dengan sensor asap ini juga memiliki harga relatif murah jika dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Hal tersebut tentu menjadi nilai lebih dari produk ini. Anda dapat menyisihkan sisa uang Anda untuk kebutuhan lainnya.

9. Hong Chang HC-306A Rate of Rise Heat Detector

9. Hong Chang HC-306A Rate of Rise Heat Detector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 83.000

Permukaan logam yang besar menjadikan produk ini lebih peka terhadap panas

Produk produksi Hong Chang ini memiliki permukaan logam yang besar. Dengan demikian, alat ini memiliki permukaan sensor yang luas untuk mendeteksi peningkatan suhu. Fitur tersebut tentu menguntungkan karena akan bekerja lebih cepat dalam menangkap perubahan suhu, lebih cepat dalam bereaksi, dan memberi peringatan.

Selanjutnya, dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, produk ini memiliki harga yang relatif lebih murah sehingga akan menguntungkan bagi neraca keuangan Anda. Cara pemasangan alarm kebakaran ini pun tidak sulit. Produk ini akan memberi Anda kemudahan serta rasa aman dari bahaya kebakaran.

8. Nittan 2SC-LS Rate-of-rise Heat Detector with Head Removal Signal Facility

8. Nittan 2SC-LS Rate-of-rise Heat Detector with Head Removal Signal Facility

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 305.600

Irit biaya perbaikan saat rusak

Alarm dengan sensor panas ini dirancang dengan bahan-bahan berkualitas. Keunggulan produk ini adalah, jika suatu saat terjadi kerusakan pada alat ini, Anda dapat mengganti bagian yang rusak dengan bagian perangkat lain yang kompatibel. Anda tidak perlu mengganti seluruh bagiannya sehingga akan mengurangi biaya.

Perangkat ini juga memiliki tombol self-resetting yang akan mempermudah Anda dalam menyetel alat kembali setelah terjadi kerusakan. Selain itu, terdapat isolator yang melapisi bagian alat yang mengandung sensor. Dengan demikian, daya tahan alat ini juga lebih terjamin.

7. Fire Alarm Strobe

7. Fire Alarm Strobe

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 264.000

Bunyi sirene kencangnya akan melindungi pabrik Anda

Fire Alarm Strobe ini akan melengkapi sistem keamanan Anda dengan menunjukkan tanda kebakaran melalui penggabungan sistem sensor suara sirene, buzzer, dan cahaya (flashing strobe). Terdapat tiga jenis suara yang dapat Anda pilih, yaitu suara mobil polisi, pemadam kebakaran, dan mobil ambulans.

Produk ini cocok untuk Anda gunakan di pabrik dan sekolah, serta bangunan lain dengan area yang luas dan tempat keramaian. Dengan bunyi sirene dan cahaya yang kuat, Anda dan orang lain di dalam bangunan tersebut akan langsung menyadari terjadinya kebakaran. Alat ini sangat cocok dipasang untuk melindungi lingkungan pabrik atau industri Anda.

6. Xiaomi MiJia Honeywell Smoke Detector

6. Xiaomi MiJia Honeywell Smoke Detector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 425.000

Cukup dengan memasang baterai, kemudian alat ini akan bekerja

Produk dengan fitur sound alarm ini merupakan alarm dengan jenis sensor asap. Pemasangan alat ini relatif mudah. Anda hanya perlu memasang baterai ke dalam alat ini, dan alarm kebakaran segera aktif bekerja. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot memasang dan menyambungkan kabel ke pusat listrik.

Alarm kebakaran ini juga memiliki ukuran yang mungil, diameternya hanya 9 cm sehingga keindahan rumah Anda tidak akan terganggu oleh keberadaan alat ini. Selain itu, jika Anda memiliki perangkat lain dengan merek Xiaomi, Anda dapat mengintegrasikan alat ini dengan perangkat tersebut. Dengan demikian, alarm kebakaran Anda dapat bekerja dengan lebih efektif.

5. Hong Chang HC-206E Optical (Photoelectric) Smoke Detector

5. Hong Chang HC-206E Optical (Photoelectric) Smoke Detector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 318.000

Cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan peredam suara

Jika Anda memiliki rumah yang luas dan diperlengkapi sistem peredam suara, alat ini cocok untuk Anda. Hong Chang HC-206E memiliki alat yang dapat Anda sambungkan ke lampu indikator yang akan menyala dan mengirim sinyal ke ruangan lain saat mendeteksi adanya asap kebakaran.

Sebagai keunggulan tambahan dari produk ini, alat ini memiliki dual LED untuk memudahkan Anda dalam memantau apakah alat ini masih bekerja dengan baik atau tidak. Jadi, Anda dan karyawan dapat menjalankan aktivitas di rumah yang dijadikan tempat usaha dengan tenang dan aman.

4. Horing Lih AH-9920 Mechanical Fixed Temperature Heat Detector

4. Horing Lih AH-9920 Mechanical Fixed Temperature Heat Detector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.600

Alarm cerdas yang tidak akan salah dalam mendeteksi sumber kebakaran

Produk ini merupakan alarm kebakaran yang menggunakan sensor panas yang akan berbunyi saat suhu ruangan meningkat dengan cepat. Ada kalanya terjadi hal lain di dalam ruangan yang dideteksi sebagai kebakaran sehingga alarm akan berbunyi walau sebenarnya tidak terjadi kebakaran. Produk ini memiliki kemampuan untuk menghindari kesalahan tersebut.

Saat suhu mulai memanas, alat ini akan meneliti tingkat suhu untuk mengetahui sumber panas yang sesungguhnya. Jika sumber panas dideteksi sebagai kebakaran maka alarm akan berbunyi. Sebaliknya, jika sumber panas ternyata bukan berasal dari kebakaran, alarm tidak akan berbunyi. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu dan dapat langsung melakukan proses evakuasi secepatnya.

3. Nittan 2KH2-LS Optical Smoke Detector

3. Nittan 2KH2-LS Optical Smoke Detector

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 615.000

Tidak membutuhkan daya listrik yang besar

Penggunaan alarm kebakaran tentunya akan memengaruhi biaya listrik bulanan. Jika Anda mempertimbangkan tagihan listrik, produk ini cocok untuk Anda. Dalam keadaan standby, alat ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 24 mikroAmpere. Konsumsi tersebut relatif kecil dibandingkan dengan merek lain yang membutuhkan hingga 100 mikroAmpere dalam keadaan standby.

Keunggulan lain dari produk ini adalah, perubahan cuaca tidak akan mengganggu kinerja alat ini. Selain itu, alat ini dirancang agar terlindung dari gangguan serangga dan debu. Serangga dan debu tidak dapat masuk atau menempel di alat ini. Alat ini cocok untuk dipasang di kamar tidur Anda dan anak supaya dapat tidur tenang dan nyenyak.

2. Beesafe Smoke and Heat Detector SD02

2. Beesafe Smoke and Heat Detector SD02

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Masih bingung memilih di antara dua jenis sensor? Produk ini jawabannya

Alarm kebakaran ini memiliki dua sensor sekaligus, yaitu sensor asap dan sensor panas. Saat asap mulai mengenai titik sensor, asap tersebut akan memicu lampu indikator untuk menyala. Setelah itu, alarm akan berbunyi. Proses yang sama juga akan terjadi saat sensor mendeteksi kenaikan suhu secara signifikan. Lampu indikator akan menyala, kemudian diikuti dengan bunyi alarm.

Alarm kebakaran ini akan memberi Anda pengamanan ganda saat terjadi kebakaran di dalam rumah. Anda dapat beraktivitas dengan lebih leluasa tanpa khawatir mengenai kegagalan detektor dalam mendeteksi salah satu sumber sensor. Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki usaha restoran atau usaha lainnya di rumah.

1. Chung Mei Combination Smoke and Heat Detector CM-WTK55

1. Chung Mei Combination Smoke and Heat Detector CM-WTK55

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Canggih dan cepat! Anda akan bisa melarikan diri sebelum api meluas

Seperti produk rekomendasi nomor dua, alarm kebakaran hasil produksi Chung Mei ini juga bereaksi terhadap sensor asap maupun sensor sensor panas. Selain itu, alat ini memiliki komponen listrik yang canggih. Komponen listrik dalam tipe alarm ini memungkinkan alat ini bereaksi lebih cepat saat terdeteksi adanya kebakaran sehingga Anda dapat mengatasi kebakaran dengan lebih cepat.

Keunggulan lain dari alat ini adalah, adanya teknologi self-restoring yang menjadikan alat ini dapat digunakan beberapa kali. Produk ini juga dibuat dengan bahan berkualitas dan mudah untuk dibersihkan. Karena spesifikasinya yang canggih, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki gedung kantor atau toko.

Kesimpulan

Setelah Anda membaca artikel ini, bagaimana pertimbangan Anda saat ini?Bahaya yang dimunculkan oleh kebakaran merupakan hal yang sangat merugikan. Walaupun tidak diwajibkan untuk memasang alarm kebakaran di dalam rumah pribadi atau rumah yang dijadikan tempat usaha, Anda tetap diharapkan untuk memasang alarm kebakaran. Dengan demikian, rumah Anda dan lingkungan di sekitarnya dapat terlindung dari bahaya kebakaran. Dengan rekomendasi yang kami berikan, semoga Anda dapat terbantu dalam memilih alarm kebakaran terbaik. Pertimbangkan secara berhati-hati dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda agar alarm kebakaran dapat bekerja dengan efektif.