• 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Beras Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kesehatan datang dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas karena merupakan makanan pokok bagi kita yang hidup di Indonesia. Karena tren kesehatan, saat ini kehadiran beras organik yang kaya akan manfaat dan bebas dari pestisida menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan jenis beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilih beras organik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, silakan simak artikel ini sampai selesai.
  • Pembaharuan terakhir: 15 Februari 2021
  • 23.056 Views
Daftar isi

Apa itu beras organik?

Ketika ditanya apa itu beras organik, mungkin kebanyakan orang akan membayangkan beras yang tidak memakai pestisida sama sekali dalam proses pembudidayaannya. Ternyata, definisinya lebih dari itu. Mari simak lebih jauh untuk mengetahuinya.

Definisi beras budi daya organik

Definisi beras budi daya organik
Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 6729:2013 Sistem pertanian organik dijelaskan bahwa organik adalah istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk telah diproduksi dengan standar sistem pertanian organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik (LSO) yang telah diakreditasi. Dalam hal ini, akreditasi diberikan oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional).
Hal mengenai uji kelayakan oleh lembaga sertifikasi khusus tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64 Tahun 2013 tentang Sistem Pertanian Organik. Jadi, produsen tidak boleh menggunakan label organik atau menyebut sebuah produk adalah hasil olahan organik apabila belum mendapatkan sertifikat. Minimal dapatkanlah sertifikat dari lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh KAN.

Proses pemberian label organik

Untuk taraf nasional, pemberian label organik dilakukan oleh beberapa lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh KAN. Jika produsen ingin membuat produknya laku di pasar internasional, mereka harus mengejar sertifikat organik internasional yang proses uji kelayakannya lebih ketat.

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain
Tidak hanya perlakuan budi daya organik saja yang perlu dilakukan oleh produsen untuk mendapatkan sertifikat hasil pengelolaan pangan organik. Tanah yang digunakan sebagai media penanaman padi juga ditinjau lebih jauh kelayakannya. Meskipun menanam bibit organik dengan perlakuan organik, hasil pangan tidak dapat dikatakan organik sepenuhnya apabila tanah yang digunakan terkontaminasi zat-zat kimia hasil penanaman tersebut. Biasanya tanah akan terkontaminasi setelah penggunaan pupuk atau pestisida berbahan kimia. Zat-zat tersebut akhirnya meresap ke dalam tanah dan merusak kualitas lahan.
Selain tanah, air yang akan digunakan untuk mengelola lahan juga harus steril. Bibit padi yang digunakan pun harus organik, bukan rekayasa genetika.

Rintangan berat dari sisi produsen

Rintangan berat dari sisi produsen
Di Indonesia, cukup sulit untuk mendapatkan lahan yang steril. Hal ini disebabkan maraknya budi daya tanaman menggunakan bahan-bahan kimia sejak dahulu dan sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Setidaknya, hal ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi produsen saat mencari lahan yang cocok untuk pembudidayaan beras organik.
Rintangan lain yang dihadapi adalah petani harus membuat sendiri pupuk dan pengusir hama yang sejalan dengan konsep organik karena sangat jarang sekali yang menjual kedua barang tersebut di pasaran. Kebanyakan produk yang beredar di pasaran berbasis pengelolaan kimiawi. Untuk itu, petani harus menemukan sendiri komposisi yang pas agar produksi bisa berjalan dengan baik. Karena ketatnya prosedur yang harus dipenuhi oleh para produsen, tidak banyak beras organik yang mendapatkan sertifikat organik bertaraf internasional.

Cara memilih beras organik

Beras organik dibudidayakan secara ketat seperti penjelasan di atas dan harus terbebas dari penggunaan bahan-bahan kimia dan hasil rekayasa genetika. Selanjutnya, kami akan memberikan saran kepada Anda tentang cara memilih beras yang mantap untuk dimasak dan disantap. Mari simak poin-poin berikut ini.

Perhatikan karakteristik dari setiap tipe beras

Beras organik mempunyai banyak varian. Biasanya orang-orang hanya memilih berdasarkan merek saja. Akan tetapi, setiap jenis beras sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda dilihat dari segi rasa, tekstur, serta tingkat kepulenannya. Beberapa varian beras tersebut akan kami jelaskan pada bagian berikut ini.

Beras mentik wangi susu : empuk dan mudah dikunyah

Beras mentik wangi susu : empuk dan mudah dikunyah
Mentik wangi susu merupakan penggabungan antara varietas mentik wangi dan mentik susu. Dengan butiran beras yang kecil dan pipih, jenis mentik wangi susu sangat digemari masyarakat karena dikenal pulen dan wangi. Saat matang, beras asli Indonesia ini sedikit lengket, tetapi tidak selengket ketan.

Beras pandan wangi : digemari karena beraroma khas

Beras pandan wangi : digemari karena beraroma khas
Beras pandan wangi mempunyai aroma khas seperti wangi daun pandan. Selain aromanya yang khas, beras ini digemari karena rasanya yang enak dan pulen. Bentuk dari beras Pandan Wangi umumnya bulat dan tidak terlalu panjang. Warnanya sedikit bening dan tidak seputih mentik wangi susu.

Beras batang lembang : jenis beras lokal paling pulen

Beras batang lembang : jenis beras lokal paling pulen
Beras batang lembang merupakan jenis beras lokal paling pulen. Bahkan pulennya jenis ini hampir identik dengan beras asli Jepang. Beras ini mempunyai ciri-ciri berbutir panjang serta warnanya yang putih jernih. Beras ini berasal dari daerah Sumatera.

Beras merah : sempurna dikonsumsi saat sedang diet

Beras merah : sempurna dikonsumsi saat sedang diet
Beras merah biasanya digunakan untuk mendukung program diet karena kalori yang terdapat di dalamnya rendah. Beras merah juga dapat mencegah sembelit karena kaya akan serat. Manfaat lain dari beras merah adalah dapat menurunkan kolesterol jahat, baik untuk jantung, serta mengandung vitamin B1. Mineral yang ada di dalamnya juga lebih tinggi daripada beras putih organik. Meski demikian, rasa beras ini tidak selezat beras putih.

Beras hitam : kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh

Beras hitam : kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh
Pada zaman dahulu di Cina, beras hitam pernah menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Hanya kaisar dan kerabatnya saja yang diperbolehkan untuk memakan beras ini. Hal tersebut dikarenakan kandungan beras hitam yang sangat baik untuk tubuh. Varietas ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, mencegah diabetes, mengatasi anemia, mencegah penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan organ dalam. Sewaktu matang, beras hitam berubah warna menjadi ungu dengan tekstur yang mirip dengan nasi pada umumnya.

Pilih beras yang sudah dipoles atau yang belum dipoles

Pilih beras yang sudah dipoles atau yang belum dipoles
Ketika belum dipoles, beras masih dalam terbungkus kulit. Dalam wujud seperti ini, orang-orang menyebutnya sebagai beras cokelat. Tidak sedikit produk beras cokelat yang beredar di pasaran. Jenis ini lebih mahal dan lebih kaya akan nutrisi daripada beras putih. Hal tersebut dikarenakan tidak dihilangkannya bagian kulit beras.
Jika Anda memperhatikan faktor higienis, kami sarankan untuk memilih beras yang telah dipoles. Beberapa orang beranggapan bahwa kulit beras pada varietas produk beras cokelat masih tertempel sisa-sisa pupuk dan kuman.

Perhatikan lingkungan sekitar lahan penanaman beras

Perhatikan lingkungan sekitar lahan penanaman beras
Salah satu poin dalam menilai kualitas beras organik adalah kondisi ekosistem di area persawahan tempat menanam beras atau makhluk hidup apa saja yang ada di area persawahan. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada penjual beras atau kepada petaninya secara langsung jika memungkinkan. Jadi, Anda bisa mendapatkan beras organik yang lebih aman dan tepercaya.
Jika ada banyak mahluk hidup yang tinggal di sawah tersebut, seperti katak, cacing tanah, kunang-kunang, dan lainnya, hal ini menunjukkan bahwa sawah tumbuh subur tanpa adanya pestisida. Tentu saja beras organik yang lezat akan dihasilkan dari lingkungan seperti itu.
Jika jalur distribusi beras organik tersebut pendek, Anda bisa lebih mudah menemukan sumber beras tersebut berasal. Dengan demikian, kemungkinan Anda untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan di atas juga akan lebih besar dan membuat Anda lebih yakin dengan beras yang hendak Anda beli.

10 Rekomendasi produk beras organik terbaik

Kali ini kami akan memperkenalkan sepuluh produk beras organik terbaik yang layak untuk menjadi pengganti beras di rumah Anda. Mari temukan produk beras organik yang paling sesuai untuk Anda!
10
JenisMentik wangi susu
DipolesYa
Berat5 kg
9
JenisBeras merah
DipolesYa
Berat2 kg
8
JenisBeras merah
DipolesYa
Berat2 kg dan 5 kg
7
JenisPandan wangi
DipolesTidak
Berat1 kg
6
JenisPandan wangi
DipolesTidak
Berat1 kg
5

O-RiceBeras Batang Lembang / Beras Jepang

Rp 63.000,00

JenisBatang Lembang/Beras Jepang
DipolesYa
Berat2 kg dan 5 kg
4

Eka FarmBeras Mentik Wangi Susu Organic

Rp 31.000,00

JenisMentik wangi susu
DipolesYa
Berat1 kg
3
JenisTidak disebutkan
DipolesYa
Berat2 kg
2
JenisCampuran (beras hitam, merah, cokelat)
DipolesTidak disebutkan
Berat2 kg dan 5 kg
1
JenisBeras hitam
DipolesTidak disebutkan
Berat1 kg, 2 kg, dan 5 kg

Tabel perbandingan produk beras organik terbaik

Gambar produk
1
Nusa Beras Hitam Organik 1

Nusa

2
Oryzae Organic Solution Oryzae Beras Mix 1

Oryzae Organic Solution

3
Luceli Hotel Sugar Free White Rice 1

Luceli

4
Eka Farm Beras Mentik Wangi Susu Organic 1

Eka Farm

5
O-Rice Beras Batang Lembang / Beras Jepang 1

O-Rice

6
Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi 1

Lingkar Organik

7
Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi Pecah Kulit 1

Lingkar Organik

8
Oryzae Organic Solution Oryzae Beras Merah 1

Oryzae Organic Solution

9
Luceli Hotel Beras Merah Premium 1

Luceli

10
O-Rice Mentik Wangi Susu 1

O-Rice

Nama produk

Beras Hitam Organik

Oryzae Beras Mix

Hotel Sugar Free White Rice

Beras Mentik Wangi Susu Organic

Beras Batang Lembang / Beras Jepang

Beras Organic Pandan Wangi

Beras Organic Pandan Wangi Pecah Kulit

Oryzae Beras Merah

Hotel Beras Merah Premium

Mentik Wangi Susu

Keunggulan

Tingkatkan kekebalan tubuh dan fungsi otak dengan beras hitam ini!

Nikmati khasiat tiga jenis beras dalam satu piring

Rendah gula, lebih aman tanpa khawatir kadar gula melesat tinggi

Kombinasi dua jenis mentik, cita rasa yang disukai anak-anak

Solusi untuk masakan ala Jepang buatan Anda!

Tinggi protein dan nutrisi lain! Baik untuk Ibu hamil dan menyusui

Khasiat ala beras merah dengan rasa yang lebih enak

Ukuran beras untuk kebutuhan sekeluarga

Dukung program diet sehat Anda dengan produk ini

Produk unggulan Jawa Tengah untuk menambah selera makan

HargaRp 39.000,00Rp 76.000,00Rp 89.900,00Rp 31.000,00Rp 63.000,00Rp 24.000,00Rp 24.000,00Rp 145.000,00Rp 61.500,00Rp 113.000,00
JenisBeras hitamCampuran (beras hitam, merah, cokelat)Tidak disebutkanMentik wangi susuBatang Lembang/Beras JepangPandan wangiPandan wangiBeras merahBeras merahMentik wangi susu
DipolesTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaYaTidakTidakYaYaYa
Berat1 kg, 2 kg, dan 5 kg2 kg dan 5 kg2 kg1 kg2 kg dan 5 kg1 kg1 kg2 kg dan 5 kg2 kg5 kg
Tautan produk

Baca juga tempat penyimpanan beras terbaik di sini!

Nah, setelah Anda memahami cara memilih beras organik untuk meningkatkan kualitas kesehatan, sebaiknya Anda juga memilih tempat khusus untuk menyimpan beras agar kualitas beras yang Anda beli tidak menurun. Jadi, silakan cek artikel kami tentang tempat penyimpanan beras melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Dari jenis-jenis produk yang telah kami perkenalkan, manakah beras organik yang paling menarik untuk Anda? Beras organik bisa jadi solusi sehat untuk Anda juga keluarga. Meskipun harganya lebih tinggi dibanding beras biasa, beras organik memiliki kandungan dan kualitas yang lebih baik.
Perlu dicatat bahwa kesehatan merupakan hal yang dapat ditunjang lewat gaya hidup yang baik. Karena itu, sebaiknya Anda memilih beras organik yang paling sesuai untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    21.970 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    135.273 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    123.323 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    76.144 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    121.640 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    70.308 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saus Barbeque Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pesta barbeque memang kerap menjadi pilihan sebagai ajang kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging segar dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang banyak menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda makin enak adalah saus barbeque.Berbagai brand misalnya Kraft, Remia, Club House, dan sebagainya, memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Jadi, untuk membantu Anda, cara memilih dan rekomendasi saus barbeque akan kami berikan di artikel ini. Beragam saus barbeque enak akan Anda dapati, pilih saja sesuai selera Anda.
    Bumbu & bahan masakan
    59.424 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori