• 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)

Kesehatan datang dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas karena merupakan makanan pokok bagi kita yang hidup di Indonesia. Karena tren kesehatan, kehadiran beras organik yang kaya manfaat dan bebas pestisida kini menjadi primadona di masyarakat.

Sekarang kami akan menjelaskan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilihnya agar sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi beras organik dari merek-merek yang bagus seperti Lingkar Organik dan Nusa. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP. Yuk, disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
  • Pembaharuan terakhir: 12 Januari 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Apa itu beras organik?

Ketika mendengar kata "beras organik", mungkin Anda akan membayangkan beras yang tidak memakai pestisida sama sekali dalam proses pembudidayaannya. Ternyata, definisinya lebih dari itu. Mari simak lebih jauh untuk mengetahuinya.

Definisi beras budi daya organik

Definisi beras budi daya organik
Beras organik diproduksi dari sistem pertanian organik dengan mengadopsi berbagai persyaratan ketat sesuai dengan peraturan sertifikasi organik. Dengan demikian, beras yang dihasilkan benar-benar memenuhi syarat pertanian organik.

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 6729:2013 Sistem Pertanian Organik dijelaskan bahwa organik adalah istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk telah diproduksi dengan standar sistem pertanian organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik (LSO) yang telah diakreditasi. Dalam hal ini, akreditasi diberikan oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional).


Hal mengenai uji kelayakan oleh lembaga sertifikasi khusus tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64 Tahun 2013 tentang Sistem Pertanian Organik. Jadi, produsen tidak boleh menggunakan label organik atau menyebut sebuah produk adalah hasil olahan organik apabila belum mendapatkan sertifikat. Minimal, produsen memiliki sertifikat dari lembaga yang telah ditunjuk oleh KAN.

Proses pemberian label organik

Untuk taraf nasional, pemberian label organik dilakukan oleh beberapa lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh KAN. Jika produsen ingin membuat produknya laku di pasar internasional, mereka harus mengejar sertifikat organik internasional yang proses uji kelayakannya lebih ketat.

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain

Peninjauan kondisi lahan dan lain-lain
Tidak hanya perlakuan budi daya organik saja yang perlu dilakukan oleh produsen untuk mendapatkan sertifikat hasil pengelolaan pangan organik. Tanah yang digunakan sebagai media penanaman padi juga ditinjau lebih jauh kelayakannya. 

Sistem pertanian organik perlu menjaga ketat kondisi lahan di sekitar. Umumnya, sistem ini dilakukan secara berkelompok yang menyepakati pelaksanaan budi daya tanaman secara organik. Dengan begitu, diharapkan tidak ada cemaran bahan nonorganik dari lingkungan di sekitar pertanaman.


Jadi, yang dibutuhkan tidak hanya penanaman bibit organik dengan perlakuan organik. Hasil pangan tidak dapat dikatakan organik sepenuhnya apabila tanah yang digunakan terkontaminasi zat-zat kimia hasil penanaman tersebut. Biasanya tanah akan terkontaminasi setelah penggunaan pupuk atau pestisida berbahan kimia. Zat-zat tersebut akhirnya meresap ke dalam tanah dan merusak kualitas lahan.


Selain tanah, air yang akan digunakan untuk mengelola lahan juga harus steril. Bibit padi yang digunakan pun harus organik, bukan rekayasa genetika.

Rintangan berat dari sisi produsen

Rintangan berat dari sisi produsen
Di Indonesia cukup sulit untuk mendapatkan lahan yang steril. Hal ini disebabkan maraknya budi daya tanaman menggunakan bahan-bahan kimia sejak dahulu. Cara tersebut sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Setidaknya, hal ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi produsen saat mencari lahan yang cocok untuk pembudidayaan beras organik.


Sistem pertanian organik cenderung dapat dilaksanakan di lokasi pedesaan yang jauh dari perkotaan dan berada di hulu. Pasalnya, sistem ini membutuhkan sumber air yang belum tercemar bahan lainnya.


Selain itu, sistem pertanian organik juga membutuhkan input yang juga organik, seperti pupuk organik. Alhasil, para petani umumnya masih memiliki ternak sendiri untuk memproduksi pupuk organik. Kalaupun ingin mengusahakan pertanian organik di perkotaan, dibutuhkan wadah tertentu, seperti polybag atau talang, yang benar-benar dijaga kualitas organiknya.


Kebanyakan produk yang beredar di pasaran berbasis pengelolaan kimiawi. Untuk itu, petani harus menemukan sendiri komposisi yang pas agar produksi bisa berjalan dengan baik. Karena ketatnya prosedur yang harus dipenuhi oleh para produsen, tidak banyak beras organik yang mendapatkan sertifikat organik bertaraf internasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras organik

Beras organik dibudidayakan secara ketat seperti penjelasan di atas dan harus terbebas dari penggunaan bahan-bahan kimia dan hasil rekayasa genetika. Selanjutnya, kami akan memberikan saran kepada Anda tentang cara memilih beras yang mantap untuk dimasak dan disantap. Mari simak poin-poin berikut ini.

Perhatikan karakteristik dari tiap jenis beras

Beras organik mempunyai banyak varian. Setiap jenis beras memiliki karakteristik yang berbeda dilihat dari segi rasa, tekstur, serta tingkat kepulenannya. Beberapa varian beras tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

Beras mentik wangi susu: Empuk dan mudah dikunyah

Mentik wangi susu merupakan penggabungan antara varietas mentik wangi dan mentik susu. Beras ini memiliki butiran yang kecil dan pipih.

Beras mentik wangi susu sangat digemari masyarakat karena memiliki aroma khas, serta tekstur yang pulen dan tidak lengket. Saat matang, beras asli Indonesia ini sedikit lengket, tetapi tidak selengket ketan. Berkat kualitas yang dihasilkan, beras ini setara dengan beras premium.

Beras pandan wangi: Digemari karena beraroma khas

Beras pandan wangi berasal dari varietas padi bulu yang merupakan varietas lokal Cianjur. Beras ini dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas dengan ciri khas aroma pandan yang menggugah selera

Selain aromanya, beras ini digemari karena rasanya yang enak dan pulen. Bentuk dari beras pandan wangi umumnya bulat dan tidak terlalu panjang. Warnanya sedikit bening dan tidak seputih mentik wangi susu.

Beras batang lembang asal Sumatera: Jenis beras lokal paling pulen

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa di pasaran terdapat dua jenis beras batang lembang. Ada beras batang lembang yang berasal dari Sumatera, ada juga yang merupakan varietas unggul keluaran Badan Litbang Kementerian Pertanian. Beras Batang Lembang produksi Badan Litbang Kementerian Pertanian memiliki indeks glikemik rendah, yakni 54, dengan struktur nasi yang pera.


Sebaliknya, beras batang lembang yang berasal dari Sumatera merupakan beras yang paling pulen. Bahkan, pulennya hampir identik dengan beras asli Jepang. Beras ini mempunyai butiran yang panjang serta warna yang putih jernih.

Beras merah: Sempurna dikonsumsi saat sedang diet

Beras merah: Sempurna dikonsumsi saat sedang diet
Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah dengan serat yang tinggi. Hasilnya, beras ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama saat dikonsumsi. Selain itu, kandungan kalori di dalamnya tergolong rendah. Jadi, beras merah baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang diet.

Karena kaya akan serat, beras merah juga dapat mencegah sembelit. Beras merah juga bisa menurunkan kolesterol jahat, baik untuk jantung, serta mengandung vitamin B1. Mineral yang ada di dalamnya pun lebih tinggi daripada beras putih organik. Meski demikian, rasa beras ini tidak selezat beras putih.


Kami sudah membahas tentang beras merah secara khusus dalam artikel di bawah ini. Dibaca juga, ya!

Beras hitam: Kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh

Beras hitam: Kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh

Beras yang memiliki pigmen warna sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Beras hitam kaya akan antioksidan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, terdapat kandungan zat lainnya, seperti vitamin B, magnesium, dan zat besi.


Pada zaman dahulu di Cina, beras hitam pernah menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Hanya kaisar dan kerabatnya saja yang boleh memakan beras ini. Hal tersebut karena kandungan beras hitam yang sangat baik untuk tubuh. 


Varietas ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, jantung, dan diabetes, serta mengatasi anemia. Beras ini juga diyakini baik untuk kesehatan organ dalam. Sewaktu matang, beras hitam berubah warna menjadi ungu dengan tekstur yang mirip dengan nasi pada umumnya.


Kami juga sudah mengulas tentang beras hitam secara khusus. Klik link di bawah ini untuk membacanya!

Pilih beras yang sudah dipoles atau belum dipoles?

Pilih beras yang sudah dipoles atau belum dipoles?
Ketika belum dipoles, beras masih dalam terbungkus kulit. Dalam wujud seperti ini, orang-orang menyebutnya sebagai beras cokelat. Beras cokelat dijual dengan harga yang lebih mahal daripada beras putih. 

Beberapa orang beranggapan bahwa pada kulit beras cokelat masih tertempel sisa-sisa pupuk dan kuman sehingga dianggap kurang higienis. Faktanya, beras cokelat adalah beras pecah kulit (PK) yang melalui satu kali proses penggilingan untuk menghilangkan sekamBeras ini tidak mengalami proses penyosohan atau dipoles menjadi beras putih pada umumnya. 


Warna cokelat pada beras ini justru memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan beras putihBeras PK hanya dipisahkan dari sekamnya saja sehingga masih memiliki endosperm, kulit ari, dan lembaga. 


Di dalam endosperm terdapat karbohidrat, sedangkan di dalam kulit ari terdapat protein, mineral, vitamin, dan fiber. Sementara itu, di lembaga terdapat zat gizi berupa lipid. Penggilingan dan penyosohan menyebabkan kulit ari dan lembaga menjadi hilang sehingga banyak zat gizi yang hilang pada beras putih. 

Periksa nomor pendaftaran beras organik pilihan Anda

Periksa nomor pendaftaran beras organik pilihan Anda

Untuk mengetahui kualitas beras organik, cara termudah adalah dengan mengecek keberadaan nomor pendaftaran beras organik pada kemasan beras. Nomor pendaftaran adalah tanda kesesuaian yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang (Otoritas Kompeten Keamanan Pangan). 


Produk yang memiliki nomor pendaftaran tersebut diyakini telah berhasil memenuhi persyaratan minimal keamanan pangan. Tak hanya itu, proses produksi dan distribusinya pun terjamin higienis.

10 Rekomendasi produk beras organik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras organik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastusi, SP.

10

Oryzae Organic SolutionOryzae Beras Merah

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisBeras merah
DipolesYa
Berat2 kg dan 5 kg
9

Pari UnggulBeras Organik Batang Lembang

Mulai dari Rp 40.000,00

JenisBatang lembang
DipolesYa
Berat1 kg dan 2 kg
8
JenisMentik wangi susu
DipolesYa
Berat5 kg
7
JenisBeras hitam
DipolesTidak disebutkan
Berat1 kg, 2 kg, dan 5 kg
6
JenisBeras merah
DipolesYa
Berat2 kg
5

Lingkar OrganikBeras Organic Pandan Wangi Pecah Kulit

Mulai dari Rp 27.775,00

JenisPandan wangi
DipolesTidak
Berat1 kg
4

Eka FarmBeras Mentik Wangi Susu Organik

Mulai dari Rp 43.900,00

JenisMentik wangi susu
DipolesYa
Berat1 kg
3

Lingkar OrganikBeras Organic Pandan Wangi

Mulai dari Rp 31.700,00

JenisPandan wangi
DipolesTidak
Berat1 kg
2

LuceliHotel Sugar Free White Rice

Mulai dari Rp 89.900,00

JenisTidak disebutkan
DipolesYa
Berat2 kg
1

Lingkar OrganikBeras Mix Whole Grain

Mulai dari Rp 34.300,00

JenisCampuran (beras hitam, merah, cokelat)
DipolesTidak disebutkan
Berat2 kg dan 5 kg

Tabel perbandingan produk beras organik terbaik

Gambar produk
1
Lingkar Organik Beras Mix Whole Grain 1

Lingkar Organik

2
Luceli Hotel Sugar Free White Rice 1

Luceli

3
Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi 1

Lingkar Organik

4
Eka Farm Beras Mentik Wangi Susu Organik 1

Eka Farm

5
Lingkar Organik Beras Organic Pandan Wangi Pecah Kulit 1

Lingkar Organik

6
Luceli Hotel Beras Merah Premium 1

Luceli

7
Nusa Beras Hitam Organik 1

Nusa

8
O-Rice Mentik Wangi Susu 1

O-Rice

9
Pari Unggul Beras Organik Batang Lembang 1

Pari Unggul

10
Oryzae Organic Solution Oryzae Beras Merah 1

Oryzae Organic Solution

Nama produk

Beras Mix Whole Grain

Hotel Sugar Free White Rice

Beras Organic Pandan Wangi

Beras Mentik Wangi Susu Organik

Beras Organic Pandan Wangi Pecah Kulit

Hotel Beras Merah Premium

Beras Hitam Organik

Mentik Wangi Susu

Beras Organik Batang Lembang

Oryzae Beras Merah

Keunggulan

Nikmati khasiat tiga jenis beras dalam satu piring

Rendah gula, lebih aman tanpa khawatir kadar gula melesat tinggi

Tinggi protein dan nutrisi lain! Baik untuk Ibu hamil dan menyusui

Kombinasi dua jenis mentik, cita rasa yang disukai anak-anak

Khasiat ala beras merah dengan rasa yang lebih enak

Dukung program diet sehat Anda dengan produk ini

Tingkatkan kekebalan tubuh dan fungsi otak dengan beras hitam ini!

Produk unggulan Jawa Tengah untuk menambah selera makan

Solusi untuk masakan ala Jepang buatan Anda!

Ukuran beras untuk kebutuhan sekeluarga

Harga mulai dariRp 34.300,00Rp 89.900,00Rp 31.700,00Rp 43.900,00Rp 27.775,00Rp 61.600,00Rp 39.000,00Rp 113.000,00Rp 40.000,00Rp 145.000,00
JenisCampuran (beras hitam, merah, cokelat)Tidak disebutkanPandan wangiMentik wangi susuPandan wangiBeras merahBeras hitamMentik wangi susuBatang lembangBeras merah
DipolesTidak disebutkanYaTidakYaTidakYaTidak disebutkanYaYaYa
Berat2 kg dan 5 kg2 kg1 kg1 kg1 kg2 kg1 kg, 2 kg, dan 5 kg5 kg1 kg dan 2 kg2 kg dan 5 kg
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar beras organik

Pertanyaan umum seputar beras organik

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga akan menjawab pertanyaan populer seputar beras organik. Simaklah penjelasannya di bawah ini.

Beras apa yang cocok untuk diet?

Beras yang paling pas untuk diet adalah beras merah. Hal itu karena indeks glikemiknya yang rendah. Di sisi lain, beras merah tinggi akan serat sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Baca juga rekomendasi beras lainnya di sini

Selain beras organik, kami juga memiliki artikel tentang beras shirataki, beras basmati, dan beras jagung. Dibaca juga, yuk.

Kesimpulan

Dari jenis-jenis produk yang telah kami perkenalkan, manakah beras organik yang paling menarik untuk Anda? Beras organik bisa jadi solusi sehat untuk Anda juga keluarga. Meskipun harganya lebih tinggi dibandingkan beras biasa, beras organik memiliki kandungan dan kualitas yang lebih baik.

Perlu dicatat bahwa kesehatan merupakan hal yang dapat ditunjang lewat gaya hidup yang baik. Karena itu, sebaiknya Anda memilih beras organik yang paling sesuai untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tabasco adalah bumbu yang sering digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada piza, pasta, atau olahan makanan lainnya. Jika Anda pergi ke restoran, biasanya saus Tabasco memiliki kemasan botol berwarna merah atau hijau. Selain kemasan botol, saus Tabasco memiliki variasi rasa, mulai dari yang pedas hingga tidak terlalu pedas.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan mengulas enam varian saus Tabasco yang dapat Anda pilih. Yuk, simak sampai akhir untuk menemukan varian saus Tabasco untuk menambah cita rasa santapan Anda sehari-hari. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan produk gula yang bagus. Kami tidak hanya memberitahu cara memilihnya, tetapi juga merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Tropicana Slim, GULAKU, ataupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saus tiram merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Saat ini, telah banyak merek saus tiram di pasaran seperti Lee Kum Kee, Saori, dan lainnya.Nah, untuk mencegah kebingungan saat Anda berbelanja, kami akan menjelaskan cara memilih saus tiram yang enak. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk saus tiram yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam membeli. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bubuk Kayu Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kayu manis bubuk atau cinnamon powder memiliki aroma dan rasa yang khas. Itulah sebabnya banyak orang mengolah bubuk kayu manis untuk minuman, kue, dan aneka masakan. Di samping itu, bubuk cinnamon juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika Anda sedang mencari kayu manis bubuk sachet ataupun kemasan botol, inilah artikel yang tepat. Di pasaran tersedia berbagai merk bubuk kayu manis yang bagus, seperti Koepoe Koepoe, Herbilogy, dan Saffrons. Masing-masing produk memiliki keunggulan dan harga yang berbeda-beda. Agar Anda mendapat produk yang tepat, bacalah dahulu tips memilihnya berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Menengok jumlah penderita diabetes, Indonesia menempati posisi keenam di dunia. Karena itu, beras merah kini makin digemari masyarakat. Pasalnya, beras merah disinyalir sebagai beras diet terbaik untuk penderita diabetes. Di pasaran sendiri terdapat berbagai jenis dan merk beras merah dengan kualitas yang bagus. Di antara berbagai jenisnya tersebut, beberapa di antaranya adalah beras merah sosoh dan pecah kulit. Kali ini bersama dengan biotechnologist, Marceline Noviani, kami akan memberikan tips memilih beras merah terbaik. Anda juga akan menemukan rekomendasi merk beras merah, seperti Javara, Lingkar Organik, dan Nusa. Simak sampai habis!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kaldu Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai jenis masakan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahan utamanya. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan kaldu bubuk untuk menghasilkan masakan yang lezat. Kini telah dijual banyak produk kaldu bubuk yang bagus dalam berbagai rasa dan ukuran kemasan.Kami akan memberi tips memilih kaldu bubuk yang enak sesuai dengan masakan Anda. Di samping itu, temukan juga berbagai rekomendasi produk kaldu bubuk, seperti merek Royco, Masako, Totole, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Segera scroll ke bawah dan baca artikel ini dengan saksama, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seperti namanya, unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memasak dan sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih unsalted butter yang bagus. Rekomendasi produk-produknya juga akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih produk dari merk Anchor, Blue Triangle, dan Elle & Vire. Baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Baking Soda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Baking Soda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Baking soda atau soda kue adalah bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue agar hasilnya mengembang sempurna. Meski dikenal sebagai bahan untuk kue, baking soda kian populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang luas. Ada beragam merk yang tersedia di pasaran, seperti Koepoe Koepoe, Asahi, dan Nonik. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih baking soda yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi baking soda terbaik yang bisa dijadikan referensi. Simak terus informasinya dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Hidangan dengan saus garlic butter memang sangat menggugah selera. Garlic butter rice, garlic butter chicken & prawns, dan garlic bread adalah beberapa makanan lezat dengan saus ini. Anda tak perlu repot-repot meracik garlic butter sendiri karena sekarang Anda bisa membelinya.Beberapa merek garlic butter yang bisa Anda temukan di pasaran adalah Bokumjari, Nourish Indonesia, dan Manteca. Kami akan membahas cara memilih garlic butter yang bagus untuk resep masakan ataupun saus cocolan. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Temukan produk garlic butter yang enak dengan harga terjangkau!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan, banyak produsen yang membuat beraneka bumbu dapur instan dalam kemasan. Bumbu instan membuat aktivitas memasak makin cepat, mudah, dan praktis. Keberadaan bumbu dapur juga sangat membantu Anda yang tidak begitu pandai memasak. Salah satu produsen bumbu kemasan yang paling lengkap adalah Kokita.Anda bisa menemukan banyak produk Kokita, mulai dari bumbu inti, saus, hingga bumbu tradisional. Oleh karena itu, kami akan berikan beberapa tips memilih produk Kokita yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik yang Kokita miliki. Jadi, silakan disimak dan bersiaplah memasak dengan lebih mengasyikkan!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori