• 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.


Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Cindy Yuvia
Tiffani Kosasih
  • Pembaharuan terakhir: 01 September 2021
  • 138.732 Views
Daftar isi

Ketahui keunggulan shampo penumbuh rambut

Ketahui keunggulan shampo penumbuh rambut

Kebanyakan orang baru melirik sampo penumbuh rambut di usia menjelang 30-an. Pada usia tersebut, tanda-tanda kebotakan dini, rambut menipis, atau hair line yang makin mundur mulai dirasakan. Kerontokan rambut bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  1. faktor genetik
  2. hormon
  3. stres
  4. kulit kepala terlalu kering
  5. sirkulasi darah yang buruk
  6. kulit kepala yang kurang bersih

Sampo tidak hanya berperan menumbuhkan rambut dengan cepat. Namun, bahan-bahan didalamnya juga berperan untuk memperkuat akar rambut, menebalkan rambut, serta menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kepala. 


Bahan-bahan yang dimaksud adalah biotin, kafein, zinc, dan niacin. Sampo penumbuh rambut sering disebut dengan beberapa istilah, seperti scalp shampoo, scalp care shampoo, dan medicated hair-growth shampoo


Efektivitasnya ditentukan oleh konsentrasi serta kecocokannya dengan kulit kepala Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih sampo yang bisa menjaga kulit kepala bersih dan sehat sehingga rambut akan tumbuh dengan baik. Usia 20-an mungkin waktu yang tepat untuk mulai memberikan perhatian ekstra untuk kesehatan rambut Anda.

Cara memilih shampo penumbuh rambut

Pemilihan sampo penumbuh rambut yang kurang tepat membuat Anda tidak bisa merasakan manfaat sampo tersebut. Salah-salah, sampo tersebut malah bisa membuat kulit kepala dan rambut Anda menjadi rusak. Untuk itu, kami akan menjelaskan secara rinci cara memilih sampo penumbuh rambut. 

Ketahui bahan yang membuat rambut cepat tumbuh

Jenis sampo mungkin bisa Anda lihat di label kemasannya, tetapi jangan percaya begitu saja. Anda harus tahu bahan-bahan apa saja yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Setidaknya, bahan-bahannya mampu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit rambut sehingga bisa membuat rambut tumbuh dengan baik.

Vitamin B: Meningkatkan produksi keratin untuk rambut yang sehat

Vitamin B: Meningkatkan produksi keratin untuk rambut yang sehat

Bahan yang wajib ada dalam sampo penumbuh rambut Anda adalah vitamin B, khususnya niacin dan biotin. Biotin berfungsi memproduksi keratin yang merupakan senyawa utama penyusun rambut, kulit, dan kuku. Sementara itu, niacin berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi produksi keratin. Kedua bahan ini sudah lumrah ditemukan di sampo atau suplemen penumbuh rambut.

Zinc: Bahan anti-dandruff

Zinc: Bahan anti-dandruff

Penyebab kulit kepala tidak sehat salah satunya adalah dandruff atau ketombe. Dengan menyingkirkan ketombe, kulit kepala dan rambut Anda bisa lebih sehat. Bahan yang sering digunakan sebagai senyawa antiketombe adalah zinc. Tak hanya itu, zinc juga bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahan lain yang juga bagus untuk mengurangi ketgombe di kepala adalah mentol.

Kafein: Mencegah kerontokan rambut

Kafein: Mencegah kerontokan rambut

Menurut penelitian, kafein bisa mencegah kerontokan rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Cara kerjanya dengan memblok efek buruk dari hormon yang menyebabkan rambut rontok. Namun, masih banyak perdebatan soal khasiat kafein yang satu ini. Meskipun demikian, sudah banyak sampo antirontok atau hair loss yang mengandung kafein.

Bahan pelembap: Membuat kulit kepala terjaga kelembapannya

Bahan pelembap: Membuat kulit kepala terjaga kelembapannya

Kulit kepala yang terlalu kering identik dengan ketombe dan kondisi yang tidak sehat. Rambut juga lebih mudah rontok karenanya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan senyawa pelembap seperti hyaluronic acid atau gliserin dalam sampo yang Anda gunakan. Keduanya berfungsi sebagai bahan pelembap yang aman untuk segala jenis kondisi kulit.

Sebisa mungkin hindari bahan-bahan yang berbahaya

Sebisa mungkin hindari bahan-bahan yang berbahaya

Setiap sampo terbuat dari campuran bahan aktif alami dan sintetis. Beberapa bahan dalam sampo perlu Anda cermati karena bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik, terutama untuk anak dan pemilik kulit sensitif. Beberapa bahan tersebut adalah SLS, paraben, alkohol, dan pewangi buatan.


SLS atau sodium lauryl sufate adalah bahan pembersih rambut yang kuat karena bisa membersihkan sebum dan kotoran dengan baik. Sayangnya, daya pembersih yang terlalu kuat bisa berdampak kurang baik untuk kulit kepala Anda. Sebaiknya pilih bahan pembersih yang terbuat dari asam amino atau betaine. Kinerjanya cukup baik dan risiko iritasinya paling ringan.


Sementara itu, paraben berfungsi sebagai bahan pengawet karena bisa mencegah jamur tumbuh di sampo. Namun, bahan ini kurang baik untuk jangka panjang, terutama pemilik kulit sensitif. Alkohol dan pewangi buatan juga bisa memicu timbulnya alergi sehingga lebih baik dihindari, ya.

Pilih yang sesuai dengan tipe kulit kepala

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit kepala juga diklasifikasikan menjadi kulit kering, kulit berminyak, atau kulit normal. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit kepala sendiri sebelum membeli sampo. 

Jika kulit kepala Anda termasuk dalam kulit kering, pilihlah sampo yang khusus untuk kulit kering. Begitu pula jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sampo dengan label untuk kulit berminyak. Untuk pemilik kulit sensitif, pilihlah sampo yang tingkat iritasinya lebih rendah.


Untuk mengetahui jenis kulit kepala Anda, silakan periksa sendiri dengan merujuk pada panduan berikut ini.

  • Jika sebum muncul setelah satu jam keramas, kulit kepala Anda tergolong berminyak.
  • Jika sebum muncul setelah tiga jam, kulit kepala Anda tergolong normal.
  • Jika sebum baru muncul keesokan harinya, berarti kulit kepala Anda tergolong kering.

Pilih berdasarkan isi kemasan produknya

Pilih berdasarkan isi kemasan produknya

Mengembalikan kondisi rambut dan kulit kepala yang sehat, tebal, dan panjang tentunya butuh waktu. Oleh karena itu, sampo penumbuh rambut adalah produk yang harus digunakan secara rutin dalam jangka panjang. Pilihlah merek sampo yang memiliki review bagus dari pembeli dan sudah terbukti bagus reputasinya. 


Jika Anda pertama kali membeli sampo penumbuh rambut, pilihlah kemasan kecil atau tester, biasanya sekitar 150 ml. Lanjutkan pembelian dengan kemasan yang lebih besar jika samponya cocok. Sementara itu, untuk sampo yang sudah rutin Anda pakai, belilah yang kemasan besar, misalnya 1 liter, agar lebih hemat dan praktis. Jangan lupa untuk cari harga diskon, ya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Doori CosmeticsDaeng Gi Meo Ri Vitalizing Shampoo

Mulai dari Rp 145.000,00

Spesialis
mybest

Moist DianePerfect Beauty Extra Volume & Scalp Shampoo

4560119224811

Mulai dari Rp 130.000,00

Spesialis
mybest

KérastaseSpecifique Bain Divalent Shampoo

Mulai dari Rp 283.000,00

10 Rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik

Berikut beberapa produk sampo penumbuh atau penyubur rambut terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Isi200 ml
Bahan aktifTidak ada keterangan
Bahan pelembapTidak ada keterangan
9
Isi200 ml
Bahan aktifMorus alba extract, Vitek trifolia fruit extract, Eclipta prostrata extract, Moringa olefera leaf extract, sodium lauryl sulfate, Ginkgo biloba extract
Bahan pelembapOlive oil
8

Mane 'n TailOriginal Horse Shampoo for Humans

Mulai dari Rp 132.500,00

Isi355 ml
Bahan aktifSodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, hydrolyzed collagen, citric acid
Bahan pelembapEmollient
7
Isi250 ml
Bahan aktifMinyak kemiri
Bahan pelembapEkstrak Aloe vera
6
Isi100 ml
Bahan aktifEkstrak Cucurbita pepo seed, ekstrak ginseng dan niacinamide, ekstrak biji labu
Bahan pelembapTidak ada keterangan
5
Isi140 ml
Bahan aktifVitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, SLS, Swertia japonica extract, Morus alba extract
Bahan pelembapAloe vera extract
4
Isi385 ml
Bahan aktifArgan oil
Bahan pelembapX
3

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo

Mulai dari Rp 185.000,00

Isi100 ml
Bahan aktifHoney extract, apple extract, Ashitaba keiskei, gluthatione
Bahan pelembapAloe vera
2
Isi160 ml
Bahan aktifSodium laureth sulfate, cone flower, dan white tea
Bahan pelembapGliserin
1
Isi473 ml
Bahan aktifNiacin, biotin, argan oil, kafein, pumpkin seed oil, apple stem cell
Bahan pelembapEkstrak Aloe vera, gliserin

Tabel perbandingan produk shampo penumbuh rambut terbaik

Gambar produk
1
PURA D'OR Hair Thinning Therapy Shampoo 1

PURA D'OR

2
Dove Hair Growth Ritual Shampoo 1

Dove

3
Green Angelica  Hair Nutrition Shampoo  1

Green Angelica

4
OGX  Argan Oil of Morocco Shampoo 1

OGX

5
NATUR Natural Extract Shampoo - Aloe Vera 1

NATUR

6
Erhair HairGrow Shampoo 1

Erhair

7
Kelaya Hair Treatment Shampoo 1

Kelaya

8
Mane 'n Tail Original Horse Shampoo for Humans 1

Mane 'n Tail

9
HG For Men Shampoo 1

HG

10
Metal Fortis  Hair Living Shampoo 1

Metal Fortis

Nama produk

Hair Thinning Therapy Shampoo

Hair Growth Ritual Shampoo

Hair Nutrition Shampoo

Argan Oil of Morocco Shampoo

Natural Extract Shampoo - Aloe Vera

HairGrow Shampoo

Hair Treatment Shampoo

Original Horse Shampoo for Humans

For Men Shampoo

Hair Living Shampoo

Keunggulan

Shampo berbiotin, memberikan perawatan lengkap untuk mengatasi rambut yang tipis

Terinspirasi dari ritual perawatan rambut wanita Amerika Utara

Akar rambut lebih kuat berkat ekstrak daun Ashitaba keiskei

Kulit kepala lebih ternutrisi berkat argan oil dari Maroko

Risiko iritasi lebih minim berkat bahan-bahan natural

Diperkaya dengan formula yang melancarkan mikrosirkulasi darah

Memiliki manfaat kemiri yang terkenal ampuh menumbuhkan rambut

Terkenal sebagai shampo kuda, membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Mengatasi kebotakan dan rontok yang berlebihan

Aman untuk semua jenis rambut dan harganya terjangkau

Harga mulai dariRp 625.000,00Rp 30.290,00Rp 185.000,00Rp 159.000,00Rp 27.000,00Rp 71.100,00Rp 112.000,00Rp 132.500,00Rp 90.000,00Rp 39.800,00
Isi473 ml160 ml100 ml385 ml140 ml100 ml250 ml355 ml200 ml200 ml
Bahan aktifNiacin, biotin, argan oil, kafein, pumpkin seed oil, apple stem cellSodium laureth sulfate, cone flower, dan white teaHoney extract, apple extract, Ashitaba keiskei, gluthationeArgan oilVitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, SLS, Swertia japonica extract, Morus alba extractEkstrak Cucurbita pepo seed, ekstrak ginseng dan niacinamide, ekstrak biji labuMinyak kemiriSodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, hydrolyzed collagen, citric acidMorus alba extract, Vitek trifolia fruit extract, Eclipta prostrata extract, Moringa olefera leaf extract, sodium lauryl sulfate, Ginkgo biloba extractTidak ada keterangan
Bahan pelembapEkstrak Aloe vera, gliserinGliserinAloe veraXAloe vera extractTidak ada keteranganEkstrak Aloe veraEmollientOlive oilTidak ada keterangan
Tautan produk

Percepat pertumbuhan rambut dengan cara keramas yang benar

Jika Anda memakai sampo dengan cara yang salah, ada kemungkinan hal itu dapat merusak kulit kepala. Hal itu bisa terjadi meski Anda telah memilih produk dengan kandungan yang paling aman. Untuk memaksimalkan manfaat sampo penumbuh rambut dengan cepat, perhatikan cara keramas yang tepat berikut ini. 

Sebelum pakai shampo, basahi kepala dengan air hangat selama satu menit

Sebelum pakai shampo, basahi kepala dengan air hangat selama satu menit

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi kulit kepala Anda dengan air hangat. Gunakan air dengan suhu sekitar 37 derajat atau sesuaikan dengan suhu tubuh Anda. Air hangat bisa membuka pori-pori kulit kepala dan membuat Anda lebih relaks. Untuk hasil yang optimal, lakukan selama satu menit. 

Gunakan shampo sebanyak dua kali secara bertahap

Gunakan shampo sebanyak dua kali secara bertahap

Saat keramas, idealnya Anda menggunakan sampo dalam dua tahap. Tahap pertama bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan rambut. Sementara itu, tahap kedua untuk membersihkan kulit kepala dengan maksimal.


Pertama, oleskan sampo pada permukaan rambut dan bilas dengan lembut. Kedua, gunakan tangan untuk membuat busa sampo dan oleskan busa tersebut ke rambut Anda secara perlahan. Pastikan untuk tidak menggosok kulit kepala menggunakan kuku jari Anda. Langkah kedua ini berfungsi untuk menghilangkan sebum dan kotoran di dalam rambut. 


Dua tahap proses ini sebaiknya hanya dilakukan jika Anda menggunakan sampo hypoallergenic yang sangat lembap. Jika Anda menggunakan sampo yang mengandung alkohol, hal ini tidak perlu dilakukan karena dapat merusak kulit kepala.

Bilas sampo dengan lembut dan hindari tekanan air berlebih

Bilas sampo dengan lembut dan hindari tekanan air berlebih

Setelah keramas, bilas rambut Anda menggunakan air dengan lembut. Jaga jarak antara ujung shower dengan kulit kepala Anda untuk mencegah tekanan air yang terlalu kuat. Pastikan rambut benar-benar bersih dan tidak ada sampo yang tersisa.

Keringkan rambut secara alami

Keringkan rambut secara alami

Kami tidak merekomendasikan Anda menggunakan alat pengering rambut untuk mengeringkan rambut. Langkah terbaik adalah mengeringkan menggunakan handuk dan membiarkannya kering secara alami. 


Jika Anda perlu mengeringkan rambut dengan cepat, berhati-hatilah saat menggunakan hair dryer. Usahakan supaya panas dari pengering rambut tidak mengenai kulit kepala. Pastikan posisi pengering rambut sejajar dengan rambut Anda. 


Udara panas yang dihembuskan dari pengering rambut akan membuat kulit kepala menjadi kering. Dengan demikian, sekresi sebum akan menjadi semakin parah. Biarkan rambut Anda sedikit lembap meskipun menggunakan pengering rambut. 

Baca juga rekomendasi perawatan rambut lainnya di sini

Untuk mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat, Anda juga perlu merawat rambut secara berkala. Jika Anda membutuhkan produk-produk perawatan rambut lainnya, Anda bisa membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan rambut yang lebat, Anda bisa menggunakan sampo penumbuh rambut. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui apa saja kandungan yang ada di sampo tersebut beserta fungsinya. 


Menggunakan sampo penumbuh rambut hanyalah stimulus untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat. Hal yang lebih penting adalah menjaga kondisi kulit kepala Anda tetap sehat. Hindari stres, makanan makanan sehat, serta pilih sampo yang cocok untuk kulit kepala Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
    338.702 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    223.436 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan lainnya.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
    196.004 Views
  • 10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Ciri-ciri rambut rusak biasanya adalah rambut kering, mengembang, dan rontok. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti shampo. Sudah banyak merk shampo untuk perawatan rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih shampoo terbaik untuk rambut rusak. Anda juga bisa menemukan tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Mengatasi masalah rambut rontok, mengembang, dan kering memang memerlukan waktu. Agar bisa mendapatkan rekomendasi produk shampo yang bagus, ayo baca review-nya di artikel ini!
    Perawatan rambut
    172.166 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!
    Perawatan rambut
    63.238 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik Khusus Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik Khusus Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai masalah pada rambut pria, seperti rambut tipis, rambut rontok, rambut kering, dan lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan shampo yang mampu menangani masalah tersebut. Saat ini, ada banyak produk shampo terbaik untuk pria, seperti CLEAR, Oriflame, Romano, dan lainnya. Pilihan shampo pria terbaik agar dapat mengatasi permasalahan rambut Anda. Bahkan, beberapa shampo memiliki efek menebalkan rambut dan membuat rambut lepek menjadi lebih mengembang. Agar tidak salah pilih, kami akan mengulas hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli shampo. Bacalah dengan saksama dan temukan produk yang cocok untuk Anda.
    Perawatan rambut
    74.895 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori