• 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini, kompor listrik menjadi satu perlengkapan dapur populer karena dinilai lebih praktis dengan ukurannya yang kecil. Keuntungan lainnya, ada kompor listrik jenis portable yang bisa dibawa-bawa dengan mudah. Kemudian, ada juga jenis kompor yang mudah dibersihkan sehingga tidak merepotkan Anda.

Banyaknya jenis kompor listrik ini mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kompor listrik. Kami juga mengulas beberapa rekomendasi produk, seperti Maspion, IDEALIFE, Oxone, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Primastuti Indah
  • Pembaharuan terakhir: 07 Mei 2020
  • 30.166 Views
Daftar isi

Keuntungan memasak menggunakan kompor listrik

Keuntungan memasak menggunakan kompor listrik

Saat mendengar tentang kompor listrik, apa yang pertama kali muncul dalam benak Anda? Dibandingkan dengan kompor induksi dan kompor gas, banyak orang beranggapan bahwa kompor listrik tidak nyaman digunakan memasak. Selain itu, kompor listrik dinilai kurang praktis seperti kompor gas yang mudah dipakai di luar ruangan. Oleh sebab itu, sebagian orang masih menganggap bahwa menggunakan kompor listrik terasa lebih merepotkan. Namun, sebenarnya kompor listrik memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompor jenis lain.

Salah satu keunggulannya, ada beragam peralatan memasak yang bisa digunakan pada kompor listrik. Anda dapat menggunakan teko air, panci, dan peralatan untuk memanggang. Bunyi kompor listrik juga tidak berisik. Anda juga dapat mengatur sendiri suhu yang dibutuhkan untuk memasak makanan. Selain itu, daya listrik yang dibutuhkan kompor listrik tidak sebesar kompor induksi sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Anda juga dapat menggunakan kompor listrik untuk berbagai acara dengan beragam kebutuhan. Bisa bayangkan suasana berkumpul bersama keluarga sambil memanggang makanan di atas meja dengan menggunakan kompor listrik? Pastinya momen-momen tersebut terasa sangat menyenangkan.

Cara memilih kompor listrik

Kompor listrik yang mudah dan nyaman digunakan tentu akan sangat membantu saat memasak. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih suatu merek dan tipe kompor listrik tertentu. Kami akan menuliskan hal-hal penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kompor listrik.

Perhatikan spesifikasi detail dari bagian pemanas kompor listrik

Terdapat tiga jenis kompor listrik. Ketiga jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Mari kita perhatikan ketiga jenis kompor listrik tersebut.

Model kawat terbuka, jenis kompor listrik sederhana yang ringan dengan harga terjangkau

Model kawat terbuka merupakan kompor listrik jenis pertama yang dibuat. Bagian yang berwarna putih merupakan tembikar yang tahan panas. Setelah itu, terdapat gulungan kawat pemanas yang disusun berbentuk spiral. Ketika terjadi proses pemanasan, kawat pemanas akan berwarna merah dan panasnya bisa digunakan untuk memasak.

Jika Anda menggunakan kompor tipe ini, akan lebih baik Anda meletakkan lapisan jaring di atas bagian pemanas. Kompor ini memiliki bobot yang ringan dan bentuk yang kecil sehingga dapat digunakan untuk panci berukuran kecil. Selain itu, harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan di berbagai toko online di Indonesia.

Model kawat spiral tertutup, dikenal kuat dan tahan lama

Model kawat spiral tertutup, dikenal kuat dan tahan lama

Mirip dengan jenis kompor sebelumnya, tipe ini juga memiliki gulungan kawat yang disusun secara melingkar. Kawat itulah yang berfungsi untuk menghasilkan panas. Hanya saja, kompor model ini mempunyai lapisan yang membungkus kawat. Kawat tersebut dibungkus dengan material isolator, kemudian dimasukkan ke dalam pipa logam.

Ciri utama dari tipe kompor listrik ini adalah strukturnya memiliki daya tahan yang kuat. Dengan demikian, kompor pun dapat digunakan jadi lebih lama. Sementara itu, kompor dengan kawat terbuka mudah pecah kawat pemanasnya saat tersiram air panas dari panci. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jenis kompor kawat spiral ini memang lebih tangguh.

Material pada pembungkus kawat ini sebenarnya banyak digunakan pada kompor lainnya. Pembungkus kawat ini dapat membantu mengontrol dan menstabilkan suhu panas kompor. Selain itu, bagian pemanasnya juga lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, jenis kompor ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Model pelat, perawatan ringkas dan mudah dibersihkan

Model pelat, perawatan ringkas dan mudah dibersihkan

Jenis kompor pelat memiliki tampilan seperti kompor induksi, tetapi sebenarnya ini merupakan kompor listrik. Jenis ini dilengkapi dengan pelat sebagai penutup kawat pemanasnya. Kompor jenis ini mudah dibersihkan hanya dengan menyeka permukaannya.

Sebagai alternatif pengganti kompor gas, kompor listrik menyerap daya listrik yang cukup tinggi. Meskipun demikian, banyak produk dengan daya panas yang dapat dengan mudah disesuaikan. Jika digunakan pada watt yang sama, kompor induksi memang lebih efisien dibandingkan kompor listrik. Namun, kompor listrik lebih kompatibel dengan berbagai peralatan memasak. Dengan kompor listrik, Anda dapat menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari aluminium dan tembaga.

Pilih kompor dengan konsumsi daya listrik yang sesuai dengan pemakaian Anda

Pilih kompor dengan konsumsi daya listrik yang sesuai dengan pemakaian Anda

Secara umum, terdapat tiga tahap konsumsi daya dalam kompor listrik. Daya sebesar 300 watt untuk memanaskan bagian luar, 300 watt untuk memanaskan bagian dalam, dan 600 watt untuk memanaskan seluruhnya. Jika hanya ingin menghangatkan makanan, Anda dapat menyesuaikan ketiga tahap tersebut.

Jika Anda membutuhkan tingkat panas yang sungguh-sungguh tinggi dalam memasak, kompor dengan daya 600 watt tidaklah cukup. Anda harus memilih kompor dengan konsumsi daya sebesar 1000 watt atau lebih. Dengan besaran daya tersebut, Anda dapat memasak dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur tingkat suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan panjang kabel pada kompor listriknya

Perhatikan panjang kabel pada kompor listriknya

Walaupun merupakan hal penting yang harus diperhatikan, panjang kabel sering kali luput dari perhatian. Sangat disayangkan jika panjang kabel kompor Anda tidak dapat mencapai sumber listrik. Anda memang dapat menggunakan roll kabel. Namun, akan lebih baik jika kabel kompor listrik dapat langsung dipasang ke sumber listrik.

Panjang kabel yang kami rekomendasikan adalah sekitar 1 meter hingga 1,8 meter. Jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi kompor listrik dan terutama panjang kabelnya sebelum Anda membelinya. Namun, produsen kompor listrik di Indonesia jarang memberikan info mengenai panjang kabel pada produknya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Kompor Listrik Mini Hot Plate Electric Cooking 500W

Rp 97.500,00

10 Rekomendasi kompor listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi kompor listrik yang bisa jadi referensi pilihan Anda. Bacalah dengan saksama dan temukan produk yang tepat untuk Anda.

10
JenisKompor kawat terbuka
Dimensi (p x l x t)30 cm x 35 cm x 11 cm
Berat1,8 kg
Konsumsi daya300 W / 600 W
9

IDEALIFE Kompor Listrik Satu Tungku

IL-401S

Rp 246.000,00

JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)19,7 cm x 15,7 cm x 6 cm
Berat1 kg
Konsumsi daya100-500 W
8
JenisKompor kawat terbuka
Dimensi (p x l x t)25 cm x 11 cm x 32 cm
Berat4 kg
Konsumsi daya300 W / 600 W
7
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)33,5 cm x 33 cm x 10 cm
BeratTidak disebutkan
Konsumsi daya600 W
6
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)54 cm x 24 cm x 9 cm
BeratTidak disebutkan
Konsumsi daya1500 W / 1000 W
5

HaofyMini Hot Plate Electric Cooking

DLD-103

Rp 215.000,00

JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)Tidak disebutkan
Berat1,8 kg
Konsumsi daya1500 W
4
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)47 cm x 30 cm x 7,5 cm
Berat2,2 kg
Konsumsi daya800 W / 1000 W
3
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)50 cm x 34 cm x 23 cm
Berat4 kg
Konsumsi daya800 W / 600 W
2
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)73 cm x 42 cm x 9 cm
Berat12,3 kg
Konsumsi dayaTidak disebutkan
1
JenisKompor pelat
Dimensi (p x l x t)60 cm × 51 cm × 4 cm
Berat9 kg
Konsumsi daya5600 W

Tabel perbandingan produk kompor listrik terbaik

Gambar produk
1
Ariston  Kompor Tanam  PC 604 X 1

Ariston

2
MODENA   CRISTA - BE 1725 1

MODENA

3
Oxone  Double Ceramic Stove 1

Oxone

4
IDEALIFE Kompor Listrik Dua Tungku 1

IDEALIFE

5
Haofy Mini Hot Plate Electric Cooking 1

Haofy

6
Akebonno  Inox Hot Plate MSP3201 1

Akebonno

7
Maspion  Electric Stove S-302 1

Maspion

8
Maspion  Electric Stove SH-31 1

Maspion

9
IDEALIFE  Kompor Listrik Satu Tungku 1

IDEALIFE

10
Maspion  Electric Stove S-300 1

Maspion

Nama produk

Kompor Tanam PC 604 X

CRISTA - BE 1725

Double Ceramic Stove

Kompor Listrik Dua Tungku

Mini Hot Plate Electric Cooking

Inox Hot Plate MSP3201

Electric Stove S-302

Electric Stove SH-31

Kompor Listrik Satu Tungku

Electric Stove S-300

KeunggulanAda empat tungku! Masak ban...Dilengkapi fitur residual h...Material kuat, produk lebih...Kompor dua tungku dengan pa...Portabel dan slim, pilihan ...Penyebaran panas merata, ta...Bentuk bulat dengan peganga... Permukaan pemanas antileng...Konsumsi daya listrik menja...Kompor listrik sederhana de...
HargaRp 10.064.000,00Rp 4.500.000,00Rp 805.000,00Rp 768.000,00Rp 215.000,00Rp 540.000,00Rp 189.000,00Rp 141.000,00Rp 246.000,00Rp 112.900,00
JenisKompor pelatKompor pelatKompor pelatKompor pelatKompor pelatKompor pelatKompor pelatKompor kawat terbukaKompor pelatKompor kawat terbuka
Dimensi (p x l x t)60 cm × 51 cm × 4 cm73 cm x 42 cm x 9 cm50 cm x 34 cm x 23 cm47 cm x 30 cm x 7,5 cmTidak disebutkan54 cm x 24 cm x 9 cm33,5 cm x 33 cm x 10 cm25 cm x 11 cm x 32 cm19,7 cm x 15,7 cm x 6 cm30 cm x 35 cm x 11 cm
Berat9 kg12,3 kg4 kg2,2 kg1,8 kgTidak disebutkanTidak disebutkan4 kg1 kg1,8 kg
Konsumsi daya5600 WTidak disebutkan800 W / 600 W800 W / 1000 W 1500 W1500 W / 1000 W600 W300 W / 600 W100-500 W300 W / 600 W
Tautan produk

Tips saat menggunakan kompor listrik

Beberapa orang kesulitan untuk menggunakan kompor listrik, terutama kompor yang memiliki watt yang rendah. Jenis kompor tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama agar mencapai suhu panas yang diinginkan. Bagi sebagian orang, tentu hal ini akan membuang-buang waktu sehingga beranggapan kompor listrik bukanlah produk yang efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, simaklah beberapa tips dalam menggunakan kompor listrik berikut ini.

Perhatikan bahan dan permukaan dasar dari peralatan masak Anda

Saat menggunakan kompor listrik, perhatikan ukuran dan material permukaan dasar peralatan memasak Anda. Jika terlalu besar, Anda akan kesulitan mendapatkan suhu panas yang diinginkan. Namun, jika terlalu kecil, panas dari kawat pemanas tidak bisa bekerja dengan baik. Pilihlah peralatan memasak dengan ukuran yang sesuai. Selain itu, perhatikan juga permukaan dasar dari peralatan memasak Anda. Gunakanlah peralatan masak dengan permukaan dasar yang rata dan ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tungku.

Hal lain yang juga menentukan keberhasilan penggunaan kompor listrik adalah bahan atau material peralatan masak Anda. Material aluminium dikenal sebagai bahan penghantar panas yang baik. Dengan demikian, peralatan masak yang paling kompatibel dengan kompor listrik adalah yang terbuat dari bahan aluminium.

Gunakan kompor listrik hanya untuk menghangatkan makanan supaya lebih efisien

Gunakan kompor listrik hanya untuk menghangatkan makanan supaya lebih efisien

Proses memasak makanan mentah hingga matang menggunakan kompor listrik akan membutuhkan waktu yang lama. Ada baiknya jika Anda memasak di kompor biasa hingga makanan hampir matang. Kemudian, makanan tersebut dimatangkan dengan menggunakan kompor listrik. Anda juga bisa memasak menggunakan kompor biasa hingga matang, kemudian memakai kompor listrik untuk menjaga masakan tetap hangat.

Memanggang makanan juga jadi lebih mudah!

Memanggang makanan juga jadi lebih mudah!

Memanggang makanan dengan menggunakan kompor listrik lebih praktis daripada kompor gas. Hal ini karena temperatur suhu pada kompor listrik dapat disesuaikan secara presisi dengan mudah. Pertama, letakkan alat pemanggang di atas kompor listrik, kemudian letakkan makanan yang ingin dipanggang. Untuk pengaturan awal, gunakan suhu panas yang tinggi. Setelah alat pemanggang mulai mengeluarkan asap, tambahkan bumbu yang dibutuhkan untuk melezatkan makanan Anda. Sesudah itu, Anda dapat menurunkan suhu kompor agar masakan tidak hangus.

Jika suhu kompor terlalu panas, sebaiknya kompor dimatikan. Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang berbeda-beda tergantung dengan bahan-bahan masakannya. Umumnya, proses memanggang membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga 30 menit. Dengan menggunakan kompor listrik, Anda dapat memanggang beragam jenis bahan makanan dengan mudah. Ikan, sosis, telur, cumi-cumi, dan lainnya dapat Anda panggang dengan menggunakan kompor listrik.

Baca juga rekomendasi kompor lainnya di sini

Kompor listrik mempunyai beragam fitur yang dapat memudahkan Anda saat memasak. Namun, kami juga sudah mengulas tentang kompor gas dan kompor gas portabel. Jika Anda ingin membandingkan kompor-kompor ini, silakan melihat artikel ulasannya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Di saat meningkatnya kepopuleran kompor induksi, kompor listrik masih mempunyai daya tarik tersendiri. Dengan bentuk dan sistem yang lebih sederhana, kompor listrik menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari kompor yang praktis. 


Selain itu, banyak kompor listrik yang tersedia dengan beragam bentuk dan fitur. Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda dapat menemukan produk yang sesuai? Semoga ulasan ini membantu Anda saat memilih produk untuk Anda maupun keluarga. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pemanggang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pemanggang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Alat pemanggang umumnya tidak menimbulkan asap dan memudahkan Anda memanggang ikan, daging, atau bahan makanan lainnya. Alat panggang terdiri dari beberapa tipe, yaitu yang menggunakan gas, listrik, dan infrared. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.Ada banyak pemanggang bermerek terkenal, seperti Philips, Severin, HI-COOK, dan lainnya. Berbagai pilihan tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh produk pemanggang terbaik. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    33.375 Views
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sandwich biasanya menjadi salah satu menu sarapan praktis yang dipilih masyarakat perkotaan. Agar proses membuat sandwich lebih cepat, Anda membutuhkan sandwich maker. Sandwich maker mampu membuat isian roti matang sekaligus. Lalu, sandwich maker seperti apa yang terbaik untuk Anda?Jika Anda bingung, di kesempatan ini, kami akan menjelaskan lebih jauh bagaimana cara memilih sandwich maker yang sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan memberikan rekomendasi sandwich maker seperti merek Kenwood atau Sharp yang layak Anda miliki di rumah. Supaya tidak salah membeli, silakan menyimak artikel ini sampai selesai.
    Peralatan dapur
    3.976 Views
  • 10 Rekomendasi Panci Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Panci Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang dimasak dengan cara digoreng seperti ayam goreng tepung memiliki teknik khusus yang membuatnya renyah. Namun, dengan panci penggorengan khusus, masakan akan terasa lebih renyah. Ada berbagai panci penggorengan dengan bentuk, ukuran, dan bahan berbeda. Bahan yang digunakan pun beragam dari besi hingga enamel. Banyaknya pilihan produk membuat Anda bingung, kan? Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan tips dalam memilih panci penggorengan. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek seperti Oxone dan Fincook. Simak artikel ini, dan temukan produk terbaik untuk Anda.
    Peralatan dapur
    16.286 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik yang Ampuh Bersihkan Minyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik yang Ampuh Bersihkan Minyak (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak yang bilang mencuci piring adalah pekerjaan rumah yang paling merepotkan. Oleh karena itu, kini banyak tersedia berbagai produk sabun cuci piring yang bisa membantu menghilangkan minyak, bakteri, dan bau membandel pada alat makan Anda. Di antaranya ada Sunlight, Mama Lemon, SOS, atau lainnya.Apakah Anda sudah tahu ingin memilih yang mana? Kali ini kami akan membantu Anda memilih sabun cuci piring serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Temukan produk yang akan memudahkan Anda mencuci piring sehingga tidak ada lagi stres akibat pekerjaan rumah!
    Peralatan dapur
    5.626 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    77.535 Views
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Meski terkesan sepele, ternyata ada banyak merek produk yang dijual di pasaran, seperti Maspion, IKEA, KitchenAid, dan lainnya. Merek-merek ini menjual teko dengan berbagai model, material, dan harga.Saat akan membeli teko, tentu Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, bukan? Untuk itu, kami akan membantu Anda memilih teko pemanas air berdasarkan beberapa pertimbangan. Mari temukan teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda!
    Peralatan dapur
    5.772 Views
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pressure cooker atau panci presto merupakan alat masak yang menggunakan tekanan untuk menaikkan suhu dan mematangkan makanan lebih cepat. Waktu masak pun jauh lebih singkat, hemat energi, pemanasan bisa lebih merata, dan nutrisi dalam bahan makanan lebih terjaga.Karena keunggulannya, pressure cooker menjadi salah satu peralatan masak yang wajib ada di dapur. Saat ini, berbagai merek, seperti Oxone, Kangaroo, Maxim, dan Fissler juga meluncurkan produk pressure cooker-nya. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih pressure cooker dan 10 rekomendasi produknya.
    Peralatan dapur
    6.202 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori