mybest
Cat lukis

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024) 5

8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)

Palet cat air adalah salah satu alat bantu yang diperlukan ketika melukis. Ada berbagai macam produk yang dijual di pasaran, ada yang berbahan aluminium, plastik, dan lainnya. Untuk kemudahan dalam pencampuran cat air, Anda dianjurkan memilih palet terbaik yang bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

Kali ini kami akan memberi rekomendasi produk palet cat air yang tergolong populer dan menjadi favorit, seperti palet dari Etchr Lab dan V-Tec. Watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, juga ikut memberi komentarnya di artikel ini. Jadi, langsung saja simak informasinya, yuk!
Diperbaharui 14/07/2023
Karina Doniho
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih palet cat air

Palet cat air adalah barang yang sangat penting ketika Anda menggunakan cat air untuk melukis. Berikut akan kami jelaskan dahulu cara memilihnya.

1

Pilih produk berdasarkan jenisnya

Palet cat air tersedia dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling umum adalah palet kotak, tetapi ada juga bentuk lain yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Berikut ini, kami memperkenalkan tiga tipe palet berdasarkan jenisnya.
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Saya suka produk yang praktis dan multifungsi. Oleh karena itu, saya lebih senang menggunakan palet cat air yang memiliki pegangan dan cukup ringan sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Biasanya, palet memiliki partisi di dalamnya agar kalian bisa mencampur dan memilah warna. 


Untuk palet seperti ini, kalian bisa memilih beragam opsi. Beberapa contohnya adalah tutup kotak cat air yang bisa dijadikan palet atau produk palet yang memang bisa dilipat. Dengan minimal 34 partisi, kalian sudah bisa mencampur warna yang diinginkan dengan bebas selama proses melukis.

Box palette, umum digunakan sebagai palet utama

Box palette, umum digunakan sebagai palet utama
Ada berbagai bentuk palet cat air. Jenis paling umum adalah tipe ini yang kebanyakan bisa dilipat. Karena tipe ini umumnya digunakan sebagai palet utama, ada banyak partisi di bagian dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan warna apa pun secara bersamaan. Berhubung bisa dilipat, debu pun tidak bisa masuk ke dalamnya.

Design palette, mudah untuk mencampur banyak cat

Design palette, mudah untuk mencampur banyak cat

Jenis palet kedua adalah design palette. Jenis palet ini mempunyai banyak partisi yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencampuran warna. Piringannya juga biasanya didesain sedikit lebih dalam sehingga memudahkan Anda ketika ingin menggunakan cat dalam jumlah banyak. Banyak palet jenis ini yang tergolong simpel dan compact. Hal tersebut membuat tipe ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu sering menggunakan palet.

Auxiliary palette, dengan partisi lebih sedikit

Auxiliary palette, dengan partisi lebih sedikit
Selain kedua jenis di atas, ada juga tipe auxiliary palette yang memiliki jumlah partisi lebih sedikit. Jenis palet ini sangat nyaman digunakan mencampur banyak cat dan sering digunakan sebagai palet tambahan selain palet utama. Meskipun belum tentu diperlukan, palet ini akan sangat berguna untuk tambahan palet utama Anda.
2

Perhatikan karakteristik material paletnya

Material palet cat air menentukan kemudahan pemakaiannya, perawatan, dan pembersihannya. Berikut ini beberapa material yang banyak digunakan untuk palet cat air.

Plastik, material yang paling umum digunakan dan ekonomis

Plastik, material yang paling umum digunakan dan ekonomis
Bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat palet cat air adalah plastik resin sintetis. Karena harganya ekonomis, palet jenis ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga profesional. Bahkan dengan ukuran besar sekalipun, palet yang terbuat dari material plastik tetap nyaman digunakan. Hal tersebut dikarenakan karakteristiknya yang ringan dan tidak mudah rusak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa palet bermaterial plastik lebih mudah menyerap warna. Noda warna bisa jadi akan menempel setelah digunakan dalam jangka waktu lama. Akibatnya, cat air akan lebih sulit menyatu misalnya saat Anda ingin mencampur warna untuk mendapatkan kombinasi yang diinginkan. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan juga poin ini.

Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Material palet cat air yang kini saya gunakan adalah plastik. Saya memilih material ini karena ringan, harganya terjangkau, dan kualitasnya tidak kalah dengan aluminium atau stainless steel


Akan tetapi, palet plastik ini biasanya lebih mudah meninggalkan noda karena sifatnya yang lebih menyerap pigmen cat air. Palet bermaterial plastik memiliki tingkat kekukuhan yang berbeda tergantung produknya. Untuk itu, pilihlah yang cukup tebal atau bentuk permukaannya cukup datar agar palet tidak mudah patah.

Stainless steel, ringan dan tahan karat

Stainless steel, ringan dan tahan karat
Palet cat air berbahan stainless steel memiliki karakteristik tahan karat dan tidak mudah kotor sehingga mudah perawatannya. Material ini juga cocok dijadikan bahan dasar palet karena sifatnya yang sangat awet. Meski demikian, Anda mungkin akan kesulitan melihat warna secara jelas kecuali dengan menggoreskannya langsung pada kertas.

Keramik, awet dan mudah dibersihkan dan lebih estetik

Keramik, awet dan mudah dibersihkan dan lebih estetik
Palet berbahan keramik lebih umum digunakan untuk dijadikan palet pelengkap daripada palet utama. Memiliki karakteristik sama seperti peralatan makan berbahan keramik, bahan ini sangat awet dan mudah dibersihkan. 

Tiadanya lekukan pada permukaan membuat warna cat air dapat tercampur dengan baik. Namun, material ini lebih mudah pecah ketimbang material lainnya. Jadi, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya.

Aluminium, untuk kesan profesional dan tahan lama

Aluminium, untuk kesan profesional dan tahan lama
Palet cat air berbahan aluminium biasanya memiliki harga sedikit lebih mahal. Akan tetapi, aluminium banyak digunakan pada berbagai produk untuk profesional. Tentunya palet aluminium dianjurkan untuk Anda yang ingin menekuni hobi melukis menggunakan cat air. 

Proses pelapisan palet aluminium biasanya dilakukan melalui pelapisan enamel dengan pembakaran pada suhu tinggi. Hal ini dapat mencegah karat dan menjadikannya tahan lama, risiko cat mudah menempel pada palet pun makin minim.

3

Sesuaikan palet dengan kebiasaan melukis Anda

Sesuaikan palet dengan kebiasaan melukis Anda
Berdasarkan cara pemakaiannya, palet cat air juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya palet genggam. Palet jenis ini didesain dengan lubang untuk memasukkan jari dan memungkinkan Anda bekerja sambil memegangnya dengan satu tangan. 

Palet tipe ini akan memudahkan ketika Anda melukis sambil berdiri atau saat membuat karya yang membutuhkan ketinggian tertentu. Namun, mengingat posisinya yang kurang stabil, tipe ini tidak cocok untuk pencampuran banyak warna.


Jenis palet yang lainnya adalah floor-standing. Palet ini digunakan dengan cara meletakkannya di lantai. Karena palet ini tidak digerakkan dalam penggunaannya, Anda bisa mengisinya dengan cat air dalam jumlah banyak. Jadi, silakan pilih palet yang Anda sukai, tergantung pada kebiasaan dan seberapa banyak lukisan yang akan Anda buat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

8 Rekomendasi palet cat air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan delapan palet cat air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Deli

Palet Cat Air9402

Deli Palet Cat Air 1

Rp6.000

Agak Murah

Lengkap dengan tempat kuas, tidak perlu khawatir kuas terjatuh

2

Palet Cat Air Lukis Plastik Kecil

 Palet Cat Air Lukis Plastik Kecil 1

Rp8.300

Agak Murah

Harganya dijamin tidak membuat dompet berteriak

3

Armando Caruso

Dome Mixing Palette Stainless Steel + Spatula867

Armando Caruso Dome Mixing Palette Stainless Steel + Spatula 1

Rp1.125.000

Agak Mahal

Bertekstur halus dan antikarat, perawatannya mudah!

4

Palet Cat Air Plus Tabung Penutup

 Palet Cat Air Plus Tabung Penutup 1

Rp15.000

Agak Murah

Tabung berpenutupnya sangat fungsional!

5

Graha Lukis

Watercolour Palette 18 Warna

Graha Lukis Watercolour Palette 18 Warna 1

Rp80.000

Menengah

Dilengkapi dengan pengunci, cocok dibawa bepergian

6

V-Tec

Box Watercolor NBX 36 Color

V-Tec Box Watercolor NBX 36 Color 1

Rp65.000

Menengah

Box palette ekonomis yang muat beragam warna cat

7

Etchr Lab

Mini Palette: 37 Wells

Etchr Lab Mini Palette: 37 Wells 1

Rp849.000

Agak Mahal

Ukurannya mini, jumlah partisinya pun sangat banyak!

8

GRAHALUKIS

Empty Case Watercolor 24 Pocket Box BX24

GRAHALUKIS Empty Case Watercolor 24 Pocket Box  1

Rp112.000

Menengah

Isi sendiri palet dengan cat air favoritmu!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DeliPalet Cat Air9402

Palet Cat Air 1
Sumber: shopee.co.id
Palet Cat Air 2
Sumber: shopee.co.id
Palet Cat Air 3
Sumber: shopee.co.id
Palet Cat Air 4
Sumber: shopee.co.id
Palet Cat Air 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp6.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp6.000
Agak Murah

Lengkap dengan tempat kuas, tidak perlu khawatir kuas terjatuh

Anda yang mencari palet cat air dengan desain yang pas untuk si kecil sebaiknya memilih produk ini. Biasanya, anak kecil yang baru belajar melukis sering kebingungan untuk meletakan kuasnya dengan benar. Alhasil, kuas dengan cat air tersebut bisa terjatuh dan membuat noda di permukaan meja, lantai, serta baju.


Dengan produk ini, si kecil bisa meletakkan kuasnya dengan nyaman dan benar. Anda pun tidak perlu khawatir kuas akan terjatuh dan menyebabkan noda. Praktis dan tidak ribet, cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Palet Cat Air Lukis Plastik Kecil

Harga referensi
Rp8.300
Agak Murah

Harganya dijamin tidak membuat dompet berteriak

Salah satu sisi ujung produk ini sengaja dibuat berlubang agar Anda bisa menggenggamnya erat-erat. Adanya empat partisi berukuran besar pun memudahkan Anda mengaduk cat kapan pun dibutuhkan. Dengan segala keunggulan tersebut, nyatanya produk ini memiliki harga super ramah di kantong. Salah satu solusi terbaik bila Anda butuh palet cat air, tetapi tidak ingin keluar banyak dana.

No.3

Armando CarusoDome Mixing Palette Stainless Steel + Spatula867

Harga referensi
Rp1.125.000
Agak Mahal

Bertekstur halus dan antikarat, perawatannya mudah!

Anda yang mengutamakan kemudahan merawat palet cat air jangan sampai melewatkan produk ini, ya! Penggunaan bahan stainless steel menjadikan produk ini kuat sekaligus sangat tahan karat. Anda pun tidak perlu takut palet kotor akibat karat. 


Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan spatula yang dapat Anda gunakan untuk mencampur berbagai medium cat lainnya. Dengan spatula serta palet yang awet ini, Anda bisa mencampur cat minyak ataupun cat akrilik dengan mudah. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencampur produk makeup, lho! Satu palet untuk berbagai keperluan cat.

No.4

Palet Cat Air Plus Tabung Penutup

Palet Cat Air Plus Tabung Penutup 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah

Tabung berpenutupnya sangat fungsional!

Anda yang menyukai produk dengan fungsionalitas tinggi sangat pas mempertimbangkan produk ini. Adanya empat belas partisi memungkinkan Anda menuangkan banyak cat favorit untuk digunakan melukis.


Menariknya lagi, produk ini juga memberi Anda enam tabung berpenutup. Berkat tabung tersebut, Anda akan lebih mudah menyimpan dan membawa cat dengan lebih aman tanpa takut tumpah, sangat fungsional!

No.5

Graha LukisWatercolour Palette 18 Warna

Harga referensi
Rp80.000
Menengah

Dilengkapi dengan pengunci, cocok dibawa bepergian

Bagi Anda yang ingin melukis di berbagai tempat, produk ini tepat untuk Anda. Disertai dengan clip pengunci, Anda dapat membawa palet ini dengan mudah dan ringkas. Selain itu, bentuknya yang juga tips membuatnya mudah diselipkan ke dalam tas saat dibawa travelling. Tertarik untuk membelinya?

No.6

V-TecBox Watercolor NBX 36 Color

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Box palette ekonomis yang muat beragam warna cat

Memiliki harga yang tergolong bersahabat, membeli produk ini tidak akan menguras isi dompet Anda. Meski ekonomis, jangan ragukan kualitasnya. Dibuat dengan model box palette, produk ini tepat digunakan sebagai palet utama.


Penggunaan bahan plastik pilihan juga menjadikan palet ini makin tahan lama. Ditambah dengan adanya 36 partisi, Anda pun memiliki fleksibilitas lebih dalam menyediakan dan mencampurkan warna. Pantas dimasukkan dalam daftar belanja oleh Anda yang mencari box palette ekonomis, tetapi memiliki partisi sangat banyak.

No.7

Etchr LabMini Palette: 37 Wells

Harga referensi
Rp849.000
Agak Mahal

Ukurannya mini, jumlah partisinya pun sangat banyak!

Pernahkah Anda membayangkan ingin memiliki palet cat air yang ukurannya sangat kecil, tetapi memiliki partisi melimpah? Produk ini adalah jawaban terbaik atas impian Anda! Memiliki diameter hanya sebesar 7,5 cm, produk ini bisa dengan mudah Anda selipkan dalam tas atau bahkan kantong pakaian.


Meski ukurannya tergolong mini, produk ini memiliki jumlah partisi sangat banyak, mencapai 37 partisi! Anda pun bisa makin bebas menuangkan dan membuat warna yang diinginkan. Dapat disimpan dalam kaleng kemasan bawaannya, produk ini pun makin aman dibawa ke mana pun.

No.8

GRAHALUKISEmpty Case Watercolor 24 Pocket Box BX24

Harga referensi
Rp112.000
Menengah

Isi sendiri palet dengan cat air favoritmu!

Salah satu keunggulan cat air dibandingkan medium cat lainnya adalah kemampuannya untuk dikeringkan. Meskipun cat air sudah kering di dalam suatu wadah, Anda dapat menggunakannya kembali untuk melukis hanya dengan menambahkan sedikit air ke atasnya.


Dengan produk ini, Anda bisa mengisi sendiri setiap wadahnya dengan shade cat air favorit. Setelah membiarkan cat kering, Anda bisa membawa cat-cat kesukaan tersebut kemana saja tanpa perlu repot. Praktis, bukan?

Baca juga rekomendasi sketchbook dan cat air (watercolor) di sini

Cat air menawarkan beragam warna cantik yang enak dipandang. Dengan menggunakan cat air berkualitas, lukisan pun akan makin indah. Nah, Anda bisa menggunakan sketchbook sebagai media lukis Anda. Informasi detail terkait cara memilih dan rekomendasi kedua produk tersebut bisa Anda temukan di artikel berikut.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan delapan palet cat air terbaik yang direkomendasikan dengan pertimbangan harga, kualitas, dan fungsi yang diberikan. Kami sarankan agar Anda memilih palet yang sesuai dengan level kebutuhan dan situasi pemakaiannya.

Karakteristik palet cat air sangat beragam, mulai dari material sampai ukurannya. Jadi, silakan pilih produk yang sesuai dengan gaya melukis Anda, ya!

5 Rekomendasi Palet Cat Air terbaik

No. 1: DeliPalet Cat Air9402

No. 2: Palet Cat Air Lukis Plastik Kecil

No. 3: Armando CarusoDome Mixing Palette Stainless Steel + Spatula867

No. 4: Palet Cat Air Plus Tabung Penutup

No. 5: Graha LukisWatercolour Palette 18 Warna

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.