10 Rekomendasi Mainan Bayi Terbaik yang Berbentuk Bola (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mainan Bayi Terbaik yang Berbentuk Bola (Terbaru Tahun 2018)

Saat ini, fungsi mainan bayi tidak lagi hanya sebagai alat untuk membantu bayi bermain, tetapi juga alat yang dapat membantu menstimulasi perkembangan bayi atau mainan edukasi. Banyak sekali jenis mainan bayi yang berbentuk bola yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang menunjang fungsinya sebagai mainan edukasi bayi, seperti desain yang mudah digenggam, atau fitur khusus seperti penghasil suara.

Dengan banyaknya jenis mainan, tentunya Anda tidak ingin salah memilih mainan untuk bayi Anda,  bukan? Untuk membantu Anda, kami akan membahas cara memilih mainan bayi, serta memperkenalkan 10 produk mainan bayi yang berbentuk bola, untuk usia 3, 6, dan 12 bulan. Selamat membaca!

Daftar isi

Keunggulan dari mainan bayi yang berbentuk bola

Banyak sekali jenis mainan bayi dengan bentuk yang berbeda, seperti balok ataupun benda-benda seperti alat transportasi, hewan, atau buah-buahan. Akan tetapi, mainan berbentuk bola umumnya lebih diminati oleh anak-anak, termasuk bayi. Berikut kami rangkum keunggulan dari mainan bayi yang berbentuk bola sehingga lebih diminati.

Bayi menyukai sesuatu yang bulat

Bayi menyukai sesuatu yang bulat

Di usia dini, bayi memiliki kemampuan visual yang terbatas sehingga sulit membedakan benda-benda yang dilihatnya. Namun, bayi juga memiliki keingintahuan terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karenanya, bayi sering menggapai atau memegang dan berinteraksi dengan benda-benda di sekitarnya. Dibandingkan dengan bentuk lainnya, benda yang berbentuk bulat cenderung lebih mudah untuk digapai dan dipegang oleh bayi sehingga bayi lebih dapat menerima bentuk tersebut.

Selain itu, benda berbentuk bulat tidak memiliki sudut yang lancip pada ujungnya, yang dapat meninggalkan kesan berbahaya atau kurang aman untuk bayi. Oleh karenanya, bayi akan cenderung memilih benda berbentuk bulat. Karena tidak memiliki sudut itu jugalah, benda berbentuk bulat seperti bola menjadi kurang stabil ketika diletakkan di atas suatu permukaan dan membuatnya aktif bergerak ketika disentuh atau dimainkan sehingga lebih responsif,  dan bayi lebih tertarik serta berinteraksi dengan mainan.

Dapat dipakai di berbagai aktivitas bermain dan belajar

Dapat dipakai di berbagai aktivitas bermain dan belajar

Bayi juga memiliki keterbatasan dalam menggerakan dan menggunakan anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Karena masih dalam perkembangan dini, kemampuan menggunakan anggota tubuh masih perlu distimulasi dengan mendorong bayi untuk melakukan berbagai kegiatan dan gerakan. Dibanding dengan bentuk yang lain, bentuk bulat dapat memfasilitasi lebih banyak kegiatan.

Untuk mengembangkan otot tangan, bayi tidak hanya dapat belajar untuk memegang, menggenggam, ataupun mengangkat benda tetapi juga menggelindingkan bola. Selain itu, bayi pun dapat lebih aktif bergerak untuk mengejar dan menangkap bola yang tentunya dapat membantu perkembangan kemampuan merangkak atau berjalan.

Karena saat ini mainan sudah mengalami penambahan fungsi sebagai alat pembelajaran juga, tidak sedikit mainan bayi yang berbentuk bola yang sudah disertai dengan desain dan fitur-fitur unik yang dapat menstimulasi tidak hanya kemampuan fisik, tetapi juga perkembangan otak bayi.

Cara memilih mainan bayi yang berbentuk bola

Nah, setelah melihat keunggulan mainan bayi yang berbentuk bulat, tentunya Anda bertanya-tanya bagaimana cara memilih mainan bayi. Berikut tips untuk memilih mainan bayi yang tepat untuk anak Anda.

Pilihlah produk dengan material dan desain yang aman

Karena bayi belum menyadari bahaya dari suatu benda, maka bayi sering memasukkan benda ke dalam mulutnya yang memungkinkan benda untuk tertelan oleh bayi. Oleh karenanya, penting sekali untuk memilih mainan bayi yang terbuat dari bahan-bahan material yang aman dan bebas dari zat-zat berbahaya, seperti logam berat. Selain itu, desain mainan pun harus diperhatikan karena desain dapat membantu mencegah mainan untuk tertelan oleh bayi.

Pilihlah ukuran mainan yang sesuai dengan ukuran tangan bayi

Pilihlah ukuran mainan yang sesuai dengan ukuran tangan bayi

Selain desain mainan, ukuran mainan pun menjadi faktor penting yang dapat mencegah mainan tertelan. Secara global, standar ukuran mainan yang aman untuk bayi telah ditetapkan. Standar ini juga berlaku di Indonesia dimana mainan yang berukuran 45 mm atau kurang dari 45 mm tidak dapat diberikan kepada anak dengan usia di bawah 36 bulan.

Walaupun ukuran standar tersebut sudah ditetapkan, ada baiknya Anda tetap menyesuaikan ukuran mainan dengan ukuran bayi. Ukuran bayi tidak selalu sama dengan bayi lainnya karena perkembangan setiap anak akan berbeda. Maka, mainan yang memenuhi ukuran standar belum tentu aman untuk semua bayi. Untuk memastikan keamanan mainan, Anda dapat mengukur mainan dengan kedua tangan bayi Anda. Apabila mainan dapat dipegang dengan dua tangan, mainan itu cukup aman karena ukurannya lebih besar daripada mulut bayi sehingga tidak mungkin tertelan.

Pilihlah mainan yang memiliki tekstur tidak keras, tetapi juga tidak terlalu lunak

Pilihlah mainan yang memiliki tekstur tidak keras, tetapi juga tidak terlalu lunak

Selain jenis material yang aman untuk anak, tekstur material juga perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi tekstur mainan. Untuk bayi yang masih berusia dini, mayoritas aktivitas dilakukan dalam posisi berbaring sehingga bayi pun akan memegang dan berinteraksi dengan mainan dengan posisi mainan ada di atas bagian tubuh bayi, seperti muka. Mainan dari bahan material yang keras, kokoh, tajam, serta berat tentunya dapat melukai bayi apabila terjatuh dan menimpa bayi.

Namun, pemilihan mainan dengan bahan yang terlalu lunak dan lentur juga perlu dipertimbangkan lagi. Bahan material yang terlalu lentur dan lunak akan mudah terburai dan membahayakan bayi. Bayi dengan usia yang lebih besar cenderung memasukkan benda ke dalam mulutnya dan menggigit benda tersebut. Apabila material mainan terlalu lunak, lentur,atau mudah terburai, maka ada risiko bayi untuk menelan bagian dari mainan yang terburai. Oleh karenanya, material dari spons dan kertas sebaiknya dihindari. Pemilihan material yang tidak keras, tajam, dan berat, serta tidak terlalu lunak dan mudah terburai seperti silikon pun lebih direkomendasikan.

Pilihlah mainan yang sudah memiliki sertifikasi standar keamanan

Pilihlah mainan yang sudah memiliki sertifikasi standar keamanan

Untuk memastikan keamanan produk, umumnya setiap negara memiliki standar keamanan masing-masing, dimana mainan akan diuji keamanan dan kualitasnya oleh lembaga yang berwenang, dan yang lolos uji akan diberi label tersertifikasi yang berlaku di negara masing-masing. Di Indonesia sendiri, label standar keamanan berupa label SNI yang berarti mainan telah lolos uji dan aman. 

Untuk produk buatan luar negeri, seperti Uni Eropa, label CE dipakai untuk mengidentifikasi produk mainan yang telah lolos uji standar keamanan. Sedangkan produk mainan Jepang yang sudah tersertifikasi, akan bertanda ST. Memilih mainan dengan label sertifikasi resmi sangatlah direkomendasikan untuk menjamin keamanan dan keselamatan produk mainan serta keabsahan dari klaim yang diakui oleh produsen mainan (seperti tidak menggunakan material berbahaya).

Pilihlah mainan yang mudah dibersihkan

Pilihlah mainan yang mudah dibersihkan

Kebersihan mainan menjadi salah satu faktor yang penting karena bayi masih rawan terkena infeksi dan juga memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda ke mulut yang dapat menjadi sumber penyakit. Mainan bayi dapat menjadi sangat kotor apabila baru saja dibawa ke luar rumah ataupun karena aktivitas bermain bayi di dalam rumah, seperti menggelinding di lantai atau di bawah meja yang memungkinkan adanya debu.

Mainan-mainan dengan desain yang rumit tentunya akan memiliki bagian-bagian yang tersembunyi,  yang sulit dijangkau dan sulit dibersihkan. Selain itu, mainan yang menghasilkan suara umumnya lebih sulit dibersihkan apalagi dicuci karena memiliki komponen mesin berbaterai yang dapat rusak apabila terkena air.

Pilihlah mainan edukasi yang dapat mendukung perkembangan panca indera

Pilihlah mainan edukasi yang dapat mendukung perkembangan panca indera

Usia bayi merupakan usia yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan. Bayi yang baru lahir akan memiliki kemampuan yang sangat terbatas, seperti jarak pandang yang terbatas. Oleh karenanya,  aktivitas-aktivitas maupun benda-benda yang dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan bayi sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi.

Banyak mainan-mainan saat ini yang telah dilengkapi fitur-fitur khusus, seperti tekstur permukaan yang unik untuk perkembangan indera peraba anak, warna yang mencolok dan beragam untuk perkembangan visual dan pengenalan dini pada jenis warna, ataupun fitur penghasil suara untuk merangsang indera pendengar. 

Tak hanya membantu perkembangan panca indera, fitur-fitur ini juga dapat merangsang perkembangan otak bayi dan membuat bayi menjadi lebih peka terhadap lingkungannya serta membuat bayi lebih tertarik untuk beraktivitas. 

10 Rekomendasi mainan bayi yang berbentuk bola terbaik

Apakah Anda sudah lebih memiliki gambaran mengenai mainan bayi untuk anak Anda? Kali ini, kami akan memberikan gambaran 10 mainan bayi yang berbentuk bola dengan membandingkan manfaat, keamanan, material, dan harganya. Pastikan Anda tidak salah memilih ya!

10. Fisher-Price Laugh & Learn Learning Happy Apple Baby Toy

10. Fisher-Price Laugh & Learn Learning Happy Apple Baby Toy

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 249.900

Yuk main bola apel, sekalian main puzzle dan belajar angka ya!

Mainan ini cocok untuk bayi yang berusia 6-36 bulan yang sudah lebih fasih untuk menggunakan dan menggerakkan anggota badan. Bagian dalamnya terdiri dari 5 potongan puzzle yang berbentuk potongan apel yang dilengkapi dengan gambar dan angka. Dengan fitur ini, Anda dapat mengenalkan angka dan warna pada anak Anda, juga untuk melatih kemampuan problem solving.

Mainan ini juga dapat menstimulasi pendengaran anak dengan adanya fitur musik dan suara yang dapat dikeluarkan dengan menekan tombol pada bagian tengah produk. Walaupun bagian cangkang apel kurang berwarna warni, Anda tetap dapat menarik minat anak Anda dengan membuka bagian dalam mainan dan mengajak anak bermain puzzle

9. Funtime Activity Rainbow Ball

9. Funtime Activity Rainbow Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 127.000

Aman untuk melatih atlet kecil Anda menangkap, menendang dan mengejar bola

Produk ini menawarkan fitur sederhana dari sebuah mainan bola dimana mainan dapat menggelinding sehingga anak dapat lebih aktif bergerak. Walaupun fungsinya sederhana, mainan ini dilengkapi dengan tekstur permukaan yang dapat menstimulasi indera peraba dan warna yang beragam untuk perkembangan indera visual.

Ukurannya yang sesuai dengan genggaman dua tangan bayi membuat produk ini mudah digenggam oleh bayi dan juga aman karena menurunkan resiko tertelan. Funtime Activity Rainbow Ball cocok untuk bayi berusia 12 bulan yang mulai aktif bergerak dan belajar jalan.

8. Oball Jungle Adventure Shape Shorter

8. Oball Jungle Adventure Shape Sorter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Belajar problem solving sambil mengenal hewan

Shape sorter merupakan mainan problem solving dimana anak dapat belajar mengamati sesuatu dengan menyesuaikan bentuk suatu benda dengan bentuk lubang. Produk ini menawarkan bentuk benda yang unik dan berbeda, yaitu hewan. Selain belajar problem solving, anak juga dapat belajar mengenal hewan sejak dini.

Mainan ini aman untuk bayi karena terbuat dari bahan bebas BPA, PVC, dan phthalate sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila bayi Anda menggigit potongan puzzle. Namun, Anda tetap harus mengawasi agar potongan mainan tidak tertelan bayi Anda.

7. Playgro Bendy Ball

7. Playgro Bendy Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 129.000

Teksturnya yang unik cocok untuk stimulasi indera peraba

Playgro Bendy Ball merupakan mainan atraktif untuk bayi berusia 3 bulan ke atas. Dengan bentuknya yang unik, bayi dapat mengambil dan memegang mainan dengan mudah. ​​Selain itu, teksturnya yang unik dapat menstimulasi indera peraba. Produk ini juga dapat mengeluarkan bunyi dan tetap dapat digulingkan sehingga bayi tetap aktif bergerak bermain dengan produk ini.

Namun, yang Anda perlu pertimbangkan adalah karena desainnya unik, produk ini memiliki banyak sekali bagian yang saling berkaitan sehingga mungkin akan membuatnya sedikit sulit dibersihkan.

6. Munchkin Baby Bath Ball

6. Munchkin Baby Bath Ball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.000

Mandi sambil bermain? Kenapa tidak!

Stimulasi dan aktivitas bermain bayi tentunya dapat juga dilakukan saat anak Anda sedang mandi. Terbuat dari bahan plastik yang lunak dan teksturnya yang berlubang membuat produk ini mudah digenggam, dipegang, dan diangkat oleh anak Anda. Selain itu, warnanya yang cerah dapat menarik perhatian dan menstimulasi kemampuan visual anak. 

Penggunaan mainan ini sewaktu mandi membutuhkan pengawasan karena kondisi kamar mandi yang basah sehingga berbahaya apabila anak terlalu asik bermain. Produk ini dianjurkan untuk anak berusia 6 bulan ke atas, yang sudah mulai belajar duduk sehingga lebih stabil. Dengan harga yang terjangkau, bayi Anda dapat bermain, belajar, dan memiliki kegiatan mandi yang menyenangkan.

5. ELC Sensory Discovery Balls

5. ELC Sensory Discovery Balls

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.000

Tiga produk dalam satu kemasan, untuk bayi Anda yang cepat bosan

Kalau bayi Anda memiliki karakter yang cepat bosan atau Anda menginginkan variasi mainan dalam satu kemasan, produk dari ELC ini dapat menjadi pertimbangan. Produk ini terdiri dari tiga bola dengan fitur yang berbeda. Dua bola dapat menghasilkan bunyi yang berbeda, yaitu rattle dan lonceng, yang dapat membantu menstimulasi pendengaran bayi Anda agar lebih optimal.

Selain itu, satu bola dilengkapi dengan cermin yang dapat digunakan oleh bayi untuk belajar mengenal dirinya sendiri dengan melihat pantulan bayangannya di cermin. Setiap bola memiliki tekstur dan warna yang berbeda sehingga bayi dapat belajar dan bermain tanpa cepat merasa bosan.

4. Kidsme Soft Grip Listen and Learn Ball

4. Kidsme Soft Grip Listen and Learn Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 173.000

Mari mengenal suara hewan sambil bermain bola

Umumnya, anak pertama kali mengenal hewan dari gambar dan suara hewan yang dihasilkan oleh orang tua. Namun, dengan mainan ini, Anda dapat memperkenalkan 4 jenis suara hewan pada anak Anda, dengan cara menekan tombol pada permukaan bola tersebut.

Selain itu, dengan bentuknya yang tidak merata, mainan ini juga dapat menstimulasi indera peraba dan motorik anak. Anda tak perlu khawatir dengan keamanannya, karena produk ini terbuat dari bahan yang aman, lembut, dan ukurannya pas untuk genggaman dua tangan bayi Anda.

3. Vtech Crawl & Learn Bright Lights Ball

3. Vtech Crawl & Learn Bright Lights Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 326.000

Desain yang unik untuk memicu keaktifan anak dalam bergerak

Vtech Crawl & Learn Bright Lights Ball merupakan produk mainan bayi dengan fitur yang lengkap untuk edukasi dini. Permukaan produk ini memiliki tekstur dan warna yang berbeda serta tampilan tombol berbentuk hewan yang dapat mengeluarkan suara. Desainnya yang unik, dapat memicu keaktifan anak dalam bergerak dengan merangkak mengejar mainan. 

Produk ini dilengkapi dengan mesin yang membutuhkan baterai, dan terbuat dari material plastik yang kokoh dan padat sehingga memiliki berat hampir 1 kg (700 – 800 gram). Penggunaannya perlu pengawasan dari orang tua, terutama apabila anak bermain dalam posisi berbaring karena dapat melukai anak ketika terjatuh. Produk ini cocok untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

2. Baby Soft Hollow Ball Colorful Flash Rattle Teether Ball

2. Baby Soft Hollow Ball Colorful Flash Rattle Teether Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 215.000

Gigit teether pada bolanya, nikmati kerlap-kerlip cahayanya!

Produk ini adalah teether yang aman dan bebas dari bahan berbahaya. Selain itu, produk ini memiliki fungsi tambahan sebagai mainan edukasi yang dapat mengeluarkan suara untuk menstimulasi indera pendengaran bayi, dan tekstur pada permukaaannya dapat membantu merangsang indera peraba bayi. Produk ini juga dilengkapi dengan warna yang beragam dan mencolok.

Yang membedakan produk ini dengan produk teether yang lain adalah kemampuannya untuk dapat mengeluarkan cahaya. Tentunya bayi Anda akan semakin tertarik dan juga fungsi ini dapat membantu menstimulasi koordinasi tangan dan mata bayi. Menarik, bukan?

1. Playgro My First Loopy Loop Chime Ball

1. Playgro My First Loopy Loop Chime Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 109.000

Bentuk dan warna yang lengkap untuk melatih motorik dan indera peraba bayi Anda

Produk dari Playgro ini merupakan produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Selain aman digigit dan mudah dibersihkan, ukurannya pun mudah dipegang oleh kedua tangan bayi sehingga dapat menghindari produk untuk tertelan. Mainan ini terbuat dari material kain yang berbeda-beda, yang baik untuk stimulasi indera peraba bayi agar lebih optimal. 

Tak hanya itu, mainan ini juga dilengkapi dengan fitur cermin dan juga pita pada permukaannya, untuk melatih kekuatan otot tangan bayi dengan gerakan menarik dan memegang. Anda juga tak perlu khawatir akan keamanannya, karena produk ini terbuat dari material kain yang lembut dan aman untuk dimainkan. Jika Anda ingin memberi bayi Anda mainan dengan fungsi lengkap, serta baik untuk perkembangan motorik maupun indera perabanya, produk ini adalah pilihannya. 

Kesimpulan

Nah, bagaimana menurut Anda mengenai artikel ini? Apakah Anda sudah mendapat gambaran yang semakin jelas? Memilih mainan bayi yang tepat memang sangat penting karena berhubungan juga dengan pola pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selamat mempertimbangkan produk mainan bayi yang berbentuk bola yang tepat untuk anak Anda. Jangan lupa mempertimbangkan minat, karakter, dan usia bayi Anda ya!