• 10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA (Terbaru Tahun 2020)

DHA merupakan nutrisi penting untuk kesehatan otak dan mata. Jika dipadukan dengan EPA, khasiat yang diberikan semakin meningkat. Namun, makanan biasa tidak cukup memenuhi kebutuhan DHA Anda sehingga perlu ditambahkan suplemen. Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai merek suplemen DHA plus EPA seperti Sea-Quill, Thompson’s, dan Wellness.

Nah, suplemen seperti apa yang tepat untuk Anda? Pada artikel ini, kami akan memberikan cara memilih produk suplemen DHA plus EPA. Lalu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda jadikan referensi.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.392 Views
Daftar isi

Cara memilih suplemen DHA yang mengandung EPA

Berikut ini adalah tips untuk memilih suplemen DHA yang mengandung EPA yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak terus informasinya agar Anda tidak salah pilih!

Pilihlah produk yang bisa dikonsumsi lebih dari 300 mg per hari

Pilihlah produk yang bisa dikonsumsi lebih dari 300 mg per hari
Hal terpenting yang perlu diketahui saat memilih suplemen DHA dan EPA adalah dosis konsumsi harian. Dosis harian setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, kondisi kesehatan, aktivitas, dan lain sebagainya. Namun, pada umumnya DHA plus EPA yang dibutuhkan adalah 1000 mg/hari. Akan tetapi, kebanyakan orang hanya mengonsumsi lebih sedikit dari dosis yang dibutuhkan, yakni 400-600 mg/hari.
Untuk memenuhi kebutuhan DHA dan EPA, pilihlah suplemen yang aman dikonsumsi hingga lebih dari 300 mg/hari. Perlu diperhatikan juga, konsumsi DHA dan EPA yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti mual dan diare.

Pilihlah produk dengan kombinasi DHA dan EPA yang ideal

Pilihlah produk dengan kombinasi DHA dan EPA yang ideal
Sebagian besar suplemen DHA umumnya juga mengandung EPA. Keduanya sama-sama memiliki efek untuk memperlancar peredaran darah. Namun, EPA dikenal memiliki efek yang lebih kuat. Sementara itu, DHA memiliki kemampuan dalam menstimulasi kinerja otak, seperti meningkatkan daya ingat dan kemampuan menyerap informasi. DHA juga mampu meningkatkan daya penglihatan dengan menjaga kesehatan retina mata.
Efek sinergi dari DHA dan EPA dapat diperoleh dengan mengonsumsi kedua asam lemak ini secara bersamaan. Sebenarnya, DHA juga bisa dihasilkan oleh EPA secara alami di dalam tubuh, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Kedua senyawa ini sama-sama penting sehingga lebih baik jika Anda memilih suplemen yang mengandung keduanya.

Pilihlah produk yang mengandung antioksidan

Pilihlah produk yang mengandung antioksidan
Dikarenakan DHA dan EPA sangat mudah teroksidasi, pilihlah suplemen dengan kandungan yang dapat melindungi dari oksidasi. Suplemen yang teroksidasi akan menyebabkan kualitasnya menurun sehingga tidak memberikan efek dan manfaat yang diharapkan.
Untuk mencegah oksidasi, maka diperlukan kandungan antioksidan seperti vitamin E, astaxanthin, dan sesamin. Jadi, periksalah tabel komposisi dan pastikan suplemen pilihan Anda memiliki kandungan tersebut.

Pilihlah produk dengan tipe kapsul lunak dan berukuran kecil

Pilihlah produk dengan tipe kapsul lunak dan berukuran kecil
Suplemen DHA dan EPA biasanya meninggalkan bau amis yang sering kali muncul di tenggorokan setelah diminum. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pilihlah suplemen dengan tipe kapsul lunak (soft capsule) supaya lebih mudah dikonsumsi. Anda bisa memastikannya dengan melihat review yang ada di internet.
Lalu, ukuran kapsul yang terlalu besar bisa membuat orang tua dan wanita kesulitan untuk menelannya. Untuk itu, pilihlah ukuran kapsul yang menurut Anda paling ideal dan tidak sulit untuk ditelan. Bila situs resmi produk tidak menyediakan informasi mengenai kedua hal tersebut, Anda dapat mengandalkan review para konsumen.

Pilihlah produk yang dibuat oleh produsen terpercaya

Pilihlah produk yang dibuat oleh produsen terpercaya
Suplemen adalah nutrisi tambahan yang dikonsumsi setiap hari sehingga keamanannya harus terjamin. Karena itu, pilihlah suplemen dari produsen terpercaya dengan merek yang telah terdaftar resmi pada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Akan lebih baik lagi apabila Anda memilih produk dari produsen yang telah memiliki sertifikat GMP (Good Manufacturing Practices). Sertifikat ini merupakan bukti bahwa proses produksi suplemen telah memenuhi standar kualitas.
Anda juga bisa memilih suplemen dari merek yang telah dikenal di masyarakat. Merek yang terkenal biasanya dapat dipercaya dari segi kualitas. Jadi, perhatikanlah kedua hal di atas ketika memilih suplemen DHA dan EPA.

Pastikan harganya sesuai dengan budget Anda

Pastikan harganya sesuai dengan budget Anda
Suplemen umumnya dikonsumsi setiap hari sehingga produk yang terlalu mahal akan membuat anggaran Anda membengkak. Namun, produk yang terlalu murah biasanya memiliki kualitas yang belum terjamin. Produk yang murah memang tidak selalu berkualitas buruk. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda tidak memilih suplemen dengan harga yang murahnya di luar kewajaran.
Untuk itu, Anda harus memilih produk dengan harga yang masuk akal dan kualitas produk yang sebanding.

10 Rekomendasi suplemen DHA terbaik yang mengandung EPA

Ketika memilih produk suplemen, memperhatikan kandungan dan reputasi produsen adalah hal yang penting. Nah, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda!
Isi60 butir
Jumlah kandungan DHATidak ada keterangan (total DHA, EPA, dan asam lemak lain adalah 300 mg)
Jumlah kandungan EPATidak ada keterangan
Kandungan antioksidanCinnamomum burmannii
Kapsul lunak
KeamananMenggunakan bahan dari supplier yang memenuhi standar GMP
Isi100 butir
Jumlah kandungan DHA240 mg
Jumlah kandungan EPA360 mg
Kandungan antioksidanVitamin E
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SI 024 303 421
Isi40 butir
Jumlah kandungan DHA112 mg
Jumlah kandungan EPA26 mg
Kandungan antioksidanTidak ada keterangan
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SD 031 309 121
Isi30 butir
Jumlah kandungan DHA42 mg
Jumlah kandungan EPA63 mg
Kandungan antioksidanTidak ada
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SI 104 300 891
Isi500 butir
Jumlah kandungan DHA120 mg
Jumlah kandungan EPA180 mg
Kandungan antioksidanTidak ada keterangan
Kapsul lunakTidak ada keterangan
KeamananNomor BPOM : SI 064 323 721
Isi180 butir
Jumlah kandungan DHA500 mg
Jumlah kandungan EPA250 mg
Kandungan antioksidanVitamin E
Kapsul lunak
KeamananKualitas GMP terjamin
Isi120 butir
Jumlah kandungan DHA300 mg
Jumlah kandungan EPA400 mg
Kandungan antioksidanVitamin E
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SI 104 301 871
Isi60 butir
Jumlah kandungan DHA512 mg
Jumlah kandungan EPA134 mg
Kandungan antioksidanAstaxanthin
Kapsul lunak
KeamananMenggunakan bahan dari supplier yang memenuhi standar cGMP
Isi30 butir
Jumlah kandungan DHA150 mg
Jumlah kandungan EPA200 mg
Kandungan antioksidanTidak ada keterangan
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SD 142 344 741
Isi75 butir
Jumlah kandungan DHA332 mg
Jumlah kandungan EPA440 mg
Kandungan antioksidanRosemary extract, ascorbyl palmitate, natural tocopherols
Kapsul lunak
KeamananNomor BPOM : SI 104 301 371

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen DHA yang mengandung EPA

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen DHA yang mengandung EPA
Suplemen yang mengandung DHA dan EPA mudah larut dalam lemak. Karena itu, waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah ketika makan atau sesudah makan. Penyerapan akan semakin optimal jika menu makanan Anda adalah makanan berlemak, seperti ikan atau daging. Namun hati-hati, sebisa mungkin hindarilah konsumsi suplemen DHA plus EPA dalam keadaan perut kosong.

Baca juga artikel suplemen lainnya di sini!

Beberapa kandungan nutrisi tidak bisa dipenuhi oleh makanan sehari-hari. Untuk itu, Anda membutuhkan suplemen sebagai sumber nutrisi tambahan. Anda bisa membaca berbagai rekomendasi suplemen lainnya di tautan di bawah ini. Sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda dan temukan produk yang tepat.

Kesimpulan

DHA dan EPA adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak dan mata. Namun, makanan saja tidak cukup untuk memenuhinya sehingga Anda perlu menambahnya dengan suplemen. Memilih suplemen dengan dosis yang tepat sangat penting agar kebutuhan DHA dan EPA harian Anda terpenuhi.
Untuk itu, pilihlah suplemen yang kaya manfaat, teruji kualitasnya, dan sesuai dengan budget Anda. Semoga Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vitamin C adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur dan buah. Sayangnya, nutrisi tersebut mudah hilang dari tubuh karena kebiasaan merokok, pola makan yang kurang seimbang, dan akibat dari stres.Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan suplemen vitamin C. Anda dapat memilih salah satu di antara banyak merek, seperti Enervon-C, Blackmores, Holisticare EsterC, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu cara memilih suplemen vitamin C yang sesuai? Kami akan mengulasnya bagi Anda ditambah dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    173.723 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    254.477 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    189.123 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    152.122 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vitamin E memiliki efek antioksidan yang sama seperti vitamin C dan vitamin A yaitu efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Vitamin E yang terkandung dalam bahan alami seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh. Namun, juga mudah terbuang melalui urine dan keringat.Karena itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin E kepada Anda. Kami pun akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek Wellnes, Blackmores, dan Natures Plus. Simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    155.746 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang sering digunakan ketika seseorang mengalami masalah kesehatan, beraktivitas di tempat yang berdebu, dan ketika berada di tempat yang dikelilingi zat-zat kimia berbahaya. Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.Di sini kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan Anda. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini juga dapat dibeli melalui online shop atau toko-toko di sekitar rumah Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    125.902 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Krim malam berfungsi mencegah agar essence atau face emulsion yang dioleskan ke wajah tidak menguap saat tidur. Krim ini juga membantu menjaga kelembapan dan merawat kecantikan kulit sehingga sering dijadikan item wajib oleh sebagian orang. Namun, banyaknya merek yang tersedia, seperti Wardah, Garnier, L’Oreal, dan lainnya mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Nah, di artikel ini kami akan menjabarkan cara memilih krim malam dan merekomendasikan produk-produk terbaik untuk Anda. Temukanlah krim malam yang cocok untuk kulit wajah Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    115.514 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori