• 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Semir sepatu diperlukan untuk memperbaiki, melindungi, serta mencegah kerusakan pada permukaan sepatu kulit. Dengan menggunakannya, sepatu favorit akan lebih awet dan tahan lama. Ada dua jenis semir sepatu, yakni emulsifying cream dan oil cream. Pilihan mereknya pun beragam, mulai dari Kiwi, Saphir, Cololite, dan lainnya. Namun, manakah yang terbaik?

Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih semir sepatu yang bagus untuk Anda. Tidak hanya itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk-produk terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Jadikanlah sepatu Anda tampak indah dan terawat dengan semir sepatu yang tepat!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih semir sepatu

Sebelum memberikan rekomendasi produk, ada baiknya kami menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih semir sepatu. Perhatikanlah secara saksama poin-poin berikut agar Anda tidak salah saat membeli produk.

Pilih tipe yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Berdasarkan bahan utamanya, semir sepatu dibedakan menjadi dua jenis, yaitu emulsifying cream dan oil cream. Selain itu, semir sepatu juga diklasifikasikan berdasarkan ada atau tidak adanya warna. Setiap jenis memiliki keunggulan tersendiri dalam merawat sepatu. Yuk, cek yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Untuk menutrisi dan mengilapkan kulit sepatu, pilihlah tipe emulsifying cream

Untuk menutrisi dan mengilapkan kulit sepatu, pilihlah tipe emulsifying cream
Semir sepatu dengan tipe emulsifying cream bisa dibilang yang paling serbaguna dan wajib digunakan dalam perawatan sepatu. Bahan utama tipe ini merupakan campuran dari air, minyak, dan lilin. Semir sepatu tipe emulsifying cream berfungsi untuk memelihara dan menjaga kilau alami sepatu.

Jika Anda ingin melembapkan dan melindungi sepatu, sebaiknya memilih semir sepatu tipe emulsifying cream tanpa warna. Keunggulan produk tanpa warna, atau biasa disebut netral, adalah dapat digunakan pada semua warna sepatu.

Untuk mendapatkan kilau maksimal, pakailah tipe oil cream

Untuk mendapatkan kilau maksimal, pakailah tipe oil cream
Jika semir sepatu tipe emulsifying cream mengandung air, tidak begitu dengan tipe oil cream. Semir sepatu tipe oil cream mengandung lilin dan minyak tanpa adanya air sama sekali. Oleh karena itu, tipe ini dapat memberikan efek mengilat pada sepatu, serta membuatnya bersinar seperti kaca. Tidak heran apabila semir sepatu tipe oil cream sangat cocok digunakan pada sepatu kantor.

Semir sepatu tipe emulsifying cream juga memiliki efek mengilapkan. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih berkilau, kami merekomendasikan untuk menggunakan tipe oil cream ini.


Perlu diingat, tipe oil cream menggunakan bahan dasar minyak sehingga berisiko merusak sirkulasi udara pada sepatu. Kendala seperti ini tidak akan Anda temukan pada tipe emulsifying cream. Jadi, pastikan jenis sepatu Anda memang kaku dan tidak bengkok, khususnya di bagian jari kaki. Alhasil, sepatu Anda tidak akan rusak saat dirawat dengan semir sepatu oil cream.

Untuk mempertahankan warna dan menyamarkan goresan, pilihlah tipe berwarna

Untuk mempertahankan warna dan menyamarkan goresan, pilihlah tipe berwarna

Saat memakai sepatu dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan timbul goresan pada permukaan kulitnya. Beberapa goresan dapat disamarkan dengan menggunakan semir sepatu berwarna, baik tipe emulsifying cream maupun oil cream. Kedua tipe tersebut pun menawarkan berbagai macam pilihan warna.


Anda akan menemui produk tipe emulsifying cream berwarna hitam, cokelat, dan merah. Tak mau kalah, warna dari tipe oil cream pun juga banyak variasinya, ada cokelat, hijau, hitam, ataupun biru dongker. Hebatnya lagi, Anda dapat menggunakan semir sepatu berwarna untuk mengembalikan warna sepatu atau mengubah nuansa warna sepatu.

Perhatikan teksturnya, terutama bagi pemula

Jika baru pertama kali menggunakan semir sepatu, disarankan memilih tipe emulsifying cream karena hasilnya dapat memberikan kilau yang tepat. Apabila sudah terbiasa, Anda dapat mencoba produk dengan tipe oil cream. Perlu diketahui, tipe emulsifying cream ternyata memiliki tekstur yang berbeda tergantung dari kadar komposisinya. Mari simak pembahasan kami lebih lanjut mengenai hal ini.

Tekstur cair lebih mudah diaplikasikan dengan merata

Tekstur cair lebih mudah diaplikasikan dengan merata

Seperti penjelasan sebelumnya, bahan utama dari semir sepatu bertipe emulsifying cream adalah air, minyak, dan lilin. Makin banyak kandungan airnya, makin lembut dan cair teksturnya.


Dengan demikian, semir sepatu bertekstur cair akan lebih mudah diaplikasikan dengan merata. Jika Anda baru pertama kali memakai semir sepatu, kemudahan seperti ini akan sangat membantu proses penyemiran.

Tekstur padat hasil kilaunya bertahan lebih lama

Tekstur padat hasil kilaunya bertahan lebih lama

Jika tekstur cair pada semir sepatu emulsifying cream didapat dari tingginya kadar air, berbeda halnya dengan tekstur padat. Tekstur padat dihasilkan oleh tingginya kandungan minyak dan lilin, serta rendahnya kadar air


Oleh karena itu, semir sepatu dengan tekstur padat dapat mempertahankan kilau lebih lama. Jika Anda membutuhkan efek semir sepatu bertahan lebih lama, pilihlah produk dengan tekstur padat.

Cek kadar lilinnya untuk memastikan kilau yang diinginkan

Cek kadar lilinnya untuk memastikan kilau yang diinginkan

Keberadaan bahan lilin berperan untuk memberi efek kilau pada semir sepatu. Makin banyak kandungan lilin pada semir sepatu yang dipilih, makin berkilau pula sepatu kesayangan Anda. Biasanya, produk bertipe emulsifying cream memiliki komposisi yang pas antara air, minyak, dan lilin. Meskipun begitu, setiap merek memiliki perbedaan rasio komposisi.


  • Jika Anda khawatir dengan residu lilin, silakan pilih semir sepatu tipe delicate cream. Delicate cream merupakan semir sepatu tipe emulsifying cream dengan kadar lilin yang rendah. Produk dengan tipe ini tidak memberikan hasil akhir yang terlalu berkilau. 

  • Semir sepatu tipe aniline cream dapat memberikan kilau yang cukup, serta tetap melindungi sepatu dari kotoran. Kandungan lilin pada aniline cream berada di antara delicate cream dan emulsifying cream standar. Tidak heran jika aniline cream sering digunakan untuk melapisi berbagai macam barang kulit selain sepatu.

Pertimbangkan merek semir sepatu yang terkenal di Indonesia

Di Indonesia ada cukup banyak merek semir sepatu yang cukup dikenal, baik produsen lokal maupun mancanegara. Beberapa di antaranya, seperti Saphir, Cololite, dan Kiwi. Produk yang terkenal tentu termasuk ke dalam produk yang memiliki kualitas cukup bagus. Jika Anda mengutamakan merek dan kualitas, pertimbangkanlah ketiga merek berikut.

Saphir: Kualitasnya teruji sejak dahulu

Saphir merupakan merek semir sepatu yang telah berdiri sejak tahun 1920 di Prancis. Berkat kemampuannya dalam mempercantik dan merawat sepatu kulit, produk Saphir mendapatkan penghargaan Gold Medal pada tahun 1925. 


Hingga saat ini, Saphir masih terus melakukan inovasi sehingga produk-produknya dapat tetap bersaing. Sejarah panjang ditambah dengan kualitas terbaik menjadikan Saphir tetap menjadi merek semir sepatu favorit para pencinta sepatu.

Cololite: Menggunakan bahan impor langsung dari Jepang

Cololite merupakan merek dagang Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan perawatan bahan kulit terkenal di Jepang, The Columbus. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1919. Sampai saat ini, The Columbus masih mempertahankan kualitasnya dengan memperketat quality control setiap produknya. 


Karena itu, Cololite pun masih mengimpor bahan baku produknya dari Jepang secara langsung. Hal ini bertujuan agar semir sepatu yang diproduksi memiliki kualitas yang sama dengan induk perusahaannya. Hasilnya, semir sepatu Cololite mampu bersaing dengan produk serupa di Indonesia.

Kiwi: Merek yang terkenal di Indonesia

Kiwi merupakan salah satu merek semir sepatu yang cukup terkenal di Indonesia. Bisa dibilang bahwa para pekerja kantoran di Indonesia memercayakan perawatan sepatunya pada semir sepatu Kiwi. Tidak hanya semir sepatu, Kiwi juga telah memproduksi berbagai perlengkapan penunjang perawatan sepatu. Anda bisa menemukan mulai dari cleaner, dry cleaner, protector, hingga deodorizer.

10 Rekomendasi semir sepatu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk semir sepatu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
WarnaBlack, navy blue, tan brun, dark brun, cherry red, green
Isi75 ml
9
WarnaNeutral
Isi50 gr
8

Dr. MartensCherry Red Shoe Polish Tube

Mulai dari Rp 220.000,00

WarnaCherry red
Isi75 ml
7
WarnaNeutral
Isi168 gr
6
WarnaBlack, neutral, dark brown, burgundy
Isi75 ml
5
WarnaBlack, brown
Isi40 gr
4
WarnaBlack, neutral, light brown, dark brown, navy blue, burgundy, mahogany, cognac, dark green, tobacco, medium brown, wax yellow
Isi50 ml
3

S.C Johnson & SonKiwi® Wax Rich Shine & Protect

Mulai dari Rp 25.000,00

WarnaBlack, brown, neutral
Isi75 ml
2
WarnaBlack, neutral, brown, dark brown, chesnut brown, sahara, sangria red
Isi35 gr
1

Sanyu Prima AbadiFei Niao Semir Sepatu

Mulai dari Rp 6.500,00

WarnaBlack, brown
Isi40 gr

Tabel perbandingan produk semir sepatu terbaik

Gambar produk
1
Sanyu Prima Abadi Fei Niao Semir Sepatu 1

Sanyu Prima Abadi

2
The Columbus Cololite Shoe Cream 1

The Columbus

3
S.C Johnson & Son Kiwi® Wax Rich Shine & Protect  1

S.C Johnson & Son

4
Saphir Pate de Luxe 1

Saphir

5
Bagus Shoe Polish Formula Baru 1

Bagus

6
Saphir Mirror Gloss 1

Saphir

7
Fiebing’s Golden Mink Oil 1

Fiebing’s

8
Dr. Martens Cherry Red Shoe Polish Tube 1

Dr. Martens

9
Jeslyn Quinn Wax & Seal 1

Jeslyn Quinn

10
Modoks Tinted Wonder Balsam 1

Modoks

Nama produk

Fei Niao Semir Sepatu

Cololite Shoe Cream

Kiwi® Wax Rich Shine & Protect

Pate de Luxe

Shoe Polish Formula Baru

Mirror Gloss

Golden Mink Oil

Cherry Red Shoe Polish Tube

Wax & Seal

Tinted Wonder Balsam

Keunggulan

Menambah kilap sepatu tanpa menguras isi dompet

Kandungan kolagen membuat sepatu makin halus

Tangan bebas kotor saat mengoleskan semir sepatu

Tawarkan hingga dua belas warna bernuansa earthy

Kerutan pada kulit sepatu? Usir dengan produk ini!

Hasilkan sepatu yang lebih berkilau dengan cepat

Ada kandungan vitamin E, bikin sepatu lebih awet

Merawat sepatu merah Anda dengan sempurna

Terlindungi dari jamur berkat kandungan minyak pohon pinus

Memiliki spons ekstra untuk menyemir sepatu

Harga mulai dariRp 6.500,00Rp 53.600,00Rp 25.000,00Rp 151.500,00Rp 12.500,00Rp 270.000,00Rp 170.000,00Rp 220.000,00Rp 180.000,00Rp 145.000,00
WarnaBlack, brownBlack, neutral, brown, dark brown, chesnut brown, sahara, sangria redBlack, brown, neutralBlack, neutral, light brown, dark brown, navy blue, burgundy, mahogany, cognac, dark green, tobacco, medium brown, wax yellowBlack, brownBlack, neutral, dark brown, burgundyNeutralCherry redNeutralBlack, navy blue, tan brun, dark brun, cherry red, green
Isi40 gr35 gr75 ml50 ml40 gr75 ml168 gr75 ml50 gr75 ml
Tautan produk

Langkah tepat dalam menyemir sepatu

Langkah tepat dalam menyemir sepatu

Secara umum, perawatan sepatu dibagi menjadi lima tahapan. Apabila ini pertama kalinya Anda menyemir sepatu sendiri, harap perhatikan beberapa langkah berikut untuk mendapatkan hasil maksimal.


  1. Hilangkan debu pada sepatu dengan menggunakan sikat bulu kuda (horsehair brush).
  2. Bersihkan kotoran yang menempel di permukaan sepatu dengan pembersih khusus sepatu.
  3. Oleskan semir sepatu tipe emulsifying cream.
  4. Ratakan semir sepatu dengan menggunakan sikat bulu babi (pig bristle brush).
  5. Keringkan permukaan sepatu dengan kain bersih dan kering.

Lakukanlah kelima tahapan ini dengan urut setiap Anda akan menyemir sepatu. Jika sudah terbiasa melakukannya dengan benar, silakan akhiri proses penyemiran sepatu dengan mengoleskan oil cream. Sepatu Anda pun akan tampak lebih terawat!

Apakah sepatu kain dan kulit suede bisa disemir?

Apakah sepatu kain dan kulit suede bisa disemir?

Sepatu kain dan kulit suede sebaiknya tidak dipoles dengan semir sepatu, baik tipe emulsifying cream maupun oil cream. Namun, ada dapat mengikuti tips berikut ini untuk merawat sepatu dengan kedua bahan tersebut agar senantiasa bersih dan awet.


  • Sepatu kain

Bahan kain yang biasa digunakan untuk sepatu adalah kanvas. Jika ingin mencuci sepatu kanvas, sebaiknya gunakan deterjen yang lembut. Larutkan deterjen ke dalam air, lalu rendam sepatu dan gosok lembut dengan sikat gigi bekas atau spons. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu keringkan di bawah sinar matahari. Untuk menjaga bentuknya, masukkan koran ke dalam sepatu selama proses pengeringan.


  • Sepatu suede

Bahan yang satu ini cukup tricky. Alih-alih semir sepatu, sebaiknya Anda menyemprotkan spray pelindung khusus untuk bahan suede. Hindari membersihkannya dengan air, ya. Apabila ada noda membandel, Anda dapat menuangkan sedikit cuka ke handuk bersih, lalu gosok lembut hingga noda pada sepatu memudar. Karena harga sepatu suede tergolong mahal, sebaiknya bersihkan dan rawat sepatu Anda di laundry sepatu tepercaya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan sepatu lainnya di sini

Selain semir sepatu, masih ada produk lain yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan perawatan sepatu. Misalnya, sikat sepatu, sikat untuk mencuci sepatu, ataupun alat pengering sepatu. Khusus untuk Anda, berikut kami sudah menyiapkan artikel-artikelnya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Kehadiran semir sepatu tentu akan memudahkan Anda dalam merawat sepatu kulit kesayangan. Selain melindungi, semir sepatu dapat memperbaiki dan mencegah terjadinya kerusakan pada permukaan sepatu. 


Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, pahami kelebihan dan kekurangan setiap tipe semir sepatu. Di samping itu, jangan lupa untuk menggunakannya dengan benar, ya. Nah, semoga artikel semir sepatu kami kali ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilih produk yang tepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan menjadi solusi cepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di sebuah ruangan. Pewangi ruangan dapat membantu memperbaiki mood agar Anda relaks kembali setelah lelah bekerja seharian. Sebagian produk pengharum ruangan dapat menebarkan aroma tahan lama, sementara sebagian yang lain cepat hilang. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk pengharum ruangan yang bagus. Mulai dari merek Stella, Glade, Heaven Scent, Miniso, dan lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan terbaik yang cocok untuk Anda, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik, lho! Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan sebagainya.Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Deterjen cair yang mudah larut dalam air membuat proses pencucian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut.Kali ini kami akan mengulas tips memilih dan merekomendasikan produk deterjen cair terbaik yang dapat dibeli secara online. Berbagai merek sabun cuci baju cair yang bagus, seperti Rinso, Attack, dan Sleek Baby, ada dalam rekomendasi kami. Ada juga produk deterjen yang wanginya tahan lama, lho! Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk dan tak sempat membersihkan lantai, tak perlu khawatir. Serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai dengan robot vacuum cleaner. Produk ini akan bekerja secara otomatis sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Banyak merk ternama, seperti Samsung, Xiaomi, dan Kurumi memproduksi robot vacuum cleaner dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan produk yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih dan ulasan produk rekomendasi dari kami. 
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merk deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga So Klin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lantai rumah perlu dijaga agar tetap bersih dan tampak kinclong. Untuk mendapatkan lantai yang bersih, Anda harus mengepelnya secara rutin. Sayangnya, mengepel menggunakan air saja tidaklah cukup. Anda perlu memakai cairan pembersih lantai agar lantai menjadi bersih secara menyeluruh.Ada banyak merek pembersih lantai yang bagus di pasaran, seperti Wipol dan Super Pell. Manakah yang cocok untuk lantai rumah Anda? Jika Anda sedang mencari pembersih lantai, bacalah artikel ini hingga tuntas. Kami akan memberikan tips untuk memilih pembersih lantai terbaik sekaligus mengulas beberapa produknya. Simak terus, ya!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori