mybest
Drone pertanian

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Drone & aksesori
  4. 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]
  • 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 1
  • 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 2
  • 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 3
  • 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 4
  • 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 5

9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]

Perkembangan teknologi memungkinkan drone untuk memudahkan aktivitas pertanian. Penyebaran pestisida, penebaran benih, pemantauan tanaman, hingga pemetaan lahan bisa dibantu oleh penggunaan drone. Dengan pemanfaatan yang tepat, drone akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian. Sebab itu, kami akan membagikan cara memilih drone pertanian untuk Anda.


Cara memilih drone pertanian pada artikel ini disusun bersama drone specialist, Yosua Surojo. Detail fitur, kapasitas tangki dan jenis kamera yang dibutuhkan berdasarkan tujuan penggunaannya akan kami paparkan secara lengkap. Jangan lewatkan juga ulasan rekomendasi drone pertanian yang bagus dari merek terbaik, seperti DJI dan Yuneec. Selamat menyimak!

Diperbaharui 30/01/2024
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa bedanya drone pertanian dengan drone biasa? Apakah mudah mengendalikannya?

Pakar
Pakar

Drone pertanian didesain secara khusus. Karena itu, harganya cenderung lebih tinggi. Anda tidak bisa menggunakan drone konvensional untuk pertanian. 

Apa bedanya drone pertanian dengan drone biasa? Apakah mudah mengendalikannya?

Drone pertanian tentu berbeda dengan drone biasa. Ada beberapa spesifikasi tertentu yang hanya terdapat pada drone pertanian, tetapi tidak ditemukan pada drone biasa. Teknologi RTK (real time kinematics) dan terrain follow mode atau mode mengikuti kontur tanah adalah beberapa contohnya. Drone pertanian juga dibekali sensor obstacle avoidance yang lebih banyak, akurasi GPS yang lebih tinggi, dan jarak koneksi yang jauh.


GPS pada drone pertanian lebih akurat karena terhubung dengan beberapa satelit. Makin banyak satelit yang bisa terhubung, makin akurat pula sebuah drone dalam melaporkan posisinya. Selain itu, drone pertanian bisa terbang secara otomatis sesuai dengan flight plan yang sudah diatur. Untuk menerbangkan drone pertanian secara manual, Anda justru memerlukan keahlian karena ukurannya yang besar.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Drone pertanian ada yang memiliki satu fungsi (spraying/spreading/pemetaan/pemantauan saja) dan ada yang multifungsi. Namun, drone pertanian rata-rata multifungsi karena harganya yang tinggi. Di Indonesia, drone pertanian biasanya digunakan oleh pemilik perkebunan skala besar untuk menganalisis tanamannya.

Cara memilih Drone Pertanian

Meski masuk ke dalam satu kategori, berbagai drone pertanian di pasaran memiliki keunggulan dan spesifikasi berbeda satu sama lain. Agar Anda mendapatkan drone pertanian yang sesuai dengan kebutuhan, mari simak dahulu cara memilihnya di bawah ini.
1

Untuk menyebarkan pestisida atau menebarkan benih, cari yang dilengkapi fitur spreading dan spray sekaligus daya tahan baterai yang tinggi

Pakar
Pakar

Drone dengan fitur spreading dan spray harus membawa beban cairan pestisida atau benih. Makin tinggi bebannya, makin besar juga kapasitas baterai yang diperlukan.

Untuk menyebarkan pestisida atau menebarkan benih, cari yang dilengkapi fitur spreading dan spray sekaligus daya tahan baterai yang tinggi
Salah satu fungsi drone pertanian adalah untuk menyebarkan pestisida dan menebarkan benih. Jika Anda ingin melakukan dua hal tersebut, Anda harus mencari drone yang dilengkapi fitur spreading dan spray. Sayangnya tidak semua drone pertanian dilengkapi kedua fitur tersebut, bahkan ada drone yang hanya memiliki fungsi spray.

Selain fitur spreading dan spray, Anda juga harus mempertimbangkan drone dengan daya angkut yang besar. Hal ini karena selain mengangkut kamera, drone pertanian harus bisa mengangkut pestisida dan benih. Setiap produk drone pertanian memiliki daya angkut yang berbeda-beda.


Daya angkut dari drone pertanian juga berkaitan dengan kapasitas baterai. Makin besar daya angkutnya, makin besar juga baterai yang dibutuhkan. Maka dari itu, ketersediaan baterai cadangan yang banyak ideal untuk drone pertanian. Dengan baterai cadangan, drone bisa langsung Anda operasikan kembali saat dayanya habis. Perlu diketahui bahwa baterai pada drone pertanian bisa membutukan waktu berjam-jam untuk diisi ulang sampai penuh.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Metode penyebaran pestisida dan penebaran benih dari drone akan menentukan efektivitasnya. Drone harus bisa meniru cara kerja manusia yang dapat menyemprotkan pestisida dan menebar benih dengan rata.

Untuk lahan seluas 10 ha, pilih drone dengan tangki sekitar 5-10 liter; Pilih yang tangkinya 10 liter ke atas untuk lahan yang lebih dari 10 hektar

Pakar
Pakar

Memilih kapasitas tangki sesuai luas lahan ini supaya Anda tidak perlu bolak-balik mengisi tangki drone dengan air atau pestisida. 

Untuk lahan seluas 10 ha, pilih drone dengan tangki sekitar 5-10 liter; Pilih yang tangkinya 10 liter ke atas untuk lahan yang lebih dari 10 hektar
Daya angkut dari drone pertanian juga ditentukan oleh kapasitas tangkinya. Kapasitas tangki dari setiap drone pertanian bervariasi dan bisa ditentukan sendiri, tergantung besarnya lahan yang dimiliki. Makin besar lahannya, makin besar pula kapasitas tangki yang dibutuhkan. Simak panduannya berikut ini.

  • Untuk lahan seluas 10 hektar, Anda bisa memilih drone yang kapasitas tangkinya 5-10 liter.
  • Untuk lahan dengan luas lebih dari 10 hektar, gunakanlah drone dengan tangki 10 liter ke atas.

Seiring dengan bertambahnya kapasitas tangki dan baterai, ukuran drone akan makin besar juga. Selain itu, Anda harus memperhatikan jarak jangkauan dari remote control. Makin besar lahan yang dimiliki, makin jauh jangkauan remote control yang Anda perlukan, misalnya 7 km. Hal ini juga akan membuat penyebaran pestisida dan penebaran benih makin efektif.

2

Untuk mapping lahan, cari drone dengan radar pendeteksi kontur seperti DBF Image Radar atau FMCW; Makin mudah terbang dengan flight plan

Pakar
Pakar

Lewat bantuan radar, Anda bisa menganalisis kontur tanah dari lahan yang dipetakan. Pemetaan ini dapat dipermudah dengan fitur flight plan yang membuat drone terbang secara otomatis.

Untuk mapping lahan, cari drone dengan radar pendeteksi kontur seperti DBF Image Radar atau FMCW; Makin mudah terbang dengan flight plan

Selain menebarkan benih dan menyebarkan pestisida, drone pertanian bisa digunakan untuk memetakan lahan. Pemetaan oleh drone dapat dimanfaatkan untuk menentukan lahan yang bisa ditanami dan membuat jalur irigasi. Untuk kebutuhan tersebut, utamakan drone yang dilengkapi radar pendeteksi kontur tanah, seperti DBF Image Radar, FMCW, atau RGB sensor.


Drone pertanian umumnya juga menawarkan fitur flight plan. Dengan menggunakan flight plan, Anda hanya perlu memikirkan take-off dan landingDrone akan terbang secara otomatis dengan mengikuti jalur yang sudah diatur.


Jalur terbang drone pertanian umumnya berbentuk seperti ular. Efektivitas kerjanya akan ditentukan oleh seberapa rapat jalur terbangnya dari flight plan. Bila jalur yang overlapping lebih sedikit, drone akan bekerja lebih cepatKarena itu, memanfaatkan fitur flight plan dengan baik akan memaksimalkan kerja drone saat memetakan lahan. Flight plan dapat diatur lewat software yang sudah disediakan oleh pabrikan drone.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

LiDar adalah radar yang umum dipakai di drone pertanian. Radar ini bekerja dengan cara menembakkan cahaya secara terus menerus untuk mengetahui kontur tanah. Namun, LiDar masih jarang ditemukan pada drone pertanian di pasaran karena tergolong sebagai spesifikasi tertinggi untuk mapping. Anda baru bisa menemukannya pada drone yang premium, misalnya DJI Enterprise.

3

Untuk pemantauan lahan dan tanaman, cari drone dengan kamera multispektral atau thermal

Pakar
Pakar

Kamera biasa hanya cocok untuk mapping karena tidak bisa memberi analisis seperti kamera multispectral atau thermal.

Untuk pemantauan lahan dan tanaman, cari drone dengan kamera multispektral atau thermal

Drone bisa dipakai untuk memantau lahan dan tanaman pada bidang pertanian. Untuk tujuan ini, Anda harus mencari drone yang sudah dibekali kamera multispectral atau thermal. Kedua kamera ini bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh kamera biasa. Berikut ini kegunaan dari kamera multispectral dan thermal.


  • Kamera multispectral dapat memantau kualitas tanaman dengan menunjukkan warna daun.
  • Kamera thermal digunakan untuk mengecek area lahan yang kering dan basah.

Anda juga bisa memilih drone dengan lebih banyak sensor antitabrak untuk lahan yang penuh rintangan, seperti tiang listrik. Sensor yang canggih bahkan dapat mendeteksi keberadaan kabel sehingga drone akan menghindarinya secara otomatis.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Drone Pertanian Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Drone Pertanian terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 30 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tinggi terbang
Lama terbang
Jarak kontrol
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view
Mode terbang
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki
Kapasitas beban
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi foto
Resolusi video
Gyroscope
IP Rating
Bobot
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Dimensi tinggi
Foldable
Panjang saat dilipat
Lebar saat dilipat
Tinggi saat dilipat
1

DJI

Agras MG-1

DJI Agras MG-1 1

Rp84.999.000

Agak Murah

Kapasitas tangki besar, hingga 10 liter

1.000 meter

24 menit

1.000 meter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Hoover

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10 liter

1 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

280 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

53,3 cm

17,8 cm

Tidak diketahui

2

DJI

Phantom 4 RTK

DJI Phantom 4 RTK 1

Rp118.000.000

Menengah

Untuk memetakan lahan secara presisi dan efisien

6.000 meter

30 menit

6.000 meter

Normal, hoover

Tidak

Tidak

20 MP

4K (3840 x 2160 pixel)

Tidak diketahui

1.391 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

DJI

Matrice 300 RTK

DJI Matrice 300 RTK 1

Rp114.100.000

Menengah

Mampu memetakan dan memantau lahan secara presisi

5.000 meter

55 menit

5.000 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

Tidak

9 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

IP45

930 gram

81 cm

67 cm

43 cm

43 cm

42 cm

43 cm

4

Yuneec

H520E

Yuneec H520E 1

Rp37.499.000

Lebih Murah

Fitur pemetaan dan pemantauan area cukup luas

3.000 meter

28 menit

3.000 meter

Tidak diketahui

Normal

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak

Tidak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

DJI

Agras T40

DJI Agras T40 1

Rp150.000.000

Lebih Mahal

Drone pertanian dengan kapasitas tangki hingga 30 liter

2.000 meter

Tidak diketahui

2.000 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

30 liter

50 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

38 kg

280 cm

315 cm

78 cm

112,5 cm

75 cm

78 cm

6

DJI

Agras T30

DJI Agras T30 1

Rp111.999.000

Menengah

Pemetaan berbasis 3D, mempermudah pemantauan lahan pertanian

4.500 meter

120 menit

4.500 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

30 liter

30 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

IP67

26,4 kg

285,8 cm

268,5 cm

79 cm

117 cm

67 cm

85,7 cm

7

DJI

Agras T10

DJI Agras T10 1

Rp76.000.000

Agak Murah

Bodi bisa dilipat hingga 70% lebih kecil

4.500 meter

9-17 menit

4.500 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

8 liter

8 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

IP67

13 kg

195,8 cm

183,3 cm

55,3 cm

60 cm

66,5 cm

58 cm

8

DJI

Agras T20P

DJI Agras T20P 1

Rp120.000.000

Menengah

Drone ringkas dengan daya jangkau spray hingga 7 meter

2.000 meter

198 menit

2.000 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

Tidak diketahui

20 liter

25 kg

Tidak

Tidak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8,8 kg

280 cm

312,5 cm

64 cm

107,7 cm

62 cm

67 cm

9

DJI

Agras T16

DJI Agras T16 1

Rp117.000.000

Menengah

Dilengkapi berbagai mode pemakaian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

2.000 meter

10-18 menit

2.000 meter

Tidak diketahui

Normal, hoover

Tidak diketahui

16 liter

16 kg

Tidak diketahui

1280 x 960 pixel

Tidak diketahui

IP67

Tidak diketahui

250,9 cm

221,3 cm

73,2 cm

110 cm

57 cm

73,2 cm

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DJIAgras MG-1

Agras MG-1 1
Sumber: shopee.co.id
Agras MG-1 2
Sumber: shopee.co.id
Agras MG-1 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp84.999.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp84.999.000
Agak Murah

Kapasitas tangki besar, hingga 10 liter

DJI Agras MG-1 adalah drone pertanian yang menghadirkan teknologi canggih untuk membantu dalam pengelolaan pertanian secara efisien. Produk ini dapat menyemprotkan pestisida dan pupuk secara presisi sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Drone ini cocok untuk petani, pengelola kebun, atau perusahaan pertanian skala masif. Hal ini berkat tangki yang cukup besar, yakni mencapai 10 liter.

Tinggi terbang1.000 meter
Lama terbang24 menit
Jarak kontrol1.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-returnTidak diketahui
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangHoover
RTKTidak diketahui
Obstacle avoidance
Fitur sprayTidak diketahui
Fitur spreadingTidak diketahui
Kapasitas tangki10 liter
Kapasitas beban1 kg
Kamera multispektralTidak diketahui
Radar kontur/mappingTidak diketahui
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
GyroscopeTidak diketahui
IP RatingTidak diketahui
Bobot280 gram
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
Dimensi tinggiTidak diketahui
Foldable
Panjang saat dilipat53,3 cm
Lebar saat dilipat17,8 cm
Tinggi saat dilipatTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

DJIPhantom 4 RTK

Harga referensi
Rp118.000.000
Menengah

Untuk memetakan lahan secara presisi dan efisien

DJI Phantom 4 RTK adalah solusi canggih untuk pertanian yang memadukan teknologi drone dan pemetaan presisi. Dilengkapi dengan sistem pemetaan RTK yang akurat, memungkinkan petani untuk melakukan pemantauan lahan dengan tingkat detail yang tinggi. Fitur pemetaan presisi ini memungkinkan analisis yang mendalam tentang kondisi tanaman secara keseluruhan.

Tinggi terbang6.000 meter
Lama terbang30 menit
Jarak kontrol6.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view
Mode terbangNormal, hoover
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangkiTidak
Kapasitas bebanTidak
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi foto20 MP
Resolusi video4K (3840 x 2160 pixel)
Gyroscope
IP RatingTidak diketahui
Bobot1.391 gram
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
Dimensi tinggiTidak diketahui
Foldable
Panjang saat dilipatTidak diketahui
Lebar saat dilipatTidak diketahui
Tinggi saat dilipatTidak diketahui
View all
No.3

DJIMatrice 300 RTK

Harga referensi
Rp114.100.000
Menengah

Mampu memetakan dan memantau lahan secara presisi

DJI Matrice 300 RTK adalah solusi inovatif untuk pertanian yang memadukan teknologi drone canggih dengan kebutuhan pertanian modern. Dengan kemampuan pemetaan dan pemantauan yang presisi, drone ini memungkinkan petani untuk mengawasi lahan secara efisien dan akurat. 


Fitur RTK yang terintegrasi meningkatkan akurasi posisi sehingga memungkinkan pemetaan yang lebih akurat. Drone ini cocok digunakan oleh petani skala besar yang ingin meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian mereka dengan teknologi modern. Dengan DJI Matrice 300 RTK, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan lahan dan tanaman dengan lebih baik.

Tinggi terbang5.000 meter
Lama terbang55 menit
Jarak kontrol5.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangkiTidak
Kapasitas beban9 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
GyroscopeTidak diketahui
IP RatingIP45
Bobot930 gram
Dimensi panjang81 cm
Dimensi lebar67 cm
Dimensi tinggi43 cm
Foldable
Panjang saat dilipat43 cm
Lebar saat dilipat42 cm
Tinggi saat dilipat43 cm
View all
No.4

YuneecH520E

Harga referensi
Rp37.499.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp37.499.000
Lebih Murah

Fitur pemetaan dan pemantauan area cukup luas

Yuneec H520 adalah solusi canggih untuk pertanian modern. Dengan kemampuan penerbangan yang stabil dan kamera berkualitas tinggi, drone ini memungkinkan petani untuk memantau lahan pertanian secara efisien. 


Fitur pemetaan dan pemantauan area luas memungkinkan identifikasi masalah tanaman dengan cepat, seperti kekurangan air atau hama. Drone ini pun sering kali digunakan untuk menyelamatkan hewan yang terjebak di tempat berbahaya. Oleh karena itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang bekerja di bidang animal rescue.

Tinggi terbang3.000 meter
Lama terbang28 menit
Jarak kontrol3.000 meter
Pelindung baling-balingTidak diketahui
Auto-return
First-person view
Mode terbangNormal
RTKTidak diketahui
Obstacle avoidanceTidak diketahui
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangkiTidak
Kapasitas bebanTidak
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
Gyroscope
IP RatingTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
Dimensi tinggiTidak diketahui
FoldableTidak diketahui
Panjang saat dilipatTidak diketahui
Lebar saat dilipatTidak diketahui
Tinggi saat dilipatTidak diketahui
View all
No.5

DJIAgras T40

Agras T40 1
Sumber: djiratu.id
Agras T40 2
Sumber: djiratu.id
Agras T40 3
Sumber: djiratu.id
Harga referensi
Rp150.000.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp150.000.000
Lebih Mahal

Drone pertanian dengan kapasitas tangki hingga 30 liter

Untuk perusahaan pertanian berskala besar, drone DJI Agras T40 ini bisa diandalkan. Drone satu ini memiliki kapasitas tangki hingga 30 liter yang dapat meng-cover 21,3 hektare per jam. Selain itu, teknologi Atomized Centrifugal Sprinkler dan Automized Spray Disc memastikan penyemprotan pestisida akan merata. Daya semprotnya sendiri adalah 12 liter per menit.

Tinggi terbang2.000 meter
Lama terbangTidak diketahui
Jarak kontrol2.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki30 liter
Kapasitas beban50 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
GyroscopeTidak diketahui
IP RatingTidak diketahui
Bobot38 kg
Dimensi panjang280 cm
Dimensi lebar315 cm
Dimensi tinggi78 cm
Foldable
Panjang saat dilipat112,5 cm
Lebar saat dilipat75 cm
Tinggi saat dilipat78 cm
View all
No.6

DJIAgras T30

Harga referensi
Rp111.999.000
Menengah

Pemetaan berbasis 3D, mempermudah pemantauan lahan pertanian

DJI Agras T30 merupakan solusi untuk Anda yang bekerja di perkebunan dengan pohon yang rimbun. Misalnya, Anda bekerja di perkebunan apel, jeruk, atau pohon berkanopi lainnya. Drone ini memiliki teknologi spray yang revolusioner sehingga bisa melakukan penyemprotan miring. 

Oleh karena itu, rimbunnya dedaunan pun bisa ditembus secara merata. Dengan bantuan Smart Agriculture Cloud Platform, Anda pun dapat memetakan lahan pertanian berbasis cloud dalam bentuk 3D. Dengan demikian, pemantauan terhadap lahan pertanian pun makin mudah dan efisien.

Tinggi terbang4.500 meter
Lama terbang120 menit
Jarak kontrol4.500 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki30 liter
Kapasitas beban30 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
Gyroscope
IP RatingIP67
Bobot26,4 kg
Dimensi panjang285,8 cm
Dimensi lebar268,5 cm
Dimensi tinggi79 cm
Foldable
Panjang saat dilipat117 cm
Lebar saat dilipat67 cm
Tinggi saat dilipat85,7 cm
View all
No.7

DJIAgras T10

Harga referensi
Rp76.000.000
Agak Murah

Bodi bisa dilipat hingga 70% lebih kecil

DJI Agras T10 merupakan drone pertanian yang ringkas karena bisa dilipat hingga 70% lebih kecil. Selain itu, bodinya terbuat dari karbon yang membuat bobotnya begitu ringan. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah memindahkannya. Meski demikian, drone pertanian ini memiliki daya tahan yang lama berkat desain tertutup yang dimilikinya. Sayangnya, waktu terbangnya tidak terlalu lama sehingga Anda harus sering mengisi daya.
Tinggi terbang4.500 meter
Lama terbang9-17 menit
Jarak kontrol4.500 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTK
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki8 liter
Kapasitas beban8 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi videoTidak diketahui
Gyroscope
IP RatingIP67
Bobot13 kg
Dimensi panjang195,8 cm
Dimensi lebar183,3 cm
Dimensi tinggi55,3 cm
Foldable
Panjang saat dilipat60 cm
Lebar saat dilipat66,5 cm
Tinggi saat dilipat58 cm
View all
No.8

DJIAgras T20P

Agras T20P 1
Sumber: djiratu.id
Agras T20P 2
Sumber: djiratu.id
Agras T20P 3
Sumber: djiratu.id
Agras T20P 4
Sumber: djiratu.id
Harga referensi
Rp120.000.000
Menengah
Harga referensi
Rp120.000.000
Menengah

Drone ringkas dengan daya jangkau spray hingga 7 meter

Anda membutuhkan drone gesit untuk lahan pertanian? DJI Agras T20P bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Drone ini mampu membawa 20 liter air dengan jangkau spray hingga 7 meter. Dengan demikian, daya kerjanya dapat mencapat 2,67 hektare per jam. 


Adapun beberapa fitur di dalamnya adalah Dual Atomized Spraying System, DJI Terra, Active Phased Array Radar, dan Binocular Vision. Dengan deretan fitur tersebut, drone ini mampu memetakan lahan dan menyeprotkan pestisida secara lebih efektif.

Tinggi terbang2.000 meter
Lama terbang198 menit
Jarak kontrol2.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTKTidak diketahui
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki20 liter
Kapasitas beban25 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak
Resolusi videoTidak
GyroscopeTidak diketahui
IP RatingTidak diketahui
Bobot8,8 kg
Dimensi panjang280 cm
Dimensi lebar312,5 cm
Dimensi tinggi64 cm
Foldable
Panjang saat dilipat107,7 cm
Lebar saat dilipat62 cm
Tinggi saat dilipat67 cm
View all
No.9

DJIAgras T16

Harga referensi
Rp117.000.000
Menengah

Dilengkapi berbagai mode pemakaian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

DJI Agras T16 memiliki desain modular sehingga mudah dirakit dan dirawat. Selain itu, produk ini sudah dilengkapi dengan fitur IP67 yang memungkinkannya tahan terhadap percikan air. Selain itu, baterai dan tangki pun mudah dilepas dan dipasang sehingga cocok untuk para pemula. DJI Agras T16 memiliki berbagai mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni tanah datar, pegunungan, dan kebun buah. 
Tinggi terbang2.000 meter
Lama terbang10-18 menit
Jarak kontrol2.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person viewTidak diketahui
Mode terbangNormal, hoover
RTKTidak diketahui
Obstacle avoidance
Fitur spray
Fitur spreading
Kapasitas tangki16 liter
Kapasitas beban16 kg
Kamera multispektral
Radar kontur/mapping
Resolusi fotoTidak diketahui
Resolusi video1280 x 960 pixel
GyroscopeTidak diketahui
IP RatingIP67
BobotTidak diketahui
Dimensi panjang250,9 cm
Dimensi lebar221,3 cm
Dimensi tinggi73,2 cm
Foldable
Panjang saat dilipat110 cm
Lebar saat dilipat57 cm
Tinggi saat dilipat73,2 cm
View all

5 Rekomendasi Drone Pertanian terbaik

No. 1: DJIAgras MG-1

No. 2: DJIPhantom 4 RTK

No. 3: DJIMatrice 300 RTK

No. 4: YuneecH520E

No. 5: DJIAgras T40

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Drone & aksesori
  4. 9 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.