10 Rekomendasi Palet Cat Air Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Palet Cat Air Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Palet cat air adalah salah satu alat bantu yang sangat diperlukan ketika melukis. Saat ini terdapat berbagai macam produk yang dijual di pasaran keluaran beragam merek dengan berbagai bahan, seperti aluminium, plastik, dan lainnya. Untuk kemudahan dalam pencampuran cat air, dianjurkan untuk memilih palet terbaik yang bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan produk palet cat air yang tergolong populer dan menjadi favorit kebanyakan pekerja seni. Untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan cat air maupun Anda yang sudah profesional, silakan pilih palet cat air yang Anda inginkan!

Daftar isi

Cara memilih palet cat air

Palet cat air adalah barang yang sangat penting ketika Anda menggunakan cat air untuk melukis. Tiap palet memiliki keunggulan masing-masing, tergantung jenis paletnya. Oleh karena itu, untuk menemukan palet yang cocok, berikut ini kami akan menginformasikan beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih palet cat air.

Pilih berdasarkan jenisnya

Palet cat air tersedia dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling umum adalah palet kotak, tetapi ada juga bentuk lain yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Berikut ini, kami memperkenalkan tiga tipe palet berdasarkan jenisnya.

Palet kotak, digunakan sebagai palet utama

Palet kotak, digunakan sebagai palet utama

Ada berbagai bentuk palet cat air. Jenis yang paling umum adalah palet kotak yang bisa dilipat. Karena ini digunakan sebagai palet utama, ada banyak partisi di bagian dalamnya, sehingga Anda dapat menggunakan warna-warna apa pun secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa melipatnya sehingga bagian atasnya akan tertutup untuk untuk mencegah debu.

Palet dengan desain tertentu, mudah untuk mencampur banyak cat

Palet dengan desain tertentu, mudah untuk mencampur banyak cat

Jenis palet yang kedua adalah yang dibuat dengan desain khusus. Jenis palet ini mempunyai banyak bagian yang memungkinkan Anda melakukan pencampuran warna yang diambil dari bagian-bagian tersebut. Piringannya juga biasanya didesain sedikit lebih dalam sehingga memudahkan Anda untuk bekerja bahkan ketika menggunakan cat dalam jumlah banyak. Karena palet jenis ini tergolong simpel dan compact, produk tipe ini sangat disarakankan bagi Anda yang tidak terlalu sering menggunakan palet.

Palet pelengkap, dengan partisi lebih sedikit

Palet pelengkap, dengan partisi lebih sedikit

Selain kedua jenis di atas, ada juga palet pelengkap yang memiliki jumlah partisi lebih sedikit. Jenis palet ini sangat nyaman digunakan ketika mencampur banyak cat dan sering digunakan sebagai palet bantuan selain dari palet utama. Meskipun belum tentu diperlukan, palet ini akan sangat berguna untuk tambahan palet utama Anda.

Pilih berdasarkan karakteristik materialnya

Jenis material yang digunakan pada palet cat air menentukan apakah produk tersebut mudah pemakaiannya, perawatannya, dan pembersihannya. Berikut ini beberapa material yang banyak digunakan untuk palet cat air.

Plastik, material yang paling umum digunakan

Plastik, material yang paling umum digunakan

Bahan yang paling banyak digunakan untuk palet cat air adalah plastik resin sintetis. Karena harganya tergolong murah, palet jenis ini digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga profesional. Bahkan dengan ukuran besar sekalipun, palet yang terbuat dari material plastik tetap nyaman digunakan karena ringan dan tidak mudah patah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa palet dengan material plastik lebih mudah menyerap warna sehingga kotoran akan bisa jadi akan menempel setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya, cat air akan lebih sulit menyatu misalnya saat Anda ingin mencampur warna untuk mendapatkan kombinasi yang diinginkan. Bagi Anda yang mementingkan permukaan palet untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pertimbangkanlah poin ini saat memilih produk yang akan dibeli.

Stainless steel, ringan dan tahan karat

Stainless steel, ringan dan tahan karat

Palet cat air dengan bahan stainless steel tergolong tahan karat dan tidak mudah kotor sehingga mudah perawatannya. Material ini juga cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar palet karena ringan dan tidak mudah rusak. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika lapisan paletnya tidak dalam kondisi baik, warna cat akan sulit dikenali ketika digunakan dalam melukis. Palet dengan bahan stainless steel ini juga masih jarang bisa ditemukan di Indonesia.

Keramik, seperti barang pecah belah

Keramik, seperti barang pecah belah
Palet dengan material keramik lebih sering digunakan sebagai palet tambahan dibandingkan untuk palet utama. Dengan menggunakan material seperti ini, Anda seolah sedang menggunakan barang pecah belah seperti piring. Material ini memiliki ciri khas mudah dibersihkan dan tidak berubah bentuk meskipun telah digunakan cukup lama.

Selain itu, karena tidak terdapat lekukan pada permukaannya, warna cat air dapat tercampur dengan baik. Namun, material ini lebih mudah pecah dibandingkan dengan material lainnya. Jadi, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan palet yang terbuat dari bahan keramik.

Aluminium, untuk kesan profesional

Aluminium, untuk kesan profesional

Palet cat air dengan bahan aluminium biasanya harganya sedikit lebih mahal. Akan tetapi, karena material ini banyak digunakan pada berbagai produk untuk profesional, palet aluminium dianjurkan untuk mereka yang ingin menekuni hobi melukis menggunakan cat air. Proses pelapisan palet aluminium biasanya dilakukan melalui pelapisan enamel dengan pembakaran pada suhu tinggi. Hal ini dapat mencegah karat dan menjadikannya tahan lama sehingga mengurangi risiko agar cat tidak mudah menempel pada palet.

Sesuaikan dengan kebiasaan apakah palet dipegang atau diletakkan di lantai

Sesuaikan dengan kebiasaan apakah palet dipegang atau diletakkan di lantai

Palet cat air juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya palet genggam. Palet jenis ini didesain dengan lubang untuk memasukkan jari Anda dan memungkinkan Anda bekerja sambil memegangnya dengan satu tangan. Palet tipe ini akan memudahkan ketika Anda menggambar sambil berdiri atau saat membuat karya yang membutuhkan ketinggian tertentu. Namun, mengingat posisinya yang kurang stabil, tipe ini tidak cocok untuk pencampuran banyak warna.

Janis palet yang lain adalah floor-standing. Palet ini digunakan dengan meletakkannya di lantai. Karena palet ini tidak digerakkan dalam penggunaannya, Anda bisa mengisinya dengan cat air dalam jumlah banyak. Jadi, silakan pilih palet yang Anda sukai, tergantung pada kebiasaan dan seberapa banyak lukisan yang akan Anda buat.

10 Rekomendasi palet cat air terbaik

Berikut ini kami akan memperkenalkan produk palet cat air yang kami rekomendasikan berdasarkan harga dan kualitas. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Aubtec Rectangular Paint Tray

10. Aubtec Rectangular Paint Tray

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 66.227

Bahan berkualitas untuk para seniman

Untuk Anda para seniman yang menggeluti dunia lukis maupun para mahasiswa di bidang seni yang memiliki kegemaran membuat lukisan, palet cat air yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Palet ini didesain dengan 24 kompartemen yang memungkinkan Anda untuk mencampur dan menghasilkan warna-warna yang beragam.

Bahannya sendiri terbuat dari PP (polypropylene) berkualitas yang kuat dan ringan. Selain nyaman digunakan, palet ini juga didesain dengan warna putih sehingga memudahkan Anda mencampur dan mengenali warna yang diinginkan. Palet ini juga dilengkapi penutup yang berfungsi melindungi cat agar tidak kering ketika tidak digunakan.

9. Art Alternatives Paint Tray Palette

9. Art Alternatives Paint Tray Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 34.000

10 Kompartemen yang cocok untuk para pemula!

Palet cat air yang satu ini didesain dengan hanya memiliki 10 kompartemen, sangat cocok untuk Anda yang baru belajar melukis maupun untuk siswa yang mempunyai tugas melukis dari sekolah yang hanya membutuhkan sedikit cat air. Meskipun demikian, palet ini didesain dengan baik sehingga para pemula pun bisa menghasilkan campuran warna-warna yang menawan.

Kenyamanannya tidak perlu diragukan karena bobotnya yang sangat ringan dengan desain berbentuk bundar, serta dilengkapi lubang untuk pegangan. Fitur ini sangat membantu jika Anda merasa lebih nyaman melukis sambil memegang palet. Material plastiknya pun tergolong kuat dan mudah dibersihkan.

8. Ceramic Ripple Palette

8. Ceramic Ripple Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 106.470

Tampilan menawan dengan desain gelombang pada permukaannya

Bosan dengan tampilan palet yang memiliki kompartemen kotak-kotak? Tidak ada salahnya Anda mencoba produk yang satu ini! Palet cat air ini hadir dengan desain gelombang pada permukaannya yang berfungsi sebagai tempat mencampur cat air. Bentuknya yang tanpa pegangan menjadikan produk ini lebih cocok diletakkan di meja atau lantai saat Anda melukis.

Dibekali dengan material keramik imitasi, permukaan palet ini terasa halus sehingga sangat nyaman ketika digunakan dan juga akan melindungi kuas Anda sehingga tidak mudah rusak. Untuk Anda para pemula maupun pelukis profesional yang ingin menikmati proses melukis, produk palet yang satu ini sangat kami rekomendasikan.

7. Artlicious Oval Shaped Wooden Palette

7. Artlicious Oval Shaped Wooden Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 455.000

Palet material kayu untuk kesan tradisional

Palet cat air dengan material kayu yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang baru dan mampu memberikan kesan tradisional untuk menemani kegiatan melukis. Meskipun palet ini tidak dilengkapi partisi, ukurannya yang cukup besar memungkinkan Anda untuk leluasa melakukan banyak pencampuran warna. 

Pada pinggiran palet ini juga disediakan lubang sebagai tempat memasukkan jari agar palet mudah dipegang dan kegiatan melukis Anda akan terasa lebih nyaman. Palet ini tergolong mudah dibersihkan walaupun terbuat dari material kayu. Anda cukup dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan sisa-sisa cat yang menempel.

6. MEEDEN Watercolor Tin Palette

6. MEEDEN Watercolor Tin Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 518.000

Lebih compact dengan palet berukuran kecil

Palet yang satu ini didesain dengan model kotak dan memiliki ukuran 11,7 x 6,7 x 2,0 cm. Dengan ukuran tersebut palet ini terasa sangat pas di tangan Anda ketika digenggam dan mudah dibawa-bawa. Meskipun compact, palet ini memiliki 12 kompartemen transparan memudahkan Anda memastikan warna cat air dengan jelas dengan kapasitas masing-masing 1,8 ml yang memadai.

Bagian luar palet didesain dengan warna hitam dan warna putih di bagian dalamnya, menambah kesan stylish pada palet ini. Di samping itu, pada bagian penutupnya juga dibekali dengan kompartemen tambahan sehingga memungkinkan pencampuran lebih banyak warna.

5. Yasutomo Niji Foldout Palette

5. Yasutomo Niji Foldout Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 684.000

Kompartemen tambahan yang bisa dilipat untuk menemani perjalanan Anda!

Dengan ukuran yang tergolong cukup besar, palet merek Yasutomo ini sangat cocok untuk pelukis profesional maupun Anda yang baru menekuni hobi melukis menggunakan cat air. Hal tersebut didukung oleh banyaknya kompartemen berbagai ukuran yang akan membuat Anda lebih leluasa melakukan pencampuran warna sesuai kebutuhan.

Di samping itu, palet cat air ini terbuat dari material plastik berkualitas yang mudah dicuci, kuat, dan tahan lama. Desainnya juga bisa dibuka menjadi tiga bagian sehingga sangat cocok dibawa-bawa untuk Anda yang ingin melukis sambil melakukan perjalanan.

4. RUIVAN 36-Well Rectangular Plastic Palette

4. RUIVAN 36-Well Rectangular Plastic Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 856.500

Dilengkapi cover pelindung lembut yang antibocor!

Ukuran palet yang tergolong lumayan besar dan terdiri dari 36 kompartemen menjadikan palet merek Ruivan ini sangat cocok digunakan untuk mencampur beragam warna yang diinginkan hingga gradasi yang paling detail sekalipun! Materialnya terbuat dari plastik berkualitas yang kuat dan juga mudah dicuci sehingga Anda tidak perlu khawatir sisa cat akan menempel pada palet.

Di samping itu, palet ini juga sangat memungkinkan untuk dibawa ke mana saja. Hal ini didukung oleh adanya penutup yang terbuat dari bahan lembut berkualitas yang mampu mencegah cat agar tidak tumpah dan tidak cepat kering. Selain untuk cat air, palet ini juga cocok untuk cat minyak dan akrilik, lho!

3. Rigger Art Large Folding Palette

3. Rigger Art Large Folding Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 958.500

Kompartemen berbagai ukuran dengan untuk pencampuran warna lebih banyak

Palet cat air yang satu ini sangat cocok digunakan oleh pelukis berbagai kalangan baik profesional maupun pemula, berkat desainnya yang cukup besar dan terdiri dari kompartemen berbagai ukuran yang memungkinkan pencampuran lebih banyak warna. Material plastik untuk palet ini juga tergolong kuat dan tahan lama.

Agar lebih nyaman ketika digunakan di mana saja, palet ini juga dilengkapi dengan lubang sebagai pegangan menggunakan jari Anda. Terlebih, palet ini bisa dilipat agar tertutup sehingga cat air yang telah Anda gunakan akan selalu lembap dan siap digunakan kembali kapan saja.

2. Color Around 30-Well Aluminium Watercolors Palette

2. Color Around 30-Well Aluminium Watercolors Palette

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 577.000

Permukaan palet yang halus untuk pencampuran warna lebih baik

Palet cat air dengan material aluminium berkualitas ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda pelukis profesional maupun yang sedang belajar. Palet ini dilengkapi kompartemen beragam ukuran dengan permukaan yang halus untuk mendukung pencampuran warna lebih banyak dan menghasilkan warna yang lebih baik.

Materialnya juga tergolong kuat dan dibekali desain yang bisa dilipat agar mencegah cat air menjadi kering ketika tidak digunakan. Terlebih lagi, palet ini juga sangat mudah dibersihkan karena permukannya yang menjalani berkali-kali proses pelapisan dengan dibakar pada suhu tinggi.

1. Holbein Watercolor Palette (No. 500)

1. Holbein Watercolor Palette (No. 500)

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.338.000

Palet berbahan logam dengan tampilan warna hitam yang elegan!

Dengan dibekali material logam yang terkenal kuat, palet cat air merek Holbein ini merupakan salah satu yang paling direkomendasikan bagi profesional maupun amatir! Bagian luar palet dilapisi pernis yang menjadikannya tahan lama, serta didesain dengan warna hitam yang memberikan kesan elegan.

Sementara itu, bagian dalamnya berlapis enamel dan berwarna putih yang akan memudahkan Anda mengenali warna ketika melakukan pencampuran warna. Dengan ukuran yang sangat memadai sekalipun, bobotnya cukup ringan agar tidak membebani penggunannya saat melukis sambil memegang palet ini di satu tangan, cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan melukis.

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan sepuluh palet cat air terbaik yang direkomendasikan dengan pertimbangan harga, kualitas, dan fitur yang diberikan. Kami sarankan agar Anda memilih palet yang sesuai dengan level kebutuhan dan situasi pemakaiannya.

Karakteristik palet cat air sangat beragam, mulai dari material maupun ukurannya. Jadi, silakan pilih yang sesuai dengan gaya melukis Anda, ya!