10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini, penggunaan kompor listrik untuk memasak sudah semakin populer karena dinilai lebih praktis, mudah, dan memiliki ukuran yang kecil. Anda dapat meletakannya di atas meja makan sehingga lebih mudah ketika ingin langsung menyajikan makanan. Selain itu, kompor listrik juga ringan, mudah dipindahkan, dan dapat menghasilkan sensasi rasa masakan yang lebih lezat.

Anda dapat menemukan beragam jenis dan merek kompor listrik, seperti Oxone, Maspion, dan Modena. Kami akan membantu Anda dalam memilih kompor listrik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, serta memberikan tips dalam menggunakan kompor listrik agar lebih efisien. Selamat membaca!

Daftar isi

Manfaat menggunakan kompor listrik

Manfaat menggunakan kompor listrik

Apa yang Anda bayangkan tentang kompor listrik? Dibandingkan kompor jenis lain, kompor listrik dinilai kurang praktis karena tidak bisa dipakai untuk memasak di luar ruangan atau penggunaannya sering kali dinilai sulit dan kurang aman. Oleh sebab itu, sebagian orang masih menganggap bahwa menggunakan kompor listrik terasa merepotkan. Namun, kompor listrik memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompor jenis lain.

Salah satu keunggulannya adalah Anda dapat menggunakan beragam peralatan memasak untuk digunakan di kompor listrik. Anda dapat menggunakan teko air, panci, dan dapat digunakan untuk memanggang. Bunyinya juga tidak berisik. Anda juga dapat mengatur sendiri suhu yang dibutuhkan untuk memasak makanan Anda. Dengan kompor gas, Anda tidak dapat melakukan hal tersebut. Selain itu, daya listrik yang dibutuhkan tidak sebesar pada kompor induksi sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran biaya.

Anda dapat menggunakan kompor listrik untuk berbagai acara dengan beragam kebutuhan. Bisa Anda bayangkan suasana berkumpul bersama keluarga sambil memanggang makanan di atas meja dengan menggunakan kompor listrik? Pastinya sangat menyenangkan.

Cara memilih kompor listrik

Kompor listrik yang mudah dan nyaman digunakan tentu akan sangat membantu aktivitas memasak. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu merek dan tipe kompor listrik. Kami akan menuliskan hal-hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kompor listrik.

Perhatikan spesifikasi detail dari bagian pemanas kompor listrik

Terdapat tiga jenis kompor listrik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Mari kita perhatikan ketiga jenis kompor listrik tersebut.

Tipe kawat terbuka merupakan model kompor listrik sederhana

Tipe kawat terbuka merupakan model kompor listrik sederhana

Kompor listrik tipe ini merupakan yang pertama kali dibuat. Bagian yang berwarna putih merupakan tembikar tanah liat yang tahan panas. Setelah itu, terdapat gulungan kawat pemanas yang disusun berbentuk spiral. Ketika terjadi proses pemanasan, kawat pemanas akan berwarna merah. Jika Anda menggunakan kompor tipe ini, akan lebih baik Anda meletakkan lapisan jaring di atas bagian pemanas.

Kompor ini ringan dan kecil, serta memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, karena memiliki struktur desain yang stabil, jenis kompor ini juga cocok digunakan untuk memasak dengan panci berukuran kecil sekalipun.

Kompor listrik dengan kawat spiral tertutup yang kuat dan tahan lama

Kompor listrik dengan kawat spiral tertutup yang kuat dan tahan lama

Seperti tipe kompor listrik sederhana, tipe ini juga memiliki gulungan kawat yang disusun secara melingkar. Kawat itulah yang berfungsi untuk menghasilkan panas. Hanya saja, pada tipe ini terdapat lapisan pembungkus kawat. Kawat tersebut dibungkus dengan material isolator, kemudian dimasukkan ke dalam pipa logam.

Ciri utama dari tipe kompor listrik ini adalah struktur kompor yang berdaya tahan kuat. Walaupun tipe kompor listrik sederhana sudah sangat populer, tetapi kompor tersebut mudah pecah jika Anda menumpahkan sesuatu di atasnya. Berbeda dengan tipe ini yang memang lebih tangguh.

Material yang digunakan sebagai pembungkus kawat sebenarnya juga banyak digunakan pada kompor lainnya. Pembungkus kawat dapat membantu mengontrol dan menstabilkan suhu panas kompor. Selain itu, bagian pemanasnya juga lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, kompor ini jarang ditemui di toko online di Indonesia.

Model pelat yang mudah dibersihkan

Model pelat yang mudah dibersihkan

Dari penampilannya, kompor listrik tipe ini terlihat seperti kompor induksi, tetapi sebenarnya ini adalah kompor listrik dengan pelat yang menutupi kawat pemanas. Anda dapat membersihkan kompor ini hanya dengan menyeka permukaannya.

Sebagai alternatif pengganti kompor gas, kompor listrik menyerap daya listrik yang cukup tinggi. Jika dibanding dengan kompor induksi, kompor induksi lebih efisien jika digunakan pada watt yang sama. Namun, kompor listrik lebih kompatibel dengan berbagai peralatan memasak. Dengan kompor listrik, Anda dapat menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari aluminium dan tembaga.

Pilih kompor dengan konsumsi daya listrik yang sesuai dengan pemakaian Anda

Pilih kompor dengan konsumsi daya listrik yang sesuai dengan pemakaian Anda

Secara umum, terdapat tiga tahap konsumsi daya dalam kompor listrik. Daya sebesar 300 watt untuk memanaskan bagian luar, 300 watt untuk memanaskan bagian dalam, dan 600 watt untuk memanaskan seluruhnya. Jika hanya ingin menghangatkan makanan, Anda dapat menyesuaikan ketiga tahap tersebut.

Jika Anda membutuhkan tingkat panas yang sungguh-sungguh tinggi dalam memasak, Anda harus memilih kompor dengan konsumsi daya sebesar 1000 watt. Dengan konsumsi daya 1000 watt, Anda dapat memasak dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur tingkat suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan panjang kabelnya

Perhatikan panjang kabelnya

Walaupun merupakan hal penting yang harus diperhatikan, panjang kabel sering kali luput dari perhatian konsumen. Sangat disayangkan jika panjang kabel kompor Anda tidak dapat mencapai sumber listrik. Anda memang dapat menggunakan kabel ekstensi, tetapi akan lebih baik jika kabel kompor listrik dapat langsung dipasang ke sumber listrik.

Panjang kabel yang kami rekomendasikan adalah sekitar 1 meter hingga 1,8 meter. Jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi kompor listrik dan terutama panjang kabelnya sebelum Anda membelinya.

10 Rekomendasi kompor listrik terbaik

Kompor listrik kini mulai menjadi pilihan utama sebagai peralatan memasak. Mulai banyak produsen kompor yang kini juga memproduksinya. Anda dapat membaca rekomendasi kompor listrik dari kami sebagai pertimbangan ketika hendak membeli.

10. Maspion S300

10. Maspion S300

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Tidak perlu mengganti panci Anda dengan yang baru!

Kompor yang tergolong tipe kompor listrik sederhana ini dilengkapi dengan dudukan besi sebagai penyangga alat memasak yang permukaan bawahnya tidak rata. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu repot dalam mencari peralatan masak yang kompatibel. Anda dapat menggunakan beragam peralatan memasak, bukan hanya yang memiliki permukaan dasar yang rata.

Jika Anda hendak menggunakan kompor ini hanya untuk menghangatkan masakan, daya listrik yang diperlukan hanya 300 watt sehingga dapat mengurangi biaya tagihan listrik. Hanya saja, membersihkan kompor tipe ini tidak semudah membersihkan kompor tipe pelat. Anda harus lebih berhati-hati dan teliti dalam membersihkannya.

9. Kompor Listrik Mini EU Plug – H-009AS

9. Kompor Listrik Mini EU Plug - H-009AS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 96.100

Ukurannya yang mini bisa juga dibawa pergi jalan-jalan!

Jika Anda mencari kompor listrik portabel yang dapat dengan mudah dibawa ke mana saja, kompor ini merupakan pilihan yang tepat. Kompor ini hanya memiliki ukuran 15 cm x 15 cm. Dengan ukuran sekecil itu, Anda dapat memasukkan kompor ini ke dalam tas tanpa menghabiskan banyak ruang.

Akan tetapi, kompor ini kurang cocok untuk memasak masakan yang membutuhkan waktu lama. Kompor ini umumnya digunakan untuk memasak air dan mi instan, serta untuk menghangatkan makanan dan minuman. Dengan demikian, jika Anda membutuhkan kompor yang ingin Anda gunakan untuk memasak makanan lengkap untuk seluruh keluarga, produk ini kurang sesuai.

8. IDEALIFE – Electrical Stove (Single) – IL-401S

8. IDEALIFE - Electrical Stove (Single) - IL-401S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 159.600

Konsumsi daya listrik menjadi lebih kecil!

IDEALIFE mengeluarkan produk kompor listrik satu tungku dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah dibanding dengan kompor listrik satu tungku lainnya. Kompor ini mengonsumsi maksimal 500 watt ketika digunakan. Hal tersebut tentu akan mengurangi biaya listrik Anda. Namun, berarti Anda akan membutuhkan waktu relatif lebih lama dalam memasak.

Aspek lain yang juga merupakan keunggulan produk ini adalah sistem keamanan yang telah dirancang dengan baik. Produk ini dilengkapi dengan auto thermostat control yang mempunyai fungsi untuk menjaga suhu kompor tetap stabil. Anda tidak perlu khawatir suhu kompor menjadi sangat panas dan merusak masakan Anda.

7. Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

7. Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 499.000

Material kompornya akan membuat penyebaran panas lebih merata

Produk dari Akebonno ini terbuat dari material yang menjamin penyebaran panas yang merata pada kompor. Hal tersebut tentu sangat membantu Anda dalam proses memasak agar hasil masakan Anda dapat matang merata. Selain itu, kompor ini pun memiliki daya tahan yang tinggi sehingga dapat Anda gunakan dalam waktu lama.

Anda dapat menggunakan kompor ini dengan leluasa tanpa khawatir kompor akan mudah rusak. Selain itu, dibandingkan kompor listrik dua tungku lainnya, produk ini memiliki harga yang relatif lebih murah. Dengan demikian, Anda dapat memiliki kompor yang ekonomis, tahan lama, dan menghasilkan kualitas masakan yang baik.

6. Modena Crista – BE 1325

6. Modena Crista - BE 1325

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.848.000

Memasak jadi lebih aman dengan fitur residual heat indicator

Setelah kompor selesai digunakan dan dimatikan, kompor masih akan terasa panas selama beberapa waktu. Pada saat itu, residual heat indicator bekerja dengan cara menyalakan lampu indikator sebagai bentuk peringatan bahwa kompor masih terasa panas, kemudian akan padam setelah suhu kompor sudah turun. Kompor ini cocok bagi Anda yang membutuhkan lingkungan dapur yang aman.

Kompor ini juga menggunakan tempered glass sebagai pelat penutup bagian pemanas. Dengan penggunaan tempered glass, penampilan kompor ini menjadi terlihat modern, namun tetap tangguh. Namun, konsumsi daya listrik kompor ini dapat mencapai hingga 2000 watt sehingga dapat meningkatkan biaya listrik. Sisi positifnya adalah Anda dapat memasak dengan lebih cepat.

5. Akebonno Kompor Digital Infra Merah MSP-3103C

5. Akebonno Kompor Digital Infra Merah MSP-3103C

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 673.500

Ucapkan selamat tinggal pada sistem pengaturan suhu yang tidak presisi!

Jika Anda menggunakan kompor listrik ini, Anda akan dibantu dengan sistem pengaturan digital. Sistem tersebut akan memudahkan Anda mengatur suhu yang dibutuhkan secara presisi. Tentu hal tersebut terasa memudahkan dalam memasak. Kualitas masakan Anda akan lebih terjamin karena dimasak dengan suhu yang lebih tepat.

Selain itu, kompor ini diperlengkapi dengan tujuh pilihan menu masakan. Anda tinggal menekan tombol yang sesuai dengan jenis makanan yang ingin Anda masak, lalu kompor akan langsung menyesuaikan suhunya agar cocok dengan masakan Anda. Bagi Anda yang menginginkan tingkat kematangan yang konsisten pada setiap hasil masakan Anda, kompor ini dapat menjadi pilihan.

4. Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX

4. Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.976.000

Dapur Anda akan terlihat modern dengan adanya kompor ini!

Bagi beberapa orang, kompor bukan hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga sebagai benda estetika yang turut mendukung keindahan dapur. Kompor listrik dua tungku produksi Ariston ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari kompor dengan tampilan mewah dan fungsional.

Setiap tungku diperlengkapi dengan enam level pengaturan suhu yang dapat Anda kontrol sesuai dengan kebutuhan masakan. Selain itu, setiap tungku juga memiliki lampu indikator yang akan menyala jika kompor telah dimatikan, namun masih menyisakan suhu panas. Anda akan mendapatkan tampilan dapur yang modern, rasa masakan yang enak, dan rasa aman dalam dapur.

3. Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

3. Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 795.000

Kompor listrik dua tungku yang tidak akan membuat tagihan listrik Anda melonjak

Sebagian besar kompor listrik dengan dua tungku membutuhkan daya listrik yang relatif besar. Namun, Oxone OX-655D ini hanya mengonsumsi maksimal 800 watt untuk tungku yang besar dan 600 watt untuk tungku yang kecil. Cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran listrik bulanan.

Selain itu, kompor ini diperlengkapi dengan sistem pelindung yang menjaga kompor dari suhu panas yang berlebihan. Fitur lampu on/off akan membantu mengurangi risiko seseorang terkena panas dari kompor yang sedang menyala. Ukuran kompor ini pun relatif kecil yakni hanya 45 cm x 27 cm x 8 cm yang tidak akan mempersempit dapur. Anda dapat dengan leluasa memasak dua jenis masakan dalam waktu bersamaan.

2. Oxone OX-655S Single Ceramic Stove

2. Oxone OX-655S Single Ceramic Stove

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 485.000

Mungil dengan model yang berkelas!

Untuk mendapatkan tampilan dapur yang mewah, Anda tidak lagi memerlukan kompor dua tungku. Oxone OX-655S merupakan kompor yang hanya memiliki satu tungku, tetapi tetap terlihat mewah. Selain itu, kompor ini memiliki sistem perlindungan yang menjaga agar suhu kompor tidak meningkat terlalu tinggi. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir masakan menjadi rusak karena suhu yang terlalu panas.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kompor ini membutuhkan daya konsumsi listrik sampai maksimum 800 watt. Untuk sebuah kompor satu tungku, konsumsi daya tersebut relatif besar. Jika Anda memilih produk ini, Anda harus siap dengan biaya tagihan listrik yang mungkin akan meningkat.

1. Maspion S302

1. Maspion S302

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 141.000

Mudah dipindah! Anda bisa meletakkannya di meja makan untuk bersantap bersama keluarga

Produk ini memiliki pegangan pada sisi kiri dan kanan kompor yang akan memudahkan Anda saat berpindah tempat memasak. Anda dapat dengan mudah memindahkan kompor dari dapur ke meja makan, serta sebaliknya. Kompor ini juga dilengkapi dengan teknologi thermostat dan thermofuse yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik ketika suhu mencapai batas maksimal tertentu.

Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya lampu indikator yang menyala ketika kompor sudah cukup panas dan siap digunakan. Dibanding dengan kompor listrik tipe pelat lainnya, produk ini memiliki harga yang relatif lebih murah. Hal tersebut tentu menjadi nilai plus. Maspion S302 adalah kompor yang ideal untuk digunakan oleh seluruh keluarga.

Tips dalam menggunakan kompor listrik

Beberapa orang mengeluhkan sulitnya mengatur kompor listrik agar mencapai suhu panas yang diinginkan. Sebagian orang mengeluh bahwa waktu yang dibutuhkan terlalu lama sehingga terasa membuang-buang waktu. Sebenarnya, penggunaan kompor listrik akan lebih mudah dan efisien jika Anda memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda.

Perhatikan bahan dan permukaan dasar dari peralatan masak Anda

Perhatikan bahan dan permukaan dasar dari peralatan masak Anda

Hal penting pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah peralatan memasak Anda kompatibel dengan kompor listrik Anda. Jika ukuran peralatan masak terlalu besar, tentu akan terlalu sulit untuk dipanaskan. Ukuran peralatan masak yang terlalu kecil juga membuat peralatan masak tersebut tidak akan mendapat aliran panas yang utuh dari kompor. Pilihlah peralatan masak dengan ukuran yang sesuai. Perhatikan juga bagian dasar dari peralatan masak. Pergunakan peralatan masak dengan bagian dasar yang rata dan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran tungku.

Hal lain yang juga menentukan keberhasilan penggunaan kompor listrik adalah bahan atau material peralatan masak Anda. Bahan aluminium adalah penghantar panas yang baik serta merupakan bahan yang lebih mudah untuk dipanaskan. Dengan demikian, peralatan masak yang paling kompatibel dengan kompor listrik adalah yang terbuat dari bahan aluminium.

Akan lebih efisien jika Anda menggunakan kompor listrik hanya untuk menghangatkan makanan

Akan lebih efisien jika Anda menggunakan kompor listrik hanya untuk menghangatkan makanan

Jika Anda menggunakan kompor listrik untuk proses memasak makanan mentah hingga matang, hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama. Ada baiknya jika Anda memasak di kompor biasa hingga hampir matang, lalu dimatangkan dengan menggunakan kompor listrik. Cara lain yang dapat Anda terapkan adalah dengan memasak makanan Anda di kompor biasa hingga matang, untuk kemudian dihangatkan dengan kompor listrik.

Memanggang makanan juga jadi lebih mudah!

Memanggang makanan juga jadi lebih mudah!

Memanggang makanan dengan kompor gas terasa sulit karena Anda tidak bisa mengatur temperatur suhu secara presisi. Hal tersebut berbeda dengan kompor listrik. Saat menggunakan kompor listrik, Anda dapat mengatur suhu sesuai kebutuhan. Pertama, letakkan alat pemanggang di atas kompor listrik, kemudian letakkan makanan yang ingin Anda panggang. Untuk pengaturan awal, gunakan suhu panas yang tinggi. Setelah alat pemanggang mulai mengeluarkan asap, tambahkan bumbu yang dibutuhkan untuk melezatkan makanan Anda. Sesudah itu, Anda dapat menurunkan suhu kompor agar masakan tidak hangus.

Jika suhu kompor mulai menjadi terlalu panas, Anda disarankan untuk mematikan kompor. Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang berbeda-beda, tergantung bahan-bahan masakan Anda. Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga 30 menit. Dengan menggunakan kompor listrik, Anda dapat dengan nyaman memanggang beraneka masakan, baik itu ikan, kerang, sosis, telur, cumi-cumi, ataupun beragam makanan lain. Anda dapat mencobanya dan menikmati sensasi seru memanggang dengan kompor listrik.

Baca juga rekomendasi kompor terbaik lainnya di sini!

Kompor listrik memang dinilai memudahkan dan efisien, tetapi mungkin Anda ingin membandingkannya dengan produk kompor lainnya. Apabila Anda tertarik, silakan melihat artikel rekomendasi kompor terbaik lainnya berikut ini!

Kesimpulan

Saat ini, selain kompor listrik, kompor induksi juga sudah mulai menjadi pilihan konsumen. Kompor gas juga masih cukup diminati oleh banyak orang. Namun, kompor listrik tetap menyajikan hasil masakan yang unik, yang tidak akan Anda dapatkan jika dimasak dengan kompor lain. Kini tinggal bagaimana agar Anda dapat memilih kompor listrik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah membaca rekomendasi dari kami, apakah Anda sudah dapat memilih yang paling sesuai? Semoga artikel ini dapat membantu sehingga Anda tidak salah dalam memilih kompor listrik untuk Anda dan keluarga.