• 10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen DHA Terbaik yang Mengandung EPA - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Siapa bilang semua lemak jahat? Faktanya, tubuh manusia juga membutuhkan lemak agar bisa berfungsi dengan baik. DHA dan EPA merupakan contoh lemak (asam lemak) yang berperan penting bagi tubuh. Saking bermanfaatnya, suplemen DHA yang mengandung EPA pun banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

Anda bisa menemukan berbagai suplemen DHA dengan EPA yang bagus dari berbagai merek, seperti Puritan's Pride, Blackmores, dan Wellness. Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih suplemen DHA yang mengandung EPA. Rekomendasi produk terbaiknya juga akan kami review. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya.


Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

DHA dan EPA, lemak sehat dengan manfaat dahsyat

Sebelum membahas cara memilih produk yang bagus, mari ketahui lebih jauh mengenai DHA dan EPA. Kami juga akan memaparkan fungsi dua asam lemak ini serta manfaatnya yang menakjubkan. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu DHA dan EPA?

Apa itu DHA dan EPA?

DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) adalah jenis asam lemak golongan omega-3. Sebagai jenis omega-3, dua asam lemak ini memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. DHA merupakan komponen penting pada jaringan mata, otak, dan kulit. Sementara itu, EPA diperlukan tubuh untuk menurunkan peradangan.


Secara umum, DHA dan EPA memiliki manfaat untuk perkembangan otak dan mata. Kedua asam lemak ini tidak dapat dihasilkan dari asam lemak lain. Kekurangan DHA dan EPA dikaitkan dengan kondisi tertentu, termasuk masalah pada mata, nyeri sendi, bahkan gangguan psikologis.


Kebutuhan terhadap DHA dan EPA perlu dipenuhi dari makanan, terutama pangan bahari. Sumber makanan yang mengandung kandungan ini biasanya berasal dari ikan, seperti salmon, tuna, dan makerel.


Sayangnya, banyak orang sulit mengonsumsi sumber DHA dan EPA sehingga rentan kekurangan. Karena itu, pemenuhan kecukupan asam lemak dari makanan atau suplemen menjadi penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Ragam manfaat DHA dan EPA

DHA dan EPA terbukti memberikan banyak manfaat yang dahsyat. Sebagai jenis omega-3, dua asam lemak ini berdampak baik pada berbagai organ, mulai mata, otak, hingga jantung. Manfaat DHA dan EPA juga bisa dirasakan semua kalangan, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia.

Manfaat DHA dan EPA secara umum

Manfaat DHA dan EPA secara umum

Secara umum, memenuhi kebutuhan DHA dan EPA dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Selain itu, dua asam lemak ini juga berdampak baik pada kesehatan psikologis.


Beberapa manfaat DHA dan EPA (omega-3), yaitu:

  • Memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan fungsi penglihatan, pertumbuhan, dan perkembangan organ lain
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai anti-inflamasi pada penyakit asma, reumatik, dan autoimun
  • Mengurangi peradangan dalam tubuh, karena peradangan berkepanjangan dapat memicu penyakit
  • Memelihara kesehatan jantung, termasuk dengan mengurangi lemak jahat dalam darah
  • Mengoptimalkan fungsi mata
  • Memperbaiki mood dan menurunkan risiko depresi
  • Menurunkan risiko penyakit alzheimer yang rentan menyerang lansia
  • Memelihara kesehatan sendi dan mengurangi nyeri sendi

Masih banyak manfaat lain DHA dan EPA untuk kesehatan. Khasiatnya yang melimpah membuat suplemen DHA dengan EPA sangat populer.

Manfaat DHA dan EPA untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak

Manfaat DHA dan EPA untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak

Suplemen DHA dan EPA juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Dua asam lemak ini memang menawarkan manfaat untuk kelompok tersebut.


Manfaat DHA dan EPA (omega-3) untuk bumil, busui, dan anak-anak:

  • Mengurangi gejala gangguan hiperaktif (ADHD) pada anak-anak
  • Krusial untuk perkembangan otak bayi dan janin
  • Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan komunikasi anak
  • Menurunkan risiko penyakit autoimun, termasuk lupus
  • Mengurangi gejala asma pada anak-anak
  • Menurunkan risiko kelahiran prematur (untuk DHA)

Asam lemak DHA berperan dalam perkembangan sistem saraf bayi pada trimester ketiga saat kehamilan. Karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak DHA.


Peran asam lemak DHA dan EPA dalam perkembangan otak juga menjadikan zat gizi ini penting untuk dikonsumsi bagi anak-anak. Kedua asam lemak ini mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, fungsi penglihatan, sistem saraf, dan daya tahan tubuh mereka. Dengan begitu, kemampuan kognitif, belajar, dan daya ingat juga akan meningkat.


Ibu menyusui pun disarankan mengonsumsi asam lemak omega-3 ini karena manfaatnya yang dapat mengatasi stres dan rasa cemas. Selain itu, DHA dan EPA juga bisa mengatasi peradangan karena infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen DHA yang mengandung EPA

Selanjutnya, kami akan memaparkan tips memilih suplemen DHA yang mengandung EPA. Apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan?

Pilih berdasarkan sumber DHA dan EPA

Suplemen DHA dan EPA diolah dari berbagai sumber lemak sehat, mulai dari ikan laut hingga minyak krill. Tiap sumber DHA dan EPA ini memiliki keunggulannya masing-masing. Mari simak ulasannya!

Minyak ikan, jenis yang paling mudah ditemukan

Sebagian besar suplemen DHA dan EPA diolah dari minyak ikan. Pada produk jenis ini, suplemen diekstraksi dari jaringan ikan-ikan berlemak, seperti sarden, salmon, tuna, makerel, dan haring. Suplemen DHA dengan EPA dari minyak ikan bisa bersifat alami (natural) atau konsentrat (processed).


Kelebihan minyak ikan alami:

  • Kadar omega-3 bisa berkisar 18–30% dari kadar minyak ikan
  • Merupakan jenis yang paling mendekati komposisi asli minyak pada ikan laut

Kelebihan suplemen minyak ikan konsentrat:

  • Kadar omega-3 bisa berkisar 50–90% dari kadar minyak ikan
  • Kandungan merkuri di dalamnya sudah tereliminasi

Suplemen DHA dengan EPA dari minyak ikan sangat mudah ditemukan. Pertimbangkan produk Om3heart yang sangat populer di Indonesia. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Minyak hati ikan cod, mengandung vitamin A dan D

Sebenarnya, suplemen DHA dari minyak hati ikan cod merupakan jenis spesifik dari minyak ikan. Namun, suplemen ini khusus diolah dari jaringan hati ikan yang bernama cod.


Minyak ikan cod dapat menunjang kesehatan anak-anak. Hal ini berkat adanya kandungan zat gizi yang menjadi sumber vitamin A, vitamin D, serta EPA dan DHA. Kadar vitamin tersebut juga terbilang tinggi, membuat suplemen ini tak kalah populer dari minyak ikan biasa.


Sumber vitamin A dalam minyak ikan cod dapat bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata. Sementara itu, vitamin D berfungsi untuk membentuk tulang yang kuat sehingga mencegah terjadinya rakitis.


Perpaduan DHA dan EPA dengan vitamin A dan D bisa ditemukan dalam produk Cod Liver Oil dari Puritan's Pride. Seperti banyak produk lain, suplemen ini juga berbentuk kapsul. Produk dari Möller’s juga menarik untuk dicoba karena berbentuk cair.

Minyak krill, dapat diserap lebih optimal oleh tubuh

Suplemen DHA dengan EPA dari minyak krill juga banyak dicari. Minyak krill berasal dari zooplankton yang mirip dengan udang kecil bernama krillMinyak ini juga mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA, serta fosfolipid dan astaxanthin.


Kandungan fosfolipidnya membuat minyak krill lebih efektif dan optimal diserap oleh tubuh dibandingkan asam lemak EPA dan DHA. Selain itu, kandungan astaxanthin memberikan efek antioksidan pada tubuh.


Suplemen DHA dengan EPA dari minyak krill juga tak sulit dicari. Untuk produk lokal, Anda bisa mencoba H2 Superba Krill Oil yang diproduksi oleh Kalbe Farma.

Periksa kadar DHA dan EPA, bukan kadar minyak total

Untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, Anda harus fokus pada kadar DHA dan EPA masing-masing. Anda bisa "mengabaikan" kadar minyak total pada label produk. Kadar minyak total yang tinggi tidak mengindikasikan kadar DHA dan EPA yang tinggi pula


Healthy Care Fish Oil 1000mg + Krill Oil, misalnya, mengandung 1.000 miligram minyak ikan. Namun, kadar DHA dan EPA dari minyak ikan dalam produk ini adalah 120 miligram dan 180 miligram. Keterangan kadar DHA dan EPA biasanya tercantum dengan gamblang pada tabel komposisi produk.

Perhatikan siapa yang akan mengonsumsi suplemen DHA dan EPA

Perhatikan siapa yang akan mengonsumsi suplemen DHA dan EPA

Suplemen DHA yang mengandung EPA bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Meski begitu, dosis yang dibutuhkan dapat berbeda untuk tiap-tiap kelompok usia. 


Beberapa produk bisa dikonsumsi oleh semua umur. Sementara itu, sebagian suplemen DHA lain mungkin tidak bisa diminum anak-anak. Periksalah dengan saksama peruntukan suplemen yang biasanya tertera pada kemasan produk.


Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), berikut rekomendasi asupan DHA dan EPA secara global:

  • Anak-anak: 100–250 miligram
  • Ibu hamil dan menyusui: 200–300 miligram

Orang dengan masalah medis tertentu membutuhkan asupan DHA dan EPA yang lebih tinggi. Agar sesuai dengan kondisi Anda, diskusikanlah dengan dokter terkait dosis suplemen DHA dengan EPA sebelum membeli produk.

Temukan produk yang mengandung antioksidan

Temukan produk yang mengandung antioksidan
Karena banyak bersumber dari penganan laut, suplemen DHA yang mengandung EPA cenderung mudah teroksidasi. Oksidasi ini menimbulkan bau tengik pada isi produk dan menurunkan efektivitasnya. Bahkan, produk yang berbau juga berpotensi berbahaya jika dikonsumsi.

Sebagai pertimbangan, carilah suplemen yang yang mengandung antioksidan seperti vitamin E. Antioksidan dapat melindungi isi suplemen dari oksidasi dan memperpanjang umur simpan produk.

10 Rekomendasi suplemen DHA terbaik yang mengandung EPA

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen DHA terbaik yang mengandung EPA yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

10
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji75 mg & 7 mg untuk 1 kapsul
Isi30 kapsul
AntioksidanTidak ada
Kandungan bermanfaat lainArachidonic acid (omega-6)
PeruntukanBayi di bawah 1 tahun dan anak di atas 1 tahun atau lebih
9
Sumber DHA & EPAMinyak hati ikan cod
Kadar DHA & EPA per saji36 mg dan 37 mg untuk 1 kapsul
Isi60 kapsul
AntioksidanVitamin E
Kandungan bermanfaat lainVitamin A dan D
PeruntukanDewasa
8

Healthy CareFish Oil 1000 mg + Krill Oil

Mulai dari Rp 229.000,00

Sumber DHA & EPAMinyak ikan dan minyak krill
Kadar DHA & EPA per saji120 mg dan 180 mg (dari minyak ikan) untuk 1 kapsul
Isi400 kapsul
AntioksidanMinyak krill mengandung antioksidan
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanAnak-anak usia 6 tahun hingga dewasa
7
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji214 mg dan 20 mg untuk 1 kapsul
Isi10 kapsul (setrip) dan 60 kapsul (kotak)
AntioksidanVitamin E
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanIbu hamil dan menyusui
6
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji332 mg dan 440 mg untuk 1 kapsul
Isi75 kapsul
AntioksidanVitamin E, vitamin C (ascorbyl palmitate), dan ekstrak rosemary
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanDewasa
5
Sumber DHA & EPAMinyak krill
Kadar DHA & EPA per saji27,5 mg dan 60 mg untuk 1 kapsul
Isi30 kapsul
AntioksidanAstaxanthin
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanTidak disebutkan
4
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji207,2 mg dan 310,8 mg untuk 1 kapsul
Isi90 kapsul
AntioksidanTidak ada
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanDewasa
3
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji42 mg dan 63 mg untuk 1 kapsul
Isi30 kapsul
AntioksidanTidak ada
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanAnak-anak di atas 2 tahun
2
Sumber DHA & EPAMinyak hati ikan cod
Kadar DHA & EPA per saji500–600 mg dan 400 mg untuk 5 ml
Isi250 ml
AntioksidanVitamin E
Kandungan bermanfaat lainVitamin A dan D
PeruntukanAnak-anak di atas 3 tahun dan dewasa
1
Sumber DHA & EPAMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji180 mg dan 120 mg untuk 1 kapsul
Isi30 kapsul dan 60 kapsul
AntioksidanTidak ada
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
PeruntukanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk suplemen DHA terbaik yang mengandung EPA

Gambar produk
1
Ultrasakti Om3heart 1

Ultrasakti

2
Möller’s  Cod Liver Oil 1

Möller’s

3
Wellness® Kids Omega-3 1

Wellness®

4
Blackmores Omega Daily 1

Blackmores

5
Kalbe Farma H2 Superba Krill Oil 1

Kalbe Farma

6
Nature’s Health OmegaCor 1

Nature’s Health

7
Novell Prolacta for Mother 1

Novell

8
Healthy Care Fish Oil 1000 mg + Krill Oil 1

Healthy Care

9
Puritan’s Pride Cod Liver Oil 415 mg 1

Puritan’s Pride

10
Dexa Medica Folilac 1

Dexa Medica

Nama produk

Om3heart

Cod Liver Oil

Kids Omega-3

Omega Daily

H2 Superba Krill Oil

OmegaCor

Prolacta for Mother

Fish Oil 1000 mg + Krill Oil

Cod Liver Oil 415 mg

Folilac

Keunggulan

Mudah dikonsumsi dengan ukuran kapsul yang mini

Sekali minum dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D!

Spesial untuk si kecil, hadir dengan rasa cokelat dan jeruk

Dijamin aman dikonsumsi karena bebas merkuri

Bersumber dari minyak krill, secara alami mengandung antioksidan astaxanthin!

Kaya antioksidan agar isi suplemen tetap fresh!

Optimalkan pertumbuhan janin dan bayi dengan kadar DHA yang lebih tinggi

Kombinasi unik antara minyak ikan dengan minyak krill

Menawarkan vitamin A dan D dengan kadar yang memadai!

Diperkaya dengan omega-6 ARA yang baik untuk buah hati

Harga mulai dariRp 45.000,00Rp 300.000,00Rp 190.000,00Rp 420.000,00Rp 250.000,00Rp 550.000,00Rp 45.330,00Rp 229.000,00Rp 129.000,00Rp 156.560,00
Sumber DHA & EPAMinyak ikanMinyak hati ikan codMinyak ikanMinyak ikanMinyak krillMinyak ikanMinyak ikanMinyak ikan dan minyak krillMinyak hati ikan codMinyak ikan
Kadar DHA & EPA per saji180 mg dan 120 mg untuk 1 kapsul500–600 mg dan 400 mg untuk 5 ml42 mg dan 63 mg untuk 1 kapsul207,2 mg dan 310,8 mg untuk 1 kapsul27,5 mg dan 60 mg untuk 1 kapsul332 mg dan 440 mg untuk 1 kapsul214 mg dan 20 mg untuk 1 kapsul120 mg dan 180 mg (dari minyak ikan) untuk 1 kapsul36 mg dan 37 mg untuk 1 kapsul75 mg & 7 mg untuk 1 kapsul
Isi30 kapsul dan 60 kapsul250 ml30 kapsul90 kapsul30 kapsul75 kapsul10 kapsul (setrip) dan 60 kapsul (kotak)400 kapsul60 kapsul30 kapsul
AntioksidanTidak adaVitamin ETidak adaTidak adaAstaxanthinVitamin E, vitamin C (ascorbyl palmitate), dan ekstrak rosemaryVitamin EMinyak krill mengandung antioksidanVitamin ETidak ada
Kandungan bermanfaat lainTidak adaVitamin A dan DTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaVitamin A dan DArachidonic acid (omega-6)
PeruntukanTidak disebutkanAnak-anak di atas 3 tahun dan dewasaAnak-anak di atas 2 tahunDewasaTidak disebutkanDewasa Ibu hamil dan menyusuiAnak-anak usia 6 tahun hingga dewasaDewasaBayi di bawah 1 tahun dan anak di atas 1 tahun atau lebih
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen DHA yang mengandung EPA

Pertanyaan umum seputar suplemen DHA yang mengandung EPA

Meski menjadi suplemen yang populer, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan mengenai DHA dan EPA. Di bawah ini, kami sudah menyajikan jawaban untuk beberapa pertanyaan umum terkait DHA dan EPA. Mari simak informasinya!

Apa saja makanan yang mengandung DHA?

DHA banyak terkandung dalam makanan sumber omega-3. Beberapa contoh sumber omega-3, termasuk DHA dan EPA, yaitu:

  • Ikan laut, seperti sarden, salmon, tuna, dan makerel (termasuk ikan kembung)
  • Udang
  • Tiram
  • Rumput laut
  • Daging
  • Telur
  • Chia seed, dalam bentuk asam lemak ALA yang bisa diubah tubuh menjadi DHA dan EPA
  • Kacang kenari, juga dalam bentuk ALA

Kapan waktu terbaik mengonsumsi suplemen DHA yang mengandung EPA?

Tidak ada waktu tertentu untuk mengonsumsi suplemen DHA dan EPA. Suplemen ini bisa dikonsumsi pagi, siang, maupun sore hari. Namun, ada baiknya apabila suplemen ini dikonsumsi setelah makan. Secara spesifik, Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan sumber lemak sehat. Meminum suplemen minyak ikan dengan makanan berlemak membantu penyerapannya lebih optimal.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Beberapa nutrisi memang sulit dipenuhi dengan konsumsi makanan sehari-hari. Untuk mencukupinya, penggunaan suplemen bisa dipertimbangkan. Selain suplemen DHA yang mengandung EPA, Anda bisa membaca rekomendasi suplemen lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

DHA dan EPA adalah nutrisi penting yang menawarkan banyak kebaikan. Konsumsi suplemen dapat dipertimbangkan jika Anda sulit memenuhinya dari makanan. Dari sepuluh rekomendasi suplemen DHA dan EPA di atas, apakah Anda sudah menemukan produk idaman?

Suplemen DHA dengan EPA bisa dikonsumsi semua usia. Pastikan Anda membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi medis Anda. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum tentu terpenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat. Terdapat beberapa merek yang bagus, seperti Folamil Genio, Blackmores, dan Natures Plus. Merek apa yang cocok untuk Anda?Untuk membantu Anda, kami akan mengulas poin-poin mengenai suplemen asam folat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya sekaligus menjelaskan cara yang tepat untuk mengonsumsi asam folat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran ada beberapa rekomendasi merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Tianshi, dan Blackmores. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penggemuk badan terbaik yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen BCAA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    BCAA adalah suplemen asam amino yang sangat penting untuk menjaga massa otot. Kini ada banyak suplemen BCAA dari merek lokal yang bagus, seperti ANS, FITLife, Evolene, L-Men, dan Muscle First. Bahkan, ada juga suplemen BCAA yang dibuat khusus para vegan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen BCAA terbaik pada Anda. Beragam ulasan suplemen BCAA dalam berbagai bentuk, rasa, dan harga sudah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, disimak!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori