10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Agar tidak rusak, kamera tidak boleh terkena air kecuali bila kamera Anda dilengkapi dengan fitur waterproof. Akan tetapi, bagaimana bila kamera Anda yang tidak berfitur waterproof  tiba-tiba terguyur hujan atau terjatuh ke tempat berair? Bagaimana bila Anda harus mengambil foto di tengah laut atau sungai dengan risiko kamera menjadi basah?

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi waterproof camera cases terbaik. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih waterproof camera cases

Terdapat berbagai jenis produk waterproof camera cases dengan keunggulan dan spesifikasi berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu.

Pilihlah berdasarkan tipe case-nya

Secara umum terdapat 3 tipe waterproof case, yakni softcase, hardcase, dan tas kamera. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, mari kita bahas satu persatu!

Softcase, nyaman dan mudah digunakan

Softcase, nyaman dan mudah digunakan

Softcase terlihat seperti tas transparan, dengan penutup berupa ritsleting yang dapat melekat dengan erat. Penutup tersebut membuat air tidak dapat masuk. Karena bersifat soft, Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk produk dari merek tertentu saja, tetapi juga untuk berbagai smartphone maupun kamera digital, tentu saja selama ukurannya masih sesuai.

Meskipun cukup memberikan perlindungan untuk Anda gunakan di kolam renang maupun sungai, tipe ini tidak bisa Anda gunakan di air yang dalam. Anda tidak bisa menggunakan tipe ini saat melakukan kegiatan seperti diving atau kegiatan lain yang membuat Anda harus menyelam cukup dalam. Meski begitu, bila Anda menggunakannya hanya untuk kegiatan sehari-hari, tipe ini sudah lebih dari cukup.

Hardcase, cocok digunakan hingga kedalaman tertentu

Hardcase, cocok digunakan hingga kedalaman tertentu

Waterproof hardcase dibuat khusus untuk produk tertentu saja. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menggunakan hardcase suatu produk untuk produk lain yang berbeda merek atau tipe. Meski begitu, hardcase sangat tahan air dan dapat Anda gunakan hingga batas kedalaman tertentu tergantung spesifikasi masing-masing produk.

Hardcase juga dapat dipasangi aksesori tertentu untuk mendukung fungsi kamera agar hasil foto atau videonya semakin bagus. Oleh karena itu, bila ingin hasil jepretan kamera Anda berkualitas tinggi layaknya profesional, sebaiknya Anda menggunakan waterproof hardcase.

Tas kamera, memberikan perlindungan lebih pada kamera Anda

Tas kamera, memberikan perlindungan lebih pada kamera Anda

Selain softcase dan hardcase, terdapat tas kamera juga. Sebenarnya tipe ini memiliki fungsi utama sebagai tempat menyimpan kamera untuk kemudian Anda bawa ke tempat tujuan Anda. Namun, bila tidak waterproof, air bisa saja tiba-tiba merembes ke dalam tas dan merusak kamera tanpa Anda sadari.

Oleh karena itu, bila Anda menyukai tipe tas, pilihlah yang waterproof. Hal tersebut sangat penting karena kamera sangat mudah rusak apabila terkena air. Tentu Anda menginginkan perlindungan sempurna untuk kamera kesayangan Anda, bukan?

Perhatikan kemudahan penggunaan kamera saat case-nya dipasang

Perhatikan kemudahan penggunaan kamera saat case-nya dipasang

Anda juga harus memastikan bahwa kamera Anda masih dapat digunakan saat waterproof case-nya terpasang. Bila Anda sedang menggunakan softcase, Anda mungkin masih bisa menyentuh tombolnya dari luar softcase. Namun, ketika Anda harus melakukan pengaturan tertentu pada kamera Anda, biasanya Anda tetap harus mengeluarkannya dari softcase. Di sisi lain, Anda tetap dapat melakukan pengaturan dan menggunakan kamera Anda secara normal bila Anda menggunakan hardcase.

Anda tidak akan banyak menyentuh kamera Anda saat proses perekaman video berlangsung. Namun, bila Anda sedang melakukan pengambilan foto, sebaiknya Anda menggunakan waterproof case yang tidak menghalangi kamera Anda untuk berfungsi secara optimal agar proses pengambilan foto bisa berjalan lancar.

Pilihlah produk dengan level waterproof yang tinggi

Pilihlah produk dengan level waterproof yang tinggi

Saat ini, sudah ada standar baku untuk mengukur seberapa tinggi level waterproof suatu produk. Standar ini disebut level IP dan dikeluarkan oleh IEC (International Electrotehnical Commision). Format level IP adalah IPXX, di mana X adalah angka tertentu. X pada bagian depan menunjukkan level dustproof, dan X di bagian belakang menunjukkan level waterpoof. Ketika label suatu produk hanya ingin menampilkan level fitur waterproof saja, tidak jarang level dustproof  tetap ditulis sebagai X.

Sebagai contoh, bila level waterproof suatu produk adalah IPX0, produk tersebut tidak bersifat waterproof sedikitpun. Sementara, bila level waterproof suatu produk adalah IPX8, di mana 8 adalah angka tertinggi, produk tersebut sangat waterproof.

Oleh karena itu, bila Anda sedang mencari waterproof case, kami merekomendasikan untuk memilih softcase atau hardcase dengan level waterproof IPX8. Apabila Anda berencana menggunakan waterproof case untuk kegiatan sehari-hari, Anda dapat memilih IPX7. IPX7 menunjukkan bahwa suatu produk dapat terlindungi dari air dengan kedalaman tidak lebih dari 1 meter selama 30 menit. Sudah lebih dari cukup bila Anda hanya menggunakannya untuk sehari-hari, bukan?

10 Rekomendasi waterproof camera cases terbaik

Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki gambaran waterproof camera cases yang ingin Anda miliki? Untuk membantu Anda menemukan produk yang paling tepat, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi waterproof camera cases terbaik.

10. DiCAPac WP-C1S

10. DiCAPac WP-C1S

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Ukurannya paling pas dengan smartphone Anda!

Bila Anda terbiasa mengambil foto menggunakan kamera smartphone, waterproof softcase ini sangat pas untuk Anda miliki. Memiliki ukuran 9,6 x 16 cm, produk ini cocok untuk digunakan pada smartphone Anda, baik Android maupun iPhone. Dibuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), produk ini bersifat waterproof dan mampu mencegah air merusak smartphone Anda.

Yang lebih menarik, dengan harga cukup terjangkau, produk ini mampu melindungi smartphone Anda hingga kedalaman air 10 meter. Saat Anda memasukkan smartphone Anda ke dalam softcase ini, touchscreen-nya juga dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, produk ini tersedia juga dalam berbagai pilihan warna, yakni hitam, putih, biru, kuning, dan hijau.

9. DSLR Waterproof Camera Case

9. DSLR Waterproof Camera Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Pencinta outdoor photography sudah punya produk ini, belum?

Bila Anda menyukai outdoor photography, produk ini adalah opsi yang pas. Produk ini mampu melindungi kamera Anda dari air maupun debu saat Anda ingin mengambil foto cityscape maupun landscape. Apalagi, produk ini dilengkapi dengan slot untuk memasukkan tangan yang memudahkan Anda melakukan pengaturan pada kamera.

Anda juga tidak akan kesulitan untuk berpindah spot foto karena produk softcase ini mudah dilipat dan dibawa. Agar hasil foto semakin bagus, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan tripod. Bila Anda memiliki beberapa kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), Anda cukup membeli satu softcase saja karena produk ini bisa Anda pasangkan pada semua jenis kamera DSLR.

8. Mini DV MD80 Waterproof Camera Case

8. Mini DV MD80 Waterproof Camera Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.000

Yuk, proteksi kamera mini DV menggunakan produk mungil ini!

Memiliki dimensi 7 x 3,3 x 3 cm, produk ini akan terasa sangat mini dalam genggaman Anda. Meski ukurannya sangat kecil, hardcase ini mampu melindungi kamera mini DV (Digital Video) seri MD80 milik Anda secara optimal. Dengan level dustproof dan waterproof IP68, produk ini mampu melindungi kamera mini DV Anda hingga kedalaman 30 meter.

Dengan desain transparan, Anda tidak akan kesulitan untuk melihat hasil foto dari kamera Anda. Selain itu, produk ini juga terasa semakin fungsional dengan adanya aksesori berupa bracket dan strap. Bila Anda mencari produk yang fungsional dan mampu memproteksi kamera mini DV Anda secara optimal, produk ini pantas dijadikan pilihan.

7. Hero Waterproof EVA Case (Big Size)

7. Hero Waterproof EVA Case (Big Size)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 94.750

Ukurannya besar, harganya terjangkau, tunggu apa lagi?

Produk ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan kamera Xiaomi maupun GoPro. Memiliki ukuran 33,5 x 22,5 x 6,5 cm, tas kamera ini cukup besar untuk memuat kamera Anda plus segala perlengkapannya. Bila Anda membutuhkan tas kamera berukuran besar dengan harga terjangkau, Anda dapat mempertimbangkan produk ini.

Produk ini dibekali extra space di bagian atasnya yang dapat Anda gunakan untuk menaruh barang-barang lain. Meski berukuran cukup besar, bobotnya ringan sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membawanya. Ditambah dengan busa pelindung yang membuatnya tahan benturan, produk dengan harga sangat terjangkau ini terlihat sangat menarik, bukan?

6. GoPro HERO4 Waterproof Camera Case

6. GoPro HERO4 Waterproof Camera Case

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Jodohnya kamera GoPro HERO4

Bila Anda membutuhkan waterproof camera case untuk kamera GoPro HERO4 Anda, produk ini layak dipertimbangkan. Produk ini didesain secara khusus sehingga memiliki ukuran yang sangat pas dengan kamera GoPro HERO4. Dibuat dari material berkualitas, hardcase ini dapat Anda gunakan hingga kedalaman air 40 meter.

Hardcase transparan ini sangat memudahkan Anda untuk mengambil foto dan langsung melihat hasilnya. Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto dari sudut yang semakin bervariasi karena Anda bisa memasangkan tongkat selfie ke produk ini. Ditambah dengan harganya yang terjangkau, produk ini sangat pas untuk dijadikan koleksi perlengkapan GoPro Anda.

5. DiCAPac WP-S3

5. DiCAPac WP-S3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 899.000

Tak perlu ragu, pasti cocok dengan kamera mirrorless Anda, deh!

Memiliki level waterproof IPX8, Anda dapat menggunakan produk ini hingga kedalaman air 5 meter. Sistem penutup rolling zipper dengan double velcro berfungsi maksimal untuk melindungi kamera Anda dari air. Tidak hanya itu, hasil foto Anda juga akan tetap jernih karena lensanya menggunakan UV (Ultraviolet) coated polycarbonate.

Bila Anda mencari waterproof softcase untuk kamera mirrorless Anda, produk ini layak dijadikan opsi. Dengan panjang 17 cm, tinggi 19,5 cm, dan panjang lensa maksimum 6,5 cm, produk ini compatible dengan hampir semua merek kamera mirrorless seperti Panasonic, Canon, Nikon, dan Sony. Anda juga tetap bisa menggunakan internal flash karena bagian depan bodinya transparan.

4. Meikon Underwater Camera Housing For Sony DSC-RX100 II

4. Meikon Underwater Camera Housing For Sony DSC RX100 II

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.473.000

Kedalaman air 40 meter bukan masalah untuk camera case ini

Merupakan tipe hardcase, produk ini hanya dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kamera Sony DSC RX100 II. Pengoperasian kamera Anda tidak akan terganggu meskipun Anda memasang hardcase ini. Dibuat dari gabungan material ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), polycarbonate, dan stainless steel, produk ini cukup durable dan tidak mudah berkarat.

Memiliki level waterproof IPX8, produk ini maksimal melindungi kamera Anda dari air. Bahkan, Anda dapat menggunakan produk ini hingga kedalaman air 40 meter. Bila Anda menyukai keindahan alam bawah laut dan ingin mengabadikannya dengan menggunakan kamera Sony DSC RX100 II Anda yang beresolusi tinggi, produk ini adalah pilihan tepat.

3. Esgotado Camero Segundo

3. Esgotado Camero Segundo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Ukurannya compact, mudah dibawa ke mana saja

Bila Anda mencari tas untuk kamera dengan desain compact, produk ini adalah jawabannya. Dengan dimensi 29 x 22 x 11 cm, tas ini memiliki ukuran yang sangat compact dan mudah untuk Anda bawa. Didesain berkarakter universal, Anda bisa membawa berbagai jenis kamera menggunakan tas ini, tentu selama space-nya masih cukup, ya!

Kapasitasnya juga cukup ideal, yakni 7 liter sehingga Anda bisa memasukkan kamera dan seluruh perlengkapannya ke dalam tas ini. Bila dibutuhkan, Anda bisa melepas sekat di dalamnya dan mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda. Produk ini juga memiliki kantong tambahan di bagian luarnya sehingga Anda bisa menaruh tripod atau botol minum di kantong tersebut.

2. DiCAPac WP-S10

2. DiCAPac WP-S10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.300.000

Kamera SLR berlensa besar juga amanlah, kalau pakai ini!

Bila Anda memiliki kamera SLR (Single-lens Reflects) dengan ukuran lensa cukup besar, Anda dapat mempertimbangkan produk yang satu ini. Pelindung lensa pada produk ini dapat digunakan untuk lensa dengan panjang maksimum hingga 15 cm. Bila kamera SLR Anda tidak berdimensi lebih dari 14 x 10 cm, tentu Anda tidak akan kesulitan memasukkan kamera Anda ke dalamnya.

Memiliki level waterproof IPX8, Anda dapat menggunakan softcase ini hingga kedalaman 5 meter. Anda bisa dengan tenang menggunakannya di kolam renang, sungai, maupun saat melakukan snorkeling. Apalagi, bagian lensanya menggunakan UV (Ultraviolet) coated polycarbonate sehingga hasil foto Anda akan tetap jernih.

1. Esgotado Camero Primeiro

1. Esgotado Camero Primeiro

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 495.000

Kapasitasnya besar dan cocok untuk berbagai kegiatan, lho!

Berkapasitas 24 liter, tas ini tidak hanya dapat Anda gunakan untuk membawa kamera dan perlengkapannya, tetapi juga laptop 15 inch, lho! Anda juga bisa memakai tas ini untuk kegiatan sehari-hari dengan cara melepas dan mengatur sekat di dalamnya sesuai kebutuhan. Bila Anda mencari tas kamera yang waterproof, multifungsi, dan berkapasitas besar, inilah pilihan terbaik!

Bila Anda harus membawa tripod, Anda bisa menyimpannya di saku kanan dan kiri tas ini. Dibuat menggunakan bahan canvas bold ultra water repellent, tas ini tidak hanya kuat tetapi juga waterproof. Anda juga bisa dengan mudah memasukkan kamera apa pun ke tas ini karena karakteristiknya yang universal dan cocok dengan berbagai jenis kamera.

Kesimpulan

Ada waterproof camera cases yang dapat Anda gunakan di sungai maupun di laut dengan kedalaman tertentu. Ada pula produk yang dapat Anda gunakan untuk bermacam-macam merek atau tipe kamera sekaligus. Ada juga case yang hanya dapat Anda gunakan khusus untuk kamera tertentu saja. Bila Anda suka, Anda juga dapat memilih tas kamera yang multifungsi dan cocok untuk berbagai jenis kamera.

Anda akan menghemat banyak dana bila membeli waterproof case dibandingkan dengan membeli kamera waterproof khusus untuk fotografi underwater. Oleh karena itu, Anda dapat memilih produk dengan level IP yang tinggi agar kamera dapat Anda fungsikan secara optimal tidak peduli sebasah apapun medannya. Jangan sampai salah pilih, ya!