• 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Juicer merupakan peralatan dapur yang memungkinkan Anda menikmati jus tanpa harus kerepotan memeras ekstrak sayur atau buah. Juicer terbagi menjadi dua tipe, yaitu juicer berkecepatan rendah (slow juicer) dan juicer berkecepatan tinggi (centrifugal juicer). Kira-kira juicer mana yang sebaiknya Anda pilih?

Ada beragam merek juicer yang bagus di pasaran, seperti Philips, Panasonic, Sharp, BOLDe, dan lainnya. Banyaknya pilihan tentu akan membuat Anda bingung. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih juicer dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Silakan simak pembahasannya sampai tuntas dan mulailah gaya hidup sehat dengan meminum jus!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Cara memilih juicer

Meski fungsi tiap-tiap produk juicer sama-sama untuk membuat jus, ada banyak hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum memilih. Kami telah menyusunnya menjadi beberapa poin. Silakan Anda baca poin-poinnya dengan saksama. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan juicer yang tepat.

Ketahui perbedaan juicer berdasarkan kecepatannya

Perbedaan antara juicer berkecepatan tinggi dan slow juicer terletak pada kecepatan putaran pisaunya. Juicer berkecepatan tinggi mempunyai kecepatan 6.000 rpm atau lebih, sedangkan kecepatan rotasi slow juicer biasanya 60–100 rpm saja. Selain itu, cara kedua juicer memisahkan sari buah dengan ampasnya juga berbeda. Untuk lebih lengkapnya silakan simak poin di bawah ini.

Juicer berkecepatan tinggi: Membuat jus dalam waktu singkat

Juicer berkecepatan tinggi atau centrifugal juicer dapat memotong bahan dengan cepat karena mata pisaunya berputar dalam kecepatan tinggi. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya?


  • Kelebihan centrifugal juicer

1. Juicer ini mampu menghasilkan jus dalam waktu singkat. Karena itu, juicer berkecepatan tinggi pas bagi Anda yang ingin membuat jus segar pada pagi yang sibuk.

2. Centrifugal juicer biasanya dijual dengan harga yang relatif murah.


  • Kekurangan centrifugal juicer

1. Kebanyakan juicer berkecepatan tinggi menghasilkan suara yang cukup bising.

2. Rasa dan aroma jus bisa berubah karena terkena panas dari pisau yang berputar dengan cepat. Kandungan gizi yang terkandung dalam jus pun berisiko rusak. Karena itu, juicer tipe ini tidak terlalu direkomendasikan bagi Anda yang mementingkan rasa dan nutrisi.

Juicer berkecepatan rendah: Tidak merusak nutrisi buah

Juicer berkecepatan rendah dikenal dengan nama slow juicer atau masticating juicer. Alat ini menggiling bahan secara perlahan dan memisahkan sari dengan ampas menggunakan tekanan. Simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

  • Kelebihan slow juicer

1. Suara yang dihasilkan lebih pelan sehingga bisa membuat jus kapan saja tanpa perlu khawatir dengan suara bising.

2. Tidak mudah menghasilkan panas sehingga enzim yang lemah terhadap panas tak akan rusak.

3. Penggunaan juicer ini bisa mencegah terjadinya oksidasi pada jus karena tidak banyak terpapar udara. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh banyak nutrisi dari buah atau sayuran.


  • Kekurangan slow juicer
1. Kinerja juicer lebih lama sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin membuat jus dengan cepat pada pagi hari.

2. Jumlah buah atau sayur yang dapat dimasukkan dalam sekali proses lebih sedikit.

3. Anda harus membayar lebih tinggi untuk mendapatkan juicer jenis ini.

Jika Anda sedang mencari produk khusus slow juicer, silakan kunjungi tautan berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dari kami.

Jangan lupa perhatikan ukuran tube entrinya

Jangan lupa perhatikan ukuran tube entrinya

Tube entri adalah area atau tabung untuk memasukkan buah (sering disebut feed chute). Ukuran tube entri pada setiap juicer berbeda-beda, tetapi biasanya mampu menampung satu wortel utuh. Apabila Anda ingin memasukkan apel, Anda harus memotongnya menjadi empat bagian terlebih dahulu.


Hal tersebut tentu akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Namun, beberapa tube entri juicer memang dirancang dengan ukuran kecil karena mempertimbangkan faktor keamanan. Jika Anda ingin membuat jus dalam waktu singkat, juicer dengan tube entri yang cukup besar bisa dipilih.

Periksa kesesuaian juicer dengan bahan makanan yang ingin dijus

Periksa kesesuaian juicer dengan bahan makanan yang ingin dijus
Ada bahan makanan yang tidak dapat diproses menjadi jus oleh juicer. Umumnya bahan tersebut adalah bahan makanan yang banyak menghasilkan air, terlalu keras, atau terlalu kecil seperti biji-bijian. Namun, hal ini tidak bisa ditentukan hanya berdasarkan jenis juicer-nya saja karena setiap juicer memiliki mesin dan fitur yang berbeda.

Lantas, harus bagaimana? Sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu buah atau sayur yang nantinya akan diolah menjadi jus. Jadi, Anda bisa memilih juicer yang mampu mengolah bahan-bahan tersebut. Terlebih untuk slow juicer yang harganya tinggi, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak bisa menggunakannya secara maksimal.

Utamakan juicer yang tidak berisik

Mesin pada slow juicer cenderung lebih senyap, tetapi tidak semua jenis slow juicer bersuara tenang. Sebaliknya, tidak semua juicer berkecepatan tinggi mengeluarkan suara berisik. Jadi, Anda sebaiknya tak memutuskan hanya berdasarkan tipe juicer. Periksalah dengan saksama suara juicer yang ingin dimiliki melalui review.

Tambahan lagi, beberapa juicer mengeluarkan suara sebesar 80–90 dB, padahal telinga manusia hanya bisa menerima suara hingga 60 dB. Suara yang lebih besar dari 60 dB akan membuat Anda tidak nyaman bahkan mengganggu pendengaran. Nah, jika Anda ingin tahu besaran suara sebuah juicer, Anda bisa membaca kolom informasi atau menanyakannya kepada penjual.

Pastikan juicer mudah dibersihkan

Pastikan juicer mudah dibersihkan
Hal yang paling merepotkan dari sebuah juicer adalah kegiatan membersihkan ampas sisa perasan jus. Ampas yang menempel pada pisau pemotong dan filter bisa berbeda tergantung pada tiap-tiap produk. Jadi, mari periksa kemudahan pembersihannya secara menyeluruh.

Bagian-bagian juicer yang dibongkar akan lebih mudah dicuci jika komponennya besar, sederhana, dan jumlahnya sedikit. Selain itu, hal tersebut juga memudahkan proses perakitan kembali. Berhubung slow juicer memeras buah dengan baik dan memiliki tempat pembuangan ampas, tipe ini cenderung lebih mudah dibersihkan.


Sementara itu, putaran mata pisau yang cepat pada juicer berkecepatan tinggi akan membuat ampas terlempar ke setiap bagian. Hal ini membuat proses pembersihan jadi lebih sulit. Jika Anda tidak ingin mengalami kesulitan saat membersihkan juicer, poin ini sebaiknya dijadikan pertimbangan.

Pilih ukuran yang nyaman untuk digunakan atau disimpan

Beberapa dari Anda mungkin menggunakan juicer setiap hari sehingga perlu menyimpannya di area yang mudah dijangkau. Nah, supaya keberadaan juicer tak menghalangi benda lain, Anda sebaiknya memilih juicer berukuran compact dengan ketinggian yang pas. Selain itu, pastikan Anda memilih produk yang ringan supaya tidak sulit saat dipindahkan.

10 Rekomendasi juicer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk juicer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Philips Daily Collection Juicer masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, BOLDe Super JUICER Jupiter muncul sebagai produk terlaris ketiga.

Gambar produk
1
Philips Daily Collection Juicer 1

Philips

2
Sharp Slow Juicer 1

Sharp

3
BOLDe Super JUICER Jupiter 1

BOLDe

4
Westech Slow Juicer 1

Westech

5
Miyako Juicer 1

Miyako

6
Philips  Viva Collection Juicer 1

Philips

7
IDEALIFE Mini Electric Slow Juicer  1

IDEALIFE

8
Kuvings  Whole Slow Juicer 1

Kuvings

9
Hurom Signature  1

Hurom

10
Panasonic Juicer 1

Panasonic

Nama produk

Daily Collection Juicer

Slow Juicer

Super JUICER Jupiter

Slow Juicer

Juicer

Viva Collection Juicer

Mini Electric Slow Juicer

Whole Slow Juicer

Signature

Juicer

Keunggulan

Hasilkan jus yang lebih smooth berkat saringan micromesh

Ampasnya kering, tak ada sari buah yang terbuang!

Kuat dan tahan lama berkat material stainless steel-nya

Minim suara bising, cocok untuk keluarga yang memiliki bayi

Juicer merek lokal dengan harga yang bersahabat

Dapat dibersihkan dalam 1 menit karena adanya teknologi QuickClean!

Juicer berukuran compact untuk dapur mungil Anda

Bisa dipakai membuat jus, smoothie, hingga sorbet!

Slow juicer serbaguna, bisa membuat jus hingga es krim

Hasilkan jus lebih banyak dengan full stainless steel spinner!

Harga mulai dariRp 933.500,00Rp 1.890.000,00Rp 649.000,00Rp 1.400.000,00Rp 349.000,00Rp 1.635.000,00Rp 1.120.000,00Rp 7.000.000,00Rp 6.998.000,00Rp 989.775,00
TipeCentrifugal juicerSlow juicerCentrifugal juicerSlow juicerTidak ada keteranganCentrifugal juicerSlow juicerSlow juicerSlow juicerCentrifugal juicer
Ukuran23,2 cm x 33 cm x 47 cm24,8 cm x 23,4 cm x 41,7 cm30 cm x 19 cm x 32 cm38 cm x 19 cm x 33 cm24 x 18,5 cm x 28,5 cm23,2 cm x 33 cm x 47 cm9,8 cm x 12 cm x 35,5 cm36 cm x 27 cm x 45 cm23,6 cm x 17,3 cm x 40,7 cm28,9 cm x 20,6 cm x 27,4 cm
Berat2,48 kgTidak ada keterangan2,8 kg3,8 kg3,5 kg4 kg2 kg13 kg5,5 kgTidak ada keterangan
Mudah dibersihkanTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Daya300 watt150 watt500 watt200 watt250 watt800 watt120 watt240 watt150 watt200 watt
Tautan produk
10
TipeCentrifugal juicer
Ukuran28,9 cm x 20,6 cm x 27,4 cm
BeratTidak ada keterangan
Mudah dibersihkanTidak ada keterangan
Daya200 watt
9

HuromSignature

HZS Alpha Plus

Mulai dari Rp 6.998.000,00

TipeSlow juicer
Ukuran23,6 cm x 17,3 cm x 40,7 cm
Berat5,5 kg
Mudah dibersihkan
Daya150 watt
8

Kuvings Whole Slow Juicer

C7000

Mulai dari Rp 7.000.000,00

TipeSlow juicer
Ukuran36 cm x 27 cm x 45 cm
Berat13 kg
Mudah dibersihkan
Daya240 watt
7

IDEALIFEMini Electric Slow Juicer

IL-201SJA

Mulai dari Rp 1.120.000,00

TipeSlow juicer
Ukuran9,8 cm x 12 cm x 35,5 cm
Berat2 kg
Mudah dibersihkan
Daya120 watt
6

Philips Viva Collection Juicer

HR1855/70

Mulai dari Rp 1.635.000,00

TipeCentrifugal juicer
Ukuran23,2 cm x 33 cm x 47 cm
Berat4 kg
Mudah dibersihkan
Daya800 watt
5
TipeTidak ada keterangan
Ukuran24 x 18,5 cm x 28,5 cm
Berat3,5 kg
Mudah dibersihkanTidak ada keterangan
Daya250 watt
4
TipeSlow juicer
Ukuran38 cm x 19 cm x 33 cm
Berat3,8 kg
Mudah dibersihkan
Daya200 watt
3

BOLDeSuper JUICER Jupiter

MJ-H100WSR

Mulai dari Rp 649.000,00

TipeCentrifugal juicer
Ukuran30 cm x 19 cm x 32 cm
Berat2,8 kg
Mudah dibersihkan
Daya500 watt
2
TipeSlow juicer
Ukuran24,8 cm x 23,4 cm x 41,7 cm
BeratTidak ada keterangan
Mudah dibersihkan
Daya150 watt
1

PhilipsDaily Collection Juicer

HR1811/71

Mulai dari Rp 933.500,00

TipeCentrifugal juicer
Ukuran23,2 cm x 33 cm x 47 cm
Berat2,48 kg
Mudah dibersihkan
Daya300 watt

Pertanyaan umum seputar juicer

Pertanyaan umum seputar juicer

Ketika membuat artikel ini, kami menemukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan juicer. Jadi, kami akan menjawabnya di sini. Yuk, disimak!

Buah apa saja yang bisa di-juice dengan juicer?

Buah atau sayur yang berserat agak kasar bisa diolah menggunakan juicer, misalnya apel, nanas, wortel, seledri, dan lainnya. Namun, buah yang berserat halus, seperti mangga dan pisang, kurang cocok jika diolah menggunakan juicer. Terlepas dari jenis bahan yang bisa diolah dengan juicer, sebaiknya minumlah jus sebelum makan berat agar nutrisi terserap maksimal.

Juicer memerlukan berapa watt?

Besaran watt pada tiap-tiap juicer pastinya berbeda-beda. Jika buah yang akan diolah tidak terlalu keras, juicer dengan daya 150–300 watt sudah cukup. Namun, Anda memerlukan juicer dengan daya yang lebih besar ketika mengolah bahan makanan yang lebih keras, contohnya wortel.

Apa beda juicer dengan blender?

Meski sama-sama bisa menghaluskan bahan makanan, juicer dan blender memiliki perbedaan. Perbedaan terbesar juicer dan blender terletak pada hasil akhirnya. Juicer menghasilkan tekstur yang cair, tetapi minim serat. Sementara itu, blender menghasilkan tekstur lebih padat dan tinggi serat.


Hanya saja, juicer tidak membutuhkan air untuk mengoperasikannya, sedangkan blender memerlukan air. Karena itu, dengan menggunakan juicer, Anda akan mendapatkan ekstrak buah atau sayur dengan konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi.

Baca juga rekomendasi alat lainnya untuk menghaluskan bahan makanan di sini

Di bawah ini kami memiliki pembahasan mengenai beberapa alat lainnya yang bisa digunakan untuk menghaluskan bahan makanan. Ada blender tangan, blender portable, dan blender mini. Silakan Anda buka tautannya satu per satu!

Kesimpulan

Kami telah memberitahukan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih juicer. Selain itu, kami juga telah merekomendasikan beberapa produk juicer terbaik. Nah, sekarang giliran Anda menentukan pilihan.


Anda yang perlu membuat banyak jus dalam waktu singkat bisa mempertimbangkan juicer berkecepatan tinggi dengan kapasitas besar. Akan tetapi, apabila Anda mencari juicer yang tidak terlalu berisik, slow juicer bisa menjadi pilihan tepat. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami pun akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan rumah tangga yang memudahkan Anda dalam menyajikan air minum. Keberadaan dispenser tentunya sangat membantu ketika ingin menyeduh kopi, susu, teh, atau yang ingin air dingin. Saat ini ada berbagai macam dispenser air di pasaran termasuk yang tipe low watt untuk menghemat energi.Untuk itu, kami menyajikan cara memilih dispenser yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga merekomendasikan berbagai merek dispenser terbaik, seperti SHARP, Miyako, Sanken, Cosmos, dan banyak lagi. Simak penjelasan kami berikut ini, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven merupakan salah satu alat masak yang kerap digunakan di dapur. Di pasaran Anda akan menjumpai beragam model microwave oven dari berbagai merek, seperti Panasonic, Modena, dan SHARP. Setiap produk dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda, mulai dari yang sederhana hingga lengkap. Anda bisa memilih microwave oven sesuai dengan kebutuhan.Untuk mempermudah Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih beserta review microwave oven terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi microwave oven yang bagus. Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kompor listrik menjadi satu perlengkapan dapur populer karena dinilai lebih praktis dengan ukurannya yang kecil. Keuntungan lainnya, ada kompor listrik jenis portable yang bisa dibawa-bawa dengan mudah. Kemudian, ada juga jenis kompor yang mudah dibersihkan sehingga tidak merepotkan Anda.Banyaknya jenis kompor listrik ini mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kompor listrik. Kami juga mengulas beberapa rekomendasi produk, seperti Maspion, IDEALIFE, Oxone, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori