• 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pisau adalah alat penting yang digunakan untuk memotong bahan makanan. Bentuk dan jenisnya pun beragam sesuai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, membeli pisau set adalah solusi terbaik karena semua jenis pisau yang Anda butuhkan tersedia dalam satu set dan semakin menunjang kegiatan memasak Anda di dapur.

Dengan adanya berbagai merek terkenal seperti IKEA, Oxone, atau Vicenza yang beredar di pasaran dengan harga bervariasi, mungkin membuat Anda bingung memilih pisau set. Jadi, kami akan menjelaskan jenis-jenis pisau, cara memilih, serta rekomendasi produk pilihan agar Anda semakin yakin dalam memilih pisau set yang Anda perlukan.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.959 Views
Daftar isi

Jenis-jenis pisau

Masing-masing jenis pisau memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsinya masing-masing. Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja jenis-jenis pisau yang biasa digunakan di dapur. Dengan memahami jenis dan fungsi pisau, memotong bahan makanan akan menjadi lebih efisien sehingga kegiatan memasak pun jadi makin mudah dan menyenangkan.

Santoku knife

Santoku knife
Santoku knife adalah pisau yang dibuat pascaperang di Jepang dengan menggabungkan unsur pisau Barat dan pisau Jepang. Pisau ini dinamakan santoku karena dapat memotong 3 jenis makanan, yaitu ikan, daging, dan sayuran. Pada umumnya, pisau ini berukuran sekitar 150–200 mm dan merupakan jenis pisau yang biasa digunakan di rumah karena sifatnya yang multifungsi.

Deba Knife

Deba Knife
Deba knife adalah pisau yang biasa digunakan untuk mengolah dan memotong ikan. Pisau yang berukuran 120–180 mm biasanya digunakan untuk membersihkan sisik ikan, memotong kepala ikan, serta memisahkan daging ikan dari tulangnya, sedangkan pisau yang berukuran 90–120 mm digunakan untuk membelah perut ikan kecil.

Vegetable cleaver/nakiri knife

Vegetable cleaver/nakiri knife
Sesuai dengan namanya, pisau ini adalah pisau khusus untuk memotong sayuran. Pisau tipis yang memiliki mata pisau rata ini biasanya berukuran 150–165 mm. Nakiri knife digunakan untuk mengupas kulit sayuran maupun untuk memotong sayuran menjadi bentuk tipis dan kecil. Pisau jenis ini adalah pisau khas Jepang sehingga agak sulit ditemukan di Indonesia, tetapi Anda masih bisa menemukannya di situs belanja online.

Sashimi knife

Sashimi knife
Bagi orang Indonesia, sashimi merupakan jenis makanan baru yang kini keberadaannya semakin diterima di masyarakat perkotaan. Untuk mengolah sashimi ini, pisau yang digunakan adalah sashimi knife. Mata pisaunya yang panjang dan tipis berguna untuk menghasilkan irisan ikan mentah yang presisi dalam sekali potong untuk memaksimalkan rasa. Biasanya, pisau ini memiliki panjang sekitar 180–240 mm.

Chef’s knife

Chef’s knife
Pasti Anda tidak asing melihat pisau yang satu ini karena pisau ini memang umum digunakan baik oleh chef profesional maupun ibu rumah tangga. Pisau dengan panjang berkisar 15–21 cm ini disebut juga sebagai pisau serbaguna karena dapat digunakan untuk memotong segala jenis bahan makanan mulai dari sayuran, buah-buahan, bawang, daging, atau ikan.

Utility/petty knife

Utility/petty knife
Jika dilihat sekilas, bentuk dari pisau ini tidak jauh berbeda dengan chef’s knife dan fungsinya juga hampir sama, yaitu untuk memotong hampir semua jenis bahan makanan mulai dari mengiris sayuran hingga memotong daging. Akan tetapi, ukuran pisau ini lebih kecil daripada chef’s knife sehingga sering digunakan untuk memasak hidangan yang praktis dalam jumlah sedikit. Selain itu, pisau dengan panjang antara 9–15 cm ini juga cocok digunakan untuk mengupas kulit buah-buahan.

Bread knife

Bread knife
Bread knife atau sering disebut juga serrated knife memiliki ukuran cukup panjang dan mata pisau bergerigi. Gerigi pada pisau ini akan membuat hasil potongan roti menjadi rapi dan tidak hancur. Pisau ini juga dapat digunakan untuk memotong buah atau sayuran yang berkulit licin, seperti tomat dan terung. Panjang pisau ini pada umumnya berkisar antara 18–21 cm.

Cleaver knife

Cleaver knife
Cleaver knife atau disebut juga dengan Chinese chef’s knife adalah pisau besar yang berbentuk persegi panjang. Gagang pisau ini kokoh dan cukup berat karena memang dimaksudkan untuk memotong bahan makanan yang keras seperti daging dan tulang. Pisau ini juga dapat digunakan untuk berbagai fungsi lainnya seperti mengiris sayuran dan mencincang daging. Secara fungsi dan ukuran, pisau ini adalah pisau yang bisa dipakai untuk segala hal.

Frozen food knife

Frozen food knife
Sekilas frozen food knife mirip dengan bread knife. Akan tetapi, frozen food knife dibuat lebih tebal, lebih kokoh, dan geriginya lebih tajam daripada bread knife karena dirancang khusus untuk memotong daging yang masih beku. Anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu menunggu daging mencair terlebih dahulu sebelum dapat memotongnya.

Slicing knife

Slicing knife
Slicing knife memiliki bentuk yang lebih panjang dan tipis sehingga dapat menghasilkan potongan yang tipis pula. Pisau ini cocok digunakan untuk mengiris daging atau buah. Terdapat dua jenis slicing knife, yaitu yang memiliki ujung membulat seperti di gambar dan yang memiliki ujung runcing.

Jenis-jenis pisau lainnya

Jenis-jenis pisau lainnya
Selain jenis-jenis pisau yang telah kami jelaskan di atas, masih banyak berbagai jenis pisau yang dirancang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada pisau fillet atau boning knife untuk memisahkan daging dan tulang, paring knife atau pisau ukir untuk mengukir buah atau sayuran yang digunakan untuk garnish, pisau steak, dan berbagai jenis pisau lainnya.

Cara memilih pisau set

Pada dasarnya memilih pisau set tidak terlalu sulit. Akan tetapi, pembeli sering terkecoh memilih pisau set hanya karena harga yang murah, padahal jenis pisau dalam set tersebut kurang lengkap atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih pisau set yang benar agar penggunaannya lebih efisien.

Pilih berdasarkan jenis hidangan yang sering disajikan di rumah

Pilih berdasarkan jenis hidangan yang sering disajikan di rumah
Saat memilih pisau set, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan jenis hidangan yang sering disajikan di rumah. Jika Anda selalu sarapan roti setiap pagi, pastinya Anda membutuhkan bread knife. Kemudian, jika Anda rutin memakan buah atau memasak sayur-sayuran, Anda membutuhkan utility knife. Tentunya pisau yang Anda butuhkan beda lagi bila Anda sering mengolah hidangan dari daging yang dibekukan di freezer. Oleh karena itu, pastikan kembali hidangan apa yang sering disajikan agar Anda tahu pisau apa yang harus ada dalam pisau set pilihan Anda.

Pilih berdasarkan jenis pisau yang tersedia dalam pisau set tersebut

Pilih berdasarkan jenis pisau yang tersedia dalam pisau set tersebut
Setiap pisau set menyediakan jumlah dan jenis pisau yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perhatikan jumlah dan jenis pisau apa saja yang tersedia dalam pisau set yang akan Anda beli. Selain itu, kami menyarankan Anda untuk memilih pisau set yang terdapat chef’s knife karena pisau tersebut paling sering digunakan dan dapat digunakan pada hampir segala jenis makanan.

Pilih berdasarkan tambahan peralatan dapur lain yang diberikan

Pilih berdasarkan tambahan peralatan dapur lain yang diberikan
Biasanya penjualan pisau set disertai dengan peralatan dapur tambahan lain, seperti peeler, rak, talenan, dan lain sebagainya. Adanya peralatan tambahan tadi dapat membantu Anda memilih pisau set sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika Anda belum memiliki talenan, pisau set yang menyediakan talenan dapat Anda pilih karena dapat menghemat pengeluaran Anda.

Pilih berdasarkan material pembuat pisau

Material pembuat pisau akan menentukan kualitas pisau itu sendiri. Oleh karena itu, perhatikanlah material pembuat pisau, terlebih bila Anda membelinya melalui situs belanja online agar Anda dapat menilai kualitas ketajaman pisau yang akan dibeli. Berikut akan kami jelaskan kelebihan masing-masing material pembuatnya.

Stainless steel, material yang tahan karat

Stainless steel, material yang tahan karat
Stainless steel adalah baja yang dilapisi dengan kromium sehingga menghasilkan unsur logam baru yang lebih unggul dan antikarat. Penampilan stainless steel yang berwarna perak sangat menarik sehingga cocok untuk dijadikan alat masak. Pisau yang terbuat dari bahan ini kuat dan tahan lama karena tidak mudah teroksidasi, tetapi mudah tumpul sehingga perlu sering diasah. Meski demikian, pisau ini tetap menjadi favorit di dapur, terbukti dari banyaknya pisau di pasaran yang terbuat dari bahan stainless steel ini.

Baja, tajam dan harganya ekonomis

Baja, tajam dan harganya ekonomis
Baja adalah gabungan dari jenis logam besi dan karbon. Pisau yang terbuat dari baja lebih tajam daripada pisau yang terbuat dari bahan stainless steel. Harganya juga ekonomis sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena pisau yang terbuat dari baja tidak tahan terhadap oksidasi sehingga mudah berkarat. Namun, karena sifatnya yang mudah berkarat itulah banyak produsen pisau di Indonesia jarang memakai baja murni sebagai bahan baku pembuat pisaunya sehingga pisau tipe ini jarang ditemui di pasaran Indonesia.

Keramik, tetap tajam meski tidak diasah

Keramik, tetap tajam meski tidak diasah
Pisau dari bahan keramik memiliki ketajaman seperti logam, tetapi tidak akan berkarat dan tidak perlu diasah lagi. Bahan makanan Anda juga tidak akan berbau logam. Namun, pisau dari keramik mudah retak sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Pilih berdasarkan pertimbangan harga

Pilih berdasarkan pertimbangan harga
Harga murah memang selalu menggiurkan, tetapi waspadalah karena barang murah belum tentu berkualitas baik. Berhubung pisau adalah barang yang akan digunakan setiap hari, sebaiknya Anda lebih mengutamakan material pembuat dan kualitasnya. Tidak apa mengeluarkan budget lebih asal pisau yang Anda pilih terjamin mutunya.

10 Rekomendasi pisau set terbaik

Setelah memahami jenis-jenis pisau dan cara memilihnya, kini kami akan memberikan 10 rekomendasi pisau set terbaik. Pilihlah pisau set sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Oxone Pisau Set OX-607

Rp 115.000,00

9. Findking Pisau Set Keramik 4 Pcs

Rp 221.390,00

8. Oxone Knife Set OX-961

Rp 98.000,00

7. Ikea Andlig

Rp 109.000,00

6. Oxone Oval Knife Block with Bristle OX-906

Rp 359.000,00

5. Oxone Rainbow Knife Set OX-606

Rp 77.000,00

4. Oxone Victory Knife Set OX-631

Rp 532.500,00

3. Oxone Wooden Knife Set OX-95

Rp 419.000,00

2. Black Ceramic Knife Set 5 Pcs

Rp 122.500,00

1. Vicenza Knife Set V-910K

Rp 105.000,00

Kesimpulan

Setiap pisau set memiliki kombinasi pisau yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu mempertimbangkan masakan apa yang sering Anda sajikan di rumah. Selain itu, material pisau pun harus diperhatikan karena menentukan kualitas dari pisau tersebut.
Kami harap rekomendasi pisau set di atas dapat membantu Anda memilih pisau set terbaik sesuai kebutuhan Anda. Memiliki pisau yang tepat akan memudahkan Anda untuk memotong berbagai makanan dan kegiatan memasak pun semakin efisien.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    16.099 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    32.654 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    19.720 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    15.894 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    20.258 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.078 Views
  • 10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Chef Knife (Pisau Koki) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pisau adalah salah satu kebutuhan utama Anda di dapur. Bagai seorang chef, gunakanlah pisau koki profesional dengan kualitas terbaik, untuk hasil potongan yang maksimal!Apakah Anda tahu bagaimana cara memilih pisau koki terbaik? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pisau koki, sekaligus merekomendasikan pisau koki terbaik untuk Anda. Siap memotong bagai chef profesional?
    Peralatan dapur
    2.020 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori