1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Pakaian ibu hamil
  6. >
  7. 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)

Ketika hamil, tubuh wanita mengalami perubahan dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu mencari celana dalam yang nyaman digunakan selama masa kehamilan. Selain celana dalam model high-rise yang menutupi perut Anda, ada juga tipe low-rise yang tidak kalah nyamannya.

Kali ini, kami akan membagikan rekomendasi sepuluh produk celana dalam hamil yang bagus untuk Anda. Produk dari merek Mamaway, Mooimom, Flyman Nathalie, dan lainnya bisa Anda temukan di sini. Namun, sebelumnya, silakan simak tips memilih celana dalam hamil dari bidan Ony Christy berikut ini.
Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan celana dalam hamil?

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan celana dalam hamil?

Celana dalam hamil dirancang khusus dengan bahan lembut yang tidak ketat di bagian perut. Celana dalam hamil juga didesain untuk tubuh wanita hamil yang sensitif. Selain mampu menopang perut dengan baik, ada banyak jenis celana dalam hamil yang dapat digunakan setelah Anda melahirkan.


Sebenarnya, tidak ada kepastian kapan waktu yang tepat untuk mengenakan celana dalam hamil. Namun, saat perut mulai membesar, biasanya ketika kandungan berusia sekitar 4–5 bulan, sebaiknya Anda mengenakan celana dalam hamil. Tentunya demi menambah kenyamanan dalam menghadapi morning sickness. Pertimbangkanlah untuk membeli celana dalam hamil yang sesuai dengan kondisi fisik Anda.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Salah satu perubahan fisik yang dialami ibu hamil adalah bertambahnya ukuran tubuh yang kadang terjadi secara drastis. Perubahan hormonal dan beban tubuh yang makin berat terkadang juga membuat ibu menjadi lebih mudah berkeringat. 


Karena itu, sebaiknya ibu memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan. Umumnya, ibu masih bisa memakai pakaian biasa pada awal trimester kehamilannya. Namun, saat memasuki bulan ke-5, ibu perlu mempertimbangkan baju yang lebih longgar. Tidak lupa, periksa juga kenyamanan dan kesesuaiannya dengan kondisi fisik ibu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih celana dalam ibu hamil

Saat memilih celana dalam ibu hamil, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu bentuk, bahan, dan desain. Carilah celana dalam ibu hamil yang nyaman dipakai dan mudah disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

① Pilihlah tipe berdasarkan bentuknya

Ada dua tipe celana dalam untuk ibu hamil. Pertama adalah tipe celana high-rise yang menutupi perut. Lalu, yang kedua adalah tipe low-rise yang tidak terlalu ketat.

Tipe high-rise yang menutupi perut, membuat Anda dan bayi lebih hangat

Tipe high-rise yang menutupi perut, membuat Anda dan bayi lebih hangat
Model celana dalam high-rise atau high waist ini menutupi dan melindungi perut Anda sehingga bayi tetap hangat. Area pantat dan perut Anda akan terlindungi seluruhnya. Dengan demikian, tipe ini merupakan pilihan yang paling aman digunakan. Namun, perlu diingat bahwa ukuran lingkar perut Anda akan berubah setelah melahirkan. Jadi, umumnya tipe high-rise lebih cocok dipakai sebelum melahirkan.

Karena celana dalam tipe ini memiliki permukaan yang luas, tentunya Anda bisa memilih celana dalam yang bercorak. Beberapa celana dalam hamil tipe high-rise memiliki motif cantik dibandingkan desain celana dalam biasa. Untuk itu, tipe celana dalam ini direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan aspek fashion.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Celana high waist memang lebih melindungi perut dan hangat saat dipakai. Namun, pilihlah celana yang tidak terlalu menekan perut, bahannya menyerap keringat, lembut, dan sedikit elastis, ya. 


Seiring bertambahnya usia kehamilan, uterus biasanya akan menekan diafragma dan pencernaan menjadi lambat karena adanya hormon progesteron. Hal tersebut membuat perut menjadi mudah terasa begah. Penggunaan celana yang ketat dan menekan perut tentunya akan menambah rasa tidak nyaman di area perut.

Tipe low-rise yang tidak ketat, lebih nyaman dikenakan

Tipe low-rise yang tidak ketat, lebih nyaman dikenakan
Tipe low-rise atau low waist disarankan untuk Anda yang ingin menggunakan celana dalam dengan nyaman. Bila Anda menggunakan celana dalam hamil tipe ini, Anda tidak akan merasakan tekanan di daerah perut. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat ingin menggunakan korset hamil. Alasannya, karena celana hamil tipe low-rise tidak berpengaruh ke bagian perut. Selain itu, Anda tetap dapat menggunakan celana dalam ini setelah melahirkan.

Selama masa kehamilan, bagian perut tentunya menjadi lebih sensitif. Banyak wanita hamil yang merasa tidak nyaman jika seluruh area perutnya tertutupi. Karena itu, tipe low-rise adalah pilihan yang populer di pasaran.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Tipe celana low rise biasanya lebih banyak dipilih karena lebih nyaman dan tidak menekan perut. Terlebih lagi, celana tipe ini bisa digunakan kembali setelah melahirkan. Walaupun begitu, tetap pilih celana dalam yang tidak terlalu ketat atau menekan area selangkangan secara berlebihan.


Saat hamil area vagina biasanya akan cenderung lebih lembap dibanding saat tidak hamil. Penggunaan celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan terjadinya iritasi karena gesekan kain dengan kulit.

② Pilih bahan katun karena lebih aman untuk kulit

Pilih bahan katun karena lebih aman untuk kulit
Seamless short merupakan tipe celana dalam populer yang tidak menggunakan karet dan bersifat elastis. Namun, tipe ini kebanyakan terbuat dari bahan nilon dan poliuretan. Wanita hamil memiliki kulit halus yang sensitif sehingga dianjurkan untuk menggunakan celana dalam yang terbuat dari katun. Bahan katun lebih lembut untuk kulit dan lebih mudah menyerap keringat.

Namun, ada juga celana dalam hamil berbahan nilon atau spandeks yang dirancang sangat aman untuk kulit ibu hamil. Jadi, periksalah detail dan keunggulan dari produk yang Anda inginkan sebelum membeli!

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat hamil kulit ibu hamil cenderung lebih sensitif dan produksi lendir vagina juga lebih banyak. Beberapa ibu juga mengalami peningkatan metabolisme sehingga menjadi mudah berkeringat. Oleh karena itu, bahan celana dalam sangat penting untuk diperhatikan. Pilihlah bahan yang lembut, elastis, dan menyerap keringat. Hindari bahan yang kasar, terlalu ketat, atau yang menekan area perut dan paha secara berlebihan.

③ Temukan celana dalam berdesain rib-knit dan V-shaped yang pas di tubuh

Temukan celana dalam berdesain rib-knit dan V-shaped yang pas di tubuh

Dalam pembuatan celana dalam wanita, karet sering digunakan di bagian perut dan paha. Hal ini akan menyebabkan area tersebut menjadi lebih ketat. Wanita hamil sebaiknya mengurangi penggunaan bahan karet, lalu carilah bahan kain yang elastis dan pas di badan.


Beberapa tipe celana dalam hamil memiliki karet di bagian perut supaya tidak mudah bergeser turun. Untuk ibu yang hamil anak kembar, sebaiknya hindari celana dalam yang seperti itu. Hal ini karena celana dalam akan membuat bagian perut tertekan jika sudah hamil besar.


Sekarang sudah tersedia celana dalam hamil berbahan rib-knit yang dapat Anda gunakan dengan nyaman tanpa karet yang ketat. Selain itu, beberapa tipe low-rise juga hadir dalam model V-shaped (berbentuk V) yang nyaman digunakan saat perut makin membesar.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Model dan potongan celana hamil juga perlu diperhatikan. Celana dalam yang terlalu ketat dan bahannya tidak nyaman meningkatkan risiko iritasi atau gatal karena jamur. Karena itu, pastikan celana dalam yang ibu gunakan nyaman. Tidak lupa, gantilah celana dalam setiap terasa basah atau lembap supaya tidak meningkatkan risiko infeksi. 

10 Rekomendasi celana dalam ibu hamil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk celana dalam ibu hamil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Bidan Ony Christy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tally

Celana Dalam Hamil Di Bawah Perut

Tally Celana Dalam Hamil Di Bawah Perut 1枚目

Tetap bisa digunakan setelah melahirkan

2

Sorex

CD Fashion Wanita Hamil Motif/Corak Garis-Garis

Sorex CD Fashion Wanita Hamil Motif/Corak Garis-Garis 1枚目

Celana dalam favorit para ibu hamil

3

Mooimom

Seamless High Waist Maternity Briefs

Mooimom Seamless High Waist Maternity Briefs 1枚目

Perut tetap hangat berkat celana dalam rib-knit

4

Chelyne

CD Hamil Maternity Model Midi

Chelyne CD Hamil Maternity Model Midi 1枚目

Modelnya di bawah pusar, perut tidak akan gatal terkena karet celana

5

Flyman Nathalie

Maternity Underwear

Flyman Nathalie Maternity Underwear  1枚目

Motif polkadot bikin Anda lebih bergaya

6

Mamaway

Antibacterial Maternity Briefs 2 Pack

Mamaway Antibacterial Maternity Briefs 2 Pack 1枚目

Bersih, antibakteri, dan kering sepanjang hari!

7

Chelyne

Chelyne CD Hamil Maternity Pola Maxi

Chelyne Chelyne CD Hamil Maternity Pola Maxi 1枚目

Terdapat kain penahan untuk menjaga posisi perut

8

Mooimom

High Waist Maternity Brief

Mooimom High Waist Maternity Brief 1枚目

Jaga kebersihan organ intim dengan kain lapis ganda

9

Half Sugar Cotton

Celana Dalam Hamil / Non-Hamil Organic Cotton

Half Sugar Cotton  Celana Dalam Hamil / Non-Hamil Organic Cotton 1枚目

Terbuat dari katun organik yang aman untuk semua jenis kulit

10

Eve Maternity

Maternity Celana Dalam Hamil Karakter

Eve Maternity Maternity Celana Dalam Hamil Karakter 1枚目

Lucu banget! Dijamin bikin mood lebih ceria

Perincian produk
Close
No.1

TallyCelana Dalam Hamil Di Bawah PerutCD 9866

Mulai dari Rp24.000,00

Tetap bisa digunakan setelah melahirkan

Bagi Anda yang mencari celana dalam yang bisa dipakai saat hamil maupun setelah melahirkan, pilihlah produk ini. Produk dari Tally ini memiliki potongan sampai bawah perut atau sepinggul. Karena itu, celana dalam ini tidak menutupi perut sehingga tetap bisa digunakan setelah Anda melahirkan. Harganya pun cukup terjangkau, tentunya Anda jadi bisa menghemat pengeluaran.

No.2

SorexCD Fashion Wanita Hamil Motif/Corak Garis-Garis1140

Mulai dari Rp28.000,00

Celana dalam favorit para ibu hamil

Produk buatan Sorex ini memiliki desain potongan midi yang tidak akan menekan perut. Anda pun bisa bebas bergerak leluasa karena celana dalam tidak menghalangi perut. Sorex berhasil mendapatkan penghargaan Top Brand Award, lho! Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba produk dari merek favorit para ibu hamil, tentu produk ini jawabannya.

No.3

MooimomSeamless High Waist Maternity Briefs

Mulai dari Rp149.000,00

Perut tetap hangat berkat celana dalam rib-knit

Maternity brief berbahan rib-knit ini dapat menjaga perut Anda tetap hangat sepanjang hari. Meskipun modelnya high-rise, elastisitasnya sangat tinggi sehingga dijamin tidak akan menekan perut Anda. Produk ini juga mampu mengikuti perubahan bentuk perut Anda.

Celana dalam hamil ini dirancang menggunakan bahan seamless yang lembut dan halus. Karena itu, produk ini akan memberikan kenyamanan optimal agar perut ibu hamil agar tetap hangat dan tidak mudah masuk angin.

No.4

ChelyneCD Hamil Maternity Model Midi TM1113

Mulai dari Rp25.900,00

Modelnya di bawah pusar, perut tidak akan gatal terkena karet celana

Celana dalam hamil low-rise ini hadir dalam bentuk V untuk Anda yang sering mengeluhkan perut gatal selama kehamilan. Anda akan merasa lebih nyaman jika mengenakan celana dalam tanpa karet yang menekan perut. Selain itu, bahan produk ini juga berpori sehingga lebih breathable. Karena itu, Anda bisa bergerak bebas tanpa khawatir kulit menjadi lembap.
No.5

Flyman NathalieMaternity Underwear NTC 2021

Mulai dari Rp55.900,00

Motif polkadot bikin Anda lebih bergaya

Maternity Underwear dari Flyman Nathalie ini memiliki model high-rise yang akan menutupi sebagian perut Anda dengan corak yang cantik. Corak polkadot mungil tersebut tidak tampak berlebihan dan memberikan kesan manis. Anda dapat memilih produk ini apabila sudah bosan dengan motif celana dalam hamil yang polos.

No.6

MamawayAntibacterial Maternity Briefs 2 Pack

Mulai dari Rp350.000,00

Bersih, antibakteri, dan kering sepanjang hari!

Mamaway memproduksi celana dalam antibakteri untuk menjaga kebersihan sekaligus mengurangi bau. Karena itu, produk ini direkomendasikan untuk Anda yang berencana melahirkan melalui operasi caesarean. Bekas luka Anda pun akan selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, adanya inovasi teknologi Quick-Drying membuat celana ini bisa cepat kering hanya dalam waktu 15 menit!

No.7

ChelyneChelyne CD Hamil Maternity Pola MaxiT21039

Mulai dari Rp43.800,00

Terdapat kain penahan untuk menjaga posisi perut

Celana hamil ini didesain khusus dengan tambahan kantong penyangga perut agar posisi perut tidak terlalu turun. Karena itu, produk ini pas untuk Anda yang masih aktif bergerak pada akhir usia kehamilan. Anda akan makin dibuat nyaman dengan adanya karet pinggang yang bisa diatur saat ukuran lingkar perut mulai berubah.

No.8

MooimomHigh Waist Maternity Brief

Mulai dari Rp99.000,00

Jaga kebersihan organ intim dengan kain lapis ganda

High Waist Maternity Brief dari Mooimom memiliki kain lapis ganda berwarna putih di bagian dalam celana. Anda pun bisa dengan mudah mendeteksi adanya flek cokelat atau pendarahan pada masa kehamilan.


Selain itu, kain lapis ganda berwarna putih juga dapat membantu Anda memahami kebersihan dan kondisi tubuh pada masa kehamilan. Produk ini juga bisa mengikuti lekuk pinggang hingga perut tanpa membuat perut Anda terasa sesak.

No.9

Half Sugar Cotton Celana Dalam Hamil / Non-Hamil Organic Cotton BTK18001

Mulai dari Rp119.000,00

Terbuat dari katun organik yang aman untuk semua jenis kulit

Pilihlah celana dalam ini jika Anda menginginkan bahan terbaik yang ramah di kulit. Terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, produk ini bisa dijadikan sahabat sehari-hari. Selain terbuat dari katun organik yang halus, karet celananya pun tidak ketat. Ukurannya pun tersedia hingga XXXL sehingga Anda yang berukuran big size bisa memakainya dengan nyaman.
No.10

Eve MaternityMaternity Celana Dalam Hamil KarakterCH075

Mulai dari Rp109.000,00

Lucu banget! Dijamin bikin mood lebih ceria

Bosan dengan model underwear hamil yang itu-itu saja? Jika Anda mencari celana dalam yang unik dan lucu, cek produk dari Eve Maternity ini. Wajah emoji dan karakter yang menghiasi akan membuat pengalaman kehamilan Anda lebih ceria. Celana dalam ibu hamil ini juga dibuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. Jadi, Anda tetap akan merasa nyaman meski sedang hamil besar.

Untuk mengecek flek, pilih celana dalam dengan area selangkangan berwarna putih

Untuk mengecek flek, pilih celana dalam dengan area selangkangan berwarna putih

Area selangkangan atau bagian inseam dari celana dalam hamil ada yang menggunakan kain lapis ganda. Meskipun celana dalam hamil didesain dengan banyak aneka warna, sebaiknya Anda memilih yang bagian selangkangannya berwarna putih.


Sayangnya, di pasaran Indonesia celana dalam hamil yang bagian selangkangannya berwarna putih masih jarang ditemukan. Padahal memilih celana dalam hamil yang bagian selangkangannya berwarna putih dapat membantu Anda melihat tanda-tanda flek. Selama masa kehamilan, Anda harus memperhatikan pendarahan dan infeksi yang bisa saja terjadi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada awal kehamilan, ibu bisa saja mengalami flek cokelat karena proses penempelan janin ke dinding rahim. Selain itu, ancaman keguguran atau tanda persalinan juga biasanya disertai flek atau pendarahan dalam jumlah banyak. 


Ibu hamil juga rentan mengalami keputihan karena perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah di area vagina. Hal ini normal, kecuali jika keputihan berwarna hijau, cokelat, abu-abu, atau kemerahan.


Penggunaan celana dalam berwarna putih akan memudahkan ibu mengetahui flek, keputihan yang berwarna tidak normal, atau perdarahan sejak dini. Dengan demikian, ibu bisa segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan dan mendapatkan penanganan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk ibu hamil di sini

Apakah Anda berhasil menemukan celana dalam hamil yang nyaman dan sesuai dengan selera? Selain celana dalam, akan lebih baik jika Anda memakai bra, korset, dan celana khusus untuk ibu hamil. Jika Anda membutuhkan penjelasan yang lengkap, simaklah artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat memberikan efek yang tidak baik, terutama untuk ibu hamil. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan celana dalam hamil yang cocok dengan bentuk tubuh dan kondisi fisik Anda.


Anda juga harus memperhatikan kenyamanan pakaian yang digunakan selama kehamilan. Semoga dengan membaca penjelasan kami, Anda dapat menemukan celana dalam hamil yang tepat untuk dipakai sehari-hari. Selamat memilih!


Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer