10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kesehatan datang dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas, terlebih kita hidup di Indonesia yang menjadikan bahan pangan tersebut sebagai makanan pokok. Bicara soal beras, kini orang Indonesia diberi pilihan yang cukup variatif, salah satunya lewat kehadiran beras organik yang kaya akan manfaat kesehatan.

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan jenis beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilih beras organik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, mohon untuk menyimak artikel ini sampai selesai.

Daftar isi

Apa itu beras organik?

Ketika ditanya apa itu beras organik, mungkin kebanyakan orang akan membayangkan beras yang tidak menggunakan pestisida sama sekali dalam proses pembudidayaannya. Faktanya, definisi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Definisi beras budidaya organik

Definisi beras budidaya organik

Menurut INOFICE (Indonesian Organic Farming Certification), salah satu lembaga pemberi sertifikat organik, beras organik merupakan beras yang proses budidaya tanaman padinya, mulai dari penggunaan air, pemupukan, hingga pemakaian pestisida, menggunakan perlakuan budidaya organik. Hasil dari budidaya padi tersebut secara harfiah dapat dikatakan beras organik.

Meski sudah melewati proses-proses budidaya organik secara keseluruhan, beras tidak lantas dikatakan beras organik jika belum lolos uji kelayakan dari lembaga sertifikasi khusus. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64 Tahun 2013 tentang Sistem Pertanian Organik. Jadi, produsen tidak boleh menggunakan label organik atau menyebut sebuah produk adalah hasil olahan organik apabila belum mendapatkan sertifikat. Minimal dapatkanlah sertifikat dari lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Proses pemberian label organik

Untuk taraf nasional, pemberian label organik dilakukan oleh beberapa lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Jika produsen ingin membuat produknya laku di pasar internasional, mereka harus mengejar sertifikat organik internasional yang proses uji kelayakannya lebih ketat.

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain

Tidak hanya perlakuan budidaya organik saja yang perlu dilakukan oleh produsen untuk mendapatkan sertifikat hasil pengelolaan pangan organik. Tanah yang digunakan sebagai media penanaman padi juga ditinjau lebih jauh kelayakannya. Meskipun menanam bibit organik dengan perlakuan organik, tidak dapat dikatakan sebagai hasil pangan organik sepenuhnya apabila tanah yang digunakan terkontaminasi zat-zat kimia hasil penanaman tersebut. Biasanya tanah akan terkontaminasi setelah penggunaan pupuk atau pestisida berbahan kimia. Zat-zat tersebut akhirnya meresap ke dalam tanah dan merusak kualitas lahan.

Selain tanah, air yang akan digunakan untuk mengelola lahan juga harus steril. Bibit padi yang digunakan pun harus organik, bukan rekayasa genetika.

Rintangan berat dari sisi produsen

Rintangan berat dari sisi produsen

Di Indonesia, cukup sulit untuk mendapatkan lahan yang steril. Hal ini dikarenakan maraknya budidaya tanaman dengan menggunakan bahan-bahan kimia sejak dahulu yang sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Setidaknya, hal ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi produsen saat mencari lahan yang cocok untuk pembudidayaan beras organik.

Rintangan lain yang dihadapi adalah petani harus membuat sendiri pupuk dan pengusir hama yang sejalan dengan konsep organik. Sangat jarang sekali pupuk dan pengusir hama organik yang dijual di pasaran. Kebanyakan produk yang beredar di pasaran berbasis pengelolaan kimiawi. Petani diharuskan menemukan sendiri komposisi yang pas agar produksi bisa berjalan dengan baik.

Maka dari itu, tidak banyak beras organik yang mendapatkan sertifikat organik bertaraf internasional. Cukup ketat prosedur yang harus dipenuhi oleh para produsen.

Cara memilih beras organik

Beras organik dibudidayakan secara ketat seperti penjelasan di atas. Semua harus terbebas dari penggunaan bahan-bahan kimia dan hasil rekayasa genetika. Selanjutnya, kami akan memberikan saran kepada Anda tentang cara memilih beras yang mantap untuk dimasak dan disantap. Mari simak poin-poin berikut ini.

Ketahuilah karakteristik dari setiap tipe beras

Beras organik mempunyai banyak varian. Biasanya orang-orang hanya memilih berdasarkan merek saja. Akan tetapi, setiap jenis beras sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda dilihat dari segi rasa, tekstur, serta tingkat tekstur kelekatannya. Beberapa varian beras tersebut akan kami jelaskan pada bagian berikut ini.

Beras mentik wangi susu: empuk dan mudah dikunyah

Beras mentik wangi susu: empuk dan mudah dikunyah

Beras mentik wangi susu dikenal umum sebagai beras yang pulen. Saat matang, beras ini sedikit lengket, tetapi tidak selengket ketan. Karena empuk dan mudah dikunyah, beras ini banyak digemari oleh anak-anak. Mentik wangi susu merupakan jenis beras asli Indonesia.

Beras pandan wangi: digemari karena beraroma khas

Beras pandan wangi: digemari karena beraroma khas

Beras pandan wangi mempunyai aroma khas seperti wangi daun pandan. Selain aromanya yang khas, beras ini digemari karena rasanya yang enak dan pulen. Bentuk dari beras Pandan Wangi umumnya bulat, tetapi sedikit memanjang. Warnanya sedikit bening dan tidak seputih mentik wangi susu.

Beras batang lembang: jenis beras lokal paling pulen

Beras batang lembang: jenis beras lokal paling pulen

Beras batang lembang merupakan jenis beras lokal paling pulen. Bahkan pulennya jenis ini hampir identik dengan beras asli Jepang. Beras ini mempunyai ciri-ciri berbutir panjang serta warnanya yang putih jernih. Beras ini berasal dari daerah Sumatera.

Beras merah: sempurna sebagai konsumsi saat diet

Beras merah: sempurna sebagai konsumsi saat diet

Beras merah biasanya digunakan untuk mendukung program diet karena kalori yang terdapat di dalamnya rendah. Beras merah juga dapat mencegah sembelit karena kaya akan serat. Manfaat lain dari beras merah adalah dapat menurunkan kolesterol jahat, baik untuk jantung, dan mengandung vitamin B1. Mineral yang ada di dalamnya juga lebih tinggi daripada beras putih organik. Sayangnya, rasa beras ini tidak selezat beras putih.

Beras hitam: pernah menjadi beras terlarang

Beras hitam: pernah menjadi beras terlarang

Pada zaman dahulu di Cina, beras hitam pernah menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Hanya kaisar dan kerabatnya saja yang diperbolehkan untuk memakan beras ini. Hal tersebut dikarenakan kandungan beras hitam yang sangat baik untuk tubuh. Varietas ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, mencegah diabetes, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan organ dalam. Sewaktu matang, beras hitam berubah warna menjadi ungu dengan tekstur yang mirip dengan nasi pada umumnya.

Pilih beras yang sudah dipoles atau yang belum dipoles?

Pilih beras yang sudah dipoles atau yang belum dipoles?

Ketika belum dipoles, beras masih dalam terbungkus kulit. Dalam wujud seperti ini, orang-orang menyebutnya sebagai beras cokelat. Tidak sedikit produk beras cokelat yang beredar di pasaran. Jenis ini lebih mahal dan lebih kaya akan nutrisi daripada beras putih. Hal tersebut dikarenakan tidak dihilangkannya bagian kulit beras.

Jika Anda memperhatikan higiene, kami sarankan untuk memilih beras yang telah dipoles. Beberapa orang beranggapan bahwa kulit beras pada varietas produk beras cokelat masih tertempel sisa-sisa pupuk dan kuman.

10 Rekomendasi produk beras organik terbaik

Kali ini kami akan memperkenalkan sepuluh produk beras organik terbaik yang layak untuk menjadi pengganti beras di rumah Anda. Produk-produk yang ada dalam daftar ini telah kami saring dan kami sesuaikan dengan produk yang umum beredar di pasaran. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

10. O-Rice Mentik Wangi Susu

10. O-Rice Mentik Wangi Susu

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Produk unggulan Jawa Tengah yang lolos sertifikasi Sucofindo

O-Rice Mentik Wangi Susu Organik dihasilkan dari tanaman padi organik unggulan yang dikelola dengan cara organik di Jawa Tengah. Beras yang terlihat mirip dengan ketan ini akan menghasilkan nasi lezat yang tidak terlalu lengket setelah dimasak, cocok disajikan dengan berbagai hidangan lauk pauk.

Tak perlu khawatir soal kualitas karena produk yang satu ini telah lolos sertifikasi dari Sucofindo, salah satu lembaga sertifikasi organik terpercaya yang ada di Indonesia. Produk ini merupakan unggulan yang cocok dijadikan solusi untuk menambah selera makan di rumah.

9. Luceli Hotel Beras Merah Premium

9. Luceli Hotel Beras Merah Premium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.910

Sistem pencernaan yang sehat akan mendukung program diet Anda

Beras sehat produk dari brand Luceli Hotel ini merupakan beras pilihan yang dihasilkan dari padi beras merah organik unggul. Usai dipanen, beras ini dikelola dengan menggunakan mesin modern untuk menjaga tingkat higiene produk.

Beras yang juga telah mendapatkan sertifikasi dari Suficindo ini kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk pencernaan. Produk ini tentu sangat sempurna bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

8. Oryzae Beras Merah

8. Oryzae Beras Merah

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.000

Rendah kolesterol dan bersahabat di kantong

Oryzae merupakan salah satu produsen beras organik lokal yang sudah ada sejak 2013. Proses produksi dari produk-produknya dikontrol langsung oleh para ahli pertanian organik untuk menjaga ketepatan kualitasnya.

Meski memiliki rasa yang tidak begitu enak dibandingkan dengan beras putih, khasiat dari beras ini sanggup menurunkan kolesterol. Produk ini juga dinilai menghemat pengeluaran Anda. Dengan kemasan 5 kg, Oryzae diklaim mematok harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan produk beras merah pada umumnya.

7. Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit

7. Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Khasiat ala beras merah dengan rasa yang lebih enak

Lingkar Organik Pandan Wangi Pecah Kulit merupakan beras yang sekamnya (kulit terluar beras) belum terkupas. Beras ini memiliki bulir yang panjang dengan warna kuning kecokelatan sebagaimana beras cokelat pada umumnya. Namun, tentunya lebih menyehatkan daripada beras cokelat organik biasa!

Produk ini mengandung zat-zat bermanfaat, seperti mangan, kalsium, thiamin, selenium, zat besi, zink, hingga fosfor. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari beras dengan khasiat yang tidak kalah dari beras merah, tetapi memiliki rasa yang lebih lezat.

6. Lingkar Organik Beras Pandan Wangi

6. Lingkar Organik Beras Pandan Wangi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.000

Lebih putih dan higienis tanpa adanya sekam

Tidak seperti produk sebelumnya, Lingkar Organik Beras Pandan Wangi merupakan beras yang sudah melalui proses pemolesan sehingga lebih higienis. Di samping itu, beras ini memiliki aroma khas yang dijamin membangkitkan selera saat matang.

Anda akan mencium aroma pandan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan beras pandan wangi yang diolah dengan proses tidak organik. Jadi, untuk Anda yang menginginkan beras dengan aroma lezat yang cocok disajikan untuk acara spesial, produk ini bisa jadi pilihan.

5. O-Rice Beras Batang Lembang

5. O-Rice Beras Batang Lembang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Solusi untuk bento buatan Anda!

Produk yang satu ini dikenal sangat pulen dibandingkan dengan jenis-jenis beras yang lain. Ketika matang, tingkat pulennya identik dengan beras jepang yang terkenal sangat lezat. Kelembutan nasinya cocok untuk sajian pesta atau melengkapi menu usaha katering organik Anda.

Beras ini juga dapat menjadi alternatif yang sempurna bagi Anda yang senang membuat bento ala Jepang untuk anggota keluarga. Tak hanya untuk sajian berbau Jepang, beras ini juga cocok untuk disantap bersama makanan bercita rasa khas Indonesia.

4. Luceli Hotel Beras Organik Kepala Super

4. Luceli Hotel Beras Organik Kepala Super

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.500

Kombinasi beberapa jenis beras menghasilkan cita rasa yang berbeda!

Berbeda dari produk lainnya, produsen beras Luceli Hotel mengeluarkan produk yang mengombinasikan beberapa jenis beras organik menjadi satu. Pengelolaan beras ini telah menggunakan mesin dan teknologi modern yang menjamin produk tetap higienis.

Dipilihnya beras dari bibit-bibit padi gunung pilihan menghasilkan beras dengan cita rasa berbeda dan pulen. Beras ini sudah lulus sertifikasi dari uji sertifikasi laboratorium yang berada di bawah naungan KAN. Luceli Hotel Kepala Super sangat cocok untuk Anda yang menginginkan beras dengan cita rasa berbeda dari apa yang Anda konsumsi saat ini.

3. Luceli Hotel Sugar Free White Rice

3. Luceli Hotel Sugar Free White Rice

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 89.000

Rendah gula, cocok untuk penderita diabetes

Berbeda dengan beras putih kebanyakan, Luceli Hotel Sugar Free White Rice merupakan beras dengan indeks glikemik rendah. Produk ini dapat digunakan sebagai pengganti beras biasa di rumah Anda, terutama jika ada penderita diabetes, jantung, dan penyakit semacamnya.

Selain itu, indeks glikemik dari produk ini diuji secara ilmiah di salah satu laboratorium yang berada di Toronto, Kanada. Jadi, tidak heran apabila beras ini memiliki harga yang sedikit mahal dibanding dengan beras putih biasa. Tentu harga tersebut sebanding dengan kualitasnya!

2. Oryzae Beras Mix

2. Oryzae Beras Mix

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Khasiat beras hitam dan merah yang dilebur dengan rasa beras putih!

Beras Mix Organik merupakan beras yang dicampur dari tiga varian beras menurut warnanya yakni beras hitam, merah, dan putih. Beras ini bisa jadi solusi bagi Anda untuk menghemat, mengakali rasa hambar, dan untuk mendapatkan semua khasiat yang ada dari ketiga jenis beras tersebut di dalam satu piring.

Oryzae Beras Mix Organik dikenal memiliki serat yang tinggi, antioksidan yang mumpuni, dan kaya akan nutrisi. Sangat menarik bukan menjadikan beras ini sebagai alternatif konsumsi saat diet? Terlebih lagi, beras ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai rasa khas dari beras merah dan beras hitam.

1. Nusa Beras Hitam Organik

1. Nusa Beras Hitam Organik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Beras hitam kualitas ekspor dengan harga paling bersahabat!

Beras hitam dikenal sebagai beras yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis beras yang lain. Namun, Nusa Beras Hitam Organik muncul sebagai produk yang menarik karena harganya yang lebih bersahabat di kantong ketimbang produk semacamnya di pasaran.

Tidak perlu mengkhawatirkan soal kualitas, Nusa Beras Hitam Organik merupakan produk berkualitas ekspor. Kandungan-kandungan baik beras hitam pada umumnya pun tidak berkurang sama sekali pada produk ini. Jika Anda tertarik mengonsumsi beras hitam, Anda dapat menjadikan beras ini sebagai pilihan cerdas untuk mendukung gaya hidup sehat tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kesimpulan

Dari jenis-jenis produk yang telah kami perkenalkan, manakah beras organik yang paling menarik untuk Anda? Beras organik bisa jadi solusi sehat untuk Anda juga keluarga. Meskipun harganya lebih tinggi dibanding dengan beras biasa, beras organik memiliki kandungan dan kualitas yang lebih baik. Yang perlu dicatat adalah kesehatan merupakan hal yang dapat ditunjang lewat gaya hidup yang baik. Selamat memilih!