10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Namun, saat ini kebanyakan orang jarang terpapar sinar matahari sehingga mengalami kekurangan vitamin D. Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah banyak beredar berbagai merek suplemen vitamin D.

Banyaknya jenis produk suplemen vitamin D mungkin malah membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin D, serta memberikan 10 rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai agar tubuh Anda semakin bugar, ya!

Vitamin D untuk tubuh yang lebih kuat

Vitamin D terdapat pada buah pir, serta berbagai jenis ikan seperti salmon, herring, sarden, dan flounder. Namun, tubuh Anda hanya dapat memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Agar Anda lebih paham, sekarang kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai vitamin D dan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Vitamin D dari bahan makanan saja belum cukup!

Vitamin D dari bahan makanan saja belum cukup!

Karena vitamin D dapat diperoleh dari makanan dan paparan sinar matahari, ada orang yang berpikir bahwa tidak perlu lagi untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Padahal, kenyataannya tidaklah sesederhana itu.

Agar tubuh mampu memproduksi vitamin D dalam jumlah yang cukup, Anda harus dikenai paparan sinar matahari pagi atau siang minimal selama 5 sampai 30 menit, 2 kali seminggu. Namun, gaya hidup modern membuat kebanyakan orang menjadi jarang terpapar sinar matahari.

Apalagi, untuk orang yang sudah berumur, tentu semakin sulit untuk berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, sekalipun Anda sudah memperoleh vitamin D dari makanan dalam jumlah yang cukup, kandungan vitamin D dalam tubuh Anda tidak akan mencukupi bila Anda jarang terpapar sinar matahari. Terlebih lagi bila Anda jarang makan ikan, tentu tubuh Anda akan semakin kekurangan vitamin D.

Selain itu, mengingat gaya hidup dan menu makanan masyarakat Indonesia pada umumnya, tentu sukar untuk memenuhi standar kecukupan vitamin D. Oleh karena itu, Anda dapat mulai mengonsumsi suplemen vitamin D agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Jangan lupa juga untuk tetap berjemur di bawah sinar matahari secukupnya.

Vitamin D untuk menguatkan tulang dan otot, serta mencegah infertilitas

Vitamin D untuk menguatkan tulang dan otot, serta mencegah infertilitas

Semakin bertambah umur, tulang Anda akan semakin rapuh sehingga sedikit saja Anda terjatuh atau terbentur, tulang Anda bisa retak bahkan patah. Apalagi, ketika Anda semakin berumur, produksi hormon dalam tubuh Anda juga semakin berkurang. Kurangnya hormon dalam tubuh akan mendorong terjadinya osteoporosis, baik pada pria maupun wanita. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat meminum suplemen vitamin D serta kalsium. Kombinasi vitamin D dan kalsium mampu menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain itu, vitamin D juga terbukti berperan penting untuk menguatkan otot. Pada pria, semakin banyak jumlah hormon testosteronnya, semakin kuat pula kekuatan ototnya. Bila seorang pria mengonsumsi suplemen vitamin D selama 1 tahun, produksi hormon testosteronnya meningkat sebanyak 20%. Seiring dengan peningkatan jumlah hormon tersebut, tentu kekuatan ototnya juga semakin meningkat.

Vitamin D juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, yakni untuk mencegah terjadinya PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Selain itu, dengan kandungan vitamin D yang cukup pada tubuh, seorang wanita akan memproduksi jumlah sel telur lebih banyak sehingga kemungkinan untuk hamil juga meningkat. Sangat jelas bahwa vitamin D bermanfaat untuk pria maupun wanita, tua maupun muda, bukan?

Cara memilih suplemen vitamin D

Setelah Anda cukup mengenal vitamin D, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin D agar Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah produk yang mengandung vitamin D3

Pilihlah produk yang mengandung vitamin D3

Terdapat 2 jenis vitamin D, yakni D2 dan D3. Vitamin D3 diklaim lebih mudah diserap oleh tubuh, sementara vitamin D2 masih diuji efektivitasnya terhadap tubuh. Di pasaran, terdapat banyak suplemen vitamin D yang juga mengandung vitamin D3. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan menemukan produk dengan kandungan vitamin D3.

Pilihlah produk dengan komposisi yang tepat

Pilihlah produk dengan komposisi yang tepat

Untuk meningkatkan khasiat tertentu, vitamin D dapat dikombinasikan dengan kandungan zat lain. Sebagai contoh, Anda dapat memilih suplemen vitamin D yang mengandung kalsium, isoflavone, atau zat lain agar semakin ampuh menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Anda juga dapat memilih suplemen vitamin D yang dipadukan dengan minyak ikan untuk meningkatkan khasiatnya dalam memperlancar peredaran darah, menyehatkan jantung, serta menutrisi otak.

Dibandingkan mengonsumsi seluruh vitamin yang tersedia di pasaran secara bersamaan, mengonsumsi vitamin D yang dikombinasikan dengan kandungan zat lain akan memberi manfaat kesehatan lebih optimal. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kandungan komposisinya sebelum Anda memutuskan untuk memilih suplemen vitamin D.

Perhatikan takaran IU atau µg-nya

Perhatikan takaran IU dan µg-nya

IU (International Unit) adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan jumlah kandungan vitamin D. Meski begitu, saat ini ada juga produk yang menggunakan satuan berupa µg (mikrogram). Perlu Anda ketahui, 1 µg sama dengan 40 IU. Hal tersebut penting untuk Anda ingat agar Anda dapat memilih produk dengan takaran yang tepat.

Standar kecukupan vitamin D harian adalah 25 µg atau 1.000 IU. Nah, apakah Anda telah memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda? Bila belum, mengonsumsi suplemen vitamin D adalah cara yang tepat agar kebutuhan vitamin D tubuh Anda tercukupi.

10 Rekomendasi suplemen vitamin D terbaik

Apakah Anda sudah memahami cara memilih suplemen vitamin D yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda? Nah, sekarang saatnya kami akan memberikan 10 rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, ya!

10. Natures Plus Vitamin D3 400 IU Softgels

10. Natures Plus Vitamin D3 400 IU Softgels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Semakin sehat dengan suplemen bebas gluten, pengawet, dan pewarna buatan!

Ketika Anda mengonsumsi suplemen ini, Anda akan memperoleh vitamin D3 sebanyak 400 IU. Diekstrak dari minyak hati ikan laut dalam, produk ini tidak hanya mengandung vitamin D3 tetapi juga mengandung vitamin A sebanyak 800 IU. Bila Anda mengonsumsi produk ini secara rutin, kedua vitamin tersebut tentu akan membuat tulang, otot, dan mata Anda semakin sehat.

Produk ini berbentuk softgel sehingga mudah untuk Anda telan. Suplemen ini sangat aman untuk Anda konsumsi karena tidak mengandung gluten, pengawet, maupun pewarna buatan. Bila Anda mencari suplemen vitamin D yang aman dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan Anda, produk ini adalah salah satu pilihan tepat.

9. Enervita Vitamin A & D

9. Enervita Vitamin A & D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Dapatkan mata sehat dengan cara yang menyenangkan!

Suplemen ini dikemas dalam softgel, mudah untuk ditelan dan diserap oleh tubuh Anda. Setiap softgel-nya mengandung 400 IU vitamin D dan 5.000 IU vitamin A. Bila Anda mencari suplemen vitamin D yang juga berfungsi optimal untuk menyehatkan mata, produk ini adalah jawabannya.

Kombinasi vitamin A dan D pada produk ini tidak hanya berfungsi untuk menyehatkan mata, tetapi juga berfungsi untuk mempercepat proses penyerapan kalsium. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi produk ini bersamaan dengan produk kalsium lain. Anda juga bisa mengonsumsinya bersama keluarga Anda karena produk ini juga cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia.

8. Nature’s Way Kids Smart Drops Vitamin D3

8. Nature's Way Kids Smart Drops Vitamin D3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Lengkapi kebutuhan vitamin si kecil bahkan sejak usia batita!

Bila Anda mencari suplemen vitamin D yang dapat dikonsumsi oleh anak batita, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja. Suplemen berbentuk cair ini cocok dikonsumsi bahkan oleh bayi yang baru berusia 4 minggu, lho! Setiap 1 ml produk ini mampu menutrisi anak Anda dengan vitamin D3 sebanyak 400 IU.

Produk ini tidak mengandung perasa buatan, jadi cocok untuk Anda campurkan pada susu atau makanan anak Anda. Tidak hanya itu, produk ini juga tidak mengandung pemanis, pewarna, maupun pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh buah hati Anda. Dengan adanya produk ini, Anda bisa menguatkan otot, tulang, dan gigi anak Anda sejak usia sangat dini, bukan?

7. Nature’s Health Nano Calcium 600mg + Vitamin D

7. Nature's Health Nano Calcium 600mg + Vitamin D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 170.000

Semakin mudah diserap tubuh berkat teknologi nanonya

Vitamin D3 pada produk ini tidak hanya menyehatkan tubuh Anda, tetapi juga berperan penting dalam mempermudah proses penyerapan kalsium. Kandungan kalsium produk ini sendiri cukup memadai, yakni sebanyak 600 mg. Jumlah tersebut cukup ideal untuk membantu proses pemulihan tulang yang patah.

Diformulasikan menggunakan teknologi nano, suplemen ini sangat mudah diserap oleh tubuh Anda. Produk ini juga semakin cepat diserap oleh tubuh Anda karena dikemas dalam bentuk softgel. Bila Anda menginginkan suplemen yang mudah diserap oleh tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan cedera tulang, produk ini adalah opsi yang tepat.

6. Now Vitamin D-3 2.000 IU Softgels

6. Now Vitamin D-3 2.000 IU Softgels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 214.900

Tingkatkan fertilitas dengan cara yang mudah

Dikemas dalam bentuk softgel, Anda tidak akan kesulitan untuk mengonsumsinya. Setiap softgel mengandung vitamin D3 hingga 2.000 IU, cukup banyak, ya! Bila Anda sedang dalam program untuk memiliki anak dan ingin meningkatkan kesuburan, produk ini sangat cocok untuk Anda.

Kemudian, dengan kandungan vitamin D3 sebanyak itu, Anda cukup mengonsumsi 1 softgel per hari. Dengan begitu, produk berisi 120 softgel per botol ini baru akan habis setelah Anda konsumsi selama 4 bulan. Karena baru akan habis setelah 4 bulan, produk ini juga cocok untuk Anda yang sudah cukup berumur dan tidak ingin repot karena harus membelinya terlalu sering.

5. Natures Plus Adult\’s Chewable Vitamin D3 1000 IU – Maui Berry Burst Flavor

5. Natures Plus Adult\'s Chewable Vitamin D3 1000 IU - Maui Berry Burst Flavor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Dapat dikonsumsi juga oleh vegetarian, lho!

Berbentuk tablet chewable, produk ini mudah untuk Anda kunyah dan telan. Kombinasi rasa nanas, anggur dan raspberry yang disebut sebagai rasa maui berry burst, terasa segar dan enak di lidah. Kemudian, suplemen ini mengandung vitamin D3 sebanyak 1.000 IU per tablet, tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Produk ini juga tidak mengandung gluten, jadi semakin aman untuk Anda konsumsi. Yang sangat menarik, produk ini dibuat dari bahan-bahan nabati sehingga cocok dikonsumsi juga oleh Anda yang seorang vegetarian. Bila Anda adalah vegeterian dan membutuhkan suplemen vitamin D yang enak dikunyah serta kaya nutrisi, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanjaan Anda.

4. Now Vitamin D-3 & K-2 Veg Capsules

4. Now Vitamin D-3 & K-2 Veg Capsules

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.000

Aman dikonsumsi, tanpa khawatir risiko alergi

Mengandung vitamin D3 sebanyak 1.000 IU dalam 1 kapsul, produk ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Suplemen ini juga mengandung vitamin K2 yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah Anda. Kombinasi vitamin D3 dan K2-nya efektif untuk menguatkan tulang dan menyehatkan jantung Anda.

Tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organisms), produk ini aman untuk Anda konsumsi. Bila Anda alergi kacang kedelai, susu, atau telur, Anda juga tidak perlu khawatir karena produk ini tidak mengandung bahan-bahan tersebut. Bila Anda membutuhkan suplemen vitamin D untuk menyehatkan jantung dan tidak menimbulkan alergi, produk ini cocok jadi pilihan!

3. Swanson Premium Omega-3 Fish Oil With Vitamin D – Lemon Flavored

3. Swanson Premium Omega-3 Fish Oil With Vitamin D - Lemon Flavored

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 199.000

Sehatkan tubuh dan kuatkan jantung dengan 1 produk saja

Dengan kandungan vitamin D sebanyak 1.000 IU per softgel, produk ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Dikombinasikan dengan kandungan Omega 3 sebanyak 1.000 mg, jantung Anda juga akan semakin sehat. Bila Anda ingin suplemen vitamin D yang sekaligus dapat menyehatkan jantung Anda, produk ini adalah jawaban terbaik.

Kemudian, kandungan EPA sebanyak 180 mg dan DHA sebanyak 120 mg pada produk ini akan menutrisi dan meningkatkan kinerja otak Anda. Bebas GMO, tentu produk ini tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Dengan rasa lemon yang menyegarkan, aroma amis pada produk ini sangatlah minim sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mengonsumsinya setiap hari.

2. Puritan’s Pride Calcium Magnesium with Vitamin D

2. Puritan's Pride Calcium Magnesium with Vitamin D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 159.999

Kombinasi 3 in 1 untuk menguatkan tulang Anda

Dikemas dalam bentuk kaplet coated, Anda bisa langsung menelan atau menumbuknya terlebih dahulu hingga halus agar lebih mudah ditelan. Rekomendasi takaran konsumsi produk ini adalah maksimal 3 kaplet per hari. Anda tidak perlu meminum lebih dari 3 kaplet dalam 1 hari karena 1 kaplet saja sudah mengandung 400 IU vitamin D.

Produk ini memadukan vitamin D dengan magnesium sebanyak 500 mg, ditambah dengan kalsium hingga 1.000 mg per kapletnya. Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan 3 jenis nutrisi sekaligus dengan 1 produk. Bila Anda membutuhkan suplemen vitamin D dengan perpaduan bahan yang ampuh untuk menguatkan tulang dan otot Anda, produk ini layak dipertimbangkan.

1. Doctor’s Best Vitamin D3 5000 IU

1. Doctor's Best Vitamin D3 5000 IU

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Nutrisi maksimal dengan vitamin D sebanyak 5.000 IU!

Bila Anda jarang mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D, produk ini wajib dimasukkan ke dalam daftar belanja Anda. Suplemen ini mampu menutrisi tubuh Anda secara optimal karena mengandung vitamin D3 hingga 5.000 IU, lho! Dengan kandungan sebanyak itu, produk ini sangat efektif untuk mengaktifkan produksi vitamin D pada tubuh Anda.

Apalagi, ketika Anda rutin mengonsumsi produk ini sambil menjemur diri di bawah sinar matahari, tentu manfaat yang akan Anda dapat lebih optimal. Dikemas dalam bentuk softgel, suplemen ini sangat mudah untuk Anda telan dan cepat diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu, produk ini bebas GMO dan gluten sehingga sangat aman untuk Anda konsumsi setiap hari.

Kesimpulan

Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D tiap hari karena harganya cukup terjangkau. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari, tulang dan otot Anda akan semakin kuat. Jadi, apalagi yang Anda tunggu?

Bila dibutuhkan, Anda juga dapat memilih produk yang dikombinasikan dengan minyak ikan agar jantung Anda semakin sehat. Dipadukan dengan kebiasaan menjemur diri agar terkena sinar matahari pagi, tubuh Anda akan memproduksi vitamin D dalam jumlah yang cukup. Hasilnya, tubuh Anda akan semakin bugar dan terhindar dari osteoporosis maupun infertilitas.

Related Posts: