10 Rekomendasi Garpu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Garpu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Selain sendok, garpu juga merupakan salah satu alat makan yang sering dipakai oleh anak. Tentunya garpu untuk anak Anda tidak sama dengan garpu yang biasa Anda gunakan. Setiap produsen menjual garpu dengan berbagai bahan yang berbeda. Anda pasti penasaran bahan manakah yang paling baik dan sering dibeli oleh banyak orang.

Oleh karena itu, kami akan memberitahu Anda bagaimana cara memilih garpu terbaik dan merekomendasikan 10 garpu berdasarkan produk yang sering digunakan dan review dari berbagai sumber. Mari temukan garpu terbaik untuk anak Anda.

Daftar isi

Cara memilih garpu untuk anak

Garpu merupakan salah satu alat makan yang digunakan oleh anak saat menyantap makanan setiap harinya. Berbagai macam garpu dijual di pasaran dengan bahan yang berbeda-beda. Tentunya Anda menginginkan garpu terbaik yang sesuai dengan anak sehingga mereka dapat menyantap makanan dengan lahap.

Begitu juga ketika anak sedang belajar menggunakan alat makan, garpu merupakan salah satu faktor penentu keberhasilannya. Walaupun desainnya bagus, apabila garpu tersebut masih sulit untuk dipakai oleh anak saat makan, maka garpu tersebut tidak berguna. Sangatlah penting bagi Anda memilih garpu yang mudah dipegang sampai anak dapat menggunakannya dengan baik.

Mari periksa material dari garpu tersebut. Apakah garpu tersebut terbuat dari plastik, stainless steel, atau kayu. Setiap bahan mempunyai karakteristik yang berbeda, jadi Anda harus jeli dalam memeriksanya. Oleh karena itu, mari kita simak bagaimana cara memilih garpu untuk anak!

Fokus pada materialnya

Mari kita mulai dari bahan pembuatan garpu tersebut. Biasanya garpu tersedia dengan bahan plastik, stainless steel, atau kayu. Kami akan memperkenalkan setiap bahan tersebut dengan kelebihan dan kekurangannya kepada Anda.

Bahan plastik, ringan dan mudah untuk digunakan

Bahan plastik, ringan dan mudah untuk digunakan

Garpu yang dibuat dengan menggunakan bahan plastik merupakan garpu paling sering digunakan oleh anak-anak. Manfaat dari garpu plastik adalah mudah digunakan dan sangat ringan ketika digunakan oleh anak. Selain itu, ujung dari garpu yang berbahan plastik tidak tajam sehingga tidak membahayakan anak Anda.

Baru-baru ini, salah satu bahan plastik yang cukup populer dan kualitasnya bagus adalah melamin. Melamin sering dijadikan sebagai bahan pembuatan peralatan makan untuk anak. Meskipun melamin merupakan plastik, bahan melamin sangat keras, kuat, tahan panas dan higienis.

Bahan stainless steel, dapat digunakan untuk waktu yang lama

Bahan stainless steel, dapat digunakan untuk waktu yang lama

Menggunakan garpu dari bahan stainless steel sangatlah menarik karena bahan ini sulit berkarat dan terasa bersih ketika menggunakannnya. Garpu dengan bahan ini memiliki ujung yang tajam sehingga sangat mudah bagi anak untuk menusuk makanannya.

Akan tetapi, garpu ini agak berbahaya untuk bayi karena ujungnya yang tajam. Oleh karena itu, garpu dari bahan ini lebih cocok bila digunakan oleh anak yang sudah terbiasa menggunakan garpu. Garpu dengan bahan stainless steel direkomendasikan untuk anak yang mulai bersekolah di playgroup dan taman kanak-kanak.

Bahan kayu, fashionable dan terasa hangat ketika digunakan

Bahan kayu, fashionable dan terasa hangat ketika digunakan

Garpu dengan bahan kayu akan terasa lembut dan hangat ketika dipegang serta dimasukkan ke mulut. Bahan kayu ini sangat direkomendasikan untuk bayi dan anak-anak.

Garpu berbahan kayu ini sangat populer karena memiliki desain dengan bentuk yang lucu dan fashionable. Anak Anda akan sangat menyukai garpu dengan bahan ini.

Pilihlah bentuk yang mudah untuk digunakan berdasarkan usia

Pilihlah bentuk yang mudah untuk digunakan berdasarkan usia

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih garpu adalah usia anak Anda ketika menggunakannya.

Untuk anak yang baru memasuki fase makan, yaitu sekitar usia 6 bulan, pastinya belum bisa memegang sendok dan garpu dengan baik. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena merupakan pembelajaran bagi anak agar terbiasa memegang alat makannya dengan lebih baik. Anda sebaiknya memilih garpu yang mudah untuk dipegang saat anak Anda berusia 6 bulan sampai 3 tahun. Selain itu, pilihlah garpu dengan bagian pegangan yang melengkung agar mudah untuk dipegang oleh tangan kecil anak.

Setelah berusia 3 tahun dan anak sudah terbiasa memegang garpu dengan baik, akan lebih baik untuk beralih pada garpu yang berfokus kepada kemudahan dalam menggunakannya sehingga anak dapat mengambil makanannya dengan kuat dan mudah.

Pilihlah yang ada wadahnya sehingga lebih praktis dan mudah dibawa

Pilihlah yang menggunakan wadah sehingga lebih praktis dan mudah dibawa

Ada alat makan yang dijual 1 set yang berisi sendok garpu dengan menggunakan wadah akan lebih mudah untuk dibawa. Ini sangat berguna karena Anda dapat menggunakannya di rumah ataupun saat bepergian ke luar, seperti ke mall, ke restoran, maupun saat piknik ke taman.

Alat makan ini sangat direkomendasikan bagi anak Anda yang akan memasuki sekolah playgroup dan TK karena akan memudahkan mereka dalam membawa dan alat makannya akan selalu terjaga dalam wadahnya agar tetap bersih.

10 Rekomendasi garpu terbaik untuk anak

Kami akan merekomendasikan 10 garpu terbaik untuk anak. Silakan Anda pilih garpu favorit untuk anak Anda berdasarkan bahan yang digunakan dan usia anak agar kegiatan makan mereka menjadi menyenangkan.

10. Gerang Wooden

10. Gerang Wooden

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 71.900

Masih zaman memakai garpu dengan desain monoton? Ganti dengan garpu ini!

Anda ingin garpu anak Anda menarik sehingga membosankan? Garpu dengan desain binatang yang lucu ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Garpu ini didesain dengan bentuk ikan di bagian pegangannya, tentunya akan menarik perhatian anak Anda untuk menggunakannya. Produk ini dijual satu set sendok dan garpu yang terbuat dari bahan kayu sawo berkualitas.

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan 5 set sendok dan garpu, lho! Walaupun ujung dari garpu ini tidak terlalu tajam, Anda tetap perlu mengawasi anak Anda ketika menggunakannya. Nafsu makan anak Anda pasti meningkat dengan garpu dengan estetika tinggi ini!

9. Tomme Tippee Travel Cutlery

9. Tomme Tippee Travel Cutlery

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 50.000

Lebih praktis dengan alat makan yang menggunakan wadah

Jika Anda ingin membawakan bekal untuk anak Anda, sebaiknya pilihlah yang tidak merepotkan atau malah mengganggu aktivitas si buah hati. Alat makan berbahan plastik ini dilengkapi dengan wadah yang sangat memudahkan Anda untuk membawanya ke mana-mana saat bepergian dengan anak. Produk ini tersedia dalam berbagai warna yang cerah sehingga anak tidak mudah lupa membawanya pulang!

Alat makan ini juga dapat terjaga kebersihannya dengan adanya wadah. Oleh karena itu, alat makan ini sangat cocok untuk digunakan oleh anak yang akan mulai untuk makan sendiri sekitar 6 bulan ke atas. Selain itu, pegangan garpu melengkung pada bagian belakangnya sehingga akan memudahkan anak Anda untuk memegangnya. Sangat membantu bukan, mom?

8. Nuby Fork and Spoon Monster

8. Nuby Fork and Spoon Monster

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Anak Anda bertangan kidal? Tak masalah!

Anak dianugerahi aneka ragam karakter yang unik, salah satunya bertangan kidal. Garpu ini dibuat dengan desain pegangan yang unik dengan bahan plastik sehingga mudah digunakan untuk anak Anda yang memiliki tangan kidal. Dengan warna dan karakter yang menarik, produk ini dapat menambah daya tarik bagi si anak saat makan.

Desain monster lucu yang akan menarik perhatian dan menambah semangat anak untuk makan karena ditemani monster kecilnya. Produk ini sangat cocok untuk anak Anda yang akan memulai makan sendiri, yaitu pada kisaran 6 bulan ke atas. Segera beli ya, Bunda!

7. IKEA Fabler

7. IKEA Fabler

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 94.900

Garpu ramah lingkungan yang bisa didaur ulang

Apabila Anda merupakan pecinta barang yang ramah lingkungan, produk ini sangat cocok untuk Anda. Produk ini dijual 1 set berisi isi sendok, garpu, dan pisau. Bahan yang digunakan pada garpu ini adalah stainless steel yang bisa didaur ulang. Jika anak Anda sudah tidak menggunakannya lagi, Anda dapat mendaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan. Anda tidak perlu bingung lagi dalam penyimpanan alat makan ini!

Garpu ini cocok digunakan oleh anak yang berusia 3 tahun ke atas. Garpu ini cukup panjang, yaitu 12 cm, dan memiliki mata garpu yang cukup tajam sehingga dapat memudahkan anak ketika menusuk makanannya. Selain itu, Anda dapat mencuci dengan tangan atau mesin cuci piring.

6. Boon Benders

6. Boon Benders

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.000

Kepala garpu yang bulat dapat membantu anak memasukkan makanan, lho!

Apabila anak Anda kesulitan untuk memasukkan makanan ke dalam mulutnya karena sulit memegang dengan arah yang benar, produk ini adalah solusinya! Kepala bagian garpu dan sendok yang melengkung dapat membantu anak memasukkan makanannya ke dalam mulut walaupun dipegang dari berbagai arah. Alat ini membantu anak pada masa transisinya untuk menggunakan peralatan makan biasa.

Selain itu, bagian dari garpu ini berbentuk agak bulat sehingga makanannya tidak mudah terjatuh dan anak Anda akan merasa sangat terbantu dengan alat makan ini. Peralatan makan ini dapat digunakan untuk usia 9 bulan ke atas. Selain itu, peralatan makan ini bebas dari zat-zat yang membahayakan anak. Alat makan ini sangat aman bukan?

5. Bersatu Kayu Sendok-Garpu

5. Bersatu Kayu Sendok-Garpu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Cintai produk dalam negeri. Tentu saja kualitasnya bersaing dengan produsen luar!

Apabila Anda mencari produk buatan Indonesia, produk ini menjadi salah satu alat makan yang dapat Anda beli. Garpu ini terbuat dari kayu kukun dengan panjang 21 cm. Produk ini dapat digunakan oleh anak yang berumur 4 tahun ke atas, dimana anak sudah terbiasa makan menggunakan sendok dan garpu sendiri.

Garpu ini sangatlah praktis karena menjadi satu bagian dengan sendok. Untuk penggunaannya, anak hanya perlu memutarnya saja sesuai dengan kebutuhan, ingin menggunakan garpunya saja atau sendoknya saja. Jika anak Anda ingin bepergian, anak cukup membawa alat makan ini saja karena sangat menghemat tempat. Akan tetapi, produk ini tidak mempunyai wadah khusus sehingga Anda harus mencari wadah khusus.

4. NTR Skip Hop Zootensils Monkeys

4. NTR Skip Hop Zootensils Monkeys

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 93.000

Garpu bergambar cutie monkey dengan warna yang menarik

Banyak peralatan makan yang dibuat dengan menggunakan bahan stainless steel yang dapat digunakan untuk umur 3 tahun ke atas. Namun, produk ini dibuat dengan menggunakan bahan stainless steel dan plastik yang dapat digunakan oleh anak berumur 1 tahun ke atas. Selain itu, produk ini tersedia dalam berbagai karakter binatang dengan warna yang sangat menarik sehingga anak Anda dapat memilih karakter binatang yang disukai.

Dengan ukuran yang tidak begitu panjang, sekitar 12 cm, garpu ini sangat mudah untuk dipegang oleh anak. Pegangan dari garpu ini sangat lembut, tidak akan menyakiti anak ketika mencengkramnya. Standar keamanan produk ini sudah teruji dan bebas dari zat-zat yang membahayakan untuk anak. Sangat menarik bukan?

3. Cocobolo Minn Wooden Cutlery

3. Cocobolo Minn Wooden Cutlery

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Buat anak? Utamakan keamanannya!

Jika Anda menyukai barang dengan menggunakan bahan kayu jati, peralatan makan ini sangatlah cocok dengan Anda. Sendok dan garpu ini terbuat dari bahan kayu jati dan material yang digunakan bertanda food grade, yang berarti material yang digunakan tidak akan mentransfer zat-zat berbahaya ke dalam makanan. Sangat aman bukan?

Bobot garpu ini ringan meskipun terbuat dari bahan kayu jati sehingga anak dapat memakainya dengan mudah. Bagian ujung garpu ini tidak terlalu tajam sehingga sangat cocok digunakan untuk makanan yang lembut atau tidak terlalu keras. Peralatan makan ini dapat digunakan oleh anak yang berumur 4 tahun ke atas, dimana anak sudah terbiasa menggunakan alat makan.

2. IKEA Kalas

2. IKEA Kalas

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 29.400

Tahan benturan dan tidak mudah tergores

Anak kecil pasti lagi aktif-aktifnya sehingga tak jarang peralatannya mudah rusak karena terbentur sesuatu. Alat makan dari IKEA ini dibuat dengan bahan yang tahan terhadap benturan serta anti gores sehingga tentu saja akan lebih awet. Anak Anda juga tidak akan kecewa saat garpunya jatuh karena tidak mudah rusak.

Produk IKEA Kalas ini dapat digunakan oleh anak yang berumur 3 tahun ke atas untuk mulai belajar makan tanpa bantuan orang tua. Produk ini dijual satu set lengkap dengan sendok dan pisau, dimana warnanya sangat menarik perhatian anak. Selain itu, produk ini terbuat dari bahan plastik yang aman untuk digunakan ketika makan.

1. Cooks Habit Kids Pilot Fork

1. Cooks Habit Kids Pilot Fork

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 50.900

Terbangkan makanan ke mulut anak dengan garpu unik ini

Untuk menyuapi si kecil kadang Anda membutuhkan berbagai macam cara karena napsu makannya yang berubah-ubah. Garpu pesawat dengan desain pesawat terbang ini bisa menjadi solusi yang menarik untuk membuat anak lebih mudah makan dan proses menyuapi juga lebih menyenangkan.

Bahan silikonnya membuat anak bisa dengan mudah memegangnya tanpa takut terjatuh. Dengan begitu, Anda bisa juga mengajari anak Anda untuk makan sendiri. Dimulai dengan bermain pesawat memakai garpu, tingkatkan minat anak Anda untuk makan dan menggunakan alat makannya sendiri.

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan tips cara memilih dan rekomendasi garpu yang kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan garpu yang terbaik untuk anak Anda gunakan? Pastikan bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan anak Anda dan mudah digunakan ketika memakainya.

Jangan lupa desain yang menarik dapat mendukung anak Anda untuk menggunakannya dan menambah semangat anak untuk memakan makanannya. Ciptakanlah suasana makan yang menyenangkan agar anak dapat makan dengan lahap. Apabila Anda masih bingung, Anda dapat mengacu pada artikel kami. Semoga Anda terbantu dalam menemukan garpu terbaik untuk anak Anda.