• 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.


Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Apa itu sepatu trekking?

Apa itu sepatu trekking?

Ketika Anda akan melakukan kegiatan outdoor, seperti trekking, hiking, atau mendaki gunung, Anda disarankan menggunakan sepatu trekking. Saat melakukan aktivitas trekking, Anda akan menyusuri jalan setapak dengan beragam kondisi. Ada jalan landai, curam, berkerikil, dan lainnya yang akan Anda lalui saat trekking. Nah, sepatu trekking didesain kuat agar dapat melewati medan tersebut. 


Sepatu trekking adalah sepatu yang dibuat dengan bahan-bahan yang kukuh. Sol sepatu ini juga lebih tebal dari sepatu biasa. Sepatu pun tidak mudah rusak ketika melintasi jalanan berbatu dan berkerikil. Saat hujan atau jalanan becek, sepatu trekking membantu pijakan kaki menjadi lebih kuat sehingga Anda tidak terpeleset.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu trekking untuk pemula

Saat memilih sepatu trekking, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan tipe sepatu, fungsi, serta ukurannya. Hal ini karena sepatu trekking memiliki tipe dan fungsi yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan lebih detail dalam artikel ini.

Pilih tipe sepatu berdasarkan fungsi dan kegiatan yang ingin Anda lakukan

Berdasarkan kondisi jalur trekking yang akan dilalui, sepatu trekking dibedakan menjadi dua tipe, yakni tipe ringan dan standar. Agar nyaman saat digunakan, pilihlah tipe sepatu trekking yang sesuai dengan jenis trekking yang akan Anda lakukan.

Trekking ringan, nyaman digunakan untuk jalan santai di trek landai

Trekking ringan, nyaman digunakan untuk jalan santai di trek landai

Bobot sepatu trekking yang ringan biasa digunakan untuk trekking pendek atau penggunaan harian di jalan yang sudah bagus. Bobot yang ringan dan fleksibel membuat sepatu ini nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Anda juga dapat menggunakannya untuk berjalan santai di taman atau hutan kota. Tipe ini juga cocok untuk digunakan di permukaan datar, seperti padang rumput atau camping ground.


Namun, karena berbobot ringan, sepatu ini kurang stabil menjaga mata kaki saat Anda gunakan di jalan rusak. Sepatu ini juga kurang cocok untuk digunakan saat membawa barang berat. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan Anda menggunakan sepatu ini di medan pegunungan yang terjal. Sepatu ini juga tidak direkomendasikan untuk dipakai pada perjalanan dalam waktu lama.

Trekking standar, kukuh dan stabil untuk digunakan saat hiking

Trekking standar, kukuh dan stabil untuk digunakan saat hiking

Sepatu trekking standar didesain untuk medan yang buruk seperti jalur curam dan berbatu. Tipe ini juga cocok untuk berjalan membawa beban berat dalam jangka waktu lama. Sepatu tipe standar biasanya kaku, kokoh, dan tinggi sehingga kestabilannya terjaga meski melalui medan yang rusak. 


Karena didesain untuk melintasi medan yang terjal, biasanya sepatu akan lebih kaku dan lebih berat. Hal ini karena outsole sepatu yang tebal sehingga memiliki daya cengkeram tinggi. Beberapa produk juga dibuat menggunakan bahan antiair yang membuat bobotnya lebih berat.


Saat pertama digunakan, kaki Anda mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan sepatu. Jika Anda hendak membeli sepatu ini, ada baiknya membelinya jauh-jauh hari sebelum waktu trekking Anda.

Pahami tipe collar sepatu trekking dan pilih yang cocok untuk Anda

Pahami tipe collar sepatu trekking dan pilih yang cocok untuk Anda

Collar adalah area kerah sepatu di bagian pergelangan kaki. Ada tiga jenis collar pada sepatu trekking, yakni low cut, mid cut, dan high cut. Berikut penjelasannya!


  • Low cut

Jenis potongan sepatu dengan kerah rendah dan tidak menutupi mata kaki disebut low cut. Sepatu jenis low cut memiliki tingkat perlindungan rendah, tetapi mendukung Anda bergerak lebih bebas. Jenis sepatu ini memiliki fleksibilitas tinggi sehingga akan cocok digunakan untuk Anda yang sudah mahir dan terbiasa trekking. Tipe ini cocok digunakan di permukaan datar, seperti padang rumput.


  • High cut

Sementara itu, sepatu dengan collar tinggi dan menutupi mata kaki disebut high cut. Model high cut akan melindungi mata kaki dengan optimal. Jenis sepatu ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan jalur yang bervariasi. Model ini juga akan melindungi kaki Anda dari risiko cedera mata kaki.


High cut penting digunakan untuk perjalanan di permukaan yang menanjak atau menurun dengan tingkat kemiringan yang ekstrem. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk medan berat, seperti di hutan rimba. Tipe ini juga cocok untuk digunakan di permukaan tanah yang berbatu.


Perlindungan pergelangan kaki sangat diutamakan pada sepatu tipe ini. Perlindungannya menjaga agar kaki tetap stabil dan mencegah terkilir saat digunakan pada medan berbatu besar serta licin. Perlindungannya juga ditujukan agar mata kaki terhindar dari binatang di semak-semak, seperti ular, dan sebagainya.


  • Mid cut

Di antara keduanya ada mid cut (middle cut). Sepatu mid cut melindungi mata kaki dengan tingkat perlindungan medium. Dengan demikian, kaki bisa lebih leluasa bergerak karena memiliki area pergerakan yang lebih luas. Sepatu ini bisa digunakan dengan nyaman bahkan oleh pemula yang tidak biasa mendaki gunung.


Tipe ini bisa digunakan untuk kegiatan alam bebas di antara kedua tipe low cut dan high cut. Tipe mid cut juga banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena tampilannya lebih macho daripada sepatu biasa.

Cek fitur unggulan yang dimiliki sepatu trekking

Karena berbeda dengan sepatu jenis sneakers atau boot, ada beberapa fitur unggulan yang biasanya dimiliki oleh sepatu trekking. Fitur-fitur ini tentu akan membantu perjalanan Anda saat trekking

Waterproof, tetap nyaman melakukan trekking di musim apa pun

Waterproof, tetap nyaman melakukan trekking di musim apa pun

Beberapa sepatu trekking dibuat menggunakan material yang waterproof atau antiair. Informasi tersebut biasanya tertera pada deskripsi atau label sepatu. Jika Anda sering melakukan perjalanan di daerah yang basah atau di musim hujan, gunakanlah sepatu jenis ini. Sepatu trekking yang waterproof menjaga kaki tetap kering selama perjalanan. Dengan demikian, perjalanan Anda pun makin menyenangkan. 

Breathable, buat kaki Anda lebih lega dan bebas bernapas

Breathable, buat kaki Anda lebih lega dan bebas bernapas

Ada juga sepatu trekking dari bahan yang bersifat breathable. Bahan bersifat breathable melancarkan sirkulasi udara di dalam sepatu sehingga penting untuk kenyamanan kaki saat melangkah. Sepatu pun tidak terasa pengap dan kaki Anda tidak lembap. Selain itu, fitur breathable membuat sepatu cepat kering ketika terkena percikan air.


Kaus kaki juga merupakan perlengkapan yang wajib untuk menjaga agar kaki tidak iritasi karena bergesekan langsung dengan sepatu. Anda juga harus membawa lebih dari satu pasang kaus kaki sebagai cadangan apabila basah atau bahkan robek.

Sol, pijakan kaki makin nyaman saat melangkah

Sol, pijakan kaki makin nyaman saat melangkah

Sol (sole) juga memengaruhi kenyamanan kaki saat trekking. Sol terdiri dari tiga jenis, yakni insole, outsole, dan midsole. Insole yang biasanya berbahan lembut, berada di bagian dalam sebagai pijakan kaki. Outsole merupakan bagian luar sepatu yang berfungsi sebagai pencengkeram dan pelindung kaki Anda. Ada juga midsole yang terletak di antara insole dan outsole.


Periksa juga kelenturan sol sepatu dengan cara menggunakannya. Berdirilah dengan ujung kaki atau berjinjit dan rasakanlah apakah sol sepatu fleksibel atau kaku. Sepatu dengan sol fleksibel cocok untuk trekking ringan karena fleksibilitasnya baik untuk membuat Anda nyaman bergerak. Namun, jika ingin melakukan trekking dengan waktu lama di medan sulit, gunakanlah sol sepatu keras atau kaku.

Lihat karakteristik beberapa sepatu trekking dari merek terkenal

Meski Anda bisa memilih sepatu tanpa harus berpegang pada merek tertentu, beberapa merek bisa dijadikan patokan ukuran dan harga. Terutama untuk pemula yang bingung dalam menentukan sepatu trekking, Anda bisa memulai dari beberapa merek berikut ini.

Jack Wolfskin, buat berpetualang di alam menjadi makin nyaman

Jack Wolfskin adalah produk asal Jerman yang hendak memberikan kesan bahwa kegiatan outdoor dapat dilakukan dengan nyaman. Brand ini membuat sepatu yang melindungi kaki dengan baik.


Sepatu Jack Wolfskin dibuat untuk memastikan kaki tetap kering dan hangat dalam kondisi apa pun. Sepatu ini bisa diandalkan di medan sulit sehingga cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan.

Eiger, spesialis untuk trekking gunung-gunung tropis

Sebagai merek asal Indonesia, Eiger membuat sepatu yang menyesuaikan dengan kondisi negara tropis. Eiger pun melakukan terobosan dengan Tropic Technology-nya. Salah satunya adalah teknologi Tropic Drainage untuk membuat bagian dalam sepatu tetap kering. Ada juga teknologi Tropic Scratch Shield yang bisa melindungi kaki dari goresan ranting dan bebatuan tajam.

Keen, cocok untuk di alam maupun di kota

Memiliki slogan "Hybrid's life", Keen menawarkan kedekatan antara alam dengan kehidupan sekitar melalui produk-produk mereka. Dengan kata lain, sepatu dari Keen cocok untuk digunakan di alam maupun di kota. Produk sepatunya tidak hanya bisa Anda gunakan untuk bergaya, tetapi juga bisa digunakan untuk trekking.


Keen selalu memenuhi permintaan para pencinta sepatu stylish. Sepatu yang diproduksi oleh Keen dapat digunakan juga untuk aktivitas sehari-hari agar tampil lebih garang atau maskulin.

Karrimor, banyak pilihan menarik yang diminati semua kalangan

Karrimor merupakan merek yang sudah melanglang buana sejak 1946 dan masih eksis hingga saat ini. Produk-produk sepatu dari Karrimor terkenal memiliki daya tahan yang tinggi serta teknologi yang canggih


Karrimor juga terkenal karena produk-produknya menarik untuk semua kalangan. Mulai dari pemula hingga yang sudah sering melakukan kegiatan outdoor. Dari sisi kegunaannya juga beragam, ada sepatu untuk camping biasa dan ada juga sepatu untuk ekspedisi.

10 Rekomendasi sepatu trekking terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu trekking terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

10

Jack WolfskinMountain Attack 5 Texapore Mid

Mulai dari Rp 850.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarHigh cut
Material sepatuSuede leather, textile
Bahan solRubber (outsole)
FiturWaterproof, very breathable
9

KEENMen's Targhee III Waterproof Mid

Mulai dari Rp 2.550.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarHigh cut
Material sepatuLeather, mesh
Bahan solMolded EVA (midsole), terrain rubber (outsole)
FiturWaterproof, breathable
8

AdidasTerrex AX3 Hiking Shoes

BC0525

Mulai dari Rp 875.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarLow cut
Material sepatuMesh, synthetic
Bahan solEVA (midsole), rubber (outsole)
FiturBreahtable
7

HI-TECAltitude Alpyna I WP Womens

Mulai dari Rp 1.650.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarHigh cut
Material sepatuPremium leather
Bahan solEVA (midsole), Vibram rubber (outsole)
FiturWaterproof, breathable
6

EigerPollock 2.0 28 Gunung Shoes

Mulai dari Rp 1.199.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarMid cut
Material sepatuNubuck
Bahan solOrtholite (insole), PE shank (midsole), Vibram Grivola (outsole)
FiturWaterproof, breathable
5

Decathlon Quechua Men's nh100 country walking shoes - black

8354268

Mulai dari Rp 200.000,00

TipeTrekking ringan
Jenis collarLow-cut
Material sepatuPoliester (PES), poliuretan (PU)
Bahan solEVA (midsole), thermoplastic polyethylene (outsole)
FiturTidak disebutkan
4

Karrimor Summit Mens Walking Shoes

Mulai dari Rp 425.000,00

TipeTrekking standar
Jenis collarLow cut
Material sepatuSuede, mesh
Bahan solOrtholite (insole), frame flex chassis (midsole), dynagrip (outsole)
FiturBreathable
3
TipeTrekking standar
Jenis collarMid cut
Material sepatuSuede leather, polyester
Bahan solEVA (midsole), rubber (outsole)
FiturSemi-waterproof
2
TipeTrekking ringan
Jenis collarMid cut
Material sepatuPU leather, polyester
Bahan solTPR rubber (outsole)
FiturSemi-waterproof
1

Leedoo Sepatu Hiking Anti Air

MH202

Mulai dari Rp 499.000,00

TipeTrekking ringan
Jenis collarLow cut
Material sepatuPU Leather
Bahan solRubber
FiturWaterproof

Tabel perbandingan produk sepatu trekking terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Leedoo  Sepatu Hiking Anti Air  1

Leedoo

2
SNTA  Sepatu Gunung 481 1

SNTA

3
Arei Outdoorgear Nevis Shoes 1

Arei Outdoorgear

4
Karrimor  Summit Mens Walking Shoes 1

Karrimor

5
Decathlon Quechua  Men's nh100 country walking shoes - black 1

Decathlon Quechua

6
Eiger Pollock 2.0 28 Gunung Shoes 1

Eiger

7
HI-TEC Altitude Alpyna I WP Womens 1

HI-TEC

8
Adidas Terrex AX3 Hiking Shoes 1

Adidas

9
KEEN Men's Targhee III Waterproof Mid 1

KEEN

10
Jack Wolfskin Mountain Attack 5 Texapore Mid 1

Jack Wolfskin

Nama produk

Sepatu Hiking Anti Air

Sepatu Gunung 481

Nevis Shoes

Summit Mens Walking Shoes

Men's nh100 country walking shoes - black

Pollock 2.0 28 Gunung Shoes

Altitude Alpyna I WP Womens

Terrex AX3 Hiking Shoes

Men's Targhee III Waterproof Mid

Mountain Attack 5 Texapore Mid

Keunggulan

Sepatu trekking serbaguna untuk tampil keren di berbagai kegiatan

Dapatkan sepatu trekking tanpa harus kuras kantong

Sistem sol antiselip! Tangguh hadapi berbagai kondisi medan

Didesain khusus agar Anda lebih mudah menaklukkan puncak

Telah lolos uji lab untuk memastikan sepatu kuat dan awet

Ingin melakukan ekspedisi di hutan tropis? Gunakan sepatu ini!

Sepatu trekking wanita yang memberikan perlindungan penuh untuk kaki Anda

Tawarkan kecepatan maksimal untuk hadapi medan terjal

Dilengkapi banyak fitur untuk kenyamanan perjalanan Anda!

Trekking shoes yang empuk untuk perjalanan yang lama

Harga mulai dariRp 499.000,00Rp 329.000,00Rp 495.000,00Rp 425.000,00Rp 200.000,00Rp 1.199.000,00Rp 1.650.000,00Rp 875.000,00Rp 2.550.000,00Rp 850.000,00
TipeTrekking ringanTrekking ringanTrekking standarTrekking standarTrekking ringanTrekking standarTrekking standarTrekking standarTrekking standarTrekking standar
Jenis collarLow cutMid cutMid cutLow cutLow-cutMid cutHigh cutLow cutHigh cutHigh cut
Material sepatuPU LeatherPU leather, polyesterSuede leather, polyesterSuede, meshPoliester (PES), poliuretan (PU) NubuckPremium leatherMesh, syntheticLeather, meshSuede leather, textile
Bahan solRubberTPR rubber (outsole)EVA (midsole), rubber (outsole)Ortholite (insole), frame flex chassis (midsole), dynagrip (outsole)EVA (midsole), thermoplastic polyethylene (outsole)Ortholite (insole), PE shank (midsole), Vibram Grivola (outsole)EVA (midsole), Vibram rubber (outsole)EVA (midsole), rubber (outsole)Molded EVA (midsole), terrain rubber (outsole)Rubber (outsole)
FiturWaterproofSemi-waterproofSemi-waterproof BreathableTidak disebutkanWaterproof, breathableWaterproof, breathable BreahtableWaterproof, breathableWaterproof, very breathable
Tautan produk

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mencoba sepatu trekking

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mencoba sepatu trekking

Untuk memastikan sepatu nyaman, sebisa mungkin cobalah sepatunya sebelum membeli. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat mencoba sepatu trekking.


  • Pilih sepatu yang sedikit longgar agar nyaman di kaki 

Memilih sepatu dengan sedikit kelonggaran dimaksudkan agar sepatu tetap nyaman saat digunakan dengan kaus kaki tebal. Jari-jari kaki juga akan lebih aman dari kemungkinan memar atau bahkan luka. 


Saat memilih, cobalah ukuran yang lebih besar 0,5–1 cm dari ukuran sepatu Anda biasanya. Hal ini karena Anda akan memakai kaus kaki yang lebih tebal. Dengan demikian, ada sisa untuk ruang gerak. Ketika mencobanya, pastikan kaki muat dan nyaman dengan sepatu tersebut. Selain itu, usahakan jari tangan masih muat di bagian tumit agar sepatu tidak terlalu sempit. 


  • Simulasikan sepatu untuk trek naik dan turun

Jangan lupa mencoba sepatu untuk berjalan sambil mengecek kesesuaian ukurannya di kaki Anda. Anda bisa menggunakan tangga atau papan pijakan di toko untuk menyimulasikan pijakan saat nanti akan trekking. Hal tersebut penting terutama ketika kaki sedang sakit atau sedang berjalan di trek menurun. Jadi, jangan lupa mencobanya, ya!


  • Pakailah kaus kaki outdoor untuk mencegah udara dingin 

Penting membawa kaus kaki outdoor saat trekking karena akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Selain mencegah kaki terpapar udara dingin, kaus kaki outdoor juga berfungsi untuk meringankan beban kaki saat berjalan. Kaki Anda pun menjadi tidak mudah lelah. Pilihlah kaus kaki yang nyaman digunakan dan cocok dengan sepatu Anda.


Pastikan Anda selalu membawa kaus kaki cadangan beberapa pasang. Anda akan memerlukannya ketika hendak tidur menggunakan sleeping bag. Pastinya Anda akan merasa tidak nyaman jika menggunakan kaus kaki yang telah digunakan di sepatu selama berjam-jam di perjalanan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor lainnya di sini!

Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda masih perlu membawa perlengkapan lainnya. Ada beberapa perlengkapan outdoor yang akan membantu Anda selama perjalanan, seperti topi rimba, trekking poles, dan sebagainya. Jika Anda membutuhkan alat-alat tersebut, silakan buka dan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan panduan memilih sepatu trekking untuk pemula. Ada juga sepuluh produk populer yang kami rekomendasikan untuk jadi pertimbangan Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan?


Menemukan sepatu trekking yang pas memang cukup rumit. Anda tidak boleh sekadar melihat kualitas, tetapi juga kenyamanan di kaki. Hal ini karena sensasi yang dirasakan saat mengenakan sepatu trekking dapat berbeda pada tiap orang. Karena itu, Anda perlu mencobanya sendiri.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, Consina, dan Great Outdoor adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    The North Face (TNF) merupakan merek asal Amerika yang terkenal akan produk outdoor. Mulai dari sepatu, tas, sampai jaket telah diproduksi oleh brand ini. Kali ini kami akan membahas jaket pria yang bagus dari The North Face. Tidak hanya untuk pendakian saja, The North Face memiliki model jaket lainnya untuk berbagai aktivitas.Kami akan memberikan tips memilih jaket The North Face untuk kebutuhan pria. Simak juga rekomendasi jaket GORE-TEX The North Face di bawah ini. Ada Arrowood Triclimate Jacket, Men's 1990 Mountain Jacket GTX, dan Dryzzle FUTURELIGHT Jacket. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori