10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2018)

Bagi sebagian orang yang memiliki kulit wajah kering, menjadi penting untuk menggunakan sabun muka yang dapat melembapkan. Mengapa demikian? Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering, kulit cenderung menjadi lebih kering dan kesat terutama setelah mencuci muka. Hal ini disebabkan oleh kandungan detergen atau pembersih di dalam sabun wajah yang dapat menurunkan kelembapan kulit.

Kandungan seperti madu atau shea butter dapat membantu Anda dalam mengatasi kulit wajah yang kering. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sabun muka batangan yang diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering. Sebelum itu, mari sama-sama kita cari tahu dahulu apa saja poin penting dalam memilih sabun muka batangan untuk kulit kering.

Daftar isi

Cara memilih sabun muka batangan untuk kulit kering

Agar Anda dapat menemukan sabun muka batangan terbaik untuk kulit kering, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mari kita simak bersama!

Pilih produk dengan kandungan surfaktan yang tidak berlebihan

Pilih produk dengan kandungan surfaktan yang tidak berlebihan

Ada dua jenis surfaktan yang merupakan bahan utama sabun muka, yaitu surfaktan sintetis dan surfaktan alami. Surfaktan sintetis diperoleh dari kandungan minyak bumi dan batu bara yang memiliki tingkat detergen cukup kuat. Biasanya kandungan ini juga ditemukan di dalam produk sabun pencuci piring atau pencuci pakaian. Sabun muka dengan kandungan surfaktan sintetis tidak cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering karena dapat menghilangkan sebum yang diperlukan sehingga kulit semakin kering.

Sebaliknya, surfaktan alami yang terbuat dari kandungan hewani dan nabati, seperti lemak sapi, minyak zaitun, atau minyak kelapa, cocok untuk jenis kulit muka kering. Hal ini karena surfaktan alami mengandung sedikit kandungan detergen sehingga dapat menghindarkan iritasi akibat kulit yang terlalu kering. Bahan tersebut dinilai kurang cocok untuk kulit berminyak sebab hanya memiliki sedikit kandungan detergen, tetapi sempurna untuk kulit kering. Beberapa produk juga dibuat dengan kandungan pewarna sintetis yang dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, pastikan komposisi sabun batangan yang Anda pilih tidak mengandung bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulit.

Walau kandungan surfaktan yang kuat dianggap mampu membersihkan kotoran hingga ke bagian pori-pori terdalam, sebenarnya yang terpenting adalah metode yang Anda lakukan saat membersihkan muka. Jika ingin pembersihan muka lebih maksimal, Anda dapat membuka pori-pori terlebih dahulu dengan menggunakan handuk panas sebelum mencuci muka dengan sabun.

Pilihlah yang mengandung bahan alami sebagai pelembap

Pilihlah yang mengandung bahan alami sebagai pelembap

Untuk pemilik kulit kering, sangat dibutuhkan bahan-bahan yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Di antara berbagai macam bahan yang memiliki kandungan pelembap, bahan-bahan alami adalah yang paling baik untuk digunakan.

Bahan-bahan yang memiliki kandungan pelembap dapat Anda temukan pada asam hyaluronic yang dapat menjaga kelembapan kulit muka Anda. Selain itu, ceramide juga tidak hanya dapat melembapkan, tetapi juga melindungi kulit.

Dari bahan-bahan alami, Anda dapat memilih produk dengan kandungan virgin coconut oil dan argan oil yang berfungsi sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan tentunya untuk menjaga kelembapan kulit muka. Madu, olive oil, dan shea butter juga sering ditemukan dalam produk sabun batangan untuk kulit kering sebab dapat melembapkan sekaligus membantu mencerahkan kulit. Bahan-bahan tersebut cukup umum ditemukan di Indonesia.

Pilihlah yang sesuai dengan anggaran Anda untuk mempertahankan kecantikan kulit wajah

Pilihlah yang sesuai dengan anggaran Anda untuk mempertahankan kecantikan kulit wajah

Dari tiga jenis metode pembuatan sabun batangan, yang paling populer adalah menggunakan mesin. Membuat sabun batangan menggunakan mesin dapat mempersingkat waktu dan mempermudah prosesnya. Dengan mencampurkan seluruh bahan ke dalam mesin, jumlah sabun yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Namun, biasanya pada proses ini kandungan gliserol tidak ikut dicampurkan.

Metode kedua adalah dengan cold process (CP) yang mana pada metode ini pembuatan sabun batangan tidak membutuhkan suhu tinggi. Seluruh bahan dicampurkan dalam suhu 32-35 derajat Celsius dan diaduk sampai tercampur sempurna. Hal ini bertujuan agar bahan-bahan yang dicampur, terutama bahan pelembap, tidak hancur. Dengan demikian, manfaat dari bahan-bahan alami yang ada dapat secara utuh dirasakan oleh kulit.

Setelah bahan tercampur sempurna, barulah dimulai proses pencetakan yang memakan waktu 2-4 minggu sampai sabun benar-benar siap digunakan. Dengan metode cold process akan dihasilkan sabun batangan dengan tekstur halus.

Metode ketiga adalah dengan hot process (HP) yang mana pada proses ini adalah penggabungan dengan metode cold process, tetapi saat campuran sudah mengental sempurna tidak langsung dilakukan proses pencetakan. Selanjutnya, campuran justru dipanaskan selama 1-3 jam untuk mempercepat proses saponifikasi yaitu mereaksikan asam lemak dengan alkali yang menghasilkan garam karbonil atau senyawa sejenis sabun. Pada metode hot process, sabun batangan yang dihasilkan memiliki tekstur yang sedikit kasar.

Dari segi harga, sabun batangan yang prosesnya menggunakan mesin dijual dengan harga yang paling terjangkau. Karena prosesnya lebih mudah dan juga tidak memakan banyak waktu.

10 Rekomendasi sabun muka batangan terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa produk sabun muka batangan terbaik yang cocok untuk pemilik kulit muka kering. Pilihlah yang menurut Anda paling sesuai dengan masalah kulit muka yang sedang Anda alami saat ini.

10. Oriflame Love Nature Soap Bar Caring Olive Oil & Aloe Vera

10. Oriflame Love Nature Soap Bar Caring Olive Oil & Aloe Vera

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.500

Sabunnya menjaga kelembapan kulit muka Anda, kemasannya menjaga kelestarian alam

Bagi Anda yang hobi travelling, sabun batangan yang satu ini dapat menjadi pilihan. Bentuknya yang pipih dan kecil memudahkan Anda untuk membawanya saat bepergian. Anda dapat menyimpannya di dalam wadah kecil atau jika ingin lebih praktis, cukup menyimpannya di dalam plastik bening.

Diperkaya kandungan Aloe vera dan olive oil, produk ini akan memberi kelembapan pada kulit muka yang kering agar terhindar dari iritasi. Wangi khas Aloe vera yang menenangkan juga akan Anda rasakan saat mencuci muka menggunakan produk ini. Uniknya, Oriflame tidak hanya memperhatikan kandungan dalam produknya, tetapi juga kemasannya. Produk ini menggunakan kemasan biodegradable dengan penggunaan bahan organik sehingga mudah terurai.

9. Nivea Creme Care

9. Nivea Creme Care

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Harga terjangkau untuk sabun batangan yang berkualitas!

Pro-vitamin B5 dan minyak esensial adalah kandungan pelembap yang ada pada sabun batang dari brand Nivea ini. Setelah menggunakannya, kulit terasa bertambah elastisitasnya dan memiliki kelembapan dengan proporsi yang dibutuhkan kulit. Tekstur sabun yang creamy juga membuat kulit Anda terasa lebih halus dan lembut seperti menggunakan moisturizer.

Harganya yang sangat terjangkau pas untuk Anda yang sedang ingin berhemat, tetapi juga tidak ingin melupakan kesehatan kulit muka. Kotoran dan debu terangkat sempurna sejak usapan pertama dan kulit akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, serta terasa lembap sepanjang hari.

8. The Body Shop Wild Argan Oil Soap

8. The Body Shop Wild Argan Oil Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Tiga kandungan minyaknya akan menutrisi kulit superkering

Memiliki tekstur yang sangat ringan, sabun muka batangan dari The Body Shop ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih halus dan lembut setelah menggunakannya. Jika biasanya setelah mencuci muka kulit terasa kering dan tertarik, tidak demikian saat Anda menggunakan produk ini. Kulit justru akan terasa lembut dan terlihat lebih segar.

Argan oil dari komunitas perdagangan Maroko menjadi salah satu kandungan dalam komposisinya yang berfungsi sebagai pelembap. Selain itu, terdapat pula kandungan minyak kelapa sawit dan minyak kedelai dari Brasil yang akan membuat kulit Anda bersih dan terasa selembut sutra. Dikarenakan kandungannya didominasi dengan bahan-bahan yang mengandung minyak, sabun batangan ini cocok digunakan bagi pemilik kulit yang superkering.

7. Theraskin Transparant Honey Soap

7. Theraskin Transparant Honey Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui

Menggunakan bahan-bahan alami seperti coconut oil dan madu, produk yang satu ini dapat memberi kelembapan bagi kulit muka yang kering sekaligus menjadikannya lebih bercahaya. Pas menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki kulit kusam karena sering terpapar sinar matahari.

Tidak hanya untuk wajah, Anda juga dapat menggunakan produk ini untuk seluruh tubuh. Produk ini juga sudah teruji kualitasnya sehingga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Gunakan produk ini secara rutin dan Anda akan mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya.

6. Oilum Cleansing Bar Hydrating Care

6. Oilum Cleansing Bar Hydrating Care

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.900

Efektif mengatasi kerutan-kerutan pada kulit muka

Kulit kering selain dapat menyebabkan iritasi ternyata dapat pula menyebabkan kulit berkerut. Sabun muka batangan dari Oilum ini sudah menjadi salah satu produk yang banyak direkomendasikan oleh dokter kulit sejak lama. Kandungan alami olive oil mampu mengembalikan kelembapan kulit agar lebih elastis dan lembut.

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah dengan kerutan di wajah karena terdapat kandungan kolagen yang bermanfaat untuk memperbaiki struktur kulit. Selain itu, produk ini juga sudah lulus uji dermatologi sehingga aman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi.

5. L’occitane Bonne Mere Soap Rose

5. L'occitane Bonne Mere Soap Rose

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Wangi lembut bunga mawar siap menemani Anda saat mencuci muka

Wangi lembut mawar pada sabun batangan ini akan membuat siapa saja yang menggunakannya betah berlama-lama tidak membilasnya. Menggunakan produk ini akan membuat kulit Anda terasa lembut dan kenyal. Kandungan white mallow milk pada produk ini akan menjaga kelembapan kulit sepanjang hari, menjadikannya tetap terlihat segar walau terpapar sinar matahari.

Cocok menjadi pilihan bagi para pelajar yang duduk di bangku sekolah atau bangku universitas karena waktunya banyak dihabiskan di luar ruangan. Dengan berat 100 gram, produk ini dapat digunakan dalam waktu 1-2 bulan. Lebih awet dan tahan lama, bukan?!

4. Mustika Ratu Honey Facial Soap

4. Mustika Ratu Honey Facial Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.999

Mengangkat sel kulit mati untuk wajah menjadi lebih bercahaya

Sabun muka batangan ini mengandung ekstrak madu yang mengandung enzim invertase dan diastase yang akan membersihkan sekaligus menghaluskan kulit muka Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kusam karena bahan-bahan dalam produk ini akan membantu proses exfoliating atau pengangkatan sel kulit mati.

Mustika Ratu Honey Facial Soap menjadikan kulit muka Anda terlihat semakin cerah setiap harinya. Aroma manis yang segar juga akan Anda rasakan setiap kali menggunakan produk ini. Anda jadi tidak malas lagi untuk mencuci muka setelah beraktivitas sebab kegiatan mencuci muka akan menjadi menyenangkan.

3. Proderma Ceratopik Bar

3. Proderma Ceratopik Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 77.000

Kandungan ceramide-nya efektif mencegah kulit kehilangan kelembapannya

Diperkaya dengan kandungan ceramide, phytospingosine, dan kolesterol, produk ini akan membantu memperkuat trans epidermal water loss hingga 60% untuk mencegah kulit kehilangan kelembapannya. Tanpa kandungan bahan kimia berbahaya, Proderma Ceratopik Bar dinyatakan bebas dari kandungan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi.

Selain itu, produk ini juga bebas kandungan pewarna dan pewangi tambahan sehingga aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Pilihan tepat untuk perawatan kulit bayi, kulit lansia, dan penderita dermatitis atopik. Setelah digunakan pada seluruh wajah dan tubuh, diamkan terlebih dahulu selama 1-2 menit sambil dipijat supaya manfaat dari kandungan ceramide-nya lebih meresap.

2. Cetaphil Gentle Cleansing Bar

2. Cetaphil Gentle Cleansing Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi aman pula digunakan anak-anak

Masalah kulit kering rupanya tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi dapat juga dialami oleh anak-anak. Untuk itu, Cetaphil menawarkan produk cleansing bar tanpa kandungan detergen sehingga aman dan cocok digunakan oleh anak-anak. Diperkaya dengan kandungan minyak alami, produk ini akan memperbaiki tekstur kulit bermasalah dan memberi kelembapan yang dibutuhkan kulit Anda.

Tidak hanya memberi kelembapan, Anda juga akan merasakan sensasi menyejukkan saat menggunakannya. Kulit muka Anda seakan direlaksasi setelah menjalankan berbagai aktivitas. Karena tidak mengandung detergen, produk ini sangat mudah dibersihkan dan juga efektif dalam membersihkan kotoran yang menempel di kulit muka. Kulit menjadi lembut, halus, dan tidak terasa kering setelah menggunakannya!

1. Sensatia Botanicals Red Roses Shea Butter Soap

1. Sensatia Botanicals Red Roses Shea Butter Soap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 20.000

Kelembutan yang tidak ada tandingannya!

Minyak mawar sejak lama sudah dirasakan manfaatnya sebagai bahan alami yang dapat memperbaiki tekstur kulit, meremajakan kulit dan anti-inflamasi. Selain itu, kandungan 30% shea butter Afrika dan berbagai kandungan minyak sayur yang dimurnikan, menjadikan produk ini terasa sangat lembut dan mampu memberi kelembapan sepanjang hari. Bahkan, sabun ini dikatakan sebagai sabun muka batangan terlembut sedunia!

Kandungan minyak rose damask murni, minyak esensial geranium, dan rosewood dijadikan sebagai wewangian yang memberi aroma manis dan lembut. Dibuat dari bahan-bahan nabati, membuat produk ini tidak akan menyebabkan iritasi dan masalah kulit dan cocok menjadi pilihan bagi para vegetarian. Kulit kering dan sensitif Anda akan membaik dan foundation yang mudah cakey tidak akan Anda temukan lagi.

Kesimpulan

Kulit kering memang lebih sensitif dan lebih mudah mengalami iritasi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering harus memilih produk sabun muka, skin care, bahkan produk kosmetik yang dilengkapi dengan kandungan pelembap. Menggunakan sabun muka batangan yang khusus untuk pemilik kulit wajah kering juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit muka bersih sekaligus lembap agar terhindar dari iritasi. Semoga Anda dapat memilih produk yang cocok berdasarkan tips cara memilih yang sudah kami jelaskan di atas. Selamat mencoba!