10 Rekomendasi Penahan Pintu (Door Stopper) Terbaik (Tahun 2018)

10 Rekomendasi Penahan Pintu (Door Stopper) Terbaik (Tahun 2018)

Seringkali Anda membiarkan pintu Anda tetap terbuka untuk mendapatkan udara segar. Untuk itu, Anda memerlukan penahan pintu agar pintu Anda tetap terbuka, tidak menutup sendiri saat tertiup angin. Produk penahan pintu memiliki beberapa jenis serta bahan pembuatan yang beraneka ragam.

Kali ini kami akan memperkenalkan berbagai penahan pintu yang dapat Anda pilih. Pilihlah jenis produk yang sesuai dengan desain interior ruangan Anda sehingga dapat menambah daya tarik ruangan Anda!

Cara memilih penahan pintu

Jenis penahan pintu juga tergantung pada jenis pintu. Ada dua jenis penahan pintu yang biasa dipakai untuk keperluan sehari-hari, yaitu tipe plug-in dan tipe lipat. Anda perlu memeriksa pintu Anda terlebih dahulu untuk memastikan penahan pintu yang Anda pilih cocok dengan pintu Anda. Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih penahan pintu yang cocok untuk Anda. Mari kita lihat!

“Tipe plug-in” yang mudah untuk dimasukkan

Cara penggunaan penahan pintu tipe plug-in adalah dengan menjepitkannya di celah antara pintu dan lantai. Penahan pintu tipe plug-in mudah digunakan karena penahan pintu ini memiliki sudut kemiringan yang cocok dengan ukuran celah pintu sehingga mudah diselipkan.

Penahan pintu biasanya terbuat dari resin atau silikon. Namun, apabila Anda tidak ingin ada bekas goresan yang disebabkan oleh penahan pintu maka Anda dapat memilih penahan pintu yang terbuat dari karet elastis atau sejenisnya.

Pilih ukuran yang sesuai dengan jarak celah antara pintu dengan lantai

Pilih ukuran yang sesuai dengan jarak celah antara pintu dengan lantai

Penahan pintu tidak dapat menahan pintu dengan benar jika Anda memilih ukuran yang salah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan terlebih dahulu ukuran celah antara pintu dengan lantai secara menyeluruh, lalu pilih yang bisa menahan pintu Anda sebagaimana mestinya.

Meskipun terlihat sepele, Anda tidak bisa begitu saja meremehkan celah yang terdapat di pintu Anda. Penahan pintu jenis plug-in dimasukkan langsung ke dalam celah tersebut sehingga perbedaan jarak 1 cm sampai 2 cm saja dapat membuat penahan pintu menjadi tidak berfungsi. Perhatikan hal ini dengan saksama ketika akan menggunakannya pada pintu Anda.

Pilih yang bisa disimpan pada tempat yang mudah dijangkau

Pilih yang bisa disimpan pada tempat yang mudah dijangkau

Penahan pintu yang mudah diraih saat Anda memerlukannya merupakan salah satu faktor pertimbangan Anda ketika memilih penahan pintu. Anda tidak perlu mencari-cari lagi ketika ingin menggunakannya karena disimpan di tempat yang tidak berubah-ubah. Banyak produsen penahan pintu yang merancang penahan pintu sedemikian rupa sehingga memiliki desain yang mudah untuk disimpan.

Model penyimpanan penahan pintu secara garis besar dapat dibagi menjadi dua jenis. Jenis yang dapat dikaitkan pada kenop pintu dengan tali atau semacamnya dan jenis yang dilengkapi dengan magnet. Kedua model ini merupakan cara penyimpanan yang ideal untuk penahan pintu. Anda bisa menentukan penahan pintu yang sesuai dengan bahan dan bentuk kenop pintu Anda.

“Tipe Lipat” untuk penahan pintu yang dapat dilipat

Penahan pintu tipe ini terpasang di sisi pintu sehingga Anda hanya perlu satu sentuhan untuk menahan pintu Anda. Terdapat banyak jenis penahan pintu yang dapat dinaikkan dan diturunkan dengan kaki. Penahan pintu tipe ini sangat cocok digunakan pada tempat dimana penahan pintu tipe plug-in tidak dapat digunakan. Tipe ini dapat digunakan pada pintu yang memiliki celah lebar, dan pada pintu masuk yang disertai anak tangga.

Pilih yang panjangnya sesuai

Pilih yang panjangnya sesuai 

Ketika menggunakan penahan pintu tipe lipat yang bisa dinaikkan atau diturunkan dengan kaki, Anda harus memastikan jarak posisi pemasangan penahan pintu ke lantai sudah benar. Apabila terjadi kesalahan dalam memasang penahan pintu, maka akan sulit untuk memperbaikinya.

Ada juga model tungkai panjang pada penahan pintu tipe lipat. Cocok digunakan pada pintu yang memiliki celah sangat tinggi. Bila panjang penahan pintu yang biasa tidak cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan penahan pintu dengan model seperti ini.

Metode pemasangan yang sesuai dengan material pintu

Metode pemasangan yang sesuai dengan material pintu

Penahan pintu tipe lipat sangat cocok menggunakan model magnet jika dipasangkan pada pintu yang terbuat dari baja atau sejenisnya. Untuk pintu yang tidak bisa menggunakan magnet, Anda dapat memasangkan pelat tambahan atau dengan lembaran perekat. Pelat tambahan biasanya tidak disertakan dalam produk sehingga Anda perlu memeriksa bahan pintu Anda dan metode pemasangan penahan pintu sebelum membeli.

Anda juga perlu memperhitungkan bekas pengelupasan yang tersisa pada pintu bila Anda menggunakan lembaran perekat. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati sebelum membeli agar tidak meninggalkan bekas noda pada pintu Anda.

Desain penahan pintu sebagai aksesori ruangan

Desain penahan pintu sebagai aksesori ruangan

Setelah mengetahui fungsi penahan pintu dari aspek-aspek praktis pemakaiannya, sekarang Anda dapat mempertimbangkan dari segi desain. Penahan pintu juga dapat Anda gunakan sebagai penghias ruangan yang modis. Biasanya, penahan pintu baik tipe plug-in maupun tipe lipat akan dipasang pada area sekitar pintu sehingga bila Anda memilih model yang fashionable akan memberi nilai lebih pada pintu Anda.

Fungsi utama dari penahan pintu tentunya untuk menahan pintu dengan kuat, tetapi bila tidak ada masalah dalam penggunaan praktis, tidak ada salahnya bila Anda memilih produk yang sedikit berbeda. Karena penahan pintu ini berada di tempat yang selalu terlihat oleh Anda, maka cobalah untuk memilih produk dengan desain yang sesuai dengan selera Anda.

10 Rekomendasi penahan pintu (door stopper) terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan produk-produk penahan pintu yang dapat menjadi pilihan untuk Anda. Sesuaikanlah ukuran yang Anda butuhkan agar dapat digunakan dengan maksimal. Silakan bandingkan, dan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

10. Bantalan Gagang Penahan Pintu

10. Bantalan Gagang Penahan Pintu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.925

Dinding mulus dengan penahan gagang pintu silikon

Apakah Anda sering mendapati goresan-goresan pada tembok karena sering terbentur dengan kenop pintu? Anda tidak perlu khawatir tembok Anda tergores oleh kenop pintu lagi. Dengan produk ini, Anda dapat menahan gagang yang membentur sehingga dapat meredam suara benturan sekaligus menghindari goresan pada tembok dan gagang pintu ruangan Anda.

Anda hanya perlu memasangnya pada gagang pintu, dan tempelkan ujung tempelan silikonnya pada tembok sehingga dapat menahan pintu Anda. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat Anda pilih. Cocok bagi Anda yang mencari penahan pintu dengan pemasangan yang mudah dan dekat dari jangkauan Anda.

9. Leaf Door Stopper

9. Leaf Door Stopper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.000

Desain menarik dengan warna-warna ceria!

Anda ingin memasang penahan pintu mekanik tetapi tidak memiliki waktu untuk memasangnya? Produk ini dapat menolong Anda! Anda cukup menyelipkannya pada bagian celah pintu Anda yang terbuka sehingga daun pintu akan tetap terbuka pada tempatnya, dan sirkulasi udara pada kamar Anda dapat berganti dengan cepat.

Desain produk ini berbentuk daun yang unik sehingga dapat menambah daya tarik pada tampilan pintu Anda, dan memiliki lubang tali pada ujungnya sehingga mudah dikaitkan dan disimpan. Terbuat dari bahan silikon, produk ini aman menjaga pintu Anda dari gesekan, dan dapat menahan pintu dengan kuat. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, lho!

8. Maspion Penahan Pintu Magnet

8. Maspion Penahan Pintu Magnet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.600

Penahan pintu magnet dengan harga ekonomis

Anda ingin mencari penahan yang dapat menjaga pintu dari benturan sekaligus memiliki desain kompak dengan budget minim? Maspion Penahan Pintu Magnet dapat menjadi pilihan Anda. Penahan pintu ini mudah didapatkan karena harganya terbilang ekonomis bila dilihat dari segi bahan yang digunakan dan dari segi kompetitor penahan pintu model magnet lainnya.

Cara pemasangan produk ini yang menggunakan sekrup akan membuat penahan pintu ini terpasang dengan kokoh. Produk ini terbuat dari PVC yang tebal dan menggunakan magnet sebagai penahannya sehingga menjadikan produk ini cukup dapat diandalkan. Anda tidak perlu ragu menggunakannya karena produk ini dapat digunakan pada pintu jenis apapun.

7. Tmishion Heavy Duty Door Stopper

7. Tmishion Heavy Duty Door Stopper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.000

Menahan lebih baik dengan kaki karet lunak

Anda khawatir penahan pintu Anda akan meninggalkan goresan pada lantai ruangan Anda? Anda tidak perlu lagi khawatir. Produk berikut ini memiliki desain penahan kaki karet yang dapat menjaga lantai dari gesekan langsung sehingga tidak ada goresan tertinggal di lantai. Kombinasi bantalan karet dengan sistem pegas juga akan memperkuat pegangan penahan pintu ini pada lantai Anda.

Penahan pintu ini kuat dan tidak mudah berkarat karena terbuat dari zinc alloy. Selain itu, dengan sistem pegas dan bantalan karet lunak, penahan pintu ini cocok untuk menahan kondisi berat seperti daun pintu yang besar atau angin yang kencang. Dengan begitu akan mengurangi risiko tembok Anda rusak karena hantaman pintu akibat angin yang besar.

6. Tmishion Mounted Stopper

6. Tmishion Mounted Stopper

Harga : Rp 75.000

Lihat produk ini di Lazada

Mudah digunakan! Cukup dengan sentuhan kaki!

Anda tidak ingin direpotkan dengan penahan pintu yang rumit dan sulit digunakan? Dengan produk ini, Anda cukup memberi sedikit sentuhan dengan kaki Anda maka pintu akan tertahan seketika. Anda lebih menghemat waktu karena tidak perlu membungkuk dan memasang penahan pintu yang rumit, cukup gunakan kaki Anda sembari berjalan melewati pintu.

Produk ini dipasang menggunakan sekrup pada bagian bawah pintu sehingga lebih kuat menempel pada pintu Anda. Sekali pemasangan untuk pemakaian berkali-kali. Dengan demikian, Anda dapat menahan pintu Anda dengan maksimal dari tiupan angin dan tidak memerlukan usaha yang sulit. Anda dapat segera masuk ke dalam ruangan untuk melakukan aktivitas lainnya.

5. Bossini Door Stop B218

5. Bossini Door Stop B218

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 34.300

Penahan pintu stainless steel yang tahan karat

Anda bosan harus membeli penahan pintu baru biasa terus-menerus akibat penahan pintu Anda mudah rusak? Penahan pintu ini bisa mengatasi kesulitan Anda. Penahan pintu yang terbuat dari stainless steel ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena bahannya yang tebal dan juga tahan karat sehingga dapat Anda gunakan pula pada ruangan luar.

Didesain berbentuk pion dengan tiang besar yang kokoh sehingga dapat terus menahan pintu Anda dengan kuat. Terdiri dari dua bagian yang menempel dengan sistem magnet, penahan pintu ini dapat dipasang dan digunakan dengan mudah. Anda cukup membuka pintu hingga daun pintu menyentuh bagian magnet dan pintu akan tertahan sepanjang hari.

4. Tmishion Magnetic Invisible Door Stopper

4. Tmishion Magnetic Invisible Door Stopper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.000

Penahan pintu mungil, seolah-olah tak terlihat

Penahan pintu yang tidak memakan banyak tempat sangatlah membantu untuk desain ruangan yang tidak terlalu luas. Tmishion Magnetic Invisible Door Stopper akan menjadi pilihan yang tepat karena produk ini memiliki bentuk yang kecil dan ringkas sehingga tidak terlalu mencolok di dalam jangkauan penglihatan Anda.

Produk ini juga terbuat dari bahan stainless steel yang tahan terhadap udara yang lembap, juga tahan terhadap suhu tinggi maupun suhu rendah. Dengan produk ini Anda akan mendapatkan produk unggulan tahan karat dan dapat diandalkan! Gunakan produk ini sebagai alternatif penahan pintu untuk ruangan yang minimalis.

3. Ganjalan Pintu Karet

3. Ganjalan Pintu Karet

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Karet portabel yang lentur

Anda mencari penahan pintu yang praktis? Produk ini akan memberikan Anda kemudahan itu. Anda hanya perlu meletakkannya pada celah antara pintu dengan lantai, dan pintu Anda akan tertahan dengan kuat. Anda tidak perlu memasang dengan baut maupun dengan karet perekat. Produk ini dibuat dengan desain yang ringkas, dengan bahan karet yang lentur sehingga mudah dipindah-pindahkan.

Anda tidak akan menjumpai terjadinya slip pada penahan ini karena desain karet pada produk ini cukup elastis. Selain itu, produk ini juga dapat menyesuaikan tekanan sehingga dapat menghindari benturan pada pintu, sekaligus mencegah bekas noda pada lantai akibat gesekan dari penahan pintu yang slip.

2. White Sands Alarm Door Stopper

2. White Sands Alarm Door Stopper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.000

Rumah aman dengan penahan pintu sekaligus alarm!

Produk ini memberikan inovasi baru berupa penahan pintu yang dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi apabila ada orang yang membuka pintu. Produk ini dilengkapi dengan 120 db alarm bersuara keras sehingga Anda dapat mengetahui bila ada orang yang berusaha masuk ke dalam ruangan Anda. Anda pun akan merasa lebih aman dan juga nyaman saat tertidur di dalam kamar.

Memiliki ukuran dan desain yang tidak memakan tempat sehingga mudah saat disimpan dan dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan Anda. Cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan penahan pintu dengan pengamanan ekstra pada ruangan Anda. Segera dapatkan produk ini agar rumah Anda terhindar dari penyusup!

1. Twin Door Draft Dodger Guard Stopper

1. Twin Door Draft Dodger Guard Stopper

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Penahan pintu multifungsi, menutup celah pada bawah pintu dengan maksimal

Jika Anda sering mengeluh karena serangga mudah masuk melalui celah pintu, atau mengeluh karena tagihan listrik membengkak akibat AC yang bekerja lebih kuat karena udara dingin mudah keluar melewati celah pintu yang lebar, penahan pintu inilah solusinya. Bukan hanya menjaga pintu Anda tetap terbuka sesuai keinginan Anda, saat pintu ditutup pun penahan pintu ini bisa mengisi celah pintu Anda.

Dengan produk ini, Anda juga dapat mengurangi debu yang masuk dan bau yang berasal dari luar ruangan. Perawatan produk ini juga sangatlah mudah! Produk ini dapat dilepas dengan cepat, dan Anda cukup mencucinya dengan air untuk membersihkan debu yang menempel. Sangat mudah dan multifungsi, bukan?

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan penahan pintu yang akan Anda pilih untuk menahan pintu di rumah Anda? Pilihan rekomendasi penahan pintu ini dapat menjadi solusi agar pintu Anda tidak selalu terbuka atau tertutup sendiri saat terkena angin.

Pilihlah penahan pintu dengan ukuran dan fitur yang sesuai dengan pintu Anda, serta memiliki desain menarik agar dapat mempercantik ruangan Anda. Keseharian Anda pun akan menjadi lebih nyaman.