mybest
Bola

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)

Mainan bayi tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk bermain, tetapi juga mampu menstimulasi perkembangan bayi. Salah satu mainan bayi yang populer adalah bola. Banyak sekali mainan bola yang bagus dan dilengkapi berbagai fitur tambahan sebagai sarana edukasi anak. Ada yang mudah digenggam, ada pula yang mampu menghasilkan suara.

Anda tentu ingin memberikan mainan bola bayi terbaik untuk anak Anda, bukan? Nah, kali ini kami akan membahas tips memilih bola mainan bayi, serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Anda bisa menemukan bola bayi dari merek Playgro, Fisher-Price, Cuit, dan lainnya. Selamat menyimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Keunggulan bola mainan untuk bayi

Keunggulan bola mainan untuk bayi

Pada umumnya, bayi belum dapat menggerakkan lengan dan kakinya sesuai keinginan mereka. Gerakan mudah, seperti menggenggam mainan, adalah pengalaman yang baik untuk mengembangkan otot dan wawasannya. Dibandingkan mainan dengan permukaan datar yang stabil, mainan berbentuk bola dapat memfasilitasi lebih banyak kegiatan. Meski tidak stabil, mainan bola tetap aman karena tidak mempunyai sudut.


Selain belajar memegang dan mengangkat, bayi Anda dapat belajar menggelindingkan mainan bola menggunakan tangan dan kakinya. Bayi juga akan tertarik untuk mengejar bola, apalagi jika sudah bisa merangkak. Dengan begitu, bayi lebih aktif bergerak sehingga dapat menstimulasi pertumbuhannya.


Gerakan bola juga membantu bayi mengenal tentang pergerakan dan perpindahan. Jadi, tak hanya aspek fisik, kecerdasan bayi pun turut terstimulasi. 

Cara memilih bola mainan untuk bayi

Setelah melihat keunggulan di atas, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara memilih mainan bola untuk bayi? Simak tips berikut ini untuk memilih bola mainan bayi yang tepat untuk anak Anda.

1

Pilihlah bola mainan dengan bahan dan desain yang aman

Karena mainan tersebut akan diberikan kepada bayi, Anda harus lebih memperhatikan keamanannya. Penting sekali untuk memilih mainan bayi yang terbuat dari bahan yang aman untuk bayi. Selain itu, pilihlah desain mainan yang sesuai dan tidak berisiko tertelan oleh bayi.

Bayi berusia kurang dari 36 bulan membutuhkan bola yang ukurannya lebih dari 45 mm

Bayi berusia kurang dari 36 bulan membutuhkan bola yang ukurannya lebih dari 45 mm
Selain desainnya, ukuran mainan pun menjadi faktor penting untuk mencegah insiden mainan yang tertelan. Secara global, standar ukuran mainan yang aman untuk bayi telah ditetapkan. Mainan yang ditujukan untuk bayi berusia kurang dari 36 bulan harus memiliki ukuran lebih dari 45 mm

Namun, insiden mainan yang tertelan bayi masih mungkin terjadi meski ukurannya sudah lebih besar dari standar yang ditetapkan. Karena itu, mainan yang memenuhi ukuran standar pun belum tentu aman bagi semua bayi. Untuk memastikan keamanan mainan, pilih produk yang ukurannya tidak lebih kecil dari ukuran mulut bayi Anda


Di samping itu, mainan yang dapat dipegang dengan kedua tangan dinilai lebih aman. Hal ini karena ukurannya lebih besar daripada mulut bayi sehingga tidak bisa tertelan.

Mainan yang terlalu lunak dapat membahayakan bayi

Mainan yang terlalu lunak dapat membahayakan bayi
Untuk bayi yang masih berusia dini, mayoritas aktivitas bermainnya akan dilakukan dalam posisi berbaring. Mainan tersebut biasanya dipegang dan dimainkan di atas tubuh atau wajahnya. Karena itu, hindarilah mainan berbahan keras, berat, atau tajam agar tidak melukai bayi apabila terjatuh menimpa wajahnya.

Di sisi lain, mainan dengan bahan yang terlalu lentur atau lunak akan mudah terburai dan membahayakan bayi. Akibatnya, ada risiko bayi menggigit dan menelan bagian dari mainan tersebut. Oleh sebab itu, hindarilah mainan berbahan spons dan kertas. Anda sebaiknya memilih mainan berbahan silikon yang tidak bisa dikunyah oleh bayi.

2

Pastikan mainan sudah memiliki sertifikasi standar keamanan

Bola mainan anak yang sudah mempunyai standar keamanan patut menjadi pertimbangan saat memilih produk. Tiap-tiap negara memiliki standar keamanan yang disesuaikan dengan kondisi negara yang bersangkutan. Sertifikasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan keamanan produk. Salah satu tolak ukur produk yang aman adalah tidak mengandung BPA (BPA free).

SNI, standar yang berlaku di Indonesia

SNI, standar yang berlaku di Indonesia

Untuk memastikan keamanan produk, umumnya setiap negara memiliki standar keamanan masing-masing. Mainan bayi akan diuji keamanan dan kualitasnya oleh lembaga yang berwenang. Setelahnya, produk yang lolos uji akan diberi label tersertifikasi yang berlaku di negara masing-masing. Di Indonesia sendiri, label standar keamanan adalah label SNI yang berarti mainan telah lolos uji keamanan.

CE dan ST, standar untuk negara Uni Eropa dan Jepang

CE dan ST, standar untuk negara Uni Eropa dan Jepang

Label CE dipakai di negara Uni Eropa untuk mengidentifikasi produk mainan yang telah lolos uji standar keamanan. Sementara itu, produk mainan Jepang yang sudah tersertifikasi akan bertanda ST. Di Amerika Serikat terdapat CPSC (Consumer Product Safety Commission) yang bertugas menjamin keamanan produk-produk seperti mainan dan lainnya.


Memilih mainan dengan label sertifikasi resmi sangatlah direkomendasikan untuk menjamin keamanan dan keselamatan bayi. Produk tersertifikasi juga mendukung klaim yang diakui oleh produsen mainan.

3

Periksa apakah mainan mudah dibersihkan

Periksa apakah mainan mudah dibersihkan
Seperti yang Anda ketahui, bayi memiliki kebiasaan memasukkan benda ke dalam mulut. Jadi, kebersihan mainan merupakan salah satu faktor yang penting karena bayi akan memainkannya setiap hari. 

Saat ini telah banyak dijual bola mainan anak dengan beragam desain, bahkan ada juga yang menggunakan baterai. Mainan-mainan tersebut memang menarik, tetapi sulit dibersihkan dengan air.


Selain itu, jika sering dibawa bepergian, mainan bayi tentunya lebih cepat kotor. Untuk melindungi bayi Anda dari kuman dan kotoran, pastikan mainannya mudah dibersihkan. Anda disarankan untuk memilih mainan yang bisa dibersihkan dengan air atau disinfektan, serta mudah dikeringkan.

4

Pertimbangkan bola mainan yang mendukung perkembangan indra bayi

Pertimbangkan bola mainan yang mendukung perkembangan indra bayi

Anda sudah bisa menstimulasi perkembangan indra anak Anda sejak mereka bayi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mainan bola untuk bayi. Berikut ini kami akan memberi beberapa contoh karakteristik bola bayi yang dapat membantu menstimulasi perkembangan indra bayi


  • Mainan bola berwarna-warni akan membantu mempertajam indra penglihatan dan respons visual bayi. Anda bisa mengajak bayi bermain dengan bola berwarna kuning, merah, atau warna cerah lainnya.
  • Bola mainan yang dibuat dari bahan dan tekstur yang unik bermanfaat untuk menstimulasi indra peraba bayi. Jika memungkinkan, pilihlah bola yang memiliki beragam tekstur. Dengan begitu, bayi bisa belajar mengenali tekstur kasar dan halus.
  • Bola mainan bayi yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian akan baik untuk mengasah indra pendengaran dan sensitivitas auditori bayi. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan bola bayi yang dilengkapi kerincing atau yang dapat mengeluarkan suara gesekan.
  • Beberapa mainan bola untuk bayi terbuat dari bahan yang aman untuk digigit-gigit. Produk yang aman untuk digigit akan baik untuk perkembangan indra pengecap bayi sekaligus menstimulasi pertumbuhan gigi.

Pilihlah bola mainan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bayi Anda. Dengan begitu, Anda bisa memberi stimulasi secara lebih maksimal.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi bola mainan terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola mainan terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Playgro

Bendy Ball0184557

Playgro Bendy Ball 1

Mulai dari Rp159.000,00

Menengah

Siap dijadikan bola untuk mandi sambil bermain

2

Playgro

Loopy Loops Ball0180271

Playgro Loopy Loops Ball 1

Mulai dari Rp149.000,00

Menengah

Warnanya yang bervariasi membantu melatih kemampuan motorik dan kognitif sejak dini

3

Cuit

Plush Ball Natsu Series

Cuit Plush Ball Natsu Series 1

Mulai dari Rp50.000,00

Lebih Murah

Terbuat dari bahan boneka yang lembut dan aman untuk bayi

4

Goodway

Soft Ball with Light and Music

Goodway Soft Ball with Light and Music 1

Mulai dari Rp103.000,00

Agak Murah

Bisa mengeluarkan musik dan cahaya. Menarik banget!

5

Mattel

Fisher-Price Baby Training Ball

Mattel Fisher-Price Baby Training Ball 1

Mulai dari Rp195.000,00

Agak Mahal

Satu paket mainan yang berisi bola karet dan bola kain

6

Kidsme

Soft Grip Listen and Learn Ball9278

Kidsme Soft Grip Listen and Learn Ball 1

Mulai dari Rp154.000,00

Menengah

Bermain bola sambil belajar mengenali suara hewan

7

Early Learning Centre

ELC Sensory Discovery Balls

Early Learning Centre ELC Sensory Discovery Balls 1

Mulai dari Rp299.000,00

Lebih Mahal

Tiga produk dalam satu kemasan, bayi pun tidak mudah bosan

8

Nuby

Tuggy Teething Ball

Nuby Tuggy Teething Ball 1

Mulai dari Rp139.000,00

Menengah

Bisa juga difungsikan sebagai teether bayi

9

Playgro

Roll and Sort Ball

Playgro Roll and Sort Ball 1

Mulai dari Rp169.000,00

Menengah

Untuk anak 6 bulan yang ingin diperkenalkan pada bentuk-bentuk geometri

10

Mattel

Fisher-Price Laugh & Learn Learning Happy AppleDRF57

Mattel Fisher-Price Laugh & Learn Learning Happy Apple 1

Mulai dari Rp211.000,00

Agak Mahal

Bola apel lucu yang menggemaskan sekaligus edukatif

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PlaygroBendy Ball0184557

Bendy Ball 1
Sumber: playgro.com
Bendy Ball 2
Sumber: playgro.com
Bendy Ball 3
Sumber: playgro.com
Bendy Ball 4
Sumber: playgro.com
Bendy Ball 5
Sumber: playgro.com
Harga referensi
Mulai dari Rp159.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp159.000,00
Menengah

Siap dijadikan bola untuk mandi sambil bermain

Playgro Bendy Ball merupakan mainan dengan bentuk yang atraktif. Indra peraba dan perasa bayi bisa distimulasi berkat teksturnya yang unik. Selain itu, perpaduan warna-warna cerahnya bakal mengasah ketajaman visual bayi.


Anda juga bisa mengajak si kecil memainkan bola ini saat mandi. Mainan bola ini memiliki banyak lubang sehingga akan mudah dikeringkan setelah dipakai mandi. Untuk Anda yang sedang mencari mainan untuk membuat suasana mandi makin seru, produk ini jawabannya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PlaygroLoopy Loops Ball0180271

Loopy Loops Ball 1
Sumber: playgro.com
Loopy Loops Ball 2
Sumber: playgro.com
Loopy Loops Ball 3
Sumber: playgro.com
Loopy Loops Ball 4
Sumber: playgro.com
Loopy Loops Ball 5
Sumber: playgro.com
Harga referensi
Mulai dari Rp149.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp149.000,00
Menengah

Warnanya yang bervariasi membantu melatih kemampuan motorik dan kognitif sejak dini

Produk ini terbuat dari bahan kain yang berbeda-beda. Tiap-tiap kain memiliki tekstur yang berbeda saat disentuh. Hal ini sangat pas untuk menstimulasi indra peraba si kecil. Keunikan lainnya adalah mainan ini bisa mengeluarkan suara, serta mempunyai cermin dan pita.

Cermin akan membantu bayi mengenal anggota wajahnya. Sementara itu, pita bisa melatih kekuatan otot tangan bayi dengan gerakan menarik dan memegang. Jika Anda ingin membeli mainan bayi dengan fungsi lengkap, produk ini adalah pilihan yang tepat.
No.3

CuitPlush Ball Natsu Series

Plush Ball Natsu Series 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp50.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp50.000,00
Lebih Murah

Terbuat dari bahan boneka yang lembut dan aman untuk bayi

Anda ingin memberikan boneka berbentuk bola untuk bayi? Produk ini solusinya! Bola lembut ini terbuat dari bahan plush yang aman untuk bayi dan anak-anak. Di dalamnya juga terdapat kerincing sehingga bayi Anda bakal senang menggoyang-goyangkannya.


Keunggulan lain dari plush ball ini adalah keberadaan tali pengait yang bisa dilepas pasang. Jadi, Anda bisa mengaitkannya di tas saat ingin bepergian. Praktis, bukan?

No.4

GoodwaySoft Ball with Light and Music

Soft Ball with Light and Music 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp103.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp103.000,00
Agak Murah

Bisa mengeluarkan musik dan cahaya. Menarik banget!

Pada umumnya, bayi akan tertarik dengan cahaya dan bunyi-bunyian. Nah, Anda bisa memberikan keduanya melalui soft ball ini. Di bagian dalam bola lentur ini terdapat bola kecil yang dapat mengeluarkan musik dan cahaya. 


Tak hanya itu, produk ini juga bisa dijadikan sebagai teether. Paket lengkap! Bayi Anda bakal anteng bermain dengan bola ini, deh! Jika Anda sedang membutuhkan me time, berikan saja bola ini untuk dimainkan bayi. Akan tetapi, tentu bayi Anda tetap perlu diawasi, ya.

No.5

MattelFisher-Price Baby Training Ball

Fisher-Price Baby Training Ball 1
Sumber: shopee.co.id
Fisher-Price Baby Training Ball 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp195.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp195.000,00
Agak Mahal

Satu paket mainan yang berisi bola karet dan bola kain

Anda kesulitan mencari mainan bola yang tepat untuk diberikan kepada bayi sahabat Anda yang baru lahir? Fisher-Price Baby Training Ball bisa menjadi pilihan sempurna karena memang ditujukan untuk bayi berusia 0 bulan.


Paket mainan bola untuk bayi ini berisi 5 bola yang terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Teksturnya pun tidak sama. Jadi, Anda bisa menggunakannya secara bergantian sesuai dengan perkembangan anak.

No.6

KidsmeSoft Grip Listen and Learn Ball9278

Harga referensi
Mulai dari Rp154.000,00
Menengah

Bermain bola sambil belajar mengenali suara hewan

Umumnya, anak-anak mengenal hewan dari gambar dan suara hewan yang ditirukan oleh orang tua. Namun, dengan mainan ini, Anda dapat memperkenalkan empat jenis suara hewan kepada bayi Anda. 


Selain itu, bentuknya yang tidak merata juga memberi manfaat tersendiri. Berkat bentuk tersebut, bola mainan bayi ini dapat menstimulasi indra peraba dan motorik si kecil. 

No.7

Early Learning CentreELC Sensory Discovery Balls

ELC Sensory Discovery Balls 1
Sumber: elc.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Lebih Mahal

Tiga produk dalam satu kemasan, bayi pun tidak mudah bosan

Jika bayi Anda mudah bosan atau Anda menginginkan variasi mainan, produk dari ELC ini dapat dipertimbangkan. Produk ini terdiri dari tiga bola dengan karakteristik yang berbeda. Setiap bolanya memiliki tekstur dan warna berbeda sehingga bayi dapat belajar dan bermain tanpa cepat bosan.

Dua buah bolanya dapat menghasilkan bunyi rattle dan lonceng untuk menstimulasi pendengaran bayi. Sementara itu, bola lainnya dilengkapi cermin yang bisa digunakan oleh bayi Anda untuk belajar mengenal dirinya sendiri.
No.8

NubyTuggy Teething Ball

Tuggy Teething Ball 1
Sumber: nuby.com
Tuggy Teething Ball 2
Sumber: nuby.com
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Menengah

Bisa juga difungsikan sebagai teether bayi

Jika Anda memiliki bayi 3 bulan yang sedang gemar menggigit-gigit, bola mainan ini cocok dipilih. Tuggy Teething Ball terbuat dari bahan silikon yang aman untuk dijadikan teether. Permukaannya pun memiliki tekstur lembut yang bisa menstimulasi indra pengecap bayi.


Namun, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin, ya. Dengan begitu, Anda bisa dengan tenang membiarkan bayi memainkannya.

No.9

PlaygroRoll and Sort Ball

Roll and Sort Ball 1
Sumber: playgro.com
Roll and Sort Ball 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp169.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp169.000,00
Menengah

Untuk anak 6 bulan yang ingin diperkenalkan pada bentuk-bentuk geometri

Bola bayi transparan ini berisi berbagai mainan bentuk geometri berwarna-warni. Mainan-mainan tersebut bisa dimasukkan ke dalam bola melalui lubang di permukaan bola. Bayi diminta untuk mencari lubang yang bentuknya sesuai dengan bentuk mainan tersebut. 


Bayi Anda pasti senang melakukannya karena warna-warnanya amat cerah dan menarik. Jika Anda ingin mengenalkan bentuk-bentuk geometri dasar dengan cara yang fun, jangan ragu memilih produk ini.

No.10

MattelFisher-Price Laugh & Learn Learning Happy AppleDRF57

Harga referensi
Mulai dari Rp211.000,00
Agak Mahal

Bola apel lucu yang menggemaskan sekaligus edukatif

Mainan bola ini kami rekomendasikan untuk bayi yang sudah fasih menggerakkan anggota badan. Di dalamnya terdiri dari lima bagian puzzle berbentuk potongan apel. Tiap-tiap potongan apel dilengkapi dengan gambar buah dan angka. 

Dengan mainan ini, Anda bisa mengenalkan angka, warna, dan nama buah, serta melatih kemampuannya dalam membangun bentuk. Bayi Anda jadi dapat belajar secara menyenangkan, deh.

Baca juga rekomendasi mainan edukasi dan mainan bayi lainnya di sini

Di pasaran terdapat berbagai jenis mainan untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya menyeleksi jenis mainan yang sesuai dengan kebutuhan usia anak. Selain memilih mainan yang menyenangkan, ada baiknya Anda memilih mainan yang bersifat edukatif. Jika Anda tertarik mengetahuinya lebih lanjut, silakan cek artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda mengenai artikel ini? Apakah Anda sudah bisa memilih mainan bola yang tepat untuk bayi Anda?

Memilih mainan bayi yang sesuai memang sangat penting karena berhubungan juga dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selamat mempertimbangkan produk bola mainan bayi yang cocok untuk anak Anda! Jangan lupa untuk disesuaikan dengan minat, karakter, dan usia bayi Anda, ya! Pastikan juga produknya aman untuk bayi.

5 Rekomendasi Bola Mainan untuk Bayi terbaik

No. 1: PlaygroBendy Ball0184557

No. 2: PlaygroLoopy Loops Ball0180271

No. 3: CuitPlush Ball Natsu Series

No. 4: GoodwaySoft Ball with Light and Music

No. 5: MattelFisher-Price Baby Training Ball

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan & aktivitas bayi
  4. 10 Rekomendasi Bola Mainan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.