• 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Terbaik untuk Puasa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Pada bulan puasa, umat Islam diwajibkan menahan lapar dan haus mulai dari menjelang fajar hingga magrib. Saat berpuasa, tubuh harus dijaga agar senantiasa sehat dan bugar sehingga mampu menjalankannya sebaik mungkin. Konsumsi suplemen atau vitamin tambahan adalah salah satu cara menjaga tubuh agar tidak lemas saat berpuasa.


Karena itu, kali ini kami akan membantu Anda menemukan suplemen terbaik untuk puasa dengan membahas tips memilihnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi suplemen dari merek yang bagus, seperti Synbio, Blackmores, dan Wellness. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya.


Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen untuk puasa

Berpuasa bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan mengantuk saat berkegiatan. Kondisi ini biasanya muncul pada awal masa puasa karena tubuh masih dalam tahap menyesuaikan diri. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Agar mendapatkan suplemen yang tepat, perhatikanlah hal-hal berikut.

Pastikan produk sudah terjamin keamanannya

Pastikan produk sudah terjamin keamanannya

Hal paling penting yang patut dipertimbangkan saat memilih suplemen adalah komposisi bahannya. Pastikan suplemen yang Anda pilih mengandung komposisi bahan yang telah diizinkan oleh regulator yang berwenang.


Selain memeriksa komposisi bahan, pilihlah suplemen dengan kemasan yang baik dan memiliki informasi yang jelas. Berikut adalah daftar informasi yang perlu Anda pastikan.


  • Nama produk, nama industri, nama pemberi lisensi, dan nomor izin edar.
  • Kode produksi dan tanggal kedaluwarsa.
  • Ukuran, isi, dan berat bersih.
  • Komposisi, manfaat, aturan pakai, dan kontra indikasi.
  • Efek samping dan peringatan jika ada.
  • Aturan penyimpanan.
  • Informasi lain yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan Indonesia.

Pilihlah khasiat sesuai dengan yang Anda inginkan

Agar dapat beraktivitas dengan lancar, Anda perlu menjaga keseimbangan asupan makanan. Namun, perut akan kosong selama kurang lebih 12 jam sehingga memengaruhi tubuh Anda saat berpuasa. Untuk itu, Anda memerlukan suplemen yang dapat mendukung kegiatan Anda selama berpuasa.

Vitamin C dan protein, untuk menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C dan protein, untuk menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C menjadi salah satu zat gizi yang direkomendasikan bagi orang yang berpuasa. Vitamin yang esensial ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Karena itu, pemenuhan kebutuhan vitamin C sangat dianjurkan.


Peran vitamin C sebagai antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mencegah kekurangan zat besi dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.


Selain itu, suplemen yang mengandung protein juga bisa dikonsumsi selama puasa. Suplemen protein dapat memberi kebutuhan energi. Kandungan tinggi protein juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Vitamin D, untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin D, untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin D membantu pengaturan jumlah mineral kalsium dan fosfat di dalam tubuh. Mineral ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang yang bisa mengakibatkan tulang lemah dan mudah patah.

Vitamin B kompleks, untuk melancarkan metabolisme tubuh

Vitamin B kompleks, untuk melancarkan metabolisme tubuh

Vitamin B kompleks terdiri dari kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B7 atau asam folat, dan B12. Setiap vitamin tersebut berkontribusi pada kesehatan tubuh. Pada dasarnya, manfaat vitamin B adalah sebagai berikut.


  • Mencegah infeksi.
  • Membantu kesehatan sel dan pertumbuhan sel darah merah.
  • Membantu pengaturan energi, nafsu makan, serta produksi hormon.
  • Menjaga kesehatan mata, saluran pencernaan, dan sistem saraf tubuh.

Zink, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Zink, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Zink termasuk salah satu zat gizi esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sebab itu, Anda harus memenuhi kecukupannya dari makanan atau suplemen. Zink berperan penting dalam pengaturan tiga ratus enzim yang membantu proses metabolisme tubuh.


Selain itu, zink memiliki peran dalam perkembangan sel-sel tubuh yang membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan stres oksidatif dalam tubuh. Zink juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan inflamasi, serta proses penyembuhan luka.

Multivitamin, untuk menjaga keseimbangan asupan gizi

Multivitamin, untuk menjaga keseimbangan asupan gizi

Suplemen multivitamin merupakan kombinasi dari beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam satu suplemen atau tablet. Karena kandungannya yang beragam, multivitamin dapat mengimbangi pola makan.


Ketika berpuasa, asupan makanan yang dikonsumsi menjadi tidak sebanyak biasanya. Oleh karenanya, pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral dianjurkan melalui multivitamin.

Minuman isotonik, untuk menjaga keseimbangan ion tubuh

Minuman isotonik, untuk menjaga keseimbangan ion tubuh

Puasa yang berlangsung lebih dari 8 jam tanpa makan dan minum dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan asupan cairan. Dengan begitu, risiko ketidakseimbangan ion dalam tubuh dan dehidrasi meningkat. Nah, minuman isotonik dapat membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.


Satu hal yang perlu diingat dari minuman isotonik adalah tidak hanya mengandung cairan dan elektrolit. Ada juga kandungan gula sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan. Meskipun demikian, Anda bisa memilih minuman isotonik alami, seperti air kelapa muda.

Perhatikan efek samping dan aturan penggunaannya

Perhatikan efek samping dan aturan penggunaannya

Setiap suplemen memiliki efek samping yang spesifik. Efek samping merupakan reaksi yang tidak diinginkan ketika mengonsumsi suatu suplemen atau obat. Efek samping yang muncul pun berbeda-beda pada setiap orang.


Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya efek samping, seperti dengan membaca informasi di kemasan suplemen. Setiap suplemen biasanya dilengkapi kemasan yang menjelaskan efek samping, aturan penggunaan, serta dosis anjuran.


Mengonsumsi suplemen sesuai dosis yang dianjurkan juga bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya efek samping. Jika efek samping tersebut memperparah kondisi Anda, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter dan tenaga kesehatan profesional.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk puasa

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen terbaik untuk puasa yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

10

Natures ProductsSEA-QUILL Green Food Power ALFALFA

Mulai dari Rp 317.000,00

Isi50 tablet
KomposisiEkstrak daun alfalfa 500 mg
Aturan penggunaan3 tablet per hari
Aman untuk ibu hamil / menyusui×
9
Isi30 kapsul
KomposisiLactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium longum sebanyak 5 milyar CFU ・ FOS (Fructooligosaccharide) 60 mg
Aturan penggunaan2 kapsul per hari sebelum makan
Aman untuk ibu hamil / menyusui✔︎ (Ibu hamil mulai dari trimester ketiga)
8

Natural NutrindoWellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day

Mulai dari Rp 210.000,00

Isi30 tablet, 60 tablet, 120 tablet
KomposisiVitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, vitamin B (B1, B2, B6, B12), hesperidin complex, citrus bioflavonoids, kalsium, magnesium, zat besi, dan lain-lain
Aturan penggunaan2 tablet per hari sesudah makan
Aman untuk ibu hamil / menyusui×
7

Suryaprana NutrisindoC+Plus Nutrimax

DRB-00191

Mulai dari Rp 165.000,00

Isi30 tablet, 60 tablet
KomposisiVitamin C, calcium ascorbate, zink, bioflavonoid, kalsium, beta 1.3 & 1.6 glukan
Aturan penggunaan1 tablet per hari sesudah makan
Aman untuk ibu hamil / menyusuiTidak disebutkan
6
Isi250 ml, 330 ml, 500 ml, 1 lt
KomposisiAir kelapa (95%), sukrosa, perisa identik alami kelapa, penstabil gom xanthan, dan pengatur keasaman asam sitrat
Aturan penggunaanSesuai kebutuhan
Aman untuk ibu hamil / menyusui✔︎
5
Isi30 tablet
KomposisiVitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat) vitamin B12 (kobalamin).
Aturan penggunaan1–2 tablet per hari sesudah makan
Aman untuk ibu hamil / menyusui✔︎
4
Isi7 gummies, 30 gummies
KomposisiVitamin C, vitamin D, vitamin E, zink, selenium, vitamin B kompleks
Aturan penggunaan1 gummy per hari
Aman untuk ibu hamil / menyusui✔︎
3

Catalent AustraliaBlackmores Koalakids Body Shield

Mulai dari Rp 230.000,00

Isi60 tablet
KomposisiVitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zink
Aturan penggunaan2 tablet per hari sesudah makan
Aman untuk ibu hamil / menyusuiTidak disebutkan
2
Isi1 tablet, 10 tablet, 15 tablet, 20 tablet
KomposisiVitamin C, vitamin D, zink
Aturan penggunaan1 tablet per hari
Aman untuk ibu hamil / menyusui✔︎
1

Soho Global HealthImboost Effervescent With Vitamin C

Mulai dari Rp 44.000,00

Isi8 tablet
KomposisiEchinacea purpurea herbal dry juice concentrate, zinc picolinate, vitamin C
Aturan penggunaan1–2 tablet per hari
Aman untuk ibu hamil / menyusui×

Tabel perbandingan produk suplemen terbaik untuk puasa

Gambar produk
1
Soho Global Health Imboost Effervescent With Vitamin C 1

Soho Global Health

2
Bayer Redoxon Triple Action 1

Bayer

3
Catalent Australia Blackmores Koalakids Body Shield 1

Catalent Australia

4
Youvit Multivitamin Gummy 1

Youvit

5
Suryaprana Nutrisindo B Complex Nutrimax 1

Suryaprana Nutrisindo

6
Kalbe Farma Hydro Coco 1

Kalbe Farma

7
Suryaprana Nutrisindo C+Plus Nutrimax 1

Suryaprana Nutrisindo

8
Natural Nutrindo Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day 1

Natural Nutrindo

9
Kalbe Farma Synbio 1

Kalbe Farma

10
Natures Products SEA-QUILL Green Food Power ALFALFA 1

Natures Products

Nama produk

Imboost Effervescent With Vitamin C

Redoxon Triple Action

Blackmores Koalakids Body Shield

Multivitamin Gummy

B Complex Nutrimax

Hydro Coco

C+Plus Nutrimax

Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day

Synbio

SEA-QUILL Green Food Power ALFALFA

Keunggulan

Support daya tahan tubuh Anda dengan cara yang menyegarkan!

Dapatkan manfaat vitamin C, vitamin D, dan zink dalam satu produk!

Si kecil mulai berpuasa? Cukupi kebutuhan vitamin dan mineralnya!

Stabilkan energi Anda selama berpuasa dengan gummy yang manis

Didukung delapan macam vitamin B, puasa pun lancar

Tubuh kembali segar dengan asupan minuman isotonik alami!

Vitamin C yang ampuh untuk kekebalan tubuh

Jangan biarkan anemia mengganggu puasa Anda

Suplemen probiotik untuk kesehatan pencernaan

Sakit mag tak lagi jadi penghalang untuk berpuasa

Harga mulai dariRp 44.000,00Rp 17.000,00Rp 230.000,00Rp 19.900,00Rp 165.000,00Rp 7.300,00Rp 165.000,00Rp 210.000,00Rp 132.000,00Rp 317.000,00
Isi8 tablet1 tablet, 10 tablet, 15 tablet, 20 tablet60 tablet7 gummies, 30 gummies30 tablet250 ml, 330 ml, 500 ml, 1 lt30 tablet, 60 tablet30 tablet, 60 tablet, 120 tablet30 kapsul50 tablet
KomposisiEchinacea purpurea herbal dry juice concentrate, zinc picolinate, vitamin CVitamin C, vitamin D, zinkVitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinkVitamin C, vitamin D, vitamin E, zink, selenium, vitamin B kompleksVitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat) vitamin B12 (kobalamin).Air kelapa (95%), sukrosa, perisa identik alami kelapa, penstabil gom xanthan, dan pengatur keasaman asam sitratVitamin C, calcium ascorbate, zink, bioflavonoid, kalsium, beta 1.3 & 1.6 glukanVitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin E, vitamin B (B1, B2, B6, B12), hesperidin complex, citrus bioflavonoids, kalsium, magnesium, zat besi, dan lain-lainLactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium longum sebanyak 5 milyar CFU ・ FOS (Fructooligosaccharide) 60 mgEkstrak daun alfalfa 500 mg
Aturan penggunaan1–2 tablet per hari1 tablet per hari2 tablet per hari sesudah makan1 gummy per hari1–2 tablet per hari sesudah makanSesuai kebutuhan1 tablet per hari sesudah makan2 tablet per hari sesudah makan2 kapsul per hari sebelum makan3 tablet per hari
Aman untuk ibu hamil / menyusui×✔︎Tidak disebutkan✔︎✔︎✔︎Tidak disebutkan×✔︎ (Ibu hamil mulai dari trimester ketiga)×
Tautan produk

Pastikan konsumsi suplemen tidak berlebihan

Pastikan konsumsi suplemen tidak berlebihan

Perlu diingat bahwa suplemen tidak dikonsumsi untuk menggantikan keseluruhan asupan zat gizi dari pola makan. Suplemen hanya berfungsi untuk melengkapi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, suplemen dikonsumsi dalam kondisi saat benar-benar dibutuhkan dan dengan dosis yang dianjurkan. Konsumsi suplemen yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal

Selama masa puasa, pola makan pasti mengalami perubahan karena adanya pembatasan dalam waktu tertentu. Sebab itu, perlu adanya penyesuaian pola makan saat berpuasa. Berikut beberapa hal yang bisa menunjang kesehatan dan pola makan Anda selama masa puasa.


  1. Konsumsi pola makan yang baik saat sahur

Saat sahur, pilihlah makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Penting juga untuk memperhatikan cara pengolahannya. Makanan yang diolah dengan digoreng cenderung membuat Anda lebih cepat haus dan lapar. Maka dari itu, pengolahan dengan dikukus atau direbus lebih dianjurkan.


  1. Berbuka puasa dengan makanan dalam porsi kecil

Setelah berpuasa lebih dari 8 jam, tentu saja tubuh Anda merasa lapar. Namun, perlu diingat bahwa menjaga pola makan yang baik saat berbuka puasa juga penting. Setelah seharian tidak makan dan minum, ada baiknya Anda berbuka puasa dengan perlahan dan dalam porsi kecil lebih dahulu.


Anda bisa mengawali dengan buah-buahan sebagai makanan ringan yang manis, seperti melon dan semangka. Konsumsi buah-buahan dalam porsi kecil berguna untuk meningkatkan kadar gula darah secara bertahap. Hindari juga berbuka puasa dengan porsi yang terlalu banyak karena akan menimbulkan masalah pencernaan.


  1. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan buka puasa

Konsumsi air putih yang cukup saat sahur sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama masa puasa. Saat buka puasa, Anda juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Minumlah air putih yang cukup setelah berpuasa selama lebih dari 8 jam.

Baca juga rekomendasi produk suplemen lainnya di sini

Anda mungkin juga membutuhkan suplemen selain untuk puasa. Kami pun mempunyai rekomendasi produk suplemen lain, seperti suplemen spirulina, suplemen magnesium, dan suplemen vitamin B kompleks. Yuk, simak ulasannya dari kami melalui link berikut!

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi produk suplemen yang kami susun untuk Anda. Tentu Anda ingin menjalani ibadah puasa sebaik mungkin, bukan? Untuk itu, persiapkanlah suplemen tambahan sebelum bulan puasa dimulai dan konsumsilah sesuai kebutuhan.


Puasa dengan tubuh segar dan sehat bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Silakan gunakan penjelasan dalam artikel ini saat hendak memilih produk, ya. Sampai bertemu di artikel lainnya dan selamat menjalankan ibadah puasa!

Artikel terkait

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi wanita, perubahan kondisi fisik yang terjadi selama masa pramenstruasi dan saat menstruasi sangatlah mengganggu. Ada berbagai cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen saat haid.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai merek suplemen saat haid yang bisa Anda pilih. Anda akan menemukan suplemen saat haid yang bagus seperti Blackmores, Nutrimax, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Yuk, baca artikelnya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Glukosamin Terbaik -- Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Glukosamin membantu persendian sehingga dapat bergerak lebih aktif. Sayangnya, glukosamin alami akan berkurang seiring dengan pertambahan usia sehingga dibutuhkan tambahan suplemen. Ada banyak merek vitamin glucosamine yang bagus di pasaran, seperti Blackmores, Swanson, Puritan’s Pride, dan lainnya.Jika Anda sedang bingung mempertimbangkan merek mana yang akan Anda pilih, kami akan memberikan solusinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar cara memilih suplemen glucosamine terbaik serta memberikan beberapa produk rekomendasinya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Jadi, selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Krill Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krill Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Suplemen krill oil adalah suplemen yang kaya akan asam lemak Omega-3. Suplemen ini baik untuk menjaga kesehatan sendi, jantung, pembuluh darah, dan lain-lain. Bau amis yang lebih ringan daripada minyak ikan membuat suplemen ini lebih banyak dipilih.Anda dapat menemukan berbagai merek suplemen krill oil yang bagus, seperti Kalbe Farma, Puritan's Pride, Bioglan, Bronson, dan lainnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen krill oil. Tidak perlu bingung karena kami akan memberikan tips cara memilih suplemen krill oil terbaik dalam artikel berikut.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Tryptophan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Tryptophan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tryptophan adalah asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Fungsi suplemen tryptophan di antaranya meningkatkan kualitas tidur. Salah satu jenis protein ini juga berperan dalam pengendalian nafsu makan dan mood. Nah, Anda bisa mendapatkan tryptophan dari makanan atau suplemen.Dari banyaknya produk suplemen tryptophan di pasaran, kami akan membantu Anda mendapatkan suplemen tidur terbaik. Kami akan menjelaskan tentang fungsi tryptophan untuk kesehatan serta cara memilih suplemen tryptophan yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi suplemen tryptophan. Ada merek Now Foods, Natrol, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Yuk, disimak!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk mengiringi sesi workout dan latihan fisik, konsumsi suplemen perlu dipertimbangkan. Salah satu suplemen untuk fitness dan olahraga yang banyak dikonsumsi adalah suplemen creatine. Secara medis, suplemen creatine juga memberikan banyak manfaat bagi Anda.Kali ini kami akan memaparkan lebih jauh tentang cara memilih suplemen creatine terbaik untuk Anda. Setelahnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek yang bagus, seperti ANS Performance, Optimum Nutrition, hingga Evolene. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Mari simak pembahasannya dari kami hingga tuntas!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak mulai dari trimester 1 hingga trimester 3. Selain makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, serta proses tumbuh kembang calon bayi.Jika Anda sedang mencari produk vitamin yang bagus untuk ibu hamil, simaklah artikel ini. Kami akan mengulas cara memilih suplemen serta produk rekomendasi dari Blackmores, Folamil Genio, dan merk terkenal lainnya. Tidak lupa, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Propolis merupakan zat yang dibuat oleh lebah madu untuk melindungi sarang mereka. Selain berkhasiat sebagai antibakteri dan antioksidan, propolis juga dapat meningkatkan imunitas. Saat ini, sudah banyak propolis kemasan yang siap dikonsumsi. Anda akan menemukan macam-macam propolis, seperti propolis tablet, cair, hingga spray dengan khasiatnya yang beragam.Nah, di artikel ini, kami akan mengulas beberapa merek propolis terbaik, seperti Melia Propolis, HNI, Blackmores, dan Moment Propolis. Yuk, dapatkan rekomendasi propolis yang bagus di sini. Sebelum itu, simak dahulu poin-poin penting yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli propolis berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan vitamin mata dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tambahan suplemen mata untuk memastikan mata memperoleh asupan vitamin. Di pasaran tersedia berbagai merek vitamin mata, seperti Eyevit, Blackmores, dan Sidomuncul. Untuk memudahkan Anda memilih, berikut ini kami berikan tips memilih vitamin mata yang bagus untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk vitamin mata yang bisa Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak artikel ini sampai selesai dan temukan produk terbaiknya!
    Vitamin & suplemen
  • Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2022)
    10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2022)
    Apakah Anda ingin mendapatkan tubuh atletis, tetapi latihan yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal? Salah satu solusinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Kini suplemen pembentuk dan penambah massa otot tidak hanya digunakan oleh atlet, tetapi juga masyarakat umum.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot yang bagus. Kami juga membagikan rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti BPI Sport, Twinlab, dan Ultimate Nutrition. Jangan lewatkan juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori