10 Rekomendasi Kain Lap Terbaik untuk di Dapur (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kain Lap Terbaik untuk di Dapur (Terbaru Tahun 2018)

Kain lap dapur berguna untuk mengelap berbagai peralatan dapur atau menyeka mulut setelah mencicipi masakan. Walau kain lap dapur banyak ditemukan secara online, tetapi Anda bisa dibuat bingung dengan berbagai varian produk yang tersedia. Bagaimanakah cara menemukan kain lap dapur yang tepat?

Kami akan mengulas cara memilih kain lap untuk di dapur pada artikel berikut ini. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh kain lap terbaik seperti 3M Scotch Brite dan IKEA yang bisa Anda temukan di Lazada dan Tokopedia. Selamat membaca dan ayo temukan kain lap dapur favorit Anda!

Cara memilih kain lap untuk di dapur

Kain lap dapur tidak hanya berguna untuk membersihkan peralatan masak yang kotor atau menyeka mulut. Namun, desain kain lap dapur yang cantik bisa memperindah interior dapur Anda. Silakan membaca beberapa poin penting berikut ini yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih kain lap untuk di dapur.

Pilih bahan berdasarkan penggunaannya

Ada berbagai jenis bahan yang dipakai untuk kain lap dapur, seperti linen, katun, dan spons. Kami akan membahas karakteristik masing-masing bahan untuk penggunaan yang berbeda-beda di dapur Anda.

Pilih bahan linen untuk mengelap piring

Pilih bahan linen untuk mengelap piring

Kain linen memiliki sifat yang semakin lembut jika sering digunakan. Dengan demikian, kain lap berbahan linen dinilai sebagai lap dapur yang mudah digunakan. Bahan linen juga mengandung komponen pectin di dalam seratnya sehingga tidak mudah bernoda. Selain itu, bahan linen juga sangat tahan lama, bahkan semakin bertambah kekuatannya jika terkena air.

Permukaan piring yang basah bisa cepat Anda keringkan dengan kain lap yang terbuat dari bahan linen. Bahan ini dikenal memiliki sifat penyerapan yang empat kali lebih bagus dibandingkan dengan kain lap bahan katun. Oleh sebab itu, kain lap berbahan linen cocok digunakan untuk kebutuhan pembersihan peralatan makan terutama untuk mengelap piring dan gelas.

Namun, bahan linen memiliki elastisitas yang buruk. Jika ditekuk pada sisi yang sama secara terus menerus, bisa membuat kain linen cepat kusut dan bisa merusak lapisan benang pada linen.

Pilih bahan katun untuk lap tangan atau lap mulut

Pilih bahan katun untuk lap tangan atau lap mulut

Bahan kain lap yang umum dipakai di dapur selain bahan linen adalah katun. Bahan katun biasanya dipakai sebagai bahan pembuat handuk penyeka badan. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan kain lap berbahan katun untuk membersihkan mulut setelah mencicipi makanan atau mengeringkan tangan.

Bahan katun berbeda dengan bahan linen. Bahan ini memiliki ciri tekstur yang lembut setelah terkena air. Sangat kuat dan mudah dicuci, kain katun juga memiliki daya serap yang sangat baik. Namun, bahan katun tidak lebih cepat kering dibanding dengan kain linen. Oleh sebab itu, Anda lebih cocok menggunakannya sebagai handuk tangan daripada lap piring. Karena banyak desain yang dijual di pasaran, Anda dapat memilih corak yang sesuai dengan selera atau untuk melengkapi kebutuhan interior Anda.

Selain itu, bahan katun juga memiliki keunggulan mudah mengangkat kotoran yang menempel. Kain lap katun cocok Anda untuk mengelap meja dapur yang kotor. Jangan lupa untuk memisahkan kain lap katun untuk dapur kotor dengan kain lap katun untuk handuk tangan!

Pilihlah lap spons untuk mengeringkan wastafel

Pilihlah lap spons untuk mengeringkan wastafel

Kain lap spons memiliki kapasitas penyerapan empat kali lebih baik dari handuk serta bisa mengeringkan lima kali lebih cepat dibandingkan dengan handuk. Karena memiliki sifat yang sangat baik dalam menyerap air dan larutan cair, Anda bisa memakai kain lap berbahan spons untuk mengelap permukaan dengan jumlah air yang relatif banyak, seperti di wastafel atau tempat cuci piring.

Banyak orang saat ini lebih mengutamakan kebersihan dapur, tetapi sebagian dari mereka tidak memiliki rak piring di rumah. Dengan demikian, Anda dapat meletakkan kain lap berbahan spons untuk dijadikan alas piring atau gelas. Kain lap berbahan spons dijual dalam bentuk dan desain yang berbeda-beda. Anda dapat memilih corak atau warna favorit Anda! Namun, kain lap spons dengan variasi desain ini tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, spons umumnya terbuat dari bahan selulosa yang bisa dijadikan media pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kain lap dari bahan spons tetap bersih. Agar spons yang Anda pakai terbebas dari bakteri, Anda bisa membersihkan kain lap spons dengan menggunakan microwave atau mesin pencuci piring. Sebuah studi pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa spons basah yang dikeringkan di microwave selama 2–4 menit mampu membunuh berbagai bakteri yang tumbuh pada spons.

Jangan lupa cek ukuran dengan saksama, potong jika terlalu besar

Jangan lupa cek ukuran dengan saksama, potong jika terlalu besar

Kain lap dapur di Indonesia umumnya berukuran standar sekitar 30 cm x 35 cm dan 30 cm x 40 cm. Kain lap dengan ukuran besar sering ditemukan pada kain lap produksi luar negeri, khususnya dari wilayah Skandinavia seperti merek IKEA, dengan ukuran yang umum ditemukan antara 40 cm x 70 cm hingga 50 cm × 70 cm.

Jika Anda merasa kain lap yang Anda miliki berukuran terlalu besar, Anda bisa memotong kain lap tersebut untuk menyesuaikannya dengan tempat penyimpanan agar terlihat lebih rapi. Jika Anda ingin mengelap peralatan yang berukuran besar seperti panci, Anda bisa pilih kain lap dengan ukuran yang besar sehingga Anda bisa lebih efektif saat membersihkan peralatan makan.

Pilihlah desain yang Anda suka untuk meningkatkan mood saat bersih-bersih

Pilihlah desain yang Anda suka untuk meningkatkan mood saat bersih-bersih

Mengelap peralatan di dapur mungkin terasa berat bagi sebagian orang. Jika Anda merasa terbebani dengan tugas mengelap berbagai peralatan di dapur, Anda bisa pilih kain lap dengan desain yang Anda senangi sehingga mengelap menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Jika Anda ingin menyembunyikan kesan kotor, Anda bisa memilih kain lap berwarna gelap. Namun, bagi Anda yang menginginkan suasana ceria di dapur, Anda bisa memilih kain lap sesuai dengan warna kesukaan Anda. Beberapa produsen membuat kain lap dengan bentuk yang imut agar anak-anak tidak segan membersihkan tangan.

10 Rekomendasi kain lap terbaik untuk di dapur

Selanjutnya kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kain lap terbaik yang bisa Anda pakai di dapur. Silakan Anda cek dari segi fungsi, desain, bahan, dan ukuran, lalu pilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

10. Ace Hardware Microfiber

10. Ace Hardware Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.700

Agar tidak tercampur-campur, gunakan kain lap yang bervariasi warnanya!

Pemisahan kain lap pada peralatan makan anak dan dewasa perlu dilakukan. Hal ini dapat mencegah terjadinya kontaminasi sisa makanan, seperti sisa sambal, agar tidak ikut terbawa ke piring si kecil saat dibersihkan Untuk membersihkan peralatan makan yang berbeda, pilihlah kain lap yang memiliki ciri khusus yang mudah dibedakan seperti Ace Hardware Microfiber.

Produk ini terdiri dari empat kain lap dapur dengan warna oranye, hijau muda, merah muda, dan biru muda. Anda dapat membedakan kain untuk mengelap peralatan makan orang tua dan anak. Anda juga tidak akan kesulitan mencari kain lap yang berbeda satu per satu karena produk ini terdiri dari satu set. Agar kain lap anak dan orang tua tidak tercampur, miliki kain lap ini di rumah!

9. 3M Scotch Brite Lap Pembersih Alat Makan Microfiber

9. 3M Scotch Brite Lap Pembersih Alat Makan Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.700

Bebas debu dengan bahan microfiber!

Panci atau wajan yang menumpuk atau jarang dipakai bisa dipenuhi oleh debu sehingga tidak higienis untuk dipakai memasak. Kain lap dapur ini cocok untuk membersihkan debu pada peralatan memasak yang jarang dipakai. Produk ini berbahan microfiber yang mampu memerangkap debu pada panci yang kotor.

Anda bisa lebih tenang saat membersihkan debu karena produk ini bisa membersihkan tanpa meninggalkan goresan pada wajan Anda. Bahan kain lap ini bahkan mampu membersihkan tanpa menggunakan detergen kimiawi. Dengan demikian, Anda bisa membersihkan peralatan dapur dengan lebih ekonomis. Agar peralatan dapur Anda bebas dari debu, segera miliki produk ini!

8. Lovely Rabbit Microfiber

8. Lovely Rabbit Microfiber

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 77.220

Si kecil sungkan mengelap tangan? Pakai kain lap berbentuk lucu!

Anak yang masih kecil sering kali penasaran ingin belajar memasak dengan membantu ibunya di dapur. Agar tangan anak tetap bersih, Anda bisa melengkapi dapur dengan produk ini. Produk ini memadukan warna merah muda yang girly dengan bentuk kepala kelinci yang imut sehingga cocok dipakai si kecil untuk mengelap tangan tanpa sungkan.

Kain lap ini memiliki ukuran 30 cm x 30 cm yang cukup untuk membersihkan tangan anak Anda. Selain itu, produk ini dilengkapi pula dengan gantungan. Anda bisa menggantungkannya di dapur guna mempermudah pemakaian tanpa harus mencari-cari kain lap saat dibutuhkan. Jaga tangan si kecil tetap kering dengan produk ini ya, Bunda!

7. Vileda Kitchen Cloth Microfibre

7. Vileda Kitchen Cloth Microfibre

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Susah menghilangkan noda membandel di dapur? Pakai kain lap dengan bahan nilon!

Sisa bahan makanan dan noda pembakaran akibat proses memasak akan menimbulkan berbagai kotoran yang sulit dibersihkan. Kotoran bandel yang didiamkan membuat permukaan meja dapur tidak higienis dan tidak indah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memakai kain lap ini yang terbuat dari bahan fiber nilon.

Bahan nilon memiliki sifat yang tangguh sehingga cocok untuk membersihkan berbagai kotoran membandel yang menempel di kitchen set Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kain lap dapur yang bisa diandalkan, tetapi ekonomis. Kini, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada noda bandel dengan produk ini!

6. Lovely Fruit Dry Cleaning Dry Rag

6. Lovely Fruit Dry Cleaning Dry Rag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.318

Desain unik berbentuk buah yang bisa memperindah interior dapur

Apakah Anda bosan dengan desain lap tangan yang memiliki warna dan bentuk standar segi empat? Kain lap tangan ini memiliki desain unik yang berbentuk buah-buahan dengan berbagai warna yang bisa menambah keceriaan untuk menyeka tangan basah Anda yang telah dicuci.

Anda akan mendapatkan empat kain lap sekaligus dengan bentuk bulat menyerupai buah dengan warna mencolok. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan gantungan di bagian atas yang akan memberikan hiasan segar di dapur. Produk ini tentunya juga cocok untuk Anda yang sedang mencari kain lap untuk mendekorasi dapur!

5. IKEA Vardagen

5. IKEA Vardagen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.900

Piring-piring berukuran besar jadi lebih mudah dibersihkan!

Anda yang terbiasa memasak untuk keluarga besar biasanya akan menghidangkan makanan ke piring yang baru selesai dicuci secara terburu-buru. IKEA Vardagen merupakan kain lap yang terbuat dari bahan 100% linen yang mampu menyerap air di piring dengan baik setelah dicuci. Produk ini cocok untuk menyeka sisa air dari piring hidangan yang berukuran besar.

Anda bisa mengelap dengan lebih cepat untuk piring-piring Anda yang berukuran besar karena produk ini memiliki ukuran 50 cm x 70 cm. Jika Anda merasa kain lap ini terlalu besar sehingga menghabiskan ruang penyimpanan, Anda bisa menggantung produk ini di dinding. Butuh lap besar untuk piring restoran Anda? Pakai saja produk ini!

4. Mipacko Kitchen Cloth Microfiber

4. Mipacko Kitchen Cloth Microfiber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.650

Membersihkan peralatan tanpa goresan dengan bahan serat microfiber

Apakah Anda merasa kecewa karena menemukan bekas goresan pada peralatan memasak favorit yang telah Anda lap? Goresan pada peralatan memasak bisa terjadi karena Anda salah memilih kain lap untuk di dapur. Mipacko Kitchen Cloth Microfiber adalah kain lap yang cocok untuk membersihkan peralatan di dapur dengan permukaan yang rentan tergores.

Produk ini terbuat dari serat microfiber mewah dan bisa membersihkan berbagai peralatan dapur. Serat microfiber ini merupakan bahan yang biasa digunakan untuk lensa kamera tanpa meninggalkan residu sehingga mengurangi goresan pada permukaan. Jauhkan rasa khawatir akan goresan pada peralatan dapur Anda dengan memiliki produk ini!

3. IKEA UDDIG

3. IKEA UDDIG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.900

Ingin memakai kain lap katun tanpa merusak lingkungan? Kenapa tidak?!

Proses industri katun yang konvensional umumnya menggunakan air berlebih atau penggunaan pestisida yang berbahaya sehingga menghasilkan polusi. IKEA UDDIG adalah kain lap dari bahan 100% katun yang diproses secara ramah lingkungan. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang peduli dengan keseimbangan lingkungan.

Oleh karena itu, mari melengkapi dapur Anda dengan kain lap yang memiliki bahan teraman untuk dipakai oleh seluruh keluarga! Selain itu, kain lap ini memiliki paduan warna lembut dan motif polkadot berwarna pastel, cocok untuk interior dapur bergaya vintage. Di dalam satu setnya, Anda mendapatkan dua buah lap yang juga cocok dijadikan serbet makan.

2. INDOMOP Clean Matic Glass Cloth

2. INDOMOP Clean Matic Glass Cloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.600

Dua tekstur yang berbeda akan membuat peralatan masak Anda berkilau tanpa goresan

Saat ini banyak lap dengan fungsi khusus untuk mengelap tanpa goresan saja atau untuk membuat peralatan masak mengilat saja. Cukup merepotkan karena Anda membutuhkan dua lap dengan fungsi berbeda. Jangan khawatir! Produk ini dibuat dengan dua tekstur fungsional untuk membuat peralatan dapur berkilap tanpa goresan.

Sisi kain lap yang bergelombang berfungsi untuk membersihkan peralatan kaca tanpa goresan, sedangkan sisi kain lap yang berserat lurus untuk peralatan kaca Anda berkilap. Anda kini tidak perlu membeli dua kain lap dengan fungsi berbeda. Selain itu, produk ini cukup dicuci satu kali apabila kotor. Praktis, kan? Mari jadikan peralatan kaca Anda berkilap tanpa goresan dengan produk ini.

1. 3M Scotch Brite Sponge Cloth

1. 3M Scotch Brite Sponge Cloth

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Cepat kering dengan bahan spons yang mudah menyerap air

Saat memasak dengan peralatan yang terbatas, Anda perlu kain lap yang mampu mengelap peralatan dapur yang basah dengan cepat untuk digunakan mengolah bahan makanan lainnya. Produk ini cocok digunakan untuk menyerap air dengan cepat karena terbuat dari bahan spons berdaya serap tinggi.

Selain itu, kegiatan mencuci piring dan membersihkan peralatan dapur biasanya akan membasahi seluruh wastafel dan area dapur. Supaya cepat kering, Anda juga bisa mengelap sisa air di tempat cuci piring dan meja dapur dengan produk ini. Agar wastafel atau peralatan masak Anda cepat kering, ayo miliki produk yang cukup ekonomis ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi kain lap sebagai salah satu alat yang bisa menjaga dapur Anda tetap bersih dan kering. Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah Anda sudah mendapat kain lap yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda? Kain lap dapur tidak hanya berfungsi untuk menyeka peralatan dapur yang basah atau yang kotor, tetapi juga bisa berfungsi untuk memperindah interior dapur. Anda bisa memilih lebih dari satu kain lap dengan fungsi berbeda yang bermanfaat di dapur Anda.