• 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Vitamin D Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Karena itu, vitamin ini punya dampak positif terhadap kekuatan otot dan tulang. Vitamin D dibentuk tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya banyak orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan kekurangan vitamin D.

Kini sudah banyak dijual produk suplemen vitamin D dari merek terbaik, seperti Blackmores dan NOW Foods. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin D yang bagus serta memberikan rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa itu suplemen vitamin D?

Vitamin D terkandung dalam berbagai jenis ikan, seperti salmon, herring, sarden, dan flounder. Vitamin D juga dapat diproduksi secara alami oleh tubuh saat terpapar sinar matahari. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai vitamin D dan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Vitamin D dari makanan saja mungkin belum cukup

Vitamin D dari makanan saja mungkin belum cukup

Banyak orang menganggap suplemen vitamin D tidak diperlukan karena bisa diperoleh dari makanan dan paparan sinar matahari. Faktanya, tubuh harus terpapar sinar matahari setidaknya selama 5–30 menit untuk memproduksi vitamin D dalam jumlah memadai. Paparan tersebut harus Anda peroleh minimal 2 kali per minggu. 


Gaya hidup modern membuat orang makin jarang terkena paparan sinar matahari sehingga kecukupan vitamin D sulit terpenuhi. Untuk mencukupkan kebutuhan tersebut, Anda dapat mengonsumsi vitamin D dalam dosis yang sesuai setiap hari. The Endocrine Society merekomendasikan agar serum vitamin D diperoleh dalam jumlah konstan 40–60 ng/ml.

Manfaat vitamin D untuk tubuh

Manfaat vitamin D untuk tubuh

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sangat penting dalam tubuh. Vitamin ini mampu mengatur kalsium yang merupakan neurotransmitter/pembawa sinyal/aktivator penting sel-sel dalam tubuh. Dari sel saraf, otot, tulang, pencernaan, hingga hormonal bergantung pada peran kalsium dalam homeostasisnya.


Karena itu, vitamin D terus diteliti. Vitamin ini punya potensi besar dalam regulasi sistem imun, antikanker, pencegahan penyakit kardiovaskular, dan lain-lain. Di bawah ini adalah penjelasan ringkas mengenai manfaat vitamin D.


  • Menguatkan tulang dan otot. Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium serta memelihara kadar fosfor. Dengan begitu, kekuatan tulang dan otot Anda akan terjaga.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini akan membantu melawan infeksi akibat virus dan bakteri.

  • Menjaga kesehatan ibu hamil. Tercukupinya kebutuhan vitamin D dapat membantu mencegah terjadinya preeklamsia pada masa kehamilan. Namun, ingatlah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

  • Mengurangi risiko tubuh terkena diabetes. Pada dasarnya, vitamin D memang tidak dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini berpotensi membantu menghindarkan tubuh dari risiko diabetes.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen vitamin D

Setelah Anda mengetahui informasi tentang vitamin D, kini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin D. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Utamakan produk yang mengandung vitamin D3

Utamakan produk yang mengandung vitamin D3

Salah satu pertanyaan yang banyak diajukan adalah apa perbedaan antara vitamin D dengan vitamin D3 (cholecalciferol)? Sebenarnya, terdapat dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 bisa diperoleh dari beberapa jenis jamur. Sementara itu, vitamin D3 terdapat dalam hati sapi, kuning telur, daging sapi, dan susu. Jadi, bisa dibilang bahwa vitamin D3 merupakan pelengkap vitamin D dalam tubuh.


Vitamin D3 adalah bentuk natural dari vitamin D yang diproduksi di kulit sehingga menjadi bentuk utama yang dipakai tubuh. Vitamin D3 yang dikonsumsi akan diangkut oleh vitamin D binding protein (DBP) dari usus ke hati. Selanjutnya, terjadi hidroksilasi pada gugus C25 menjadi 25-hidroksi vitamin D3 [25(OH)D3].


Bentuk tersebut dibawa ke tubulus renalis proksimal ginjal oleh DBP. Setelah itu, terjadi kembali hidroksilasi pada gugus C1 sehingga bentuknya menjadi 1,25-dihidroksi vitamin D3 [1,25(OH)2D3]. Ini merupakan bentuk fungsional dari vitamin D3 yang berinteraksi langsung dengan reseptor vitamin D di organ target.


Sebagai informasi, vitamin D3 telah teruji lebih efektif dalam tubuh manusia dibandingkan dengan vitamin D2. Jadi, akan lebih baik bila Anda memilih produk yang mengandung vitamin D3. Selain itu, sebagian besar produk di pasaran menggunakan vitamin D3.

Perhatikan efek sinerginya dengan bahan lain

Perhatikan efek sinerginya dengan bahan lain

Untuk meningkatkan manfaatnya, vitamin D dapat dikombinasikan dengan zat yang lain. Sebagai contoh, Anda dapat memilih suplemen yang juga mengandung kalsium dan isoflavon agar lebih efektif mencegah osteoporosis.


Bagi para ibu hamil, Anda dapat mengombinasikannya dengan zat besi dan asam folat. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dengan suplemen vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat antioksidan dari vitamin C akan menyempurnakan khasiat dari vitamin D.


Konversi 25-hidroksi vitamin D3 menjadi 1,25-dihidroksi vitamin D3 bahkan sangat bergantung dari ketersediaan vitamin C. Vitamin C juga terlibat dalam pembentukan reseptor vitamin D pada sel target. Jadi, boleh disimpulkan bahwa vitamin D tidak dapat berfungsi tanpa vitamin C yang mencukupi.


Ketimbang mengonsumsi multivitamin, kami lebih menyarankan Anda mengonsumsi vitamin D yang dikombinasikan dengan zat aktif yang Anda butuhkan. Jadi, pastikan terlebih dahulu kandungan komposisinya sebelum Anda memutuskan untuk memilih suplemen vitamin D, ya.

Pilih berdasarkan takaran IU atau µg-nya

Pilih berdasarkan takaran IU atau µg-nya
IU (International Unit) adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan dosis atau jumlah kandungan vitamin D. Meski begitu, saat ini ada juga produk yang menggunakan satuan berupa µg (mikrogram). Perlu diketahui, 1 µg setara dengan 40 IU. Hal ini penting untuk diingat agar Anda dapat memilih produk dengan takaran yang tepat.

Standar kecukupan vitamin D dapat bervariasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia dan faktor risiko. Demi memenuhi rekomendasi The Endocrine Society dalam mempertahankan serum vitamin D 40–60 ng/mL, dibutuhkan konsumsi vitamin D sebagai berikut.

  • 0–1 tahun: 400–1000 IU
  • 1–18 tahun: 800–1000 IU
  • >18 tahun: 1500–2000 IU

AKG (Angka Kecukupan Gizi) dari Kemenkes bisa dipakai sebagai patokan kebutuhan minimal. Jika Anda merupakan pasien yang membutuhkan vitamin D ekstra, dosis akan disesuaikan oleh dokter. Misalnya, Anda dalam proses penyembuhan patah tulang dan/atau osteoporosis atau sedang terpapar virus COVID-19.

Cek sertifikasi suplemen vitamin D

Cek sertifikasi suplemen vitamin D

Hal penting lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah sertifikasi dari suplemen vitamin D pilihan Anda. Untuk di Indonesia, suplemen yang terjamin aman mengantongi sertifikat dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Anda dapat mengeceknya di kemasan produk atau di website resminya.


Ada juga beberapa produk dengan sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice). Label GMP diberikan kepada produk yang dibuat sesuai dengan standar yang berlaku. Jadi, mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga proses distribusi produk, semuanya terjamin aman.


Selain BPOM dan GMP, beberapa produk impor memiliki sertifikasi yang sesuai standar negara pembuatnya. Pastikan Anda memilih produk yang aman, ya.

10 Rekomendasi suplemen vitamin D terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen vitamin D terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D1000 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 kapsul (minimal usia 12 tahun)
Isi250 kapsul, 500 kapsul
SertifikasicGMP
9
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D1000 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 tablet
Isi20 tablet
SertifikasiBPOM
8

Natural OrganicsNatures Plus Vitamin D3 400 IU

Mulai dari Rp 230.000,00

Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D400 IU
Kandungan bahan lainSafflower oil
Takaran saji per hari1 softgel
Isi90 softgels
SertifikasiBPOM
7

Cool-VitaEffervescent Tablets Vitamin C, D, & Zinc

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis vitamin DTidak disebutkan
Kandungan vitamin D400 IU
Kandungan bahan lainVitamin C 100 mg, Zinc 10 mg
Takaran saji per hari1 tablet (minimal usia 12 tahun)
Isi10 tablet, 12 tablet, 20 tablet
SertifikasiBPOM
6
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D400 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari<1 tahun: 0,5 sendok takar・>1 tahun: 1 sendok takar
Isi60 ml
SertifikasiBPOM
5

NOW FoodsVitamin D-3 & K-2 Veg Capsules

Mulai dari Rp 110.000,00

Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D1000 IU
Kandungan bahan lainVitamin K2, vitamin C, dan tepung beras
Takaran saji per hari1 kapsul
Isi120 vegan capsules
SertifikasiGMP
4
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D1000 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 tablet (usia minimal 12 tahun)
Isi30 tablet
SertifikasiBPOM
3
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D400 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 tetes (usia minimal 1 tahun)
Isi12,5 ml
SertifikasiBPOM
2
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D5000 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 softgels
Isi120 softgels, 240 softgels
SertifikasiGMP
1
Jenis vitamin DD3
Kandungan vitamin D1000 IU
Kandungan bahan lainx
Takaran saji per hari1 softgels
Isi60 softgels
SertifikasiBPOM

Tabel perbandingan produk suplemen vitamin D terbaik

Gambar produk
1
Blackmores Vitamin D3 1000IU 1

Blackmores

2
NOW Foods Vitamin D-3 5000 IU Softgels 1

NOW Foods

3
Kalbe Prove D3 Drop 1

Kalbe

4
Mecosin Mecovit-D3 1000 IU 1

Mecosin

5
NOW Foods Vitamin D-3 & K-2 Veg Capsules 1

NOW Foods

6
Pyridam Farma D3-400 1

Pyridam Farma

7
Cool-Vita Effervescent Tablets Vitamin C, D, & Zinc 1

Cool-Vita

8
Natural Organics Natures Plus Vitamin D3 400 IU 1

Natural Organics

9
Ultra Sakti My Well Vitamin D3 1000 IU 1

Ultra Sakti

10
Healthy Care Vitamin D3 1000IU 1

Healthy Care

Nama produk

Vitamin D3 1000IU

Vitamin D-3 5000 IU Softgels

Prove D3 Drop

Mecovit-D3 1000 IU

Vitamin D-3 & K-2 Veg Capsules

D3-400

Effervescent Tablets Vitamin C, D, & Zinc

Natures Plus Vitamin D3 400 IU

My Well Vitamin D3 1000 IU

Vitamin D3 1000IU

Keunggulan

Produk populer dari merek vitamin yang tepercaya

Nutrisi maksimal dengan vitamin D sebanyak 5.000 IU!

Bisa dicampur dalam makanan atau minuman

Ekonomis dan praktis untuk dibawa bepergian

Menyehatkan jantung dan tulang tanpa risiko alergi

Dengan bentuk sirup yang memudahkan si kecil untuk mengonsumsinya

Cara segar untuk mengonsumsi suplemen vitamin D

Makin sehat dengan suplemen bebas gluten dan zat aditif

Vitamin D3 yang bagus untuk ibu hamil

Bangun kekuatan otot pada lansia dengan produk ini

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 85.000,00Rp 236.000,00Rp 27.500,00Rp 110.000,00Rp 28.000,00Rp 45.000,00Rp 230.000,00Rp 17.883,00Rp 320.000,00
Jenis vitamin DD3D3D3D3D3D3Tidak disebutkanD3D3D3
Kandungan vitamin D1000 IU5000 IU400 IU1000 IU1000 IU400 IU400 IU400 IU1000 IU1000 IU
Kandungan bahan lainxxxxVitamin K2, vitamin C, dan tepung berasxVitamin C 100 mg, Zinc 10 mgSafflower oilxx
Takaran saji per hari1 softgels1 softgels1 tetes (usia minimal 1 tahun)1 tablet (usia minimal 12 tahun)1 kapsul<1 tahun: 0,5 sendok takar・>1 tahun: 1 sendok takar1 tablet (minimal usia 12 tahun)1 softgel1 tablet1 kapsul (minimal usia 12 tahun)
Isi60 softgels120 softgels, 240 softgels12,5 ml30 tablet120 vegan capsules60 ml10 tablet, 12 tablet, 20 tablet90 softgels20 tablet250 kapsul, 500 kapsul
SertifikasiBPOMGMPBPOMBPOMGMPBPOMBPOMBPOMBPOMcGMP
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen vitamin D

Pertanyaan umum seputar suplemen vitamin D

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar suplemen vitamin D. Jika Anda masih penasaran dengan suplemen vitamin D, simak jawabannya di bawah ini!

Kapan waktu yang tepat minum vitamin D?

Pada dasarnya, Anda dapat mengonsumsi vitamin D sebelum ataupun sesudah makan. Namun, akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya setelah makan agar penyerapan vitamin dalam tubuh lebih optimal.

Apa ciri-ciri kekurangan vitamin D?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin kekurangan vitamin D. Berikut contohnya.

  • Mudah merasa lelah
  • Penyembuhan luka berlangsung lebih lama
  • Nyeri tulang dan otot
  • Tulang keropos
  • Lebih mudah terserang penyakit
  • Lebih mudah stres

Baca juga rekomendasi produk vitamin tulang dan susu berkalsium tinggi di sini

Vitamin D dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa memadukannya dengan mengonsumsi vitamin tulang atau susu berkalsium tinggi. Silakan simak rekomendasi produknya dari kami melalui link berikut.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk suplemen vitamin D terbaik dari berbagai merek. Sudahkah Anda menemukan produk yang dibutuhkan? 


Anda dapat menjadikan penjelasan dalam artikel ini sebagai panduan ketika hendak memilih suplemen vitamin D. Pilihlah produk dengan komposisi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari, tulang dan gigi yang kuat bisa Anda dapatkan. Kesehatan Anda pun akan lebih terjaga. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum tentu terpenuhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat. Terdapat beberapa merek yang bagus, seperti Folamil Genio, Blackmores, dan Natures Plus. Merek apa yang cocok untuk Anda?Untuk membantu Anda, kami akan mengulas poin-poin mengenai suplemen asam folat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya sekaligus menjelaskan cara yang tepat untuk mengonsumsi asam folat. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih percaya diri. Oleh karena itu, suplemen peninggi badan yang bagus untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak beredar di pasaran.  Beberapa merek suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lainnya. Di artikel ini kami akan mengulas peninggi badan yang terdaftar di BPOM. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori