10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Puasa (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Masa Puasa

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Pada bulan tersebut umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan haus mulai dari sebelum subuh hingga magrib. Saat berpuasa, kita harus tetap menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat agar mampu menjalankan ibadah puasa sebaik mungkin.

Lalu, bagaimana agar tubuh kita tetap bugar dan sehat saat berpuasa? Konsumsi suplemen tambahan adalah salah satu jawabannya. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih suplemen terbaik untuk puasa, dan memberikan 10 rekomendasi produk tersebut untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih suplemen untuk puasa

Berpuasa bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan mengantuk saat berkegiatan, terutama pada awal masa puasa, saat tubuh kita masih menyesuaikan diri untuk berpuasa. Selama berpuasa, kita tetap harus menjaga makanan yang dikonsumsi untuk tetap seimbang. Selain itu, untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, kita bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

Pilihlah produk yang terjamin keamanannya

Pilihlah produk yang terjamin keamanannya

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin mengonsumsi suplemen tambahan adalah bahan pembuatnya. Pastikan bahan suplemen pilihan Anda halal dan aman. Bahan terbaik untuk suplemen adalah bahan alami yang bebas dari bahan-bahan aditif. Produk suplemen yang bagus akan mencantumkan komposisi dan kandungan yang terdapat di dalamnya pada bagian luar botol.

Selain itu, Anda perlu mengetahui jenis bahan baku dan cara pengolahannya agar bisa yakin produk tersebut halal, terutama produk-produk impor. Tidak ada salahnya jika Anda memang menyukai suplemen impor, atau kebetulan suplemen yang cocok adalah produk impor, asalkan Anda sudah memastikan bahan-bahannya halal untuk Anda konsumsi. Ada kemungkinan produk impor tidak akan mencantumkan tanda atau label halal, tetapi belum tentu isinya tidak halal. Maka dari itu, bacalah label produk tersebut dengan seksama sebelum membelinya.

Pilihlah yang sesuai dengan efek dan khasiat yang Anda inginkan

Saat berpuasa, kita harus tetap menjaga keseimbangan asupan makanan. Namun, keadaan perut kosong selama kurang lebih 12 jam mungkin akan mempengaruhi tubuh Anda, terutama bagi Anda yang tetap beraktivitas seperti biasa. Untuk itu, Anda memerlukan suplemen yang dapat mendukung kegiatan Anda selama berpuasa.

Vitamin C dan protein untuk menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C dan protein untuk menjaga daya tahan tubuh

Sahur biasanya dimulai pukul 3 pagi hingga masuk waktu imsak. Saat sahur, Anda disunahkan untuk makan sebagai persiapan menjalani puasa hari itu. Ada beberapa jenis suplemen yang bisa Anda konsumsi pada saat sahur. Suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur adalah suplemen yang mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari.

Salah satunya adalah suplemen vitamin C yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh saat puasa di hari tersebut. Selain itu, vitamin C juga baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Suplemen lainnya yang juga disarankan adalah suplemen yang mengandung serat dan protein tinggi yang memberikan efek kenyang lebih lama. Sebaiknya suplemen ini dikonsumsi saat perut kosong di waktu sahur.

Multivitamin yang menjaga keseimbangan asupan gizi

Multivitamin yang menjaga keseimbangan asupan gizi

Untuk menjamin terjaganya keseimbangan asupan gizi selama berpuasa, ada baiknya bila Anda mengonsumsi suplemen multivitamin secara teratur. Menu buka puasa cenderung manis dan berlemak, yang tentunya menggugah selera tetapi belum tentu bergizi. Karena itu, suplemen multivitamin akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Anda yang tak begitu suka makan sayuran dan buah, atau Anda yang cenderung tidak mengonsumsi sayur dan buah selama masa puasa, tentunya akan terbantu dalam memenuhi kebutuhan multivitamin harian Anda dengan mengonsumsi suplemen multivitamin atau suplemen pengganti sayuran yang rasanya enak di lidah. Akhir-akhir ini, suplemen dalam bentuk minuman smoothies pun mulai banyak beredar, yang pastinya menyegarkan dan nikmat untuk diminum saat berbuka.

Minuman isotonik untuk menjaga keseimbangan ion tubuh

Minuman isotonik untuk menjaga keseimbangan ion tubuh

Saat berpuasa, keseimbangan ion tubuh berubah dan risiko dehidrasi meningkat. Anda bisa menjaga agar ion tetap seimbang dengan mengonsumsi minuman isotonik yang bersifat elektrolit. Minuman ini akan mengembalikan keseimbangan ion tubuh sekaligus menambah energi. Perlu diingat, minuman isotonik buatan dengan tambahan gula tidak baik dikonsumsi setiap hari selama berpuasa. Pilihlah minuman isotonik alami, seperti air kelapa.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk masa puasa

Anda membutuhkan suplemen tambahan untuk menunjang kegiatan Anda selama bulan puasa? Berikut kami hadirkan 10 rekomendasi produk suplemen terbaik untuk masa puasa. Selamat memilih!

10. Cocoday The Real Coconut Water 250 ml x 24 kotak

10. Cocoday The Real Coconut Water 250 ml x 24 kotak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 105.000

Segarkan kembali tubuh Anda, dengan asupan minuman isotonik alami!

Pada saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama sekitar 12 jam. Jika kita tidak mempersiapkan dengan baik saat sahur, ada kemungkinan tubuh akan mengalami dehidrasi, lemas, dan tidak berenergi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa sebagai minuman isotonik yang baik bagi tubuh Anda.

Produk ini terbuat dari air kelapa asli yang menyegarkan, merupakan cairan isotonik alami tanpa adanya tambahan pemanis. Selain menyeimbangkan ion tubuh, minuman suplemen  ini juga memberi energi, dan melancarkan pencernaan. Inilah minuman isotonik yang cocok untuk diminum setiap hari saat berpuasa.

9. Synbio Suplemen Probiotik dan Prebiotik

9. Synbio Suplemen Probiotik dan Prebiotik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 129.000

Puasa lancar, perut pun senang ditemani bakteri baik

Berpuasa dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Untuk menjaganya, Anda dapat mengonsumsi produk suplemen berisi probiotik dan prebiotik ini. Kandungan probiotiknya mampu menjaga kesehatan pencernaan dalam usus dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, prebiotiknya dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menurunkan patogen dalam tubuh.

Anda yang memiliki perut sensitif dan yang pencernaannya kerap kali terganggu selama masa puasa, tentunya akan merasakan manfaat suplemen ini. Apalagi bila Anda sering berbuka dengan makanan yang kadar lemak dan garamnya tinggi yang berpotensi meningkatkan bakteri jahat dalam usus. Tentunya Anda takkan melewatkan suplemen yang satu ini.

8. GNC Women’s Ultra Mega 90

8. GNC Women’s Ultra Mega 90

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 390.000

Ingin kulit tetap terjaga kesegarannya selama puasa? Ini multivitaminnya

Multivitamin ini ditujukan terutama untuk dikonsumsi oleh wanita. Saat berpuasa, kekurangan cairan bisa membuat kulit kita kering dan kusam. Untuk itu, kandungan biotin pada multivitamin ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan kulit agar tetap segar dan elastis selama berpuasa.

Berbentuk pil berukuran kecil, suplemen ini mudah untuk dikonsumsi dengan dosis dua tablet sehari. Produk ini disarankan untuk dikonsumsi sebelum makan, atau tepatnya saat sebelum makan sahur ketika Anda akan berpuasa. Kulit Anda tentu perlu nutrisi dari dalam juga, bukan hanya dari kosmetik perawatan kulit. Apalagi di masa puasa, pastikan Anda tetap memelihara kulit cantik Anda.

7. Sea-Quill Alfalfa

7. Sea-Quill Alfalfa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 345.000

Sakit maag tak lagi jadi penghalang untuk berpuasa

Suplemen ini terbuat dari Alfalfa, yaitu tanaman kacang-kacangan yang sudah terkenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi. Produk ini kaya akan vitamin dan mineral serta asam amino yang penting bagi tubuh. Semua zat aktif ini bekerja secara berkesinambungan dalam membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh penderita sakit maag.

Tentunya para penderita sakit maag tak ingin ibadah puasanya terganggu, bukan? Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat maag, cobalah untuk mengonsumsi suplemen ini secara teratur setelah Anda makan sahur. Efeknya yang menenangkan lambung selama Anda berpuasa tentunya akan meringankan gejala maag sehingga ibadah puasa Anda tidak akan terganggu!

6. Nature Made Super B Complex

6. Nature Made Super B Complex

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 275.000

Delapan macam vitamin B yang menunjang aktivitas Anda selama berpuasa

Saat berpuasa, terkadang badan terasa lemas dan membuat kita malas beraktivitas. Suplemen vitamin B kompleks yang mengandung 8 jenis vitamin B ini tentunya akan membantu Anda untuk tetap segar bugar sehingga tidak mengganggu aktivitas walaupun Anda sedang berpuasa. Sebaiknya diminum setelah berbuka, karena vitamin B1 dan B6 dapat meningkatkan nafsu makan sehingga tak cocok dikonsumsi saat sahur.

Vitamin B kompleks membantu tubuh mengatur pencernaan, mengatur produksi energi, meningkatkan konsentrasi dan memori. Anda yang harus beraktivitas sepanjang hari, baik belajar di sekolah, di universitas, maupun aktif bekerja, tentunya tidak ingin produktivitas menurun selama berpuasa, bukan? Untuk itu, cobalah suplemen ini dan rasakan manfaatnya!

5. Doctor’s Best Pure Way-C

5. Doctor’s Best Pure Way-C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 229.000

Jaga daya tahan tubuh Anda dengan vitamin C dosis tinggi dan bioflavonoid

Produk suplemen ini mengandung 1000 mg vitamin C pada setiap kapsulnya. Vitamin C dosis tinggi ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tidak lemas, mudah konsentrasi, dan tidur lebih nyenyak. Suplemen vitamin C akan mengoptimalkan ibadah puasa Anda karena daya tahan tubuh Anda akan meningkat dan Anda pun akan tetap bugar selama berpuasa. Cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Vitamin C dan bioflavonoid dari PureWay-C berbeda dengan suplemen vitamin C lainnya. Produk ini dirancang agar lebih mudah diserap tubuh dan mampu menetralisir radikal bebas dengan lebih efektif, dibanding produk lain yang sejenis. Suplemen ini terbuat dari bahan vegan dan aman dikonsumsi karena bersifat organik sehingga kehalalannya pun terjamin. Minumlah suplemen ini agar Anda tidak mudah sakit saat berpuasa.

4. Vitacare Natural Squalene

4. Vitacare Natural Squalene

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 307.000

Lemah, letih, lesu saat puasa hilang dengan kapsul minyak ikan ini

Sering merasa lemas dan mengantuk saat berpuasa? Mungkin Anda kekurangan asupan karbohidrat sehingga kandungan oksigen dalam darah berkurang. Hal ini bisa dihindari dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan.

Minyak ikan atau squalene dikatakan dapat menambah kadar oksigen pada tubuh Anda. Oleh karena itu, produk ini dapat membantu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dan menghilangkan asam laktat penyebab letih dan lesu. Produk ini mengandung minyak ikan alami sehingga aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. Tentunya aman juga untuk dikonsumsi umat Islam yang berpuasa.

3. Blackmores Kids Body Shield

3. Blackmores Kids Body Shield

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 200.000

Si kecil mulai berpuasa? Bantu si kecil agar tetap sehat!

Anak Anda sudah mulai berpuasa? Awalnya mungkin tidak mudah bagi anak-anak untuk berpuasa. Namun, setelah terlatih anak Anda pasti lancar berpuasa. Pastikan Anda tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak saat berpuasa dengan asupan vitamin A, C, D, E dan mineral zinc dari suplemen tambahan ini.

Tablet multivitamin ini mudah dikonsumsi karena berupa tablet kunyah dengan rasa jeruk. Si kecil pasti akan menyukainya! Suplemen ini bisa dikonsumsi anak usia 2 hingga 12 tahun. Jangan khawatir, tablet ini tidak akan merusak gigi anak karena pemanisnya terbuat dari xylitol (pemanis alami). Pastikanlah asupan kebutuhan vitamin dan mineral anak Anda tercukupi selama masa puasa.

2. Naturelo Raw Greens Whole Food Powder

2. Naturelo Raw Greens Whole Food Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 810.000

Cara mudah memenuhi kebutuhan sayur dan buah harian Anda

Suplemen dari berbagai sayuran dan buah ini menawarkan tambahan nutrisi yang membuat sistem imun Anda meningkat, menambah energi, menjaga pencernaan, memberikan fungsi anti-aging, anti-stress, dan detoksifikasi. Suplemen ini 100% organik, tidak mengandung gelatin, tambahan gula, pengawet, maupun pewarna buatan sehingga aman untuk dikonsumsi oleh umat Islam.

Suplemen ini tersedia dalam bentuk bubuk. Jadi, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman atau smoothies untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah selama berpuasa. Bagi Anda yang tidak menyukai sayur, suplemen ini bisa jadi pilihan yang tepat. Tentunya suplemen tipe ini akan membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Patut dicoba, kan?

1. Nature’s Way Alive! Once Daily Ultra Potency

1. Nature’s Way Alive! Once Daily Ultra Potency

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 435.000

Multivitamin impor yang halal untuk tambahan gizi saat berpuasa

Suplemen super lengkap yang kaya vitamin dan mineral, enzim pencernaan, sayuran dan jamur organik ini pastinya akan mendukung kesehatan Anda selama berpuasa. Hebatnya, produk ini tidak mengandung pengawet, pewarna, maupun perasa buatan! Untuk Anda yang kesulitan menjaga keseimbangan nutrisi dari makanan saat sahur dan berbuka puasa, inilah suplemen yang cocok bagi Anda!

Dibuat untuk orang dewasa, Anda bisa mengonsumsi suplemen ini sekali sehari. Di bulan puasa, sebaiknya multivitamin ini dikonsumsi setelah makan saat berbuka puasa. Meskipun produk ini adalah produk impor, Anda tidak perlu khawatir dengan kehalalannya karena Nature’s Way memiliki sertifikat halal dari Ifanca (Islamic Food and Nutrition Council of America) untuk produk-produknya.

Pastikan konsumsi suplemen tidak berlebihan

Pastikan konsumsi suplemen tidak berlebihan

Suplemen artinya adalah sesuatu yang ditambahkan untuk melengkapi. Ini berarti suplemen hanya diperlukan jika Anda merasa asupan nutrisi Anda saat berpuasa kurang seimbang. Anda tidak memerlukannya jika pola makan dan menu Anda sudah seimbang.

Jangan lupa untuk memperhatikan dosis dan takaran suplemen yang tepat dan sesuai untuk kondisi tubuh Anda. Selain itu, hanya konsumsi suplemen yang memang diperlukan tubuh Anda. Bagaimana cara mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh kita? Jika Anda merasa kurang fit atau mudah sakit, periksakan ke dokter dan pastikan apa yang tubuh Anda butuhkan untuk bagi kesehatan Anda dan kelancaran berpuasa.

Kesimpulan

Tentu saja Anda ingin mempersiapkan ibadah puasa sebaik mungkin bukan? Anda bisa bersiap dengan suplemen tambahan sejak sebelum bulan puasa dan melanjutkan konsumsi sesuai kebutuhan setelah bulan puasa. Pastikan dosisnya sesuai dan suplemen yang dikonsumsi memang dibutuhkan tubuh Anda. Puasa dengan tubuh segar dan sehat bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Selamat beribadah puasa dan tetap sehat, ya!