• 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)

Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, Consina, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.


Kali ini kami akan membahas sepatu trekking untuk pemula mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Irene Komala
  • Pembaharuan terakhir: 14 Januari 2021
  • 62.063 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu trekking untuk pemula

Saat memilih sepatu trekking, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan tipe sepatu, fungsi, serta ukurannya. Kami akan menjelaskan lebih detail dalam artikel ini.

Pilih tipe sepatu berdasarkan fungsi dan kegiatan yang ingin Anda lakukan

Sepatu trekking dibedakan menjadi dua tipe berdasarkan kondisi trekking yang dilakukan yaitu tipe ringan dan tipe standar. Ayo, pilih sepatu yang sesuai kebutuhan Anda!

Tipe ringan, nyaman untuk penggunaan sehari-hari

Tipe ringan, nyaman untuk penggunaan sehari-hari

Sepatu berbobot ringan cocok untuk trekking jangka pendek atau untuk penggunaan harian di jalan yang sudah bagus. Bobot yang ringan dan fleksibel membuat produk ini nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari-hari atau sekadar berjalan santai di kota.


Namun, karena berbobot ringan, sepatu ini kurang stabil menjaga mata kaki saat Anda gunakan di jalan rusak. Selain itu, sepatu ini juga kurang cocok untuk Anda gunakan saat membawa barang berat. Oleh sebab itu, kami tidak menyarankan Anda menggunakan sepatu ini di medan pegunungan yang rusak atau pada pendakian yang membutuhkan waktu lama.

Tipe standar, sangat stabil untuk digunakan mendaki gunung

Tipe standar, sangat stabil untuk digunakan mendaki gunung

Sepatu trekking tipe standar didesain untuk Anda gunakan di medan yang buruk. Sepatu ini juga cocok untuk digunakan saat berjalan membawa beban berat dalam jangka waktu lama. Sepatu tipe standar biasanya berbentuk kaku, kokoh, dan tinggi sehingga kestablilannya terjaga meski melalui medan yang rusak. Namun, kaki Anda mungkin akan membutuhkan waktu lebih untuk penyesuaian saat baru pertama menggunakannya. Sepatu ini kurang nyaman jika digunakan di jalanan beraspal atau jalanan rata sehingga sebaiknya tidak untuk penggunaan harian.

Pahami perbedaan potongan tiap jenis sepatu dan pilih yang cocok untuk Anda

Pahami perbedaan potongan tiap jenis sepatu dan pilih yang cocok untuk Anda

Jenis sepatu trekking dibedakan menjadi tiga berdasarkan ukuran tinggi bagian sepatu yang melindungi mata kaki. Jenis potongan rendah disebut low cut, sedangkan yang tinggi hingga menutupi mata kaki disebut high cut. Di antara keduanya disebut middle cut (mid cut). Anda sebaiknya memilih jenis sepatu trekking berdasarkan lamanya waktu pendakian dan kemahiran Anda dalam mendaki gunung.


Model high cut akan melindungi mata kaki dengan optimal sehingga cocok untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh. Model ini juga akan melindungi kaki Anda dari risiko cedera mata kaki. Di sisi lain, jenis low cut tidak melindungi kaki sama sekali sehingga Anda bisa bergerak lebih bebas. Karena fleksibel, sepatu ini cocok digunakan oleh pendaki gunung tingkat mahir.


Sepatu trekking jenis middle cut melindungi mata kaki dengan dengan tingkat perlindungan medium. Dengan demikian, kaki bisa lebih leluasa bergerak karena memiliki area pergerakan yang lebih luas. Sepatu ini bisa digunakan dengan nyaman bahkan oleh pemula yang tidak biasa mendaki gunung.

Periksa ketahanan air dan sirkulasi udaranya agar makin nyaman digunakan

Periksa ketahanan air dan sirkulasi udaranya agar makin nyaman digunakan

Untuk kenyamanan saat trekking, Anda perlu memastikan udara di dalam sepatu tidak lembap akibat keringat. Sepatu berkualitas akan tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu panjang dan tidak menyerap air saat cuaca buruk.


Sepatu berbahan serat kimia biasanya memiliki ketahanan terhadap air yang kurang baik. Sebaliknya, sepatu berbahan kulit atau plastik memiliki breathability-nya yang buruk. Dalam kondisi tertentu, sepatu yang antiair dan breathability yang baik lebih nyaman. Namun, biasanya sepatu antiair cenderung sulit digunakan untuk pemula. Jika Anda mengedepankan kenyamanan saat trekking, pilihlah sepatu dengan kualitas antiair dan sirkulasi udara yang baik.

Memilih sepatu trekking berdasarkan karakteristik beberapa merek terkenal

Meski Anda bisa memilih sepatu tanpa harus berpegang merek tertentu, beberapa merek bisa dijadikan patokan ukuran dan harga. Terutama untuk pemula yang bingung dalam menentukan sepatu trekking, Anda bisa memulai dari beberapa merek berikut ini.

Jack Wolfskin : Membuat alam terasa seperti di rumah

Jack Wolfskin adalah produk outdoor asal Jerman yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Jack Wolfskin ingin memberikan kesan kepada penggunanya bahwa berkegiatan di alam bisa terasa nyaman seperti di rumah. Oleh karena itu, Jack Wolfskin membuat desain sepatu ini mampu melindungi kaki dengan baik. Sepatu ini memastikan kaki tetap kering dan hangat dalam kondisi cuaca apapun. Sepatu yang bisa diandalkan di medan yang sulit ini cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan.

Eiger : Sepatu trekking spesialis gunung-gunung tropis

Merek perlengkapan outdoor asli Indonesia ini sudah berdiri sejak 1989 dan mulai memproduksi produk sendiri mulai 1997. Menyesuaikan dengan kondisi Indonesia sebagai negara tropis, Eiger melakukan terobosan dengan membuat Tropic Technology. Contohnya adalah teknologi Tropic Drainage untuk membuat bagian dalam sepatu tetap kering. Sementara itu, teknologi Tropic Scratch Shield bisa melindungi kaki dari goresan ranting dan batuan tajam.

Karrimor : Diminati oleh semua kalangan

Merek yang sudah melanglang buana sejak 1946 ini tetap eksis hingga saat ini dan mempertahankan kualitasnya. Produk-produk sepatu dari Karrimor terkenal memiliki daya tahan yang tinggi serta teknologi yang canggih. Pada tahun 1980, Karrimor mengeluarkan produk sepatu boots KSB. Sepatu ini kemudian menjadi sepatu outdoor pertama yang dibuat dengan bahan yang ringan sehingga lebih nyaman digunakan. Karrimor juga terkenal karena produk-produknya menarik untuk semua kalangan. Mulai dari pemula hingga yang sudah sering melakukan kegiatan outdoor tertarik untuk menggunakan produk ini. Dari sisi kegunaannya juga beragam, mulai dari sepatu untuk camping biasa hingga sepatu ekspedisi.

Keen : Sepatu trekking yang cocok untuk digunakan di alam maupun di kota

Slogan dari merek ini adalah "Hybrid's life"! Keen menawarkan kedekatan antara alam dengan kehidupan sekitar melalui sepatu, kaos kaki, maupun tas. Dengan kata lain, sepatu ini cocok untuk digunakan di alam maupun di kota. Sepatu ini bisa Anda gunakan untuk bergaya, tetapi tetap bisa digunakan untuk trekking.

Produk-produk di atas merupakan merek yang sudah tidak asing dan banyak digunakan oleh para penggemar kegiatan outdoor di Indonesia. Selain itu, masih ada beberapa produk ternama di dunia seperti Caravan, Colombia, Sirio, dan Montbell. Namun, produk sepatu dari beberapa merek tersebut masih jarang dijual di Indonesia. Anda bisa berkunjung langsung ke official website dari merek-merek di atas bila hendak mencari info lebih lanjut.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu trekking terbaik untuk pemula

Berikut ini kami akan berikan sepuluh produk rekomendasi sepatu trekking terbaik untuk pemula. Lihatlah fitur masing-masing produk tersebut dan sesuaikan dengan budget yang telah Anda tentukan.
10
TipeRingan
PotonganMiddle cut
BobotTidak disebutkan
BahanOutsole: Thermo Plastic Rubber. Atasan: Polyurethane Leather. Mesh: Polyester 
UkuranEU 39—44
9
TipeStandar
PotonganMiddle
BobotTidak disebutkan
BahanPoliester, kulit sintetis
UkuranEU 39—45
8
TipeStandar
PotonganHigh cut
BobotTidak disebutkan
BahanUpper: Cow Leather  1,2—1,4 mm. Bottom: midsole (injection eva/phylon). Outsole: rubber
UkuranHitam (EU 40, 41, 43). Cokelat (EU 40,41)
7

KarrimorSummit Mens Leather Walking Shoes

Mulai dari Rp 400.000,00

TipeStandar
PotonganLow cut
BobotTidak disebutkan
BahanPadded ankle collar, cushioned insole, Dynagrip outsole, durable toe bumper, upper: leather/textile/synthetic, inner: Textile, sole: synthetic
UkuranEU 41—48,5
6

EigerAnaconda 2.0

Mulai dari Rp 999.000,00

TipeRingan
PotonganMiddle cut
BobotTidak disebutkan
BahanLeather with nylon. Outsole: rubber with eva phylon
UkuranEU 39—45
5
TipeRingan
PotonganLow cut
BobotTidak disebutkan
BahanSpevafoam™ midsole material, Rearfoot gel® technology cushioning system, Trail specific outsole
UkuranEU 39,5 (US 8)
4
TipeStandar
PotonganMiddle cut
Bobot355 gram (ukuran UK 8,5)
BahanUpper: mesh dan sintetis. Toe cap: moulded TPU. Lining: tekstil. Outsole: Karet Continental™. Midsole: EVA
UkuranEU 39 - 47
3

Jack WolfskinMountain Attack 5 Texapore Mid

Mulai dari Rp 850.000,00

TipeRingan
PotonganHigh cut
BobotPair: 170, 1 gram (6 ons)
BahanSuede leather, Texapore O2+, Fast-drying polyester lining, flexible hiking sole with good grip on various types of terrain, lacing system with metal hooks and nylon loops 
UkuranEU 35,5—43
2

Hi-Tec Bandera Lite Waterproof Men's Walking Boots

Mulai dari Rp 748.000,00

TipeStandar
PotonganHigh cut
BobotTidak disebutkan
BahanSuede upper with synthetic trim and breathable mess, Ghillie & rustproof hardware lacing system, Impact absorbing CMEVA midsole, MD traction outsole
UkuranEU 40—45
1

KeenMen’s Pittsburgh 6″ Boot (Soft Toe)

Mulai dari Rp 2.499.000,00

TipeStandar
PotonganHigh cut
Bobot779,6 gram
BahanWaterproof nubuck leather upper, oil and slip resistant non-marking rubber outsole, dual density compression molded EVA and PU midsole, lining with hydrophobic/hydrophilic 2-zone comfort technology, removable metatomical dual density EVA footbed
UkuranEU 39,5—48 (US 7—15)

Tabel perbandingan produk sepatu trekking terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Keen Men’s Pittsburgh 6″ Boot (Soft Toe) 1

Keen

2
Hi-Tec  Bandera Lite Waterproof Men's Walking Boots 1

Hi-Tec

3
Jack Wolfskin Mountain Attack 5 Texapore Mid 1

Jack Wolfskin

4
Adidas Sepatu Terrex AX3 1

Adidas

5
Asics GEL-Sonoma 3 1

Asics

6
Eiger Anaconda 2.0 1

Eiger

7
Karrimor Summit Mens Leather Walking Shoes 1

Karrimor

8
Consina Ascend 1

Consina

9
Eiger Mid Boot Shamrock 1

Eiger

10
SNTA  Outdoor 470 1

SNTA

Nama produk

Men’s Pittsburgh 6″ Boot (Soft Toe)

Bandera Lite Waterproof Men's Walking Boots

Mountain Attack 5 Texapore Mid

Sepatu Terrex AX3

GEL-Sonoma 3

Anaconda 2.0

Summit Mens Leather Walking Shoes

Ascend

Mid Boot Shamrock

Outdoor 470

Keunggulan

Teknologi Keen.Dry memastikan waterproof dan breathability-nya baik

Makin erat di kaki dengan ghillie lacing plus bahan suede

Trekking shoes yang empuk dan tahan benturan

Untuk kecepatan maksimal saat melewati medan yang tidak rata

Cushioning system-nya ampuh meredam guncangan

Outsole berbahan karet menjaga kaki tidak mudah lelah

Teknologi Dynagrip beri Anda grip mumpuni di medan berat

Mid cut trekking shoes dengan sol kuat untuk long tracking

Sepatu mountaineering dengan gaya urban

Sepatu waterproof dengan harga yang terjangkau!

Harga mulai dariRp 2.499.000,00Rp 748.000,00Rp 850.000,00Rp 1.300.000,00Rp 450.000,00Rp 999.000,00Rp 400.000,00Rp 585.000,00Rp 830.000,00Rp 375.700,00
TipeStandarStandarRinganStandarRinganRinganStandarStandarStandarRingan
PotonganHigh cutHigh cutHigh cutMiddle cutLow cutMiddle cutLow cutHigh cutMiddle Middle cut
Bobot779,6 gramTidak disebutkanPair: 170, 1 gram (6 ons)355 gram (ukuran UK 8,5)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
BahanWaterproof nubuck leather upper, oil and slip resistant non-marking rubber outsole, dual density compression molded EVA and PU midsole, lining with hydrophobic/hydrophilic 2-zone comfort technology, removable metatomical dual density EVA footbedSuede upper with synthetic trim and breathable mess, Ghillie & rustproof hardware lacing system, Impact absorbing CMEVA midsole, MD traction outsoleSuede leather, Texapore O2+, Fast-drying polyester lining, flexible hiking sole with good grip on various types of terrain, lacing system with metal hooks and nylon loops Upper: mesh dan sintetis. Toe cap: moulded TPU. Lining: tekstil. Outsole: Karet Continental™. Midsole: EVASpevafoam™ midsole material, Rearfoot gel® technology cushioning system, Trail specific outsoleLeather with nylon. Outsole: rubber with eva phylonPadded ankle collar, cushioned insole, Dynagrip outsole, durable toe bumper, upper: leather/textile/synthetic, inner: Textile, sole: syntheticUpper: Cow Leather  1,2—1,4 mm. Bottom: midsole (injection eva/phylon). Outsole: rubber Poliester, kulit sintetisOutsole: Thermo Plastic Rubber. Atasan: Polyurethane Leather. Mesh: Polyester 
UkuranEU 39,5—48 (US 7—15)EU 40—45EU 35,5—43EU 39 - 47EU 39,5 (US 8) EU 39—45EU 41—48,5Hitam (EU 40, 41, 43). Cokelat (EU 40,41)EU 39—45EU 39—44
Tautan produk

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mencoba sepatu trekking

Untuk memastikan sepatu nyaman dan cocok, sebisa mungkin Anda harus mencoba sepatunya sebelum membeli. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat mencoba sepatu trekking sebelum Anda beli!

Pilih sepatu yang nyaman di kaki dan sedikit longgar

Pilih sepatu yang nyaman di kaki dan sedikit longgar

Saat memilih sepatu, cobalah ukuran sepatu yang lebih besar 0,5 cm hingga 1 cm dari ukuran sepatu Anda biasanya. Umumnya Anda akan memakai kaos kaki yang tebal saat trekking sehingga masih ada sisa untuk ruang gerak.


Ketika mencobanya, pastikan kaki Anda muat dan nyaman dengan sepatu tersebut. Selain itu, usahakan jari tangan masih muat di bagian tumit agar sepatu tidak terlalu sempit dengan kaki. Jangan lupa juga mencoba sepatu tersebut untuk berjalan sambil mengecek kesesuaian ukurannya di kaki Anda. Anda juga bisa menggunakan tangga atau papan pijakan di toko untuk menyimulasikan pijakan saat mendaki gunung nanti.


Hal tersebut penting terutama ketika kaki Anda sakit atau sedang menuruni gunung. Jadi, periksa juga kenyamanan dan kesesuaian ukurannya dengan cara menuruni tangga atau papan pijakan di toko.

Pilih yang lembut atau yang keras? Periksa fleksibilitas solnya

Pilih yang lembut atau yang keras? Periksa fleksibilitas solnya

Anda harus memeriksa seberapa lentur sol sepatu trekking dengan cara menggunakannya. Saat Anda berdiri dengan ujung kaki atau jinjit, ketahuilah apakah sol sepatu yang digunakan fleksibel atau kaku. 


Sepatu dengan sol fleksibel cocok untuk trekking satu hari karena fleksibilitasnya baik untuk membuat Anda nyaman bergerak. Namun, jika ingin melakukan trekking dengan waktu lama di medan sulit, gunakanlah sol sepatu keras atau kaku.

Kaos kaki outdoor bisa mencegah udara dingin dan kelelahan

Kaos kaki outdoor adalah barang penting untuk dibawa saat trekking karena membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Selain mencegah kaki terpapar udara dingin, kaos kaki outdoor juga berfungsi untuk meringankan beban kaki saat berjalan. Kaki Anda pun menjadi tidak mudah lelah. Dengan demikian, pilihlah kaos kaki yang nyaman Anda gunakan dan cocok dengan sepatu Anda.

Baca juga rekomendasi sepatu trekking model low cut dan kaos kaki outdoor di sini!

Bila Anda pendaki gunung mahir atau ingin kaki bebas bergerak saat trekking, pakailah sepatu model low cut. Lalu, perjalanan Anda pun akan semakin lancar dan tidak terasa melelahkan bila Anda menggunakan kaus kaki outdoor. Ketahui lebih detail tentang sepatu trekking model low cut dan kaos kaki outdoor di artikel-artikel di bawah.

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda memiliki gambaran cara memilih sepatu trekking yang cocok atau malah sudah menentukan produk yang patut Anda pilih?


Kenyamanan dan budget adalah kunci utama dalam memilih sepatu. Masing-masing dari Anda tentu memiliki rasa yang berbeda perihal kenyamanan ini. Jika Anda memilih sepatu yang tidak nyaman, bisa jadi ekspedisi yang Anda lakukan akan kurang menyenangkan. Karena itu, pilihlah sepatu trekking dengan ukuran, model, bobot, dan durability sesuai kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, dan Consina adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    69.404 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
    57.310 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    35.488 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    27.235 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    28.131 Views
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca dan temukan gaiters yang cocok dengan kebutuhan!
    Camping & hiking
    3.607 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori