10 Rekomendasi Kosmetik Penghilang Kantung Mata Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kosmetik Penghilang Kantung Mata Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Area di sekitar mata merupakan bagian wajah yang sangat penting untuk dirawat agar Anda tetap terlihat awet muda. Bila dibiarkan mengendur, akan sulit untuk memperbaikinya. Untuk itu, Anda perlu merawat area mata sejak dini dengan kosmetik yang efektif untuk menghilangkan kantung mata.

Terdapat banyak produk kosmetik penghilang kantung mata yang dapat Anda temukan di pasaran. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih dan 10 rekomendasi produknya kepada Anda. Namun, ada baiknya bila Anda mengetahui penyebab terbentuknya kantung mata terlebih dahulu.

Daftar isi

Apakah penyebab kantung mata?

Apakah Anda sudah mengetahui penyebab munculnya kantung mata di wajah Anda? Jika belum, simaklah informasi di bawah ini!

Penuaan merupakan penyebab utama

Penuaan yang tidak bisa dihindari oleh semua orang turut andil sebagai penyebab utama munculnya kantung mata. Secara garis besar, terdapat 3 ciri tanda penuaan.

Lapisan dermis yang menua

Lapisan dermis yang menua

Urutan lapisan kulit dari bagian terluar adalah epidermis, dermis, dan hipodermis (subkutan, jaringan adiposa). Dermis merupakan lapisan yang mengandung collagen dan hyaluronic acid. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam elastisitas kulit. Apabila terjadi penuaan, kandungan tersebut akan berkurang dan kemampuan dermis untuk menjaga kelembapan pun dapat hilang.

Sebagai tambahan, fibroblast cell yang memproduksi collagen dan sejenisnya pun tidak mampu lagi bekerja. Akibatnya, produksi collagen pun menurun. Oleh karena itu, kulit menjadi kendur dan kantung mata pun terbentuk.

Pengenduran akibat otot wajah yang melemah

Pengenduran akibat otot wajah yang melemah

Tahukan Anda bahwa menggerakkan area wajah di sekitar mulut dan hidung atau membuat ekspresi wajah berarti menggerakan otot wajah? Bila Anda termasuk orang yang jarang mengubah ekspresi wajah, dikhawatirkan otot wajah akan menjadi kaku dan kendur pada saat Anda mengalami penuaan. Dengan sering mengubah ekspresi wajah, otot wajah akan terlatih secara alami dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Untuk itu, bagi Anda yang terlalu sering berada di depan layar komputer atau smartphone, maka Anda perlu melatih otot wajah Anda. Saat Anda hanya menatap layar komputer atau smartphone, otot di sekitar area mata tidak bergerak terlalu banyak sehingga kekuatan ototnya pun melemah. Otot wajah berada di balik kulit. Bila kekuatan otot wajah melemah, kulit yang berada di lapisan atasnya pun menjadi kendur.

Lemak orbital yang menonjol

Lemak orbital yang menonjol

Saat penuaan mulai terjadi, ligamen pada bola mata pun akan mengendur. Ketika ligamen mengendur, posisi bola mata juga akan sedikit turun dari rongga mata.

Akibatnya, lemak orbital yang terdapat di bawah bola mata pun akan terdorong ke depan seperti tonjolan yang menjorok ke bawah. Bila lemak tersebut bertambah, tonjolan pun akan bertambah besar sehingga kulit wajah pun terlihat semakin mengendur.

Kulit kering juga merupakan faktor penyebab pengenduran kulit

Kulit kering juga merupakan faktor penyebab pengenduran kulit

Keringnya kulit sekilas tampak tidak ada hubungannya dengan pengenduran kulit, padahal faktor ini begitu besar pengaruhnya. Hal tersebut dikarenakan kulit pada area mata sangatlah tipis dan intercellular lipid-nya tidak mampu menyimpan cukup ceramide yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Intercellular lipid berada di lapisan stratum corneum yang terletak di permukaan kulit. Lapisan ini bekerja seperti spons untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan kulit.

Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kulit area bawah mata sangat tipis sehingga stratum corneum-nya pun lebih tipis dari bagian lain. Kondisi ini membuat jumlah intercellular lipid-nya juga sedikit. Hal itulah yang membuat area kulit di bawah mata mudah kering.

Jika area tersebut terjaga kelembapannya, elastisitas kulit pun akan dapat lebih mudah terjaga. Akan tetapi, bila area tersebut kering, kulit pun akan kehilangan elastisitasnya. Bila Anda ingin mencegah kendur pada daerah bawah mata, sebaiknya Anda pastikan bagian tersebut terjaga kelembapannya.

Cara memilih kosmetik penghilang kantung mata

Apakah Anda sudah paham mengenai penyebab terjadinya kantung mata? Bila sudah, selanjutnya Anda harus pandai-pandai memilih kosmetik penghilang kantung mata agar masalah tersebut dapat teratasi dengan baik sejak dini. Nah, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kosmetik penghilang kantung mata!

Penting! Pilihlah produk berkandungan anti-aging

Penting! Pilihlah produk berkandungan anti-aging

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab utama munculnya kantung bawah mata adalah penuaan atau aging. Karena itu, untuk mencegahnya, Anda perlu memilih produk dengan kandungan anti-aging.

Salah satu zat dengan khasiat anti-aging adalah turunan vitamin C yang disebut dengan vitamin C derivatives. Vitamin C derivatives kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penuaan pada kulit. Jika dibandingkan dengan vitamin C, vitamin C derivatives merupakan kandungan dengan efek yang lebih stabil dan juga lebih mudah diserap tubuh. Jadi, pastikan produk kecantikan yang Anda pilih mengandung vitamin C derivatives, ya!

Selain vitamin C, kandungan-kandungan yang kaya antioksidan lainnya adalah polyphenol, astaxanthin, pycnogenol, dan lain-lain. Sebagai tambahan, vitamin B3 dan AHA (Alpha Hydroxy Acid) juga berperan baik dalam mengaktifkan metabolisme kulit. Sedangan retinol, yaitu wujud hewani dari vitamin A, dapat bekerja di dalam fibroblast sehingga jumlah collagen dapat meningkat. Pastikan bahan-bahan tersebut terkandung di dalam produk yang Anda pilih, ya.

Pilih produk yang kaya pelembap

Pilih produk yang kaya pelembap

Bila kulit pada area mata Anda tidak memiliki kelembapan yang cukup, kantung mata pun dapat muncul. Untuk itu, Anda juga perlu memeriksa kandungan pelembap yang ada pada produk yang Anda pilih.

Kandungan pelembap yang biasanya terdapat pada kosmetik adalah ceramide, ceramide, dan elastin. Kandungan pelembap yang paling direkomendasikan adalah ceramide. Seiring dengan bertambahnya umur, kandungan ceramide di dalam kulit akan semakin berkurang sehingga Anda pun harus tetap aktif mengaplikasikan produk berkandungan ceramide secara teratur.

Kosmetik jenis apa yang Anda butuhkan?

Kosmetik jenis apa yang Anda butuhkan?

Saat ini telah banyak jenis kosmetik yang mampu mengurangi tampilan kantung mata di wajah Anda. Jenisnya pun beragam, mulai dari lotion, serum, cream, dan gel. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang menonjol pada masing-masing jenis. Anda hanya perlu memilih jenis mana yang paling sesuai untuk kulit Anda.

Anda dapat mengganti salah satu kosmetik kecantikan Anda dengan produk yang memiliki efek menyamarkan kantung mata. Namun, lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan kosmetik yang memiliki fungsi khusus untuk menyamarkan kantung mata. Produk semacam ini memiliki banyak tekstur. Anda pun dapat memilih yang paling nyaman untuk kulit Anda agar manfaatnya lebih maksimal.

Pastikan juga keamanan produknya

Pastikan juga keamanan produknya

Dalam memilih produk kosmetik, Anda tidak hanya perlu memperhatikan kandungan yang berdampak positif saja, tetapi juga kandungan yang berpotensi memberikan pengaruh buruk pada kulit. Apalagi produk kosmetik digunakan langsung pada kulit. Bahan-bahan seperti paraben, wewangian, alkohol, mineral oil, surfaktan, berbasis minyak bumi, zat pewarna, dan sebagainya, adalah kandungan yang berpotensi memberikan dampak negatif bagi kulit.

Meski sulit dihindari, akan lebih baik apabila bahan-bahan tersebut tidak terkandung di dalam produk yang akan Anda pilih. Anda pun dapat memeriksanya dengan mudah melalui komposisi bahan yang umumnya tercantum pada kemasan produk. Agar aman, selalu usahakan untuk memilih produk dengan kandungan bahan aditif seminimal mungkin, ya!

10 Rekomendasi kosmetik penghilang kantung mata terbaik

Setelah pembahasan mengenai kantung mata, tentunya sekarang Anda lebih paham mengenai kulit di sekitar mata Anda. Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi kosmetik penghilang kantung mata pilihan kami. Pastikan Anda memilih produk dengan tekstur yang cocok untuk kulit Anda ya!

10. Beauty Barn Mom – Star Bright Eyes

10. Beauty Barn Mom - Star Bright Eyes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Eye gel berbahan organik yang bahkan aman untuk ibu hamil

Produk lokal yang satu ini memiliki tekstur gel yang mudah diserap dan menyejukkan kulit. Bagi Anda yang ingin rileks sejenak, eye gel ini juga dilengkapi dengan bola pemijat agar area sekitar mata Anda semakin segar. Selain itu, eye gel ini juga dapat mengencangkan dan mengurangi garis-garis halus serta merawat kulit di area sekitar mata.

Eye gel ini diformulasikan dengan bahan organik alami oleh seorang ibu untuk para ibu lainnya. Karena itu, produknya aman dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui. Namun, produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk para ibu saja, kok! Karena standar keamanannya yang tinggi, produk ini cocok digunakan oleh siapa saja.

9. L’Oreal White Perfect Magic White Eye Cream

9. L'Oreal White Perfect Magic White Eye Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 159.900

Mencerahkan kulit di area sekitar mata sejak awal pemakaian

Bagi Anda yang tidak sabaran, Anda pasti akan menyukai produk ini karena produk ini diformulasikan untuk memberikan hasil sejak awal pemakaian. Hanya dengan satu kali pemakaian, kulit pada bagian bawah mata Anda akan tampak lebih cerah. Anda menginginkan produk dengan hasil yang terbukti dan langsung terlihat? Coba saja produk dari L’Oreal ini!

Tidak hanya itu, produk bertekstur cream ini juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti berkurangnya kelembapan dan garis-garis halus. Cream yang ringan dan langsung menyerap di kulit ini sebaiknya digunakan setelah Anda membersihkan wajah, ya. Gunakanlah dengan teratur untuk hasilkan mata bebas lingkaran hitam dan wajah tampak muda.

8. Laneige White Plus Renew Eye Cream

8. Laneige White Plus Renew Eye Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Kulit di sekitar mata tampak lebih cerah dan halus untuk kesan lebih muda

Kulit di sekitar mata yang menghitam kadang menimbulkan kesan wajah yang kelelahan dan lebih tua. Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Bila kulit di sekitar mata Anda menghitam, kami merekomendasikan produk yang diformulasikan khusus untuk mencerahkan kulit ini. Tidak hanya mencerahkan, produk ini pun membuat kulit di sekitar mata Anda tampak lebih halus!

Eye cream bertekstur ringan ini dapat mencerahkan secara efektif berkat kandungan bubuk optik mineral dan dan teknologi MELACRUSHER yang meningkatkan dekomposisi melanin. Enaknya lagi, produk ini dilengkapi dengan aplikator logam berbentuk bola yang terasa sejuk saat bersentuhan dengan kulit. Lakukan pemijatan secara rutin agar kantung mata juga lenyap, ya!

7. Tony Moly Panda’s Dream Brightening Eye Base

7. Tony Moly Panda's Dream Brightening Eye Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 88.000

Bentuknya stick, sangat praktis dan mudah dipakai

Eye base dari Tony Moly ini memiliki kemasan imut yang membuat Anda gemas. Kemasannya saja sudah menarik, ya! Bagian dalamnya berbentuk stick dengan tekstur seperti lipbalm sehingga sangat praktis dan mudah diaplikasikan. Jadi, bila Anda menginginkan produk yang praktis dan dapat digunakan kapan saja, eye base dari Tony Moly inilah produk yang tepat!

Manfaatnya tidak hanya sekedar menghilangkan kantung mata saja, lho! Eye base ini sebenarnya merupakan primer yang digunakan sebelum concealer agar hasil riasan Anda tidak pecah-pecah. Anda pun dapat menggunakannya tanpa concealer karena produk sudah cukup ampuh untuk mengurangi area sekitar mata yang menghitam.

6. Corine de Farme Radiant Eye Serum

6. Corine de Farme Radiant Eye Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Cepat segarkan kembali mata lelah Anda

Mata panda karena kelelahan? Serum ini solusinya! Produk ini mampu menyegarkan area di sekitar mata Anda yang lelah setelah beraktivitas seharian. Kantung mata yang muncul akibat mata kelelahan juga dapat disamarkan dengan produk ini. Itu karena formulanya mampu memperkuat struktur pembuluh darah dan mencegah area kulit bawah mata menjadi gelap.

Produk dengan aplikator unik berbentuk kuas yang lembut di kulit ini juga bebas dari bahan-bahan aditif seperti paraben, pewarna, maupun alkohol, lho! Apakah Anda termasuk orang yang selalu bekerja di depan layar elektronik? Kalau begitu, sensasi dingin dan menyegarkan produk ini pasti akan membantu memulihkan dan menangkan mata lelah Anda.

5. Holika Holika Prime Youth Black Snail Repair Eye Cream

5. Holika Holika Prime Youth Black Snail Repair Eye Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.098.000

Mengandung ekstrak lendir siput yang efektif kurangi bengkak di sekitar mata

Eye cream dari brand asli Korea ini mampu mengatasi masalah Anda dengan 30% kandungan lendir siput hitamnya. Lendir siput hitam yang dikenal sebagai anti-aging ini juga mampu menyamarkan kerutan halus serta melembapkan kulit. Dengan pengaplikasian setelah penggunaan essence, lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata pun perlahan menghilang.

Berbeda dengan produk eye cream lainnya, produk ini memiliki tekstur yang sedikit pekat, tetapi langsung meresap di kulit begitu diaplikasikan. Ditambah dengan 20 macam mineral dan amino dari ekstrak mutiara hitam, khasiatnya memang tidak main-main. Harga membawa kualitas, jadi tidak heran bila Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan eye cream ini.

4. Bioderma Sensibio Eye

4. Bioderma Sensibio Eye

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Anda pengguna lensa kontak? Coba yang satu ini!

Produk-produk dari Bioderma memang dikenal ramah untuk kulit yang sensitif. Tidak terkecuali dengan produk eye cream-nya ini. Jadi, bila Anda memiliki kulit sensitif yang mudah teriritasi dan cenderung kering, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Produk yang tidak pedih di mata ini juga aman digunakan oleh pengguna lensa kontak, lho!

Selain ramah untuk kulit sensitif, produk ini juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada area kulit mata Anda berkat kandungan hyaluronic acid-nya. Tekstur krim gelnya juga memungkinan produk ini untuk digunakan bersama dengan makeup. Bebas pengharum, paraben, dan hipoalergenik, Anda dapat menghilangkan kantung mata tanpa khawatir.

3. Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream

3. Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 170.000

Produk anak bangsa yang ampuh mengurangi lingkar hitam di sekitar mata

Eye cream ini merupakan produk lokal dari Yogyakarta yang dicintai penggunanya karena memang terbukti ampuh. Kandungan vitamin C dan B1-nya efektif menyamarkan lingkaran hitam pada area bawah mata. Tidak hanya itu, dengan kandungan kafein dan ekstrak kopinya, produk ini dapat melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit pada area mata.

Bila Anda ingin mata lelah Anda terlihat lebih segar dan lingkar hitam tersamarkan, cobalah produk dengan harga bersahabat yang satu ini! Hanya dalam beberapa hari, lingkar hitam Anda pun akan semakin berkurang. Pengguna pun semakin dimanjakan dengan teksturnya yang tidak lengket sehingga tidak meninggalkan rasa risih setelah pengaplikasian.

2. Sensatia Botanicals Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum

2. Sensatia Botanicals Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Ingin produk organik yang jelas aman? Eye serum ini pilihannya!

Eye serum dari Sensatia Botanicals ini terbuat dari bahan-bahan alami yang pastinya tidak membahayakan kulit di sekitar area mata Anda. Salah satu kandungannya, yaitu vitamin C organik yang berasal dari Kakadu Plum (sejenis citrus), dapat memperbaiki kulit, mengurangi keriput, serta mencerahkan area sekitar mata. Hasilnya? Kulit di sekitar area mata yang lebih elastis.

Produk ini dapat digunakan pada semua jenis kulit dan karena produknya organik, aman juga digunakan oleh ibu hamil. Bahkan, Anda yang vegetarian pun dapat menggunakannya tanpa perlu was-was, lho! Cukup gunakan 1 kali sehari pada malam hari untuk merasakan khasiatnya. Jangan lupa gunakan toner terlebih dahulu agar hasilnya semakin optimal, ya.

1. Sulwhasoo Timetreasure Renovating Eye Cream EX

1. Sulwhasoo Timetreasure Renovating Eye Cream EX

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200.000

Kantung mata tersamarkan, wajah tampak muda seketika

Apakah tanda-tanda penuaan, seperti kantung mata, lingkaran hitam, dan garis halus mulai muncul di area kulit sekitar mata? Kalau begitu, produk ini cocok untuk Anda! Luxury eye cream dari Sulwhasoo ini mampu membuat area mata Anda tampak lebih muda dengan kandungan ekstrak pinus merah yang memang dikenal ampuh melawan tanda-tanda penuaan.

Setelah penggunaan, hasilnya kulit di sekitar mata Anda menjadi lebih lembap, halus, dan tampak kencang berkat komponen DAA (De-aging Active) di dalam produk ini. Bahkan, eye cream yang dibuat dengan resep herbal Korea ini juga memiliki khasiat mencerahkan. Meskipun harganya relatif mahal, Anda tidak akan menyesal berinvestasi pada produk racikan sang ahli ini.

Bagaimana cara mencegah munculnya kantung mata?

Munculnya kantung mata dapat dihilangkan dengan menggunakan produk-produk rekomendasi di atas. Namun, akan lebih baik bila Anda mencegahnya sebelum kantung mata tersebut muncul. Berikut ini cara yang paling mudah untuk mencegahnya.

Merawat area di sekitar mata dengan hati-hati

Merawat area di sekitar mata dengan hati-hati

Kulit pada area sekitar mata sangatlah tipis, jadi rawatlah dengan hati-hati, apalagi ketika Anda membersihkan makeup. Pastikan Anda tidak menekan atau menggosoknya dengan terlalu kuat agar kulit di sekitar mata tidak rusak. Saat menghapus makeup di sekitar mata, lebih baik bila Anda menggunakan makeup remover khusus untuk area sekitar mata agar terhindar dari iritasi.

Lakukan gerakan otot muka sebanyak mungkin

Lakukan gerakan otot muka sebanyak mungkin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kantung mata memiliki hubungan yang erat dengan kendurnya otot-otot wajah. Untuk itu, Anda perlu melatih otot-otot tersebut dengan melakukan senam muka. Apalagi, bagi Anda yang sering bekerja di depan layar komputer atau smartphone, Anda harus melakukan senam muka sesering mungkin bila tidak ingin otot wajah Anda cepat kendur.

Memang tidak mungkin untuk melakukan hal tersebut di tempat umum atau di depan banyak orang. Untuk itu, Anda dapat melakukannya di rumah pada waktu senggang. Lakukanlah sesering mungkin untuk mencegah munculnya kantung mata, ya!

Kesimpulan

Kantung mata yang muncul akibat terjadinya penuaan pada kulit atau kurangnya kelembapan pada area kulit di sekitar mata, dapat dihilangkan dengan menggunakan kosmetik mata yang tepat. Bila Anda ingin melakukan pencegahan, kami pun telah menjelaskan caranya agar kantung mata tidak cepat muncul di wajah Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami juga telah memberikan rekomendasi 10 kosmetik penghilang kantung mata terbaik. Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, ya!