10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Juicer merupakan peralatan dapur yang memungkinkan Anda menikmati jus tanpa harus kerepotan memeras ekstrak sayur dan buah. Juicer sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu juicer berkecepatan rendah atau masticating juicer dan berkecepatan tinggi atau centrifugal juicer. Tipe mana yang paling tepat untuk Anda?

Banyaknya pilihan merek juicer di pasaran, seperti Philips, Panasonic, Sharp, Electrolux, dan lainnya tentu akan membuat Anda bingung. Untuk itu, kami ingin menjelaskan beberapa poin dalam memilih juicer yang dapat Anda jadikan referensi dan merekomendasikan produk terbaik. Mari memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus segar!

Daftar isi

Cara memilih juicer

Ada beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih juicer. Silakan periksa dengan saksama kinerja dan fitur-fitur yang tersedia. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan juicer yang sesuai dengan kebutuhan konsumsi jus harian Anda.

Pilih tipe berdasarkan kecepatan dan nutrisi yang dihasilkan

Berdasarkan perbedaan kecepatan rotasinya, juicer dibagi menjadi dua tipe, yaitu juicer berkecepatan tinggi dan juicer berkecepatan rendah. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mari ketahui terlebih dahulu perbedaannya.

Juicer berkecepatan tinggi: Membuat jus dalam waktu singkat, tetapi berisiko merusak kandungan gizi

Juicer berkecepatan tinggi: Membuat jus dalam waktu singkat, tetapi berisiko merusak kandungan gizi

Juicer berkecepatan tinggi atau centrifugal juicer dapat memotong bahan dengan cepat karena mata pisaunya berputar dalam kecepatan tinggi. Selain dapat menghasilkan jus dalam waktu singkat, harganya pun relatif lebih murah. Karena tekstur jusnya terasa lembut, produk ini pas bagi Anda yang ingin membuat jus segar pada pagi yang sibuk.

Di sisi lain, kebanyakan produk ini menghasilkan suara yang cukup bising. Selain itu, rasa dan aroma pada jus bisa berubah jika terkena panas dan udara dalam waktu lama. Kandungan gizi yang terkandung dalam jus pun berisiko rusak. Jadi, produk tipe ini tidak terlalu direkomendasikan bagi Anda yang mementingkan rasa dan nutrisi.

Juicer berkecepatan rendah: Menghasilkan jus dengan banyak nutrisi, tetapi harganya mahal

Juicer berkecepatan rendah: Menghasilkan jus dengan banyak nutrisi, tetapi harganya mahal

Juicer berkecepatan rendah lebih dikenal dengan nama slow juicer atau masticating juicer. Layaknya gilingan batu, jenis ini menggiling bahan makanan secara perlahan dan lebih memakan waktu. Juicer tipe ini juga tidak mudah menghasilkan panas sehingga enzim yang lemah terhadap panas tidak akan rusak. Anda pun dapat memperoleh banyak nutrisi dari buah atau sayuran. Penggunaan juicer ini juga dapat mencegah terjadinya oksidasi pada jus karena tidak banyak terpapar udara.

Meski harganya relatif tinggi, juicer ini bergerak lambat sehingga suara yang dihasilkan juga lebih kecil. Anda jadi bisa membuat jus kapan pun tanpa perlu khawatir akan suaranya yang bising. Namun, hanya sedikit jumlah buah atau sayur yang dapat dimasukkan dalam sekali proses. Anda mungkin akan memerlukan waktu lebih lama untuk mengisi penuh satu wadah jus. Jika Anda ingin membuat jus dengan cepat di pagi hari, produk ini kurang cocok Anda gunakan.

Pilih juicer yang memiliki tube entri cukup besar

Pilih juicer yang memiliki tube entri cukup besar

Ketika membuat jus, Anda pasti ingin melakukannya semudah mungkin, bukan? Akan tetapi, jika tube entri juicer berukuran kecil, Anda harus memotong bahan-bahan sebelum memasukkannya ke dalam juicer. Hal ini tentu memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Untuk itu, memilih juicer dengan tube entri yang besar lebih disarankan.

Biasanya, tube entri mampu menampung satu wortel utuh. Bila ingin memasukkan apel, Anda harus memotongnya menjadi empat bagian terlebih dahulu. Terkadang tube entri juicer dirancang dengan ukuran kecil karena pertimbangan keamanan. Namun, akan lebih praktis jika Anda memilih juicer dengan tube entri yang cukup besar.

Periksa kesesuaian juicer dengan bahan makanan yang ingin dijus

Periksa kesesuaian juicer dengan bahan makanan yang ingin dijus

Tidak seperti mixer, ada bahan makanan yang tidak dapat diproses menjadi jus oleh juicer. Umumnya bahan tersebut adalah bahan makanan yang banyak menghasilkan air, terlalu keras, atau terlalu kecil seperti biji-bijian. Namun, hal ini bisa berbeda tergantung pada masing-masing produk. Jadi, tidak bisa ditentukan secara pasti hanya berdasarkan jenis juicer-nya, apakah yang berkecepatan tinggi atau berkecepatan rendah.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki bayangan jus yang ingin Anda buat dan memilih juicer yang bisa megolah bahan-bahan yang sesuai. Terlebih untuk slow juicer yang harganya mahal, tentu Anda akan menyesal jika tidak bisa menggunakannya secara maksimal.

Pilih model juicer yang tidak berisik

Pilih model juicer yang tidak berisik

Seperti yang telah dibahas di atas, mesin pada slow juicer cenderung lebih senyap. Namun, karena perbedaan merek dan model, tidak semua jenis slow juicer benar-benar bersuara tenang. Sebaliknya, tidak pula semua jenis juicer berkecepatan tinggi berisik. Apalagi, saat ini telah banyak model juicer berkecepatan tinggi yang dirancang dengan suara mesin yang lebih tenang.

Jadi, sebaiknya Anda tidak memutuskan hanya berdasarkan tipe juicer. Periksalah dengan saksama suara mesin masing-masing model juicer dari review pengguna atau dari manual produk.

Pilih juicer yang mudah dibersihkan

Pilih juicer yang mudah dibersihkan

Hal yang paling menyulitkan ketika menggunakan juicer adalah membersihkan ampas sisa perasan jus. Ampas yang menempel di pisau pemotong dan filter bisa berbeda tergantung pada masing-masing produk. Jadi, mari periksa kemudahan pembersihannya secara menyeluruh.

Bagian-bagian juicer yang dibongkar akan lebih mudah dicuci jika komponennya besar, sederhana, dan jumlahnya sedikit. Selain itu, hal tersebut juga memudahkan proses perakitan kembali.

Berhubung slow juicer memeras buah dengan baik dan tersedia tempat pembuangan ampasnya, tipe ini cenderung lebih mudah dibersihkan. Sementara, pada juicer berkecepatan tinggi, putaran mata pisau yang cepat akan membuat ampas terlempar ke setiap bagian. Contohnya, menempel ke bagian dalam tutup sehingga lebih sulit dibersihkan. Oleh karena itu, ingatlah untuk memperhatikan poin ini saat memilih juicer yang Anda inginkan.

Pilih ukuran yang nyaman saat digunakan atau disimpan

Pilih ukuran yang nyaman saat digunakan atau disimpan

Mungkin banyak di antara Anda yang menggunakan juicer hampir setiap hari. Bisa jadi Anda meletakkannya di bagian paling depan agar mudah dijangkau. Jadi, penting memilih juicer berukuran compact dengan ketinggian yang pas. Selain itu, penting juga memilih produk yang ringan agar Anda tidak sulit saat mengeluarkan dan memasukkannya ke penyimpanan.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu menyiapkan tempat untuk menaruh juicer sebelum membelinya. Karena frekuensi pemakaiannya tinggi, perhatikan dimensi produk agar Anda bisa menaruh dan menggunakan juicer tersebut dengan lebih nyaman.

10 Rekomendasi juicer terbaik

Setelah memahami poin-poin di atas, sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh juicer terbaik untuk Anda. Pilihlah juicer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Sharp Juicer EJ150LP(K)

10. Sharp Juicer EJ150LP(K)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 695.000

Fungsi unik dari reversible cover yang dapat digunakan sebagai tatakan

Jika Anda menyukai produk dengan fungsionalitas tinggi, produk ini layak dipertimbangkan. Dilengkapi fitur reversible cover, Anda bisa menggunakan cover-nya sekaligus sebagai tatakan. Selain itu, dengan bobot medium dan ukuran yang tidak terlalu besar, Anda tidak akan kesulitan untuk mengangkat dan memindahkan produk ini.

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran 25,5 cm × 25 cm × 30,5 cm
Berat 3,5 kg

9. Electrolux Blender & Mesin Jus – EJE3000

9. Electrolux Blender & Mesin Jus - EJE3000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.328.900

Tube entri paling besar, tidak repot lagi memotong-motong buah dan sayur

Produk keluaran Electrolux ini memiliki tube entri paling besar dibanding kebanyakan produk juicer lainnya, yakni sebesar 80 mm. Jadi, bila Anda ingin lebih praktis, ringkas, dan tidak memakan waktu saat menyiapkan jus, pilih saja produk ini. Kegiatan memotong buah atau sayur yang sering kali membuat malas pun tidak jadi masalah lagi, deh.

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran 39 cm × 37,5 cm × 19,5 cm
Berat 4 kg

8. Panasonic Juicer MJ-68M

8. Panasonic Juicer MJ-68M

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 855.000

Tidak perlu khawatir terjadinya korsleting dengan fitur safety lock clamp!

Panasonic MJ-68M merupakan juicer dengan safety lock clamp yang harus dipastikan terkunci rapat terlebih dulu sebelum dapat digunakan. Jika Anda khawatir bisa terlupa, produk dengan fungsi keamanan seperti ini akan sangat membantu. Risiko korsleting atau kerusakan pada mesin akibat kesalahan penggunaan pun dapat dicegah.

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran 28,9 cm × 20,6 cm × 27,4 cm
Berat 2,8 kg

7. Philips Daily Collection Juicer HR1811/71

7. Philips Daily Collection Juicer HR1811/71

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 578.000

Hasilkan jus yang lebih lembut saringan micromesh

Juicer yang satu ini dilengkapi dengan dua pilihan tingkat kecepatan. Dengan begitu, Anda dapat mengatur kecepatan yang akan digunakan sesuai tekstur jus yang diinginkan. Produk ini juga dilengkapi dengan saringan micromesh sehingga sangat pas untuk Anda yang menginginkan jus lebih lembut dan lezat!

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran Tidak disebutkan
Berat 2,48 kg

6. Panasonic MJ-L500

6. Panasonic MJ-L500

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.620.000

Cegah penyumbatan akibat ampas dengan adanya wiper khusus

Teknologi rotasi pada juicer ini akan memaksimalkan hasil perasan yang diperoleh. Sangat pas untuk Anda yang mendambakan kemurnian rasa buah atau sayuran. Juicer ini juga dilengkapi tutup di bagian corongnya untuk mencegah agar jus tidak menetes keluar.

Selain itu, produk ini memiliki fitur wiper khusus yang berputar secara otomatis. Wiper tersebut akan menjaga agar juicer tidak tersumbat akibat ampas di dalamnya. Suara mesinnya juga pelan sehingga tidak akan mengganggu anggota keluarga lain yang sedang beristirahat saat Anda membuat jus.

Tipe Slow juicer
Ukuran ±18,5 cm × 17,6 cm × 43,2 cm
Berat ±4 kg

5. Kenwood Centrifugal Juicer JE680

5. Kenwood Centrifugal Juicer JE680

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.262.000

Fitur anti-drip yang menjamin kebersihan dapur Anda!

Juicer dengan balutan warna serba putih dan glossy dari Kenwood ini akan memberikan tampilan yang modern dan elegan di dapur Anda. Kecepatan tinggi dari juicer ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menyediakan jus yang segar, halus, dan jernih. Sangat pas untuk Anda yang tinggal bersama banyak anggota keluarga.

Dengan tube entri berukuran XL, produk ini akan memudahkan Anda memasukkan buah ataupun sayur tanpa perlu dipotong kecil-kecil. Juicer ini juga dilengkapi dengan mekanisme anti-drip yang telah dipatenkan Kenwood. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan tetesan jus yang bocor saat proses pembuatan jus.

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran 41 cm × 34 cm × 22 cm
Berat 3,71 kg

4. Philips Viva Collection Juicer HR1855/00

4. Philips Viva Collection Juicer HR1855/00

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.300.000

Dapat dibersihkan hanya dalam waktu 1 menit, lho!

Juicer ini memiliki kapasitas dua liter sehingga cukup besar untuk membuat jus dalam jumlah banyak sekaligus. Adanya teknologi QuickClean juga menjadikan produk dengan tube entri berukuran 75 mm ini dapat dibersihkan hanya dalam satu menit! Pastinya sangat cocok untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu di dapur, terutama di pagi hari.

Tipe Centrifugal juicer
Ukuran 25,5 cm × 25,5 cm × 45,7 cm
Berat 5,94 kg

3. Hurom HN Series

3. Hurom HN Series

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.029.000

Mudah mengatur bahan jus yang berbeda dengan tuas pengontrol

Produk satu ini mengusung desain elegan yang terinspirasi dari bunga yang akan mekar. Hal itu membuat juicer ini sangat cantik jika diletakkan sebagai penghias di dapur Anda. Produk ini juga mudah dibongkar dan dirakit kembali sehingga tidak menyulitkan dalam pembersihannya.

Juicer ini dilengkapi dengan tuas pengontrol adjustable untuk mengakomodasi bahan jus yang berbeda. Selain itu, terdapat pula dua tipe saringan untuk dipilih sesuai tipe jus yang Anda inginkan. Produk ini sangat tepat untuk digunakan oleh Anda yang sering membuat jus dari berbagai macam bahan sekaligus dalam satu waktu.

Tipe Slow juicer
Ukuran 25,1 cm × 18,5 cm × 40,2 cm
Berat 6,3 kg

2. Omega Juicer VSJ843RR

2. Omega Juicer VSJ843RR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500.000

Teknologi auto-cleaning yang memudahkan pembersihan juicer

Dengan inovasi bor tepi ganda terbaru, produk ini mampu menghasilkan jus yang lebih banyak, halus, dan kaya nutrisi! Juicer ini juga dilengkapi dengan teknologi auto-cleaning untuk meminimalkan waktu pembersihan. Fitur tersebut mampu menjaga permukaan wadah tetap bersih dan meningkatkan efisiensi mesin.

Jika Anda sering menyimpan cadangan jus di dalam kulkas, produk ini juga tepat dijadikan pilihan! Juicer ini mampu menjaga enzim pada buah atau sayur agar tetap utuh, bahkan hingga 72 jam! Produk ini juga dapat memperlambat proses oksidasi dan memperpanjang masa simpan jus.

Tipe Slow juicer
Ukuran 17,8 cm × 21,6 cm × 39,4 cm
Berat Tidak disebutkan

1. Kuvings Whole Slow Juicer C7000

1. Kuvings Whole Slow Juicer C7000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 7.000.000

Bisa dipakai membuat jus, smoothie, dan bahkan sorbet!

Produk ini merupakan juicer praktis dan multifungsi yang bisa membuat jus, smoothie, dan bahkan sorbet! Jadi, bila Anda senang berkreasi dengan menu baru supaya tidak bosan, produk ini tentunya wajib dimiliki. Apalagi, jika Anda tinggal bersama anak kecil, mereka pasti akan menyukai sorbet yang dibuat produk ini!

Juicer ini juga diklaim tidak berisik dan telah tersedia juga sikat khusus yang memudahkan proses pembersihannya. Selain itu, produk yang memiliki tube entri sebesar 76 mm ini telah dilengkapi sistem safety lock. Hal tersebut membuat juicer hanya mampu beroperasi jika komponennya sudah terpasang dengan tepat.

Tipe Slow juicer
Ukuran 22,8 cm × 20,8 cm × 44,6 cm
Berat 6,9 kg

Baca juga rekomendasi alat untuk membuat jus lainnya di sini

Di bawah ini kami jelaskan secara lebih terperinci mengenai beberapa alat lainnya yang bisa digunakan untuk membuat jus. Di samping slow juicer, Anda juga bisa menggunakan blender untuk mendapatkan jus yang nikmat. Untuk mengetahui produk yang tepat, Anda bisa mencari infonya lebih lengkap pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Semua jenis juicer, baik yang berkecepatan tinggi maupun berkecepatan rendah, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memahami kebutuhan konsumsi jus agar dapat menentukan produk yang paling tepat.

Nah, bagaimana artikel kami kali ini? Semoga Anda bisa mendapatkan juicer yang paling cocok dengan Anda. Kami harap Anda juga dapat segera menikmati gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus setiap saat!