mybest
Semir

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Peralatan kebersihan
  4. 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Semir sepatu diperlukan untuk memperbaiki, melindungi, serta mencegah kerusakan pada permukaan sepatu kulit. Dengan menggunakannya, sepatu favorit akan lebih awet dan tahan lama. Ada dua jenis semir sepatu, yakni emulsifying cream dan oil cream. Pilihan mereknya pun beragam, mulai dari Kiwi, Saphir, Cololite, dan lainnya. Namun, manakah yang terbaik?

Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih semir sepatu yang bagus untuk Anda. Tidak hanya itu, tetapi kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Jadikan sepatu Anda tampak indah dan terawat dengan semir sepatu yang tepat!

Diperbaharui 29/11/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih semir sepatu

Sebelum memberikan rekomendasi produk, ada baiknya kami menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih semir sepatu. Perhatikanlah secara saksama poin-poin berikut agar Anda tidak salah saat membeli produk.

1

Pilih tipe yang sesuai dengan tujuan penggunaan: Emulsifying cream atau oil cream

Berdasarkan bahan utamanya, semir sepatu dibedakan menjadi dua jenis, yaitu emulsifying cream dan oil cream. Selain itu, semir sepatu juga diklasifikasikan berdasarkan ada atau tidak adanya warna. Setiap jenis memiliki keunggulan tersendiri dalam merawat sepatu. Yuk, cek yang paling sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Emulsifying cream: Untuk menutrisi dan mengilapkan kulit sepatu,

Emulsifying cream: Untuk menutrisi dan mengilapkan kulit sepatu,
Semir sepatu dengan tipe emulsifying cream bisa dibilang yang paling serbaguna dan wajib digunakan dalam perawatan sepatu. Bahan utama tipe ini merupakan campuran dari air, minyak, dan lilin. Semir sepatu tipe emulsifying cream berfungsi untuk memelihara dan menjaga kilau alami sepatu.

Jika Anda ingin melembapkan dan melindungi sepatu, sebaiknya pilih semir sepatu tipe emulsifying cream tanpa warna. Keunggulan produk tanpa warna atau biasa disebut netral adalah dapat digunakan pada semua warna sepatu.

Oil cream: Untuk mendapatkan kilau maksimal

Oil cream: Untuk mendapatkan kilau maksimal
Jika semir sepatu tipe emulsifying cream mengandung air, tidak begitu dengan tipe oil cream. Semir sepatu tipe oil cream mengandung lilin dan minyak tanpa adanya air sama sekali. Oleh karena itu, tipe ini dapat memberikan efek mengilat pada sepatu, serta membuatnya bersinar seperti kaca. Tidak heran apabila semir sepatu tipe oil cream sangat cocok digunakan pada sepatu kantor.

Semir sepatu tipe emulsifying cream juga memiliki efek mengilapkan. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih berkilau, kami merekomendasikan untuk menggunakan tipe oil cream ini.


Perlu diingat, tipe oil cream menggunakan bahan dasar minyak sehingga berisiko merusak sirkulasi udara pada sepatu. Kendala seperti ini tidak akan Anda temukan pada tipe emulsifying cream. Jadi, pastikan jenis sepatu Anda memang kaku dan tidak bengkok, khususnya di bagian jari kaki. Alhasil, sepatu Anda tidak akan rusak saat dirawat dengan semir sepatu oil cream.

Tipe berwarna: Untuk mempertahankan warna dan menyamarkan goresan

Tipe berwarna: Untuk mempertahankan warna dan menyamarkan goresan

Saat memakai sepatu dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan timbul goresan pada permukaan kulitnya. Beberapa goresan dapat disamarkan dengan menggunakan semir sepatu berwarna, baik tipe emulsifying cream maupun oil cream. Kedua tipe tersebut pun menawarkan berbagai macam pilihan warna.


Anda akan menemui produk tipe emulsifying cream berwarna hitam, cokelat, dan merah. Tak mau kalah, warna dari tipe oil cream pun juga banyak variasinya, ada cokelat, hijau, hitam, ataupun biru dongker. Hebatnya lagi, Anda dapat menggunakan semir sepatu berwarna untuk mengembalikan warna sepatu atau mengubah nuansa warna sepatu.


Nah, pemiliki sepatu putih tentu ingin sepatu kesayangannya tetap bersih mengilap. Untuk itu, Anda juga bisa memasukkan semir sepatu putih dalam daftar belanja. Berikut ulasan kami terkait rekomendasi semir sepatu putih.

2

Perhatikan teksturnya, terutama bagi pemula

Jika baru pertama kali menggunakan semir sepatu, disarankan memilih tipe emulsifying cream karena dapat memberikan kilau yang tepat. Perlu diketahui, tipe emulsifying cream ternyata memiliki tekstur yang berbeda tergantung dari kadar komposisinya. Lalu, lebih bagus semir sepatu padat atau cair? Kedua jenis sepatu tersebut memiliki keunggulan tersendiri, mari simak pembahasan kami lebih lanjut mengenai hal ini.

Tekstur cair, lebih mudah diaplikasikan dengan merata

Tekstur cair, lebih mudah diaplikasikan dengan merata

Seperti penjelasan sebelumnya, bahan utama dari semir sepatu bertipe emulsifying cream adalah air, minyak, dan lilin. Makin banyak kandungan airnya, makin lembut dan cair teksturnya.


Dengan demikian, semir sepatu bertekstur cair akan lebih mudah diaplikasikan dengan merata. Jika Anda baru pertama kali memakai semir sepatu, kemudahan seperti ini akan sangat membantu proses penyemiran.

Tekstur padat, hasil kilaunya bertahan lebih lama

Tekstur padat, hasil kilaunya bertahan lebih lama

Jika tekstur cair pada semir sepatu emulsifying cream didapat dari tingginya kadar air, berbeda halnya dengan tekstur padat. Tekstur padat dihasilkan oleh tingginya kandungan minyak dan lilin, serta rendahnya kadar air


Oleh karena itu, semir sepatu dengan tekstur padat dapat mempertahankan kilau lebih lama. Jika Anda membutuhkan efek semir sepatu bertahan lebih lama, pilihlah produk dengan tekstur padat.

Kadar lilin, menentukan efek kilau yang dihasilkan

Kadar lilin, menentukan efek kilau yang dihasilkan

Keberadaan bahan lilin berperan untuk memberi efek kilau pada semir sepatu. Makin banyak kandungan lilin pada semir sepatu yang dipilih, makin berkilau pula sepatu kesayangan Anda. Biasanya, produk bertipe emulsifying cream memiliki komposisi yang pas antara air, minyak, dan lilin. Meskipun begitu, setiap merek memiliki perbedaan rasio komposisi.


  • Jika Anda khawatir dengan residu lilin, silakan pilih semir sepatu tipe delicate cream. Delicate cream merupakan semir sepatu tipe emulsifying cream dengan kadar lilin yang rendah. Produk dengan tipe ini tidak memberikan hasil akhir yang terlalu berkilau. 

  • Semir sepatu tipe aniline cream dapat memberikan kilau yang cukup, serta tetap melindungi sepatu dari kotoran. Kandungan lilin pada aniline cream berada di antara delicate cream dan emulsifying cream standar. Tidak heran jika aniline cream sering digunakan untuk melapisi berbagai macam barang kulit selain sepatu.
3

Pertimbangkan merek semir sepatu yang terkenal di Indonesia, seperti Saphir, Cololite, atau Kiwi

Di Indonesia, ada cukup banyak merek semir sepatu yang cukup dikenal, baik produsen lokal maupun mancanegara. Beberapa di antaranya, seperti Saphir, Cololite, dan Kiwi. Produk yang terkenal tentu termasuk ke dalam produk yang memiliki kualitas cukup bagus. Jika Anda mengutamakan merek dan kualitas, pertimbangkanlah ketiga merek berikut.

Saphir: Kualitasnya teruji sejak dahulu

Saphir: Kualitasnya teruji sejak dahulu
Sumber: saphir.com

Saphir merupakan merek semir sepatu yang telah berdiri sejak tahun 1920 di Prancis. Berkat kemampuannya dalam mempercantik dan merawat sepatu kulit, produk Saphir mendapatkan penghargaan Gold Medal pada tahun 1925. 


Hingga saat ini, Saphir masih terus melakukan inovasi sehingga produk-produknya dapat tetap bersaing. Sejarah panjang ditambah dengan kualitas terbaik menjadikan Saphir tetap menjadi merek semir sepatu favorit para pencinta sepatu.

Cololite: Menggunakan bahan impor langsung dari Jepang

Cololite merupakan merek dagang Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan perawatan bahan kulit terkenal di Jepang, The Columbus. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1919. Sampai saat ini, The Columbus masih mempertahankan kualitasnya dengan memperketat quality control setiap produknya. 


Karena itu, Cololite pun masih mengimpor bahan baku produknya dari Jepang secara langsung. Hal ini bertujuan agar semir sepatu yang diproduksi memiliki kualitas yang sama dengan induk perusahaannya. Hasilnya, semir sepatu Cololite mampu bersaing dengan produk serupa di Indonesia.

Kiwi: Merek yang terkenal di Indonesia

Kiwi: Merek yang terkenal di Indonesia
Sumber: kiwicare.com

Kiwi merupakan salah satu merek semir sepatu yang cukup terkenal di Indonesia. Bisa dibilang bahwa para pekerja kantoran di Indonesia memercayakan perawatan sepatunya pada semir sepatu Kiwi. Tidak hanya semir sepatu, Kiwi juga telah memproduksi berbagai perlengkapan penunjang perawatan sepatu. Anda bisa menemukan mulai dari cleaner, dry cleaner, protector, hingga deodorizer.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi semir sepatu terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Semir Sepatu terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 29 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Warna
Isi
Rekomendasi jenis sepatu
Jenis
Fungsi lainnya
1

The Columbus

Cololite Shining Liquid Shoe Polish

The Columbus Cololite Shining Liquid Shoe Polish 1

Mulai dari Rp29.800,00

Agak Murah

Sepatu mengilap alami secara merata

Neutral, dark brown, brown, black

45 ml

Sepatu kulit

Cair

Bisa diaplikasikan di semua jenis sepatu kulit

2

Plac

Natural Cream WhiteEM028

Plac Natural Cream White 1

Mulai dari Rp3.350,00

Lebih Murah

Bantu putihkan sepatu kesayangan Anda

Neutral

100 ml

Sepatu berwarna putih

Krim

Membersihkan barang berbahan kulit atau sintetis berwarna putih

3

The Columbus

Cololite Shoe Cream

The Columbus Cololite Shoe Cream 1

Mulai dari Rp52.600,00

Menengah

Kandungan kolagen membuat sepatu makin halus

Chesnut brown, sahara, sangria red, dark brown, neutral, black, brown

35 g

Sepatu kulit sapi atau domba

Krim

Bisa untuk benda berbahan kulit sapi atau domba

4

S.C Johnson & Son

Kiwi Wax Rich Shine & Protect

S.C Johnson & Son Kiwi Wax Rich Shine & Protect  1

Mulai dari Rp29.999,00

Agak Murah

Tangan bebas kotor saat mengoleskan semir sepatu

Coklat, hitam, netral

30 ml, 75 ml

Sepatu berbahan kulit

Cair

Membuat kilap tas, dompet, atau barang lainnya berbahan kulit

5

Otiv

Leather Polish

Otiv Leather Polish 1

Mulai dari Rp59.000,00

Menengah

Membantu melunakkan material kulit, sepatu kian nyaman dipakai

Netral

50 g

Sepatu kulit semua warna

Krim

Tidak disebutkan

6

Octopus

Shoe Polish 65 grSP-0001

Octopus  Shoe Polish 65 gr 1

Mulai dari Rp29.000,00

Agak Murah

Lebih aman dengan kilap sempurna berkat semir sepatu berbahan alami

Neutral, cherry red, black, brown

65 g

Semua jenis sepatu kulit

Krim

Membantu memberikan nutrisi pada sepatu kulit

7

Mokly Polish

Wonder Balsam Neutral

Mokly Polish Wonder Balsam Neutral  1

Mulai dari Rp40.000,00

Menengah

Semir sepatu netral yang melembapkan dan tidak lengket

Netral

50 g, 100 g

Sepatu kulit

Krim

Bisa diaplikasikan ke barang berbahan dasar kulit

8

Saphir

Pate de Luxe

Saphir Pate de Luxe 1

Mulai dari Rp178.866,00

Agak Mahal

Tawarkan dua belas warna bernuansa earthy

Navy blue, medium brown, neutral, dark brown, black, light brown

50 g

Sepatu berbahan kulit

Krim

Tidak disebutkan

9

Fiebing’s

Golden Mink Oil

Fiebing’s Golden Mink Oil 1

Mulai dari Rp123.000,00

Agak Mahal

Ada kandungan vitamin E, bikin sepatu lebih awet

Neutral

168 g

Sepatu berbahan kulit

Krim

Tidak disebutkan

10

Reven Leather

Semir Kulit Biopolis Cream

Reven Leather  Semir Kulit Biopolis Cream 1

Mulai dari Rp180.000,00

Agak Mahal

Bisa digunakan untuk membersihkan sepatu, tas, serta aksesori berbahan kulit sekaligus

Putih kekuningan

100 g

Sepatu kulit

Krim

Bisa diaplikasikan pada tas, dompet, dan aksesori lainnya berbahan kulit

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

The ColumbusCololite Shining Liquid Shoe Polish

Cololite Shining Liquid Shoe Polish 1
Sumber: cololite.id
Cololite Shining Liquid Shoe Polish 2
Sumber: shopee.co.id
Cololite Shining Liquid Shoe Polish 3
Sumber: shopee.co.id
Cololite Shining Liquid Shoe Polish 4
Sumber: shopee.co.id
Cololite Shining Liquid Shoe Polish 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp29.800,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp29.800,00
Agak Murah

Sepatu mengilap alami secara merata

Tekstur cair menjadikan semir sepatu ini mudah dioleskan secara merata ke berbagai sisi sepatu. Selain itu, semir sepatu ini juga memiliki shine level tinggi sehingga dapat membuat sepatu Anda terlihat sangat mengilap. 


Menariknya lagi, bahan top-grain leather dan kulit sintetis pun dapat dioleskan produk ini. Jika Anda ingin sepatu kinclong di berbagai sisi tanpa membuang banyak waktu, pilih saja semir sepatu ini.

WarnaNeutral, dark brown, brown, black
Isi45 ml
Rekomendasi jenis sepatuSepatu kulit
JenisCair
Fungsi lainnyaBisa diaplikasikan di semua jenis sepatu kulit
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PlacNatural Cream WhiteEM028

Natural Cream White 1
Sumber: shopee.co.id
Natural Cream White 2
Sumber: shopee.co.id
Natural Cream White 3
Sumber: shopee.co.id
Natural Cream White 4
Sumber: shopee.co.id
Natural Cream White 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.350,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.350,00
Lebih Murah

Bantu putihkan sepatu kesayangan Anda

Untuk menjadikan sepatu Anda kian putih, semir sepatu ini jangan sampai Anda lewatkan. DIformulasikan khusus, produk ini diklaim dapat membersihkan kotoran dan mengembalikan kilau sepatu putih Anda. Menariknya lagi, bagian mulut sikat sudah dilengkapi dengan sikat bulu lembut. Anda pun bisa langsung menyemir dan menyikat sepatu menggunakan satu produk yang sama.

WarnaNeutral
Isi100 ml
Rekomendasi jenis sepatuSepatu berwarna putih
JenisKrim
Fungsi lainnyaMembersihkan barang berbahan kulit atau sintetis berwarna putih
View all
No.3

The ColumbusCololite Shoe Cream

Harga referensi
Mulai dari Rp52.600,00
Menengah

Kandungan kolagen membuat sepatu makin halus

Apabila selama ini Anda kebingungan merawat sepatu berbahan lamb leather atau calf leather, produk ini layak untuk dipertimbangkan. Dengan menggunakan produk ini, sepatu kesayangan Anda akan tampak lebih terawat dan indah.

Kandungan bahan pelembap alami seperti kolagen dan lanolin menjadikannya dapat terserap hingga lapisan terdalam kulit sepatu. Alhasil, sepatu Anda pun akan senantiasa memiliki tekstur yang halus dan antikering.

WarnaChesnut brown, sahara, sangria red, dark brown, neutral, black, brown
Isi35 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu kulit sapi atau domba
JenisKrim
Fungsi lainnyaBisa untuk benda berbahan kulit sapi atau domba
View all
No.4

S.C Johnson & SonKiwi Wax Rich Shine & Protect

Kiwi Wax Rich Shine & Protect  1
Sumber: kiwicare.com
Kiwi Wax Rich Shine & Protect  2
Sumber: kiwicare.com
Kiwi Wax Rich Shine & Protect  3
Sumber: kiwicare.com
Harga referensi
Mulai dari Rp29.999,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp29.999,00
Agak Murah

Tangan bebas kotor saat mengoleskan semir sepatu

Kiwi Wax Rich Shine & Protect memiliki bentuk yang paling unik di antara semir sepatu lainnya. Dengan desain memanjang seperti ini, Anda akan lebih mudah mengoleskan semir ke sepatu. Menariknya, produk ini memiliki dua lapis spons yang tahan lama. Tinggal dioles dan diatur sendiri takaran pemakaiannya! 


Tangan Anda pun bisa bebas dari kotoran dan noda yang biasa menempel setelah menyemir sepatu. Pilihan pas bagi Anda yang ingin selalu merawat sepatu, tetapi tidak ingin direpotkan oleh tangan yang kotor.

WarnaCoklat, hitam, netral
Isi30 ml, 75 ml
Rekomendasi jenis sepatuSepatu berbahan kulit
JenisCair
Fungsi lainnyaMembuat kilap tas, dompet, atau barang lainnya berbahan kulit
View all
No.5

OtivLeather Polish

Harga referensi
Mulai dari Rp59.000,00
Menengah

Membantu melunakkan material kulit, sepatu kian nyaman dipakai

Anda yang mengutamakan kenyamanan jangan sampai melewatkan semir sepatu kulit ini, ya! Berkat kombinasi wax, minyak almon, vitamin E, dan minyak cerpelai, semir sepatu ini diklaim dapat membantu melunakkan upper sepatu. 


Hasilnya, sepatu pun jadi lebih lentur dan nyaman digunakan. Selain itu, sepatu Anda juga akan lebih tahan lama karena produk ini mampu melindungi sepatu dari jamur dan pelapukan.

WarnaNetral
Isi50 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu kulit semua warna
JenisKrim
Fungsi lainnyaTidak disebutkan
View all
No.6

Octopus Shoe Polish 65 grSP-0001

Shoe Polish 65 gr 1
Sumber: shopee.co.id
Shoe Polish 65 gr 2
Sumber: shopee.co.id
Shoe Polish 65 gr 3
Sumber: shopee.co.id
Shoe Polish 65 gr 4
Sumber: shopee.co.id
Shoe Polish 65 gr 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp29.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp29.000,00
Agak Murah

Lebih aman dengan kilap sempurna berkat semir sepatu berbahan alami

Ingin sepatu kulit Anda lebih awet dengan kilau memukau? Pertimbangkanlah semir sepatu lokal ini. Terbuat dari bahan campuran alami, semir ini mampu menghadirkan kilap yang terlihat natural. 


Ditambah lagi, kandungan carnauba wax alami diklaim dapat membantu menutrisi dan melindungi kulit agar lebih tahan lama. Anda juga bisa memilih warna yang dibutuhkan dari empat varian yang tersedia.

WarnaNeutral, cherry red, black, brown
Isi65 g
Rekomendasi jenis sepatuSemua jenis sepatu kulit
JenisKrim
Fungsi lainnyaMembantu memberikan nutrisi pada sepatu kulit
View all
No.7

Mokly PolishWonder Balsam Neutral

Harga referensi
Mulai dari Rp40.000,00
Menengah

Semir sepatu netral yang melembapkan dan tidak lengket

Diklaim hanya mencerahkan tanpa mengubah warna asli, semir sepatu ini dapat memperindah tampilan alami sepatu Anda. Penggunaan semir sepatu ini juga dapat meningkatkan kelembapan bahan kulit sepatu. Hasilnya, sepatu pun kian kecil kemungkinan lapuk atau retak. 


Dipadukan dengan karakteristiknya yang tidak lengket, Anda pun akan lebih mudah mengoleskan semir sepatu ini. Jika Anda butuh semir sepatu netral untuk mempercantik sepatu dan tidak lengket di tangan, pertimbangkanlah produk ini.

WarnaNetral
Isi50 g, 100 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu kulit
JenisKrim
Fungsi lainnyaBisa diaplikasikan ke barang berbahan dasar kulit
View all
No.8

SaphirPate de Luxe

Pate de Luxe 1
Sumber: saphir.paris
Pate de Luxe 2
Sumber: saphir.paris
Pate de Luxe 3
Sumber: saphir.paris
Pate de Luxe 4
Sumber: saphir.paris
Pate de Luxe 5
Sumber: saphir.paris
Harga referensi
Mulai dari Rp178.866,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp178.866,00
Agak Mahal

Tawarkan dua belas warna bernuansa earthy

Saphir Pate de Luxe memanfaatkan sepuluh jenis lilin alami untuk memberikan perlindungan dan kilau maksimal pada sepatu. Beberapa di antara jenis lilin tersebut, yakni beeswax, carnauba wax, dan montan wax. Apabila Anda ingin memberikan perawatan terbaik pada sepatu, tak ada salahnya mencoba semir sepatu ini.

Produk ini juga memiliki pilihan warna earthy hingga dua belas macam. Ada semir sepatu warna cokelat, navy, burgundy, merah, hijau, dan sebagainya. Jadi, apa pun warna basic sepatunya, Anda tak akan kesulitan menemukan produk yang cocok. Semir sepatu ini juga dapat menghasilkan corak warna yang berbeda sesuai keinginan. Menarik, ya!

WarnaNavy blue, medium brown, neutral, dark brown, black, light brown
Isi50 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu berbahan kulit
JenisKrim
Fungsi lainnyaTidak disebutkan
View all
No.9

Fiebing’sGolden Mink Oil

Golden Mink Oil 1
Sumber: fiebing.com
Golden Mink Oil 2
Sumber: fiebing.com
Golden Mink Oil 3
Sumber: fiebing.com
Harga referensi
Mulai dari Rp123.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp123.000,00
Agak Mahal

Ada kandungan vitamin E, bikin sepatu lebih awet

Jika Anda ingin sepatu koleksi lebih awet, penggunaan semir sepatu ini adalah solusinya! Golden Mink Oil mengandung vitamin E yang berguna untuk memberikan minyak tambahan pada sepatu kulit Anda. 

Hasilnya, permukaan sepatu tidak akan pernah terasa kering dan kaku. Selain itu, semir sepatu ini diperkaya dengan silikon dan lanolin yang berfungsi untuk melindungi, serta menghaluskan sepatu. Anda pasti tak akan rugi beli produk keluaran Fiebing's ini.

WarnaNeutral
Isi168 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu berbahan kulit
JenisKrim
Fungsi lainnyaTidak disebutkan
View all
No.10

Reven Leather Semir Kulit Biopolis Cream

Semir Kulit Biopolis Cream 1
Sumber: shopee.co.id
Semir Kulit Biopolis Cream 2
Sumber: shopee.co.id
Semir Kulit Biopolis Cream 3
Sumber: shopee.co.id
Semir Kulit Biopolis Cream 4
Sumber: shopee.co.id
Semir Kulit Biopolis Cream 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp180.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp180.000,00
Agak Mahal

Bisa digunakan untuk membersihkan sepatu, tas, serta aksesori berbahan kulit sekaligus

Semir kulit dari produsen tas kulit lokal satu ini bisa diaplikasikan ke berbagai barang berbahan kulit milik Anda, lho! Anda bisa mengaplikasikannya untuk sepatu, tas, bahkan pernak-pernik berbahan dasar kulit.


Selain itu, campuran horse oil, palm oil, glycerin dan aroma jeruknya dipercaya ampuh menghilangkan jamur atau noda pada kulit. Dengan begitu, sepatu tetap terlihat bersih tanpa khawatir ada jamur yang menyelimutinya. 

WarnaPutih kekuningan
Isi100 g
Rekomendasi jenis sepatuSepatu kulit
JenisKrim
Fungsi lainnyaBisa diaplikasikan pada tas, dompet, dan aksesori lainnya berbahan kulit
View all

Langkah tepat dalam menyemir sepatu

Langkah tepat dalam menyemir sepatu

Secara umum, perawatan sepatu dibagi menjadi lima tahapan. Apabila ini pertama kalinya Anda menyemir sepatu sendiri, harap perhatikan beberapa langkah berikut untuk mendapatkan hasil maksimal.


  • Hilangkan debu pada sepatu dengan menggunakan sikat bulu kuda (horsehair brush).
  • Bersihkan kotoran yang menempel di permukaan sepatu dengan pembersih khusus sepatu.
  • Oleskan semir sepatu tipe emulsifying cream.
  • Ratakan semir sepatu dengan menggunakan sikat bulu babi (pig bristle brush).
  • Keringkan permukaan sepatu dengan kain bersih dan kering.

Lakukanlah kelima tahapan ini dengan urut setiap Anda akan menyemir sepatu. Jika sudah terbiasa melakukannya dengan benar, silakan akhiri proses penyemiran sepatu dengan mengoleskan oil cream. Sepatu Anda pun akan tampak lebih terawat!

Apakah sepatu kain dan kulit suede bisa disemir?

Apakah sepatu kain dan kulit suede bisa disemir?

Sepatu kain dan kulit suede sebaiknya tidak dipoles dengan semir sepatu, baik tipe emulsifying cream maupun oil cream. Namun, ada dapat mengikuti tips berikut ini untuk merawat sepatu dengan kedua bahan tersebut agar senantiasa bersih dan awet.


  • Sepatu kain

Bahan kain yang biasa digunakan untuk sepatu adalah kanvas. Jika ingin mencuci sepatu kanvas, sebaiknya gunakan deterjen yang lembut. Larutkan deterjen ke dalam air, lalu rendam sepatu dan gosok lembut dengan sikat gigi bekas atau spons. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu keringkan di bawah sinar matahari. Untuk menjaga bentuknya, masukkan koran ke dalam sepatu selama proses pengeringan.


  • Sepatu suede

Bahan yang satu ini cukup tricky. Alih-alih semir sepatu, sebaiknya Anda menyemprotkan spray pelindung khusus untuk bahan suede. Hindari membersihkannya dengan air, ya. Apabila ada noda membandel, Anda dapat menuangkan sedikit cuka ke handuk bersih, lalu gosok lembut hingga noda pada sepatu memudar. Karena harga sepatu suede tergolong mahal, sebaiknya bersihkan dan rawat sepatu Anda di laundry sepatu tepercaya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan sepatu lainnya di sini

Selain semir sepatu, masih ada produk lain yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan perawatan sepatu. Misalnya, sikat sepatu, sikat untuk mencuci sepatu, ataupun alat pengering sepatu. Khusus untuk Anda, berikut kami sudah menyiapkan artikel-artikelnya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Kehadiran semir sepatu tentu akan memudahkan Anda dalam merawat sepatu kulit kesayangan. Selain melindungi, semir sepatu dapat memperbaiki dan mencegah terjadinya kerusakan pada permukaan sepatu. 


Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, pahami kelebihan dan kekurangan setiap tipe semir sepatu. Di samping itu, jangan lupa untuk menggunakannya dengan benar, ya. Nah, semoga artikel semir sepatu kami kali ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilih produk yang tepat!

5 Rekomendasi Semir Sepatu terbaik

No. 1: The ColumbusCololite Shining Liquid Shoe Polish

No. 2: PlacNatural Cream WhiteEM028

No. 3: The ColumbusCololite Shoe Cream

No. 4: S.C Johnson & SonKiwi Wax Rich Shine & Protect

No. 5: OtivLeather Polish

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Peralatan kebersihan
  4. 10 Rekomendasi Semir Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.