• 10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Area di sekitar mata merupakan bagian yang penting untuk dirawat agar Anda tetap terlihat awet muda. Apabila kulit di area tersebut dibiarkan mengendur, akan sulit untuk memperbaikinya. Untuk itu, Anda perlu merawat kulit di area sekitar mata sejak dini dengan skincare untuk menghilangkan mata panda atau dark circle

Kali ini kami akan memberikan cara memilih dan rekomendasi skincare penghilang kantung mata yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari merek Somethinc, Whitelab, Avoskin. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Metania
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apakah penyebab mata panda?

Apakah Anda sudah mengetahui penyebab munculnya mata panda atau dark circle serta kantung mata di wajah Anda? Jika belum, simaklah informasi di bawah ini!

Penuaan merupakan penyebab utama terbentuknya kantung mata

Penuaan yang tidak bisa dihindari oleh semua orang merupakan penyebab utama munculnya kantung mata. Secara garis besar, terdapat tiga ciri tanda penuaan. Berikut selengkapnya.

Lapisan dermis yang menua menyebabkan timbulnya kantung mata

Lapisan dermis yang menua menyebabkan timbulnya kantung mata
Urutan lapisan kulit dari bagian terluar adalah epidermis, dermis, dan hipodermis (subkutan, jaringan adiposa). Dermis merupakan lapisan yang mengandung kolagen dan hyaluronic acid. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam elastisitas kulit. Apabila terjadi penuaan, kandungan tersebut akan berkurang dan kemampuan dermis untuk mengikat air dan menjaga kelembapan pun dapat berkurang.

Sebagai tambahan, sel fibroblas yang memproduksi kolagen dan elastin pun berkurang fungsinya. Akibat hal ini, produksi kolagen pun menurun. Karena itu, kulit menjadi kendur dan kantung mata pun terbentuk. Saat inilah, Anda mulai membutuhkan produk penghilang kantung mata.

Kulit kantung mata mengendur akibat otot wajah yang melemah

Kulit kantung mata mengendur akibat otot wajah yang melemah
Tahukah Anda bahwa menggerakkan area wajah di sekitar mulut dan hidung berarti menggerakkan otot wajah? Saat penuaan, otot, termasuk otot wajah, menjadi kaku dan fleksibilitas area mata akan berkurang. Karena itu, area tersebut akan mengendur dan kantung mata mulai tampak.

Apabila rutin melakukan senam wajah, otot wajah akan terlatih secara alami. Dengan begitu, kekuatan dan elastisitasnya kembali baik dan kantung mata pun berkurang. Untuk itu, Anda perlu melatih otot wajah, termasuk otot di area mata. Apalagi jika Anda sering berada di depan komputer atau smartphone, melatih otot wajah sangat perlu dilakukan.

Lemak orbital yang menonjol membuat kantung mata makin tampak

Lemak orbital yang menonjol membuat kantung mata makin tampak
Saat penuaan mulai terjadi, ligamen di bagian bola mata pun akan perlahan-lahan mengendur. Ketika ligamen mengendur, posisi bola mata juga akan sedikit turun dari rongga mata.

Akibatnya, lemak orbital yang di bawah bola mata pun akan terdorong ke depan seperti tonjolan yang menjorok ke bawah. Apabila lemak tersebut bertambah, tonjolan pun akan bertambah besar sehingga kulit wajah pun terlihat makin mengendur.

Kulit kering juga merupakan faktor penyebab pengenduran kulit

Kulit kering juga merupakan faktor penyebab pengenduran kulit

Keringnya kulit sekilas tidak berhubungan dengan pengenduran kulit, padahal faktor ini begitu berpengaruh. Hal tersebut karena kulit di area mata sangatlah tipis sehingga memiliki sedikit intercellular lipid. Intercellular lipid berada di lapisan stratum corneum yang terletak di permukaan kulit. Lapisan ini bekerja seperti spons untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan kulit.


Minimnya jumlah intercellular lipid berarti tidak banyak ceramide yang dapat disimpan di dalamnya. Hal itulah yang membuat area kulit di bawah mata mudah kering. Jika area tersebut senantiasa lembap, elastisitas kulit pun lebih mudah terjaga. Akan tetapi, apabila area tersebut kering, kulit pun akan kehilangan elastisitasnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kosmetik untuk menghilangkan mata panda

Apakah Anda sudah paham mengenai penyebab terjadinya kantung mata atau mata panda? Jika sudah, selanjutnya Anda harus pandai-pandai memilih produk untuk menghilangkan mata panda. Nah, berikut kami jelaskan poin-poin penting dalam memilih produk untuk menghilangkan kantung mata beserta mata panda.

Pertimbangkan kandungan sesuai kebutuhan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa faktor penyebab mata panda. Karena itu, ketahuilah masalah yang Anda hadapi agar bisa menemukan produk penghilang mata panda dengan kandungan yang sesuai. 

Bahan anti-aging, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini

Bahan anti-aging, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini

Bertambahnya usia menjadi pemicu utama timbulnya tanda-tanda penuaan, termasuk mata panda. Saat memilih eye cream penghilang kantung mata, cek komposisinya dan pastikan produk tersebut mengandung bahan anti-aging.


Terdapat beberapa bahan yang berperan sebagai anti-aging, contohnya retinoid dan turunannya, peptides, kolagen, kafeina, dan adenosine. Turunan retinoid, seperti retinyl palmitate, retinyl acetate, atau retinyl propionate merupakan bentuk retinoid yang gentle. Selain aman digunakan untuk area kulit mata, ketiga bahan tersebut juga berfungsi merangsang regenerasi kulit dan memproduksi kolagen baru.


Selain itu, peptides juga merupakan bahan aktif pilihan untuk merangsang produksi kolagen baru yang gentle untuk area mata. Asupan kolagen dari skincare akan membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit sehingga selalu terlihat awet muda dan sehat.


Fungsi serupa juga dapat Anda rasakan dari adenosine karena bahan ini dapat mendorong produksi kolagen. Sementara itu, caffeine akan membantu mengurangi pembengkakan sehingga kantung mata berkurang.

Bahan pelembap, untuk mempertahankan hidrasi di area sekitar mata

Bahan pelembap, untuk mempertahankan hidrasi di area sekitar mata
Jika kulit area mata Anda tidak memiliki kelembapan yang cukup, kantung mata pun dapat muncul. Untuk itu, periksalah kandungan pelembap yang ada pada produk yang Anda pilih. Kandungan pelembap yang biasanya terdapat pada kosmetik adalah hyaluronic acid, glycerin, dan Aloe vera extractMeski begitu, kandungan pelembap yang paling direkomendasikan adalah hyaluronic acid. 


Satu molekul hyaluronic acid dapat menampung seribu kali lipat molekul air. Dengan demikian, hyaluronic acid mampu menahan air untuk mencegah kulit dehidrasi, serta menjaganya agar tidak menguap. Jadi, kelembapan kulit dapat terjaga lebih lama. Selain itu, hyaluronic acid juga membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit selalu sehat dan kencang.


Molekul hyaluronic acid memiliki ukuran beragam, mulai dari yang besar hingga kecil dengan manfaat yang berbeda-beda. Molekul besar akan melembapkan permukaan kulit dan memperbaiki tampilan kulit. Sementara itu, molekul kecil akan diserap ke dalam kulit dan menarik air, lalu melembapkan kulit dari dalam.

Bahan brightening, untuk memudarkan area kehitaman

Bahan brightening, untuk memudarkan area kehitaman

Selain terlihat kendur dan bengkak, kantung mata umumnya juga lebih gelap dibandingkan area kulit wajah lainnya. Mata panda tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga membuat wajah terlihat lelah. Karena itu, Anda membutuhkan bahan pencerah kulit untuk mengurangi area kehitaman tersebut.


Sebagian bahan pada kosmetik penghilang mata panda yang dapat Anda pertimbangkan adalah niacinamide, kojic acid, arbutin, dan licorice. Fungsi utama niacinamide adalah untuk mengurangi noda hitam dan meratakan warna kulit. Di samping itu, niacinamide juga dapat memperkuat lapisan pelindung kulit untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.


Selain itu, niacinamide, kojic acid, arbutin, dan licorice juga memiliki kemampuan yang sama dalam mencerahkan kulit. Bahan ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata yang dapat menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata.

Perhatikan jenis dan teksturnya

Sama dengan skincare lain, produk yang berperan untuk menghilangkan mata panda pun menawarkan beberapa tekstur. Karena itu, setiap produk akan memberi sensasi yang berbeda saat Anda gunakan. Berikut penjelasannya!

Krim: Memberikan kelembapan lebih lama

Krim: Memberikan kelembapan lebih lama

Krim penghilang mata panda memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Kadar minyak tersebut akan menghidrasi kulit area mata lebih lama sehingga terhindar dari rasa kaku atau tight. Sebab itu, jenis ini tepat digunakan pada area sekitar mata yang cenderung kering. Anda juga dapat menggunakannya di bawah makeup agar base makeup di sekitar mata tidak creasing.

Gel: Mudah meresap tanpa rasa lengket

Gel: Mudah meresap tanpa rasa lengket

Jika tekstur krim memiliki banyak kandungan minyak, skincare bertekstur gel kaya akan kandungan air. Jenis ini tepat dipilih bila Anda memiliki area sekitar mata yang cenderung berminyak. Dengan begitu, area sekitar mata Anda akan selalu terhidrasi sehingga produksi minyak lebih terkontrol. Tekstur gel juga terasa ringan dan tidak menyumbat pori-pori karena cepat meresap ke dalam kulit.


Bagi Anda yang ingin informasi selengkapnya mengenai eye gel, baca juga pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini. 

Serum: Bekerja langsung dari lapisan kulit terdalam

Serum: Bekerja langsung dari lapisan kulit terdalam

Serum bekerja secara mendalam sehingga menawarkan hasil yang lebih cepat terlihat. Hal ini karena serum memiliki partikel-partikel kecil yang dapat menembus hingga lapisan kulit terdalam. Hasilnya pun berpengaruh pada area bawah mata yang gelap dan secara bertahap meratakan warna kulit. Bila Anda belum menemukan produk penghilang kantung mata yang tepat, cobalah beralih ke serum.

Eye patch: Membuat lebih rileks setelah seharian beraktivitas

Eye patch: Membuat lebih rileks setelah seharian beraktivitas

Menggunakan eye patch hampir serupa dengan sheet mask, tetapi bagian yang tertutupi hanya area di bawah mata. Lembaran eye patch yang kaya akan essence akan memberi kelembapan lebih lama


Selama mengaplikasikannya pun, Anda akan merasa lebih rileks karena sensasi sejuk dari eye patch. Anda dapat menggunakan eye patch pada malam hari sebelum beristirahat untuk memberi rasa tenang setelah seharian beraktivitas.


Jika Anda tertarik lebih lanjut dengan eye patch, silakan simak juga artikel berikut ini. 

Pastikan juga keamanan produknya

Pastikan juga keamanan produknya
Produk kosmetik terbuat dari banyak bahan yang tidak seluruhnya membawa dampak positif bagi kulit Anda. Beberapa pengawet, seperti paraben, merupakan bahan yang kontroversial. Namun, selama penggunaannya dalam produk sesuai dengan aturan BPOM dan tidak ada reaksi negatif di kulit, produk tetap aman digunakan.

Selain itu, usahakan untuk memilih produk dengan kandungan bahan aditif seminimal mungkin. Selektiflah dalam memilih skincare, terutama skincare untuk kulit area mata yang lapisannya sangat tipis. 

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk menghilangkan mata panda

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik untuk menghilangkan mata panda yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Whitelab Eye Cream muncul sebagai produk terlaris kedua.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Royal Pesona Indonesia Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel 1

Royal Pesona Indonesia

2
Whitelab Eye Cream 1

Whitelab

3
AVO Innovation Technology Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream 1

AVO Innovation Technology

4
GARNIER Brightening Eye Mask 1

GARNIER

5
ELSHE ESTETIKA NUSANTARA ElsheSkin Eyessential Night Serum 1

ELSHE ESTETIKA NUSANTARA

6
L'Oreal Paris Revitalift Laser X3 Triple Action Eye Cream 1

L'Oreal Paris

7
TRUEVE Multi Peptide Glycogen Ultimate Eye Gel Serum 1

TRUEVE

8
Sensatia Botanicals Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum 1

Sensatia Botanicals

9
Heimish Bulgarian Rose Water Hydrogel Eye Patch 1

Heimish

10
The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG 1

The Ordinary

Nama produk

Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel

Eye Cream

Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream

Brightening Eye Mask

ElsheSkin Eyessential Night Serum

Revitalift Laser X3 Triple Action Eye Cream

Multi Peptide Glycogen Ultimate Eye Gel Serum

Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum

Bulgarian Rose Water Hydrogel Eye Patch

Caffeine Solution 5% + EGCG

Keunggulan

Aplikator berbahan keramik yang terasa dingin saat digunakan

Cegah kulit kendur dan hilangnya kelembapan kulit

Skincare lokal yang ampuh mengurangi lingkar hitam di sekitar mata

Ekonomis dan praktis digunakan kapan saja

Atasi lima masalah kulit area mata sekaligus

Formulanya terinspirasi dari perawatan laser di klinik kecantikan

Kandungan multipeptide jadikan kulit sekitar mata tampak lebih cerah dan halus

Eye serum ringan dan antilengket dengan aplikator roll yang praktis

Menenangkan kulit dan pikiran setelah seharian beraktivitas

Memperbaiki kontur mata dan menyamarkan area yang gelap

Harga mulai dariRp 145.000,00Rp 76.000,00Rp 149.000,00Rp 18.200,00Rp 199.000,00Rp 280.000,00Rp 163.000,00Rp 180.000,00Rp 340.000,00Rp 129.900,00
Kandungan utamaAloe barbadensis leaf extract, arthicoke extract, Poria cocos extract, glycerin, hyaluronic acid, caffeineCopper tripeptide, beta glucanAloe barbadensis leaf extract, collagen, hyaluronic acid, tea tree oil, kojic acidGlycerin, hyaluronic acid, orange extractApple steam cells polyphenols, red algae, vitamin C, encapsulated retinol, petides, hyaluronic acidCentella asiatica, dermalift, pro-retinol A, hydrolyzed hyaluronic acidDipeptide-2, acetyl tetrapeptide, copper tripeptide, glycogenKakadu plum, vitamin C, caffeine, tocopherol (vitamin E)Glycerin, niacinamide, Rosa damascena flower water (1000ppm), damask rose water, Centella asiatica extractCaffeine, Epigallocatechin Gallatyl Glucoside (EGCG), glycerin, hyaluronic acid, soybean seed extract
JenisGelKrimKrimEye patchSerumKrimGelSerumEye patchSerum
KeamananFragrance free, paraben free, sulfate freeFungal acne/malasezia safe, pregnancy & breastfeeding safe, cocok untuk kulit sensitif, boleh dipakai dari umur 12 tahun ke atasParaben freeParaben freeParaben free, fragrance free, alcohol free, sulfate freeParaben freeTidak disebutkanParaben free, no animal testing, pregnancy safe, sulfate free, silicone free, vegan friendly, reef safeParaben free, dimethicone free, Alcohol free, silicone free, oil free, gluten free
Tautan produk
10

The OrdinaryCaffeine Solution 5% + EGCG

Mulai dari Rp 129.900,00

Kandungan utamaCaffeine, Epigallocatechin Gallatyl Glucoside (EGCG), glycerin, hyaluronic acid, soybean seed extract
JenisSerum
KeamananAlcohol free, silicone free, oil free, gluten free
9

HeimishBulgarian Rose Water Hydrogel Eye Patch

Mulai dari Rp 340.000,00

Kandungan utamaGlycerin, niacinamide, Rosa damascena flower water (1000ppm), damask rose water, Centella asiatica extract
JenisEye patch
KeamananParaben free, dimethicone free,
8

Sensatia BotanicalsKakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Kandungan utamaKakadu plum, vitamin C, caffeine, tocopherol (vitamin E)
JenisSerum
KeamananParaben free, no animal testing, pregnancy safe, sulfate free, silicone free, vegan friendly, reef safe
7

TRUEVEMulti Peptide Glycogen Ultimate Eye Gel Serum

Mulai dari Rp 163.000,00

Kandungan utamaDipeptide-2, acetyl tetrapeptide, copper tripeptide, glycogen
JenisGel
KeamananTidak disebutkan
6

L'Oreal ParisRevitalift Laser X3 Triple Action Eye Cream

Mulai dari Rp 280.000,00

Kandungan utamaCentella asiatica, dermalift, pro-retinol A, hydrolyzed hyaluronic acid
JenisKrim
KeamananParaben free
5

ELSHE ESTETIKA NUSANTARAElsheSkin Eyessential Night Serum

Mulai dari Rp 199.000,00

Kandungan utamaApple steam cells polyphenols, red algae, vitamin C, encapsulated retinol, petides, hyaluronic acid
JenisSerum
KeamananParaben free, fragrance free, alcohol free, sulfate free
4
Kandungan utamaGlycerin, hyaluronic acid, orange extract
JenisEye patch
KeamananParaben free
3

AVO Innovation TechnologyAvoskin Intensive Nourishing Eye Cream

Mulai dari Rp 149.000,00

Kandungan utamaAloe barbadensis leaf extract, collagen, hyaluronic acid, tea tree oil, kojic acid
JenisKrim
KeamananParaben free
2
Kandungan utamaCopper tripeptide, beta glucan
JenisKrim
KeamananFungal acne/malasezia safe, pregnancy & breastfeeding safe, cocok untuk kulit sensitif, boleh dipakai dari umur 12 tahun ke atas
1

Royal Pesona IndonesiaSomethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel

Mulai dari Rp 145.000,00

Kandungan utamaAloe barbadensis leaf extract, arthicoke extract, Poria cocos extract, glycerin, hyaluronic acid, caffeine
JenisGel
KeamananFragrance free, paraben free, sulfate free

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Memilih produk untuk mata sama seperti area kulit wajah lainnya. Hal yang terpenting adalah mengenali jenis kulit Anda terlebih dahulu, lalu sesuaikan tekstur produk dengan jenis kulit. Kulit mata lebih tipis, sensitif, dan tidak berminyak dibandingkan dengan area kulit wajah lainnya. Karena itu, pilihlah produk mata yang lebih lembap satu tingkat daripada yang dibutuhkan kulit wajah.


Untuk kulit normal dan kering, Anda bisa memilih produk dengan tekstur krim hingga balm. Sementara itu, tekstur gel lebih cocok untuk kulit berminyak dan acne prone. Nah, bagi Anda yang berkulit mature, pilih tekstur serum yang lebih kaya bahan aktif untuk meningkatkan efektivitas.

Baca juga rekomendasi produk perawatan mata lainnya di sini

Pada artikel ini kami telah merekomendasikan skincare untuk menghilangkan mata panda. Untuk melengkapinya, Anda bisa merawat kulit area sekitar mata dengan produk skincare lainnya. Ketahui informasi selengkapnya dengan mengeklik link berikut ini.

Kesimpulan

Kantung mata yang muncul akibat penuaan atau kurangnya kelembapan dapat dihilangkan dengan produk yang tepat. Karena itu, pertama-tama ketahuilah akar masalah mata panda yang Anda alami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih produk berdasarkan kandungannya.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah memberikan rekomendasi sepuluh kosmetik penghilang kantung mata terbaik. Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa pemilik kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap wajah. Nyatanya, anggapan tersebut salah. Kulit berminyak membutuhkan pelembap agar produksi minyak pada wajah tidak berlebihan. Meski demikian, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih pelembap wajah untuk kulit berminyak.Karena itu, kami akan memberi tips memilihnya. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Kiehl's, Cetaphil, Cosrx, dan Clinique. Segera baca artikel ini agar Anda menemukan pelembap yang bagus untuk kulit berminyak. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori