1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan gigi & mulut
  6. >
  7. 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023)

Mempunyai gigi putih merupakan impian banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan zat abrasifnya. Namun, banyaknya produk odol pemutih gigi di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilihnya.

Kali ini kami akan membahas cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi pemutih gigi terbaik, seperti merek Pepsodent, Sensodyne, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
Diperbaharui 10-01-2022
Pakar
Dokter gigi dan endodontis
drg. Ceples, Sp.KG

Endodontis lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2014 ini sudah 18 tahun bekerja sebagai PNS. Dokter Ceples juga sudah 7 tahun bergelut di bidang endodontis di RSUD Blambangan dan Genteng Banyuwangi. Bagi beliau, pekerjaan ini merupakan tantangan karena masyarakat belum memahami pentingnya kesehatan gigi secara menyeluruh. Dokter Ceples juga memiliki tempat praktik yang sudah dikelola mulai tahun 2003 sampai sekarang, yang dinamai SC Dental House. Mengusung tagline "Complete Solution Your Teeth", SC Dental House memberikan perawatan dengan solusi yang tepat dan sesuai.

Profil drg. Ceples, Sp.KG
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi

Pertama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pasta gigi pemutih. Simak dengan teliti, ya!

① Periksa kandungan bahan yang efektif memutihkan gigi

Pasta gigi untuk memutihkan gigi digunakan untuk menghilangkan plak atau noda warna pada permukaan gigi. Untuk itu, cermatilah keberadaan kandungan yang mampu menghilangkan noda pada gigi serta mencegah menempelnya noda pada gigi.

Sodium polyphosphate, mengurangi sekaligus mencegah kotoran dan warna menempel

Sodium polyphosphate, mengurangi sekaligus mencegah kotoran dan warna menempel
Jika Anda khawatir mengenai kotoran dan warna kusam pada gigi, pilihlah pasta gigi yang mengandung sodium polyphosphate. Sodium polyphosphate merupakan bahan kimia yang mampu menghilangkan kotoran dan warna yang menempel pada permukaan gigi. Selain itu, bahan ini akan melapisi gigi dan mencegah kotoran menempel kembali di permukaan gigi.

Ketika permukaan gigi bergesekan dengan bahan abrasif dan sejenisnya, gigi akan mudah kotor. Namun, dengan memakai pasta gigi yang mengandung sodium polyphosphate, Anda dapat mencegah plak dan kotoran menempel. Gigi putih Anda pun bisa terjaga lebih lama.

Hydroxyapatite, membuat plak dan noda warna sulit menempel pada gigi

Hydroxyapatite, membuat plak dan noda warna sulit menempel pada gigi
Hydroxyapatite adalah kandungan dalam pasta gigi yang membuat plak dan noda warna sulit menempel pada gigi. Komponennya mirip dengan enamel gigi serta mampu menutup lubang-lubang tak kasat mata di permukaan gigi. Dengan begitu, plak dan noda warna akan lebih sulit menempel. Hydroxyapatite juga berfungsi untuk menyerap kotoran sehingga dapat membantu menghilangkan plak gigi dan noda warna.

Fluoride, menguatkan struktur gigi dan mencegah karies

Fluoride, menguatkan struktur gigi dan mencegah karies

Untuk mencegah gigi rusak dan berlubang, pasta gigi dengan kandungan fluoride (sodium monofluorophosphate) sangat penting. Meski tidak berperan langsung dalam memutihkan gigi, fluoride berperan untuk meningkatkan remineralisasi dan mencegah demineralisasi pada gigi. Dengan ditekannya risiko kerusakan gigi, Anda pun bisa menjaga gigi tetap putih dan indah.


Demineralisasi adalah kondisi saat rongga mulut menjadi asam sehabis makan. Hal ini akan menyebabkan kalsium dan mineral lain pada gigi larut. Normalnya dibutuhkan kurang lebih dua puluh menit agar gigi menjadi basa kembali dan terjadi remineralisasi. Namun, waktu yang dibutuhkan tiap individu dalam proses demineralisasi hingga remineralisasi dapat berbeda-beda. 


Makin lama proses demineralisasi terjadi, permukaan gigi makin mudah rusak dan bernoda. Jika Anda ingin mencegah hal tersebut, disarankan untuk segera menyikat gigi sehabis makan. Sebagai tambahan, anak-anak di bawah umur 6 tahun sering tidak sengaja menelan pasta gigi. Jadi, sebaiknya hindari pasta gigi dengan kandungan fluoride lebih dari 1000 ppm.

② Pilih pasta gigi dengan kandungan zat abrasif dan foaming agent sesedikit mungkin

Pilih pasta gigi dengan kandungan zat abrasif dan foaming agent sesedikit mungkin

Efek memutihkan pada pasta gigi memang akan lebih kuat bila terdapat kandungan zat abrasif. Contoh zat abrasif pada pasta gigi pemutih adalah silica, calcium carbonate, dan hydrogen peroxide. Namun, hydrogen peroxide sudah sangat jarang digunakan sebagai bahan kandungan pada pasta gigi yang dipasarkan di Indonesia.


Keberadaan zat abrasif dalam jumlah besar dapat mengikis permukaan gigi. Pada beberapa kasus, hal tersebut justru menyebabkan gigi lebih bernoda. Karena itu, Anda perlu berhati-hati untuk menentukan odol pemutih gigi yang tepat. 


  • Sebisa mungkin, pilihlah produk yang hanya mengandung sedikit zat abrasif. Opsi lainnya, Anda bisa memilih pasta gigi yang mengandung hydroxyapatite dengan partikel lebih lembut daripada zat abrasif lain.

  • Pilih juga produk dengan kandungan foaming agent, seperti sodium lauryl sulfate, seminim mungkin. Foaming agent sebenarnya memiliki manfaat tersendiri. Namun, dengan adanya busa, Anda bisa saja merasa sudah menyikat gigi dengan bersih, padahal mungkin belum. Idealnya, Anda perlu menyikat gigi selama dua menit agar kandungan bahan aktif dalam pasta gigi dapat terserap secara optimal.

Di sisi lain, kotoran dan noda warna akan sulit hilang jika pasta gigi Anda tidak mengandung sifat abrasif sama sekali. Jadi, selain menggunakan pasta gigi berdaya abrasif rendah, Anda bisa mengombinasikannya dengan produk pemutih gigi lainnya. Hal ini akan membuat kotoran dan noda pada gigi lebih mudah hilang.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk memutihkan gigi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasta gigi terbaik untuk memutihkan gigi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Ceples, Sp.KG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening

Unilever Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening 1枚目

Satu produk dengan delapan manfaat sekaligus untuk gigi Anda!

2

Natural Nusantara (Pemasar)

Pasta Gigi NASA

Natural Nusantara (Pemasar) Pasta Gigi NASA 1枚目

Odol untuk membantu memutihkan gigi dengan kandungan minyak cengkeh

3

Colgate-Palmolive

Colgate Optic White Whitening Toothpaste Plus Shine

Colgate-Palmolive Colgate Optic White Whitening Toothpaste Plus Shine 1枚目

Produk populer untuk gigi lebih putih dan berkilau setelah satu minggu pemakaian

4

Lion Wings

Zact Stain Fighter Toothpaste

Lion Wings Zact Stain Fighter Toothpaste 1枚目

Tiga kali lebih efektif angkat noda kuning gigi akibat teh dan kopi

5

GSK

Sensodyne Gentle Whitening

GSK Sensodyne Gentle Whitening 1枚目

Putihkan gigi sensitif Anda tanpa rasa khawatir

6

Swissdent Cosmetics

Swissdent Extreme Toothpaste

Swissdent Cosmetics  Swissdent Extreme Toothpaste 1枚目

Tak hanya memutihkan, tetapi juga melindungi permukaan gigi dan kesehatan gusi

7

Hawley And Hazel Chemical

Darlie Pasta Gigi All Shiny White Charcoal Clean

Hawley And Hazel Chemical Darlie Pasta Gigi All Shiny White Charcoal Clean 1枚目

Membersihkan gigi dengan sistem pemutihan ganda

8

Enzym Bioteknologi Internusa

Enzim Orthodontic

 Enzym Bioteknologi Internusa Enzim Orthodontic 1枚目

Ingin gigi berbehel Anda terjaga putihnya? Produk ini solusinya!

9

Unilever

Closeup Diamond Attraction Toothpaste

Unilever Closeup Diamond Attraction Toothpaste 1枚目

Pasta gigi yang mengandung blue covarine, gigi lebih putih sejak sikatan pertama

10

Procter & Gamble

Crest 3D White Brilliance 2 Step Toothpaste

Procter & Gamble  Crest 3D White Brilliance 2 Step Toothpaste 1枚目

Memutihkan gigi seperti pergi ke perawatan profesional

Perincian produk
Close
No.1

UnileverPasta Gigi Pepsodent Complete 8 Plus Whitening

Mulai dari Rp8.700,00

Satu produk dengan delapan manfaat sekaligus untuk gigi Anda!

Kelebihan:

  • Memiliki delapan manfaat sekaligus untuk gigi lebih sehat
  • Diperkaya dengan zinc untuk melindungi seluruh gigi dan mulut
  • Hadir dengan dua varian ukuran kemasan

Kekurangan:

  • Rasa mint-nya kurang kuat bagi beberapa pengguna

Jika Anda sedang mencari pasta gigi Pepsodent untuk memutihkan gigi, Pepsodent Complete 8 Plus Whitening ini adalah jawabannya. Anda pun tak hanya mendapatkan gigi yang lebih putih dengan produk ini. 


Odol ini memiliki tujuh manfaat lain, yaitu mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, dan membantu mengurangi plak. Manfaat lain selanjutnya adalah mengurangi noda gigi, melawan kuman, melindungi email gigi, dan membuat napas lebih segar. Benar-benar paket komplet!

No.2

Natural Nusantara (Pemasar)Pasta Gigi NASA

Mulai dari Rp12.500,00

Odol untuk membantu memutihkan gigi dengan kandungan minyak cengkeh

Kelebihan:

  • Mampu membersihkan gigi dan membantu memutihkan gigi
  • Dapat mengurangi bau mulut berkat kandungan minyak cengkih di dalamnya
  • Mengandung baking soda dan fluoride

Kekurangan:

  • Agak susah dijumpai di toko-toko offline

Anda pencinta produk-produk dengan kandungan bahan herbal? Pasta gigi NASA ini bisa dijadikan pilihan. Produk ini lumayan bisa memutihkan gigi, lho. Namun, yang perlu diingat, tingkat putihnya tentu saja akan berbeda-beda untuk setiap orang.


Produk ini juga bisa mengurangi bau mulut yang tidak sedap berkat kandungan minyak cengkihnya. Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih percaya diri.

No.3

Colgate-PalmoliveColgate Optic White Whitening Toothpaste Plus Shine

Mulai dari Rp48.100,00

Produk populer untuk gigi lebih putih dan berkilau setelah satu minggu pemakaian

Kelebihan:

  • Diklaim mampu menjadikan gigi lebih putih dan berkilau setelah seminggu penggunaan rutin
  • Dapat menghilangkan noda pada gigi dengan aman
  • Dengan partikel mikro-kristal yang lembut untuk menjadikan gigi tampak lebih berkilau

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran isi
  • Harga cukup mahal

Untuk urusan memutihkan gigi, pasta gigi merek Colgate tentu saja pantang dilewatkan. Jika Anda membutuhkan rekomendasi pasta gigi populer untuk memutihkan gigi, produk ini bagus untuk Anda pertimbangkan. 


Dengan rutin menggunakan pasta gigi ini selama satu minggu, gigi Anda akan tampak lebih putih. Selain membantu menghilangkan noda ekstrinsik dengan aman, formulanya juga akan mengilapkan permukaan gigi. Senyuman Anda akan lebih berkilau!

No.4

Lion WingsZact Stain Fighter Toothpaste

Mulai dari Rp17.600,00

Tiga kali lebih efektif angkat noda kuning gigi akibat teh dan kopi

Kelebihan:

  • Diklaim tiga kali lebih efektif dalam mengurangi noda pada gigi akibat teh, kopi, dan rokok
  • Tidak terlalu terasa pedas di mulut

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan, 190 gram

Rokok, kopi, dan teh merupakan faktor utama yang sering menyebabkan gigi menguning dengan cepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena produk ini dikhususkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan kandungan micro alumina, pasta gigi ini mampu mengangkat noda-noda yang disebabkan oleh kopi, teh, dan rokok. 


Bahkan, kinerja odol pemutih gigi merek Zact ini diklaim tiga kali lebih efektif untuk menghilangkan noda. Wah, patut dicoba oleh Anda yang sedang berjuang menghilangkan plak dan noda kehitaman pada gigi. 

No.5

GSKSensodyne Gentle Whitening

Mulai dari Rp39.300,00

Putihkan gigi sensitif Anda tanpa rasa khawatir

Kelebihan:

  • Membantu mengurangi noda dan membalikan warna putih alami gigi sensitif
  • Membantu menenangkan syaraf dalam gigi
  • Mengandung fluoride


Kekurangan:

  • Harga sedikit lebih mahal karena diformulasikan khusus untuk gigi sensitif

Bagi Anda pemilik gigi sensitif yang ingin mencerahkan warna gigi, produk ini bisa menjadi pilihan. Sensodyne Gentle Whitening dibuat untuk memberi perlindungan dari rasa ngilu pada gigi sensitif sekaligus mengembalikan warna putih alami gigi. 


Pasta gigi ini bekerja dengan menenangkan syaraf dalam gigi. Dengan penggunaan teratur dua kali sehari, gigi sensitif Anda akan terlindungi lebih lama.

No.6

Swissdent Cosmetics Swissdent Extreme Toothpaste

Mulai dari Rp198.000,00

Tak hanya memutihkan, tetapi juga melindungi permukaan gigi dan kesehatan gusi

Kelebihan:

  • Secara bertahap membantu memutihkan gigi yang kuning akibat pigmen warna dari kopi, teh, dan tembakau
  • Dengan Coenzyme Q10 dan vitamin E untuk meningkatkan kesehatan gusi
  • Mengandung baking soda (sodium bicarbonate) dan fluoride


Kekurangan:

  • Harga mahal untuk ukuran 50 gram

Odol untuk memutihkan gigi kuning ini layak dipertimbangkan oleh Anda yang aktif merokok atau mengonsumsi kopi dan teh. Dengan penggunaan rutin, pigmen-pigmen warna kopi, teh, dan tembakau yang menempel pada gigi perlahan akan terkikis. Hasilnya, warna gigi Anda akan lebih cerah dan putih. 


Selain memutihkan, teknologi mikro pada produk ini juga akan melindungi permukaan gigi agar tidak rusak. Gusi Anda pun akan lebih sehat berkat kandungan Koenzim Q10 dan vitamin E pada pasta gigi yang bagus ini.

No.7

Hawley And Hazel ChemicalDarlie Pasta Gigi All Shiny White Charcoal Clean

Mulai dari Rp32.000,00

Membersihkan gigi dengan sistem pemutihan ganda

Kelebihan:

  • Memberi manfaat ganda yaitu membersihkan dan memutihkan gigi
  • Mengandung partikel arang untuk membantu menghilangkan plak
  • Dengan kandungan fluoride untuk mencegah gigi berlubang

Kekurangan:

  • Mungkin kurang cocok bagi Anda yang tidak menyukai produk dengan aroma bambu

Sebelum mendapatkan gigi putih, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihannya. Pasta gigi Darlie ini menggunakan charcoal alami dari Korea yang berukuran mikro untuk membantu menghilangkan plak atau noda kuning. 


Setelah gigi bersih, kandungan speedy whitening agent atau hydrated silica berkekuatan ganda akan bekerja untuk membuat gigi lebih putih. Jika Anda ingin mendapatkan gigi yang lebih putih dari biasanya dan napas lebih segar, produk ini layak dicoba. 

No.8

Enzym Bioteknologi InternusaEnzim Orthodontic

Mulai dari Rp38.000,00

Ingin gigi berbehel Anda terjaga putihnya? Produk ini solusinya!

Kelebihan:

  • Diformulasikan khusus untuk menjaga kebersihan gigi yang dikawat
  • Mengandung enzim-enzim bermanfaat dan bahan alami yang dapat mengembalikan kualitas air liur 
  • Tidak menghasilkan busa sehingga lebih bagus untuk gigi berbehel

Kekurangan:

  • Tidak memberi efek memutihkan gigi secara langsung, tetapi lebih menjaga kebersihan dan warna gigi agar tidak menguning

Pasta gigi ini memang tidak secara langsung memberi efek memutihkan pada gigi berbehel Anda. Namun, produk ini mampu menjaga kelembapan dan mengontrol keseimbangan bakteri dalam rongga mulut. Zat abrasifnya pun mampu masuk ke celah-celah kawat gigi.


Dengan begitu, Anda yang baru menggunakan behel dapat tetap menjaga kebersihan gigi dengan optimal. Jika sudah demikian, warna putih alami gigi tentunya dapat tetap terjaga. Menariknya lagi, produk ini diklaim dapat membantu penyembuhan luka dan sariawan yang kerap muncul saat memakai behel. 

No.9

UnileverCloseup Diamond Attraction Toothpaste

Mulai dari Rp30.000,00

Pasta gigi yang mengandung blue covarine, gigi lebih putih sejak sikatan pertama

Kelebihan:

  • Membuat gigi kuning menjadi lebih putih dengan cepat berkat Blue Light Technology
  • Mengandung fluoride


Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian ukuran kemasan

Produk ini menawarkan Blue Light Technology yang menghasilkan busa berwarna biru. Dalam istilah lainnya, hal ini sering disebut blue covarine. Teknologi tersebut berguna untuk melapisi gigi sebagai filter optik guna menyeimbangkan cahaya yang dipantulkan gigi. 


Anda bahkan bisa melihat gigi Anda lebih putih setelah penggunaan pertama! Pasta gigi yang pas dipilih ketika Anda ingin tampil lebih menawan saat bertemu orang penting, bukan?

No.10

Procter & Gamble Crest 3D White Brilliance 2 Step Toothpaste

Mulai dari Rp480.000,00

Memutihkan gigi seperti pergi ke perawatan profesional

Kelebihan:

  • Dapat membantu memutihkan gigi setelah empat minggu penggunaan 
  • Produk terdiri dari pasta gigi dan whitening finisher sehingga menjadikan pemutihan gigi lebih optimal
  • Mengandung bahan aktif yang mampu mencegah gigi berlubang, plak, dan penyakit gusi tahap awal

Kekurangan:

  • Harganya terbilang mahal
  • Kurang cocok untuk beberapa pengguna dengan gigi dan gusi yang sensitif


Pasta gigi ini diklaim mampu memutihkan gigi seperti halnya Anda melakukan perawatan oleh profesional. Ada dua jenis pasta gigi dalam satu paketnya, yakni Deep Cleans dan Whitening Finisher. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan empat minggu pemakaian secara rutin.


Produk ini tak hanya berguna untuk memutihkan gigi yang kuning. Di dalamnya terkandung stannous fluoride yang membantu mencegah terjadinya kerusakan pada gigi dan memperkuat enamel. Bagi Anda yang memiliki anggaran lebih untuk perawatan gigi, produk ini bisa dicoba. 

Pertanyaan populer seputar gigi kuning

Pertanyaan populer seputar gigi kuning

Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan mengenai penyebab gigi kuning. Endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG., sudah membantu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar gigi kuning. Yuk, dibaca!

Apakah penyebab gigi kuning?

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab gigi kuning. Warna gigi ditentukan oleh hal berikut ini.

  • Translusensi (kemampuan gigi menyerap atau meneruskan sebagian cahaya)
  • Ketebalan enamel
  • Ketebalan dan warna dentin yang melapisi bawahnya
  • Warna pulpa atau dekomposisi jaringan pulpa
  • Obat-obatan
  • Trauma
  • Usia

Perubahan warna pada gigi dapat bersifat fisiologi dan patologi sehingga dapat diklasifikasikan sebagai berikut.


  • Faktor ekstrinsik
Faktor ini ditemukan pada permukaan luar gigi dan biasanya bersifat lokal. Hal ini dapat berupa noda tembakau, rokok, teh, kopi, dan sirop. Kebiasaan jarang menggosok gigi dan pasta gigi yang kurang bagus juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Pekerja pabrik yang terpapar debu industri, seperti uap asam kromat serta metal (tembaga, besi, magnesium, dan sebagainya), pun berisiko mengalaminya.

  • Faktor intrinsik
Hal ini dapat berupa noda yang terdapat di dalam enamel dan dentin yang disebabkan oleh faktor internal. Perubahan dapat terjadi selama atau sesudah pembentukan enamel dan dentin, misalnya pemakaian obat golongan tetrasiklin. Di samping itu, bisa juga karena penyakit metabolic berat selama fase pertumbuhan gigi (fluorosis atau porfiria kongenital).

Tips tambahan mengenai cara menggosok dan memutihkan gigi

Kami juga telah menyiapkan beberapa tips tambahan mengenai cara menggosok dan memutihkan gigi. Dibaca dengan saksama, ya.

Metode menggosok gigi sesuai anjuran dokter gigi

Metode menggosok gigi sesuai anjuran dokter gigi

Ikuti langkah-langkah menggosok gigi yang benar berikut, ya, agar pembersihan gigi Anda lebih efektif.


  • Pertama, gosok gigi Anda hanya dengan sikat gigi tanpa pasta gigi. Jika Anda langsung menggunakan pasta gigi, Anda akan menggosok gigi hanya dengan busa dari foaming agent pasta gigi. Hasilnya, kotoran yang menempel tidak benar-benar terangkat dengan baik. 
  • Setelah menyikat setiap sela dan bagian gigi dengan baik, berkumurlah dengan air untuk menghilangkan kotoran dan noda yang menempel.
  • Selanjutnya, gunakan pasta gigi setengah dari panjang bulu sikat. Gosoklah gigi Anda agar bahan aktif dari pasta gigi dapat bekerja. Sikatlah gigi Anda perlahan ke atas dan bawah, terutama di bagian sela-sela gigi tempat kotoran plak sering menempel. Setelah itu, berkumurlah ringan menggunakan air. 

Berhubung pasta gigi tidak dapat langsung terserap, meninggalkan sedikit sisa pasta gigi akan memutihkan gigi lebih cepat. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat menggunakan benang gigi (dental floss) tanpa kandungan lilin. Dental floss akan membuat sisa pasta gigi masuk ke celah gigi dan membuat gigi Anda putih lebih optimal.

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan tidak kaku

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan tidak kaku

Meski Anda sudah menemukan pasta gigi yang tepat, efeknya tidak akan maksimal jika salah memilih sikat gigi. Sikat gigi yang ideal haruslah yang mampu menjangkau seluruh bagian permukaan gigi. Jadi, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat lembut yang dapat mencapai sela-sela tersulit pada gigi tanpa melukainya.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Ada banyak teknik dalam kedokteran gigi yang dianjurkan untuk pemutihan gigi. Faktor yang menentukan penggunaan tekniknya adalah lokasi dan sifat perubahan warna gigi. Indikasinya dapat berupa hal-hal berikut:


Di sisi lain, kontraindikasinya adalah

  • perubahan warna kehitaman yang parah;
  • kehilangan enamel yang parah;
  • dekat dengan tanduk pulpa;
  • ada karies;
  • gigi yang hypersensitive;
  • restorasi korona yang buruk;
  • pasien dengan kebiasaan bruxism.

Semua teknik aman bila dilakukan dengan benar dan tidak mengganggu enamel yang sehat. Anda perlu waspada bila bahan pemutih tertelan dalam jumlah yang cukup banyak. Pemutih dalam jumlah besar dapat bersifat toksik serta berisiko menimbulkan iritasi pada mukosa saluran cerna dan saluran pernapasan.

Baca juga rekomendasi pemutih gigi dan berbagai sikat gigi di sini

Untuk mendapatkan gigi putih bersih, Anda bisa menggabungkan penggunaan pasta gigi pemutih dengan produk pemutih gigi. Selain itu, kami juga sudah merangkum berbagai produk sikat gigi untuk Anda. Dari sikat gigi bayi, anak-anak, hingga sikat gigi elektrik, Anda dapat menemukannya melalui tautan artikel rekomendasi berikut.

Kesimpulan

Anda sudah membaca ulasan dan rekomendasi pasta gigi untuk memutihkan gigi. Apakah Anda menemukan pasta gigi yang sesuai kebutuhan? Dengan pasta gigi yang tepat, Anda dapat lebih terbantu untuk memiliki gigi yang putih, bersih, dan sehat sepanjang hari.

Pilihlah pasta gigi yang tidak hanya memutihkan, tetapi juga aman untuk gigi Anda. Tentunya sambil tetap mempertimbangkan harga, Anda dapat menemukan produk yang Anda butuhkan. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer