• 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pisau adalah alat penting yang digunakan untuk memotong bahan makanan. Pisau tersedia dalam beragam bentuk dan jenis dengan fungsinya masing-masing. Daripada membeli tiap jenis secara terpisah, membeli pisau set adalah solusi terbaik. Jenis pisau yang Anda butuhkan tersedia dalam satu set dan makin menunjang kegiatan memasak Anda di dapur.

Berbagai merek terkenal, seperti IKEA, Oxone, atau Berlinger Haus yang beredar di pasaran mungkin membingungkan Anda memilih pisau set. Jadi, kami akan membagikan tips cara memilih serta rekomendasi produk pilihan sebagai referensi Anda. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Primastuti Indah
  • Pembaharuan terakhir: 15 Februari 2021
  • 26.222 Views
Daftar isi

Cara memilih pisau set

Pada dasarnya, memilih pisau set tidak terlalu sulit. Akan tetapi, pembeli sering terkecoh memilih pisau set hanya karena harga yang murah. Padahal jenis pisau dalam set tersebut kurang lengkap atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih pisau set yang benar.

Pilih berdasarkan jenis pisau yang tersedia

Masing-masing jenis pisau memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsinya masing-masing. Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja jenis-jenis pisau yang biasa digunakan di dapur. Dengan memahami jenis dan fungsi pisau, memotong bahan makanan akan menjadi lebih efisien.

Chef's knife dan Santoku knife : serbaguna, bisa memotong berbagai bahan makanan

Chef's knife dan Santoku knife : serbaguna, bisa memotong berbagai bahan makanan

Chef's knife kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari pisau yang multifungsi. Chef's knife yang bagian ujungnya runcing ini merupakan jenis pisau yang paling umum dan dapat ditemukan di hampir semua dapur. Pisau tersebut adalah pisau serbaguna yang bisa digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, mulai dari daging hingga sayuran.


Jenis pisau lain yang kegunaannya serupa dengan chef's knife adalah Santoku knife. Bagian ujung Santoku knife berbentuk melengkung. Ada produsen yang menyertakan Santoku knife dan chef's knife dalam satu set, tetapi ada juga yang hanya menyediakan salah satunya. Cukup dengan satu bilah dari salah satu jenis pisau ini, Anda bisa memotong apa pun!

Deba knife : untuk mengolah dan memotong ikan

Deba knife : untuk mengolah dan memotong ikan

Bagi Anda yang sering mengolah masakan ikan, Deba knife adalah jawabannya. Deba Knife dapat digunakan untuk memotong ikan serta memisahkan daging dari tulangnya. Jika keluarga Anda kerap mengonsumsi olahan ikan, pisau ini wajib ada di dapur Anda.

Utility knife : untuk mengupas buah dan sayur

Utility knife : untuk mengupas buah dan sayur

Utility knife atau petty knife memiliki ukuran yang kecil dengan panjang mata pisau sekitar 9—15 cm. Pisau ini pas untuk Anda yang menginginkan pisau dapur yang mudah digunakan dan bisa digunakan secara universal. Cocok juga untuk Anda yang memiliki dapur sempit. Anda bisa memakainya untuk mengupas buah dan sayur serta memotong ikan berukuran kecil. Meski tidak wajib ada di dapur, pisau ini akan sangat membantu kegiatan memasak Anda.

Pilih jenis pisau lain sesuai kebutuhan

Pilih jenis pisau lain sesuai kebutuhan

Untuk Anda yang sering membuat sashimi atau carpaccio, gunakan sashimi knife. Apabila Anda biasa membuat roti dan sandwich, tentu bread knife adalah benda yang wajib dimiliki. Kemudian, ada juga Chinese knife atau cleaver knife yang berfungsi untuk memotong berbagai sayuran. Selain jenis pisau yang telah disebutkan, masih banyak jenis pisau lainnya, lho. Jangan lupa untuk mengecek kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum membeli pisau set, ya.


Agar tidak salah beli, Anda bisa menyesuaikan jenis pisau dengan menu masakan yang sering Anda buat. Jika pisau set yang dibeli sesuai dengan kebutuhan, uang Anda tidak akan mubazir.

Pilih berdasarkan material yang digunakan

Material yang digunakan pada mata pisau akan menentukan kualitas pisau itu sendiri. Karena itu, perhatikanlah material mata pisau, terlebih bila Anda membelinya melalui situs belanja online. Berikut akan kami jelaskan kelebihan masing-masing karakteristik materialnya.

Stainless steel : material yang tahan karat

Stainless steel : material yang tahan karat

Apabila Anda tidak ingin pisau yang mudah berkarat, kami menyarankan untuk memilih produk dari stainless steelStainless steel adalah logam yang dilapisi dengan kromium sehingga menghasilkan lapisan film oksida yang membuatnya tahan karat.


Seiring dengan penggunaannya, pisau dari stainless steel bisa tumpul sehingga Anda harus rutin mengasahnya. Bahan ini merupakan bahan yang mudah digunakan serta cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Baja : tajam dan sering digunakan oleh para profesional

Baja : tajam dan sering digunakan oleh para profesional

Apakah Anda mendambakan pisau yang sangat tajam? Untuk Anda, kami menyarankan pisau yang terbuat dari baja. Baja adalah gabungan dari logam besi dan karbon sehingga menghasilkan ketajaman yang lebih daripada stainless steel. Pisau yang digunakan oleh para profesional dan chef biasanya dibuat dari bahan ini.


Pisau dari baja biasanya agak mahal. Karena itu, Anda bisa memilih produk berbahan carbon steel yang lebih terjangkau sebagai alternatif. Akan tetapi, carbon steel mudah berkarat sehingga Anda wajib rutin membersihkannya setelah digunakan. Sayangnya, pisau set dari bahan baja ini jarang ditemukan di toko-toko online Indonesia. 

Keramik : tetap tajam meski tidak diasah

Keramik : tetap tajam meski tidak diasah

Pisau dari keramik cocok dipilih apabila Anda ingin pisau yang mudah dirawat. Material ini memiliki tingkat kekerasan seperti logam dan tetap tajam meskipun tidak diasah. Keramik juga unggul karena tidak mudah berkarat dan juga tidak meninggalkan bau logam pada makanan. Namun, pisau dari keramik mudah retak dan tidak bisa diperbaiki saat rusak. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Jangan memilih produk yang harganya terlalu murah

Jangan memilih produk yang harganya terlalu murah

Pisau yang berkualitas adalah pisau yang tahan digunakan dalam waktu lama. Untuk pisau set yang berisi tiga bilah pisau, harga pasarannya adalah Rp 100.000. Hindari membeli produk yang terlalu murah, ya.


Harga yang ditawarkan oleh pisau set sebanding dengan harganya. Banyak produk berkualitas dan berdaya tahan baik yang dijual dengan harga terjangkau, kok. Satu bilah pisau biasanya dijual dengan harga Rp 30.000. Anda sebaiknya memilih produk yang harganya tidak terlalu jauh dari harga tersebut.

Untuk kado, pilihlah produk yang dilengkapi rak atau peeler

Untuk kado, pilihlah produk yang dilengkapi rak atau peeler

Pisau set yang disertai dengan gunting dapur, peeler, pengasah, rak pisau, talenan, dan lainnya cocok dijadikan kado untuk pasangan pengantin baru. Dengan begitu, peralatan masak yang mereka butuhkan tersedia dalam satu paket. Pisau set akan membuat dapur terlihat lebih modis. Wanita mana yang tidak suka dihadiahi pisau set? Apalagi, jika lengkap dengan aksesori lainnya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

OxoneOX-961 Pisau Dapur Warna

Mulai dari Rp 99.900,00

10 Rekomendasi pisau set terbaik

Setelah memahami jenis-jenis pisau dan cara memilihnya, kini kami akan memberikan rekomendasi produk pisau set terbaik. Pilihlah pisau set sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Isi dalam setChef’s knife, bread knife, paring knife
Material mata pisauStainless steel
9
Isi dalam setChef's knife, paring knife, scissors
Material mata pisauStainless steel
8

GM BearPisau Dapur Hitam Set Isi 6 pcs 1110

Mulai dari Rp 163.900,00

Isi dalam setChopper, chef's knife, carving knife, utility knife, paring knife, peeler
Material mata pisauStainless steel
7
Isi dalam setSlicer knife, utility knife, paring knife, peeler
Material mata pisauStainless steel dilapisi keramik
6
Isi dalam setChef's knife 19 cm, chef's knife 15 cm, paring knife
Material mata pisauStainless steel
5

IdealifeKnife Set - Perlengkapan Pisau Dapur - IL-160

Mulai dari Rp 185.000,00

Isi dalam setChef's knife, bread knife, slice knife, utility knife, paring knife, peeler
Material mata pisauStainless steel dilapisi keramik
4
Isi dalam setChopping knife, chef's knife, utility knife, paring knife, cutting board
Material mata pisauStainless steel
3

BOLDe Super Knives TITANIUM 7 pcs Set Italian Design

Mulai dari Rp 700.000,00

Isi dalam setParing knife, utility knife, bread knife, slicing knife, chef's knife, scissors
Material mata pisauStainless steel
2

Berlinger HausBH-2011 4 pcs Knife Set, Burgundy Line

BH-2011

Mulai dari Rp 459.000,00

Isi dalam setChef's knife, Santoku knife, utility knife, sharpener
Material mata pisauStainless steel
1

OxoneOX-631 Pisau Set 24 pcs Victory Knife Set

OX-631

Mulai dari Rp 590.000,00

Isi dalam setChef's knife, mamae knife, chopper knife, bread knife, slicer knife, steak knife (6 pcs), boning knife, cheese knife, pizza knife, fork (6 pcs), grill fork, sharpener, kitchen scissors, unique kitchen scissors
Material mata pisauStainless steel

Tabel perbandingan produk pisau set terbaik

Gambar produk
1
Oxone OX-631 Pisau Set 24 pcs Victory Knife Set  1

Oxone

2
Berlinger Haus BH-2011 4 pcs Knife Set, Burgundy Line 1

Berlinger Haus

3
BOLDe  Super Knives TITANIUM 7 pcs Set Italian Design 1

BOLDe

4
Oxone OX-95 Wooden Knife Set  1

Oxone

5
Idealife Knife Set - Perlengkapan Pisau Dapur - IL-160 1

Idealife

6
IKEA JÄMFÖRA 1

IKEA

7
Oxone OX-607 Flower 4 Pcs Knife Set 1

Oxone

8
GM Bear Pisau Dapur Hitam Set Isi 6 pcs 1110 1

GM Bear

9
Swiss Military Knife Set 1

Swiss Military

10
IKEA ÄNDLIG 1

IKEA

Nama produk

OX-631 Pisau Set 24 pcs Victory Knife Set

BH-2011 4 pcs Knife Set, Burgundy Line

Super Knives TITANIUM 7 pcs Set Italian Design

OX-95 Wooden Knife Set

Knife Set - Perlengkapan Pisau Dapur - IL-160

JÄMFÖRA

OX-607 Flower 4 Pcs Knife Set

Pisau Dapur Hitam Set Isi 6 pcs 1110

Knife Set

ÄNDLIG

Keunggulan

Set superkomplet yang berisi 14 pisau dan 10 aksesori tambahan!

Lengkap dengan pengasah pisaunya juga, lho!

Gagang pisau putus? Enggak lagi-lagi!

Disertai talenan kayu, memotong jadi makin mudah

Hadir dalam bentuk gift box untuk kado pernikahan

Lapisan material antilengket cegah bahan makanan menempel

Ceriakan kegiatan memasak dengan pisau bermotif bunga

Makin aman dengan gagang antiselip

Cukup tiga buah item untuk sehari-hari

Gagang pisau ergonomis bikin nyaman digenggam

Harga mulai dariRp 590.000,00Rp 459.000,00Rp 700.000,00Rp 590.000,00Rp 185.000,00Rp 299.000,00Rp 125.000,00Rp 163.900,00Rp 139.900,00Rp 99.900,00
Isi dalam setChef's knife, mamae knife, chopper knife, bread knife, slicer knife, steak knife (6 pcs), boning knife, cheese knife, pizza knife, fork (6 pcs), grill fork, sharpener, kitchen scissors, unique kitchen scissorsChef's knife, Santoku knife, utility knife, sharpenerParing knife, utility knife, bread knife, slicing knife, chef's knife, scissorsChopping knife, chef's knife, utility knife, paring knife, cutting boardChef's knife, bread knife, slice knife, utility knife, paring knife, peelerChef's knife 19 cm, chef's knife 15 cm, paring knifeSlicer knife, utility knife, paring knife, peelerChopper, chef's knife, carving knife, utility knife, paring knife, peelerChef's knife, paring knife, scissorsChef’s knife, bread knife, paring knife
Material mata pisauStainless steelStainless steelStainless steelStainless steelStainless steel dilapisi keramikStainless steelStainless steel dilapisi keramikStainless steelStainless steelStainless steel
Tautan produk

Baca juga rekomendasi talenan di sini

Selain pisau, item lain yang digunakan untuk mengolah bahan makanan adalah talenan. Material yang digunakan untuk membuat talenan pun beragam, seperti kayu, plastik, ataupun karet. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tips dari kami mengenai produk talenan terbaik, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setiap pisau set menawarkan kombinasi jenis pisau yang berbeda-beda. Karena itu, ingatlah untuk selalu mempertimbangkan masakan apa yang sering Anda sajikan di rumah. Material mata pisau pun harus diperhatikan karena menentukan kualitasnya

Kami harap rekomendasi pisau set di atas membantu Anda memilih produk terbaik sesuai kebutuhan. Memiliki pisau yang tepat akan memudahkan Anda dalam memotong berbagai makanan. Kegiatan memasak pun makin efisien. Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    243.167 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang tepat. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    40.968 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    190.174 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2021)
    Timbangan dapur digital memainkan peranan penting saat Anda ingin mengukur bahan makanan dalam jumlah sedikit. Anda dapat menemukan timbangan dapur digital dengan berbagai variasi bentuk dan performa. Mulai dari produk yang harganya murah, tahan air, sampai yang mudah dibersihkan, semuanya mudah ditemukan di online shop.Nah, sebelum Anda menentukan pilihan, mari simak cara memilih timbangan digital untuk dapur guna mendapatkan produk terbaik. Selain itu, kami akan merekomendasikan sepuluh timbangan dapur digital terbaik dari berbagai merek, seperti Taffware dan Idealife. Mari simak terus artikel ini!
    Peralatan masak
    71.777 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda.Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa food chopper yang banyak diminati seperti Zyliss, Tupperware, Slap Chop, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    58.868 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, Happycall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan masak
    89.058 Views
  • 10 Rekomendasi Cobek Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cobek Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Coba tebak, peralatan dapur apakah yang pasti ada di setiap dapur orang Indonesia? Tak salah lagi, jawabannya adalah cobek! Peralatan dapur ini sudah memiliki posisi spesial di hati masyarakat. Sebenarnya, blender bisa dipakai untuk menghaluskan bumbu. Namun, rasanya kurang mantap kalau tidak dihaluskan memakai cobek.  Jika peran cobek dirasa begitu penting, usahakan untuk ekstra teliti saat memilih. Dengan kehati-hatian, Anda pasti akan menemukan cobek terbaik. Terlebih lagi, produk cobek ini juga sudah banyak yang bermerek, seperti IKEA, Aren Handikraf, dan Antik Mart. Yuk, cari produk cobek terbaik di sini!
    Peralatan masak
    2.878 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori