10 Rekomendasi Sendok Sup Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sendok Sup Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sendok sup tentu merupakan salah satu alat dapur yang sering Anda gunakan, baik untuk mengaduk makanan, mengambil makanan berkuah, sampai menuang adonan kue. Di pasaran terdapat beragam jenis sendok sup, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih sendok sup, seperti material, desain, dan fungsinya.

Jika Anda berniat untuk membeli sendok sup baru, sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu. Kami akan membahas tentang sendok sup, mulai dari bentuknya, tips memilih sendok sup, sampai rekomendasi jenis sendok sup terbaik. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Daftar isi

Bentuk-bentuk sendok sup

Sendok sup tersedia dalam berbagai bentuk. Seperti apa saja ya bentuk-bentuknya? Berikut ulasan tentang bentuk-bentuk sendok sup.

Tipe standar yang paling umum dijumpai

Tipe standar yang paling umum dijumpai

Sendok sup tipe ini merupakan jenis yang paling umum ditemui dengan bagian kepala membulat. Terdapat pula produk yang memiliki penunjuk takaran di dalam bulatan kepalanya untuk memudahkan Anda menuang tanpa menggunakan gelas pengukur lagi. Biasanya digunakan untuk menuang minuman, seperti koktail dalam jumlah yang pas. Beberapa tipe ini memiliki mulut di salah satu sisinya yang dapat memudahkan Anda dalam menuang minuman tersebut.

Tipe berlubang untuk menyaring makanan

Tipe berlubang untuk menyaring makanan

Sendok sup ini memiliki banyak lubang yang berguna untuk menyaring kuah dari makanan. Biasanya sendok sup ini digunakan untuk mengambil makanan saja tanpa kuahnya, seperti rebusan sayuran atau sup buah.

Tipe dengan mulut untuk memudahkan menuang

Tipe dengan mulut untuk memudahkan menuang

Sendok sup ini memiliki mulut pada salah satu sisinya sehingga nyaman digunakan saat menuang adonan ke dalam cetakan atau menuang kuah dalam jumlah sedikit. Selain itu, sendok sup ini juga cocok digunakan untuk menuang saus pada makanan atau untuk menuang adonan pancake dalam jumlah yang pas.

Tipe sendok yang pas untuk mengaduk makanan

Tipe sendok yang pas untuk mengaduk makanan

Sendok sup ini memiliki bentuk seperti sendok, ujungnya berbentuk memanjang vertikal, berbeda dengan sendok sup lain yang ujungnya membulat. Tak hanya untuk menyendok makanan, sendok sup ini juga dapat digunakan untuk mengaduk makanan berkuah seperti rebusan. Sendok tipe ini juga cocok untuk digunakan menyendok atau mengaduk bahan makanan yang liat, contohnya adonan kue. Karena itu, tipe ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan sendok sup multifungsi.

Tipe Chinese ladle untuk memasak dengan api besar

Tipe Chinese ladle untuk memasak dengan api besar

Sendok sup ini sangat cocok untuk membuat masakan Chinese yang menggunakan api besar. Sendok sup ini berbeda dengan sendok sup tipe standar karena ujungnya tidak sebengkok sendok sup biasanya. Model ini cocok untuk menumis. Biasanya, sendok sup ini terbuat dari besi, tetapi ada juga sendok sup yang terbuat dari stainless steel atau titanium. Jenis ini juga cocok dengan penggorengan dari besi dan untuk mengambil minyak sehingga sangat pas digunakan saat membuat nasi goreng dengan suhu tinggi.

Kekurangannya, sendok sup ini memiliki bobot yang lebih berat daripada sendok sayur lainnya yang terbuat dari silikon atau plastik. Namun, sendok ini kuat dan dapat membuat Anda merasakan keaslian memasak masakan Chinese dengan menggunakannya bersama wajan.

Cara memilih sendok sup

Setelah mengetahui bentuk-bentuk sendok sup, selanjutnya kami akan memberikan beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan dalam memilih sendok sup.

Pilih desain sendok sup sesuai kebutuhan

Pilih desain sendok sup sesuai kebutuhan

Hal penting pertama saat memilih sendok sup adalah pilih berdasarkan jenis dan fungsi dari sendok sup tersebut. Untuk melengkapi peralatan dapur Anda, Anda bisa memilih tipe sendok sup standar yang multifungsi. Kemudian, bila Anda ingin menggunakan sendok sup untuk menuang minuman seperti koktail, pilihlah sendok sup yang memiliki mulut di salah satu sisinya. Jenis sendok sup akan berbeda sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Dengan mengetahui tujuan penggunaannya secara spesifik, Anda bisa mencari sendok sup dengan bentuk, ukuran, dan bahan yang sesuai.

Pilih sendok dengan desain terintegrasi agar mudah dibersihkan

Pilih sendok dengan desain terintegrasi agar mudah dibersihkan

Terdapat sendok sup yang memiliki sambungan, dalam artian material antara gagang sendok dengan kepalanya terbuat dari bahan berbeda. Untuk desain yang demikian, ada kemungkinan bagian sambungan tersebut sulit dibersihkan sehingga kotoran menumpuk di bagian tersebut. Akibatnya, sendok sup Anda akan terlihat kotor jika Anda gunakan dalam waktu lama.

Sendok sup tanpa sambungan atau terintegrasi, akan memudahkan Anda saat mencucinya dan tidak perlu repot dengan bagian sambungan. Hal ini seringkali tidak disadari, karena itu jangan lupa memeriksa desain sambungan sendok supnya juga, ya.

Pilih desain sendok yang mudah disimpan

Pilih desain sendok yang mudah disimpan

Cara menyimpan sendok sup juga merupakan salah satu faktor yang harus Anda perhatikan saat memilih sendok sup. Ada sendok sup yang dilengkapi dengan hook atau lubang pada ujung gagangnya agar dapat digantung. Selain itu, ada pula sendok sup yang dapat diletakkan berdiri dan berguna juga untuk mempercantik interior dapur. Ada pula sendok sup berukuran kecil atau tidak memiliki lubang yang dapat Anda simpan di dalam laci.

Desain sendok sup ini harus Anda sesuaikan dengan tempat penyimpanan Anda karena desain yang berbeda harus disimpan dengan cara berbeda pula.

Pilih berdasarkan karakteristik setiap material

Karakteristik material sendok sup juga perlu diperhatikan dalam memilih sendok sup yang cocok untuk Anda. Dengan mengetahui karakteristik setiap material, Anda dapat memilih sensok sup yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut akan kami jelaskan mengenai empat material yang sering digunakan untuk membuat sendok sup.

Stainless steel, material yang kuat dan tahan lama

Stainless steel, material yang kuat dan tahan lama

Stainless steel banyak digunakan sebagai material sendok sup karena desainnya yang sederhana dan timeless. Jika seluruh bagian sendok terbuat dari stainless steel, Anda bisa terus menggunakannya dalam waktu lama karena sendok tersebut tidak mudah rusak. Anda juga bisa menggunakannya dengan leluasa pada masakan berwarna seperti semur atau kari karena stainless steel tidak mudah berbau dan berubah warna.

Sendok jenis ini cocok digunakan bersama panci yang terbuat dari stainless steel pula. Namun, bila Anda menggunakannya pada panci yang dibuat dari bahan fluorine, sendok tersebut bisa menggores permukaan panci sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Kemudian, sendok juga menghasilkan bunyi saat beradu dengan panci sehingga bagi sebagian orang mungkin akan terasa mengganggu.

Meski harga sendok ini lebih mahal daripada sendok yang terbuat dari resin atau silikon, tetapi mengingat daya tahan dan kualitasnya, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan peralatan dapur yang awet.

Resin, material yang ringan dan berharga ekonomis

Resin, material yang ringan dan berharga ekonomis

Sendok sup yang terbuat dari resin memiliki harga yang relatif murah dan mudah ditemukan di pasaran. Karakteristiknya adalah tahan terhadap panas, ringan, dan tahan lama sehingga bahkan anak-anak pun dapat menggunakannya dengan mudah. Karena resin merupakan material yang lembut, Anda tidak perlu khawatir panci Anda akan tergores, bahkan pada panci seperti teflon yang diberikan lapisan antilengket.

Rata-rata sendok berbahan resin bisa menahan panas hingga suhu 150°C. Akan tetapi, jangan gunakan sendok ini untuk menggoreng karena material ini dapat berubah bentuk apabila terkena suhu yang sangat tinggi. Perhatikan juga saat Anda memasak makanan yang memiliki warna atau aroma yang kuat sebab warna dan aroma makanan tersebut dapat menempel dengan mudah di sendok.

Silikon, material yang lembut dan fleksibel

Silikon, material yang lembut dan fleksibel

Kelebihan utama dari silikon adalah kelembutan materialnya. Sendok sup berbahan silikon dapat Anda gunakan untuk mengambil makanan sampai ke dasar panci dan mengeruknya. Banyak produk yang memiliki desain menarik dan hadir dalam berbagai warna sehingga akan membuat suasana dapur Anda lebih ceria.

Sendok ini dapat Anda gunakan pada panci berlapis fosfor atau panci teflon tanpa takut akan menggoresnya. Kemudian, rata-rata sendok berbahan silikon dapat Anda gunakan sampai suhu 220°C sehingga dapat Anda gunakan untuk menumis. Harga sendok sup berbahan silikon lebih murah daripada sendok stainless steel, tetapi lebih mahal daripada sendok resin. Kekurangannya, warna dan aroma makanan dapat menempel dengan mudah pada sendok ini sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Kayu, material yang hangat dan natural

Kayu, material yang hangat dan natural

Bagi Anda yang stylish dan ingin mengutamakan tampilan peralatan dapur, sendok sup dari bahan kayu sangat cocok untuk Anda. Peralatan dapur dari bahan kayu akan memberikan kesan hangat dan membuat tampilan dapur semakin cantik dengan kesan yang natural dan sederhana.

Sendok sup dari kayu memiliki konduktivitas panas yang rendah sehingga Anda dapat dengan nyaman menggunakannya untuk memasak sup atau menumis dengan suhu tinggi. Anda juga tidak perlu khawatir sendok jenis ini akan merusak permukaan penggorengan karena material ini sangat halus. Sayangnya, material ini sangat mudah menyerap warna dan aroma dari makanan. Harganya pun relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan resin dan silikon.

10 Rekomendasi sendok sup terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi sendok sup terbaik untuk Anda. Mari simak selengkapnya di bawah ini dan temukan sendok sup favorit Anda!

10. Sendok Kuah Stainless Steel 300 CC

10. Sendok Kuah Stainless Steel 300 CC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 48.000

Sendok sup untuk panci yang lebih besar

Bagi Anda yang memiliki usaha katering, sendok sup satu ini adalah barang yang tak boleh terlewatkan. Anda dapat menggunakannya untuk membagi porsi makanan berkuah kepada banyak orang. Bisa juga Anda gunakan untuk mengaduk dan mengambil makanan berkuah seperti bakso atau sup.

Sendok sup ini memiliki panjang 43 cm dengan ujung gagang yang melengkung sehingga tidak akan tenggelam pada panci berukuran besar. Harga sendok sup dari stainless steel ini tergolong ekonomis. Model dan harganya akan sangat pas untuk Anda yang ingin merintis usaha katering.

9. Chinese Ladle Stainless Steel 

9. Chinese Ladle Stainless Steel 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Memasak dengan suhu tinggi dengan lebih nyaman

Masakan Chinese identik dengan api yang besar. Untuk dapat memasak dengan nyaman, kami rekomendasikan sendok sup yang terbuat dari stainless steel dan kayu seperti produk satu ini. Material kayu yang ditambahkan pada bagian gagang dapat menjadi isolator panas yang baik agar Anda lebih nyaman saat memasak.

Sendok berdiameter kepala 13,5 cm ini juga akan membantu Anda menciptakan masakan Chinese yang lebih sempurna. Material stainless steel juga membuatnya awet dan tahan lama walau digunakan setiap hari. Ditambah harganya yang sangat terjangkau, sendok ini wajib masuk dalam barisan peralatan memasak di dapur Anda.

8. IKEA 365+ Hjälte Soup Ladle

8. IKEA 365+ Hjälte Soup Ladle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 107.500

Anda pengguna tangan kanan atau kiri? Tenang, kini hal itu bukan masalah lagi

Bagi Anda yang kidal, pastinya agak kesulitan dalam mencari peralatan yang dapat Anda gunakan dengan nyaman. Alat yang sulit Anda gunakan adalah sendok sup yang memiliki bagian mulut. Biasanya sendok sup tipe ini hanya memiliki satu mulut pada salah satu sisinya dan kebanyakan tidak dirancang untuk orang kidal.

Sendok sup dari IKEA ini memiliki 2 bagian mulut yang dapat Anda sesuaikan dengan kebiasaan Anda. Jadi, produk ini cocok dipakai bahkan oleh Anda yang kidal sekalipun. Bagian gagang sendok sup ini terbuat dari silikon yang tahan panas sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengambil makanan panas dengan leluasa.

7. Homeland Spoon Ladle

7. Homeland Spoon Ladle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Lebih ekonomis dengan sendok sup fungsi ganda

Jika Anda ingin menyajikan makanan, tentu Anda akan memilih sendok dengan bentuk atau warna yang sesuai agar terlihat cantik. Nah, sendok sup berbentuk sendok dengan ukuran besar ini dapat Anda pilih sebagai pelengkap peralatan dapur Anda. Warna hitamnya yang matte terlihat sangat cantik dan serasi pada makanan apa saja.

Bahan nilon sendok ini juga membuatnya dapat Anda gunakan untuk memasak tanpa harus takut akan menggores panci kesayangan Anda. Tanpa adanya sambungan, Anda pun akan lebih mudah untuk membersihkannya. Bahan yang digunakan juga membuat sendok ini menjadi isolator panas yang baik.

6. Sendok Sup Saring Bahan Silikon

6. Sendok Sup Saring Bahan Silikon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 152.000

Menyaring sekaligus menghaluskan jadi satu!

Saat menyajikan makanan, pastinya Anda tidak ingin bumbu-bumbu masakan Anda ikut tersaji karena akan mengganggu. Bumbu-bumbu masak tersebut dapat Anda pisahkan dengan menggunakan sendok sup berlubang berbahan silikon ini. Pilihan warnanya pun cerah dan menarik untuk dapur Anda.

Selain dapat memisahkan bumbu masakan, Anda juga dapat menggunakan sendok sup ini untuk mengambil isi makanan yang lebih banyak. Tak hanya itu, lubang-lubang tersebut juga dapat digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang sudah lunak seperti kentang rebus. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan saat memasak.

5. Sendok Sup Kayu

5. Sendok Sup Kayu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 51.000

Hadirkan suasana hangat di meja makan Anda

Untuk Anda yang menyukai peralatan makan dari kayu, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk pilihan kami satu ini. Sendok sup ini terbuat dari kayu sehingga akan membangkitkan kesan hangat dan natural di meja makan Anda.  Anda pun dapat dengan nyaman menyendok makanan panas berkat sifatnya yang tahan panas ini.

Pada ujung gagang sendok sup ini juga telah terdapat lubang untuk memudahkan Anda  menggantungnya pada rak peralatan makan Anda seusai digunakan. Anda dapat menggunakan sendok sup ini untuk menyendok bubur, sup, atau minuman. Sendok sup ini juga akan makin serasi bila Anda kombinasikan dengan peralatan makan berbahan kayu lainnya.

4. Black Silicon Ladle

4. Black Silicon Ladle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 515.000

Keruk makanan sampai habis!

Makanan dengan kekentalan tinggi seperti bubur membutuhkan tenaga lebih besar untuk mengambilnya. Bahkan, terkadang Anda mengalami kesulitan untuk mengambil bubur tersebut sampai habis dari pancinya. Nah, alat yang cocok untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut adalah sendok sup pilihan kami ini.

Sendok sup ini memiliki kepala yang melebar sehingga dapat Anda gunakan untuk mengeruk makanan sampai dasar panci. Material silikon pada sendok sup membuat panci Anda aman dari goresan dan elastis untuk digunakan saat mengambil makanan. Gagang sendok sup tersebut terbuat dari material stainless steel untuk menambah keawetannya.

3. Ladle Filter 2-in-1

3. Ladle Filter 2-in-1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 57.574

Kuah banyak atau kuah sedikit? Sesuaikan saja!

Mungkin tidak semua orang menyukai makanan dengan kuah yang banyak. Untuk itu, Anda membutuhkan sendok yang dapat mengatur pengambilan banyaknya kuah seperti produk ini. Sendok sup satu ini dapat digunakan untuk menyaring kelebihan kuah, tetapi tidak menyaringnya sampai kering seperti pada jenis sendok sup berlubang.

Sendok ini berbentuk 3/4 lingkaran dengan salah satu sisinya memiliki lubang penyaring. Dengan begitu, kini Anda dapat menyaring makanan beserta kuahnya sesuai keinginan Anda. Pilihan warna yang lembut dari sendok ini pastinya juga akan mempercantik tampilan meja makan Anda.

2. Swan Sendok Sup dengan Baki

2. Swan Sendok Sup dengan Baki

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Bisa diletakkan berdiri, praktis!

Saat memasak atau menyajikan makanan, mungkin Anda seringkali kesulitan untuk meletakkan sendok sup. Jika diletakkan langsung di atas meja, tentu akan membuat sendok sekaligus mejanya menjadi kotor. Jadi, kami merekomendasikan sendok sup berbentuk unik ini untuk membantu Anda dalam menempatkan sendok saat tidak digunakan.

Bagian bawah sendok sup ini memiliki permukaan yang datar sehingga dapat berdiri di atas alasnya. Anda dan tamu Anda dapat dengan mudah mengambil dan meletakkan sendok sup tersebut. Selain menambah estetika, desain gagang leher angsa membuat sendok ini dapat disimpan dengan menggantungkannya pada kaitan dinding.

1. CS Kochsysteme Exquisite Gravy Ladle

1. CS Kochsysteme Ladle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 82.000

Menuang saus atau adonan tanpa takut kelebihan lagi

Saat menuang saus, minuman, atau adonan, seringkali yang disajikan terlalu banyak atau malah terlalu sedikit daripada yang seharusnya. Masalah Anda ini dapat ditangani dengan memakai sendok sup pilihan kami. Sendok sup ini memiliki mulut pada satu sisinya yang dapat membantu Anda menuang dengan tepat dan tanpa tumpah.

Gagang yang agak melengkung merupakan desain ergonomis yang membuat Anda nyaman menggenggamnya. Anda dapat menggunakannya setiap hari karena bahannya awet dan antikarat. Produk ini merupakan pilihan tepat untuk melengkapi peralatan memasak Anda dan keluarga!

Kesimpulan

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Meskipun sendok sup banyak terdapat di pasaran, ternyata ada hal lain yang harus Anda perhatikan. Bentuk dan material dari sendok sup akan mempengaruhi fungsinya. Karena itu, pilihlah desain dan material pembuat sendok sup yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda sudah memiliki sendok sup yang tepat, tentunya kegiatan memasak Anda akan terasa lebih menyenangkan.