• 10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tongsis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tongsis atau tongkat narsis seakan sudah menjadi barang tak tergantikan saat ingin memaksimalkan selfie menggunakan smartphone. Sebutan lain untuk tongsis adalah tongkat selfie alias selfie stick. Berbagai jenis tongsis dengan fungsi beragam sudah banyak tersedia di pasaran. Namun, mana yang paling mudah digunakan?

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tongsis yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami pun telah menyiapkan sepuluh rekomendasi tongsis terbaik, mulai dari merk INONE, Inbex, Xiaomi, dan sebagainya. Beberapa di antaranya bahkan bisa juga dijadikan tripod, lho! Mari simak artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih tongsis

Berikut akan kami jelaskan lima poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih tongsis. 

Periksalah ukuran smartphone serta OS yang kompatibel

Periksalah ukuran smartphone serta OS yang kompatibel
Terdapat dua tipe tongsis untuk hp, yakni yang hanya kompatibel untuk iPhone atau Android, serta yang kompatibel dengan keduanya. Sebelum membeli, pastikan apakah tongsis tersebut kompatibel dengan smartphone yang Anda gunakan. Dengan begitu, tongsis pun bisa menunjang kegiatan selfie Anda secara maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa ukuran smartphone Anda. Tidak hanya modelnya, tetapi periksa juga ukuran hp beserta casing-nya. Jika Anda menggunakan casing dengan bahan silikon atau bermodel flip, smartphone Anda mungkin akan menjadi lebih tebal. Karena itu, periksalah ukurannya secara keseluruhan dengan saksama.

Pilihlah berdasarkan tipe koneksinya

Berdasarkan koneksinya, tongsis terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe kabel dan tipe Bluetooth. Berikut ini, akan kami perkenalkan tiap tipe beserta kelebihan dan kekurangannya.

Tipe kabel, mudah dikoneksikan dengan earphone jack

Tipe kabel, mudah dikoneksikan dengan earphone jack

Tipe ini menggunakan kabel untuk dipasangkan pada earphone jack yang terdapat pada hp. Untuk tipe ini, Anda tidak perlu melakukan pairing atau mengisi daya baterai tongsisnya. Yang perlu dilakukan hanyalah mencolokkan kabel pada lubang earphone jack, kemudian tongsis langsung bisa digunakan.


Namun, penggunaan casing mungkin saja menutupi lubang earphone jack. Selain itu, beberapa tipe iPhone terbaru juga sudah tidak memiliki earphone jack. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih tipe tongsis ini.

Tipe Bluetooth, praktis digunakan tanpa kabel

Tipe Bluetooth, praktis digunakan tanpa kabel

Tongsis tipe Bluetooth bisa dihubungkan ke smartphone Anda tanpa menggunakan kabel, tetapi diperlukan pairing untuk koneksinya. Meski begitu, tipe ini tetap nyaman digunakan karena hanya membutuhkan satu kali pairing saja.


Jika Anda juga mendapatkan remote control sebagai shutter, Anda bisa mengambil foto dengan lebih leluasa. Anda bisa mengatur posisi tongsis dan mengambil foto dari jarak jauh. Dengan begitu, Anda dapat lebih bebas berpose sehingga hasil foto pun lebih variatif. Namun, tipe Bluetooth ini perlu diisi daya baterainya. Periksalah dengan baik apakah baterai tongsis sudah terisi penuh sebelum Anda membawanya bepergian.

Periksalah kestabilan gagang serta panjang tongkat

Periksalah kestabilan gagang serta panjang tongkat

Hal penting lainnya dalam memilih tongsis hp yang bagus adalah pertimbangan panjang tongkatnya. Tongsis memang berguna agar Anda bisa mengambil foto dengan angle yang lebih luas. Namun, apabila tongkatnya terlalu panjang, tentu akan sulit dan kurang nyaman untuk dibawa bepergian.


Jika bagian ekstensinya terlalu banyak, hal ini akan menyebabkan turunnya ketahanan tongsis tersebut. Selain itu, bobotnya pun akan menjadi berat sehingga terasa sulit digunakan. Jika memungkinkan, cobalah tongsis tersebut saat hendak membelinya di toko.


Untuk pembelian melalui online shop, sebaiknya perhatikan apabila terdapat keterangan ukuran atau bobot produk yang ditulis oleh seller. Sebisa mungkin pilihlah produk yang tidak terlalu panjang serta tidak terlalu berat.


Selain itu, akan lebih nyaman jika Anda memilih tongsis dengan gagang yang stabil serta antiselip. Bahan seperti karet atau spons biasanya tidak mudah selip. Di samping itu, tongsis dengan tombol yang mudah ditekan juga patut dijadikan pertimbangan dalam memilih produk.

Pilihlah produk yang ringan dan bisa dilipat

Pilihlah produk yang ringan dan bisa dilipat

Saat bepergian, tentu Anda ingin membawa barang yang praktis untuk dibawa-bawa. Karena itu, perhatikanlah bobot serta ukuran tongsis saat dilipat.


Jika bobotnya sekitar 150 gram atau kurang, Anda akan tetap nyaman membawanya dalam waktu lama. Selain itu, adanya gantungan di bagian gagang juga akan memudahkan tongsis untuk dibawa-bawa. Anda cukup menggantungkannya di tas.


Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran tongsis saat dilipat. Idealnya, pilihlah tongsis yang tidak terlalu tebal saat dilipat serta berukuran compact layaknya smartphone. Kemudian, jika Anda hendak membawanya ke dalam pesawat, kami merekomendasikan tongsis berukuran sekitar 40 cm ketika dilipat.

Pertimbangkan tongsis dengan tripod untuk jangkauan foto lebih luas

Pertimbangkan tongsis dengan tripod untuk jangkauan foto lebih luas

Tongsis yang bisa digunakan sebagai tripod tentu akan memudahkan Anda saat merekam video atau untuk berfoto ramai-ramai. Terlebih lagi, tongsis tipe tripod yang dilengkapi koneksi Bluetooth akan memungkinkan Anda mengatur posisi dengan lebih leluasa.


Selain itu, penggunaan tongsis yang bisa menjadi tripod disarankan untuk Anda yang ingin mengambil foto tanpa risiko blur. Dengan tongsis tipe ini, Anda juga bisa menggunakan kamera digital untuk hasil foto lebih maksimal.


Beberapa tongsis juga memiliki beragam fungsi lainnya, misalnya yang dilengkapi cermin untuk memudahkan Anda mengatur pose dan ekspresi. Lalu, ada juga yang dilengkapi lampu LED untuk membantu pencahayaan saat Anda berfoto. Jadi, periksalah fungsi tambahan semacam ini yang bisa mendukung kebutuhan berfoto Anda.

10 Rekomendasi tongsis terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi tongsis terbaik khusus untuk Anda. Temukanlah tongsis yang paling cocok untuk Anda dengan mempertimbangkan poin-poin di atas!
Gambar produk
1
 Xiaomi  Mi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth Remote) 1

Xiaomi

2
Joyseus Bluetooth Selfie Stick 1

Joyseus

3
INONE LED Lightning Selfie Stick Mini Pocket Size 1

INONE

4
Baseus Ultra Mini Selfie Stick  1

Baseus

5
Inbex Tongsis Bluetooth 4 in 1 1

Inbex

6
INONE Selfie Stick Tripod A31 360° Rotation 1

INONE

7
Nossy Monopod Lipstick Selfie Stick 1

8
MINISO Simple Selfie Stick 1

MINISO

9
Selfie Stick Locust Series 1

10
Monopod Tongsis with Tomsis and Lens Clip Fisheye 1

Nama produk

Mi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth Remote)

Bluetooth Selfie Stick

LED Lightning Selfie Stick Mini Pocket Size

Ultra Mini Selfie Stick

Tongsis Bluetooth 4 in 1

Selfie Stick Tripod A31 360° Rotation

Nossy Monopod Lipstick Selfie Stick

Simple Selfie Stick

Selfie Stick Locust Series

Monopod Tongsis with Tomsis and Lens Clip Fisheye

Keunggulan

Desain matte yang elegan dan fashionable serta bisa dijadikan tripod

Kian nyaman dengan gagang yang ergonomis

Hasil foto tetap oke setiap saat dengan adanya lampu LED

Tongsis mini, mudah dan praktis dibawa ke mana saja!

Dilengkapi remote control dengan jangkauan hingga 10 meter

Tongsis multifungsi, ringan dan bisa di-upgrade

Bentuk lipstiknya menjadikan tongsis ini kian unik dan stylish

Selfie dengan kamera belakang? Tentu bisa berkat tongsis yang dilengkapi cermin ini

Tongsis compact dengan harga terjangkau

Paket lengkap untuk berswafoto saat traveling!

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 120.000,00Rp 192.000,00Rp 139.000,00Rp 99.000,00Rp 119.900,00Rp 99.000,00Rp 59.000,00Rp 8.900,00Rp 45.000,00
Tipe koneksiBluetooth 3.0Bluetooth 5.0Bluetooth 3.0Bluetooth 4.2Bluetooth 4.0-KabelKabelKabelBluetooth
Panjang tongkat19–51 cm18,6–70 cmSampai dengan 80 cm15–67,5 cm20–68 cm20–80 cm16,5–60 cm18–80 cm± 18–79,6 cm20–95 cm
Berat155 gram155 grTidak disebutkan99 gram130 gram148 gram152 gram109 gram± 147 gramTidak disebutkan
MaterialAluminium alloyTidak terlampirPlastik, stainless, PCStainless steel, ABS, PCABS, baja tahan karatABS + aluminium alloyAluminiumABS, ironware, siliconeTidak disebutkanTidak disebutkan
Pilihan warnaHitam, putihHitamHitam, pinkHitam, unguHitamBlackPink, putihPutih, pink, black, mint greenHijau, biru, hitam, kuning, pinkHitam
Keterangan tambahanTripod, dilengkapi remote control, bisa diputar 360°Tripod, dilengkapi remote control, bisa diputar 360°Dilengkapi lampu LED-Tripod, dilengkapi remote control (jarak maksimal 10 m)Tripod, bisa diputar 360°, bisa dipasangkan aksesori lain-Dilengkapi cerminBaterai dengan daya yang bisa diisi ulangDilengkapi remote control (jarak maksimal 5 m)
Tautan produk
10

Monopod Tongsis with Tomsis and Lens Clip Fisheye

Z07-1

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe koneksiBluetooth
Panjang tongkat20–95 cm
BeratTidak disebutkan
MaterialTidak disebutkan
Pilihan warnaHitam
Keterangan tambahanDilengkapi remote control (jarak maksimal 5 m)
9
Tipe koneksiKabel
Panjang tongkat± 18–79,6 cm
Berat± 147 gram
MaterialTidak disebutkan
Pilihan warnaHijau, biru, hitam, kuning, pink
Keterangan tambahanBaterai dengan daya yang bisa diisi ulang
8
Tipe koneksiKabel
Panjang tongkat18–80 cm
Berat109 gram
MaterialABS, ironware, silicone
Pilihan warnaPutih, pink, black, mint green
Keterangan tambahanDilengkapi cermin
7

Nossy Monopod Lipstick Selfie Stick

BR14

Mulai dari Rp 99.000,00

Tipe koneksiKabel
Panjang tongkat16,5–60 cm
Berat152 gram
MaterialAluminium
Pilihan warnaPink, putih
Keterangan tambahan-
6

INONESelfie Stick Tripod A31 360° Rotation

Mulai dari Rp 119.900,00

Tipe koneksi-
Panjang tongkat20–80 cm
Berat148 gram
MaterialABS + aluminium alloy
Pilihan warnaBlack
Keterangan tambahanTripod, bisa diputar 360°, bisa dipasangkan aksesori lain
5
Tipe koneksiBluetooth 4.0
Panjang tongkat20–68 cm
Berat130 gram
MaterialABS, baja tahan karat
Pilihan warnaHitam
Keterangan tambahanTripod, dilengkapi remote control (jarak maksimal 10 m)
4
Tipe koneksiBluetooth 4.2
Panjang tongkat15–67,5 cm
Berat99 gram
MaterialStainless steel, ABS, PC
Pilihan warnaHitam, ungu
Keterangan tambahan-
3

INONELED Lightning Selfie Stick Mini Pocket Size

ADYSS-A13

Mulai dari Rp 192.000,00

Tipe koneksiBluetooth 3.0
Panjang tongkatSampai dengan 80 cm
BeratTidak disebutkan
MaterialPlastik, stainless, PC
Pilihan warnaHitam, pink
Keterangan tambahanDilengkapi lampu LED
2

JoyseusBluetooth Selfie Stick

OT0027

Mulai dari Rp 120.000,00

Tipe koneksiBluetooth 5.0
Panjang tongkat18,6–70 cm
Berat155 gr
MaterialTidak terlampir
Pilihan warnaHitam
Keterangan tambahanTripod, dilengkapi remote control, bisa diputar 360°
1

Xiaomi Mi Selfie Stick Tripod (with Bluetooth Remote)

Mulai dari Rp 215.000,00

Tipe koneksiBluetooth 3.0
Panjang tongkat19–51 cm
Berat155 gram
MaterialAluminium alloy
Pilihan warnaHitam, putih
Keterangan tambahanTripod, dilengkapi remote control, bisa diputar 360°

Tips saat menggunakan tongsis

Walaupun bisa digunakan siapa saja dan kapan saja, menggunakan tongsis juga perlu aturan, lho! Dengan penggunaan yang tepat, berswafoto bersama teman jadi tidak repot dan hasil foto makin bagus. Berikut ini adalah cara menggunakan tongsis yang benar dan aturan penggunaannya.

Cara menggunakan tongsis

Cara menggunakan tongsis
Penggunaan tongsis sebenarnya sangatlah mudah. Cukup jepitkan smartphone pada klip holder di tongkat. Jika tongsis tersebut menggunakan koneksi kabel, Anda hanya perlu mencolokkan kabel earphone jack-nya ke smartphone. Lalu, Anda pun bisa langsung berswafoto.

Untuk tongsis yang menggunakan koneksi Bluetooth, Anda perlu melakukan pengaturan pairing dengan smartphone. Berikut langkah-langkahnya.


  • Pertama, tekan tombol power untuk menyalakan tongsis.
  • Nyalakan pengaturan Bluetooth pada smartphone atau perangkat kamera yang hendak Anda gunakan. 
  • Saat melakukan pencarian perangkat Bluetooth, akan muncul merek atau seri dari tongsis yang hendak Anda pairing. Setelah itu, tekan nama perangkat tersebut. Ketika sudah ada tulisan "connected", berarti Anda sudah bisa menggunakan tongsis untuk berfoto.

Pengaturan yang diperlukan dapat berbeda-beda tergantung pada perangkat yang digunakan dan tongsis itu sendiri. Karena itu, jika cara yang kami jelaskan ini tidak berhasil, carilah informasi penggunaan langsung dari situs web resmi produknya.

Gunakan lensa fisheye di tempat yang melarang penggunaan tongsis

Gunakan lensa fisheye di tempat yang melarang penggunaan tongsis
Panjang tongsis saat diulurkan mencapai 70–80 cm sehingga berpotensi membahayakan orang sekitar, apalagi saat digunakan di tempat ramai. Karena itu, tidak jarang ada beberapa tempat yang melarang penggunaan tongsis, seperti di Disneyland, tempat konser, dan sebagainya. Pastikan Anda memeriksa peraturan tempat yang hendak Anda kunjungi dengan saksama.

Untuk pengambilan foto di tempat yang dilarang menggunakan tongsis, Anda bisa menggunakan lensa fisheye tambahan. Lensa ini digunakan dengan cara dipasangkan pada badan smartphone tepat di posisi kameranya. Jangkauan foto yang dihasilkan lensa fisheye akan terlihat luas seperti foto yang dihasilkan menggunakan tongsis. Jadi, cobalah gunakan lensa fisheye saat hendak selfie di tempat yang ramai pengunjung.

Baca juga rekomendasi produk pendukung selfie lainnya di sini

Selain tongsis, ada juga berbagai perangkat lainnya yang bisa mendukung Anda mengabadikan momen dengan mengambil foto selfie. Kami telah membahas sejumlah perangkat, seperti ring light dan lensa tambahan untuk smartphone, hingga kamera digital yang cocok untuk selfie. Simak pembahasan lebih lengkap lewat link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca ulasan kami mengenai tongsis? Sudahkah Anda menemukan tongsis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?


Zaman sekarang, sudah tersedia banyak produk tongsis yang dapat membantu Anda mengabadikan momen berharga. Fokuslah pada fungsi-fungsi yang menurut Anda paling penting untuk menunjang kegiatan berfoto. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan tongsis favorit yang awet dan berkualitas. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Sama seperti Android, iPhone merupakan jenis smartphone yang populer. Namun, berbeda dengan Android, iPhone tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan begitu, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti external memory jika ingin menyimpan banyak file. Ada berbagai merek external memory untuk iPhone yang bisa Anda temukan di pasaran dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Jadi, kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih external memory yang bagus untuk iPhone Anda. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi produk misalnya merek SanDisk, iKlips, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Case Terbaik untuk Redmi Note 9 Pro (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Case Terbaik untuk Redmi Note 9 Pro (Terbaru Tahun 2022)
    Redmi Note 9 Pro merupakan salah satu handphone mid-class dengan spek ala handphone flagship. Jika Anda memiliki handphone keren ini, sudah selayaknya jika Anda melindungi bodinya dengan memasang case. Pilhan casing Redmi Note 9 Pro pun cukup banyak beredar di pasaran. Hal ini bisa membuat Anda bingung untuk memilihnya.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih casing untuk Redmi Note 9 Pro, serta memberikan rekomendasi produk yang bagus. Merek Casing Redmi Note 9 Pro terbaik produksi Nillkin dan Ringke akan ada di list rekomendasi kami. Yuk, langsung scroll down!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori