• 10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Mandi Batang Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda merasa kulit terasa kencang dan kesat setelah mandi, bisa jadi Anda memiliki tipe kulit kering. Karena itu, Anda perlu berhati-hati saat memilih produk perawatan tubuh, termasuk sabun mandi batang. Namun, mungkin Anda bingung ketika memilih produk yang aman bagi kulit kering Anda.

Kali ini kami akan memberikan tips memilih sabun mandi batang terbaik untuk kulit kering. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk sabun mandi batang yang bagus dari merek-merek terkenal, seperti Cetaphil, Oilum, dan Sensatia Botanicals. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala Mahardika.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika
dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.


Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Pentingnya menemukan sabun batang yang tepat untuk kulit kering

Pentingnya menemukan sabun batang yang tepat untuk kulit kering

Salah satu alasan sabun mandi batang cukup populer adalah karena harganya ekonomis. Jenisnya pun beragam, mulai dari sabun mandi batang beraroma segar hingga sabun mandi batang yang dapat melembapkan kulit. Kulit kering pada dasarnya tidak memiliki pelindung yang dapat menjaga kelembapan kulit. Oleh sebab itu, pada kulit kering mudah muncul ruam dan terasa gatal. 


Kulit kering bisa didapatkan dari faktor genetika, misalnya akibat pertambahan usia. Selain faktor genetika, ada beberapa faktor lain yang membuat kulit kering, yaitu: 

  • Faktor lingkungan dan cuaca, contohnya sering berada di ruangan ber-AC. Ruangan ber-AC biasanya memiliki kelembapan yang lebih rendah
  • Gaya hidup, seperti kurang minum air putih yang menyebabkan kulit kurang terhidrasi
  • Berlama-lama mandi dengan air hangat atau mandi menggunakan air terlalu panas 
  • Salah memilih produk perawatan tubuh dan wajah, termasuk salah memilih sabun mandi

Lalu, kondisi kulit seperti apa yang bisa disebut sebagai kulit kering? Berikut beberapa ciri kulit kering.

  • Kulit terasa kering atau kasar saat diraba, bahkan pada beberapa kondisi Anda akan merasakan keduanya
  • Tubuh dan wajah terasa tidak nyaman, seperti kulit terasa tertarik, kaku, bersisik, dan lainnya setelah mandi
  • Ada pula kulit kering yang membuat kulit kusam, beberapa area terkelupas, pecah-pecah, atau berkerak

Beragamnya faktor penyebab dan tipe kulit kering membuat pemilihan produk perawatan kulit perlu dilakukan dengan saksama. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih sabun mandi batang. Maka dari itu, kami akan menjelaskan lebih detail pemilihan sabun mandi yang cocok untuk kulit kering.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun mandi batang untuk kulit kering

Ada banyak sabun mandi batang untuk kulit kering yang dapat Anda temukan di pasaran. Namun, bukan berarti Anda bisa memilih sabun mandi batang sesuka hati. Ada beberapa hal di bawah ini yang tetap harus Anda perhatikan saat memilih sabun mandi.

Utamakan produk yang mengandung bahan-bahan alami

Utamakan produk yang mengandung bahan-bahan alami

Produksi sebum berlebih dapat membuat kulit menjadi berminyak dan menimbulkan berbagai masalah kulit akibat pori-pori tersumbat. Jerawat atau komedo adalah salah satu contohnya. Namun, rendahnya kadar sebum pada kulit juga dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, hingga bersisik. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kandungan pada sabun yang hendak Anda pilih.


Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih sabun mandi batang untuk kulit kering adalah memilih bahan alami. Anda bisa memilih sabun mandi batang yang mengandung lipid alami, gliserin, vitamin E, atau vitamin B5. Jika memungkinkan, pilihlah produk yang mengandung bahan organik. Beberapa bahan alami lainnya yang ideal untuk kulit kering, antara lain:


  • Olive oil atau minyak zaitun kaya antioksidan dan asam lemak. Keduanya sangat baik untuk kulit kering karena memiliki efek soothing. Efek menenangkan ini juga bisa Anda dapatkan dari jojoba oil. Sementara itu, bila kulit Anda meradang dan kemerahan, pilih sabun mandi batang yang mengandung sweet almond oil.

  • Cocoa butter merupakan bahan yang dapat membantu menjaga kelembapan, memberi nutrisi, serta membuat kulit menjadi lebih kenyal. Untuk melembapkan kulit, Anda juga bisa memilih produk yang mengandung shea butter.

  • Aloe vera atau lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan tersebut dapat menguatkan pelindung kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembap.

Memilih sabun mandi batang dengan pelembap alami memang disarankan, tetapi hindari produk yang menggunakan wewangian terlalu intens. Hal itu dapat menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif.

Cek kandungan pelembap yang dimiliki

Cek kandungan pelembap yang dimiliki

Selain memilih sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami, hal penting lainnya adalah adanya bahan pelembap. Pasalnya, kulit kering sangat membutuhkan bahan-bahan yang melembapkan dan dapat menjaga kelembapan kulit. Beberapa bahan pelembap yang biasa digunakan dalam sabun mandi, antara lain:


  • Gliserin atau gliserol, fungsinya untuk menjaga kulit tetap terhidrasi
  • Hyaluronic acid, bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit
  • Argan oil atau virgin coconut oil, berfungsi sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan menjaga kelembapan kulit
  • Ceramide, manfaatnya untuk menjaga lapisan pelindung kulit

Hindari sabun mandi batang yang mengandung bahan penyebab iritasi kulit

Hindari sabun mandi batang yang mengandung bahan penyebab iritasi kulit

Selanjutnya, pastikan kandungan pelembap yang dipilih tidak menimbulkan iritasi pada kulit kering Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari beberapa kandungan bahan berikut ini.


  • Pewarna sintetis dan alkohol

Hindari kandungan pewarna sintetis karena dapat memberikan efek berbahaya pada lapisan dermis kulit Anda. Beberapa kandungan pewarna dituliskan dengan kode Blue 1, Red 33, Yellow 5, dan titanium dioxide. Selain itu, hindari juga kandungan alkohol, paraben, salicylic acid, dan bahan aditif lainnya karena dapat membuat kulit menjadi makin kering.


  • Fragrance dan alkohol

Meski aromanya menarik, parfum sintetis merupakan salah satu bahan yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Bahkan, pada beberapa kasus, pewangi dapat menyebabkan alergi hingga membuat kulit menjadi sensitif. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih sabun yang mengandung minyak esensial organik. 


  • Sodium lauryl sulfate (SLS) 
SLS merupakan salah satu detergen yang berfungsi sebagai bahan pembersih dan sering disebut sebagai surfaktan. Namun, SLS yang termasuk dalam surfaktan sintetis ini tidak cocok digunakan pada kulit kering. Tingkat pembersihan SLS cukup tinggi sehingga dapat menghilangkan kadar sebum pada kulit. Hilangnya sebum pada kulit akan membuat kondisi kulit makin kering.

Selain itu, pastikan sabun mandi batangan yang Anda pilih sudah terdaftar di BPOM atau instansi terkait untuk keamanannya. Bila Anda sedang mengandung dan menyusui, pastikan produk pilihan Anda berlabel aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Pertimbangkan sabun mandi yang dapat digunakan juga untuk wajah

Pertimbangkan sabun mandi yang dapat digunakan juga untuk wajah

Pemilik kulit kering kini tidak perlu lagi merasa bingung saat memilih sabun batang yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Kini telah hadir sabun mandi batang yang diklaim memiliki fungsi ganda. Artinya, Anda bisa menggunakan sabun ini untuk bagian tubuh sekaligus wajah Anda. Bahkan, ada juga sabun mandi batang yang diklaim dapat digunakan untuk wajah, tubuh, sekaligus untuk keramas, lho!


Meski begitu, sebaiknya gunakan sabun batang sesuai peruntukannya. Hal ini karena kondisi tiap tubuh tidak selalu sama, misalnya kondisi wajah sedang berjerawat, tetapi kulit badan kering.

10 Rekomendasi sabun mandi batang terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun mandi batang terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Agustus 2022:

Berdasarkan riset kami sebelumnya, The Soap Corner Calendula Oat Milk Bar Soap menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Biotalk Herbal Handmade Soap - Honey Goats Milk Oatmeal memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala Mahardika.

Gambar produk
1
Biotalk Honey Goats Milk Oatmeal Barsoap 1

Biotalk

2
Oilum Hydrating Care Cleansing Bar 1

Oilum

3
Unilever Dove Purely Pampering Shea Butter Beauty Bar 1

Unilever

4
Unilever Lux Velvet Jasmine Sabun Batang 1

Unilever

5
Mustika Ratu Zaitun Body Soap 1

Mustika Ratu

6
Sensatia Botanicals Red Roses Shea Butter Soap 1

Sensatia Botanicals

7
Cow Style Beauty Soap Red Box 1

Cow Style

8
Cetaphil Gentle Cleansing Bar 1

Cetaphil

9
Dr. Bronner's  Pure-Castile Bar Soap – Lavender 1

Dr. Bronner's

10
The Body Shop Reno – Wild Argan Oil Soap 1

The Body Shop

Nama produk

Honey Goats Milk Oatmeal Barsoap

Hydrating Care Cleansing Bar

Dove Purely Pampering Shea Butter Beauty Bar

Lux Velvet Jasmine Sabun Batang

Zaitun Body Soap

Red Roses Shea Butter Soap

Beauty Soap Red Box

Gentle Cleansing Bar

Pure-Castile Bar Soap – Lavender

Reno – Wild Argan Oil Soap

Keunggulan

Sabun handmade yang diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui

Efektif mengatasi kerutan pada kulit

Sabun mandi batang yang cocok untuk kulit kering dan bersisik

Dapatkan kulit lembut dengan sensasi aroma jasmine yang menyegarkan

Mampu mengangkat sel kulit mati, extra moisturizing-nya juga membuat kulit makin lembut

Mampu melembapkan, mencerahkan, dan menenangkan kulit

Barrier kulit lebih kuat, busanya melimpah, plus tidak membuat kulit kering

Tidak hanya untuk orang dewasa, aman pula untuk anak-anak

Sabun mandi 3-in-1 dengan aroma yang menenangkan

Kombinasi argan oil dan shea butter, spesialis melembapkan kulit

Harga mulai dariRp 49.000,00Rp 22.300,00Rp 6.500,00Rp 3.700,00Rp 22.600,00Rp 90.000,00Rp 18.000,00Rp 105.000,00Rp 111.000,00Rp 79.000,00
Kandungan pelembapOlive oil, almond oil, argan oilOlive oilShea butterGlycerinMinyak zaitun, coconut oilCoconut oil, shea butter, soybean oilButterGlycerin, sodium cocoyl isethionate, stearic acidOrganic coconut oil, organic palm oil, organic olive oil, organic lavadin oil, organic jojoba oil, organic lavender oilGlycerin, Argania spinosa kernel oil, shea butter
KeamananMemiliki izin edar dari Dinkes (123174P07001), bebas SLS, phthalates, paraben, petroleum, steroid, preservativesLulus uji dermatologi, BPOMTeruji secara dermatologi, BPOM BPOMBPOMNo animal testing, paraben-free, phthalate-free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil-free, sulfate-free, vegan, silicone-free, reef safe, BPOMBPOMBebas detergen, bebas paraben, non-comedogenic, BPOMCertified fair trade ingredients, vegan certified, Non-GMO verified, terbuat dari bahan biodegradableVegan, BPOM
Berat bersih120 gram85 gram100 gram75 gram85 gram125 gram100 gram127 gram140 gram100 gram
PenggunaanTubuh dan wajahTubuh dan wajahTubuhTubuhTubuhTubuh dan wajahTubuh dan wajahTubuh dan wajahTubuh, wajah, rambutTubuh
Tautan produk
10

The Body ShopReno – Wild Argan Oil Soap

112730305

Mulai dari Rp 79.000,00

Kandungan pelembapGlycerin, Argania spinosa kernel oil, shea butter
KeamananVegan, BPOM
Berat bersih100 gram
PenggunaanTubuh
9

Dr. Bronner's Pure-Castile Bar Soap – Lavender

Mulai dari Rp 111.000,00

Kandungan pelembapOrganic coconut oil, organic palm oil, organic olive oil, organic lavadin oil, organic jojoba oil, organic lavender oil
KeamananCertified fair trade ingredients, vegan certified, Non-GMO verified, terbuat dari bahan biodegradable
Berat bersih140 gram
PenggunaanTubuh, wajah, rambut
8
Kandungan pelembapGlycerin, sodium cocoyl isethionate, stearic acid
KeamananBebas detergen, bebas paraben, non-comedogenic, BPOM
Berat bersih127 gram
PenggunaanTubuh dan wajah
7
Kandungan pelembapButter
KeamananBPOM
Berat bersih100 gram
PenggunaanTubuh dan wajah
6

Sensatia BotanicalsRed Roses Shea Butter Soap

Mulai dari Rp 90.000,00

Kandungan pelembapCoconut oil, shea butter, soybean oil
KeamananNo animal testing, paraben-free, phthalate-free, pregnancy safe, breastfeed safe, palm oil-free, sulfate-free, vegan, silicone-free, reef safe, BPOM
Berat bersih125 gram
PenggunaanTubuh dan wajah
5
Kandungan pelembapMinyak zaitun, coconut oil
KeamananBPOM
Berat bersih85 gram
PenggunaanTubuh
4

UnileverLux Velvet Jasmine Sabun Batang

Mulai dari Rp 3.700,00

Kandungan pelembapGlycerin
KeamananBPOM
Berat bersih75 gram
PenggunaanTubuh
3

UnileverDove Purely Pampering Shea Butter Beauty Bar

Mulai dari Rp 6.500,00

Kandungan pelembapShea butter
KeamananTeruji secara dermatologi, BPOM
Berat bersih100 gram
PenggunaanTubuh
2
Kandungan pelembapOlive oil
KeamananLulus uji dermatologi, BPOM
Berat bersih85 gram
PenggunaanTubuh dan wajah
1

BiotalkHoney Goats Milk Oatmeal Barsoap

Mulai dari Rp 49.000,00

Kandungan pelembapOlive oil, almond oil, argan oil
KeamananMemiliki izin edar dari Dinkes (123174P07001), bebas SLS, phthalates, paraben, petroleum, steroid, preservatives
Berat bersih120 gram
PenggunaanTubuh dan wajah

Pertanyaan umum seputar kulit kering

Pertanyaan umum seputar kulit kering

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produk sabun mandi batang untuk kulit kering, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar kulit kering. Jika Anda ingin mengetahuinya juga, simak jawabannya di bawah inI!

Bagaimana cara agar kulit tidak kering?

Ada beberapa cara untuk mencegah kulit kering. Hal yang pertama adalah jangan berlama-lama mandi dengan air hangat. Lalu, segera gunakan lotion sehabis mandi. Selain itu, cukupi juga konsumsi cairan dan gunakan humidifier saat berada di ruangan ber-AC.

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk kulit kering lainnya di sini

Selain sabun mandi batang, beberapa produk lain juga bisa digunakan untuk merawat kulit kering, misalnya lotion, sunscreen, dan facial wash. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Apakah sudah menjawab rasa penasaran Anda soal sabun mandi batang untuk kulit kering?

Untuk menjaga kondisi kulit kering, hindari sabun mandi batang dengan daya pembersih yang terlalu kuat. Pastikan juga sabun mandi batang pilihan Anda tidak mengandung bahan-bahan yang memicu reaksi alergi serta mengandung bahan pelembap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Masker peel off merupakan jenis masker yang bisa dikelupas dari wajah setelah mengering tanpa perlu dibilas. Anda bisa merasakan sensasi mengelupas masker serta melihat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori terangkat.Kami akan berbagi informasi seputar cara memilih masker peel off yang bagus. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami telah mengulas produk dari sejumlah merek ternama, seperti Innisfree, The Body Shop, dan Freeman. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori